[Must See] 5 Taman Bunga Terkenal di Jepang

You are here Home  > Nature, Taman >  [Must See] 5 Taman Bunga Terkenal di Jepang

Mengunjungi Jepang memang memberikan pengalaman baru bagi kita. Selain masyarakat yang tertib dan teratur, kuil-kuilnya yang bersejarah, Jepang juga menawarkan pengalaman melihat pemandangan 4 musim yang tidak dimiliki Indonesia, yang paling dinantikan tentu melihat bunga-bunga mekar bergantian. Musim semi dengan hanami bunga sakura yang terkenal seantero dunia. Musim panas dengan bunga tulip, mawar, dan cosmos. Lalu melihat nomiji (perubahan warna daun) di musim gugur. Tim Info Jepang sudah merangkum lima taman bunga terkenal di Jepang berdasarkan “keunikan” taman dan review pembaca Tim Info Jepang.

1. Showa Memorial Park, Tokyo

Showa Memorial Park selalu masuk sebagai tempat tujuan para penikmat pemandangan bunga di Jepang, dan Tim Info Jepang menuliskannya di rangking pertama taman bunga terkenal di Jepang. Aksesnya yang mudah dan pemandangan taman yang menawan adalah alasan kami mendaulat Taman Showa Memorial Park di urutan pertama. Dengan area seluas 200 hektar, kita bisa melihat beragam pepohonan, beragam wahana permainan, kolam yang indah, dan tentunya kebun bunga yang luas. Keunikan taman ini terletak pada areanya yang begitu luas ditambah dengan 200.000 pohon bunga tulip dan 1 juta pohon bunga poppies yang mekar di pertengahan musim panas (Juni-Juli). Di awal musim semi, kita bisa hanami dengan seribu pohon bunga sakura. Lokasinya yang hanya 1 jam perjalanan dari Stasiun Shinjuku tentu mempermudah kita yang ingin menikmati pemandangan bunga yang indah.

showa memorial park kebun bunga

2. Hitachi Seaside Park, Ibaraki

Hitachi Seaside Park adalah taman yang terletak di tepatnya di Ibaraki, mengarah langsung ke Samudera Pasifik. Karena letaknya di tepi laut, kita bisa merasakan hembusan angin yang kencang dengan pemandangan laut biru di ujung horizon. Di area taman yang adalah objek wisata paling terkenal di Ibaraki, kita bisa melihat jutaan tanaman bunga yang mekar di musim yang berbeda-beda. Artinya, kita bisa menikmati keindahan bunga-bunga di sini sepanjang tahun. Ada bunga bakung dan tulip yang mekar di musim semi. Kemudian bunga nemophilia dan zinnia yang mekar di musim panas. Dan yang paling terkenal adalah cocchia bewarna merah pekat di musim gugur.

Bunga Nemophilia di Hitachi Seaside Park

3. Fuji Shibazakura, Yamanashi

Bagi pecinta pemandangan alam Jepang, festival Fuji Shibazakura pasti menjadi pilihan objek wisata utama di akhir musim semi (sekitar bulan Mei). Tim Info Jepang memasukkannya dalam urutan ketiga taman bunga terkenal di Jepang. Keindahan taman memang tidak ada duanya, selain itu kita juga bisa melihat gunung Fuji sebagai latar belakang. Namun, karena aksesnya yang jauh dari Tokyo dan perlu naik bus setengah hari untuk pulang pergi, kami memberikan urutan nomor tiga.

Saat puncak festival shibazakura yang menyedot jutaan pengunjung dari seluruh dunia ini, kita bisa melihat dari 800.000 tanaman bunga phlox merah jambu dengan latar belakang Gunung Fuji. Saat bunga-bunga ini bermekaran sempurna, bunga-bunga ini seperti menjadi alas atau karpet bagi Gunung Fuji. Festival ini diadakan di area Danau Kawaguchiko, Yamanashi.

Festival Shibazakura di kaki Gunung Fuji

4. Taman Hitsujiyama, Saitama

Meskipun Saitama kalah terkenal dengan wilayah di sekitarnya seperti Tokyo atau Yokohama, namun Saitama punya Taman Hitsujiyama sebagai objek wisata utama. Taman Hitsujiyama di kota Chichibu di Prefektur Saitama juga menawarkan pemandangan Shibazakura yang sama dengan Fuji Shibazakura, namun dengan waktu tempuh yang lebih singkat dari Tokyo. Ada 400 ribu pohon bunga phlox yang mekar bersamaaan di akhir April sampai Mei. Gunung Buko menjadi latar belakang shibazakura di Taman Hitsujiyama, memberikan kesan tak terlupakan bagi Tim Info Jepang saat mengunjungi Saitama.

Shibazakura di Taman Hitsujiyama

5. Himawari No Sato, Hokkaido

Berjalan sedikit ke utara Jepang, ke area paling dingin dan paling sepi di Jepang, yakni Hokkaido. Taman Himawari No Sato tidak boleh terlewat saat kita berbicara mengenai taman bunga terkenal di Jepang. Di kota Hokuryu ini ada lebih dari 1,5 juta batang bunga matahari yang tumbuh di area seluas 23 hektar, menjadikannya kebun bunga matahari paling terkenal di Jepang. Tripadvisor menyebutnya sebagai “taman ajaib” di utara Jepang. Teman-teman bisa bergabung dalam festival bunga matahari yang diadakan dari pertengahan Juli sampai Agustus. Kita bisa menikmati pemandangan bunga matahari sambil piknik dan bermain sekeluarga.

Kebun bunga matahari Himawari no Sato

6. Huis Ten Bosch, Nagasaki

Huis Ten Bosch adalah taman bunga favorit saya pribadi. Berlokasi di selatan Jepang di prefektur Nagasaki, kita bisa menikmati kebun bunga mawar terbaik di Jepang. Huis Ten Bosch ini adalah taman bernuansa Belanda pertama di Jepang. Selain bisa melihat kebun bunga mawar beraneka warna, kita juga bisa meihat bangunan-bangunan khas eropa dan menikmati beragam permainan di yang ada di area taman Huis Ten Bosch. Malam harinya, jangan langsung tidur di hotel, kita bisa menikmati iluminasi malam yang juga keren.

Huis Ten Bosch Art Garden

Sumber gambar: Dokumentasi Tim Info Jepang dan Flickr star_platinum,かがみ~Jonathan LinKen Yamaguchi, PROKentaro Ohno

Recommended for you

Last modified: July 22, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan