Tips Menggunakan AirBnB di Jepang

You are here Home  > Akomodasi, Center Town, Tips Liburan >  Tips Menggunakan AirBnB di Jepang

Kehadiran layanan menyewa apartemen bisa dibilang sangat membantu buat kita yang merencanakan liburan murah di Jepang. Buat teman-teman yang belum tahu, AirBnB memungkinkan kita untuk menyewa dan menyewakan tempat tinggal dari dan kepada orang lain. Jangan takut, proses seleksi dan monitoring yang ketat menjamin keamanannya. Ini dia Tips Menggunakan AirBnB di Jepang.

Tips Menggunakan AirBnB di Jepang

1. Perhatikan lokasinya!

Hal pertama yang teman-teman wajib perhatikan adalah lokasi dari Apartemen yang akan disewa. Saya pribadi menyarankan untuk memilih yang cukup dekat dengan stasiun kereta. Maksimal kita bisa jalan kaki itu sekitar 10-15 menit. Meskipun harganya lebih murah, namun apartemen yang jauh dari stasiun mungkin akan menyulitkan kita karena harus naik taksi ke stasiun terdekat dengan biaya yang cukup mahal.

Baca juga: Free Pass di Tokyo, Free Pass di Osaka, Free Pass di Kyoto

2. Lihat profil pemilik apartemen

Selain itu, coba lihat profil pemiliknya. Jika tidak ada gambar atau review sebelumnya, mungkin apartemennya masih baru atau belum pernah ada yang menginap. Bagi saya, saya lebih nyaman menyewa apartemen yang sudah pernah digunakan oleh orang lain, dan review atau feedback-nya pun baik. Kita juga bisa mempertimbangkan komentar mengenai kenyamanan, fleksibilitas waktu check-in, hingga fasilitas yang tersedia.

Park View Vintage Apartment

Park View Vintage Apartment

3. Coba berkomunikasi melalui layanan chat

Kita bisa “mencoba berhubungan” terlebih dahulu dengan bertanya mengenai lokasi atau ketersediaan tempat untuk tanggal yang kita harapkan. Host yang ramah dan responsif bisa jadi tanda bagi kita bahwa dia akan cukup helpful nantinya. Sementara yang berhari-hari tidak menjawab chat kita, mungkin bisa ditinggalkan untuk mencari yang lain. Coba juga untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kalau kamu tidak bisa sama sekali bahasa Jepang, tentu akan ada kesulitan tambahan jika dengan host yang hanya bisa bahasa Jepang.

4. Perhatikan juga Cleaning Fee

Jangan tergoda melihat biaya sewa apartemen yang murah, jika ternyata cleaning fee-nya besar atau biaya-biaya tambahan lainnya yang dibebankan kepada kita. Kalau bisa, pastikan juga dari awal supaya kita jangan merasa “tertipu” di akhir karena biayanya jadi membengkak.

5. AirBnB bukan hotel

Teman-teman harus mengingat, bahwa apartemen atau rumah yang kita sewa ini bukanlah hotel yang punya layanan kamar untuk membersihkan lantai atau merapikan tempat tidur. Jadi, bagaimana kita meninggalkan ruangan saat kita pergi, itulah yang akan kita temukan saat kita pulang. Bahkan sebelum meninggalkan tempat untuk berpindah ke kota lain atau pulang ke Indonesia, kita harus memastikan kondisi kamar atau ruangan kembali bersih sebagaimana kita tiba pertama kali. Perhatikan juga apakah apartemen atau unit yang ditawarkan sudah mendapatkan lisensi minpaku atau pengawasan penginapan dari pemerintah kota setempat.

Menggunakan AirBnB di Jepang

Tim Info Jepang sering kali dimintain pendapat atau rekomendasi apartemen di Tokyo, Kyoto, Osaka, atau kota-kota lainnya. Namun, kami tidak bisa memberikan rekomendasinya karena memang setiap waktu kondisi AirBnB akan berubah-ubah. Namun sebagai gantinya, kami menyediakan database hotel-hotel yang dekat dengan tempat wisata dalam setiap tulisan kami. Semoga bisa membantu teman-teman.


Recommended for you

Last modified: August 10, 2018

TAGS  :

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!