Persiapan Pergi ke Jepang

You are here Home  > Wisata Jepang >  Persiapan Pergi ke Jepang

Ketika mencari informasi tentang persiapan pergi ke Jepang, teman-teman pasti menemukan banyak sumber informasi. Ada yang berkata perlu ini, ada juga yang berkata itu. Kita bisa saja membawa semua barang yang diperlukan, namun karena ada ukuran koper maksimal, tentu kita perlu memilah-milah mana barang yang sebetulnya perlu dan mana yang tidak. Kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum semua barang persiapan pergi ke Jepang, khusus mencakup barang-barang yang penting. Jangan lupa mengeceknya ya!

Persiapan ke Jepang: Paspor dan Visa

  1. Pastikan paspor masa berlakunya lebih dari 6 bulan saat kita berangkat. Kalau sudah tinggal sedikit atau lewat, sebaiknya teman-teman memperpanjang paspor. Jangan sampai niat liburan, eh, malah harus gigit jari karena ditolak di bandara. Kalau kamu yang masih punya paspor lama (belum e-paspor), sebaiknya sekalian saja meng-upgrade nya ke E-Paspor. Baca juga: Registrasi E-Paspor untuk liburan ke Jepang.
  2. Pembuatan visa idealnya butuh waktu 3-4 hari. Tim Info Jepang menyarankan untuk mengurus pengajuan visa setidaknya 1 bulan sebelum keberangkatan. Terlalu cepat malah nanti sudah tidak berlaku lagi visanya. Terlalu mepet takutnya ada dokumen yang kurang dan harus dilengkapi. Baca juga: Panduan Mengurus Visa ke Jepang.
  3. Untuk penginapan, sebaiknya dipilih yang dekat dengan stasiun kereta. Di Jepang, transportasi yang utama untuk ke tempat-tempat wisata atau pusat kota adalah dengan naik kereta. Selama dekat stasiun kereta (kurang dari 1 kilometer), meskipun jauh dari pusat kota, itu bisa jadi pilihan yang terbaik. Untuk urusan booking hotel, kamu bisa melakukannya via booking.com jauh-jauh hari. Tenang saja, biaya cancel-nya juga gratis kok! 
  4. Pilih paket untuk akses internet. Sudah ke Jepang, tentu kita tetap ingin bisa berkomunikasi dengan teman atau keluarga di Indonesia. Kalau bisa, pengen langsung update foto-foto di akun media sosial juga kan? Pilihannya ada banyak: bisa menyewa mobile Wi-Fi Pupuru, membeli kartu SIM Docomo, atau juga dengan mengaktifkan paket internasional operator telepon Indonesia.

Persiapan ke Jepang : Koper atau Travel Bag

  1. Koper atau travel bag sangat penting sebagai tempat semua barang-barang yang diperlukan selama liburan ke Jepang. Beberapa maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, All Nippon Airways (ANA) atau Japan Airlines (JAL) mengijinkan satu orang membawa hingga 2 koper ukuran besar dengan maksimum berat total 40-46 kilogram, dan maksimum berat 32 kilogram untuk satu koper. Hanya saja, lebih baik memilah barang yang diperlukan hingga bawaan muat dalam 1 koper. Dengan memasukkannya ke dalam satu koper, kita akan lebih mudah dan nyaman dalam transportasi. Tentu jumlah koper bisa disesuaikan dengan jumlah orang yang pergi bersama ke Jepang. Namun usahakan satu orang bertanggung jawab pada satu koper. Pengalaman saya sendiri, keperluan dan pakaian tiga orang dipadatkan dan dimasukkan ke dalam satu koper. Sedangkan koper yang lain kosong untuk tempat oleh-oleh saat kembali ke Indonesia nantinya.
  2. Jikalau satu koper tidak cukup, bisa juga membawa tas punggung untuk laptop atau koper kecil ukuran kabin pesawat. Tas ini bisa dipergunakan untuk menyimpan alat-alat elektronik atau dokumen-dokumen perjalanan yang penting. Untuk tas yang akan dibawa ke kabin pesawat, tidak ada batasan berat maksimal. Petugas di bandara biasanya hanya mengecek ukuran besar tas saja. Dengan pandai dalam memilah barang-barang, perjalanan wisata dan liburan di Jepang akan jauh lebih praktis dan menyenangkan tentunya. Selain itu, kita masih punya beberapa slot untuk tempat oleh-oleh saat kepulangan nanti.


Persiapan Pergi ke Jepang : tas punggung

Barang-barang lain persiapan pergi ke Jepang:

  1. Pakaian mencakup baju dan celana, atau jaket menyesuaikan musim. Di Jepang udaranya cukup sejuk sehingga kita jarang berkeringat. Bawalah pakaian luar dan pakaian dalam satu pasang untuk satu hari, serta handuk kecil. Selain pakaian yang menyesuaikan dengan musim dan dokumen perjalanan penting, barang lain yang perlu dipersiapkan antara lain:
  2. Tas tangan kecil berisi dokumen perjalanan (tiket, paspor) dan uang. Masukkan semua dokumen-dokumen itu dalam satu tas untuk mencegah lupa atau ketinggalan, juga supaya praktis ketika memerlukannya (paspor dipergunakan untuk mendapatkan potongan pajak saat berbelanja di Jepang). Masukkan juga alat tulis untuk menulis dokumen-dokumen penting selama perjalanan, misalnya pengisian kustom deklarasi dalam pesawat atau tanda tangan pemilik paspor/visa saat diperlukan.
  3. Uang secukupnya (informasi mengenai uang di Jepang). Biaya makan di Jepang sekitar 1000 yen per hari per orang. Ditambah biaya menginap dan transportasi, ada baiknya mempersiapkan sekitar 50 ribu Yen untuk seminggu perjalanan wisata per orang. Jumlah uang bisa disesuaikan dengan lamanya liburan atau jumlah orang yang ikut berlibur. Uang bisa disimpan di dompet dan ditaruh di tas. Tidak perlu kuatir, Jepang negaranya aman dan kita tidak perlu takut ada pencuri.
  4. Obat-obatan pribadi seperti balsem atau minyak kayu putih atau obat anti mabuk ketika dalam perjalanan. Obat-obatan seperti obat pusing juga boleh dibawa, daripada ribet membeli obat di apotek Jepang.
  5. Handphone. Handphone Indonesia sebetulnya bisa dipakai untuk berkomunikasi di Jepang, hanya saja tentu akan menguras rupiah. Teman-teman bisa memanfaatkan fasilitas wifi gratis di toko-toko tertentu untuk mengakses aplikasi semacam whatsapp atau line yang bisa dipergunakan sebagai pengganti telepon konvensional.
  6. Kamera. Barang satu ini jangan sampai kelupaan. Ada banyak keajaiban dan pemandangan keren yang bisa kita abadikan sebagai kenang-kenangan liburan di Jepang.
  7. Colokan atau adapter colokan listrik, sebab jenis colokan listrik di Jepang berbeda. Teman-teman bisa membelinya di toko-toko elektronik di Indonesia atau juga di toko 100 Yen Shop Jepang kalau lupa membawanya. Alat-alat elektronik seperti laptop, kamera dan smartphone bisa dipergunakan juga selama di Jepang.
  8. Sepatu yang nyaman dipakai. Ini karena kita akan lebih sering berjalan kaki saat berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jepang.

Persiapan Pergi ke Jepang : colokan listrik

Barang yang tidak perlu dibawa

  1. Peralatan mandi. Peralatan mandi seperti sikat gigi, sabun atau shampo tidak perlu dibawa. Seluruh hotel atau tempat penginapan di Jepang menyediakannya gratis. Bagi yang memerlukan lotion atau kosmetik khusus, bisa membawanya sendiri.
  2. Bekal makanan berlebihan. Teman-teman jangan takut dan parno akan makanan Jepang. Jepang juga menyediakan makanan laut dan sayur-sayuran yang halal. Beberapa restoran juga menyediakan menu makanan halal. Jadi tidak perlu membawa bekal makanan berlebihan dari Indonesia. Gambar di bawah adalah contoh menu makanan seafood di salah satu hotel di Sapporo.


Makanan laut di Jepang

Sumber gambar: boutiquejapan.com, ysmen, Flickr Hsuanya Tsai, boutiquejapan.com


Recommended for you

Last modified: August 3, 2017

Comments (54)

  1. Halo Pak Nugroho, mohon infonya, sy rencana akan berlibur ke Jepang Maret tahun depan saat Hanami. Utk airport, yg lbh dekat dr Tokyo itu Haneda atau Narita ya?sy brgkt dr Sby. kalo mau liat Sakura itu sekitar tgl brp yg pas?kmudian utk musim semi, apkh suhunya msh dngin? lalu, utk 5hr di Jepang, apkh ckup membawa uang 10jt? sy rncananya backpacker-an saja Pak spy lbh hemat. Rncananya akan lbh sering berada di skitar Tokyo krn ada teman di Minato, berencana jg ke Gunma dan mgkn hr ke 3 akan ke Osaka yg agak jauh, baiknya beli JRpass/tdk yaa?utk tiket Subway jg apa perlu beli? mksh byk sblmnya,, maaf nanya nya agak banyak Pak. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Lebih dekat Haneda bu, hanya 20 menit ke pusat kota Tokyo. Ibu kan mendaratnya di Tokyo, nah pulangnya dari mana ya? Supaya saya bisa rekomendasikan yang lebih tepat. Untuk uang, sepertinya cukup 10 juta untuk 5 hari per orang di Jepang. Suhu udara awal musim semi masih cukup dingin, ibu bisa membawa jaket dan sarung tangan. Salam.

  2. Halo, mau tanya kalau bawa rendang seperti itu harus di declare di custom declaration (karena termasuk processed meat) atau tidak ya? Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu bu, selama dalam jumlah yang normal (hanya untuk keperluan makan sendiri) petugas tidak akan mempermasalahkan. Tapi ya diam-diam saja bu, tidak pelu bilang ibu bawa makanan atau apa jika memang tidak diperiksa. Salam.

  3. Mohon bertanya pak nugroho, barang kali bapak bisa membantu. Saya akan berangkat ke jepang 29 januari selama 5hari. Dan saya menggunakan passport biasa di karenakan pengurusan yang jauh san memakan biaya mahal sedangkan saya mahasiswa. Utk mengurus visa saya menggunakan bukti mahasiswa dan surat sponsor org tua yang pns. Dari artikel” yang saya baca, jika sponsor org tua yang pns tidak membutuhkan rrekening koran lagi saat pengajuan. Benarkah? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk detail seperti itu saya kurang tahu Fuad, tapi silahkan saja lampirkan buku tabungan kamu, sekaligus surat sponsor orangtua PNS tersebut. Selama dokumennya lengkap, seharusnya tidak ada alasan pengajuan visa ditolak. Salam.

  4. Hai pak, saya rencana ke jepang tgl 20 september malam dan sampai kansai airport jam 09.00 pagi. selanjutnya saya akan lanjut ke kyoto dan menginap di saan selama 4 malam, lalu baru ke tokyo selama 5 malam dan pulang melalui haneda. nah, selama di kyoto, saya berencana sehari pp ke osaka dan sehari lagi ke nara. saya membawa anak usia 21 bulan dan kedua ortu saya, kira2 pass apa yang cocok untuk kami ya? di osaka saya mau kunjungi osaka castle, americamura, dotonbori dan sinshaibashi. di kyoto mau ke kuil kiyomizudera, kinkakuji, fushimi inari, heian jigu, arashiyama, nijo castle, gion dan pasar nishiki. di nara mau ke todaiji temple. keliling di tokyo akan 5 hari.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak ada pass spesifik yang perlu ibu beli. Silahkan gunakan kartu ICOCA dan beli tiket shinkansen Kyoto-Tokyo saja. Untuk di Tokyo, ibu bisa membeli salah satu dari Pass kereta di Tokyo bergantung pada tempat yang ibu mau kunjungi.

  5. siang pak saya mau tanya apakah di permasalahkan koper dengan uk80x55,6×34,5 cm(170 cm) untuk masuk bagasi di penerbangan ANA.krn dpt bagasi 2×23 kg..apakah di permasalahan dimensi koper 170 cm (lojel uk large) tersebut…terima kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau di penerbangan biasanya tidak dipermasalahkan mengenai ukuran bu, hanya berat maksimal saja karena menyangkut keamanan penerbangan. Salam

  6. Halo pak
    Tolong info beberapa hal berikut ya pak
    1. Anak saya alergi pemanis buatan dan msg, apakah bisa membawa masakan matang dalam lock and lock (seperti ayam panggang, rendang, kentang ebi), sosis dan abon?? Kalau boleh, ada syarat packing khusus??
    2. Untuk minyak telon, minyak kayu putih, dalam ukuran 200ml/ kemasan, apakah bisa masuk kabin?? Atau tetap dianggap cairan 100ml/ kemasan??
    3. Saya berencana membawa obat untuk nebulizer bersama dengan mesin nebulizernya karena anak bakat asma dan sesak napas
    Saya perhitungkan yang terburuk, perlu 3x nebu/ hari
    Saya rencana pergi winter selama 10hari, jadi kira2 saya akan bawa 2 jenis obat * 30 ampul obat nebu berupa cairan @2ml (total 60 ampul – 120ml)
    Saya sudah siapkan copy resep lengkap dan saya packing zip lock transparant
    Apakah bisa dibawa ya pak?? Apa perlu surat dokter lagi??
    4. Apakah stasiun di tokyo rata2 ada eskalator atau hanya tangga ya?? Karena saya pergi bersama mama usia 68tahun aktivitas normal kecuali naik tangga banyak harus istirahat dulu
    5. Saya rencananya akan menginap di apartment via bnb, apakah ada area yang harus saya hindari dengan alasan keamanan??

    Terima kasih sebelumnya pak 😊😊😊

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Bisa, paling hanya perlu dibungkus plastik 2 lapis saja bu.
      2. Silahkan bawa ke dalam tas saja dan dibungkus plastik zipper.
      3. Bisa bu, silahkan. Untuk jaga-jaga, silahkan bawa resep dokter juga.
      4. Hampir di semua stasiun Jepang tersedia eskalator dan lift kok.
      5. Secara umum untuk air BnB sama saja, lebih baik pilih yang dekat dengan Stasiun kereta JR (bisa jalan kaki) dan review atau bintangnya baik saja bu. Jangan tergiur harga murah, namun nanti malah kesulitan. Salam.

    • Terima kasih untuk jawabannya pak

      Tolong tanya lagi pak, untuk itin penginapan 10hari di airbnb, apakah akan jadi masalah di imigrasi nanti ya pak??

      Karena info dari teman kalau airbnb dianggap ilegal di jepang??

      Saya rencana masuk dengan epassport (masih kosong karena baru ganti) dan visa waiver

      Saya pergi dengan suami, mama 68th dan anak 5th

      Terima kasih pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Selama ini, pengguna tour guide infojepang tidak pernah masalah karena penginapan di AirBnB. Salam

    • Well noted with thanks pak 😊😊😊
      Tolong tanya lagi, saya berencana ke hakone
      Apakah bisa PP 1 hari santai (dengan anak 5th dan mama 68th), apabila saya berencana ke zoo, ski resort paket 2jam, cable car dan skywalk??

      Apakah ada tempat lain yang menarik selain 4 yang saya sebutkan??

      Terima kasih sebelumnya pak

    • Selamat malam pak, saya pergi 29 jan – 9 feb 2018
      Rencana ke hakone pas weekend, karena baca2 ada penguin parade di zoo/ aquariumnya ya

      Terima kasih pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau pergi di musim dingin, sepertinya tempat yang ibu sudah sebutkan saja yang bagus dikunjungi.
      Sebab taman-taman bunga dan lainnya, semua bunga dan daunnya sedang rontok di musim dingin, dan tidak ada pemandangan khusus yang bisa dinikmati. Salam

  7. Selamat malam pak Nugroho,
    Mohon tanya, unt kebutuhan WA, google maps dan hyperdia di Jepang, sebaiknya saya beli SIM apa di Jepang? beli dimana dan apakah perlu setting di HP agar sim nya bisa dipakai?
    Terima kasih sebelumnya

  8. Saya akan liburan tanggal 7-16 Juli ke jepang tujuan tokyo dan osaka. Bagaimana cara membeli kereta api cepat dari tokyo ke osaka tapi tidak balik ke tokyo. Ataukah ada kereta api cepat lain yang lebih murah tanpa kembali ke tokyo?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silahkan ke loket tiket di stasiun-stasiun JR, lalu bilang ingin membeli tiket kereta Shinkansen. Rute kereta shinkansen itu hanya searah Reggie, tidak ada yang PP. Kalau mau PP, ya tinggal beli tiket untuk arah sebaliknya. Salam.

  9. Malam, Pak..
    Saya Lilian. Akan ke jepang utk pertama kali dengan 2 anak ( 10 dan 13) . Tgl 1 juli masuk narita keluar osaka tgl 9 jam 10 pagi.
    Rencana ke shirakawago, tokyo disney sea, mount fuji, kyoto kemudian osaka.
    1.perlukah membeli JR pass ?
    2.rute yg sebaiknya saya ambil?
    3.apabila anak” terpisah di stasiun ?
    Trimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Kamu bisa membeli JR Pass Reguler, dengan setengah harga untuk anak yang usia 10 tahun
      2. Rutenya: Tokyo-Fuji Kawaguchiko (PP), Tokyo-DisneySea dan tour dalam kota Tokyo , lalu Tokyo-Kyoto, dan Kyoto Osaka.
      3. Wah, susah juga bu, apalagi di beberapa stasiun di Jepang penuh dan ukurannya besar. Tapi anak-anak sudah besar, bisa nanti diminta untuk ikuti ibu saja. Atau triknya berangkat diluar jam sibuk berangkat dan pulang kerja, bisa pagi-pagi sekali, atau diatas jam 9. Salam.

  10. Saya rencana ke jepang tgl 21-26 Juni mendatang (6 hari 5 malam) suhu di jepang pertengahan juni apakah sudah cukup panas? Rencana trip saya yg sdh fix ke Kyoto dan Tokyo, apakah worth it pake JR pass ya pak? Daerah lain dkt Tokyo/Kyoto yg bagus dimana lg ya pak. Mohon sarannya. Trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Suhu udara du Tokyo dan Kyoto akhir bulan Juni berkisar antara 26-30 derajat celcius, jadi sudah hampir sama dengan suhu di Indonesia.
      Ibu mendarat di bandara mana? Kemudian kembali ke Indonesia dari mana? Kalau informasinya tidak lengkap, Tim Info Jepang tidak bisa memberikan rekomendasi perlu tidaknya membeli JR Pass. Salam

  11. Saya rencana ke jepang tgl 21-26 Juni mendatang (6 hari 5 malam) suhu di jepang pertengahan juni apakah sudah cukup panas? Rencana trip saya yg sdh fix ke Kyoto dan Tokyo, apakah worth it pake JR pass ya pak? Daerah lain dkt Tokyo/Kyoto yg bagus dimana lg ya pak. Mohon sarannya. Trims

  12. Salam Pak Nugroho, artikel anda membantu sekali..

    ada rekomendasi airport transfer dari kansai ke apartemen di namba osaka.
    yang menggunakan private semi bus? atau private car, karena luggage kami cukup banyak 12 koper besar dan 13 orang.

    thanks infonya…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Bapak bisa naik bus langsung dari Kansai Airport ke Namba. Kalau pakai private bus biasanya akan sangat mahal biayanya. Salam

  13. Mau tanya sy minggu dpn mau ke jepang! Sy nginep di shinjuku washington klo mau naik JR ke Osaka pakai kereta shinkansen yg mana? Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Dari Shinjuku Washington hotel bisa ke stasiun Shinjuku dulu. Lalu naik JR Yamanote Line sampai Shinagawa Station, untuk naik shinkansen ke Shin Osaka. Salam

  14. Sore Pak Nugroho,

    Pak bisa bantu membuatkan itinery kah..
    Saya rencana ke Jepang tanggal 22 Desember 2017 s.d 30 Desember 2017, datang Narita dan Pulang nya Kansai.
    Yang berangkat adalah saya, suami dan anak saya usia 3 tahun dan ini pengalaman pertama kami ke Jepang dan berapa budget (uang cash yang pas saya bawa). Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Maaf, kami tidak melayani pembuatan itinerary di website ini karena akan sangat panjang dan membingungkan pembaca lainnya. Ibu bisa bisa menguhubungi Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan kamu selama di Jepang nanti. Salam

  15. Selamat malam Pak,
    Saya akan liburan ke Jepang akhir bulan ini, kebetulan ada saudara saya yg tinggal di Jepang dan nitip dibawakan makanan instan dari Indo, untuk mie instan 25 bungkus, kecap manis 2bks, bubuk cabe 3btl,, abon sapi 2bks, rendang sapi 3bks dan beberapa obat2an sakit kepala, minyak kayu putih dan balsem.
    Yg ingin saya tanyakan apakah bermasalah membawa terlalu banyak makanan?
    Rencana saya akan bawa 2 koper, karena yg berangkat 2 orang, untuk makanan dibagi menjadi 2 koper atau ditaruh di 1 koper saja sebaiknya?
    Mohon infonya. Terima kasih

  16. Salam, mau tanya saya rencana berkunjung ke daerah tokyo , narita dan sapporo awal mei, selama 6 hari, perlengkapan dan pakaian yg harus dibawa seperti apa saja, baiknya bawa 1 koper besar atau 2 koper kecil? Trimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di awal mei, suhu udara sudah cukup hangat, berkisar di antara 11-18 derajat celcius. Mungkin Emma bisa bawa beberapa pakaian/kaos, kaos kaki, sarung tangan, dan juga jaket, namun tidak perlu terlalu banyak. Kalau hanya 1 orang, sepertinya cukup koper ukuran besar saja. Atau 1 koper medium dan tas backpack supaya lebih mudah untuk pindah-pindak transportasi selama di Jepang. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa kok. Namun, di bandara biasanya akan diminta untuk dikeluarkan dari dalam tas saja. Salam.

  17. Selamat siang.
    Saya rencanax mau jalan2 ke jepang sekitar bulan agustus nnti, kebetulan teman saya tinggal dsna. Apakah saya bisa menggunakan paspor biasa utk kunjungan 5-6 hari dsna? Ataukah harus dengan e-paspor?
    Trima kasih

  18. Ibu sy mau tany tgl 14 aprilsy mau kejpg yg igin sy tanyakan bju dingi ap perlu sy bawa? Berap yen uang kecil yg sy btuhkan utk krreta bus apakah perlu sewa mobil dsn? )

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk bulan April, udara sudah mulai hangat. Ibu cukup membawa satu baju hangat atau jaket yang mudah dilepas.
      Lalu untuk perjalanan selama di Jepang, rata-rata memerlukan 1000-2000 yen bila di dalam kota Tokyo atau 10.000 yen kalau ingin naik shinkansen.
      Salam

  19. Selamat malam Pak nugroho…Saya mellie….akan ke jepang tgl 22 november-01 desember 2017……ingin mengikuti itinerary infojepang menginap di hostel,apakah hostel jepang boleh membawa koper besar ?dan bgmn suhu udara disana?apakah sdh dingin?mohon bantuannya

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, baik di hotel maupun hostel bisa membawa koper besar kok.
      Ibu rencananya mau ke mana saja ya? Sebab suhu udara Jepang di bulan November berbeda-beda tergantung kota yang ingin dikunjungi. Salam

  20. Selamat siang .. desember ini saya akan kejepang dan tinggal dihotel mercure ginza apakah hotel ini strategis ?? Rencana pake JR pass yg 14 hari apakah worth it dari tgl 21 des sampai 4 jan? Selain jr pass bagusnya beli kartu apalagi ya? Saya ada ke osaka kyoto dan sapporo Tolong minta sarannya terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ginza adalah daerah yang sangat strategis dan cukup mahal hotel per malamnya. Lyn bisa jalan-jalan dari Stasiun Ginza yang melayani rute Tokyo Metro. Sejujurnya JR Pass 14 hari jarang balik modal. Mungkin bisa dikombinasikan dengan pass kereta lokal seperti di Tokyo, Osaka, atau Kyoto. Kami butuh itinerary lengkap kamu untuk kasih saran penggunaan passnya. Salam.

  21. Selamat pagi Pak Nugroho, akhir bln maret mendatang saya ke Jepang. Bbrp waktu yg lalu saya dengar banyak isu deportasi, slh satunya ttg obat. Saya tdk tau apakah itu benar atau tidak. Yg ingin saya tanyakan,saya akan membawa bbrp obat antara lain : counterpa*n, koyo, minyak kayu putih, imbo*st, norit*, paracetamol, cetirizine, cortide* (deksametason) dan tremenz* (tripolidin+pseudoefedrin). Obat-obatan tersebut tanpa resep dokter. Apakah salah satu atau bbrp dr obat2an tsbt ada yg dilarang di negara Jepang?
    Dan sebaiknya saya simpan di koper bagasi atau saya bawa ke cabin?
    Terimakasih sebelumnya ya Pak…salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Maaf kami tidak tahu ibu dapat informasi dari mana, yang jelas deportasi itu dilakukan kalau ada alasan mengenai ijin masuk ke negara Jepang alias visa. Kalau memang tidak boleh masuk ke Jepang karena obat, ya diserahkan saja obatnya ke pihak berwenang.
      Yang jelas, obat-obatan terlarang dan narkotika dilarang masuk ke Jepang, dan pasti terdeteksi dengan scan barang dan anjing pelacak baik dari Indonesia dan Jepang.
      Kemudian, Ibu silakan memasukkan obat-obatan yang hendak dibawa ke dalam kabin, supaya kalau ada masalah bisa langsung diurus. Jangan ke bagasi, nanti bakalan susah diurus karena tidak ada dekat tangan. Salam

  22. Halo, saya akan berlibur ke Jepang bulan depan, kebetulan ada teman saya yg tinggal di Jepang dan ingin dibawakan rendang daging kemasan. Apakah boleh membawa masakan daging sapi matang seperti itu? Apakah saya harus declare?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau membawa makanan dan jumlahnya tidak banyak, tidak perlu melakukan apa-apa Ibu.
      Yang perlu dideklarasikan adalah benda-benda tertentu atau makhluk hidup (hewan/ tumbuhan).
      Salam

  23. halo
    sy mau tanya, andai tiket hotel sdh dibeli uang cash yg harus dibawa ke sana dengar2 1 juta per hari? apakah anak2 juga sama ? Dari airport jepang kdg kena pengecekan apakah kita bawa uang yg cukup selama kita disana. jd bila ayah,ibu dan dua anak pergi selama 10 hr brti uang yg hrs kita persiapkah scr cash 40 juta?
    Saya malah takut kecopetan wkt di indonesianya hehe

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Di bandara sendiri tidak ada pengecekan khusus mengenai uang. Namun Tim Info Jepang sarankan supaya membawa uang cukup, siapa tahu ada pengecekan (sekarang pengecekan pada turis gencar dilakukan oleh petugas bandara). Lalu untuk keperluan sehari-hari sepertinya cukup 1 juta per hari untuk keluarga, diluar ongkos transportasi seperti shinkansen atau bus. Jadi cukup membawa sekitar 10-15 juta, untuk kejadian darurat dan membeli oleh-oleh.
      Salam

  24. Salam. Saya mau tanya diperbolehkan atau ga jika membawa buah buahan ke jepang? Yang saya baca, buah buahan di jepang mahal, betul ya? Thanks infonya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk makanan bayi diperbolehkan, namun buah-buahan dan sayur-sayuran akan melewati pengecekan di bagian plant protection station (PPS) bandara. Tentu akan membuang-buang waktu untuk berlibur. Lagipula rasa dan kualitas buah di Jepang tentu setara dengan harganya. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!