Liburan Murah dengan Tateyama Kurobe Option Ticket

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Liburan Murah dengan Tateyama Kurobe Option Ticket

Tateyama Kurobe Alpine Route adalah rute perjalanan wisata yang ada di wilayah pegunungan Tateyama, di antara Prefektur Toyama dan Nagano. Keindahan Tateyama sudah sudah banyak dikenal di telinga wisatawan dunia. Tim Info Jepang sudah pernah menuliskan contoh itinerary perjalanan satu hari untuk Tokyo-Tateyama yang bisa dijadikan teman-teman sebagai  acuan. Menyusuri dan menikmati keindahan Tateyama membutuhkan persiapan matang. Selain karena rutenya yang cukup “ribet” dan jumlahnya yang “terbatas” apalagi di puncak musim liburan, harga ongkos totalnya juga cukup mahal. Namun, kita tetap bisa liburan murah dengan Tateyama Kurobe Option Ticket. Bagaimana cara penggunaannya? Hitung-hitungannya? Berikut ini Tim Info Jepang menjelaskannya.

Kapan Saya Memerlukan Tateyama Kurobe Option Ticket?

Tateyama Kurobe Option Ticket adalah tiket khusus (pass) yang diperuntukkan khusus bagi wisatawan asing, dengan status visa kunjungan kurang dari 90 hari di Jepang. Pass ini mengcover semua perjalanan satu arah dari Stasiun Nagano atau Stasiun Shinano-Omachi (sisi timur Tateyama) sampai ke Stasiun Dentetsu-Toyama dekat Stasiun Toyama (sisi barat Tateyama), atau sebaliknya dari Stasiun Dentetsu-Toyama sampai ke Stasiun Nagano atau Stasiun Shinano-Omachi. Ingat, hanya satu arah, jadi teman-teman tidak bisa kembali ke tempat awal berangkat.

Berikut ini rute yang tercover dengan pass ini (Tim Info Jepang menuliskannya berurutan dari sisi timur Tateyama):

transportasi di tateyama

Transportasi di Tateyama Alpine Route

  1. Bus lokal dari Stasiun Shinano-Omachi sampai Ogizawa atau bus ekspress dari Stasiun Nagano sampai Ogizawa.
  2. Bus trolley Kanden dari Ogizawa sampai Kurobe Dam, melintasi terowongan Gunung Akasawadake
  3. Kurobe Cable Car dari Kurobeko (dekat Kurobe Dam) sampai Kurobedaira
  4. Kereta gantung (ropeway) Tateyama dari Kurobedaira sampai Daikanbo
  5. Bus trolley Tateyama dari Daikanbo sampai Murodo. Murodo sendiri adalah titik tertinggi di Tateyama yakni 2.450 meter
  6. Bus Tateyama Highland dari Murodo sampai Bijodaira
  7. Tateyama Cable Car dari Bijodaira sampai Stasiun Tateyama
  8. Kereta Toyama Chiho dari Stasiun Dentetsu Toyama

Sebagai catatan buat teman-teman, rute Tateyama ini sangat terbatas jumlahnya maupun daya tampungnya. Di musim puncak liburan (Golden Week, liburan musim panas, maupun puncak musim gugur), akan terjadi antrian panjang menunggu giliran naik di Kurobe Cable Car, kereta gantung Tateyama, maupun di Tateyama Cable Car. Pastikan teman-teman sudah merencanakan perjalanan dengan tepat agar jangan sampai ketinggalan kereta karena tidak memperhitungkan lamanya antrian.

Berapa harga Tateyama Kurobe Option Ticket ini?

Tateyama Kurobe Option Ticket dijual seharga 9.000 yen. Meskipun terlihat cukup mahal, namun pass ini membuat kita bisa menghemat, dari yang totalnya 12.090 yen (jika membeli tiket ketengan untuk semua transportasi melintasi Tateyama) menjadi hanya 9.000 yen, atau kita menghemat 3.090 yen. Selain untung dari sisi harga, kita tidak perlu repot-repot lagi mengantri setiap kali membeli tiket transportasi, artinya, bisa lebih puas menikmati keindahan Tateyama Kurobe Alpine. Harga tiket untuk anak-anak usia 6-11 tahun adalah setengahnya atau 4.500 yen.

Kapan kita bisa membeli tiket Tateyama Kurobe Option Ticket?

Tiket Tateyama Kurobe Option Ticket ini dijual terbatas waktu dan jumlahnya. Misalnya sebagai contoh adalah Tateyama Kurobe Option Ticket untuk tahun 2017, awalnya pass ini dijual dari 14 April 2017 sampai tanggal 8 November 2017.

Di mana kita bisa membeli Tateyama Kurobe Option Ticket?

Pass ini bisa teman-teman beli di kantor JR East Travel maupun JR West Travel tempat-tempat berikut ini:

  1. Stasiun kereta di Tokyo (Stasiun Tokyo dan Stasiun Shinjuku)
  2. Bandara Haneda (Terminal Internasional) dan Bandara Narita (Terminal 1,2, dan 3)
  3. View Plaza Nagano
  4. Stasiun Osaka dan Shin-Osaka
  5. Stasiun Kyoto
  6. Stasiun Kanazawa
  7. Stasiun Toyama

Saat membeli tiket ini, teman-teman akan diminta untuk menunjukkan paspor teman-teman (sebagai bukti bahwa kita adalah wisatawan asing) dengan visa kunjungan sementara atau temporary. Pembelian tiket bisa diwakilkan, namun satu passport hanya bisa digunakan untuk membeli satu pass saja.

Berapa lama masa berlaku Tateyama Kurobe Option Ticket?

Tateyama Kurobe Option Ticket ini berlaku untuk penggunaan 5 hari  berurutan, memungkinkan teman-teman untuk menginap di hotel-hotel yang ada di Shinano-Omachi, Murodo, Midagahira, atau di Toyama. Rute perjalanan Tateyama ini biasanya memakan waktu 6-7 jam (untuk rute perjalanan penuh), dan mungkin bisa bertambah 1-2 jam di saat puncak liburan. Sebaiknya teman-teman menginap di Murodo atau Midagahira Hotel (yang ada di dalam rute Pegunungan Tateyama), lalu melanjutkan perjalanan keesokan harinya. Hotel Tateyama yang ada di Murodo adalah hotel tertinggi di Jepang dari sisi lokasi, kita bisa menikmati pemdangan kabut pekat Tateyama di pagi hari dari hotel ini.

Apakah ada layanan pengiriman atau pengantaran koper?

Tim Info Jepang sering sekali mendapatkan pertanyaan mengenai hal ini, khususnya bagi teman-teman yang melakukan perjalanan ke Tateyama ini sebagai rute perjalanan antara Tokyo-Kanazawa atau Tokyo-Kyoto/Osaka.

Di Stasiun Nagano, Shinano-Omachi, Dentetsu Toyama, dan Tateyama tersedia layanan pengiriman koper. Harganya mulai dari 1.300 yen saja (harganya bergantung pada ukuran dan berat koper). Layanan pengiriman koper ini akan membawa koper teman-teman ke hotel atau tempat terdekat sesuai perjanjian.

Tips Tambahan dari Tim Info Jepang

Untuk bisa meng-cover maksimum perjalanan Kyoto, Osaka, Nagoya, atau Tokyo menuju Tateyama (baik melalui Toyama maupun Nagano dan Shinano-Omachi), Tim Info Jepang menyarankan teman-teman untuk mengkombinasikan penggunaan Tateyama Kurobe Option Ticket dengan JR Pass, Takayama Hokuriku Pass, atau Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass. Semua pass ini akan mengcover perjalanan kereta menuju kota-kota terdekat sebagai pintu masuk Tateyama Alpine, seperti Toyama dan Nagano. Tiket-tiket ini sangat pas dikombinasikan dengan Tateyama Kurobe Option Ticket (tidak ada yang tumpang tindih).

Cheap Hotels in Tateyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Daiwa Roynet Hotel Toyama
from ¥7300/night
Toyama Daiichi Hotel
from ¥6600/night
Comfort Hotel Toyama
from ¥16400/night
Hotel Grand Terrace Toyam
from ¥6998/night

(sponsored by Booking.com)

Objek Wisata lain dekat Tateyama Kurobe Alpine Route!

Kebun Tulip Tonami
Keindahan Kebun Tulip Tonami di Toyama
Kastil Toyama
Kemegahan Kastil Toyama
Kuil Zuiryuji
Iluminasi malam di Kuil Zuiryuji Toyama
Tebing Kurobe Kyokoku
Tebing Kurobe Kyokoku Toyama di musim gugur

Sumber gambar: Flickr M Reza Faisal


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: March 9, 2017

Comments (41)

  1. Sore,pak,mau nanya,apakah hokuriku arch pass itu juga termasuk jr pass?setelah beli tateyama kurobe option tiket,apakah perlu reserved seat lagi satu area ke area lain ,contoh utk bus dari murodo ke daikanbo,thanks ya pak Nugroho

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Hokuriku Arch Pass termasuk pass kereta di Jepang, hanya jalurnya berbeda dan jangkauannya sedikit lebih sempit dari JR PASS Ordinary seharga 29.110 yen.
      Lalu bus Tateyama Highland dari Murodo-Daikanbo tipenya adalah bus lokal, tidak bisa reservasi. Hanya tinggal naik saja dan bayar ongkos on the spot. Salam

  2. Pagi,pak Nugroho ini mau nanya lagi rencana 18 april mau ke shibazakura yamanashi,bagaimana rute ke sana?tadi sy search bus hanya sampai kawagucigo saja,dari sana naik apa ya ke yamanasi? Rencana 14 april mau ke disneysea,kalau dari tokyo station ke mahaima station apakah tercover jr pass?dari mahaima station ke disneysea naik apa ya pak?terimakasih ya pak sebelumnya

  3. Sore,pak.
    Kalau utk tiket tateyama station sampai daikanbo(roundtrip)
    Bisa beli di dentetsu toyama station gak?
    Utk pembelian tiket di dentesu station buka sampai jam berapa?
    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Tiket PP dari Tateyama Station ke Daikanbo bisa direservasi via online (bahasa Jepang).
      Sepertinya harus reservasi lebih dulu, baru kemudian diberitahu kode reservasinya di Dentetsu Toyama Station. Salam

  4. Pak Christian,
    Kalo menggunakan tiket terusan ini, tidak seperti ikut tour kan , harus bersama2 terus dari awal sampe akhir?
    misalnya kalo kita mau menghabiskan foto2 lebih lama di dinding es, karena bus nya sudah jalan, apakah kita bisa pakai bus selanjut nya yang lewat situ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, Tateyama Kurobe Option Ticket ini sifatnya sebagai pengganti tiket satuan moda transportasi di Tateyama Kurobe Alpine Route ibu, daripada ribet beli satu-satu tiketnya.
      Tidak ada tur, semuanya jalan sendiri. Ibu bisa mengatur sendiri, mau lebih lama di tembok es Yuki no Otani seperti yang Ibu katakan.
      Salam

  5. Pak Christian,

    Tiket Tateyama Kurobe Option itu jalur nya dari : Dentetsu Toyama ke Shinano Omachi saja ATAU
    Dentetsu Toyama sampai ke Nagano sih?

    Kalo cuma sampe ke Shinano Omachi saja, lalu ke Nagano nya kan naik bus apa? Ongkos nya berapa ? apakah bus tersebut tercover JR Pass?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Keduanya Ani, namun hanya berlaku searah (tidak bolak-balik). Kalau berangkat dari Toyama, berarti harus pulang dari Shinano Omachi. Kalau kamu pilih naik bus sampai Shinano Omachi (tercover dengan Kurobe Option Ticket), maka kamu harus naik kereta JR lokal sampai Nagano lewat Stasiun Matsumoto. Kereta ini tercover dengan JR Pass. Atay, kamu bisa ambil bus dari Ogizawa sampai Nagano saja yang tercover dengan Kurobe Option Ticket. Salam.

  6. Hi again pak nugroho,
    Pak bisa tau kira di dentetsu toyama center , u/ bli tiket alpine route buka dari jam brp smp jm brp loket nya ? Thanks a lot 😊

  7. Pak, sory saya ad klik tateyama kurobe option ticket. Penjelasannya pass alpine route ¥9490 , tercover dari dentetsu toyama sampai ke station nagano …

    Apakah smp nagano station atau smp shinano omachi saja ? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Oh maaf ibu jika membuat bingung. Ada 2 pilihan bu, bisa naik bus sampai ke Nagano atau Shinano-Omachi (karena berbeda bus). Kalau ibu pilih sampai Nagano, maka tidak bisa turun di Shinano-Omachi. Salam.

  8. Kapan Hokuriku arch pass dapat dibeli via internet,rencana berangkat 13 april 2017,apakah ticket kurobe alpine juga bisa dibeli lewat internet? Terima kasih ya

  9. Apakah ticket hokuriku arch pass sdh mencover kurobe alpine route?dapatkah membeli tiket kurobe alpine route on line?mana lebih rame pengunjung dari toyama atau dari ogizawa?mohon informasi,terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Tiket Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass mengcover ongkos kereta sampai ke Toyama Station saja.
      Sedangkan ongkos dari Toyama Station, menyusuri Tateyama Kurobe alpine, sampai keluar di Ogimachi atau Nagano Station TIDAK tercover.
      Tiketnya bisa dibeli saat di sana Pak. Yang lebih ramai tentu dari Toyama, sebab aksesnya lebih mudah dari Toyama Pak. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak.
      Untuk grand-class Shinkansen (Kagayaki atau Hakutaka) dikenakan tambahan biaya 13.370 yen
      Untuk green-seat Shinkansen (Kagayaki atau Hakutaka) dikenakan tambahan biaya 5.150 yen.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk sekarang Tateyama Kurobe Option Ticket ini belum tersedia.
      Salam

  10. Salam kenal pak
    Saya rencana 21-29 April mau ke Jepang . In dan out Dr Kansai airport.
    Sy punya itin sbb
    22 – Dr Kansai airport ke Takayama inap
    23 – shirakawa go ilumination
    24 – tateyama
    25 – fujiyama state 5th (inap)
    26 – 29 stay di osaka

    Mohon koreksi itinnya pak
    Utk transportasi pake apa pak

    Terima kasih
    Hendri

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Mohon informasinya, apakah mau naik shinkansen/ kereta atau berhemat dengan naik bus antar kota?
      Kalau ingin naik kereta/ shinkansen silakan membeli JR Pass, sebab sudah balik modal kok pak.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk tahun 2017, Tateyama Kurobe Alpine Route dibuka dari tanggal 15 April 2017.
      Salam

  11. Mohon info nya ne. Pertengahan bulan november ne rencana mau ke alphine kurobe route. Tips transportasi murah dari tokyo ke nagano naik apa? Balik nya dari toyama ke tokyo naik apa. Trus pass transportasi selama perjalanan tateyamanya bisa beli di stasiun nagano nya? Mase bisa sekalian beli tiket transportasinya sampe ke toyama

  12. Planning saya ke tateyama pada tgl 1 november dengan menginap di toyama 1 hari sebelumnya. Dari blog2 yg lain menginfokan bahwa tidak perlu pembelian terlebih dahulu utk tateyama kurobe alpine ticket (beli lgsung di tempat). Dari info mas, tiket sudah habis terjual okt nov. Bagaimana bisa krna dr tgl pembelian, valid waktunya hanya 5 hari ?. Apakah ada opsi lain yang bisa diambil agar tetap bs melakukan travel tateyama kurobe alpine route?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Hendrik. Betul, tiket Tateyama Kurobe Alpine itu bisa dibeli langsung di tempat.
      Informasi tiket yang disampaikan di website infojepang adalah free pass Tateyama Kurobe Alpine =satu tiket bisa mencover seluruh transportasi Tateyama Kurobe Alpine, dan jatuhnya harganya lebih murah.
      Tiket free pass ini berlaku 5 hari sejak pembelian, jadi Hendrik bisa menginap di hotel di daerah pegunungan Tateyama (gak cuma satu hari PP).
      Namun, tiket free pass ini sangat laku, sehingga sudah tidak dijual lagi. Salam

  13. Pak Nugroho, jadi
    Hari pertama : Tokyo – Toyama ( bermalam di Toyama ) melalui Tateyama Alpine Route
    Hari kedua : Toyama – Gokayana – Shirakawago – Toyama ( bermalam di Toyama )
    Hari ketiga : Toyama – Kanazawa – Takayama ( bermalam di Takayama )
    Hari keempat : Takayama – Nagoya – Tokyo
    Untuk hari pertama , apakah ada alternatife supaya ketika wisata di Tateyama Alpine Route tidak harus membawa koper2 pakaian.
    Dan apakah rute tersebut diatas sudah tercover dengan JR Pass dan Tateyama Kurobe option tiket.Tks banyak

  14. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Selamat siang Pak.
    Sedikit saran dari Tim Info Jepang.
    Hari pertama: Supaya bapak tidak perlu membawa-bawa koper, pertama Bapak bisa ke hotel di Toyama dan menitip barang di situ (sebelum check in). Kami sarankan untuk tiba pagi-pagi, sehingga bisa masuk ke rute Tateyama Kurobe Alpine Route sebelum siang hari dengan Tateyama Kurobe Option Ticket. Keluar dari Ogizawa, naik bus ekspress sampai ke Nagano. Dari Nagano bisa naik Hokuriku Shinkansen kembali ke Toyama Station dan masuk ke hotel malamnya.
    Hari kedua: Bapak silakan berjalan-jalan di Toyama dan Kanazawa saja, sebab Gokayama-Shirakawago-Takayama itu satu arah dan bisa dilakukan hari ketiga.
    Hari ketiga: Toyama-Gokayama-Shirakawago-Takayama, malamnya menginap di Takayama. Silakan baca contoh itinerarynya.
    Seluruh rute bus dan keretanya tercover oleh JR Pass dan Tateyama Kurobe Option Ticket. Hanya ongkos Kaetsuno bus ke Shirakawago dan Gokayama tidak tercover.
    Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!