Umeda Osaka

Home / Attraction / Umeda Osaka
Item image

Umeda adalah pusat kehidupan masyarakat Osaka. Kalau Namba berada di sisi selatan (Minami), Osaka berada di utara (Kita). Di sini kita bisa melihat Stasiun Osaka dan Shin-Osaka yang menjadi jantung transportasi dalam kota sekaligus yang menghubungkan Osaka dengan kota-kota lainnya, seperti Kyoto dan Nara, juga Hiroshima di selatan dan ibukota Tokyo. Seperti Namba di selatan kota, Umeda dipenuhi dengan berbagai pusat perbelanjaan dan hiburan dan beragam hotel dari jaringan hotel dunia. Ada beragam merek dunia terkenal yang dijual dengan harga bebas pajak khusus bagi wisatawan asing. Mengunjungi Umeda Osaka akan membawa kita kepada pengalaman kota modern dengan desain bangunan yang “wah”. Rasanya, tidak rugi menghabiskan 1 hari berkeliling Umeda seperti yang Tim Info Jepang lakukan akhir tahun 2015 lalu. Simak kegiatan seru dan objek wisata terkenal di Umeda Osaka.

Kegiatan seru di Umeda

1. Melihat pemandangan kota dari Umeda Sky Building

Dari Pusat Perbelanjaan Grand Front Osaka yang terhubung dengan Stasiun Osaka kita bisa menuju bangunan Umeda Sky Building melalui underpass. Di lantai paling atas ada dek observasi di mana kita bisa melihat pemandangan kota Osaka yang indah. Dek observasi Umeda Sky Building menawarkan panorama spesial kota Osaka yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Kita bisa melihat sungai Yodogawa, jalanan dan jalur kereta yang ramai, dan gedung-gedung tinggi di Osaka.

Sungai Yodogawa dari Umeda Sky Building

Pemandangan sungai Yodogawa dari Umeda Sky Building

2. Melihat kemegahan Stasiun Osaka

Bangunan Stasiun Osaka bisa dibilang adalah bangunan stasiun paling modern di Jepang. Sejak dipugar secara besar-besaran di awal tahun 2011, kini bangunan Stasiun Osaka terhubung dengan dua buah bangunan baru: North Gate Building dan South Gate Building. Stasiun ini bukan hanya sebagai stasiun biasa, melainkan juga pusat perkantoran, pusat belanja, bioskop, hotel, fitness center bagi penduduk kota dan wisatawan. Khusus bagi teman-teman yang beragama muslim, ada beberapa restoran di area Stasiun Osaka yang memiliki sertifikat halal loh, jadi lebih tenang untuk makan di sini. Ada juga Pokemon Centre dan pusat belanja oleh-oleh murah Jepang.

3. Bermain di HEP (Hankyu Entertainment Park)

Hanya 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Osaka atau Stasiun Umeda, kita bisa mengunjungi pusat perbelanjaan khusus anak muda bernama HEP. Toko-toko atau restorannya hampir sama dengan yang ada di area Stasiun Osaka atau yang ada di Namba. Yang spesial di sini adalah Ferris Wheel (Bianglala)-nya yang terkenal. Setelah membayar tiket masuk 500 yen, kita akan dibawa ke ketinggian 106 meter di mana kita bisa melihat pemandangan kota hingga pelabuhan Osaka. Wahana ini dibuka dari jam 11 siang sampai jam 11 malam. Tim Info Jepang menyarankan untuk datang ke sini sore menjelang malam hari. Selain bisa menikmati pemandangan malam kota yang menakjubkan, kita juga bisa melihat panorama Bianglala HEP dengan warna merah menyala. Sungguh indah!

HEP Ferris Wheel di Umeda Osaka
HEP Ferris Wheel di Umeda Osaka

Beli Online Sekarang!
HEP Ferris Wheel Umeda

4. Hunting barang elektronik di Yodobashi Umeda

Bagi penggemar kamera dan gadget terkini, Yodobashi di Umeda Osaka adalah surga belanja yang tepat untuk dikunjungi. Hanya 5 menit dari Stasiun Osaka dan Umeda (di seberang Hankyu Entertainment Park), kita bisa menemukan kamera dari merek ternama dengan harga yang murah. Nah, buat yang bosen nungguin pasangan hunting gadget, bisa naik ke lantai 5, 6, 7, di mana ada toko-toko pakaian seperti Uniqlo atau toko tas dan sepatu yang menjual barang-barang dengan harga yang murah.

5. Belanja di Grand Front Osaka

Dalam perjalanan ke Umeda Sky Building kita pasti melewati terowongan bawah tanah yang memotong jalur kereta di atasnya. Nah, jalan menuju ke terowongan ini adalah Grand Front Osaka, salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Osaka. Selain bisa berbelanja makanan atau oleh-oleh, kita juga bisa menikmati pemandangan di siang hari, atau panorama malam hari kota Osaka. Pada musim panas, banyak penduduk kota yang bermain air di Grand Front Osaka juga loh!

Grand Front Osaka di Umeda
Grand Front Osaka di Umeda

6. Menikmati wahana permainan petualangan 4D di Umeda Joypolis Wild River

Tenang, ini bukan petualangan beneran di mana kita bakal menyusuri sungai dan basah-basahan. Umeda Joypolis Wild River adalah wahana permainan 4D yang akan membawa kita kepada pengalaman virtual bermain arung jeram yang sungguh mengesankan dan menegangkan. Umeda Joypolis ini ada di bangunan Hankyu Entertainment Plaza (HEP) dan buka dari jam 11 siang sampai jam 11 malam dengan tiket masuk 600 yen. Jika teman-teman punya Osaka Amazing Pass, tiket masuk Umeda Joypolis ini tercover loh! Alias gratis!

Akses menuju Umeda Osaka

tempat wisata di sekitar stasiun osaka

Tempat wisata di sekitar Stasiun Osaka – Umeda

Umeda adalah pusat bisnis dan ekonomi Osaka, maka tidak heran jika mayoritas kereta dalam kota melalui stasiun di sekitar Umeda. Di sini ada Stasiun Osaka, Stasiun Hankyu Umeda, dan Stasiun Subway Umeda.

Dari Stasiun Shin-Osaka (yang dilalui kereta Shinkansen dari Tokyo dan Kyoto), kita tinggal naik kereta JR Kyoto Line selama 4-5 menit dengan ongkos 150 yen.

Kalau teman-teman dari Namba, tinggal naik kereta subway Midosuji Line dan turun di Stasiun Subway Umeda. Lama perjalanan sekitar 8 menit dengan ongkos 240 yen.

Buat kamu yang ingin berkeliling wilayah Kansai, seperti mengunjungi Umeda Osaka, Gunung Rokko dan seluruh objek wisata di Sannomiya Kobe, maupun Gion, Pasar Nishiki, dan Arashiyama di Kyoto, Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Shin Osaka Hotel
4 km away
from ‎¥6680/night
Hotel MyStays Sakaisuji-H
2 km away
from ‎¥5839/night
Kintetsu Friendly Hostel
6 km away
Kintetsu Friendly Hostel Osaka
from ‎¥3500/night
Hotel Consort Shin Osaka
3 km away
from ‎¥6314/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Uang Logam Jepang
2 km away
lorong sakura di depan museum uang logam jepang
Harvest Hill
27 km away
Pintu masuk Harvest Hill Osaka
Shops and Restaurants Tem
8 km away
Tempozan Marketplace Osaka
Nipponbashi Osaka
5 km away
Suasana Kuromon Ichiba Nipponbashi Osaka

Sumber gambar: Flickr StéfanJapanexperterna.sehans-johnson


Recommended for you


Last modified: November 4, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (70)

  1. siang pak,

    jika saya dari OSAKA MUSEUM LIVING, ingin melanjutkan ke UMEDA di UMEDA saya ingin naik ke dek umeda oservasi sky building, naik HEP ferris wheel, dan umeda Joypoliis 3D. bainya urutannya kemana dahulu ya..?

    dan bagaimana cara menuju tempat tersebut dari OSAKA MUSEUM LIVING…? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Tenjinbashisuji 6-chome Fitri bisa naik kereta Osaka City Subway Tanimachi Line sampai Stasiun Higashi Umeda. Lalu jalan kaki ke Stasiun Umeda, lalu ke Umeda Sky Building, dilanjutkan ke HEP di mana ada Umeda Joypolis dan HEP Ferris Wheel.

  2. siang pak, saya tiba di Kansai jam 08.30, sebelum berangkat ke Tokyo pada malam hari naik bus dari Umeda. saya pilih Osaka amazing pass+Nankai expansion.

    saya ingin mengunjungi Osaka Castle -masuk Gedung Umeda -Tsutenkaku tower dan HEP Five ferris wheel. itu keburu gak ya pak..? kalau cukup waktu, kira2 urutannya seperti apa..?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya keburu kok ibu. Urutannya bisa dibuat Umeda Sky Building, Osaka Castle, Tsutenkaku Tower, dan HEP Five Ferris Wheel. Salam

    • apakah jarak-nya dekat2 pak..?

      oya pak… jika saya naik nankai expansion saya naik dari kansai airport turun dimana ya..? kalau dimulai dari Umeda sky building…?

      apakah saya perlu titip koper..? dimana ya pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Jaraknya semua jauh-jauh, dan harus naik transportasi umum seperti kereta dan subway. Kalau menggunakan Nankai Expansion, ibu naik Nankai Kuko Line dari Kansai Airport sampai ke Nankai Namba Station, kemudian jalan kaki menuju ke stasiun Namba di jalur subway Midosuji Line, dan kemudian naik subway Midosuji Line sampai ke Umeda/ Osaka Station. Nah, kopernya nanti bisa dititip di Osaka Station, baru kemudian jalan kaki menuju ke Umeda Sky Building. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Ada, nama keretanya JR Kansai Airport Rapid, harga tiketnya 1.190 yen.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tergantung ibu tiba dari arah mana? Kalau naik shinkansen akan tiba di Shin Osaka Station, hanya berbeda satu stasiun dengan Osaka Station. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau naik JR Kansai Airport Rapid, ibu Fitri hanya tibanya di Stasiun Osaka. Kalau naik kereta Haruka, tibanya di Stasiun Shin-Osaka. Stasiun Osaka dan Stasiun Shin-Osaka hanya berbeda 1 stasiun (4 menit) dengan naik kereta lokal. Salam.

  3. Wow ini website luar biasaa..
    Mau tanya pak, kl beli electronic di Yodobashi Umeda apakah lbh murah ketimbang di Tokyo? Dan apakah bs lbh murah dari jakarta? Termasuk utk merk2 macam uniqlo? Krn saya pikir Jepang semuanya lbh mahal..? Terima kasih sebelumnya.. :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk elektronik di Yodobashi Umeda harganya sama dengan Yodobashi Camera di Akihabara atau Shinjuku di Tokyo.
      Kemudian untuk merek macam uniqlo harganya sedikit di atas dengan Uniqlo di Indonesia, namun design dan warnanya rata-rata unik dan tidak ada di Indonesia. Salam

  4. Hi Pak Nugroho
    Tolong infonya kalau beli osaka amazing pass 2 hari , beli dimana ya karena saya menggunakan shinkansen dari tokyo ke osaka.
    Apakah osaka amazing pass dapat digunakan utk naik osaka loop line
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Osaka Amazing Pass bisa dibeli di Kansai Tourist Information Center Shinsaibashi, Kansai International Airport, Daimaru Shinsaibashi, Shinsaibashi, Osaka, Namba. Salam

    • herman  |  

      Pak Nugroho, kalau dari kawaguchiko ke chureito pagoda harus naik apa ya? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Kawaguchiko, Pak Herman bisa naik kereta Fujikyu ke arah Stasiun Otsuki dan turun di Stasiun Shimo-Yoshida. Lama perjalanannya sekitar 10 menit dengan ongkos 300 yen.Pagoda Chureito. Salam.

    • Herman  |  

      Hi pak Nugroho mohon infonya kembali
      Kalo dr narita jam 9 pagi ke apartment yg saya booking di 2-39-5 kabukicho MTT Shinjuku 701 , lebih baik naik apa ya
      Terima kasih

    • herman  |  

      Selamat Siang pak Nugroho
      tolong info lagi , kalau dari narita naik JR Sobu Line (rapid service) apakah ada rute ke Sinjuku Station atau harus ke tokyo Station baru naik kereta lagi ke sinjuku station.

      Kalau pakai Nex yg pp ada discount ya, cuma masalahnya saya tokyo tiba tgl 20 juni dan kembali ke jakarta tgl 4 juli, apakah berlaku utk tiket Nex pp 2 minggu

      terima kasih atas infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau naik JR Sobu Line Rapid Service, semuanya memang ke Tokyo Station Pak, nanti bisa ganti kereta Chuo Line ke Shinjuku Station. Tidak ada kereta langsung ke Shinjuku, kecuali naik Narita Express NEX. Kalau tanggal 20 Juni dan 4 Juli dihitungnya sudah 15 hari Pak, jadi tidak dapat diskon. Salam

    • herman  |  

      pak Nugroho
      kalo dari narita naik jr sobu line rapid service ke tokyo station , terus pindah Chuo line ke Sinjuku station biayanya berapa pak mau saya bandingkan jika dengan naik nex langsung ke tokyo station berapa
      terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk yang Sobu Line ke Tokyo, ongkosnya 1.320 yen dilanjutkan Tokyo-Shinjuku seharga 200 yen. Sedangkan untuk langsung ke NEX itu 3.020 yen. Perbedaannya adalah keretanya ekspress, selisih waktu perjalanannya 40 menit antara Sobu Line dengan NEX. Salam.

    • Herman  |  

      Selamat pagi pak
      Tolong info kembali kalo dari osaka mau ke Huis Ten Bosch apakah menggunakan JR pass berlaku sampai ke tujuan ? Dan apakah bisa dilakukan dalam 1 hari pulang pergi?
      Dan apakah worthed kesana ?
      Terima kasih pak info nya

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak bisa naik Sanyo Shinkansen dari Shin-Osaka sampai Stasiun Hakata, lalu dilanjutkan Hakata Station – Huis Ten Bosch Station (Nagasaki) dengan JR Kamome dan JR Sea Side Liner. Semua ongkosnya tercover dengan JR Pass. Lama perjalanan dari Shin-Osaka sampai Huis Ten Bosch itu sekitar 4-5 jam, rasanya sulit untuk PP ke sini. Saya sarankan bapak bisa mempertimbangkan 1 hari menginap di kota Nagasaki lalu day-tour ke Huis Ten Bosch. Salam.

    • Selamat siang pak Nugroho
      Mohon info kembali
      kalau dari Narita ke tokyo station menggunakan JR Sobu Line (rapid service) yang kami ingin tanyakan :
      1.tiketnya beli dimana
      2. apakah dapat pasti seat
      3. apakah perlu booking dahulu

      kemudian di tokyo station ganti kereta Chuo Line ke Shinjuku Station (sesuai saran pak Nugroho) yang ingin ditanyakan :
      1. apakah tidak ribet kalao kami bawa koper
      2. apakah ada escalator di sinjuku station

      terima kasih infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kereta JR Sobu Line adalah kereta biasa, kereta lokal seperti KRL Jabotabek. Bapak bisa membeli tiket di dekat pintu karcis JR atau menggunakan suica/pasmo.
      Tidak perlu booking. Mungkin akan sedikit ribet kalau membawa koper karena akan sangat ramai, namun ada eskalator dan lift. Salam

  5. selamat siang pak nugroho…saya mau tanya.
    itinerary saya adalah sbb.
    * hari 1 tiba di kansai airport… rencana menginap di dekat stasiun umeda.
    hari pertama keliling pusat wisata osaka.
    * hari 2 saya ke kyoto lihat objek wisata di daerah sana
    * hari 3 saya ke kobe lihat objek wisata disana
    *hari 4 saya ke nara

    pertanyaannya adalah
    1. kartu pass apa yg cocok untuk perjalanan tsb.
    2. selain bus… transportasi apa yg pas agar tidak turun naik dari kansai airport ke stasiun umeda.
    3. apakah perjalanan saya ke kyoto… kobe
    cocok jika menggunakan hankyuu pass

    demikian pertanyaan saya…
    terima kasih

  6. Selamat malam pak nugroho..saya mau tanya,sy ada wkt 1 hari tgl 25 feb 2017,dari osaka ingin ke destinasi yg bagus sekalian menginap 1 malam dimana ya pak? karena 26 nya saya balik ke tokyo, untuk diketahui saya dr tgl 22-24 nya sudah keliling osaka dan one day trip kekyoto,nah wkt semalam ditanggal 25 nya itu, sebaiknya saya gunakan kemana ya pak? karena hotel saya di tokyo baru bisa check in tgl 26-1 maret, mohon sarannya ya pak, thx

  7. mas, kalo itinerary saya di osaka 2days
    day 1 : tiba di umeda,check in apt lalu osaka castle-aqualiner-HEP ferris wheel-umeda sky building-shinsaibashi-dotonburi
    day2: USJ fullday
    1.apakah lebih baik beli osaka amazing pass 1day atau ECO card pass atau ketengan ?
    2. bolehkah dibantu urutan perjalanannya dimulai dan diakhirinya dimana?
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Silakan bisa dihitung kok, mana yang lebih untung. Tim Info Jepang sudah menuliskan lengkap potongan harga-harganya.
      Kalau memang mau naik/ masuk ke tempat-tempat wisata tersebut di Osaka, lebih baik membeli Osaka Amazing Pass.
      Eco Card ribet dan harus tetap membayar biaya masuknya pakai uang tunai, padahal Osaka Amazing Pass gratis.
      Untuk rute perjalanannya, Ibu tiba di Umeda jam berapa? Selesai check in jam berapa? Mohon informasinya yang lengkap.
      Atau bisa kok, diklik tempat wisata terkait, di sebelah kanan tertulis jam bukanya. Salam

    • saya tiba diumeda sekitar jam 7.30 pagi dengan willer bus.selesai check in perkiraan jam9.jadi lebih baik urutannya dimulai darimana ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu urutannya bisa Osaka Castle-Aqualiner-HEP Ferris wheel-Umeda sky building-shinsaibashi-dotonburi.
      HEP Ferris Wheel atau Umeda Sky Building bisa dibikin paling belakang setelah makan malam di Shinsaibashi atau Dotonburi kalau ingin melihat pemandangan malam Osaka. Salam

    • terima kasih mas..kalo transportasi nya sendiri sulit dan mahal gak ya mas?lagi mencoba compare beli ketengan dengan beli amazing pass

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk transportasi tidak sulit Indah, kamu bisa cari tempat-tempat wisata di osaka, lalu lihat petunjuk kami untuk transportasinya. Mahal sih relatif, ya namanya liburan kan ya? Sayang aja udah ke Jepang tapi gak kemana-mana. Amazing Pass mungkin terlihat mahal, namun jauh lebih praktis, oleh karena itu kami sarankan untuk mempertimbangkannya. Salam.

  8. Pak, kalau naik Willer bus di Umeda Building, ada tidak tempat penitipan koper?..jadi saya mau menikmati wisata Umeda Building dulu sambil nunggu jam berangkat busnya, tapi tidak mau repot bawa2 koper. Terima kasih.

  9. pak Nugroho ada yg kelupaan selama kami d Tokyo/Osaka/Kyoto sebaiknya membeli kartu telpon apa spy bisa aktifkan internet n bicara/kontak ke Indo? tk banget Bp selalu hadir memberi pencerahan n bantuan yg sangat berguna. salam,

  10. pak Nugroho..jadi ticket JR nya sy beli ketengan d stasiun ya? u osaka-kyoto-osaka? jk kmi membawa bagasi 20kg/pax apakah ada tempat d kereta u meletakkan kopor nya? tks ya pak..

  11. Hi pak Nugroho..sy terbantu banget nih pak dengan petunjuk n penjelasan Bpk. sekarang sy mau tanya lagi ya pak..jk sy dari Tokyo ke Osaka naik kereta JR sementara hotel sy tinggal di Novotel Koshien Osaka West itu sebaiknya sy turun di stasiun mana pak? apakah hotel tersebut jauh dari kota? keesokan hari nya sy akan Kyoto dari hotel tersebut rute nya bagaimana pak? tks u bantuan Bp yaa..salam

    • Nugroho Christian  |  

      Hotel Koshien Osaka cukup jauh dari pusat kota Osaka. Ibu bisa naik shinkansen sampai ke Shin Osaka Station, kemudian naik kereta JR ke Osaka Station, dan Hanshin Line sampai ke Koshien Station, dan bisa jalan kaki 5 menit sampai ke hotel. Kalau besoknya ingin ke Kyoto, bisa ke Osaka Station dulu baru ke Kyoto Station. Salam

  12. kira2 cukup JR Pass saja atau hrs tambah Pasmo atau Suica gak ya? utk perjalanan dalam kota?
    Utk Kyoto sy mau ke Kiyumizudera, Kinkakuji, Fushimi Inari dan Arashiyama,
    Tokyo ke Tokyo Disneyland/sea (salah satu), Odaiba, Shibuya, Hakone, Gotemba, Tokyo Sky Tree dan Imperial Castle
    Osaka ke USJ, Himeji Castle, Dotonburi n HEP Ferris Wheel
    Maap mohon pencerahannya lg ;) Trimakasih ;)

    • Nugroho Christian  |  

      Winda bisa menggunakan juga Pasmo/ Suica untuk mempermudah perjalanan di dalam kota Tokyo atau menggunakan ICOCA saat di Kyoto dan Osaka. Kartu Suica, Pasmo, atau ICOCA bisa digunakan khususnya untuk jalur-jalur yang tidak masuk dalam cakupan JR Pass. Selama di kyoto atau Osaka, kamu bisa gunakan ICOCA untuk naik bus kota. Saat di Tokyo, kamu juga bisa gunakan untuk naik kereta Rinkai ke Odaiba.
      Salam dan selamat liburan! :)

  13. Tun Ahmad Gazali  |  

    SElamat pagi..mau tanya, apakah di Osaka Eki ada loker tempat menitipkan tas koper bagasi besar? dan berapa biayanya?. KArena saya ingin sambil menunggu lanjutan perjalanan esok harinya ke kota tujuan, dimalam saya tiba di Kansai itu, saya ingin jalan2 di Osaka dulu. Trima kasih perkenan infonya.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!