Kuil Kinkakuji

Home / Temple / Kuil Kinkakuji
Item image

Kuil Kinkakuji dalam bahasa Inggris Gold Pavilion atau Kuil Paviliun Emas adalah objek wisata Kyoto yang terpopuler di seluruh dunia. Kuil Kinkakuji juga dikenal sebagai Rokuon-ji atau Kuil Rokuon di kalangan masyarakat lokal Jepang dan menjadi pusat bangunan dan arsitektur Zen. Kuil ini dibangun oleh Yoshimitsu Ashikaga, Kuil Kinkakuji sendiri terdiri dari 3 lantai, dan 2 lantai di atas seluruhnya dilapisi oleh kertas emas. Di hari cerah, kertas emas akan memantulkan sinar matahari secara sempurna, membuatnya bersinar. Kita juga bisa melihat bayangan Kinkakuji terpantul di permukaan air di spot-spot tertentu. Perlu diingat, kita hanya bisa melihat bangunan kuil ini dari jalan pinggir danau, tidak bisa masuk ke area dalam dan juga bangunan kuil.

Di pintu masuk, setelah membayar tiket masuk seharga 400 Yen, kita akan mendapatkan tiket dan pamflet, tapi tidak ada guide atau orang yang menuntun kita. Kita hanya perlu mengikuti jalur yang sudah ada dan berjalan mengikuti orang-orang atau pengunjung lainnya.

4 Kegiatan Seru di Kuil Kinkakuji

1. Melihat pemandangan di Kuil Kinkakuji

Di musim panas atau gugur, kita dapat melihat keindahan momiji yakni saat daun-daun menjadi kemerahan dan berpadu sempurna dengan warna emas dari Kuil Kinkakuji. Momiji di Kyoto mulai sejak awal bulan November hingga pertengahan November. Kuil Kinkakuji yang mulanya adalah villa penginapan shogun terkenal Kintsune Saionji sejak tahun 1220 tetap terjaga kelestariannya hingga kini, dan akhirnya terdaftar sebagai warisan budaya dunia UNICEF.

Pergi ke Kuil Kinkakuji saat Liburan di Kyoto

Pergi ke Kuil Kinkakuji saat Liburan di Kyoto

2. Berkunjung di Musim Dingin

Di musim dingin, saat salju turun, kita dapat melihat Kuil Kinkakuji dilapisi salju putih. Perpaduan warna emas dan putihnya salju menambah semarak warna emas Kinkakuji. Sungguh panorama tidak terlupakan. Buat teman-teman yang ke Kyoto pada saat musim dingin, jangan sampai lupa mengunjungi kuil ini ya.

Kuil Kinkakuji di musim dingin

3. Berfoto dengan Background Kuil Kinkakuji

Waktu pergi ke sini, kamera harus siap di tangan. Waktu pergi ke sini, ada banyak wisatawan dari Cina, Korea, Indonesia, Amerika, Inggris, dan negara-negara lainnya. Belum lagi pelajar sekolah di Jepang yang berkunjung mengadakan karyawisata ke Kinkakuji. Karena begitu banyak orang, maka biasanya dibuat rute melingkar dari pintu masuk menuju pintu keluar, dan kita tidak diperbolehkan memutar balik. Jadi tiap ada spot bagus untuk mengambil foto, segera jepret dan jangan sampai menyesal melewatkan spot foto di sini.

Tips dari Tim Info Jepang: Berfotolah di depan Kolam Cermin atau Kyoko-chi. Kolam ini akan memantulkan bayangan Kuil Kinkakuji sehingga foto akan makin bagus dan menarik. Oh ya, tidak hanya Kuil Kinkakuji, namun Kolam Kyoko-chi di sekeliling kuil ini juga menjadi Warisan Budaya dan Sejarah Jepang.

4. Membeli Oleh-Oleh

Di dekat pintu keluar kita bisa menemukan toko suvenir dan bisa membeli oleh-oleh khas. Selain itu, ada juga toko yang menjual es krim rasa teh Jepang atau matcha dengan bubuk emas yang rasanya lezat.

Membeli oleh-oleh di Kuil Kinkakuji

Akses dan Informasi

Dari Stasiun Kyoto kita bisa menuju ke Kinkakuji dengan Bus Kota Kyoto (Kyoto City Bus) nomor 101 atau 205 dalam waktu 40 menit dan ongkosnya 230 yen. Kalau memang ingin mengunjungi Kuil Kinkakuji, dan beberapa spot wisata lainnya, Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli tiket terusan bus Kyoto seharga 500 yen untuk seharian.

Lalu jika teman-teman ingin melanjutkan perjalanan ke Arashiyama (salah satu rute favorit di Kyoto) bisa naik bus nomor 59 sampai Halte Yamagoe-nakacho, lalu naik bus naik 11 sampai Arashiyama

Kuil Kinkakuji buka sepanjang tahun dan biaya masuknya 400 Yen untuk dewasa (SMA ke atas) dan 300 Yen untuk pelajar SMP ke bawah.

Dari Kuil Kinkakuji, kita bisa berjalan kaki melalui jalur Philosopher Path, lalu berkunjung ke Kuil Eikando dan Kuil Nanzenji.

Tour di Kyoto

Selamat datang di Istana Nijo Kyoto

Menikmati keindahan Kyoto di pagi hari dan mengunjungi Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dalam Tour Kyoto Pagi. Tour ini pilihan terbaik untuk mengunjungi objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


Kuil Kiyomizudera Musim Gugur

Mengunjungi Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera dalam Tour Kyoto Sore hari. Tour ini pilihan terbaik mengunjungi objek-objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


kuil kiyomizudera

Tur mengunjungi Nijo Castle, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dan mengunjungi Kuil Kitano Tenman-gu. Dilanjutkan dengan pergi ke Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera.


kuil kiyomizudera

Mencoba Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto dan mengunjungi objek wisata bersejarah di Kyoto, seperti Kuil Sanjusangen-do, Kuil Heian Jingu, dan Kuil Kiyomizudera.


Merasakan sendiri pengalaman menjadi Geisha sambil menyusuri wilayah bersejarah di Gion Kyoto dengan kimono. Kita akan didandani oleh penata rias profesional, lalu bebas memilih desain kimono dan aksesoris pelengkapnya. Lengkap dengan obi, kaos, mantel, syal, tas, tabi dan geta.


Tour untuk yang berada di Kyoto dan ingin mengelilingi objek-objek wisata seperti Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto. Perjalanan dilanjutkan ke Nara dan mengunjungi Kuil Todaiji, Nara Park lalu ke Kuil Kasuga Taisha.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Keihan Kyoto
7 km away
from ¥7000/night
Hotel Kanra Kyoto
6 km away
from ¥27185/night
Green Rich Hotel Kyoto
7 km away
from ¥7900/night
Hotel Gran Ms Kyoto
5 km away
from ¥9774/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Sewaritei Kyoto
17 km away
Suasana hanami di Taman Sewaritei Kyoto
Kuil Kiyomizudera
7 km away
Kuil Kiyomizudera di Kyoto
Kimono Sale and Rental Fu
6 km away
Cantiknya kimono dari Fuuka Kimono
Fushimi Inari Taisha
9 km away
Seribu Torii di Fushimi Inari Taisha

Sumber gambar : Flickr Takeshi Kuboki,, Mike Lee, miss vichan


Recommended for you


Last modified: February 23, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (86)

  1. Pak saya akan 1 day trip dari Osaka ke kyoto , saya menginapndi osaka. Pertanyaan :
    1. Wisata apa yg harus dikunjungi dalam 1 hari dan tiket apa yg harus dibeli spy lebih hemat?
    2. Mhn petunjuk juga no bis dari satu lokasi wisata ke wisata lainnya.
    3. Jika saya naik train lokal dari osaka ke kyoto, jam brp terakhir keberangkatan kereta dari kyoto? Terima
    Kasih

  2. Selamat sore…Pak Nugroho,
    Kalau saya ingin naik kereta Romantik Train Sagano di Arashimaya, setelah itu saya mau ke kuil Kinkakuji , saya harus menggunakan transportasi apa dan berapa estimasi beaya nya? Apakah jaraknya cukup jauh? Mohon pencerahannya. Salam..Wahyu

  3. Selamat siang Pak.
    Jika saya melakukan Kyoto day trip dari Osaka (selama 2 hari – 18 & 19 Nov / Minggu & Senin) .
    Di Kyoto membeli Kyoto Oneday Pass (x 2 hari) dan saya ingin mengunjungi : Fushimi Inari, Kinkakuji Temple, Kenniji Temple, Kiyomizu Dera, Arashiyama, dan Gion.
    Bagaimana route terbaiknya, Pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Sepertinya cukup 1 hari saja tiket terusan bus Kyoto-nya. Di hari 1, dari Kyoto, ibu bisa ke Kiyomizudera dengan naik bus, lalu lanjut ke Kawasan Gion dan Kenniji Temple, dan terakhir naik bus ke Kinkakuji, dan kembali ke Stasiun Tokyo. Besoknya, bisa naik kereta JR Nara Line ke Fushimi Inari, lalu kembali ke Stasiun Kyoto, dan naik kereta JR Sagano Line ke Arashiyama. Pulangnya bisa niak kereta Hankyu ke Osaka (transit di Katsura).

  4. Yosua Natanael  |  

    Selamat siang pak, saya berencana pergi ke kuil kinkaku-ji dari arashiyama, jalur yang saya lihat saya bisa berhenti di emmachi station dari JR saga,
    1. apakah ada bus dari stasiun emmachi ke kinkaku-ji yg tercover kyoto bus pass? terima kasih. (saya ada JR pass)
    2. dari kinkaku-ji ke ginkaku-ji temple, lebih baik saya berjalan lewat philosoper path atau langsung naik bus yang tersedia, jika ada bus nomer berapa yg harus saya naiki?

    Terima kasih.

  5. siang pak Nugroho

    pak, saya mo jln2 di kyoto 3 hari….dan saya sudah punya JR pass, apakah saya masih perlu beli tiket terusan bus kyoto?

    trima kasih

  6. Mas Nugroho..rencana sy mau ke Tokyo-Osaka-Kyoto 25-30 Juli 2018..
    Tgl 26-27 Tokyo
    Tgl 27-28 Osaka, USJ, Dotonbori,Shinsaibashi
    Tgl 28-29 Kyoto, one day tour Kyoto
    Tgl 29-30 Tokyo
    Pertanyaannya :
    1. Apakah sy perlu beli JRPass dr Jakarta?
    2. One day tour kyoto pke paket bis 600yen tapi ko tdk termasuk ke arashiyama?, karena sy ingin ke fushimi inari, kiyomizudera, kinkazuki & gion
    Bagaimana solusinya pak? Naik kereta JR atau ambil one day pass dengan bis bis, bagaimana sebaiknya, tks

    • Nugroho Christian  |  

      1. Karena ada rute PP Tokyo-Osaka dan Kyoto, sudah akan balik modal dengan JR Pass.
      2. Dari Gion, ibu bisa jalan kaki ke Stasiun Kawaramachi, lalu naik kereta Hankyu sampai ke Arashiyama. Keretanya privat, jadi tidak bisa dengan JR Pass, ibu bisa beli tiket ketengan atau menggunakan kartu SUICA/ Pasmo atau ICOCA. Salam.

  7. Selamat siang pak,
    Saya rencana ke Jepang akhir Mei. Saya landing di Kansai, pulang juga lewat Kansai. Rute saya Osaka- Kyoto-Tokyo-Osaka.
    21 Mei – lokasi yg dicover Osaka amz pass
    22 Mei – USJ
    23 Mei – Kyoto fushimi inari n arashiyama
    24 Mei – kinkakuji temple, Kiyozumidera – Gion (ini pake Kyoto day pass)
    25 Mei – shibuya – Harajuku – akhihabara
    26 Mei – Alpine route /shirakawago
    27 Mei – Ueno asakusa balik Osaka
    28 Mei – pulang penerbangan pagi
    Nah dari rute d atas sudah tepat kah saya beli Osaka amz day pass 2hr, one day Kyoto pass utk tgl 24 Mei, dan JR pass? Untuk jalur yg g dicover 3 pass d atas saya rencana beli icoca/ pasmo/suica, Baiknya saya beli yg mana ya? Yg bisa direfund di Kansai dan dibeli di Kansai dan bisa digunakan sampai Tokyo?
    Mohon bantuannya.
    Terimakasih

  8. Dear pak Nugroho,

    Sebelumnya kami ingin berterima kasih atas websitenya yang sangat membantu (terutama untuk kami) yang baru akan mengunjungi jepang untuk pertama kalinya.

    Saya dan istri berencana ke jepang ala backpacker selama 9 hari pertengahan April 2018 dengan perencanaan sebagai berikut :

    Day 1 : Tiba di Haneda, lanjut ke Asakusa dan Odaiba
    Day 2 : Kawaguchiko
    Day 3 : Disneysea
    Day 4 : keliling Tokyo lanjut ke Kyoto dengan bus malam
    Day 5 : (kyoto) Arashiyama, Imperial palace, Niijo temple & Kinkakuji
    Day 6 : (kyoto) Fushimi inari, Ginkakuji, Kiyomizudera & Gion
    Day 7 : (kyoto to Osaka) by train – Osaka day 1 (buy Osaka amazing 2 days pass)
    Day 8 : USJ – Osaka day 2)
    Day 9 : Shinsaibasi & Dotonburi – return from Kansai airport

    ———-

    Pertanyaan yang saya ingin ajukan :
    1. apakan rute kami sudah efisien?
    2. Dari Kyoto ke Osaka (day 7) apakah kami perlu pindah penginapan? fyi, kami sudah book penginapan yang berbeda untuk kedua daerah tsb.
    3. Jika tidak dirasa perlu, dimanakah tempat yang idel untuk mencari penginapan dengan pertimbangan kemudahan transportasi untuk menjangkau Osaka and Kyoto?

    Terima kasih pak Nugraha.
    Salam,
    Arief

    • Nugroho Christian  |  

      1, Rutenya sudah efisien bu. Saran saya, ibu bisa ke Disneysea ke hari kedua. Lalu bisa naik bus malam ke Kawaguchiko.
      2. Kyoto dan Osaka hanya dipisahkan dengan naik kereta JR Kyoto Line dengan 30 menit.
      3. Silahkan menginap di sekitaran Namba, supaya nanti ke Kyoto termasuk ke Kansai Airport di hari terakhir dengan naik kereta Nankai.

  9. Selamat malam Pak Nugroho, salam kenal.. Saya dan keluarga berencana akan berlibur pada week3 Dec17 dengan itinerary sbb:
    Day1 Jkt-Hnd
    Day2 Setiba di Hnd (pagi hari) langsung city tour Asakusa, Ginza, Tokyo Tower
    Day3 Tokyo city tour Shibuya, Akhibara, Harajuku, Sinjuku
    Day4 Mt Fuji, Gotemba, Hakone back to Tokyo
    Day 5 Transfer to Osaka, city tour Osaka (Osaka Temple, Dotonburi, Namba
    Day 6 Kyoto City Tour (Golden Temple, Gion, Nara) back to Osaka
    Day 7 USJ Osaka
    Day8 Kix-Jkt

    mohon advicenya :
    1. selain JR Pass apakah saya harus membeli Tokyo Subway, Kyoto subway dan Osaka Subway juga untuk perjalanan city tour di Tokyo, Kyoto dan Osaka?
    2. Di stationn mana sebaiknya saya dapat menitipkan koper ketika saya tiba di Tokyo dan Osaka sebelum saya check in. Saya Tinggal di Asakusa (Tokyo) dan Osaka Shi (Osaka).

    terima kasih atas bantuannya.

    salam,

    • Nugroho Christian  |  

      1. Saya malah menyarankan untuk tidak membeli JR Pass, silahkan membeli tiket kereta ketengan shinkansen saja.
      2. Silahkan menitip di stasiun besar yang dekat dengan hotel tempat ibu menginap saja, supaya gampang mengambilnya. Untuk di Osaka, bisa titip di Stasiun Osaka. Di beberapa hotel, kita juga bisa menitipkan barang pada pagi hari di hari rencana check-in.

  10. Malam pak…

    Mohon bantuannya, saya ke jepang dgn initerary sbb :
    Day 1 : haneda – shinjuku jr
    Shinjuku jr – ueno park – ginza – harajuku
    (baiknya mana dulu ya, ginza atau harajuku dulu?) – kembali ke shinjuku jr

    Day 2 : shinjuku jr – asakusa – tokyo skytree – imperial palace? – shibuya – shinjuku jr

    Day 3 : shinjuku jr – tsukiji market – imperial? – ikebukuro – shinjuku jr

    Day 4 : to kawaguchiko – gotemba

    Day 5 : to kyoto – fushimi inari – nishiki – kyoto shiyakusho mae station

    Day 5 : kyotoshi station – bamboo forest – golden temple – gion

    Day 6 : to osaka ( mau ke osaka castle – umeda – dotonbori

    Baiknya pake pass apa ya?

    Di tokyo apa sebaiknya pake tokyo 3 day pass yg sdh includ train haneda-tokyo 1way?

    Utk kyoto apa rute ini sdh efisien?

    Terimakasih atas bantuannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau melihat rute perjalanannya selama di Tokyo tidak perlu pass apapun bu, masih lebih murah membeli tiket satuan atau menggunakan Pasmo/ Suica.
      Begitu pula dengan di Kyoto dan Osaka. Salam

    • Tokyo pass 3 day + 1way ticket Haneda tokyo udah ga ada kah?

      Dr saya browsing, harganya ¥1.900, klo dihitung2 lebih hemat banyak dibanding beli satuan ya?

  11. Maaf bertanya lagi pak .. kalau itinerary saya di kyoto mau ke nishiki market , kinkakuji , arashiyama, fushimi inari dan gion bisa tokong diberikan info urutan terbaik beserta transportasinya untuk ke sama ? Terimakasij

    • Nugroho Christian  |  

      Urutannya bisa ke Fushimi Inari (dengan kereta JR Nara Line), Arashiyama (dengan kereta JR Nara Line), Nishiki Market (naik kereta Hankyu), Gion, lalu Kinkakuji dengan naik bus kota Kyoto.

    • Stefani Regina  |  

      Kalau ditukar kinkakuji dl baru nishiki market apakah masih oke pak ? Dan bisa tolong infokan dr arashiyama ke kinkakuji dan dari kinkakuji ke nishiki .. terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Arashiyama bisa naik bus nomor 11 sampai Yamagoe-nakacho, lalu naik naik bus nomor 59 sampai Kinkakujimae. Dari Kinkakuji bisa naik bus nomor 12 sampai halte Shijo Kawaramachi di pintu masuk Pasar Nishiki. Salam

  12. Selamat siang Pak,

    Saya Mau tanya, jika dari Arashiyama menuju Kinkakuji baiknya naik apa? artikel di atas menjelaskan sebaliknya (Kinkakuji – Arashiyama). untuk ke dua tempat wisata tersebut, buka dari jam berapa sampai jam berapa ya pak?

    terima kasih

  13. Hai Pak Nugroho,

    JIka Itinerary saya seprti di bawah ini lebih ekonomis menggunakan tiket apa ya pak ?
    Apakah cukup dnegan klartu Icoca :
    Tiba di Bandara Kansai lalu ke Osaka Castle dan Shinsaibashi
    Keesokan harinya, osaka Sta. Menuju Kyoto (train pagi) untuk mengunjungi Fushimi Inari Shrine, Kiyomizu Temple, Gion Distri, Golden Pavillion and Arashiyama Bamboo Forest. Apakah waktu nya cukup mengunjungi ini semua Pak ? lalu rute terbaik agar ga backtrack bagaimana Pak ?

    Ditunggu informasinya.
    terima kasih.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!