Tips Menggunakan AirBnB di Jepang

You are here Home  > Akomodasi, Center Town, Tips Liburan >  Tips Menggunakan AirBnB di Jepang

Kehadiran layanan menyewa apartemen bisa dibilang sangat membantu buat kita yang merencanakan liburan murah di Jepang. Buat teman-teman yang belum tahu, AirBnB memungkinkan kita untuk menyewa dan menyewakan tempat tinggal dari dan kepada orang lain. Jangan takut, proses seleksi dan monitoring yang ketat menjamin keamanannya. Ini dia Tips Menggunakan AirBnB di Jepang.

Tips Menggunakan AirBnB di Jepang

1. Perhatikan lokasinya!

Hal pertama yang teman-teman wajib perhatikan adalah lokasi dari Apartemen yang akan disewa. Saya pribadi menyarankan untuk memilih yang cukup dekat dengan stasiun kereta. Maksimal kita bisa jalan kaki itu sekitar 10-15 menit. Meskipun harganya lebih murah, namun apartemen yang jauh dari stasiun mungkin akan menyulitkan kita karena harus naik taksi ke stasiun terdekat dengan biaya yang cukup mahal.

Baca juga: Free Pass di Tokyo, Free Pass di Osaka, Free Pass di Kyoto

2. Lihat profil pemilik apartemen

Selain itu, coba lihat profil pemiliknya. Jika tidak ada gambar atau review sebelumnya, mungkin apartemennya masih baru atau belum pernah ada yang menginap. Bagi saya, saya lebih nyaman menyewa apartemen yang sudah pernah digunakan oleh orang lain, dan review atau feedback-nya pun baik. Kita juga bisa mempertimbangkan komentar mengenai kenyamanan, fleksibilitas waktu check-in, hingga fasilitas yang tersedia.

Park View Vintage Apartment

Park View Vintage Apartment

3. Coba berkomunikasi melalui layanan chat

Kita bisa “mencoba berhubungan” terlebih dahulu dengan bertanya mengenai lokasi atau ketersediaan tempat untuk tanggal yang kita harapkan. Host yang ramah dan responsif bisa jadi tanda bagi kita bahwa dia akan cukup helpful nantinya. Sementara yang berhari-hari tidak menjawab chat kita, mungkin bisa ditinggalkan untuk mencari yang lain. Coba juga untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kalau kamu tidak bisa sama sekali bahasa Jepang, tentu akan ada kesulitan tambahan jika dengan host yang hanya bisa bahasa Jepang.

4. Perhatikan juga Cleaning Fee

Jangan tergoda melihat biaya sewa apartemen yang murah, jika ternyata cleaning fee-nya besar atau biaya-biaya tambahan lainnya yang dibebankan kepada kita. Kalau bisa, pastikan juga dari awal supaya kita jangan merasa “tertipu” di akhir karena biayanya jadi membengkak.

5. AirBnB bukan hotel

Teman-teman harus mengingat, bahwa apartemen atau rumah yang kita sewa ini bukanlah hotel yang punya layanan kamar untuk membersihkan lantai atau merapikan tempat tidur. Jadi, bagaimana kita meninggalkan ruangan saat kita pergi, itulah yang akan kita temukan saat kita pulang. Bahkan sebelum meninggalkan tempat untuk berpindah ke kota lain atau pulang ke Indonesia, kita harus memastikan kondisi kamar atau ruangan kembali bersih sebagaimana kita tiba pertama kali. Perhatikan juga apakah apartemen atau unit yang ditawarkan sudah mendapatkan lisensi minpaku atau pengawasan penginapan dari pemerintah kota setempat.

Menggunakan AirBnB di Jepang

Tim Info Jepang sering kali dimintain pendapat atau rekomendasi apartemen di Tokyo, Kyoto, Osaka, atau kota-kota lainnya. Namun, kami tidak bisa memberikan rekomendasinya karena memang setiap waktu kondisi AirBnB akan berubah-ubah. Namun sebagai gantinya, kami menyediakan database hotel-hotel yang dekat dengan tempat wisata dalam setiap tulisan kami. Semoga bisa membantu teman-teman.


Recommended for you

Last modified: August 10, 2018

TAGS  :

Comments (46)

  1. Slmt siang pak Nugroho, rencana saya bertiga akan ke Jepang tgl 19-25 Feb 2019, kami PP dr bandara Narita, jika kami ke Tokyo saja;
    1. tempat wisata mn saja sebaiknya yg bs sy kunjungi?
    2. Tempat wisata yg ada saljunya?
    3.Cuaca dan suhu brp pd wkt tsb?
    4.Pass apa yg hrs sy beli?
    5.Jumlah kami ber-3,kalo saya pesan kamar hotel yg berkpsts 2 org, apkh diperbolehkan ?
    6.Daerah mana sebaiknya kami menginap? Terimakasih pak Nugroho.

  2. Selamat malam pak, saya mau tanya, saya rencana pergi ke Jepang bulan maret 2019, dan saya tujuan saya dari jkt ke osaka, tujuan saya dari osaka, kyoto dan tokyo dan kembali ke jkt via osaka, bagaimana sebaiknya itenarynya, dan apakah saya sebaiknya beli JR pass, dan rute apa saja yg dilewati JR, dan sebaiknya apakah sewa airbnb atau hostel, dan hostel yg murah dan dekat stasiun ada di daerah mana saja utk di osaka, kyoto dan tokyo, terima kasih pak

  3. Malam Pak, km beer 3 dari sby ke Tokyo haneda tiba tgl 1 Feb – 12 Feb, rencananya : Mau ke shirakawago, Sapporo, Osaka, balik ke Tokyo bs kasih Saran transport yg efisien dan rute yg nyaman
    Terima kasih Pak Nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Tiba di Tokyo bisa keliling dahulu, ibu bisa naik kereta shinkansen ke Sapporo dahulu (2 hari stay di Sapporo, keliling SapporoOtaru), lalu kembali ke Tokyo, langsung ke Stasiun Kanazawa-Shirakawago dari Tokyo, kembali ke Kanazawa lalu ke Osaka. Keliling Osaka dan Kyoto, lalu kembali ke Tokyo. Silahkan beli JR Pass.

  4. Selamat malam Pak Nugroho,
    Saya berencana dari Jakarta akan ke Osaka (kansai) – Kyoto – Tokyo.
    Di osaka saya akan ke USJ dan di Tokyo akan ke Disneysea.
    Pertanyaan saya adalah Apakah saya sebaiknya saya membeli JR Pass atau Arch Pass saja untuk tujuan tsb?
    Dan Arch Pass ini apakah bisa juga di pakai untuk berkeliling di dalam kota Osaka, Kyoto dan Tokyo?
    Apakah ada saran yg lebih baik untuk Pass yg tepat untuk bisa mengcover perjalanan selama di Osaka dan Tokyo?
    Terima kasih.

  5. pak nugroho, apakah bisa saya dari bandara narita lgsg ke kawazu dan saya habis dari kawazu ke mt fuji dan ke tokyo dan ke shirawakago dan balik lagi tokyo back jkt, nah utk transport nya saya harus beli tiket apa? dan suica bisa pakai jugakah?

    • maksudnya dari narita saya bgsnya rute kedaerah mana dulu pak nugroho?? jd saya tdk bolak balik dan dgn kereta apa dan tiket apa yg harus sy beli pak??

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu sampai di Narita jam berapa ya?
      SUICA bisa dipakai di mana pun kok bu. Hanya perlu hitung-hitungan waktu dan ongkos supaya mengetahui pass kereta apa yang cocok untuk rute perjalanan ibu. Salam

  6. halo pak, saya kan baca peraturan baru di airbnb jepang kalau penyewa harus punya license ya? nah bagi yg tidak punya maka apartemennya tidak akan muncul di airbnb, apa benar pak? karena saya menemukan apartemen yg muncul di airbnb namun tidak ada nomor license nya..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Silakan ditanya saja langsung ke host nya bu, mungkin belum dimunculkan, sebab sekarang yang muncul di Airbnb itu hanya yang punya lisensi saja. Salam

  7. Pak nugroho, saya berencana pergi ke Jepang di bulan feb2019. Berangkat dari jakarta ke Haneda,dengan itinerary jalan2 di tokyo, gala yuzawa, kawazu, Fukui (museum Dino) kemudian dari tokyo ke Osaka, jalan2 di Osaka dan nara. Pulang dari Kansai ke Jakarta. Apakah saya perlu Beli JR pas atau cukup beli JR Wide pass + beli tiket shinkansen tokyo Osaka, kemudian utk di Osaka beli Kansai pass. Mohon sarannya. Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Melihat rutenya sudah akan balik modal dengan JR Pass reguler sih pak, karena ada perjalanan ke Fukui. Di Osaka bapak masih bisa menggunakan JR Pass nya lagi. Salam.

  8. Slamat siang pak Nugroho.

    SAya ibu Lia akan pergi bertiga bersama anak dan suami. 15-23 Januari 2019 (3 hari Tokyo dan 4 hari Osaka)
    tiba di Tokyo, kembali dari Osaka.
    Pertanyaan saya:
    1. wisata winter apa yang bias di datangi di Tokyo?
    2. dari Tokyo ke Osaka naik apa yang aman, dan lbh murah
    3. Di Osaka ada objek apa yang bisa di kunjungi,

    tk
    4. Saran nya bapak bisa ke mana lagi sekitar Osaka selain Kyoto

  9. Salam kenal pak Nugroho, saya mau tanya.. Kami tiba di Jepang Haneda pukul 6 pagi… Dan akan menginap di Tokyo..Tapi kami bingung masalah waktu check in antara airbnb dan Hotel sama sama dibuka di siang atau sore hari. Sedangkan barang kami cukup banyak,, apakah kami harus terpaksa menunggu hingga waktu check in atau ada saran dari pak Nugroho sebaiknya bagaimana. Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau di hotel, biasanya kita bisa menitip di resepsionis dahulu, itu keuntungannya. Kalau di air bnb, biasanya harus mengikuti waktu check in nya, atau bisa juga namun kena tambahan biaya. Coba bapak cross-check saja dahulu baik ke hotel atau air bnb nya. Solusi terakhir, bapak bisa titip di loker stasiun terdekat. Keliling dahulu, baru nanti ambil lagi, dan baru menuju hotel/ penginapan.

  10. Selamat malam. Mohon infonya pak. Kami ber4 datang dari Haneda kembali ke Jkat melalui Osaka. Rute rencana kami adalah sbb :
    A. TOKYO – KYOTO-OSAKA or
    B. TOKYO – OSAKA
    Pertanyaannya :
    1. Mana yg lbh baik rute 1 or 2 (tetap ke kyoto menginapnya yg beda)
    2. Apakah perlu beli JR
    3. Rekom penginapan
    Trima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Sama saja, namun karena berempat lebih baik Tokyo-Osaka saja. Untuk ke Tokyo dari Osaka tinggal naik kereta lokal selama 30 menit kok.
      2. Kalau hanya ada rute searah dari Tokyo-Osaka/ Kyoto, tidak perlu membeli JR Pass karena akan sulit untuk balik modal.
      3. Untuk lokasi penginapan, bisa cari di sekitaran Namba, Tennoji, atau Stasiun Osaka. Salam.

  11. Selamat malam. Mohon infonya pak. Kami ber4 datang dari Haneda kembali ke Jkat melalui Osaka. Rute rencana kami adalah sbb :
    A. TOKYO – KYOTO-OSAKA or
    B. TOKYO – OSAKA
    Pertanyaannya :
    1. Mana yg lbh baik rute 1 or 2 (tetap ke kyoto menginapnya yg beda)
    2. Apakah perlu beli JR
    Trima kasih

  12. Selamat sore pak nugroho, saya baru pertamakali mau ke Jepang untuk liburan selama 1 minggu, kira-kira kota dan tempat wisata apa saja yang bias saya kunjungi pak (mengingat baru pertama kali), terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Bisanya mendarat di Tokyo, (day tour di Tokyo), lalu ke Fuji-Kawaguchiko, Kyoto, dan Osaka. Ibu rencananya mau kapan ke Jepangnya? Salam.

  13. Halo Pak Nugroho,
    Saya akan bepergian ke Jepang sekeluarga besar, total 15org (anak, dewasa, dan lansia) rencana akan menggunakan AirBnB karena kalau baca review beberapa blog, kamar hotel di jepang ketat hitungannya jumlah orang ya Pak? jadi misalnya ada keluarga yang punya anak 3 harus info sesuai, tidak bisa hanya info adult nya saja karena kalau tdk akan dicharge tambahan. Mohon konfirmasinya Pak. Dan sekalian mau tanya kalau tujuan kami hanya Tokyo – Osaka – Tokyo lebih efisien pakai pass apa?
    Terimakasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, lebih baik tuliskan dengan lengkap jumlah yang akan menginap. Kalau rencananya naik shinkansen dari Tokyo ke Osaka, kemudian Osaka ke Tokyo, ibu silakan membeli JR PASS. Salam

  14. Selamat sore Pak,
    Saya mau tanya nih, saya sudah terlanjur pesan airbnb di Tokyo selama 5 hari dan sudah melakukan pembayaran. Tetapi setelah dipikir kembali, 3 hari nya mau saya cancel karena sy ingin menginap di Osaka dan Kyoto.
    Adakah saran agar saya bisa melakukan full refund? Dan apakah proses pengembalian uangnya sulit? Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau AirBnb biasanya full refund hanya berlaku 2×24 jam semenjak booking. Silakan dicek saja bu. Refund juga dalam bentuk voucher. Salam

  15. Pak Nugroho Christian, salam kenal yah. saya ada rencana ke jepang nih bulan Januari. mau tanya dong apakah harga AirBnB berbeda jauh dengan harga hotel? untuk yang budget nya terbatas lebih baik pilih airbnbe yah pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau hanya 2-4 orang Hotel dan AirBnB relatif sama Pak. Kalau sudah banyak orang, AirBnB makin hemat. Salam

  16. sama ini Pak Nugroho, apakah ada list station di osaka, kobe, tokyo, kyoto yang dilalui jr pass? Saya butuh nama stasiun yang dilalui jr pass terutama yang terdekat dari tempat wisata universal studio osaka, maupun disneyland tokyo. Terima kasih

  17. Halo Pak Nugroho, mau nanya saya akan pergi k rute osaka, tokyo, nara, kyoto, fushimi, kobe. apakah saya cukup dapat membeli tokyo osaka hokuriku arch pass? Saya juga mau nanya jikalau saya ingin mencari penginapan better dimana melalui air bnb, untuk areanya? secara saya pengen dekat stasiun yang dilalui jr pass serta di daerah osaka dekat kansai? Apakah ada input?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Bedanya adalah cakupan areanya bu. Ibu tiba di bandara mana? Kembali dari mana? Mohon informasinya yang lengkap.
      Kalau datanya hanya seperti yang ibu tulis, Tim Info Jepang sarankan tidak perlu membeli pass kereta apapun. Salam

    • pak nugroho menyambung dari pertanyaan sebelumnya, saya dari osaka, ingin ke kobe, nara, kyoto dan tokyo, jenis jr pass apakah hokuriku arch pass cukup?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu kembali dari mana? Mohon informasinya yang lengkap.
      Kalau tidak kembali lagi ke Osaka, tidak perlu membeli pass kereta bu. Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass juga akan merugikan. Salam

    • aiza aiza  |  

      jadi pak dari osaka ke kobe kyoto nara tokyo balik lagi ke osaka, jadi perlu atau tidak membeli pass itu ya pak?

  18. Selamat malam pak nugroho, ini saya mau bertanya tapi agak melenceng dari judul kontennya. Sebelumnya mohon maaf ini saya bertanya.
    Untuk pembelian jr pass yg rekomended dimana ya mas? Yang saya bisa bayar lewat transfer atm atau cash ke kantornya (no kartu kredit) dan apakah membeli jr pass harus memiliki visa dulu baru beli jr pass? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk pembeliannya bisa dibanyak tempat, termasuk lewat Klook secara online, atau ke agen-agen tur seperti HIS Travel, dan JTB. Untuk syaratnya tidak perlu pak, namun harus diperhatikan ada jangka waktu pembelian dengan penggunaan JR Pass (1 bulan biasanya). Jadi sebenarnya, bapak sudah tentu punya visa juga karena akan segera berangkat. Salam.

  19. Selamat Pagi Pak,

    kami Bertiga (saya, suami & anak) akan melakukan perjalanan ke Jepang pada tanggal 13 – 18 Nopember 2018, dan kami berencana untuk membeli JR Pass 14 hari. Apakah Mumpuni untuk membeli JR tersebut, dengan hanya mengunjungi daerah tokyo, hiroshima, osaka dan kyoto ? Mohon sarannya, terima kasih.

    salam,
    yanti

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau ibu pergi ke Jepang tanggal 13 – 18 Nopember 2018, cukup membeli JR PASS yang 7 hari bukan? Ibu mendarat di bandara apa dan kembali dari bandara apa ya? Salam

    • Selamat Siang Pak Nugroho,
      Saya akan melakukan perjalanan ke Jepang Tanggal 20 – 28 Oktober 2018, dengan rencana perjalanan :
      1. Tiba jam 17.30 langsung hotel
      2. Eksplore Tokyo
      3. Hakone – Gotemba
      4. Tokyo dan dan sore ke Takayama menginap
      5. Eksplore Takayama,Shirakawago
      6. Jalan Ke Kyoto
      7. Eksplore Kyoto
      8. USJ
      9. Osaka

      Pertanyaannya :
      1. Apakah Iten diatas sudah baik atau apakah ada saran dari bpk ?
      2. Apakah Perlu membeli JR Pass Atau Hanya Horiku Arch Pass ?
      3. Pass Apa yg diperlukan utk meng-eksplore Kyoto dan Osaka ?

      Demikian pertanyaannya, terima kasih

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!