Info Wisata di Yokohama

You are here Home  > Center Town, Wisata Jepang >  Info Wisata di Yokohama

Yokohama adalah kota terbesar kedua di Jepang setelah Tokyo, dan adalah ibukota wilayah Kanagawa di selatan Tokyo. Berbatasan langsung dengan Tokyo, Yokohama dapat ditempuh dengan setengah jam perjalanan naik kereta dari Stasiun Tokyo atau Stasiun Shinjuku. Kota Yokohama juga menjadi pusat ekonomi dan bisnis, transportasi dan arus barang ke daerah Kanto (bagian timur Jepang). Orang Indonesia juga banyak mengenal Yokohama sejak Piala Dunia 2002 di Jepang-Korea. Kala itu Yokohama Stadion (kini namanya jadi Nissan Stadion) menjadi salah satu stadion berlangsungnya pertandingan Piala Dunia. Pelabuhan Yokohama adalah pelabuhan pertama yang dibuka bagi perdagangan internasional di tahun 1859. Kota pelabuhan ini terus bertumbuh menjadi daerah penyokong Tokyo, khususnya untuk wilayah perumahan dan tempat tinggal para pekerja.

  • Berhadapan langsung dengan Teluk Tokyo, pesona pinggir laut Yokohama adalah salah satu yang terindah di Jepang. Tim Info Jepang telah merangkumkan beberapa objek wisata dan kegiatan seru yang bisa dilakukan di Yokohama. Selamat membaca, dan semoga menjadi referensi perjalanan wisata ke Jepang.

    1. Melihat keindahan dan iluminasi di Yokohama Bay Bridge

    Membentang sepanjang 860 meter dengan bentang terpanjang yaitu 460 meter, Yokohama Bay Bridge adalah jembatan gantung terbesar dan terpanjang di Jepang. Sejak beroperasi sejak tahun 1989, pemerintah Jepang sudah merencanakan jembatan ini menjadi sarana transportasi, dan juga objek wisata di Yokohama. Lihat iluminasi malam jembatan yang indah dan juga berjalan di Sky Walk sambil menikmati pemandangan kota Yokohama.

    yokohama bay bridge

    2. Bersantai di Dockyard Garden

    Dokyard Garden adalah sebuah event space yang terhubung dengan Landmark Tower di distrik Minatomirai. Tempat ini dulunya adalah dok berlabuhnya kapal, namun telah diubah menjadi arena untuk pertunjukan. Salah satu pertunjukkan yang terkenal adalah iluminasi musim dingin dengan lebih dari 70 ribu bola lampu yang ditata di seluruh area Dockyard Garden, menambah kesan romantis tempat ini. Ada pula event project mapping, di mana kita bisa menyaksikan pertunjukkan karya seni dari proyektor di seluruh arena Dockyard Garden. Foto di bawah adalah foto Dockyard Garden dengan dihiasi iluminasi musim dingin.

    Dockyard Garden di Yokohama

    3. Berkunjung ke Yokohama Port Museum

    Di sini kita bisa melihat bagian dalam kapal Hikawa Maru yang bersejarah atau juga berkunjung ke museum yang berada di dok di bawah tanah. Lokasinya di seberang Landmark Tower di distrik Minatomirai. Dengan harga tiket sangat murah yakni 100 Yen, kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai sejarah perkapalan negeri Jepang dan melihat beberapa foto kapal Hikawa Maru di beberapa event kenegaraan Jepang. Tenang saja, ada pamflet berbahasa Inggris yang dapat membantu kita memahami penjelasan dalam museum. Foto di bawah adalah kapal Hikawa Maru dengan latar belakang bianglala Cosmoclock 21.

    Kapal Hikawa Maru di Yokohama

    4. Berbelanja di Landmark Tower dan Queen’s Square

    Minatomirai adalah gudangnya pusat perbelanjaan dan komersil dengan ratusan kios dan toko fashion. Disini kita bisa berjalan-jalan dan melihat fashion item dan aksesoris terkini Jepang dengan santai. Baik Landmark Tower atau Queen’s Square bisa diakses dengan sangat mudah dari stasiun Sakuragicho atau stasiun Minatomirai. Ada juga banyak restoran dan toko-toko yang menyediakan menu makanan bagi keluarga.

    5. Melihat panorama malam dari Sky Garden

    Saat siang hari, teman-teman bisa menikmati sinar matahari sambil menyantap makan siang di restoran dengan teras terbuka, sambil memandang keindahan Teluk Tokyo dari Yamashita Park yang berada di bibir pantai. Kalau sudah kenyang, kita bisa jalan-jalan, berbelanja, atau pergi ke tempat wisata di Yokohama. Di Yokohama juga rutin diadakan festival setiap tahunnya. Makanya supaya jangan kelewatan, lebih baik teman-teman mengecek tanggal berlangsungnya festival sebelum merencanakan pergi ke Yokohama.

    Tidak hanya siang hari, pemandangan malam Yokohama juga tidak kalah bagusnya. Malah saya sendiri cenderung lebih menyukai pemandangan malam Yokohama ini. Satu pesan dari Tim Info Jepang, jangan lupa untuk pergi ke Sky Garden, tempat observasi di lantai 69 Landmark Tower, dan lihatlah keindahan panorama malam kota pelabuhan yang terkenal ini! Kita juga bisa mengambil foto-foto kenangan atau membeli suvenir khas Landmark Tower.

    Landmark Tower Yokohama di waktu malam

    6. Bermain sepuasnya di Yokohama Cosmo World

    Di Yokohama ada juga taman bermain seru bernama Yokohama Cosmo World dengan bianglala besarnya yang terkenal di seluruh Jepang. Berada di seberang Landmark Tower di distrik Minatomirai, kita bisa bermain roller coster atau naik bianglala dengan harga sangat terjangkau. Baca artikel berikut untuk informasi lebih lengkap mengenai Yokohama Cosmo World.

    Roller coster di Yokohama Cosmo World

    7. Menikmati koleksi kehidupan bawah laut terbesar di Jepang di Akuarium Yokahama Hakeijima

    Yokahama Hakeijima Sea Paradise adalah taman hiburan yang terletak di Kanazawa-ku, sebuah pulau kecil di lepas pantai Yokohama. Yokahama Hakkeijima Sea Paradise menjadi salah satu taman hiburan yang paling banyak dikunjungi di Jepang dengan daya tarik utama yaitu akuarium air laut yang megah lengkap dengan beragam fasilitas permainan dan hiburan lainnya.

    8. Wisata kuliner dan belanja oleh-oleh di Yokohama Chinatown

    Dengan lebih dari 600 toko dan restoran, kita dapat merasakan makanan khas Cina, seperti  roti kukus (manju), dimsum, bebek peking yang terkenal dan mie ramen. Selain itu kita juga bisa membeli oleh-oleh berupa teh Cina atau peralatan masak dan dekorasi dapur Cina yang mentereng.

    Suasana Yokohama Chinatown

    9. Mengunjungi Yokohama Akarenga Soko (Yokohama Red Brick Warehouse)

    Yokohama Akarenga Soko atau Gudang Batu Bata yang terletak di Yokohama adalah bangunan budaya sekaligus juga sebagai gudang penyimpanan barang yang bernilai sejarah tinggi. Jangan lewatkan panorama di tempat ini! Keindahan Yokohama Akarenga Soko juga tidak hanya dapat disaksikan saat siang hari, namun juga di kala malam. Pencahayaannya yang tertata rapi menambah kesan dinamis bangunan bersejarah kota Yokohama ini.

    Suasana Malam Yokohama Akarenga Soko

    10. Mengunjungi Kebun binatang Zoorasia

    Zoorasia Yokohama Zoological Gardens atau lebih dikenal sebagai Zoorasia adalah Kebun Binatang terbesar di Jepang. Di sini kita bisa melihat hewan-hewan hidup selayaknya di habitat natural mereka, termasuk Okapi dan Harimau Sumatera yang hampir punah.

    Melihat gajah Afrika di kebun binatang Zoorasia

  • Tempat Wisata Terkenal di Yokohama

    • Museum Ramen

      Museum Ramen di Yokohama

      Ramen. Teman-teman tentu tahu makanan khas Jepang ini. Makanan yang mirip mie kuah di Indonesia dengan sup terdiri dari bumbu-bumbu khusus adalah salah satu makanan favorit masyarakat Jepang. Dan kalau pergi ke Jepang, jangan lupa untuk berplesir ke Yokohama dan mengunjungi Museum Ramen! Di Museum R...


    • Yokahama Hakeijima

      Keindahan koleksi laut Yokahama Hakeijima Sea Paradise

      Yokahama Hakeijima Sea Paradise adalah taman hiburan yang terletak di Kanazawa-ku, sebuah pulau kecil di lepas pantai Yokohama. Untuk dapat menuju ke sini, Anda bisa menggunakan kereta api sekitar 30 menit dari pusat kota Yokohama. Hakkeijima Sea Paradise menjadi salah satu taman hiburan yang paling...


    • Zoorasia Yokohama

      Melihat gajah Afrika di kebun binatang Zoorasia

      Mengunjungi Zoorasia membuat Anda seakan-akan mengelilingi dunia sambil mengamati kehidupan hewan yang ada di seluruh belahan Bumi. Tiap-tiap kawasan didesain dengan amat baik. Membawa Anda seakan-akan berada sendiri di tengah-tengah Hutan Amazon yang liar atau kawasan Savana Afrika yang kering....


    • Yokohama – Minatomi

      Landmark Tower Yokohama di waktu malam

      Kota Yokohama di Prefektur Kanagawa adalah kota terpadat kedua di Jepang dan dipenuhi berbagai atraksi dan objek wisata menarik. Letaknya yang dekat dengan kota Tokyo membuatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan mancanegara....


    • Yokohama Cosmo

      Bianglala di Yokohama Cosmo World

      Berlokasi di distrik Minatomirai berdekatan Landmark Tower, Yokohama Cosmo World adalah arena taman bermain yang sangat seru! Dengan panorama kota pelabuhan Minatomirai, Yokohama Cosmo World adalah taman bermain yang sangat cocok bagi keluarga yang berlibur di Yokohama. ...


    • Yokohama Marine Tower

      Yokohama Marine Tower

      Yokohama Marine Tower adalah area observasi publik untuk melihat pemandangan kota Yokohama. Di siang hari yang cerah, kita bisa melihat puncak Gunung Fuji, Taman Yamashita, dan kawasan Minatomirai yang terkenal...


    • Yamashita Park

      Keindahan Yamashita Park di Yokohama

      Yamashita Park atau Yamashita Koen dalam bahasa Jepang adalah salah satu spot paling terkenal di Yokohama. Kita dapat menyaksikan panorama kota pelabuhan Yokohama dengan lautan luas sebagai latar belakangnya! Sungguh suatu pengalaman yang tidak bakal terlupakan!...


    • Yokohama Bay Bridge

      yokohama bay bridge

      Yokohama Bay-Bridge adalah jembatan gantung terbesar dan terpanjang di Jepang. Membentang sepanjang 860 meter dengan bentang terpanjang yaitu 460 meter, jembatan ini ditopang oleh struktur kabel raksasa. Sejak beroperasi pemerintah Jepang sudah merencanakan jembatan ini menjadi objek wisata di Yokoh...


  • Akses Menuju ke Yokohama

    DARI STASIUN SHINJUKU (TOKYO)

    • Shinjuku Station – Yokohama Station dengan JR Shonan Shinjuku Line (540 Yen) dalam 30 menit
      Yokohama Station – Minatomirai Station (Yokohama) dengan Yokohama Train Line (180 Yen) dalam 2 menit
    • Shinjuku Station – Shibuya Station dengan JR Yamanote Line (150 Yen) dalam 6 menit
      Shibuya Station – Minatomirai dengan Tokyu Toyoko Line (440 Yen) dalam 28 menit

    DARI TOKYO STATION

    • Tokyo Station – Yokohama Station dengan JR Tokaido Main Line (450 Yen) dalam 25 menit
      Yokohama Station – Minatomirai Station (Yokohama) dengan Yokohama Train Line (180 Yen) dalam 2 menit

    Untuk detail akses ke objek-objek wisata di Yokohama, bisa dilihat di objek wisata terkait.

Cheap Hotels in Yokohama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sakuragicho Washington Ho
from ¥11600/night
Yokohama Sakuragicho Washington Hotel
The Yokohama Bay Hotel
from ¥28000/night
The Yokohama Bay Hotel Tokyu
APA Hotel Yokohama
from ¥11000/night
APA Hotel Yokohama Kannai
Breezbay Hotel Resort
from ¥22950/night
Breezbay Hotel Resort and Spa

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Hiroaki Kaneko, Erwin Saranillo, H.MASAKouki, park.tachikawaonline.jp, José María Mateos, T.Kiya, Toshihiro Gamo

Recommended for you

Last modified: August 6, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (10)

  1. oya mas, saya baca utk wisata ke daerah yokohama kita bisa beli yokohama minatomirai pass, apakah bisa dibeli di haneda airport, berhubung saya dari haneda lagsung ke yokohama, jika bisa dimanakah saya bisa membelinya, terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Setahu Tim Info Jepang, tiket Yokohama Minatomirai Pass itu hanya bisa dibeli di Tourist Information di Yokohama Station.
      Salam

  2. Pagi mas,,mohon pencerahan… jika saya membeli TOKUNAI PASS utk pergi ke yokohama dari haneda airport apakah bisa dipakai di JR Keikyu Airport dan JR Tokyu Yoyoko.. dimana saya bisa membeli tokunai pass tersebut.. terimakasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tiket Tokunai itu hanya mencover ongkos kereta JR di kota metropolitan Tokyo. Sementara Yokohama itu sudah berbeda prefektur (Kanagawa Prefektur), sehingga tidak bisa dipakai untuk perjalanan ke Yokohama.
      Salam

  3. Halo, kok Yokohama Ramen Museum dan Marine Tower tidak masuk daftar ya apa kurang direkomendasikan? Saya ada itinerary kesana tapi kalau misalnya kurang OK bisa saya rombak kebetulan saya melihat artikel ini. Terima kasih

  4. Kalau di kamakura dan ingin mengunjungi patung buddha kamakura dan pantai kamakura, apakah bisa satu hari? Apakah lokasinya jauh? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Bisa satu hari, lokasi antara Patung Buddha Kamakura dengan Pantai Kamakura dekat juga, sekitar 20 menit berjalan kaki. Rasanya 1 hari cukup untuk mengunjungi kedua objek wisata ini.

      Salam dan selamat liburan!

  5. Hai, kalau saya di Yokohama dan ingin ke Kamakura naik apa ya? Rencananya kami 2 hari di Yokohama, namun setelah cari-cari di internet Kamakura dekat juga. Mohon infonya.

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Dari Stasiun JR Yokohama, bisa naik JR Sounan Shinjuku Line ke arah Zushi dan turun di Stasiun Kamakura.
      Harga tiketnya 340 Yen dengan durasi perjalanan 25 menit.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan