Tips dan Trik Mengunjungi Universal Studio Jepang

You are here Home  > Tips Wisata >  Tips dan Trik Mengunjungi Universal Studio Jepang

Setelah menerbitkan kumpulan tips dan trik mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea beberapa minggu lalu, Tim Info Jepang memperoleh banyak sekali tanggapan baik dari para pembaca infojepang.net. Nah, masih ada juga area taman bermain tujuan wisata utama di Jepang, yakni Universal Studio Jepang yang berada di Kota Osaka. Berikut ini kumpulan Tips dan Trik Mengunjungi Universal Studio Jepang yang sudah Tim Info Jepang rangkum dari pengalaman kami sebagai Tur Guide Online.

Berbeda dengan taman bermain Tokyo Disneyland dan DisneySea, mayoritas pengunjung Universal Studio Jepang adalah masyarakat Jepang sendiri. Mereka biasanya liburan ke sini beberapa kali dengan menggunakan pass tahunan. Jadi jangan heran kalau pengunjung Universal Studio lebih “sabar” atau “teratur” karena memang itulah hakekat masyarakat Jepang.

Tips dan Trik ke Universal Studio Jepang (Jangan kasih tahu siapapun!)

Usahakan untuk tidak datang pada musim semi atau golden week. Selain hanami, para penduduk Jepang biasanya liburan bersama dengan keluarga di taman bermain, termasuk di Universal Studio Jepang. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sekitaran awal tahun Januari-Februari, lalu pada puncak musim panas-musim gugur (Agustus-Oktober).

Tiba di area pintu gerbang Universal Studio 1 jam sebelum taman bermain dibuka. Loket tiket biasanya sepi, orang-orang biasanya langsung mengantri di depan pintu gerbang. Nah, sebaiknya teman-teman juga sudah sarapan supaya bisa langsung bermain dan tidak repot mencari makanan pengganjal perut. Lokasi taman bermain yang cukup mudah dicapai dengan kereta dari pusat kota Osaka ataupun Kyoto, tentu tidak akan membuat teman-teman kerepotan untuk sampai ke sini. Begitu taman bermain dibuka, kita bisa langsung berlari ke wahana favorit untuk menghindari antrian yang terlalu panjang. Fakta menariknya, buat teman-teman yang sudah pernah berkunjung ke Disneyland atau DisneySea dan pernah melihat Toy Story Mania! Morning Madness, mengunjungi Universal Studio Jepang akan seperti mengulangi pengalaman serupa. Namun enaknya, kondisinya “sedikit” lebih sepi.

Begitu masuk, incar wahana-wahana favorit yang disukai para pengunjung, seperti Hollywood Backdrop atau Forbidden Journey. Waktu 2-3 jam pertama kita gunakan untuk mengantri dan bermain, baru setelahnya kita makan, berbelanja, berkeliling, atua menonton pertunjukan yang tidak terlalu ramai.

Kalau teman-teman tidak mengerti bahasa Jepang, lebih bagus tidak mengincar pertunjukan (show) yang diadakan. Mayoritas pertunjukan akan dibawakan dalam bahasa Jepang, dan sulit untuk dimengerti. Salah satu alasannya ya mungkin karena mayoritas pengunjung Universal Studio adalah orang Jepang sendiri. Rasanya tidak keren atau buang-buang waktu kan, kalau kita cuma coba mengerti gerakan badan atau ikut-ikutan ketawa saat yang penonton yang lain ketawa, haha. Namun, menonton pertunjukan (show) kami sarankan buat teman-teman yang ingin beristirahat sejenak atau ingin melakukan kegiatan bersama dengan keluarga.

Gunakan single rider line. Buat kamu yang bepergian sendiri atau ingin bermain sendiri ketimbang bersama dengan teman-teman yang lain atau keluarga, kamu bisa menghemat waktu untuk mengantri dengan menggunakan jalur single rider (bermain sendiri). Beberapa wahana di mana jalur single rider berlaku di Universal Studio Jepang adalah wahana JAWS, Amazing Adventures of Spiderman, Hollywood Dream, Harry Potter, dan Forbidden Journey. Untuk wahana favorit seperti Harry Potter atau Spiderman, waktu antrian biasanya mencapai 2-4 jam, namun jika menggunakan single rider line, kita hanya perlu waktu 20 menit saja. Satu saja kelemahan single rider line ini, yakni tidak ada jam buka/ operasional pastinya. Mungkin sekarang sedang ditutup, namun sejam lagi tiba-tiba dibuka, kemudian ditutup kembali. Huffft, memang terdengar tidak adil buat yang keburu mengantri, namun, rasanya cukup fair, karena hanya “orang-orang beruntung” saja yang bisa memperoleh “kesempatan” langka ini.

Wizarding World of Harry Potter di Universal Studio Jepang

Wizarding World of Harry Potter di Universal Studio Jepang

Wahana Jaws di Universal Studio Jepang Osaka

Wahana Jaws di Universal Studio Jepang Osaka

Tips ini tidak direkomendasikan yang pergi untuk liburan bersama keluarga di taman bermain ini karena kita harus terpisah-pisah untuk menikmati wahana permainan.

Gunakan Express Pass untuk menikmati wahana permainan tanpa perlu mengantri di jalur biasa. Selain 1-day Studio Pass seharga 7.400 yen, ada juga tiket Ekspress Pass, yang terdiri dari dua jenis pass: 4-ride-pass seharga 4.500 yen untuk bermain di 4 buah wahana, atau 7-ride-pass seharga 6.900 yen untuk bermain di 7 buah wahana.

4-ride-pass adalah pass yang bisa digunakan untuk menikmati 4 wahana secara ekspress (tanpa perlu mengantri). Pass ini dibagi menjadi dua, yakni tiket standar dan tiket atraksi Flying Dinosaur. Tiket Standar bisa teman-teman gunakan untuk bermain:

  1. Harry Potter and the Forbidden Journey
  2. The Amazing Adventures of Spider-Man 
  3. JAWS atau Backdraft,
  4. Space Fantasy (Ride) atau Jurassic Park (Ride) atau Terminator 2

Sementara tiket atraksi Flying Dinosaur bisa digunakan bermain di:

  1. The Flying Dinosaur
  2. Hollywood Dream (Ride)
  3. Space Fantasy (Ride) atau Backdraft
  4. Jurassic Park (Ride) atau JAWS

7-ride-pass adalah pass yang bisa digunakan untuk menikmati 7 wahana secara ekspress (tanpa perlu mengantri). Pass ini dibagi menjadi tiga, yakni tiket standar, tiket backdrop, dan tiket Flying Dinosaur. Tiket Standar bisa teman-teman gunakan untuk bermain: 

  1. Harry Potter and the Forbidden Journey
  2. Flight of the Hippogriff
  3. The Amazing Adventures of Spider-Man 
  4. Hollywood Dream (Ride) atau Backdraft
  5. Jurassic Park (Ride) atau JAWS
  6. Terminator 2
  7. Space Fantasy (Ride) atau  Hollywood Dream -The Ride- Backdrop (untuk tiket backdrop) atau The Flying Dinosaur (untuk tiket Flying Dinosaur)

Yang jadi catatan, untuk yang liburan bersama dengan anak, mayoritas wahana permainan dengan ekspress pass ini tidak bisa dicoba oleh anak-anak, karena ada batas tinggi minimal. Namun buat yang sedang liburan sendiri atau bersama dengan teman-teman dan males mengantri, bisa mencoba membeli ekspress-pass.

Salah satu penggunaan terbaik ekspress pass ini adalah untuk menikmati wahana permainan favorit Harry Potter and the Forbidden Journey yang biasanya penuh dengan pengunjung dan waktu mengantri di atas 4 jam. Triknya adalah dengan membeli 4-ride-pass tipe standar atau 7-ride-pass (semua tipe) yang mencakup ekspress pass wahana Harry Potter, lalu datang sepagi mungkin di area taman bermain Universal Studio.

Kalau berminat, teman-teman harus datang minimal 2 jam sebelum taman dibuka karena biasanya sisa-sisa tiket ekspress-pass dijual secara langsung melalui loket tiket. Cara lebih mudahnya ya memesan langsung via internet, namun sangat tidak kami sarankan karena layanan pembelian ini hanya tersedia dalam bahasa Jepang. Tiket Universal Studio juga dijual di toko swalayan Lawson, namun balik lagi, hanya bisa dibeli buat kamu yang bisa bahasa Jepang.

Berikut ini list atraksi dan wahana yang saya coba (kombinasikan dengan single rider) :

  1. Back to the Future
  2. JAWS (dengan Single Rider)
  3. Jurassic Park
  4. Wizarding World of Harry Potter
  5. Hollywood Dream – The Ride Backdrop (dengan Single Rider)
  6. The Amazing Adventures of Spider-Man
Spiderman di Universal Studio Jepang

Spiderman di Universal Studio Jepang

Mobil Jurassic Park di Universal Studio Jepang

Mobil Jurassic Park di Universal Studio Jepang

Membeli oleh-oleh Universal Studio. Untuk menghindari antrian saat membeli oleh-oleh, saya sarankan teman-teman untuk berkunjung ke toko-toko sekitar pukul 14.00-16.00. Di setiap tema permainan biasanya tersedia satu atau dua toko suvenir, berupa hiasan magnet, kaos atau pakaian, boneka, atau gantungan kunci. Di toko suvenir, teman-teman juga bisa mencari gambar/ foto saat tengah bermain di wahana dan mencetaknya langsung sebagai kenangan di Universal Studio. Oiya, buat teman-teman yang ingin membeli suvenir khas Universal Studio tapi tidak sempat ke USJ atau memang tidak ingin bermain, di dekat loket tiket masuk tersedia toko oleh-oleh. Kita bisa berbelanja tanpa harus membeli tiket masuk USJ. Untuk suvenir yang ditawarkan memang tidak selengkap toko-toko yang ada di dalam, namun beberapa suvenir terkenal pasti dengan mudah kita temukan di sini.

Penutup. Nah, berakhir juga tulisan Tips dan Trik Mengunjungi Universal Studio Jepang yang sudah dirangkum oleh Tim Info Jepang dari pengalaman kami selama ini. Teman-teman bisa bertanya lebih lanjut atau bahkan menyumbang tips dan trik nengunjungi Universal Studio lainnya melalui kolom komentar. Tim Info Jepang dan ribuan pembaca lainnya tentu sangat menghargai tips dari teman-teman. Salam dan selamat berkunjung ke Universal Studio Jepang!

Akses Menuju Universal Studio Jepang

Dengan Kereta

Kita bisa dengan mudah masuk ke Universal Studio Jepang karena letaknya sangat dekat dengan stasiun. Dari pusat kota Osaka kita bisa transit di Stasiun Nishikujo dan kemudian melanjutkan naik kereta JR Yumesaki ke Stasiun Universal City. Total waktu tempuhnya 17 menit dan perlu 180 yen. Kalau teman-teman mau langsung ke Universal Studio dari Bandara Kansai (Kansai Airport), bisa mengambil kereta JR Airport menuju Stasiun Nishikujo dan melanjutkan naik kereta JR Yumesaki. Total waktunya 1 jam 15 menit dengan ongkos 1190 Yen.

Dengan Bus

Kita bisa naik bus langsung ke USJ dari Kansai Airport dengan total waktu perjalanan sekitar 1 jam dan biaya 1.550 yen. Teman-teman dari Tokyo, Nagoya, atau daerah lainnya juga bisa berangkat dengan bus malam dan tiba di Universal Studio Jepang pada pagi hari.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Drop Inn Osaka
from ‎¥3706/night
Drop Inn Osaka
Osaka Marriott Miyako Hot
from ¥19900/night
Osaka Marriott Miyako Hotel
Guesthouse Enn Nipponbash
from ¥12279/night
Guesthouse Enn Nipponbashi
Hostel Mitsuwaya Osaka
from ¥3281/night
Hostel Mitsuwaya Osaka

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Aqua Bus Osaka
Aqua Bus Osaka di Dotombori
Taman Nakanoshima
Musim gugur di Taman Nakanoshima
Osaka Castle
Osaka Castle dari kejauhan
Shinsekai
shinsekai osaka

Sumber gambar: Flickr Joel, masatsu, hung.ch, Andrea Hale

Recommended for you

Last modified: November 22, 2016

TAGS  : ,

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (30)

  1. Halo, Pak..
    Saya sudah membeli tiket USJ di salah satu travel agen di Indonesia..
    Dimana saya dapat membeli Express Pass? Krn kebanyakkan travel agen di Indonesia tidak menyediakan jasa tsb.

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa membelinya dari agen-agen travel berlisensi di seperti tertulis di web USJ Osaka. Kalau memang tidak ada, ya tidak ada cara lain Ibu.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Ester, kamu bisa naik kereta subway Osaka sampai Stasiun Bentencho. Lalu pindah ke kereta JR Yamatoji sampai Stasiun Nishikujo, lalu pindah ke JR Yumesaki Line sampai Stasiun Universal Port Osaka di pintu masuk USJ. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Shiodome Imelda bisa naik kereta Toei Subway sampai Stasiun Shinjuku. Lalu dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit. Jika memiliki JR Pass maka perjalanan sampai ke Otsuki Station akan tercover JR Pass, sedangkan dengan Tokyo Wide Pass, seluruh ongkos kereta akan tercover.

      Gunung Fuji dan Gotemba bisa dicapai dengan naik bus dari Stasiun Kawaguchiko. Danau Kawaguchiko sendiri bisa dicapai dengan jalan kaki dari Stasiun Kawaguchiko.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya mungkin Ibu, Universal Studios Japan di Osaka buka kok tanggal 28 Desember 2016, dari pukul 08.30-21.00. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau dengan shinkansen, sempat Ibu. Dari Tokyo ibu bisa naik shinkansen paling pagi dan tiba sekitar jam 9 pagi di USJ Osaka. Lalu kembali dengan naik shinkansen setelah USJ tutup, tiba di Tokyo sekitar jam 23.00. Salam

    • Ester Agustina  |  

      Oiya. Trus yg 7-ride pass itu kan termasuk 2 atraksi Harry Potter, untuk atraksi2 yg lain di area Harry Potter apa tetap boleh dimasukin free?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Universal Express Pass 7 mengcover 2 wahana dari 2 wahana permainan di area Wizarding World of Harry Potter.
      Untuk bangunan lain seperti restoran, toko suvenir, dan street entertainment bisa masuk gratis jika sudah membeli tiket masuk ke USJ Osaka.
      Salam

    • Ester Agustina  |  

      Pak. Barusan saya tanya2 travel agent di Indonesia (yg tertulis di web USJ), kok katanya kalo mau beli express pass harus beli sekalian sama tiket 1-day pass ya? jadi dobel gitu…apa mereka nggak salah info ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Memang begitu Ibu, ekspress pass hanya untuk supaya tidak perlu mengantri.
      Namun diperlukan tiket masuk untuk dapat masuk ke USJ Osaka.
      Makanya harganya jadi 2 kali. Kalau harganya sama, ya semua pengen yang ekspress dong alias gak ada bedanya. Salam

  2. Halo mas mau tanya.kalau saya ke USJnya sore itu ide baik tidak ya?saya hanya ingin ke Harry Potter World tidak mau ke wahana lain..terima kasiih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Harry Potter World selalu penuh dengan antrian, baik dengan antrian biasa maupun ekspress pass. Paling aman kamu sudah sampai siang hari (maksimal jam 2 siang), dan membeli Ekspress Pass untuk masuk ke wahana Harry Potter. Salam.

  3. sore mas… klo sy membaca jwban diatas utk USJ kita bs memilih studio pass utk semua wahana ato expresspass yg hny wahana tertentu sja (salah satu). Apakah bener? Soale selama ini dengernya hrs beli keduanya. Trus klo fastpass apakah berlaku jg di Disneysea (berlaku utk semua wahana). makasih sebelumnya

  4. Halo min,
    saya rencana mau pergi ke Disneyland dan Disneysea tgl 11-13 des’16 ini dan USJ pada tanggal 15 Des’16 Apakah cuaca mendukung ?
    Dan bagaimana cara ke USJ kalo saya staynya di daerah Shinjuku ya min?
    Mohon petunjuknya

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Anita, cuacanya sudah masuk musim dingin (10-15 derajat). Mungkin kamu harus bawa beberapa jaket dan kaos kaki.
      USJ bisa dicapai dengan naik kereta JR Chuo Rapid Line sampai Tokyo Station, kemudian naik Tokaido shinkansen Tokyo-Osaka, lalu naik kereta ke Universal Port di USJ. Salam

  5. Pagi Pak, saya dapat info mengenai VIP Wristband di universal studio ini, apakah benar bisa masuk ke arena lebih awal dari jam buka kalau kita punya wristband? Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selama ini Tim Infojepang baru memastikan penggunaan Express Pass untuk dapat bermain di Universal Studios Japan.
      Untuk penggunaan VIP Wristband (dari agen klook dsb), kami belum pernah mendapat ceritanya.
      Mungkin Visca nanti bisa berbagi kisahnya disini nanti. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Yenny, kamu bisa pilih salah satu antara beli 1-day pass (main di semua wahana 1 harian, namun harus mengantri) atau beli ekspress pass (main di beberapa wahana tanpa perlu mengantri).

    • Jadi kalau ambil yg express pass saja tdk bisa naik wahana lain ya mas Nugroho?thank youu..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, untuk ekspress pass Yenny hanya bisa naik sesuai wahana yang dituliskan dalam ekspress pass. Bisa pilih 4 atau 7 wahana (biasanya wahana favorit).

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Awal mei mendukung, jadi salah satu waktu favorit orang-orang berkunjung ke taman bermain ini, dan akan ada banyak pengunjung lainnya.
      Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan