Objek Wisata Osaka

You are here Home  > Center Town, Night View >  Objek Wisata Osaka

Osaka adalah Ibukota Prefektur Osaka. Osaka terletak di daerah barat Jepang atau yang lebih sering disebut Kansai. adalah nama prefektur dan Ibukotanya sekaligus. Kalau ada Tokyo dan Yokohama di Kantou (Daerah timur Jepang), maka Osaka dan Kyoto menjadi wakil Kansai.

Osaka menjadi objek wisata terkenal kedua setelah Tokyo bagi masyarakat Indonesia. Kalau sudah pernah pergi ke Tokyo, maka jangan lupa ke Osaka, begitu kata sebagian orang. Walaupun jarak antara Tokyo dan Osaka sekitar 500 kilometer perjalanan darat, namun teman-teman bisa pergi dengan Shinkansen dari Tokyo. Dengan Shinkansen bisa pergi ke Osaka dalam waktu sekitar 4 jam. Sayangnya harga Shinkansen lumayan mahal, sekitar 1,5 juta rupiah untuk sekali jalan. Namun teman-teman juga bisa naik bus malam yang relatif lebih murah, sekitar 500-600 ribu.

Dari Indonesia sendiri, sudah ada penerbangan langsung ke Osaka. Dengan pesawat Garuda Indonesia, teman-teman akan transit dahulu di Bali lalu akan sampai di Osaka keesokan harinya. Bisa juga menggunakan pesawat Air Asia dengan transit di Kuala Lumpur. Pokoknya pilihan transportasi untuk berkunjung ke kota Osaka sudah sangat beragam.

Objek wisata terkenal di Osaka

Pada tahun 2010, saat masih tingkat pertama universitas di Jepang, saya sempat berlibur ke Osaka, Kyoto, Kobe, dan Nara selama 4 malam 5 hari. Sungguh suatu pengalaman yang sangat mengasyikkan bisa melihat kota Osaka secara langsung.

1. Distrik Umeda dan Stasiun Osaka

Umeda dipenuhi dengan berbagai pusat perbelanjaan dan hiburan dan beragam hotel dari jaringan hotel dunia. Ada beragam merek dunia terkenal yang dijual dengan harga bebas pajak khusus bagi wisatawan asing. Mengunjungi Umeda Osaka akan membawa kita kepada pengalaman kota modern dengan desain bangunan yang “wah”

2. Distrik Namba Osaka

Shopping atau belanja, makan, maupun berkeliling sambil cuci mata dan mengabadikan foto-foto adalah kegiatan yang Tim Info Jepang lakukan selama mengunjungi Namba. Namba memiliki suasana seperti Malioboro ditambah dengan Pasar Baru, di mana toko-toko tradisional berpadu dengan toko-toko modern dengan banyak pajangan dan aksesoris khas Jepang. Jangan lupa mengunjungi pusat belanja dan restoran Dotonbori Street dan Shin Saibashi Osaka.

3. Osaka Castle

Bangunan unik yang jadi simbol kejayaan Osaka di masa lampau. Meskipun disebut istana, tempat ini sebenarnya merupakan sebuah museum modern yang menceritakan perjalanan Toyotomi Hideyoshi, sang pendiri istana yang semasa hidupnya adalah penguasa di daerah Osaka. Dan jika naik ke lantai teratas Osaka Castle, kita bisa melihat pemandangan Kota Osaka yang megah dari ketinggian.

4. Universal Studio Japan

Universal Studios Japan atau USJ adalah taman bermain (thema park) pertama yang dibangun di Jepang. Universal Studios Japan dibuka pada Maret 2001 di area seluas 39 hektar di tepi Teluk Osaka. Taman bermain USJ menjadi arena permainan yang paling sering dikunjungi setelah Tokyo Disney Resort. Di sini kita bisa menikmati berbagai petualangan seru dan mencoba merasakan bermain di film-film Hollywood.

5. Osaka Akuarium Kaiyukan

Akuarium Kaiyukan Osaka terletak di Kaigandori menghadap ke Teluk Osaka, persis di samping Taman Tempozan dan juga Tempozan Ferris Wheel yang terkenal. Daya  tarik utama dari Kaiyukan adalah hewan-hewan laut yang ada di akurium ini kebanyakan berasal dari Samudera Pasifik. Selain itu, desain bangunan akuarium yang cantik serta interior dalam yang rapi dan simetris juga memberi kesan unik tersendiri. Jangan lewatkan berfoto bersama ikon Kaiyukan Osaka yakni ikan hiu paus, ikan terbesar di dunia.

6. Distrik Shinsekai

Kawasan Shinsekai Osaka adalah kawasan di selatan Osaka yang dibangun di awal tahun 1900-an. Bersama dengan area Tennoji, Shinsekai diharapkan menjadi pusat bisnis dan hiburan baru di Osaka selain Umeda dan Namba yang sudah terkenal. Selain Tsutenkaku Tower yang terkenal, kita juga bisa mengunjungi banyak toko pakaian murah, restoran tradisional, dan arena bermain pachinko (permainan pinball khas Jepang), menyantap beragam masakan tradisional Jepang yang enak.

Akses ke Osaka

Dari Kansai International Airport

  • Kansai International Airport – Shinimanomiya Station (Osaka) dengan Nankai Kuukou Line (890 Yen)
    Shinimanomiya Station – Osaka Station dengan JR Osaka Kanjo Line (170 Yen)
  • Kansai International Airport – Osaka Station dengan JR Kansai Kuukou Line (1160 Yen)

Objek Wisata Osaka

Berikut adalah beberapa objek wisata Osaka yang terkenal. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin pergi ke Osaka. Oh ya, kalau ada pertanyaan, bisa menuliskannya di kotak bagian bawah, saya dengan senang hati menjawabnya untuk teman-teman.

  • Aqua Bus Osaka

    Aqua Bus Osaka di Dotombori

    Mengelilingi tempat-tempat wisata Osaka yang terkenal dari atas perahu? Informasi lengkap mengenai perahu Aqua Bus Osaka, rute perjalanan, dan bagaimana cara naik perahu Aqua Bus Osaka....


  • Rinku Premium Outlet Kans

    Rinku Premium Outlet Kansai di malam hari

    Rinku Premium Outlet terletak di sekitar Stasiun Rinku Town. Karena hanya beda 1 stasiun dari Kansai Airport, teman-teman bisa dengan mudah pergi ke pusat perbelanjaan terbesar di dekat Kansai Airport ini....


  • Taman Nakanoshima

    Musim gugur di Taman Nakanoshima

    Letaknya Taman Nakanoshima tidak jauh dari Stasiun Osaka dan Umeda dan bisa ditempuh dengan 20 menit berjalan kaki ke arah selatan. Kalau Umeda dan Namba di Osaka adalah pusat belanja dan hiburan, di area Nakanoshima kita bisa menemukan kantor pemerintahan, museum, aula kota Osaka yang megah, dan ar...


  • Namba Osaka

    dotonbori street malam

    Shopping atau belanja, makan, maupun berkeliling sambil cuci mata dan mengabadikan foto-foto adalah kegiatan yang Tim Info Jepang lakukan selama mengunjungi Namba. Namba adalah gabungan Malioboro berpadu dengan Pasar Baru...


  • Umeda Osaka

    Sungai Yodogawa dari Umeda Sky Building

    Umeda adalah pusat kehidupan masyarakat Osaka. Kalau Namba berada di sisi selatan (Minami), Osaka berada di utara (Kita). Ada banyak objek wisata di Umeda, seperti Umeda Sky Building, Stasiun Osaka, Hankyu Entertainment Park, dan Yodobashi...


  • Harvest Hill

    Pintu masuk Harvest Hill Osaka

    Harvest Hill adalah taman agrobisnis di Sakai, Prefektur Osaka, yang bisa dicapai 45 menit-1 jam dari pusat kota Osaka. Lantas, apa saja yang bisa kita lihat dan lakukan di Harvest Hill?...


  • Shin Saibashi Osaka

    Suasana Shin Saibashi Osaka

    Shin Saibashi adalah tujuan belanja paling tua dan paling sibuk di Osaka yang bentuknya hampir mirip seperti Pasar Baru di Jakarta. Letaknya berada di antara Umeda di utara dan Namba di selatan, sehingga dapat dengan mudah dijangkau dari mana saja. Kalau teman-teman pergi ke sini, kita bisa mendapat...


  • Shinsekai

    shinsekai osaka

    Kawasan Shinsekai Osaka adalah kawasan di selatan Osaka yang dibangun di awal tahun 1900-an. Shinsekai sendiri berarti New World atau Dunia Baru dengan ikon Tsutenkaku Tower yang mirip dengan Manara Eiffel di Paris. ...


Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Kansai Umeda
from ‎¥5917/night
Shin Osaka Hotel
from ‎¥6680/night
Hotel Diamond
from ¥2223/night
Claiton Shinosaka Hotel
from ‎¥7193/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber Gambar : Flickr Sama Holtmon

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: August 6, 2016

TAGS  :

Close Comments

Comments (13)

  1. Siang… kami punya waktu 1 hari di Osaka, apakah cukup waktu ke Osaka castle, okawa river sakura, umeda sky, tombori river cruise dan HEP Five Ferris wheel? bagaimana dengan rutenya?
    terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Urutannya bisa Umeda Sky Building, Osaka Castle, Okawa River Sakura, Tombori River Cruise, dan HEP Five Ferris Wheel.
      Kalau mulainya agak siang, Umeda Sky Bulding bisa dibuat belakangan setelah HEP Five Ferris Wheel. Sebab Umeda Sky Building buka sampai jam 22.30 dan HEP Five Ferris Wheel sampai jam 23.00. Salam

  2. Pak mau tanya. Di Osaka kan ada : Osaka Castle, Ebisu bridge, namba park, nakayama dera, dotonbori, shineskai, tobita shinci. Kalau saya dalam 1 hari mau kesemya nya itu, lebih baik kemana dulu ya pak ?
    Yang pasti, Osaka castle, namba park, nakayama dera dan dotonbori yang utama. Dan apakah transportasinya mudah ?
    Saya hanya punya 1 hari di osaka. Nginap 1 malam.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk rutenya, kamu bisa mulai dari Osaka Castle, lalu ke area Namba (melihat Namba Park, Dotonbori, Ebisu Bridge) lalu naik kereta ke arah Tennoji Zoo untuk melihat Shinsekai dan Tobita Shinci. Untuk Nakayama dera letaknya di Hyogo, dan butuh waktu 45 menit-1 jam ke sana dari Osaka, sebaiknya diganti saja dengan area tepi laut Osaka seperti Taman Tempozan.

    • Kalau untuk transportasinya utk ke semua itu, harus pakai 1 day pass ya ?
      Turun di stasiun mana saja utk kesemua itu ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kamu bisa membeli Osaka Amazing Pass. Untuk stasiunnya kamu bisa baca lebih lengkap di masing-masing link yang sudah diberikan, Tim Info Jepang sudah membahas akses dengan transportasi terdekat ke setiap objek wisata, semisal Namba, Dotonbori, dan Ebisu Bridge di Stasiun Namba. Osaka Castle sendiri bisa dicapai dari Stasiun Tanimachi Yonchome. Salam.

  3. Elis Diah Sri Rahayu  |  

    Great information pak! Btw bulan depan saya ada conference disana. Kira2 perjalanan di 3 kereta itu berapa lama pak? dan budget nya berapa? terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Total semuanya sekitar 50-60 menit bu. Total ongkos keretanya 1060 yen (JR Kansai), 240 yen (kereta subway), dan 210 yen (kereta Keihan/ Nakanoshima Line). Totalnya 1.510 yen. Salam.

  4. Elis Diah Sri Rahayu  |  

    Selamat pagi pak, mau nanya kalo dari airport kansai mau ke osaka international convention centre rute recomended nya gimana pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai elis, maaf lama membalas, kamu bisa naik kereta JR Kansai Airport/ Ekspress Haruka sampai Stasiun Tennoji, dilanjut dengan kereta Osaka City Subway ke Stasiun Temmabashi. Terakhir pindah ke kereta Keihan Main/Nakanoshima Line menuju Stasiun Nakanoshima. Dari situ tinggal berjalan kaki saja ke Osaka International Convention Center. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Beberapa rekomendasi dari Tim Infojepang (dinner dengan harga maksimal 6000 yen satu orang)
      1. Papamilano di Hankyu Umeda Building dekat Osaka Station (Italian)
      2. AWkitchen dekat Tennoji Station OSAKA (Italian)
      3. The Grand Cafe dekat Osaka Station (Italian)
      4. The Bay Lounge & Bar (European) dekat Osaka Bay Trade Center Mae Station
      Salam

    • Kalo selain dinner atau tmpt yg bsa liat salju atau romantis ada pak?
      Kalo dinner apa mesti booking dl? Caranya apa tlpon atau gmn?
      Itu set course atau ala carte atau gmn? Yg jelas seorang ga lebih 6000 ya? Hehe

      Dan saya kan ad baca iluminasi musim dingin di tokyo
      Apa worth it untuk dikunjungi?
      Dari marunochi, tokyo dome, dan caretta shiodome yg palng bgus dan akses ga trlalu jauh dari pusat kota yg mna?
      Bayarnya brp ya?

      Terimakasih banyak atas informasinya

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!