Menggunakan Loker Stasiun di Jepang

You are here Home  > Persiapan, Tips Wisata >  Menggunakan Loker Stasiun di Jepang

Liburan di Jepang akhirnya terwujud. Daftar perjalanan menuju objek-objek wisata beserta hotel untuk menginap sudah diurus semua. Namun, ada satu yang terlupa: bagaimana membawa koper saat kita ingin berpindah kota? Setelah tiba dan menghabiskan 1 hari berkeliling Tokyo, keesokan harinya dari pagi sampai sorenya ingin pergi ke Hakone lalu bermalam di Yokohama yang katanya punya pemandangan alam yang romantis dan keren banget. Aduh, apa gak repot ya bawa koper saat berkeliling Hakone? Tapi kopernya siapa yang bawa? Gak mungkin kan ditinggal di hotel di Tokyo? Kan setelah dari Hakone kami akan menginap di Yokohama. Gimana ya solusinya? 

Kondisi di atas sering ditanyakan kepada Tim Info Jepang. Tenang, ada solusi yang praktis dan cukup murah. Kita bisa menitipkan koper/ tas/ oleh-oleh yang sudah kita beli di loker stasiun di Jepang. Hampir seluruh stasiun di Jepang, terutama stasiun besar memiliki fasilitas loker yang bisa kita gunakan. Contoh kasus di atas dapat selesai dengan mudah dengan menitipkan barang/ koper di Stasiun Hakone. Setelah check-out dari hotel di Tokyo, dia bisa pergi ke Hakone dengan kereta, lalu menitipkan barang di loker stasiun. Satu hari penuh bisa mengunjungi objek-objek wisata di Hakone tanpa repot membawa koper ke sana ke mari. Malam harinya, tinggal mengambil barang dari loker, lalu berangkat ke Yokohama. Koper aman dan liburan di Hakone nyaman.

Loker di stasiun adalah “trik” yang bisa teman-teman gunakan untuk mempermudah perjalanan keliling kota tanpa perlu membayar biaya hotel cuma untuk “menaruh barang.” Keamanan loker di semua stasiun Jepang juga terjamin dengan sistem komputer. Tidak akan ada orang lain yang bisa mengambil barang selain kita sendiri.

Cara menggunakan loker stasiun di Jepang

  1. Tiba di stasiun kereta dan keluar ke area kedatangan stasiun.  Bagi teman-teman yang menggunakan karcis/ tiket biasa harus meletakkan karcis di slot pintu otomatis, atau jika teman-teman menggunakan JR-Pass, silahan tunjukkan JR-Pass kepada petugas di pintu manual.
  2. Kemudian di area kedatangan, teman-teman bisa mencari ruangan loker. Cari ruangan bertuliskan Locker Coin atau Luggage Room. Tanda untuk area loker biasanya berwarna cerah: kuning atau hijau. Jika keadaan stasiun penuh dan teman-teman kesulitan, Tim Info Jepang sarankan untuk bertanya kepada petugas stasiun. Cukup katakan, loker? atau Sumimasen ga, koin rokkā wa doko desu ka? Semua petugas stasiun sudah mengetahuinya.
  3. Teman-teman bisa memilih loker yang sesuai dengan ukuran tas/ koper teman-teman. Untuk ukuran loker yang tersedia, silahkan baca di bagian ukuran loker di bagian berikutnya. Biaya sewa loker bisa dilihat di pintu loker, dan dihitung per hari.
  4. Pastikan untuk mengecek barang yang akan kita bawa. Handphone, dompet, passport, kamera dan botol minum jangan sampai tertinggal di dalam loker.
  5. Untuk bisa mengunci pintu, masukkan uang koin 100 yen. Uang 100 yen menjadi “uang muka” penyewaan loker kita. Mesin akan menghitung lama kita menggunakan loker dan kita harus memasukkan kekurangan biaya sewa sebelum membuka mengambil barang kita kembali nanti.
  6. Simpan kunci loker teman-teman. Tim Info Jepang sarankan untuk menaruhnya di dompet atau tas kecil tempat teman-teman menaruh passport atau handphone. Tujuannya, agar teman-teman dapat terus mengingat kunci tersebut. Jika hilang, kita akan didenda dan tentu membutuhkan waktu lama untuk prosedur keamanan pengambilan barang kita.

Ukuran loker stasiun di Jepang yang tersedia

  1. Loker kecil, berukuran 35 x 43 x 57cm (13 x 16 x 22in). Bisa digunakan untuk menyimpan tas selempang kecil atau tas dan koper tangan. Loker kecil dapat kita temui hampir di seluruh stasiun di Jepang.
  2. Loker sedang, berukuran 57 x 43 x 57cm (22 x 16 x 22in). Bisa digunakan untuk menyimpan tas gendong berukuran besar dan koper besar sampai ukuran 26-28 inci. Tersedia beberapa unit di stasiun Jepang.
  3. Loker besar 117 x 43 x 57cm (44 x 16 x 22in). Ukurannya 2 kali lipat loker sedang. Bisa digunakan untuk menyimpang 2 buah koper besar atau 1 buah koper besar sampai ukuran 34-36 inci dan 1 tas gendong. Tersedia beberapa di stasiun besar atau loker stasiun kereta di Bandara Haneda atau Narita.

Biaya penyewaan loker stasiun di Jepang

  1. Loker berukuran kecil biaya sewanya mulai dari 300 yen/hari.
  2. Loker berukuran kecil sedang sewanya mulai dari 400 yen/hari.
  3. Loker berukuran kecil besar sewanya mulai dari 500-600 yen/hari.

Biaya penyewaan loker di Jepang sudah menggunakan komputer. Biaya sewa loker dihitung per hari kalender (dari jam 00.00-23.59). Jika teman-teman menyimpan barang di loker kecil sore hari di stasiun Kyoto sebelum mengunjungi Nara. Dan kembali keesokan harinya siang hari, maka biaya sewanya adalah 600 yen.

Ukuran Loker Stasiun di Jepang

Ukuran Loker Stasiun di Jepang

Informasi mengenai loker stasiun di Jepang

Waktu maksimal penyimpanan barang di loker umumnya 3 hari. Lewat dari 3 hari, maka barang yang disimpan di dalam loker akan dikeluarkan dan disimpan di gudang atau bagian keamanan stasiun. Pastikan untuk tidak bepergian melewati waktu 3 hari jika teman-teman menitipkan koper, karena prosedur pengambilannya akan sangat ribet dan memakan waktu. Di Stasiun Tokyo atau Bandara Haneda, waktu maksimal penyimpanan barang di loker bisa sampai 1 minggu. Untuk memastikannya, teman-teman bisa membaca petunjuk yang dituliskan di pintu loker.

TIPS DARI TIM INFO JEPANG

Catat nomor loker tempat kita menitipkan barang-barang. Jika ingin menitipkan barang lebih dari waktu maksimal, setelah memasukkan barang ke loker, teman-teman bisa kemudian menelepon ke nomor telepon pengawas loker atau mengatakannya kepada petugas stasiun di kantor stasiun. Petugas akan mencatat, sehingga barang-barang kita tetap aman dalam loker sampai kita mengambilnya kembali. Dalam keadaan darurat, ketika tiba-tiba jadwal berubah sehingga tidak bisa mengambil barang di hari terakhir, teman-teman bisa menelepon ke nomor telepon pengurus loker. Atau bisa minta bantuan Tim Info Jepang untuk ganti meneleponkan (Layanan Premium Panduan Tour Online).

Andaikan pakai loker Stasiun di Jepang

Apakah kita bisa mengirimkan koper/ barang kita?

Pertanyaan ini juga sering ditanyakan kepada Tim Info Jepang. Teman-teman bisa mengirimkan koper/ barang ke kota lain di Jepang, bahkan ke tempat spesifik seperti ke bandara, hotel, stasiun kereta, bahkan supermarket. Biayanya berkisar dari 1.000-5.000 yen tergantung jarak tempat tujuan. Untuk durasi/ lama waktu pengiriman ke kota besar biasanya 1 hari. Sementara untuk kota-kota seperti Hokkaido atau Hiroshima membutuhkan 2-3 hari.

Selain itu, koper/ barang juga bisa teman-teman kirimkan ke Bandara Haneda, Bandara Narita, atau Kansai. Selain itu, hotel-hotel di area Tokyo atau Yokohama menyediakan layanan pengiriman ini. Ini pas banget bagi teman-teman yang punya jadwal penerbangan kembali ke Indonesia sore/ malam hari. Jadi, teman-teman bisa berkeliling area Tokyo atau Narita 1 hari dengan bebas lalu mengambil koper dii Bandara Haneda atau Narita sebelum kembali ke Indonesia. Biayanya sekitar 2.000-3.000 yen dan biasanya membutuhkan waktu 2-3 hari. Berikut adalah link tempat pengambilan/ penitipan koper di Bandara Haneda Tokyo, semoga bisa jadi masukan bagi teman-teman.

Beberapa perusahaan Jepang yang menyediakan jasa pengiriman koper/ barang antara lain: JALABC dan Yamato Unyuu (Kuroneko). Teman-teman bisa melihat informasinya langsung. Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit/ tunai saat penyerahan barang yang akan dikirim.

Sumber gambar: Flickr wulongWilliamN

Recommended for you

Last modified: November 29, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (60)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Jika membutuhkan loker ukuran besar, bisa menitipkan di Tokyo Teleport Station di jalur kereta JR Rinkai Line. Namun jika barangnya kecil bisa dititip di stasiun Daiba atau Odaiba Kaihin Koen Station di jalur Yurikamome Monorel. Salam

    • Selamat malam pak, saya ingin tanya apakah di Jepang bisa melakukan pengiriman koper ke bandara??melalui apa?biaya brapa?apakah bila dititipkan di bandara dikenakan biaya lagi?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa menggunakan layanan kirim express takyuubin. Detail caranya bisa ditanyakan ke resepsionis hotel atau mengisi form lalu menitipkan barang di minimarket-minimarket di Jepang (jika menginap di AirBnB). Biayanya sekitar 2.000 sampai 3.000 yen tergantung bandara dan ukuran koper. Salam

    • Terima kasih infonya pak.apakah penitipan dibandara dikenakan biaya lagi??misal barang sampai tgl8 tapi penerbangan tgl12. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Penitipan barang tidak dikenakan biaya, cukup membayar biaya kirim. Juga tuliskan dengan jelas jam dan tanggal keberangkatan sehingga tidak lama sewaktu mengambil barang kembali di bandaranya. Salam

  1. hi Info jepang,
    apakah penyewaan koper hanya ada di stasiun milik JR? di stasiun Toei lie ada ga ya? terutama disekitar meiji shrine. terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Di jalur subway seperti Tokyo Metro dan Toei juga terdapat loker, namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan stasiun JR.
      Jadi ada kemungkinan lokernya tidak bisa dipakai. Salam

  2. Sore Pak
    Hotel di Kanazawa the share hotel hachi ichikawa kanazawa
    Kalau titip di station tokyo locker besar bisa muat 2 koper 24 inch? Daripada bawa bawa ke Kanazawa
    ThaxYermia

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu bisa dititip di stasiun shinkansen Tokyo sebelum naik Hokuriku shinkansen ke Kanazawa, sebab tersedia banyak loker di Tokyo Station.
      Salam

  3. apakah di station kanazawa tersedia loker? sya tidak menginap di kanazawa hanya ingin pergi ke shirakawago pagi hingga sore lanjut tujuan ke osaka

  4. Halo..saya mau bertanya, kalau saya akan pulang dari Tokyo ke Jakarta malam hari, apakah ada tempat check in pesawat ditengah kota (seperti di HongKong)? sehingga bagasi saya bisa sekalian dikirim ke airport, sedangkan saya masih bisa berjalan-jalan dulu tanpa harus menggeret-geret koper.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ruri, kalau tempat seperti check in tidak ada. Namun Ibu bisa mengirimkan koper ke bandara dengan layanan antar cepat dari Hotel tempat menginap di Tokyo. Namun, menurut pengalaman Tim Infojepang, biayanya cukup mahal. Lebih baik membawanya sendiri ke loker di bandara. Salam

  5. Siang Pak
    Tgl 16 Tokyo alpine route lewat nagano
    Menginap kanazawa
    Tgl 17 shirakawago sampai malam .Pulang ke Tokyo.padahal hotel check out jam 11
    Koper Nya bolehkah nitip free di hotel kalau Ada jr pass.
    ThaxYermia

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf Pak, hotelnya di mana ya? Tolong ditulis dengan jelas.
      Hotel di Jepang biasanya menerima penitipan koper sebelum check in dan setelah check out. Salam

  6. Saya dari station Tokyo mau ke Kanazawa Dan alpine route menginap sehari di Kanazawa…koper dititipkan Dimana ? Ke Kanazawa tgl 16 april..musim Sakura .thax

  7. Saya tinggal di daerah meguro, tpi sblm malam hri saya akan ke kyoto melalui station di shibuya, saya masih mw keliling tokyo. di lokasi mana kira2 saya bs menitipkan koper saya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Lydia. Apakah ibu ke Kyoto dengan naik shinkansen atau naik bus?
      Kalau naik shinkansen, bisa menitipkan koper di Tokyo Station atau Shinagawa Station yang merupakan stasiun keberangkatan shinkansen. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Maaf tidak ada namanya Hakone Station, adanya Hakone Yumoto Station yang tidak terlalu besar.
      Kalau ibu perlu menitip koper bisa di Odawara Station atau Gotemba Station. Salam

  8. Yang sy kuatirkan ada locker tetapi ukuran yg kita inginkan sudah penuh. Misalkan kita menginginkan jumbo, yg tersedia tinggal kecil, tentu koper XL tidak dapat masuk.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau di stasiun-stasiun besar, loker berukuran jumbo akan tersedia dalam jumlah yang banyak. Tim Infojepang rasa tidak perlu mengkuatirkan hal ini.
      Salam

  9. Pak Nugroho,bagaimana cara mengetahui ketersediaan locker di suatu stasiun? Apakah bisa dipesan terlebih dahulu? Adakah website nya? Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak ada websitenya Indah, namun untuk stasiun-stasiun besar sudah pasti ada loker stasiunnya kok. Di stasiun kecil, ada juga, namun jumlahnya sangat terbatas dan mungkin untuk ukuran kecil/sedang saja. Tim Infojepang biasanya bertanya kepada rekan di kota tersebut untuk memastikan jumpah loker. Salam.

  10. mohon infonya saya berencana mau ke tokyo-osaka-tokyo dengan durasi tokyo 2 mlm -osaka 4 malam kembali lg tokyo 2 malam. Pertanyaan sy.. ada gak kalo mo simpan koper besar di loker tokyo stasiun lebih dari 4 hari..(selain mengirim barang lwt jasa pengiriman).

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Inthi,
      Setahu saya peraturannya maksimal hanya 3 hari penitipan loker di stasiun (lengkapnya bisa di baca di sini). Sebaiknya kalau kamu pergi ke Osaka apalagi sampai 4 hari, ya dibawa saja naik kereta atau ngomong ke petugas stasiun supaya lokernya tetap ditutup 4 hari. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Shinkansen hanya berhenti di Shin Osaka Station, hanya beda satu stasiun dari Osaka/ Umeda. Karena Ibu ingin pergi ke Umeda via Osaka Station, lebih baik titip di Osaka Station yang jumlah lokernya lebih banyak. Pulangnya dari Umeda, kembali ke Osaka Station, ambil koper, dan menuju ke Shin Osaka Station. Salam

  11. mohon info lagi. Tmpt sewa locker koper besar daerah osaka. Apakah di stasiun dobutsuen mae station ada tempat sewa locker nya. Berhubung mau ke umeda sky building setelah itu mau naik shinkasen nozomi ke kyoto. Bagus nya nitip koper besar dimana ya? Thanks sebelumnya atas jawabannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di Doubutsuen Station, ada loker di dekat pintu keluar nomor 5 di Subway Sakaisuji Line.
      19 loker ukuran kecil, 1 ukuran sedang, dan 1 ukuran jumbo. Bagaimana kalau Ibu titip di Osaka Station? Toh akan kembali lagi ke Osaka Station untuk naik shinkansen. Salam

  12. Siang pak, saya rencana mau pergi dr tokyo ke kyoto dan mau menitipkan loker ukuran besar. Kebetulan penginapan saya dekat stasiun shinjuku. Apakah ada loker ukuran besar (20kg) di stasiun shinjuku? Atau bisa kah saya bawa koper ke dalam shinkansen sampai ke kyoto?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di Shinjuku ada total lebih dari 11 tempat loker, dengan kurang lebih 10-20 loker berukuran besar (tinggi 840mm× lebar 340mm× dalam 570mm).
      Untuk koper dan loker, biayanya ditentukan dari ukuran koper dan bukan besarnya. Biayanya 500-800 yen per hari.
      Silakan bisa diukur dahulu kopernya Ibu, supaya bisa dipastikan muat atau tidak. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Febri, di Kyoto station total ada 7 tempat loker dengan lebih dari 40 kotak loker termasuk loker ukuran besar. Yang paling dekat, mungkin bisa dititipkan di dekat pintu keluar Tokaido Shinkansen. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Eka. Sepertinya tidak ada loker di Tawaramachi, mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan loker di Asakusa Station yang hanya berjarak 1 stasiun dari Tawaramachi. Salam

  13. Mohon informasinya pak.
    Saya nginep di shibuya 27 des – 1jan dan tgl 1 jan pagi saya ke osaka sampai tgl 4 jan, dan balik lagi ke shinjuku tgl 4 jan sore.
    Apakah di shinjuku bisa titip koper di coin locker dari tgl 1 jan (pagi) sampai 4 jan (sore)?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Menurut pengalaman, rata-rata loker koper di stasiun-stasiun bisa dipakai bebas sampai 3 hari (sampai pukul 24.00) hari ketiga.
      Saran dari Tim Info Jepang, pertama baca penjelasan penggunaan loker yang ingin dipakai di Shinjuku.
      Nah, kalau peraturannya tidak bisa lebih dari 3 hari, bapak bisa catat nomor loker dan lokasi loker, dan kemudian memberitahukannya pada petugas stasiun.
      Petugas stasiun akan membiarkan isi loker, dan tidak mengamankan isinya sampai Bapak mengambilnya kembali.
      Salam

  14. Kami menginap di osaka Pak.
    jadi, perjalanannya adalah dari tokyo – yoyogi – ueno osaka (day1)
    selanjutnya adalah dr osaka – kyoto (pagi sampi dengn sore) – kembali ke tokyo (day 3)

    kalau seperti ini, loker besar ada di stasiun apa yah Pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu saat kepulangan ke Tokyo, Ibu silakan titip koper di Kyoto Station.
      Kyoto station adalah stasiun besar, sehingga tentu ada banyak loker untuk koper besar.
      Salam

  15. Benar Pak, saya ke osaka dengan menggunakan Shinkansen.
    bagaimana kalau perjalanannya dari osaka – kyoto – tokyo (meggunakan jrpass dan shinkasen)
    penitipan untuk koper besar dimana yah Pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu menginap di mana? Kami pikir sudah sore kalau sampai di Kyoto atau Osaka, jika sudah terlebih dahulu pergi ke Yoyogi dan Ueno. Jadi bisa check in ke dalam hotel tanpa perlu kuatir mencari loker.
      Salam

  16. Hi Tanya dong, aku ingin bepergian dari narita – yoyogi – ueno – osaka (dalm satu hari)
    koper yang aku gunakan adalah koper besar.
    mohon sarannya di stasiun mana (kecuali narita) yang bisa menitipkan koper ukuran besar tersebut?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Apakah Ibu berencana naik shinkansen ke Osaka? Kalau begitu bisa menitipkan koper di loker Tokyo Station.
      Saran Tim Info Jepang untuk menitipkan dekat pintu karcis shinkansen, karena ada banyak sekali tempat loker di Tokyo Station. Salam

  17. kami berangkat dr bandara KIX. Rencana 1 hari tanggal 23 maret 2017, dr bandara menggunakan “Osaka City Subway to Kansai Intl Airport Value Ticket” turun di Temmabashi St. untuk berkeliling Osaka Castle terlebih dahulu. Selesai dr sana saya langsung menuju ke penginapan di Kyoto (Demachiyanagi St.) menggunakan “Kyoto-Osaka Sightseeing Pass”. Dan setelah meletakkan koper, kami pergi ke Gion

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bagaimana kalau menitipkan barang di Tanimachi Yonchome Station (satu stasiun di selatan Tenmabashi Station)?
      Di stasiun ini ada 3 lokasi loker sehingga bisa menitipkan koper di stasiun. Salam

    • Floriberta  |  

      Baik, terimakasih Pak Nugroho, atas informasinya. Sangat berguna membantu rencana perjalanan kami.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Saran Tim Info Jepang, silakan perhatikan betul-betul cara penggunaan Osaka City Subway to Kansai Intl Airport Value Ticket.
      Tim Info Jepang sengaja mengarahkan ke Tanimachi Yonchome Station yang juga adalah stasiun subway, sehingga tercover oleh tiket diatas.
      Selamat berlibur di Jepang. Salam

  18. Terimakasih sekali infonya… Adakah saran dimana bisa menitipkan koper di area osaka castle, berhubung tdk ada locker di temmabashi station?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu berangkat dari mana saat mau ke Osaka Castle? Sebab, ada loker di stasiun JR Osaka Castle tapi hanya 2 kotak loker yang berukuran besar. Apakah bisa beritahu jadwal hari itu? Salam

  19. Mohon informasi, apakah di Stasiun Temmabashi, Stasiun Demachiyanagi dan Stasiun Kiyomizu-gojo (keihan line) terdapat locker seukuran koper bagasi kabin? Saya sudah mendapatkan station map nya namun tidak tau pasti ukuran loker yg tersedia. Krn rencana kami akan berpindah kota sehingga mbutuhkan loker selagi ke tempat wisata. Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di stasiun Demachiyanagi ada 2 loker dengan ukuran kecil, sedang, dan besar dekat pintu karcis keluar. Di stasiun Kiyomizu Gojo dekat Kuil Kiyomizudera ada 1 loker dengan ukuran kecil, sedang, dan besar dekat pintu karcis keluar. Untuk stasiun Tenmabashi, sepertinya tidak ada loker ukuran besar.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan