Berpetualang di Daerah Wisata Arashiyama

You are here Home  > Nature, Wisata Jepang >  Berpetualang di Daerah Wisata Arashiyama

Kyoto dan Arashiyama adalah satu paket, itulah yang sering Tim Info Jepang sampaikan. Namun, masih banyak orang Indonesia yang liburan ke Kyoto tetapi tidak mengunjungi Arashiyama. Mayoritas hanya berkeliling di pusat kota dan tempat wisata populer seperti Kuil Kiyomizudera, Kuil Kinkakuji, atau Kuil Ginkakuji. Sayang sekali kalau melewatkan daerah wisata Arashiyama di pegunungan barat Kyoto yang memiliki segudang tempat wisata. Mulai dari jembatan Togetsubashi yang terkenal, pegunungan Iwatayama, atau hutan bambu Arashiyama. Kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum 5 kegiatan seru yang bisa dilakukan di Arashiyama. Simak selengkapnya.

1. Mengunjungi kuil Jojakukoji: kuil nomor 1 Arashiyama

Kuil ini terletak di sebelah utara jembatan Togetsubashi, dan dekat dengan stasiun JR Arashiyama di jalur kereta Sanin Line. Kuil Jojakukoji terkenal dengan dek observasinya, di mana kita bisa melihat seluruh daerah Sagano dan Arashiyama. Tempat ini juga memiliki spot momiji musim gugur yang terkenal yakni terowongan momiji yang terbentuk dari bebatuan dan pohon momiji. Kuil Jojakukoji buka setiap hari mulai jam 09.00 sampai 17.00 dengan biaya masuk 400 yen.

Pagoda Kuil Jojakukoji di daerah wisata Arashiyama

Pagoda Kuil Jojakukoji di daerah wisata Arashiyama

2. Ikon wisata Arashiyama: Kuil Tenryuuji

Nama Kuil Tenryuuji adalah yang paling terkenal di Jepang ketika menyebut daerah wisata Arashiyama. Kuil di bagian selatan stasiun Arashiyama ini berada di bagian dalam hutan bambu Arashiyama yang terkenal. Ikon Kuil Tenryuuji adalah taman Jepang atau Nihonteien yang terkenal dengan panoramanya yang menyatu dengan pegunungan Arashiyama di kejauhan. Kuil Tenryuuji bagus dikunjungi saat di setiap musimnya. Kuil Tenryuuji buka setiap hari mulai dari jam 08.30 sampai 17.30 dengan biaya masuk 500 yen untuk orang dewasa dan 300 yen untuk pelajar SMP kebawah.

Kuil Tenyuuji di daerah wisata Arashiyama

Kuil Tenyuuji di daerah wisata Arashiyama

3. Menjelajah villa Okochi Sanso

Okochi Sanso adalah bangunan villa dengan taman indah dan kolam di tengahnya. Letaknya sangat dekat dari stasiun JR Arashiyama, cukup berjalan kaki 5 menit dari stasiun. Di kompleks Okochi Sanso kita bisa menikmati keindahan alam pegunungan dan bunga-bunga yang mekar bergantian setiap musimnya. Kita juga bisa melihat panorama pegunungan Arashiyama dengan sungai Hozukawa dari taman. Okochi Sanso buka setiap hari mulai dari jam 09.00 sampai 17.00 dengan biaya masuk 1.000 yen untuk pelajar SMA dan dewasa serta 500 yen untuk anak-anak hingga pelajar SMP. Kita juga bisa mendapatkan makanan ringan dan minum teh jepang sambil beristirahat santai di Okochi Sanso dengan menunjukkan tiket masuk.

Panorama Okochi Sanso di daerah wisata Arashiyama

Panorama Okochi Sanso di daerah wisata Arashiyama

4. Kuil Hokyoin: kuil Jepang yang sebenarnya

Kuil Hokyoin adalah salah satu kuil bersejarah dengan pemandangan indah di daerah wisata Arashiyama. Dibangun di zaman Heian sekitar 1000 tahun yang lalu, kita bisa merasakan kesunyian dan suasana kuil Jepang yang sebenarnya. Kita juga bisa berkeliling taman di kompleks kuil dengan kolam dan pohon-pohon maple Jepang yang sangat indah di musim gugur. Kuil Hokyoin adalah salah satu spot momiji musim gugur tersembunyi di daerah wisata Arashiyama dan hanya diketahui oleh masyarakat lokal kota Kyoto. Kuil Hokyoin buka setiap hari mulai dari jam 09.00 sampai 16.00 (buka sampai 16.30 di bulan November) dengan biaya masuk 500 yen untuk dewasa dan 200 yen untuk pelajar SMP kebawah.

Suasana Kuil Hokyoin di daerah wisata Arashiyama

Suasana Kuil Hokyoin di daerah wisata Arashiyama

5. Naik rakit menyusuri sungai Hozukawa

Satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di daerah wisata Arashiyama adalah menyusuri sungai Hozukawa. Kegiatan ini sering disebut Hozukawa Kudari atau menyusuri muara sungai Hozukawa dalam bahasa Jepang. Naik rakit dan menyusuri sungai ini awalnya dilakukan sekitar 400 tahun lalu untuk transportas orang dan barang jualan ke kota Arashiyama yang terkenal. Namun semenjak pembangunan jalan di era Meiji, fungsinya beralih jadi kegiatan wisata.

Dari atas rakit kita bisa menikmati keindahan pegunungan Arashiyama dari sudut yang berbeda. Jika sebelumnya hanya dari kejauhan, kita bisa memandangnya dari dekat dan 360 derajat. Pengalaman naik rakit tentu akan jadi pengalaman spesial yang tidak bisa dilakukan di kota dan negara lainnya.

Untuk dapat naik rakit menyusuri sungai Hozukawa kita bisa mengantri di pelabuhan rakit dan membayar ongkos 4.100 yen untuk dewasa dan 2.700 yen untuk anak-anak. Kita bisa menikmati pemandangan menyusuri sungai Hozukawa sepuasnya dalam 2 jam waktu perjalanan. Adapun waktu keberangkatannya adalah pukul 09.00, 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00 dan 15.30 (waktu berubah di hari libur).

Informasi selanjutnya mengenai Hozukawa Kudari bisa dibaca di website bahasa Jepang.

Naik rakit di Sungai Hozukawa daerah wisata Arashiyama

Naik rakit di Sungai Hozukawa daerah wisata Arashiyama

Menyusuri sungai Hozukawa di Daerah Wisata Arashiyama

Menyusuri sungai Hozukawa di Daerah Wisata Arashiyama

Akses Menuju Daerah Wisata Arashiyama

Dari Kyoto Station kita bisa naik kereta JR Sanin Line sampai ke Arashiyama Station dengan ongkos 320 yen. Lalu berjalan kaki ke tempat-tempat wisata Arashiyama di atas.

Cheap Hotels in Arashiyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ranzan
click for detail
Ranzan
Suiran Luxury Collection
from ¥48732/night
Suiran Luxury Collection Hotel
Hotel Binario Saga
from ¥21000/night
Hotel Binario Saga Arashiyama
Arashiyama Benkei
click for detail
Arashiyama Benkei

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr lin Judy(快樂雲), Patrick Vierthaler, kelly reeves, Tetsuji Sakakibara, Laura Tomàs Avellana, Laura Tomàs AvellanaPYONKO OMEYAMA

Recommended for you

Last modified: September 3, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (6)

  1. samsun soesilo ( Thomas )  |  

    pak saya mau tanya kalau saya tiba di bandara KIX ( Kansai Osaka ) jam. 23.15 tapi baru pesawat landing keluar mungkin satu jam ya kira-kira jam.24.15 itu kalau mau ke hotel kan tidak ada kereta yang ada hanya taksi jadi solusinya bagaimana ??? mohon beri jalan keluarnya atau ada tidak hotel murah disekitar bandara itu yang jaraknya tidak terlalu jauh terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau Bapak baca dengan teliti, nama-nama hotel yang saya berikan berada di sekitar Kansai Airport, dan bisa dicapai dengan naik taksi membayar 1500-2000 yen. Tidak perlu naik kereta.
      Salam.

  2. Maaf mohon infonya lagi, jika rencana ke Arashiyama pada hari jumat, rute dan transportasi apa yang bisa digunakan dari arashiyama ke lokasi ke masjid/islamic center terdekat untuk sholat jumat?

  3. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Ada Kyoto Mosque di dekat Kyoto Imperial Palace.
    Kalau dari Arashiyama, Bapak bisa naik bus nomor 93 dari halte Arashiyama atau halte Arashiyama Tenryuuji Mae, turun di halte Kawaramachi Marutamachi.
    Dari situ bisa jalan kaki ke utara lewat jalan Kawaramachi-dori dan Kyoto Mosque ada di sebelah kanan. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan