Persiapan Pergi ke Jepang

You are here Home  > Wisata Jepang >  Persiapan Pergi ke Jepang

Ketika mencari informasi tentang persiapan pergi ke Jepang, teman-teman pasti menemukan banyak sumber informasi. Ada yang berkata perlu ini, ada juga yang berkata itu. Kita bisa saja membawa semua barang yang diperlukan, namun karena ada ukuran koper maksimal, tentu kita perlu memilah-milah mana barang yang sebetulnya perlu dan mana yang tidak. Kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum semua barang persiapan pergi ke Jepang, khusus mencakup barang-barang yang penting. Jangan lupa mengeceknya ya!

Persiapan ke Jepang : Koper atau Travel Bag

  1. Koper atau travel bag sangat penting sebagai tempat semua barang-barang yang diperlukan selama liburan ke Jepang. Beberapa maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, All Nippon Airways (ANA) atau Japan Airlines (JAL) mengijinkan satu orang membawa hingga 2 koper ukuran besar dengan maksimum berat total 40-46 kilogram, dan maksimum berat 32 kilogram untuk satu koper. Hanya saja, lebih baik memilah barang yang diperlukan hingga bawaan muat dalam 1 koper. Dengan memasukkannya ke dalam satu koper, kita akan lebih mudah dan nyaman dalam transportasi. Tentu jumlah koper bisa disesuaikan dengan jumlah orang yang pergi bersama ke Jepang. Namun usahakan satu orang bertanggung jawab pada satu koper. Pengalaman saya sendiri, keperluan dan pakaian tiga orang dipadatkan dan dimasukkan ke dalam satu koper. Sedangkan koper yang lain kosong untuk tempat oleh-oleh saat kembali ke Indonesia nantinya.
  2. Jikalau satu koper tidak cukup, bisa juga membawa tas punggung untuk laptop atau koper kecil ukuran kabin pesawat. Tas ini bisa dipergunakan untuk menyimpan alat-alat elektronik atau dokumen-dokumen perjalanan yang penting. Untuk tas yang akan dibawa ke kabin pesawat, tidak ada batasan berat maksimal. Petugas di bandara biasanya hanya mengecek ukuran besar tas saja. Dengan pandai dalam memilah barang-barang, perjalanan wisata dan liburan di Jepang akan jauh lebih praktis dan menyenangkan tentunya. Selain itu, kita masih punya beberapa slot untuk tempat oleh-oleh saat kepulangan nanti.


Persiapan Pergi ke Jepang : tas punggung

Barang-barang lain persiapan pergi ke Jepang:

  1. Pakaian mencakup baju dan celana, atau jaket menyesuaikan musim. Di Jepang udaranya cukup sejuk sehingga kita jarang berkeringat. Bawalah pakaian luar dan pakaian dalam satu pasang untuk satu hari, serta handuk kecil. Selain pakaian yang menyesuaikan dengan musim dan dokumen perjalanan penting, barang lain yang perlu dipersiapkan antara lain:
  2. Tas tangan kecil berisi dokumen perjalanan (tiket, paspor) dan uang. Masukkan semua dokumen-dokumen itu dalam satu tas untuk mencegah lupa atau ketinggalan, juga supaya praktis ketika memerlukannya (paspor dipergunakan untuk mendapatkan potongan pajak saat berbelanja di Jepang). Masukkan juga alat tulis untuk menulis dokumen-dokumen penting selama perjalanan, misalnya pengisian kustom deklarasi dalam pesawat atau tanda tangan pemilik paspor/visa saat diperlukan.
  3. Uang secukupnya (informasi mengenai uang di Jepang). Biaya makan di Jepang sekitar 1000 yen per hari per orang. Ditambah biaya menginap dan transportasi, ada baiknya mempersiapkan sekitar 50 ribu Yen untuk seminggu perjalanan wisata per orang. Jumlah uang bisa disesuaikan dengan lamanya liburan atau jumlah orang yang ikut berlibur. Uang bisa disimpan di dompet dan ditaruh di tas. Tidak perlu kuatir, Jepang negaranya aman dan kita tidak perlu takut ada pencuri.
  4. Obat-obatan pribadi seperti balsem atau minyak kayu putih atau obat anti mabuk ketika dalam perjalanan. Obat-obatan seperti obat pusing juga boleh dibawa, daripada ribet membeli obat di apotek Jepang.
  5. Handphone. Handphone Indonesia sebetulnya bisa dipakai untuk berkomunikasi di Jepang, hanya saja tentu akan menguras rupiah. Teman-teman bisa memanfaatkan fasilitas wifi gratis di toko-toko tertentu untuk mengakses aplikasi semacam whatsapp atau line yang bisa dipergunakan sebagai pengganti telepon konvensional.
  6. Kamera. Barang satu ini jangan sampai kelupaan.
  7. Colokan atau adapter colokan listrik, sebab jenis colokan listrik di Jepang berbeda. Teman-teman bisa membelinya di toko-toko elektronik di Indonesia atau juga di toko 100 Yen Shop Jepang kalau lupa membawanya. Alat-alat elektronik seperti laptop, kamera dan smartphone bisa dipergunakan juga selama di Jepang.
  8. Sepatu yang nyaman dipakai. Ini karena kita akan lebih sering berjalan kaki saat berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jepang.

Persiapan Pergi ke Jepang : colokan listrik

Barang yang tidak perlu dibawa

  1. Peralatan mandi. Peralatan mandi seperti sikat gigi, sabun atau shampo tidak perlu dibawa. Seluruh hotel atau tempat penginapan di Jepang menyediakannya gratis. Bagi yang memerlukan lotion atau kosmetik khusus, bisa membawanya sendiri.
  2. Bekal makanan berlebihan. Teman-teman jangan takut dan parno akan makanan Jepang. Jepang juga menyediakan makanan laut dan sayur-sayuran yang halal. Beberapa restoran juga menyediakan menu makanan halal. Jadi tidak perlu membawa bekal makanan berlebihan dari Indonesia. Gambar di bawah adalah contoh menu makanan seafood di salah satu hotel di Sapporo.


Makanan laut di Jepang

Sumber gambar: boutiquejapan.com, ysmen, Flickr Hsuanya Tsai, boutiquejapan.com

Recommended for you

Last modified: June 13, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (2)

  1. Salam. Saya mau tanya diperbolehkan atau ga jika membawa buah buahan ke jepang? Yang saya baca, buah buahan di jepang mahal, betul ya? Thanks infonya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk makanan bayi diperbolehkan, namun buah-buahan dan sayur-sayuran akan melewati pengecekan di bagian plant protection station (PPS) bandara. Tentu akan membuang-buang waktu untuk berlibur. Lagipula rasa dan kualitas buah di Jepang tentu setara dengan harganya. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan