Liburan Murah di Tokyo

You are here Home  > Tips Wisata >  Liburan Murah di Tokyo

Tokyo, siapa yang tidak mengenalnya? Selain menjadi ibukota Jepang, kota ini begitu identik dengan gedung-gedung bertingkat, beragam pusat belanja dan tempat wisata, dan tentu jalur keretanya yang tersibuk di dunia. Itulah mengapa Tokyo adalah kota yang paling banyak dikunjungi khususnya oleh wisatawan Indonesia. Nah, kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum tips atau cara liburan murah di Tokyo, khusus bagi para pembaca setia website infojepang.

Penginapan murah di Tokyo

Ada beragam jenis penginapan di Jepang, mulai dari hotel modern, hotel bisnis (khusus para pebisnis dari luar kota Tokyo), hotel kapsul, atau youth hostel. Kalau hotel modern harganya tentu lebih mahal karena fasilitasnya lengkap, mulai dari kamar yang luas, televisi, internet, hingga kolam renang. Harganya pun mulai 10.000 yen sampai paling mahal bisa 50.000 yen per malamnya (yang terletak di sentra bisnis Shinjuku dan dekat Stasiun Tokyo).

Shinjuku Kuyakusho-mae Capsule Hotel

Hotel Kapsul di Shinjuku

Namun, rasanya sayang aja, kita memesan fasilitas hotel yang lengkap dan lebih mahal. Padahal sepanjang hari kita berada di luar untuk mengunjungi objek wisata. Untuk menghematnya, kita bisa mencoba menginap di hotel bisnis yang fasilitasnya cukup lengkap. Harganya pun lebih murah, mulai dari 5.500-10.000 yen atau hotel kapsul. Dinamakan kapsul bentuk kamarnya memang mirip seperti kapsul, namun cukup lengkap dengan televisi, soket listrik, tempat tidur, dan tempat untuk menaruh koper/ tas. Harganya murah, mulai dari 3.000-5.000 yen. Terakhir, khusus buat anak muda atau yang bepergian sendiri ke Jepang (ala-ala backpacker) bisa coba menginap di Youth Hostel. Di Tokyo, Youth Hostel bisa dengan mudah kita temukan di daerah Shibuya atau Ikebukuro, dengan tarif per malamnya mulai 2.000-5.000 yen saja.

Baca daftar hotel kapsul murah di Tokyo.

Makan murah di Tokyo

Contoh menu bento murah di Jepang

Menu bento murah di Jepang

Makan di restoran atau kafe tentunya bisa menguras kantong kita. Niat hati ingin berhemat dan liburan murah, bisa langsung lenyap jika makan di restoran yang ada di Shinjuku atau Roppongi yang bisa sampai 3.000 yen per porsinya. Padahal sih bisa dibilang mungkin rasanya sama saja dengan menu-menu normal, cuma ya balik lagi, namanya tempat wisata apalagi yang ada di kawasan mewah, pasti harganya mahal.

Untuk menyiasati pengeluaran, kita bisa membeli makanan sushi di restoran Kaiten Sushi dengan harga hanya 100 yen. Masih ada juga Gyudon dengan nasi, daging, dan salad selada, atau nasi tempura yang merupakan menu makanan halal yang paling mudah ditemukan. Kalau teman-teman sedang di Asakusa, bisa juga menikmati ramen yang ada di dekat gerbang Kaminarimon.

Satu lagi tips dari Tim Info Jepang, kita membeli bento di supermarket menjelang malam (di atas jam 8). Beberapa supermarket besar menyediakan bento murah atau potongan harga khusus di saat malam. Itulah saat yang tepat untuk membelinya menu bento! Coba kunjungi minimarket dekat hotel atau stasiun, siapa tahu kita bisa mendapatkan bento murah atau makan sushi dengan potongan harga! Teman-teman bisa juga pergi ke minimarket Seven Eleven, Family Market, atau Lawson kalau ingin mencoba menu bento dengan rasa yang lain.

Belanja oleh-oleh murah di Tokyo

Belanja oleh-oleh di Asakusa

Belanja oleh-oleh di Asakusa

Liburan ke Jepang, tentu kita harus hunting oleh-oleh khas Jepang untuk teman dan saudara yang ada di Indonesia. Salah satu tempat yang Tim Info Jepang sarankan adalah Kuil Sensoji di Asakusa. Di sini, kita bisa berbelanja di Nakamise-dori dengan lebih dari 80 toko yang menjual pernak-penik dan oleh-oleh khas Jepang, seperti kipas Jepang, gelas dengan ukiran huruf Jepang, tas tote, kaos dengan tulisan kanji, gantungan kunci, dan semua aksesoris lainnya. Harganya juga murah, mulai dari 100 yen hingga 300 yen. Rahasia: Belilah barang di barisan toko agak depan, sebab harganya lebih murah.

Selain itu, teman-teman bisa membeli beragam pernak-pernik, seperti peralatan tulis dan buku agenda yang unik, panjangan atau gantungan kunci berbentuk menu-menu makanan Jepang, atau kaos dan tas tote di toko Itoya di Ginza, toko Daiso di Harajuku, dan toko 100 yen Cando di  dekat Stasiun Shibuya. Semua oleh-oleh di sini berkisar dari 100 yen sampai 500 yen.

Daiso Harajuku Tokyo

Daiso Harajuku Tokyo

Mengunjungi objek wisata murah gratis di Tokyo

Foto dari Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan

Pemandangan dari Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan

Mayoritas objek wisata di Tokyo memang berbayar, mulai dari mengunjungi ikon Tokyo Tokyo Skytree atau Tokyo Tower, di mana kita harus membayar 300-500 yen. Begitu pula saat kita mengunjungi dan menikmati keindahan Taman Shinjuku Gyoen atau ke Taman Koishikawa-Korakuen. Harga tiket masuknya 200-300 yen, atau hampir setara dengan dua kali makan di Tokyo.

Ini dia tips Tim Info Jepang, teman-teman bisa mengunjungi tempat wisata gratis di Tokyo . Salah satunya adalah mengunjungi gedung Tokyo Metropolitan. Dari lantai observasi setinggi 202 meter, kita bisa melihat pemandangan kota Tokyo dan Gunung Fuji yang indah. Selain itu, kita juga bisa mengunjungi Kuil Sensoji di Asakusa atau Kuil Meiji. Kita bisa mengunjungi kuil, berdoa sejenak, dan melihat arsitektur kuil yang indah.

Kalau ingin menikmati keindahan taman, teman-teman bisa mengunjungi area Taman Ueno yang bisa ditempuh hanya 10 menit dari Stasiun Ueno. Atau juga Taman Yoyogi dengan ribuan pohon sakuranya yang indah. Kedua taman ini bisa kita kunjungi secara gratis.

Halaman depan Kuil Meiji Jingu di Shibuya

Kuil Meiji Jingu di Shibuya

Mengunjungi tempat wisata di Tokyo juga cukup murah. Dengan adanya JR Yamanote Line, kita bisa berkeliling area Tokyo dengan kereta mulai dari 200-400 yen saja. Teman-teman juga bisa merencanakan tempat-tempat liburan yang berdekatan agar bisa dikunjungi sekaligus. Contohnya, kita bisa melihat patung anjing setia Hachiko di Shibuya, lalu langsung melihat keindahan Taman Yoyogi. Dilanjutkan ke Kuil Meiji dan mengunjungi pusat manga Jepang di Harajuku. Semuanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jika kita bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus, tentu ongkos atau biaya transportasi bisa dihemat.

Itulah tips dan cara liburan murah di Tokyo hasil rangkuman Tim Info Jepang. Semoga berguna bagi teman-teman merencanakan liburan. Oiya, teman-teman bisa menghubungi Tour Guide Online untuk merencanakan itinerary liburan juga loh!

tour online ads NEW1

Cheap Hotels in Tokyo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Shinagawa Senga
from ¥9900/night
APA Hotel Shinagawa Sengakuji Eki-Mae
Shinagawa Prince Hotel
from ¥14350/night
Shinagawa Prince Hotel
Hotel Sunroute Ginza
from ¥12218/night
sunroute ginza
Grand Pacific Le Daiba
from ¥14900/night
Grand Pacific Le Daiba

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Harajuku
Stasiun JR Harajuku
Bukit Todoroki
Kuil di puncak bukit Todoroki
Tokyo Gate Bridge
Pemandangan Tokyo Gate Bridge di waktu pagi
Sanrio Puroland
Pintu masuk Sanrio Puroland

Sumber gambar: Flickr Toshiaki NANBA

Recommended for you

Last modified: July 22, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (7)

  1. Selamat pagi team Info Jepang, saya berencana ke tokyo bertiga dengan istri dan anak saya ( 1,5 tahun).
    1. kira2 untuk Hotel yang nyaman dengan bawaan kami yg pasti lumayan dimana ya ?
    2. kami juga berencana ke Gala Yuzawa dan Osaka, apakah perlu membeli JR pass atau tidak ?
    3. apakah sudah ada sakura di awal maret?

    maaf banyak bertanya, terimakasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Mohon informasinya, ibu datang dan kembali ke Indonesia dari bandara apa?
      Lalu rencana keberangkatan tanggal berapa? Mohon memberikan informasi lengkap, supaya orang lain yang membaca komentarnya nanti juga tidak bingung.
      Salam

    • Decy Nugroho  |  

      Mohon maaf atas sebelumnya, saya akan mendarat di Haneda awal maret 2017, dan berencana 10 hari di Jepang

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Mohon info kembali pulang ke Indonesia dari bandara mana? Yang pasti, kalau tidak ada PP Tokyo Osaka, tidak perlu membeli JR Pass.
      Salam

    • Decy Nugroho  |  

      Kami kembali ke jakarta dari bandara Tokyo mas,
      Kemudian apakah ada info enaknya kami menginap di tokyo nya di daerah mana ya ? Mungkin ada rekomendasi hotel

      Terimakasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Karena bapak sekeluarga ada rencana PP ke Osaka, bisa mempertimbangkan membeli JR Pass.
      Wah kalau rekomendasi hotel ada Pak di setiap halaman web infojepang. Bapak bisa contohnya silakan mengecek rekomendasi hotel di Shinjuku, Asakusa, atau Ueno.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan