Gotenba

Home / Amusement Park / Gotenba
Item image

Berlokasi di bagian timur Prefektur Shizuoka, Gotenba menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati daerah-daerah di sekitar Gunung Fuji. Daerah tersebut antara lain Fuji-Goko dan Hakone. Kota yang terletak di ketinggian 450 meter ini juga memiliki panorama yang cantik, apalagi di musim dingin ketika salju membuat kota Gotenba semakin menawan. Tak hanya populer ketika musim dingin, kota Gotenba juga menjadi tempat resort musim panas yang terkenal. Banyak turis mancanegara yang berkunjung ke tempat ini. Salah satu objek wisata baru di Gotenba adalah Gotenba Premium Outlets. Pusat outlet dan perbelanjaan ini menyediakan 210 toko brand ternama dari Jepang dan luar negeri. Kita bisa pergi ke tempat ini dengan mobil atau dengan bus trip perjalanan pulang pergi dari Shinjuku di Tokyo.

Sebagai tambahan, di dekat Stasiun Gotenba ada Chichibu-no-miya Memorial Park. Tempat ini dulunya adalah tempat tinggal keluarga kerajaan, namun kini terbuka untuk pengunjung. Kita bisa melihat taman Jepang yang indah dan bangunan utama yang terbuat dari atap jerami khas Jepang.

Dari Gotenba kita juga bisa pergi ke Fuji Safari Park atau Taman Safari Fuji. Dengan waktu tempuh kurang lebih 35 menit naik bus kita bisa melihat binatang-binatang berkeliaran bebas di taman dengan Gunung Fuji sebagai backgroundnya. Selain itu, kita juga bisa pergi ke arena balap Fuji Speedway tempat perlombaan F1. Kita bisa tiba di Fuji Speedway dengan kendaraan taksi dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Berikut 8 kegiatan menarik waktu pergi ke Gotenba yang dirangkum Info Jepang.

1. Melihat Keindahan Gunung Fuji

Keindahan Gunung Fuji dari Gotenba

Keindahan Gunung Fuji dari Gotenba

Gunung Fuji bisa dilihat dari berbagai daerah, dari timur hingga ke barat. Namun Gotenba menjadi tempat favorit untuk melihat keindahan Gunung Fuji. Selain karena aksesnya yang mudah dari Tokyo, kita tidak perlu mendaki gunung untuk melihat gunung tertinggi di Jepang. Ini karena Gotenba juga sudah tergolong dataran tinggi. Kita tinggal keluar dari bus atau stasiun kereta dan kemudian bisa melihat Gunung Fuji yang megah.

2. Belanja di Gotenba Premium Outlets

Gotenba Premium Outlets

Gotenba Premium Outlets

Sambil menikmati keindahan alam Gotenba yang asri, kita juga bisa berbelanja dan membeli oleh-oleh di Gotenba Premium Outlets. Pusat perbelanjaan ini terletak dekat dengan pintu tol sehingga sangat mudah aksesnya. Lebih dari 200 yang menjual beragam pakaian, aksesoris dan perhiasan, peralatan olahraga, peralatan elektronik, hingga oleh-oleh khas Jepang ada di sini. Selain itu, hampir tiap hari ada tur bus dari Kawaguchiko yang mampir dan mengantarkan penumpang berbelanja di tempat ini sebelum kembali ke Shinjuku Tokyo.

3. Mengunjungi Chichibu-no-miya Memorial Park

Taman dan bangunan di tengahnya dulu dipergunakan oleh Pangeran dan Putri Chichinomiya yang tinggal di Gotenba hingga perang dunia kedua. Setelah itu, bangunan dan seluruh isi taman dibuka untuk umum. Kita bisa pergi dan melihat keindahan taman dan bunga-bunga yang bermekaran tiap musim dan suasana dalam bangunan tempat tinggal pangeran. Chichibunomiya masih masuk wilayah Hakone namun aksesnya jauh lebih dekat dari Gotemba.

Website : chichibunomiya.jp

4. Pergi ke Fuji Safari Park

Pergi ke Fuji Safari Park

Pergi ke Fuji Safari Park

Di Gotenba, ada juga taman mirip Taman Safari di Indonesia, namanya Fuji Safari Park. Kita dapat menaiki kendaraan yang didesain mirip dengan hewan-hewan seperti singa, harimau, atau zebra lalu ikut dalam tur berkeliling dan melihat binatang-binatang yang hidup bebas di seluruh area taman. Oiya, bagi yang belum tahu, Fuji Safari Park adalah kompleks kebun binatang terbesar yang ada di Jepang. Jangan lewatkan juga pesona Fuji Safari Park pada malam hari!

5. Coba Balap Mobil di Fuji International Speedway

Balap Mobil di Fuji Speedway

Balap Mobil di Fuji Speedway

Di Gotenba ada sirkuit balap yang namanya Fuji International Speedway. Selain menonton balap mobil dan perlombaan Formula Japan, kita bisa mencoba mengendarai kendaraan dibantu bersama dengan pelatih profesional. Harganya berkisar antara 400 ribu hingga 1 juta rupiah tergantung durasi latihan dan panjangnya lintasan sirkuit.

Website: www.fsw.tv
Detail biaya latihan balap : www.fsw.tv/3ch/3_2charge/#03

6. Menyaksikan Iluminasi Musim Dingin Gotenba

Satu yang tidak boleh dilupakan adalah menyaksikan iluminasi musim dingin di Tokinosumika Resort. Tokinosumika Illumination berlangsung dari bulan November hingga Maret tahun berikutnya, dari pukul setengah 5 sore hingga jam 10 malam. Teman-teman bisa menikmati Tokinosumika Illumination yakni terowongan sepanjang kurang lebih 340 meter dengan lebih dari 4 juta lampu kelap-kelip. Lampu natal kelap-kelip ditata sedemikian rupa, menciptakan suasana yang sangat meneduhkan dan menenangkan hati meskipun udara amat dingin. Oh ya, tenang saja, biaya masuknya gratis sehingga kita bisa menikmati Tokinosumika Illumination tanpa pusing memikirkan biayanya.

7. Melihat Keindahan Gunung Fuji dari Fuji Go-Ko (5 Danau Gunung Fuji)

Jangan lupa menyaksikan keindahan Gunung Fuji dari 5 danau di kaki Gunung Fuji, yakni Kawaguchiko, Saiko, Yamanakako, Shojiko and Motosuko. Kita dapat melihat “wajah” Gunung Fuji yang berbeda-beda dari kelima danau tersebut. Siluet Gunung Fuji yang memantul di permukaan air danau juga memberikan pengalaman tak terlupakan tentunya!

Berikut link google map tentang akses ke 5 danau di kaki Gunung Fuji.

  1. Kawaguchiko, Saiko, Motosuko Access
  2. Yamanakako Access
  3. Shojiko Access

8. Bermain Salju dan Ski di Snow Town Yeti

Yeti adalah sebuah kota resort bermain ski yang ada di selatan Gunung Fuji. Bersama dengan resort ski Fujiten adalah dua resort ski yang bisa kita kunjungi saat sedang di area Gunung FujiDanau Kawaguchi, atau Gotenba danHakone.

Akses dari Tokyo

  1. Dari Tokyo naik kereta JR Tokaido Line sampai Kozu Station, dilanjutkan naik kereta JR Gotenba Line dari Kozu menuju Gotenba. Durasi 2 jam, dengan ongkos 1940 Yen. Seluruh ongkos keretanya tercover jika menggunakan JR Pass atau plus 670 yen ongkos dari Kozu menuju Gotenba bisa memiliki JR Tokyo Wide Pass.
  2. Dari Shinjuku Station naik Kereta Ekspress Odakyu sampai Shin-Matsuda Station. Pindah ke Matsuda Station dan naik JR Gotenba Line sampai Gotenba. Durasi 2 jam, ongkosnya 1280 Yen.
  3. Dari Tokyo Station atau Shinjuku Station, kita bisa naik bus ekspress ke Gotenba selama 100 menit. Informasi dan reservasi Hakone Express bus Tokyo–Gotenba bisa dicek di website bahasa Jepang. Atau bisa langsung ke loket Hakone Highway Bus di Odakyu Halc Shinjuku lantai 1 atau Bus Terminal Shinjuku lantai 4. Selain itu,juga ada bus langsung dari Gotemba Premium Outlet.
  4. Perjalanan pulang dari Gotemba ke Shinjuku. Dari Gotemba bisa naik kereta JR Gotemba Line sampai Kozu Station, dilanjutkan naik kereta JR Tokaido Line sampai Shinagawa Station. Dari Shinagawa Station, bisa naik JR Yamanote Line sampai ke Shinjuku Station. Durasi 2.5 jam, dengan ongkos 1940 Yen. Seluruh ongkos keretanya tercover jika menggunakan JR Pass. Perjalanan terakhir dari Gotemba Station adalah jam 22.24, tiba di Shinjuku pukul 01.00.

Akses dari Hakone

Teman-teman bisa naik bus Odakyu dari Togendai (di sisi utara Danau Ashinoko) selama 30 menit dengan ongkos 1.020 yen atau dari Sengoku selama 20 menit dengan ongkos 710 yen. Sengoku bisa dicapai dengan menggunakan bus Hakone Tozan dari Odawara, Hakone-Yumoto, dan Gora. Semua bus Odakyu dan Hakone Tozan masuk ke dalam cakupan Hakone Free Pass.

Akses dari Fuji Kawaguchiko

Kalau dari area Fuji Kawaguchiko, teman-teman bisa naik bus Fujikyu yang melalui jalur Stasiun Kawaguchiko, Gotemba, hingga Stasiun Mishima (di jalur kereta Tokaido Shinkansen antara Tokyo-Nagoya-Kyoto). Dari Stasiun Kawaguchiko sampai Stasiun Gotemba atau Gotemba Premium Outlets ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 75 menit dengan ongkos 1.510 yen.

Akses Bus Menuju ke Gunung Fuji

Kalau teman-teman ingin menuju ke Gunung Fuji dan ingin berfoto di Fuji 5th Station, ada juga bus menuju ke Gunung Fuji 5th Station yang berangkat dari Gotemba Station. Jalur ini namanya jalur pendakian Subashiri dan jalur pendakian Gotemba. Bus yang menuju ke jalur pendakian Subashiri 5th Station berangkat pukul 07:35, 08:35, 10:35, 11:35, 15:35, dan 16:35 dari Gotemba Station. Sementara bus yang menuju ke jalur pendakian Gotemba 5th Station berangkat pukul 08:35, 12:35, dan 15:35.

Cheap Hotels in Gotenba [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

The Gotembakan
0 km away
The Gotembakan
from ¥6571/night
Hotel Route-Inn Gotenba
0 km away
Hotel Route-Inn Gotenba
from ¥7803/night
Kuretake Inn Gotemba Inte
1 km away
Kuretake Inn Gotemba Inter
from ¥8111/night
Select Inn Fujisan Gotemb
0 km away
Select Inn Fujisan Gotemba
from ¥6057/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Stasiun Mishima
19 km away
Penampakan Depan Stasiun Mishima
Gunung Fuji
20 km away
Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko
Danau Tanuki
34 km away
Fenomena Diamond Head Gunung Fuji dari Danau Tanuki
Air Terjun Shiraito
32 km away
Pemandangan musim gugur di Air Terjun Shiraito

Sumber gambar : Flickr Naoki IshiiRichard, enjoy my life!Intercity Life, Yuki Matsukura, Emran Kassim


Recommended for you


Last modified: July 27, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Atik
2016-04-12 09:47:15
Ada bus langsung dari Shinjuku ke gotenba outlet, jadi kita bisa pergi tanpa cape2
Vivien
2016-03-28 11:29:36
Melihat Gunung Fuji dari Gotenba, ide yang bagus untuk cari suasana lain.

Close Comments

Comments (109)

  1. Pak Nugroho, saya rencana dari haneda lgs ke kawaguci dan nginap semalam kemudian besoknya langsung naik bus malam dari kawaguci ke kyoto. Kalau mau mampir ke gotemba baiknya ketika dr haneda atau ditengah2 acara keesokan harinya? Boleh advice wisata dan kartu passnya baiknya gimana?

    • Nugroho Christian  |  

      Lebih baik saat dari Kawaguchiko saja, ada bus Fujikyu dari rute Kawaguchiko-Gotemba kok. Salam.

  2. Slmt pagi pak Nugroho..mohon info kl saya lgs dari Haneda pagi hari…sebaiknya rute yg sy ambil bgm…apakah haneda-gotemba-kawaguchi atau haneda-kawaguchi-gotemba..bgm jg baiknya jika ingin ke hakone…setelah itu lgs menuju shinjuku..saran dari bapak…saya hrs titip koper diloker mana…yerimakasih…

    • Malam pak Nugroho…sy tiba di haneda pagi sekali dan ingin lgs ke kawaguchi dan gotenba krn menginap di shinjuku..biar tdk repot membawa koper dan bila selesai lgs plg menuju shinjuku…sebaiknya hrs titip diloker mana…krn kl titip dista.shinjuku berarti sy hrs bolak2..mohon i fo…terimakasih..

    • Nugroho Christian  |  

      Kereta menuju Kawaguchiko dan Gotemba itu berangkatnya dari Stasiun Shinjuku kok bu, jadi lebih baik ibu nitip koper di Stasiun Shinjuku saja. Pulangnya dari Kawaguchiko dan Gotemba tinggal ambil dan ke penginapan. Salam.

  3. Hallo. Saya berencana ke Jepang Oktober 2018 dgn itinerary: Osaka (2 malam)-Gotenba (2 malam)-Nagano (2 malam)-Tokyo (2 malam). Mohon rekomendasi pass apa saja yg sebaiknya diambil. Apakah beli JR Pass worth it untuk rute2 tsb? Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Dani tiba dan kembali dari Bandara mana ya? Dan apakah urutan serta tempat menginapnya sudah fixed? Salam.

    • Saya tiba di KIX Osaka jam 09:00 dan kembali ke Indonesia via Haneda Tokyo malam hari Pak. Untuk urutan perjalanan dan tempat nginap saya sudah booking hotelnya tetapi masih bisa berubah jika ada alternatif yg lebih baik (hotel masih bisa free cancel hingga september). Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ongkos satu kali perjalanan Tokyo-Nagano adalah 7680 yen, jadi JR PASS sudah balik modal dengan mempertimbangkan 1 kali shinkansen Osaka-Tokyo, dan shinkansen Tokyo-Nagano PP. Salam

    • Terimakasih informasinya Pak Nugroho. Kalau dari KIX ke daerah Namba/Nippombashi di Osaka tidak ada transportasi yg full JR ya? Apakah sebaiknya saya beli pass yg lain saat tiba di KIX? Kalau hanya untuk memudahkan transportasi saja (sebaiknya pass apa yg saya beli? Apakah ada bus dari KIX yg sekali jalan ke daerah Namba/Nippombashi? Pertimbangan saya kalau pakai kereta suka repot kalau bawa bagasi/koper. Maaf banyak pertanyaan :)

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau memang mau mengunjungi Namba dan Nippombashi, bapak bisa naik kereta Ekpress Haruka sampai stasiun Tennoji, lalu naik JR Yamatoji Line ke Stasiun Shin-Imamiya, ongkosnya tercover dengan JR Pass. Kalau yang gampang sebenarnya bapak bisa naik kereta Nankai saja, langsung sampai ke Namba. Salam.

    • Tadinya saya mau pakai rute KIX->Shin-Osaka->Nippombashi (nambah 280 yen diluar JR) dgn total waktu 73 menit. Ternyata advice Pak Nugroho KIX->Tennoji->Shinimamiya->Nippombashi lebih cepat dan lebih murah, hanya nambah 180 yen dgn total waktu 46 menit (hanya saja perlu tambahan sedikit jalan kaki 400m dari stasiun Shinimamiya ke statiun Dobutsuen-Mae). Tujuan akhir saya memang stasiun Nippombashi karena menginap di sekitar situ. Sekali lagi terimakasih banyak Pak Nugroho!

  4. Selamat siang pak Nugroho
    sehubungan dgn rencana saya bulan November ke Japan , saya minta advisnya nih :
    16 Nov tiba di Haneda airport rencana ke daerah Gotenba menginap di Gotenbakan ,
    sebaiknya naik kereta apa yah ? kira2 berapa menit ?
    17 Nov rencana ke premium outlet dan sorenya mau ke Hakone nginap di Recove hakone
    kira2 dari Premium outlet apakah ada Bis atau kereta ke Hakone ? tolong info nama kereta dan stasiun nya.
    18 Nov mau explore di Hakone , kira2 saat itu tempat yang baik kemana saja ? transportasinya ?
    19 Nov pagi explore Hakone lagi , sorenya mau ke Osaka . sebaiknya naik apa yah ? bagaimana cara ke stasiun nya / transportasinya ?
    20 Nov rencana mau explore Osaka dan Nara , tolong referensiin tempat2 wisata dan transportasinya
    dan cara mendapatkan tiket transportasi yang efisien /murah.
    demikian pak , tolong advisnya yah. terima kasih banyak.

  5. Selamat malam Pak Nug,
    Saya sekeluarga ada rencana ke Mt Fuji dari Tokyo, mampir Gotemba. Setelah itu lanjut ke Osaka. Kembali ke Jakarta dari Osaka. Saya tinggal di Shinjuku. Boleh kasih saran, transport yang tepat yang saya harus saya ambil. Kalau mau lihat dermaga dengan kapal2 tradisional Jepang di daerah Mt Fuji bagaimana caranya ? Terima kasih atas bantuannya. Salam,

    • Maaf pak Nug, mau bertanya lagi. Kalau ke Danau Ashinoko, lebih enak dr Kawaguchi atau dari Gotemba? Sya juga harus titip koper di stasiun sebelum keliling. Mohon sarannya Pak.
      Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau dari Kawaguchiko juga pasti akan lewat Gotemba ibu, makanya apakah titip di hotel atau di stasiun besar seperti Odawara. Salam

    • Pak Nug, koper titip di stasiun karena sore langsung ke Osaka. Jadi rutenya, Kawaguchi, Gotemba, Danau Ashinoko, begitu pak ? Setelah dari Danau balik ke Odawara utk ambil koper, lanjut ke Osaka. Apaka seperti ini rutenya pak ? Atau ada stasiun lain yg bisa dititipkan koper utk menuju Osaka.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau memang mau ke Osaka, berarti paling baik di Odawara. Namun rasanya kalau 1 hari, tidak akan mungkin terkejar Odawara-Hakone-Gotemba-Kawaguchiko dan kembali ke Odawara. Sebagai masukan, perjalanan Hakone(Odawara)-Gotemba 70 menit, dan Gotemba ke Kawaguchiko bisa 2 jam. Salam

  6. Sealamt siang Pak Nugroho,
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan antara lain:
    1. Saya dari Tokyo hendak melihat gunung Fuji, Jika ke Hakone dan Gotemba, memungkinakan balik lagi ke tokyo dalam hari yang sama?
    2. apakah saya sebaiknya beli Hakone Wide Pass atau pass lainnya sedangkan saya memiliki JR Pass/Hokuriko ARCH Pass ( saya msh bingung antara beli JR atau Hokuriko, saya dari Osaka-Kyoto-Kanazawa-Tokyo) ?
    3. Bagaimana Rutenya ke Hakone/Gotemba, saya dari hamamatsuco Station ?

    Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      1. Memungkinkan pak, bapak bisa ikuti contoh perjalanan saya di Itinerary Hakone 1 hari.
      2. Kalau memang ingin PP Tokyo-Hakone, saya sarankan membeli Hakone Free Pass saja yang jauh lebih hemat. JR Pass atau Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass baru akan untung jika bapak melakukan perjalanan PP Tokyo-Osaka.
      3. Bapak bisa naik kereta JR Yamanote Line ke Shinjuku, lalu naik kereta Odakyu sampai Stasiun Odawara. Nanti bisa naik bus keliling Hakone atau bus ke Gotemba.

    • Hendra  |  

      Terima kasih atas very fast response nya.
      Terkait JR Pass atau Hokuriko, saya hanya one way dari osaka -kyoto-kanazawa-alpine road-tokyo dan tdk balik ke osaka lagi.
      Jd tdk perlu ya pak ?
      Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau rutenya seperti itu, lebih baik menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass, tapi kalau memang mau PP Tokyo-Hakone (seperti yang bapak sampaikan sebelumnya), lebih baik membeli JR Pass karena Tokyo Osaka Hokuriku tidak mengcover ongkos perjalanan ke Odawara, sementara JR mengcover. Salam.

    • Hendra  |  

      Baik pak..terima kasih banyak atas bantuannya.
      Artinya biaya dari tokyo ke odawara lbh dari 5000 yen ya? Krn selisih hokuriko dan JR kan 5000 yen ya..
      Klo boleh tau bagaimana cuaca sekitar tgl 1 sd 5 sept di osaka tokyo dan Fuji ?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau dibandingkan memang jauh lebih murah pak. Tiket kereta Shinkansen Kodama hampir 3.000 yen untuk satu arah. Salam.

    • Selamat malam Pak, terima kasih sblmnya atas bantuannya selama ini. Melanjutkan pertanyaan sblmnya terkait tiket ke odawara dari tokyo, jika saya memilih hokuriko arch pass dan menggunakan hakone pass versi shinjuku utk ke fuji, akan lbh murah kah dibandingkan saya membeli JR Pass dan menggunakan hakone pass versi odawara? Krn sepemgetahuan saya selisih JR Pass dan hokuriko 5.000 jpy dan selisih antara hakone pass versi shinjuku dan versi odawara hanya sekitar 1100jpy. Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Hakone Free Pass tidak mengcover ongkos sampai Kawaguchiko pak, hanya sampai Gotemba saja (di tengah-tengah Hakone dan Kawaguchiko). Ya, kalau bapak hanya ke Odawara saja, lebih bagus Hokuriku Arch Pass+ Hakone Free Pass. Salam.

    • Hendra  |  

      Terima kasih atas responnya, saya hendak ke hakone dan gotenba bukan hanya odawara sih pak Nu. Saya tetap beli hokuriko fan hakone free pass saja ya?
      Jika saya beli hokuriko apakah bs dipakai utk naik kereta dari station ke station di tokyo, misal dari hamamatsuci ke shinjuku ke daerah sibuya dan ginza ? Thanks alot before

  7. Selamat pagi Pak Nugroho, kami berencana menginap di Tokyo tgl 27 Jun-1 Juli besok dan ingin menyempatkan mampir melihat Fuji dari jarak yang cukup tampak bagus (tanpa mendaki). Kira-kira bapak memiliki saran tempat mana saja yg bagus utk sightseeing Fuji?
    Kemudian apabila kami menginap di Tokyo dan berencana utk ke Fuji tgl 29 apakah perlu untuk menginap atau one day trip saja cukup? Dan utk JR pass Tokyo + Fuji apakah ada paket tertentu atau terpisah pembeliannya? Terima kasih

  8. DANIEL MULIAWAN  |  

    selamat sore pa Nugroho, saya bingung nih, kalau lihat di Hyperdia, harga ticket dari Odawara ke Gotemba total 760 Y, tapi kalau di pisah Odawara—Kozu(kanagawa)=200Y + Kozu(kanagawa)–Gotemba =670 Y, total nya malah jadi 870 Y. Kalau saya pakai Suica Card jadi bayarnya berapa ya pak? 870 Y atau 760 Y sesuai yg tercantum di Hyperdia? terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau bapak keluar dari pintu karcis stasiun Kozu maka hitungannya 200+670=870 yen.
      Tapi kalau tidak keluar pintu karcis, maka harganya 760 yen. Salam

    • maria ft  |  

      pak…sy tiba d narita ,ke higashi shinjuku …kalo naik tokyo shuttle bisa ga? naik apa yg murah ?…. plg juga saya dr shinjuku ke narita,sebaiknya naik apa ??terimakasih pak…(bln juni 17)

  9. Selamat siang pak Nugroho…
    Minta masukannya utk itinerary saya,
    H1 : jalan-jalan di Tokyo
    H2 : Kawaguchiko – Fuju – Gotemba
    H3 : Disney sea
    H4 : Osaka
    H5 : Kyoto – Nara
    H6 : Beppu
    H7 : Yufuin
    H8 : Beppu
    H9 : Fukuoka
    H10 : kembali ke Indonesia
    pertanyaan saya, sebaiknya menggunakan JR pass atau tdk? apakah JR pass bisa digunakan di Beppu – Fukuoka dan jk tdk sebaiknya menggunakan apa? H2 utk kembali ke Shinjuku apakah rutenya sama dg rute keberangkatan? terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Sudah akan balik modal dengan JR Pass Dina. Selama naik kereta JR, semua ongkosnya tercover dengan JR Pass. Silahkan membaca Akses ke Beppu dan juga Yufuin (Kumamoto). Salam.

  10. halo,

    mau tanya JR gotemba line dan tokaido line itu tercover oleh JR Hokuriku Arch Pass gak yah ?
    dan boleh tau yang tercover JR Hokuriku Arch Pass itu keretanya apa saja ?

    thank you

    • Jolie  |  

      Terimakasih untuk infonya. Berati kalau ke keliling tokyo (tokyo,shinjuku,shibuya,ueno,asakusa,dll) masih tercover dengan jr hokuriku arch pass yah ?

      Tq

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ya, tempat-tempat di jalur kereta Yamanote Line seperti Tokyo, Shinjuku, Shibuya, Ueno ttercover oleh Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.
      Salam

  11. Hi Pak Nugroho
    Jadi kalo saya mau ke gotemba, lebih baik ke Kawaguchi daripada ke Hakone ?
    Dari Kawaguchi apakah ada shinkansen langsung ke Osaka ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Rutenya adalah seperti ini: Kawaguchiko–Gotemba–Hakone. Dan shinkansen langsung ke Osaka hanya ada di Odawara dekat dengan daerah wisata Hakone. Salam

    • Hi pak

      Jika saya akan ambil rute spt yg Bapak sebutkan, kawaguchi-gotemba-hakone, lebih baik menginap di daerah mana y pak ? Dan apakah bisa dilakukan dlm 2 hari?

  12. Selamat siang Pak,
    Mau tanya, kalau dari Stasiun Gotemba ke Stasiun Kyoto Jr, naik apa yang tercover JR Pass?
    di hyperdia stasiun kyoto itu apakah Kyoto JR?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Gotemba Station ibu bisa naik Fujikyu Bus menuju ke Mishima Station seperti yang tertulis di bagian “Kawaguchiko-Gotemba-Mishima-Kyoto”. Dari Mishima Station bisa naik kereta shinkansen sampai Kyoto JR. Salam

    • Siang pak Nugroho,maaf ini nanya terus..
      kalau saya ingin ke lake kawaguchiko & Gotemba tanpa ke hakone dari Tokyo PP, JR Pass sudah tercover belum ya?
      sampai disana adakah naik bus2 lagi?

      Terima Kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Dari Tokyo bapak bisa naik kereta ekspress sampai Otsuki Station (tercover JR PASS), kemudian naik kereta Fuji Kyuko sampai Kawaguchiko Station (tidak tercover JR PASS). Nah dari Kawaguchiko ke Gotemba harus naik bus Fujikyu seperti tertulis di artikel di atas (tidak tercover JR PASS).
      Salam

  13. halo mas, mau tanya. jika saya hanya ingin berkeliling fuji – kawaguchiko dan gotemba. apa yang harus saya lakukan? rencana mau beli tokyo Wide pass. saya bingung memilih jalur yang searah.

    • santi matovani  |  

      kalau menggunakan tokyo wide pass, apa saya berangkat dari Stasiun tokyo? atau shinjuku station?
      kemudian detail rutenya bagaimana pak? turun di stasiun kawaguchiko?
      dari gotemba bagaimana balik ke tokyo nya? terima kasih :)

    • santi matovani  |  

      baiknya berangkat dr tokyo jam berapa?
      jadi after keliling kawaguchiko, saya balik lg ke stasiun kawaguchiko dan Naik Bus Fujikyu ke Gotemba?
      dari gotemba balik lg ke stasiun kawaguchiko dan pulang naik kereta fujikyu line ke otsuki station, baru kemudian kereta chuo line (LTD express azusa) ke shinjuku?
      jujur saya bingung urutan dari pergi sampe pulangnya..pls help :) thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau memang ingin mengunjungi banyak tempat wisata bisa berangkat pagi-pagi, naik kereta Azusa Nomor 1 yang berangkat jam 07.00 dari Shinjuku Station.
      Kalau dari Gotemba Premium Outlets ibu ingin kembali lagi ke Kawaguchiko bisa saja, namun jadinya bayar 2 kali lipat ongkos Fujikyu Bus masing-masing 1510 yen. Sedangkan kalau lihat link di atas, ibu cuma perlu menambah ongkos 670 yen sampai ke Kozu Station, kemudian naik kereta JR sampai ke Tokyo/Shinjuku gratis dengan JR Tokyo Wide Pass. Salam

    • santi matovani  |  

      Ooo gitu..selain dr stasiun kawaguchiko, apa bis fujikyu itu bs di naiki dr tmpt lain? Misalnya dr tmpt wisata di kawaguchiko. Karna kan kalo diliat, biaya dr stasiun kwaguchiko to gotemba 1500an.
      Saya kan ingin mengunjungi bbrp tmpt wisata jg di fuji. Br abis itu ke gotemba. Thanks.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya bus Fujikyu yang dimaksud adalah bus lokal seperti bus kota di Jakarta. Ibu bisa turun kemudian jalan-jalan, lalu kembali lagi ke halte untuk melanjutkan perjalanan. Bus berangkat tiap 30 menit sekali. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Tapi ongkosnya sebanding kok ibu, bukan 1510 yen. Silakan bisa dicek di link terkait.
      Kalau memang bisa cepat, mengapa harus berlambat-lambat bukan?
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!