Musim Panas di Jepang

You are here Home  > Musim di Jepang >  Musim Panas di Jepang

Musim panas adalah musim paling dinantikan di Jepang. Ada liburan panjang bagi anak sekolah dan liburan obon sekitar seminggu penuh bagi para pekerja. Kita bisa pergi ke pantai, menikmati barbeque, melihat hanabi, merayakan festival musim panas di Jepang. Musim panas dimulai sejak bulan Juni hingga bulan Agustus, dan biasanya diawali oleh Tsuyu-ake atau hujan awal yang menandai musim panas. Inilah sebabnya Musim panas juga sering disebut tsuyu atau musim hujan. Di Okinawa, musim hujan dimulai pada awal bulan Mei, sedangkan Shikoku dan Honshu pada awal bulan Juni. Dan biasanya musim hujan berlangsung kurang lebih 7 hingga 8 minggu. Oleh karena hujan yang sering turun, hari-hari musim panas di Jepang jadi terasa sangat lembab. Lembabnya udara ini yang bahkan memperparah panasnya Jepang. Setelah hujan Tsuyu-ake itu, barulah Jepang masuk ke musim panas atau Natsu.

BACA JUGA TIPS LIBURAN: Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur di Jepang.

Festival musim panas di Jepang

1. Suasana Musim Panas di Jepang

Akhir bulan Mei, Jepang mulai beralih dari musim semi yang dingin ke musim panas atau natsu. Natsu sangat identik dengan cuaca panas, udara lembab, dan hujan. Setelah itu, di bulan Juni-Juli, hujan mulai sering turun mengawali musim panas yang disebut tsuyu. Musim panas juga lebih “berwarna” di mana bunga-bunga mulai bermekaran. Serangga termasuk nyamuk pun mulai datang di musim panas. Oleh karena itu bila orang Jepang digigit nyamuk, mereka tahu bahwa musim panas telah tiba.

Suasana musim panas di Jepang

2. Temperatur Udara Kala Musim Panas

Suhu udara biasanya berkisar antara 26 hingga 34 derajat celsius atau suhu rata-rata di Indonesia. Namun, di beberapa tempat temperatur udara saat musim panas di Jepang bisa mencapai suhu maksimum 35 derajat celcius. Bahkan pada tahun 2013 lalu, kota Shimanto di Prefektur Kochi menjadi kota terpanas dengan suhu udara mencapai 40.1 derajat celsius. Kota-kota besar seperti Tokyo, Osaka, dan Yokohama sendiri suhunya biasanya sekitar 35 derajat celsius. Jadi bagi teman-teman yang datang pada musim panas, rasa-rasanya tidak perlu membawa pakaian-pakaian khusus. Sebab suhu udara di sini kurang lebih sama dengan kota-kota di Indonesia. Tapi teman-teman perlu hati-hati juga, khususnya untuk minum air atau minuman penyegar untuk mengantisipasi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Selain itu, di musim panas, hujan lebat dan angin topan juga sering menyerbu Jepang, jadi periksa kembali prakiraan cuaca untuk antisipasi hal buruk.

Kota terpanas di Jepang Kota Shimanto

Saat musim panas, matahari juga terbit lebih cepat dan terbenam lebih lama. Ini menyebabkan siang jadi lebih panjang dibandingkan malam pada saat musim panas di Jepang. Bahkan ada hari dimana matahari terbit pukul 4 pagi dan baru terbenam pukul 7 malam. Siang jadi panjang. Di satu sisi, karena siang hari panjang, suhu udara jadi panas sekali dan susah turunnya. Namun di sisi lainnya, bagi kita yang sedang liburan, kita bisa menikmati perjalanan dan berkeliling lebih lama lagi.

Musim panas dimulai sekitar bulan Juni hingga bulan September dan ditandai dengan daun-daun hijau dan nyanyian ribut serangga ‘Semi’ yakni sejenis kumbang. Kalau kita pergi ke tempat wisata alam, kita pasti merasakan suara ribut ini. Selain itu serangga lain seperti lalat dan nyamuk juga banyak ditemukan di Jepang saat musim panas. Intinya musim panas di Jepang tidak berbeda dengan Indonesia.

3. Libur Musim Panas di Jepang

Sekolah di Jepang selalu memberi liburan musim panas sekitar sebulan. Liburan biasanya dimulai dari akhir bulan Juli hingga awal bulan September. Liburan musim panas ini juga sebagai liburan akhir semester ganjil di sekolah-sekolah Jepang. Para murid sekolah biasanya mendapatkan pekerjaan rumah musim panas, meneliti pohon-pohon atau hewab-hewan. Makanya mereka sering pergi ke museum tanaman dan hewan atau ke kebun binatang untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Bila murid sekolah sibuk mengerjakan pekerjaan rumahnya, beda lagi dengan para mahasiswa dan kaum muda. Salah satu aktivitas yang disukai kaum muda di musim panas adalah bermain ke pantai dan laut. Selain itu mereka juga sering menggelar barbeque atau makan daging panggang bersama di alam terbuka. Pada musim panas, banyak juga diadakan festival-festival yang meriah di daerah-daerah di Jepang. Misalnya saja festival tari-tarian dan juga festival kembang api atau Hanabi.

4. Makanan Lezat Kala Musim Panas di Jepang

Musim panas di Jepang adalah musim panen buah dan sayuran tropis seperti mentimun dan tomat. Buah seperti semangka, melon, anggur, atau pir juga sangat lezat untuk disantap. Khusus buat buah semangka, kita bisa menikmatinya dengan cara yang unik yang disebut kakushiaji. Semangka dibelah menjadi 8 potong dan disajikan bersama kulitnya dan dibubuhi sedikit garam.  Cara ini akan membuat rasa manis semangka makin terasa. Selain itu, kita juga bisa mencoba kaki gori atau es serut, somen dan soba dingin, atau es krim beraneka rasa di Jepang. Untuk makanan berat atau utamanya, adalah unagi (belut) bakar, yang bergizi tinggi dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang cenderung melemah karena suhu panas dan hujan. 

O ya, pada musim panas tepatnya pada pertengahan bulan Agustus, ada juga liburan Bon selama kurang lebih satu minggu. Orang-orang Jepang biasanya memanfaatkan liburan ini untuk pulang kampung dan menghabiskan liburan bersama dengan keluarga. Banyak orang Indonesia yang memanfaatkan liburan ini untuk datang ke Jepang mengunjungi kerabat yang menetap di Jepang. Tapi teman-teman perlu juga memperhatikan bahwa biasanya ongkos pesawat naik pada liburan musim panas.

Pergi ke pantai saat musim panas di Jepang

Artikel lain mengenai Musim Gugur di Jepang (selengkapnya)

Festival Daimonji di kota Kyoto

Festival Daimonji atau juga dikenal dengan Gozan no Okuribi adalah salah satu festival paling terkenal di Kyoto di musim panas. Menjelang akhir musim panas, kita bisa melihat tulisan kanji raksasa dari api yang spektakuler di lima lokasi sekeliling kota.

Pemandangan saat Kawaguchiko Herb Festival

Kawaguchiko Herb Festival berlangsung pada pertengahan bulan Juni hingga Juli, saat banyak bunga-bunga bermekaran di musim panas. Kawaguchiko Herb Festival dilangsungkan di dua tempat:

Kembang Api Naniwa Yodogawa Osaka

Festival Kembang Api Naniwa Yodogawa adalah festival kembang api penduduk kota Osaka di puncak musim panas. Festival ini biasanya diadakan setiap akhir pekan pertama di bulan Agustus di sungai Yodogawa

Farm Tomita di Furano Hokkaido

Liburan musim panas ke Jepang? Cek dulu informasi tempat wisata alam seru dan unik di Hokkaido.

Mengapa Liburan ke Jepang

Apa saja yang bisa kita lihat di Jepang? Tempat wisata apa saja yang harus dikunjungi di Jepang? Berikut adalah alasan-alasan mengapa Jepang wajib dijadikan destinasi liburan kamu selanjutnya!

hanabi nagaoka

Pesta Kembang Api Hanabi di Nagaoka Tiap tahun pesta kembang api diadakan pada musim panas, sekitar awal bulan Agustus. Pada tahun 2013, pesta kembang api dilangsungkan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 2 dan 3 Agustus...


Sumber Gambar : yahoo blog, moorworks.com, yahoo blog, flickr, yahoo blog


Recommended for you

Last modified: January 30, 2017

TAGS  :

Comments (15)

  1. Pak, saya mau bertanya… 2 juli – 9 juli saya ke osaka, anak saya sekolah di shizuoka fujinomiya…klu dia mau ketemu saya di osaka transportasi yg cepat dan murah apa ya pak? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Transportasi yang cepat adalah shinkansen, namun kalau mau murah bisa naik bus malam. Salam

  2. Mau nanya nih… 12-18 Juli 2017 udah musim panas di Jepang yaa…. bagusnyanya wisata ke mana aja yaaa
    Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Di bulan Juli, sudah mulai musim panas di Jepang. Suhu udara sekitar 25-30 derajat celcius, dan masuk musim penghujan.
      Jadi akan sering hujan. Bapak bisa membawa payung/ jas hujan atau sepatu anti air. salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Silakan dibaca-baca dahulu artikel di website ini dan temukan sendiri hal yang menarik di Jepang.
      Kalau dijawab, ya panjang sekali jawabannya. Salam

  3. Pagi.. kami berencana mau ke tokyo – kyoto – osaka tgl 16 juni 2017 s/d 29 juni 2017.. seperti apa suhu disana? kira2 masih bisa lihat sakura kah? Dan apakah masih ada salju di tateyama alpine road.. thx before

  4. Pagi.. kami berencana mau ke tokyo – kyoto – osaka tgl 16 juni 2017 s/d 29 juni 2017.. seperti apa suhu disana? kira2 masih bisa lihat sakura kah? Dan apakah masih ada salju di tateyama alpine road.. thx before

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!