Bus dari Kawaguchiko Gotemba Kyoto

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Bus dari Kawaguchiko Gotemba Kyoto

Perjalanan ke Gunung Fuji dan daerah wisata Kawaguchiko sudah menjadi itinerary perjalanan wajib buat teman-teman yang pergi ke Jepang. Kawaguchiko menjadi salah satu tempat alternatif melihat keindahan gunung Fuji selain dari Gotemba Premium Outlet dan Hakone. Selain pemandangan gunung Fuji yang bagus, kawasan Kawaguchiko memiliki banyak tempat wisata alam dengan panorama indah, plus festival-festival seru yang diadakan sepanjang tahun. Sayang sekali kalau teman-teman hanya tahu Kawaguchiko, namun melewatkan tempat-tempat wisata yang sebetulnya dekat dengan Kawaguchiko, hanya karena tidak tahu. Untuk itulah, Tim Info Jepang senantiasa memberikan informasi terbaru tentang tempat wisata di Jepang, plus bantuan bagaimana akses transportasi ke sana.

Apa saja sih yang bisa kita lihat di Kawaguchiko? Baca panduan terlengkap Tim Info Jepang di tempat-tempat wisata di Fuji Kawaguchiko

Bus langsung dari Kawaguchiko ke Kyoto dan Osaka

Tersedia bus langsung dari Kawaguchiko ke Osaka/ Kyoto berangkat setiap hari pada pukul 20.52 dari Kawaguchiko Station. Ongkosnya sendiri mulai dari 6.700 yen untuk ke Osaka dan 6.200 yen untuk ke Kyoto. Pemberhentian busnya ada di depan Stasiun Kyoto, lalu di depan Stasiun Higashi-Umeda (dekat Stasiun Osaka), Kintetsu Namba West Gate (bangunan OCAT), dan Stasiun Adenobashi.

Bus dari Kawaguchiko Gotemba Untuk Pemilik JR PASS

Naik shinkansen adalah opsi paling praktis dan paling cepat dari Danau Kawaguchiko menuju ke Kyoto atau Osaka. Hanya perlu dicatat, tidak ada jalur kereta yang menghubungkan Kawaguchiko Gotemba secara langsung. Kamu harus lewat jalur memutar kembali ke arah Tokyo.

1. Opsi Pertama, Kawaguchiko-Hachioji-Shin Yokohama-Kyoto

Opsi pertama ini melewati jalur lingkar luar kota Tokyo, dan menghindari kereta menuju ke Tokyo Station yang padat penumpang. Teman-teman pertama bisa naik Fuji Kyuko Line (tidak tercover JR Pass) sampai Otsuki Station. Lalu lanjut naik kereta JR ekspress sampai ke Hachioji Station (tercover JR Pass). Transfer ke JR Yokohama Line sampai Stasiun shinkansen Shin-Yokohama Station, dan kemudian naik shinkansen sampai ke Kyoto Station (semuanya tercover oleh JR Pass). Total waktu perjalanan adalah 4 jam 50 menit (dengan 2 jam adalah perjalanan Shinkansen Shin Yokohama-Kyoto).

2. Opsi Kedua, Kawaguchiko-Tokyo-Kyoto

Opsi kedua ini lebih praktis karena hanya dua kali berganti kereta, namun perlu waktu lebih lama. Selain itu akan melewati jalur kereta Chuo Line yang merupakan jalur kereta terpadat di Tokyo. Sama seperti opsi pertama, awalnya naik Fuji Kyuko Line (tidak tercover JR Pass) sampai Otsuki Station. Lalu lanjut naik kereta JR ekspress sampai ke Tokyo Station, dan kemudian naik Tokaido Shinkansen dari Tokyo Station sampai ke Kyoto Station (semuanya tercover oleh JR Pass). Total waktu perjalanan adalah 5 jam 30 menit (dengan 2 jam 15 menit adalah perjalanan Shinkansen Tokyo-Kyoto).

Suasana bus lokal dari Kawaguchiko Gotemba Kyoto

Suasana dalam bus lokal dari Kawaguchiko Gotemba Kyoto

Bus dari Kawaguchiko Gotemba Buat yang tidak memiliki JR PASS

Bisa dibilang teman-teman yang tidak memiliki JR Pass beruntung karena tidak perlu bingung memilih alternatif transportasi Kawaguchiko Gotemba Kyoto. Teman-teman bisa naik bus lokal Fujikyuko yang menghubungkan Kawaguchiko–Gotemba– Stasiun Mishima di sekitaran Gunung Fuji. Perlu dicatat, semua bus yang dijelaskan di bawah ini adalah bus lokal, artinya teman-teman tidak perlu reservasi atau pesan tiket terlebih dahulu, tinggal antri di halte keberangkatan dan naik begitu bus tiba. Namun, jika dalam musim puncak liburan (hanami atau golden week), Tim Info Jepang menyarankan untuk melakukan reservasi kursi bus terlebih dahulu secara online melalui website Japan Bus Online.

Kamu yang memiliki JR Pass, namun ingin perjalanan lebih cepat, mengunjungi Kawaguchiko, Gotemba, dan Hakone maka bisa menggunakan opsi dibawah ini. Catatan: semua ongkos bus ini tidak tercover oleh JR PASS.

1. Opsi Pertama, Kawaguchiko-Gotemba-Mishima-Kyoto

Kalau dari area Fuji Kawaguchiko, teman-teman bisa naik bus Fujikyu yang melalui jalur Stasiun Kawaguchiko, Gotemba, hingga Mishima. Dari Stasiun Kawaguchiko sampai Stasiun Gotemba atau Gotemba Premium Outlets ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 75 menit dengan ongkos 1.510 yen. Rute bus dari Kawaguchiko sampai Gotemba atau Gotemba Premium Outlets tercover sepenuhnya oleh Fuji Hakone Pass. Dari Gotemba bisa naik bus Fujikyu sampai ke Mishima Station (ongkosnya 970 yen) atau naik kereta JR dengan ongkos 580 yen dan waktu perjalanan 50 menit. Bus ini melewati tempat wisata terkenal di barat Fuji-Kawaguchiko, seperti Danau Yamanakako, Oshino Hakkai, Taman Bunga Hananomiyako. Bus ini berangkat 30 menit sekali dari pukul 07.40 sampai pukul 20.10, dengan waktu perjalanan 50 menit.

Bus menuju ke Gotemba Premium Outlets

Bus menuju ke Gotemba Premium Outlets

2. Opsi Kedua, Kawaguchiko-Mishima-Kyoto

Bagi teman-teman yang tidak ingin mampir ke tempat-tempat wisata sekitar Gotemba seperti Fuji Safari Park, Snow Town Yeti atau Taman Chichibunomiya, bisa naik bus ekspress dari Kawaguchiko langsung ke Mishima Station. Selain lebih cepat sampai daripada bus yang melewati Gotemba, ongkosnya juga lebih murah. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam dengan ongkos 2.260 yen.

3. Opsi Ketiga, Kawaguchiko-Gotemba-Odawara-Kyoto

Teman-teman yang ingin mampir ke tempat wisata di Hakone bisa naik Hakone Tozan Bus rute G dari Gotemba Station sampai ke halte transfer Sengoku atau Gora Station. Buat yang dari Gotemba Premium Outlets pilihan busnya lebih banyak: rute S, rute M, dan rute L. Rute S dan rute M menghubungkan Gotemba Premium Outlets dengan Sengoku, Gora Station, Kowakien dan Hakone Yunessun Hotel. Rute L menghubungkan Gotemba Premium Outlets sampai Hakone Yumoto Station. Dari Hakone Yumoto Station bisa naik kereta Odakyu sampai ke Odawara Station atau bus rute H dan rute T sampai ke Odawara Station.

Shinkansen dari Odawara atau Mishima Station

Dari Odawara, teman-teman yang ingin kembali ke Tokyo, bisa naik shinkansen (pemilik JR Pass) atau naik Odakyu Express/ Romance Car (pemilik Hakone Free Pass versi Shinjuku). Buat yang ingin lanjut ke Kyoto, bisa naik shinkansen ke arah sebaliknya dan tiba di Kyoto. Bila naik Hikari Shinkansen waktu perjalanan 1 jam 44 menit dengan ongkos 11.560 yen. Sementara kalau naik Kodama Shinkansen waktu perjalananan 3 jam 8 menit dengan ongkos 11.560 yen (tercover oleh JR Pass).

Buat teman-teman yang berangkat dari Stasiun Mishima, bisa naik Tokaido Shinkansen (Kodama atau Hikari) sampai Kyoto Station. Lama perjalanan adalah 2 jam 43 menit dengan ongkos 10.580 yen.

Kalau saya dari Osaka atau Nagoya, bagaimana?

Ada juga bus ke Gunung Fuji dari Nagoya, Osaka, Kyoto dan kota-kota lainnya. Namun tidak dituliskan di sini supaya tidak membuat bingung. Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi lengkap mengenai biaya dan halte keberangkatan bus ke Gunung Fuji bisa bertanya via kotak komentar di bawah atau menghubungi kami di Tour Guide Online Info Jepang.

Artikel terkait wisata ke Gunung Fuji (selengkapnya)

Gunung Fuji dari Pantai Shimizu Shizuoka

Pemandangan hamparan kebun teh sepanjang perjalanan Shinkansen sampai ke arah Nagoya adalah wajah prefektur Shizuoka yang sebenarnya, penghasil bubuk teh dan teh hijau nomor satu di Jepang.

Bus di Kawaguchiko Retro Bus Red Line

Tips dan trik paling praktis, paling efektif, dan paling ampuh untuk dapat berkeliling objek-objek wisata di kawasan Kawaguchiko, Danau Yamanaka, dan Gunung Fuji yakni dengan naik bus di Kawaguchiko.

Musim Gugur di Hakone dari Danau Ashinoko

Tim Info Jepang sudah merangkum tempat wisata dengan pemandangan indah musim gugur di Hakone. Susunan tempat ini diurutkan satu arah supaya bisa liburan efisien dan efektif di Hakone.

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko

Kawasan Fuji-Kawaguchiko bisa dibilang adalah kawasan wisata non-kota paling terkenal di Jepang. Berikut adalah daftar rekomendasi tempat wisata di Fuji-Kawaguchiko.

Pemandangan Gunung Fuji dari Danau Kawaguchiko

Musim dingin di Jepang hampir segera berakhir. Akhir Maret hingga pertengahan April, sebagian besar wilayah Jepang akan menikmati musim semi. Tim Info Jepang sudah meliput 4 Tujuan Wisata Musim Semi di Jepang. So, jangan tunggu lagi...segera...

Daftar festival di Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji yang sangat terkenal, ada festival musim semi, musim panas, dan musim dingin loh! Catat dulu tanggalnya ya supaya jangan terlewat!


Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Kounso
from ‎¥10638/night
Teishaba Guesthouse&
from ¥3028/night
Umeya Annex
from ¥9792/night
Fujimien
from ¥9893/night

(sponsored by Booking.com)


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: March 22, 2017

Comments (18)

  1. Pagi Pak.. sy mau minta saran Bapak perjalan kami pada tgl 6 mei km c out dr sunroute highasi shinjuku ingin ke fuji dan chibasakura dan gotemba sekitarnya dan malamnya kami langsung ke osaka jd km bermalam di bus. Tgl 7 km tinggal di keihan universal tower. Apa yg harus kami lakukan kami harus naik apa saja n jam brp bus ke osaka. Dan brp hg tiketnya terima kasih

  2. Pak saya mau tanya, kalau dari Shinjuku mau ke gunung fuji level 5 – kawaguchiko -premium outlet gotemba naik bus apa. dan pulang dari premium outlet gotemba ke Kyoto. atau ada bus tidak untuk ke alpine road langsung. Dan masing masing kena biaya berapa busnya. Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk dari Gunung Fuji-Kawaguchiko-dan Gotemba bisa naik bus Fujikyu atau Odakyu. Info lengkapnya bisa dibaca di Bus di Kwaguchiko Fuji Gotemba. Untuk ongkosnya 500-1000 yen. Kalau ke Alpine Route tidak ada langsung, Yenni harus kembali ke Tokyo dahulu, lalu naik shinkansen ke Toyama.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kamu bisa naik bus Fujikyu yang melalui jalur Stasiun Kawaguchiko, Gotemba, hingga Mishima. Bus ini tidak reserved kok (seperti bus di Indonesia). Salam.

  3. Sore pak nugroho, saya bertanya lagi, krn kemarin belum dijawab. Dari osaka ke fuji, sy bisa naik shinkasen yg mana? Itu berhenti di stasiun apa kalau di fuji. Rencana menginap di kawaguchi dan mau ke gotemba factory outlet dan tidak beli JR pass dr Indo.
    Dari stasiun kawaguchiko bisa langsung ke tokyo naik kereta? Krn dr sini besoknya lsg ke tokyo. Terima kasih sblmnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf jika terlupa menjawab pertanyaannya. Dari Stasiun Shin-Osaka, Vera bisa naik kereta sampai Stasiun Mishima. Dari Stasiun Mishima bisa naik bus Fujikyu dari rute Mishima-Gotemba-Kawaguchiko, kamu bisa mampir ke Gotemba Premium Outlet juga kok.
      Dari Stasiun Kawaguchiko, kamu bisa naik kereta Fujikyu ke Stasiun Otsuki, kemudian bisa lanjut kereta JR Chuo Line sampai Stasiun Shinjuku. Salam.

  4. Selamat siang Pak,
    Mau tanya, kalau dari Stasiun Gotemba ke Stasiun Kyoto Jr, naik apa yang tercover JR Pass?
    di hyperdia stasiun kyoto itu apakah Kyoto JR?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Gotemba Station ibu bisa naik Fujikyu Bus menuju ke Mishima Station seperti yang tertulis di bagian “Kawaguchiko-Gotemba-Mishima-Kyoto”. Dari Mishima Station bisa naik kereta shinkansen sampai Kyoto JR. Salam

    • Siang pak Nugroho,maaf ini nanya terus..
      kalau saya ingin ke lake kawaguchiko & Gotemba tanpa ke hakone dari Tokyo PP, JR Pass sudah tercover belum ya?
      sampai disana adakah naik bus2 lagi?

      Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Dari Tokyo bapak bisa naik kereta ekspress sampai Otsuki Station (tercover JR PASS), kemudian naik kereta Fuji Kyuko sampai Kawaguchiko Station (tidak tercover JR PASS). Nah dari Kawaguchiko ke Gotemba harus naik bus Fujikyu seperti tertulis di artikel di atas (tidak tercover JR PASS).
      Salam

  5. Mas Nugroho yang Baik Hati,

    Alhamdulillah detail sekali informasi yang saya peroleh dan Mas Nugroho sangat responsif dan sabar menjawab pertanyaan2 saya. So far ini web terbaik pariwisata Jepang berbahasa Indonesia yang saya tau.

    excellent!

  6. Met sore mas ,sy des kmrn baru plg dr tokyo wah dgn infojepang ini sgt membantu sy.tp sy ga ssmpat ke kyoto,osaka.rcn bln sept thn ini sy ingin berlibur k jepang lg.spy lbh terencana dan transf jatuhnya lbh murah sy dr jkt ke osaka lanjut fuji tokyo at jakarta haneda ke kyoto 2 at 3 hr balik lg ke tokyo?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau ingin menghemat perjalanan, bisa dibuat satu arah saja Ibu. Misalnya Tokyo-Hakone-Fuji-Kyoto pulang dari Kansai Airport, atau sebaliknya.
      Kalau seperti ini, bisa naik bus malam, sehingga makin bisa menekan biaya perjalanan.
      Salam

  7. Kita masih bingung antara mengunjungi Kawaguchiko atau main2 di Gala Yuzawa.?
    Karena base kita di Tokyo, apakah dimungkinkan visit kedua tempat pulang pergi.?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Pak, kedua tempat: Kawaguchiko dan Gala Yuzawa bisa ditempuh dalam satu hari PP dari Tokyo.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!