Itinerary Perjalanan Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine

You are here Home  > Center Town, Itinerary Perjalanan, Tips Wisata >  Itinerary Perjalanan Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine

Jika dua atau tiga tahun lalu, Tokyo, Osaka, dan Kyoto adalah tujuan utama liburan ke Jepang, nampaknya tahun ini sudah mulai bergeser ke tempat-tempat yang baru. Misalnya saja Desa Shirakawago dan Gokayama yang termasuk dalam warisan budaya UNESCO. Atau juga Tateyama Kurobe Alpine yang terkenal dengan pemandangan alam pegunungan yang menakjubkan juga sudah jadi salah satu tujuan wisata favorit orang-orang Indonesia. Tim Info Jepang sendiri banyak menerima pertanyaan mengenai akses perjalanan menuju ke Shirakawago dan Gokayama, serta Tateyama Kurobe Alpine. Banyak teman-teman dari Indonesia yang bertanya bisakah melakukan perjalanan Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine dalam satu hari? Jawaban dari Tim Info Jepang sepertinya sangat sulit. Itu karena Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine itu terpisah oleh deretan pegunungan dan tidak ada transportasi langsung yang menghubungkan keduanya. Tapi tenang saja, kalau teman-teman punya minimal 2 hari, kamu bisa melakukan perjalanan mengelilingi Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine sekaligus. Bagaimana strateginya? Berikut adalah itinerary perjalanan Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine yang disusun Tim Info Jepang.

Itinerary Perjalanan Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine

Itinerary perjalanan tateyama shirakawago dua hari

Rute perjalanan Tateyama Shirakawago

HARI PERTAMA PERJALANAN DARI TOKYO/ DANAU KAWAGUCHIKO

1. Hari pertama perjalanan, kita akan mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine terlebih dahulu. Teman-teman perlu cermat dalam menyusun rute perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine karena rute ini adalah rute satu arah, dengan waktu transportasi yang terbatas. Cara terhemat untuk menuju ke Tateyama Kurobe Alpine adalah dengan naik kereta atau bus.

Teman-teman yang pergi dari Tokyo memiliki 3 pilihan. Pertama, naik Shinkansen sampai ke Nagano Station, kemudian naik bus sampai ke Shinano-Omachi/ Ogizawa pintu masuk Tateyama Kurobe Alpine. Pilihan kedua, bisa naik kereta Azusa sampai ke Matsumoto Station atau Shinano-Omachi Station. Ketiga, naik bus malam dari Shinjuku/ Tokyo Station sampai ke Matsumoto Station dan kemudian naik kereta lokal sampai ke Shinano-Omachi. Penjelasan lengkap tentang biaya, waktu keberangkatan sudah tertulis di Itinerary Perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine.

Pilihan pertama cocok buat teman-teman yang punya JR Pass atau Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass, dan sangat pas dikombinasikan dengan Tateyama Kurobe Option Ticket. Sedangkan pilihan kedua dan ketiga adalah buat yang tidak memiliki pass dan ingin menghemat ongkos perjalanan kereta. Bisa juga mengkombinasikannya dengan Tateyama Kurobe Option Ticket.

Buat teman-teman yang ingin melanjutkan perjalanan dari Danau Kawaguchiko, bisa naik Fuji Kyuko Line sampai ke stasiun Otsuki terlebih dahulu. Bisa naik kereta Azusa 3 (baca strategi kereta langsung ke Shinano-Omachi) jam 08.31. Kalau dapat, teman-teman akan sampai di Shinano-Omachi pukul 11.02. Ongkosnya 5.510 yen (tercover seluruhnya bila memiliki JR Pass).

2. Lalu masuk ke Tateyama Kurobe Alpine dari Shinano-Omachi hingga tembus di Tateyama dan Toyama. Rute lengkap perjalanan Tateyama Kurobe Alpine bisa dilihat di link di atas. Malamnya, teman-teman bisa menginap di hotel Toyama malamnya.

CATATAN: ITINERARY INI COCOK BAGI YANG INGIN MENGHEMAT WAKTU PERJALANAN MENGELILINGI TATEYAMA KUROBE ALPINE ROUTE, NAMUN HARUS MEMBAWA KOPER SAMBIL MENYUSURI TATEYAMA KUROBE ALPINE ROUTE. BUAT TEMAN-TEMAN YANG MEMILIKI WAKTU CUKUP DAN TIDAK INGIN RIBET DENGAN KOPER BISA MEMBACA ITINERARY TATEYAMA KUROBE ALPINE ROUTE.

Perjalanan Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine: Danau Midorigaike di Tateyama

Mengunjungi Danau Midorigaike di Tateyama

Mengapa memilih Toyama? Tim Info Jepang mendapatkan banyak masukan, bahwa rekomendasi hotel-hotel yang ada di website Infojepang rata-rata sudah penuh. Itu karena website infojepang sudah otomatis memilih hotel dengan harga termurah. Termasuk juga dengan hotel-hotel di daerah Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine. Nah, kalau memilih Toyama, Toyama adalah kota besar dan memiliki banyak opsi hotel-hotel, sehingga teman-teman bisa mendapatkan kamar hotel untuk menginap.

HARI KEDUA PERJALANAN DARI TOYAMA KE SHIRAKAWAGO

Sama seperti perjalanan di hari pertama, Tim Info Jepang juga menuliskan dua opsi perjalanan menuju ke Shirakawago. Pertama, mampir ke desa warisan dunia Gokayama baru terakhir ke Shirakawago. Ini cocok buat kamu yang ingin bersantai melihat Gokayama dan Shirakawago, lalu menginap di Shirakawago atau Takayama malamnya. Kedua, naik bus langsung ke PP Toyama-Shirakawago, pulang siang harinya untuk melanjutkan perjalanan sore hari ke Kyoto/ Osaka atau kembali ke Tokyo. Tolong diperhatikan ya penjelasan di atas, supaya tidak bingung dalam menentukan itinerary perjalanan Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine.

Opsi 1: Berkeliling Gokayama dan Shirakawago
Hal yang harus dilakukan: Tidak Ada

Pertama, teman-teman bisa pergi naik kereta biasa/ Hokuriku shinkansen (kalau memiliki pass) ke Takaoka Station. Kemudian, dari Stasiun Takaoka kita akan naik bus lokal namanya Bus Kaetsuno. Dikatakan lokal karena bisa langsung ke bus tanpa perlu memesan, ongkosnya pun dibayarkan langsung ke supir bus saat turun. Bus Kaetsuno ini melewati Desa Ainokura, Desa Suganuma, dan Desa Gassho no Sato, sampai ke Shirakawago. Bus ini berangkat dari stasiun Takaoka, stasiun shinkansen Shin Takaoka pada pukul 08.10, 09.20, 10.45, 13.20, dan 16.00. Ongkosnya 1.000 yen sampai desa Ainokura, 1.200 yen sampai ke Desa Suganuma dan Gassho no sato, dan 1.800 yen sampai ke Shirakawago. Bus ini tercover oleh Takayama Hokuriku Pass. Bagi yang tidak memiliki Takayama Hokuriku Pass, bisa membeli tiket PP 3.500 Takaoka-Shirakawago. Tiket bus PP ini bisa dibeli di Kaetsuno Bus Information Center di stasiun Takaoka “Kurun Takaoka” lantai 1 atau via online di website visit Toyama. Tiket bus PP ini berlaku untuk dua hari.

Puas berjalan-jalan, kamu bisa menginap di Shirakawago/ Takayama (besok baru kembali ke Toyama dengan tiket PP Kaetsuno Bus). Atau langsung pulang di hari yang sama dari Shirakawago ke hotel di Toyama via Takaoka Station.

Opsi 2: PP Toyama-Shirakawago
Hal yang harus dilakukan: Reservasi tiket bus ekspress online, atau check out hotel dan titip koper di loker stasiun Toyama. Ongkos bus ekspress adalah 1.700 yen sekali perjalanan, atau 3.060 yen PP.

Bus PP Toyama-Shirakawago adalah bus ekspress melewati jalan tol dan tidak bisa sembarangan naik-turun (modelnya sama seperti bus dari Shinjuku ke Danau Kawaguchiko). Bus berangkat dari Toyama Station pada pukul 08.45, 10.30, 12.00. Saran dari Tim Info Jepang untuk mengambil bus pertama yakni pukul 08.45, supaya sampai di Shirakawago jam 10.10 (untuk keberangkatan jam 10.30 tiba pukul 11.55). Teman-teman kemudian bisa jalan-jalan berkeliling Shirakawago, menikmati pemandangan alam dan juga melihat rumah-rumah tradisional Gassho-zukuri yang terkenal. Teman-teman juga bisa makan siang di beberapa rumah tradisional yang sudah disulap jadi restoran. Untuk bus kembali ke Toyama, tersedia bus pada jam 13.20, 15.30, atau 16.50 dan akan sampai di Toyama dalam 1 jam 35 menit.

Untuk teman-teman yang ingin check out hotel di Toyama (belum check out paginya), dan melanjutkan perjalanan ke kota lain bisa memilih bus yang jam 13.20 dan sampai di Toyama Station jam 14.55. Bagi teman-teman yang sudah check out dulu paginya, bisa santai menunggu bus selanjutnya.

Perlu bantuan dalam pemesanan tiket online, silakan menuliskan komentar di bawah. Tim Info Jepang siap membantu!

Perjalanan Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine: Keindahan Shirakawago

Keindahan Shirakawago

Perjalanan Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine: Pemandangan Shirakawago

Pemandangan Shirakawago

Tour ke Takayama, Shirakawago, dan Gokayama

  1. Tokyo-Hakone-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Kyoto (4 days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  2. Tokyo-Hakone-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Tokyo (4 days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  3. Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa (3 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  4. Tokyo-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Tokyo (3 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  5. Kyoto-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Kyoto (3 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  6. Kyoto-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Tokyo (3 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  7. Tokyo-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Kyoto (3 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)

Cheap Hotels in Toyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Enraku
from ¥17454/night
Enraku
APA Hotel Takaoka-Marunou
from ¥4679/night
APA Hotel Takaoka-Marunouchi
Wakyu
from ¥6000/night
Wakyu
Toyama Excel Hotel Tokyu
from ¥8400/night
Toyama Excel Hotel Tokyu

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Dao-hui Chen, Vutichai Wongnophadol, Vutichai Wongnophadol, Cliffano Subagio

Recommended for you

Last modified: December 3, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (35)

  1. Hai,, mohon infonya donk,, saya mau liburan 12 hari di jepang,, itinerary nya seperti ini,,
    2-4 feb: tokyo (2 night)// explore tokyo
    4-5 feb: fuji ( 1 night)// explore fuji
    5-7 feb: takayama (2night)// explore takayama & shirakawa go
    7-11 feb: kyoto (4night) explore kyoto
    11-13 feb: osaka (2night) explore kobe, nara, osaka,,
    Pulangnya 13 malam,,
    1. Untuk transportasi yg paling efisien dari fuji ke takayama bus station menggunakan apa ya? Dan dari takayama menuju kyoto,,?
    2. Untuk bus dari takayama ke shirakawa go, apakah paling efisien pakai nohi bus?( karena ingin dapet view dari observasi dek siang dan malam ( ilumination) hari)
    3. Apakah dari itinerary tersebut, saya perlu membeli JRpass?
    Terima kasih sebelumnya,,

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa memilih, mau yang nyaman dan fleksibel waktunya dengan naik shinkansen dan kereta atau naik bus malam yang jadwalnya agak terbatas namun murah. Kalau naik kereta, silakan membeli JR Pass (29.110 yen) karena sudah bisa balik modal. Kalau ingin naik bus, tidak perlu membeli JR Pass. Untuk aksesnya ke Kyoto dari Shirakawago bisa dibaca di Perjalanan ke Shirakawago dan langsung bisa cek jam keberangkatan Nohi Busnya. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau ingin melihat pemandangan di malam hari, satu-satunya cara adalah menginap di penginapan rakyat di Shirakawago. Sebab seluruh bus sudah tidak beroperasi sejak pukul 18.00, sementara iluminasi malam baru dimulai pukul 20.00-21.00. Salam

  2. Mohon infonya untuk kunjungan ke Jepang selama 11 hari, apakah itenary berikut memungkinkan untuk ditempuh? mohon masukannya, untuk transportasi pass apa saja yang perlu dibeli yang paling efisien, mengingat ada batasan waktu pass yang 7 hari.

    H1 ==> Tiba di Tokyo – bermalam di Tokyo
    H2 ==> Gala Yuzawa – bermalam di Tokyo
    H3 ==> Tateyama – bermalam di Toyama
    H4 ==> Toyama – Shirakawago – bermalam di Shirakawago
    H5 ==> menuju Kyoto – bermalam di Kyoto
    H6 ==> Osaka – Bermalam di Osaka
    H7 ==> Kobe – bermalam di Osaka
    H8 ==> Osaka – Kawaguchi – bermalam di Tokyo
    H9 ==> Tokyo – City Tour – bermalam di Tokyo
    H10 ==> Tokyo – City Tour bermalam di Tokyo
    H11 ==> Kembali ke Jakarta
    *

  3. Pak,
    bus Nohi dan hokutetsu apakah tercover jr pass?
    Kalau tidak dicover jr pass berapa harga untuk dewasa dan anak2?
    Kalau saya dari osaka mau ke shirakawago rute yang tercepat itu darimana menggunakan jr pass?
    Trus dari shirakawago rute yang tercepat mau ke tokyo lewat mana?
    Kalau saya mau titip koper ukuran 30″ saya selama saya jalan2 ke shirakawago, bisa sewa loker di stasiun mana? Kr setelah dari shirakawago saya lanjut perjalanan ke tokyo.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau Bapak dari Osaka bisa dari Kanazawa Station, kopernya dititip di Kanazawa Station.
      Untuk ongkosnya bisa ditemukan informasinya di Perjalanan ke Shirakawago. Untuk Nohi Bus atau Hokutetsu karena bukan JR, ya tidak tercover Pak. Salam

    • Pak, untuk bus Nohi dan hokutetsu bisa reservasi tempat dimana? Apakah ada websitenya? Terima kasih bantuan info jepang.

    • Selamat pagi pak, mohon infonya lagi
      Kalau dari kanazawa saya beli tiket (pp) bus nohi rutenya yg terbaik ke shirakawago dulu baru ke gokayama atau sebaliknya?
      Trus kalau misalnya ke shirakawago dulu setelah itu ke gokayama apakah saya harus beli tiket bus nohi lagi? Ataukah sudah termasuk pd saat pembelian di awal?
      Tujuan saya berikutnya dari kanazawa saya mau ke tokyo.
      Mohon bantuannya. Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Gokayama ada di tengah-tengah rute Kanazawa-Shirakawago. Bapak bisa memilih: Kanazawa-Gokayama-Shirakawago-Kanazawa (mengunjungi Gokayama lebih dahulu), atau Kanazawa-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa (mengunjungi Shirakawago lebih dahulu). Tipe tiketnya adalah sekali perjalanan pak, jadi bapak nanti bisa membeli lagi sebelum naik. Hanya saja, rute ke Shirakawago selalu penuh. Jadi sebaiknya rute bapak Kanazawa-Shirakawago, lalu Shirakawago-Gokayama, baru Gokayama-Kanazawa. Dari Kanazawa, ada shinkansen hokuriku sampai ke Tokyo.

  4. Malam Pak, minta tolong dicheck itinerary sy sbb :
    D1 : Kyoto 1N
    D2 : Kyoto check out ke Toyama dan nginap 1malam di Toyama
    D3 : Toyama – Shirakawa Go byTakaoka Station karena ingin berkeliling Gokayama and shirakawa go, saya mengninap di Shirakawa Go minshuku 1malam.
    D4 : dari shirakawa go saya check out dan langsung ingin menuju ke Takaragawa Onsenku, kira2 jalur tercepat yang harus saya lalui itu pakai line yang mana? saya ada JR Pass
    tolong dibantu yah 🙂
    makasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Shirakawago menuju ke Takaragawa Onsen pertama bisa naik Nohi Bus sampai ke Toyama, kemudian naik Hokuriku Shinkansen sampai Takasaki, pindah ke Joetsu Shinkansen sampai Joumou Kougen Station. Lanjut naik bus ke Minakami station, kemudian lanjut naik bus lagi ke Takaragawa Onsen. Salam

    • Maksih banyak pak. kalau naik bus dari Joumou Kougen Station ke Minakami station butuh waktu berapa lama? apakah saya sempat sampai di Minakami Station sebelum jam 3 sore?
      oh yah pak, kalau pakai bus hokutetsu, dia akan berhenti di Gokayama dan kita turun di Gokayama untuk jalan2 terus baru naik bus berikutnya ke Shirakawa Go, apakah benar?
      Makasih yah

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau dilihat di website Takaragawa Onsen bus dari Joumou Kougen menuju ke Minakami Station waktunya 25 menit, namun kami tidak tahu jadwal keberangkatan busnya.
      Untuk bus Hokutetsu sepertinya tidak bisa seperti yang ibu sampaikan, sebab halte perhentian di Gokayama hanya halte turun, dan tidak bisa naik seperti yang tertulis di website Hokutetsu Bus. Ini wajar sebab bus ini adalah bus ekspress dan bukan bus lokal. Kalau ibu ingin jalan-jalan ke Gokayama dan Shirakawago, bisa menggunakan bus lokal Kaetsuno Bus. Baca itinerary ke Gokayama dan Shirakawago. Salam

  5. EVELINE N SUSANTO  |  

    Kami berencana melakukan trip dari Osaka ke Tokyo dari tanggal 12 Des – 20 Des.
    Selain ke osaka kami juga tertarik untuk ke Kyoto dan Shirakawa.
    Pertanyaannya:
    1. Apakah untuk melakukan perjalanan dari Kyoto ke Shirakawa harus menginap di Shirakawa atau cukup di Kyoto saja?
    2. Transportasi apa yang harus kami gunakan untuk lebih efisien?
    3. Setelah dari Shirakawa, bagaimana kami pergi ke Tokyo?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Eveline, selamat pagi.
      1. Perjalanan dari Kyoto ke Shirakawago kira-kira membutuhkan waktu 3-4 jam sekali berangkat, sehingga untuk perjalanan PP saja sudah habis 7 jam. Sebenarnya bisa karena banyak pembaca lain yang melakukan hal yang sama, namun kamu juga bisa mempertimbangkan menginap di Shirakawago atau di Kanazawa (ada banyak hal yang bisa dilihat juga di Kanazawa).
      2. Dari Kyoto tersedia kereta limited ekspress Thunderbird sampai Stasiun Kanazawa, lalu dilanjut naik bus Nohi atau Hokutetsu ke Shirakawago.
      3. Kamu bisa balik ke Kanazawa dulu (sama dengan bus Nohi atau Hokutetsu), lalu naik Shinkansen Hokuriku dari Stasiun Kanazawa ke Stasiun Tokyo. Dengan rute ini kami sarankan kamu membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass atau JR Pass.
      Salam.

  6. Kalau saya ikut itinerary bapak dr tokyo ke tateyama kurobe alpine dan menginap di toyama, pertanyaan saya adalah : bagaimana dengan koper yg saya bawa? apakah ada penitipan utk koper? mengingat kita masuk penginapan di toyama pada malam hari.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau mengikuti jalur di atas, maka harus membawa sendiri kopernya dalam perjalanan di Tateyama Kurobe Alpine Route.
      Salam

  7. Rencananya 8 Feb malam sudah di Tokyo, 9 Feb akan ke Disneyland. 10 Feb Tokyo city tour, dan 11 Feb akan kembali dari Narita.
    Di luar tanggal tersebut, kami ingin explore tempat-tempat di luar tokyo.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu bisa mempertimbangkan membeli JR Pass (29.110 yen).
      Lalu untuk tempat wisata lain, bisa dibaca-baca dahulu. Salam

    • Itinerary dibawah ini apakah arahnya sudah benar pak:
      Day 1: Tokyo City Tour, Nagoya (bermalam di Nagoya)
      Day 2: City Tour Nagoya, Pindah ke Takayama (Bermalam di Takayama/Toyama) –> Sebaiknya bermalam di Takayama atau Toyama?
      Day 3: Shirakawa Go Tour, Pindah ke Gotemba (Bermalam di Gotemba)
      Day 4: Mt Fuji, Resort Ski (Bermalam di Gotemba)
      Day 5: Gotemba Premium Outlet, Pindah ke Tokyo (Bermalam di Tokyo)
      Day 6: Disneyland
      Day 7: Tokyo City Tour
      Day 8: Balik dari Narita
      Sebaiknya sy beli JR pass ngga ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Apakah memang ingin membeli JR Pass? Atau ingin coba berhemat dengan naik bus? salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau begitu, bisa membeli JR Pass karena sudah balik modal.
      Untuk hotel, terserah ibu mau menginap di Takayama atau Toyama, tinggal pilih mana yang lebih murah.
      Baik keduanya terhubung dengan Nohi Bus untuk ke Shirakawago. Salam

  8. Halo, sy mau tanya. Kami akan sampai di Tokyo tgl 4 Feb jam 8 pagi dari Narita dan punya waktu sampai 8 Feb, karena rencananya 9 Feb akan ke Disneyland. Dan berencana ke beberapa tempat berikut. Mohon saran itinerary yang efektif, sarana transportasinya, bagaimana memindahkan koper yang praktis, serta lokasi penginapan (plus nama hotelnya jika ada):
    1. Gotemba (waktu yang cukup untuk berbelanja dengan tenang dan nyaman)
    2. Resort ski (waktu yang cukup untuk anak2 bermain)
    3. Shirakawa Go
    Sebenarnya kami ingin ke apline route, tapi sepertinya untuk tanggal tersebut tidak memungkinkan ya? Jika waktunya masih ada, apakah ada saran tempat lainnya yang bisa kami kunjungi (selain Kyoto dan Osaka)?
    Mohon masukannya. Terima kasih.

  9. kami ada rencana mengunjuni tateyama kurobe apline dan shirakawago April 2017. Apakah shirakawago bagus di bulan tersebut, rencana saat ini starting awal april liat cherry blossoms di kyoto, kemudian shirakawago, tateyama dan pulangnya dari tokyo. Saat ini msh planning waktu sambil liat forcast cherry blossoms, kalau ingin satai baiknya menginap berapa malam ya di tateyama , total perjalanan kami 2 mingguan

  10. Mau nanya saya Dari Tokyo tgl 15 mau ke shirakawago Dulu …tgl 16 ke alpine Balik Tokyo lagi…info itenary Dan info transportasi yg nyaman. Tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Yermia. Apakah punya JR Pass? Lalu bisa tuliskan detail perjalanan selama di Jepang?
      Supaya bisa kasih itinerary dan info transportasi yang tepat. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Menurut pengalaman Tim Infojepang, hujan salju pertama turun pada pertengahan hingga akhir November, namun belum menumpuk.
      Salju putih baru menumpuk pada akhir Desember atau awal Januari hingga awal Maret.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan