Nipponbashi Osaka

Home / Shopping Center / Nipponbashi Osaka
Item image

Nipponbashi adalah pusat perbelanjaan di distrik Naniwa Osaka, tidak jauh dari kawasan Namba Osaka yang tentu sudah tidak asing lagi. Dikenal sejak jaman Edo, kawasan Nipponbashi–awalnya dikenal sebagai tempat berkumpulnya pedagang pakaian dan buku-buku bekas–terus berkembang menjadi denyut nadi penduduk Osaka dan Kansai. Sebutan untuk Nipponbashi sendiri merujuk kepada toko-toko di sebelah kiri dan kanan jalan Sakaisuji sampai ke Nansan-dori di dekat Stasiun Nankai Namba. Di sini teman-teman bisa membeli dan menemukan beragam peralatan, barang-barang elektronik, koleksi kartun dan manga, dan mainan khas Jepang. Banyak yang menyebut, Nipponbashi Osaka adalah cerminan Akihabara Tokyo.  Simak kunjungan saya ke Nipponbashi juga dikenal dengan Den Den Town.

Kegiatan Seru di Nipponbashi Osaka

1. Berburu barang-barang elektronik

Meskipun banyak yang bilang Yodobashi Camera di Umeda maupun Bic Camera di Namba memiliki barang-barang elektronik yang lebih lengkap, Nipponbashi juga punya tempat tersendiri buat kamu para pecinta kamera, handphone, maupun aneka barang elektronik. Beberapa toko elektronik yang bisa kamu kunjungi antara lain Joshin dan Sofmap.

Foto saat acara cosplay di Nipponbashi Osaka

Foto saat acara cosplay di Nipponbashi Osaka

Suasana jalan-jalan di Nipponbashi Osaka

Suasana jalan-jalan di Nipponbashi Osaka

2. Mencari barang-barang koleksi dan aneka mainan

Buat kamu pecinta manga (kartun Jepang) dan juga berbagai video game, Nipponbashi adalah surga buat kamu. Di sini ada toko Gundam berlantai 2 yang menjual aneka robot maupun miniatur Gundam, lalu ada toko Mandrake, Animate Osaka Nihonbashi, Gamers Namba Shop, dan Tora no Ana. Selain itu, ada beragam CD lagu dan film-film anime Jepang. Di akhir minggu kita juga bisa bergabung dalam acara-acara cosplay yang diadakan di sini. Meskipun bukan penggemar manga atau video-game, sejenak berjalan-jalan sambil berfoto di Nipponbashi Den Den Town Osaka bisa jadi pengalaman tak terlupakan juga.

3. Menyantap aneka makanan laut Kuromon Ichiba

Kuromon Ichiba adalah pasar lelang ikan di area Osaka, sering disebut daerah Minami, salah satu daerah “deep” di Osaka. Kuromon Ichiba juga dikenal dengan Black Gate Market atau Pasar Gerbang Hitam karena berada di pintu masuk gerbang hitam Kuil Emmeiji. Meskipun dikenal sebagai pasar lelang ikan (seperti Tsukiji Market di Tokyo), di sini kita bisa menemukan aneka bahan masakan, mulai dari buah dan sayuran, daging, kue-kue tradisional, dan juga aneka seafood. Dan, semuanya dengan harga yang bisa ditawar! Berjalan sedikit ke arah timur, kita bisa mengunjungi Doguyasuji dengan aneka restoran dan kedai makanan tradisional Osaka di sini. Beberapa menu makan tradisional yang patut teman-teman coba antara lain Takoyaki dan Shabu-shabu.

BBQ di Kuromon Ichiba Nipponbashi Osaka

BBQ di Kuromon Ichiba Nipponbashi Osaka

Yang tidak boleh terlewat adalah menu Kaisendon, yakni menu nasi putih hangat dengan potongan ikan tuna, cumi-cumi, scallop segar di atasnya. Wah, enaknya, apalagi saat ditambah dengan saos khas Jepang. Harga Kaisendon mulai dari 1.500 yen yang bisa dibagi untuk 2 orang.

Selain itu, buat teman-teman yang kurang suka menu ikan segar atau mentah, ada juga menu ikan bakar, daging wagyu, dan beragam olahan daging sapi di sini.

Akses ke Nipponbashi Osaka

Dari Stasiun Umeda, teman-teman bisa naik kereta subway Osaka Midosuji Line dan Osaka Sakaisuji Line dan turun di Stasiun Ebisucho. Setelah itu, bisa keluar melalui pintu 1A atau 1B menuju Den Den Town Nipponbashi. Lama perjalanannya sekitar 14 menit dengan ongkos 240 yen.

Dari Stasiun Namba, bisa naik kereta Nankai Main Line sampai Stasiun Tengachaya, dilanjutkan dengan kereta subway Osaka Sakaisuji Line sampai Stasiun Ebisucho. Lama perjalanannya sekitar 8 menit dengan ongkos 330 yen. Atau kita juga bisa berjalan kaki 10 menit dari kawasan Dotonbori Namba.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Zipang
1 km away
Hotel Zipang
from ‎¥1950/night
Hotel Sunplaza
1 km away
Hotel Sunplaza
from ‎¥2000/night
Picnic Hostel Osaka
2 km away
Picnic Hostel Osaka
from ‎¥3100/night
Nisshin Namba Inn
1 km away
Nisshin Namba Inn
from ‎¥6700/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Keitakuen Osaka
1 km away
Suasana Taman Keitakuen Osaka saat musim panas
Shinsekai
1 km away
Kawasan Shinsekai Osaka dan Menara Tsutenkaku
Umeda Sky Building
5 km away
Umeda Sky Building
Universal Studios
6 km away
Universal Studio Japan

Sumber gambar: Flickr jtabn99, GGG 3, Dean Chng, Liwei, Sven Pertermann


Recommended for you


Last modified: January 6, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (42)

  1. Selamat malam pak… saya berencana ke jepang tgl 30 april-7 mei.. tiba di kansai sktr jam 10.45 malam… hari 1 & 2 akan menginap di osaka di daerah matsuyamachi ( hari pertama keliling kota osaka & hari ke 2 ke USJ)… jari ke 3 akan ke kyoto (keliling kota kyoto) hari 4–7 akan ke tokyo (keliling kota tokyo & gn. Fuji) dan pulang dr haneda sktr pkl 23.00…. selama di osaka akan menggunakan amazing pass osaka 2 hari dan untuk yg lainnya selama di tokyo msh bungung untuk menggunakan jr pass atau ketengan saja… menurut anda lbh baik menggunakan apa ya pak?? Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau rutenya seperti itu berarti paling hanya sekali naik shinkansen. Tidak perlu membeli JR PASS bu. Salam

  2. halo lagi pak Chris,
    saya ada 4 hari 3 malam di osaka, tepatnya menginap di daerah shinsaibashi.
    hari pertama sudah habis stengah hari karena perjalanan dari hokkaido, jadi malamnya saya rencanakan untuk explore di shinsaibashi saja, nipponbashi, dan dotonburi area.
    yg ingin saya tanyakan
    1. untuk full 2 hari 2 malam, sebaiknya saya kemana saja ya?
    apakah memungkinkan jika ingin mengunjungi kyoto, kobe, nara?
    mohon rekomendasi bapak kota yang worth dikunjungi untuk musim ini, tpatnya tgl 1jan-4jan :)
    2. jika mengikuti rute dgn itin ini, apa sebaiknya saya membeli kyoto bus pass sharian? saya sih punya JR pak
    hari k4 pagi2 soalnya saya mau menuju shirakawa
    jadi total efektif day di osaka kyoto hanya 2 hari 2 malam full.
    terimakasih pak Chris,
    saya tunggu pencerahannya :)

  3. selamat malam pak christ, salam kenal. saya renc akan ke jepang tgl 10-22 des 17. tiba jam 06.00 via narita kembali jg via arita. renc saya :11-13 tokyo (tmsk disney sea) 13-14 toyama-shirakawago 14-18 osaka kyoto kobe (tmsk usj) 18-22 tokyo.
    pertanyaan saya:
    1. apakah sudah benar rute saya
    2. apakah sdh tercover semua dgn jr pass tanpa pakai transportasi yg lain? termasuk ke shirakawa bisa hanya menggunakan jr pass?
    3. dari narita ke tokyo dan sebaliknya sebaiknya menggunakan apa pak dgn biaya yg termurah?
    mohon maaf dgn banyaknya pertanyaan saya. mohon jawabanya pak. terima kasih

    • Veronica salu  |  

      Thanks pak atas infonya sangat membantu.. tp Saya mau tanya lagi pak.. :
      1. apakah ketika saya di osaka kyoto kobe dan shirakawa pergi ke tempat-tempat wisatanya bisa dgn jr pass atau hrs menggunakan akomodasi tambahan yg lain spt bis atau taxi?
      2. Klo dri toyama menuju osaka apakah bisa dgn jr pass langsung atau sy hrs dri tokyo dulu spy bisa pakai jr pass nya.
      3. Apakah sdh benar pak jika saya mengaktifkan jr pass pada hari ke3 pada saat mau ke toyama?
      Mohon jawaban keterangannya pak.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau tempat wisata di Osaka mungkin bisa dengan subway. Kalau di Kyoto harus dengan bus kota Kyoto. Kobe bisa dengan kereta dan bus.
      Untuk Shirakawago harus naik Nohi Bus dari stasiun Toyama atau Kanazawa (stasiun terakhir yang tercover dengan JR PASS).
      Dari Toyama bisa naik Hokuriku Shinkansen sampai ke Kanazawa, kemudian naik kereta ekspress thunderbird sampai ke Osaka.
      Ya bu JR PASS nya bisa diaktifkan sehingga mengakomodasi rute perjalanan kereta atau shinkansen yang jauh. Salam

  4. selamat pagi Pak. kalau saya menggunakan takayama hokuriku pass ini, dengan rute seperti ini:

    (saya tinggal di osaka daerah nipponbashi sta.)

    1. nipponbashi sta -> osaka / shin osaka (biaya sendiri)
    2. shin osaka / osaka -> Toyama -> Takayama -> Shirakawago -> Kanazawa (pakai pass Takayama hokuriku dengan keliling menggunakan bus)
    3. Kanazawa -> shin osaka / osaka (menggunakan pass Takayama hokuriku)
    4. shin osaka / osaka -> nipponbashi sta ( biaya sendiri)

    pertanyaannya:

    1. apakah menguntungkan menggunakan pass Takayama Hokuriku?
    2. apakah bisa dalam 1 hari saya menikmati wisata dari toyama – takayama – shirakawago – kanazawa 3. dengan menggunakan bus? (hanya melihat” dan photo stop)
    3. apakah rute dan cara yang saya pakai sudah benar?

    mohon infonya Pak. Terima kasih banyak sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya, kalau ada rute Osaka/ Kyoto – Kanazawa – Shirakawago, sudah akan balik modal dengan Takayama Hokuriku Pass.
      2. Toyama ibu mau melihat apa ya? Kalau lama mungkin jadi tidak keburu. Patokannya, ibu harus sampai di Takayama sebelum jam 11 siang, dan sampai di Shirakawago jam 16 sore, untuk kejar bus terakhir ke Kanazawa.
      3. Sudah benar. Kalau mau ke Toyamanya lebih lama, saya sarankan ibu stay 1 malam di Kanazawa atau Toyama sepulang dari Shirakawago, besoknya ke Toyama, baru kembali ke Osaka. Salam.

    • Saya rencana ikut bus wisata yg ad di web bapak untuk wisata di toyama, takayama,shirakawago, kanazawa.

      1. Apakah mungkin dalam 1 hari? Jika mungkin, saya hrs berangkat dari nipponbashi sta dari jam brp y agar keburu dalam 1 hari?
      2. Untuk wisata bus itu, ad banyak berhenti untuk photo stop dan keliling sebentar untuk melihat”? Atau hanya bisa liat pemandangan dari dalam bus saja?
      3. Kalau bulan juni saya masih bisa wisata ke alpine route Pak?

      Mohon infonya. Terima kasih

  5. selamat malam Pak. (menggunakan pass tokyo osaka hokuriku arch) saya menginap di dekat nipponbashi sta. saya rencana mau naik bus keliling toyama – kanazawa – shirakawa go – takayama.

    apakah saya bisa dari

    1. osaka (nipponbashi sta) ke Kanazawa
    2. di kanazawa saya naik bus untuk keliling shirakawa go – takayama – toyama dan akhirnya kembali ke osaka

    semua saya lakukan dalam 1 hari? dan apakah semua sudah tercover dengan menggunakan pass tokyo osaka hokuriku arch?

    jika tidak bisa dalam1 hari, apakah ada saran (mohon bantuan rute-nya)? mohon bantuannya Pak. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dengan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass, rute dari stasiun Nipponbashi sampai ke Shin Osaka/ Osaka dengan subway tidak tercover, begitu juga dengan bus ke Shirakawago dari Toyama/ Kanazawa, juga bus menuju ke Gokayama. Rute Tateyama Kurobe Alpine juga tidak tercover.
      Kalau melihat rutenya bisa kok bu dalam sehari. Itu ke Kanazawa, Takayama, Toyama ingin mampir dulu gak bu? Kalau berangkat kereta paling pagi dari Nippombashi, kemudian mampir di Shirakawago selama 80 menit, tiba jam 17.47 kembali di Nippombashi. Salam

    • Maaf pak. Kalau saya pakai takayama hokuriku pass juga bisa y? Karena saya startny dari osaka (nipponbashi) dan ingin main ke daerah kanazawa, shirakawago, gokayama, apline route gt.

      Pak.. boleh dijelaskn itu rute busny keliling tempat objek wisata di shirakawago, alpine route, gokayama gt? Atau hnaya melihat dri dalam bus saja? Dan busny itu ad terus? Atau hanya di jam tertentu saja? Saya agak bingung soalny.

      Mohon infonya Pak. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Silahkan berangkat dengan kereta paling pagi dari Stasiun Osaka, supaa bisa kekejar. Ibu bisa turun nanti di Kanazawa, lalu naik bus Nohi ke Shirakawago, Takayama, dan kembali ke Stasiun Kanazawa.
      2. Maaf bu, bus wisata yang mana ya? Apakah itu bus Nohi?
      3. Bulan Juni, Alpine Route sudah dibuka. Salam.

  6. Selamat malam Pak. kalau saya mau menggunakan pass ini,
    1. apakah bisa dari osaka (sta. nipponbashi) ke kanazawa, shirakawago, tateyama alpine, gokayama ?
    2. apakah untuk ke tempat wisata di kanazawa, toyama, kobe, kyoto sudah tercover dengan pass ini?

    mohon saran dan infonya terima kasih

  7. Dear Pak Nugroho,
    saya mau tanya,
    hari pertama saya di osaka, rencana ingin ke nara , osaka castle , namba, shinsaibashi, dotonbori.
    hari kedua ke osaka central fish market, instant ramen museum, dan sorenya ke kansai airport.
    bagusnya saya membeli card hariankah atau bagaimana ya pak?
    terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Sepertinya cukup kalau menggunakan ICOCA saja. Tidak ada pass kereta yang sesuai dan balik modal. Salam

  8. Hii, saya lie..
    Saya ada rencana ke jepang 9d8n tgl 5 sept sampai 13 sept 2017.. Flight detail 5 sept tiba di bandara kansai pukul 08.00 pagi dan pulang dari bandara kansai jam 15.30 sore..
    Rencana wisata ke osaka, kyoto, tokyo.. Bisa kasi saran kemn saja wisata yg bisa kita jelajahi selama 9 hr krn kita rencana 2 hari full day ke taman bermain di usj dan disneyland. Kasi saran donk jadwal tour dan transportasi nya selama di jepang. Kami rencana beli jr pass 7 hr dan sisanya 2 hari kami bingung pake transport apa di osaka selama 2 hari (tgl 7 dan 8 sept). Makasih infonya.

  9. apakah Osaka amazing pass sudah mencakup transport dari Kansai Airport ke Nippombashi Station? Atau perlu beli ketengan dari Kansai Airport ke Nippombashi Station?

  10. Ooh okay2 makasihh. Saya bingung karna cek di google maps banyak yg gak bisa pakai JR Pass.

    Saya mau tanya lagi yah hehee.
    Nanti saya menginap di Shin-Osaka, lalu mau jalan2 ke Kyoto 2 hari (pp naik shinkansen). Rencana saya, rutenya sperti ini:

    Hari 1
    Nishiki Market
    Kiyomizu Dera
    Fushimi Inari

    Hari 2
    Kinkakuji Temple
    Arashiyama
    Gion

    Apakah rute nya sudah benar? Dan smuanya bisa pakai JR Pass? Mohon infonya yah, pak. Makasih banyakk :)

    • Nugroho Christian  |  

      Rutenya sudah benar, namun lebih baik seperti ini:
      Hari 1
      Fushimi Inari (tercover JR Pass dengan JR Nara Line dari Stasiun Kyoto)
      Nishiki Market
      Kiyomizu Dera
      Gion

      Hari 2
      Kinkakuji Temple
      Arashiyama (tercover JR Pass, naik kereta JR Sanin Line dari Stasiun Kyoto)

      Sisanya tidak tercover dengan JR Pass, kamu bisa beli tiket ketengan aja. Salam.

    • Hanna The  |  

      Oh gituu. Ternyata banyak juga ya tmpt yg gak tercover jr pass. Tp sebenarnya tetap untung yah beli jr pass kalau pp dr haneda dan jalan2 ke osaka kyoto?

      Hari 1 dibuat sepadat itu jadwalnya keburu yah, pak?

    • Hanna The  |  

      Ooh okayy2. Makasih banyak infonya yah, pak. Saya susun ulang itinerary nya deh :) Sangat membantu, makasiiiihhh.

    • Hanna The  |  

      Selamat malam, pak Nugroho. Maaf mau tanya lagi.. saya habis baca2 info kyoto di beberapa postingan bapak. Saya lihat ada info kalau Kiyomizu Dera sedang di renovasi? Apa msh bisa dikunjungi? Atau lebih baik di skip saja krn view nya tidak bagus? Lalu, kalau saya ber5, mana yg lebih efisien dan hemat di kyoto yah..free pass 500¥, atau naik taxi?

    • Nugroho Christian  |  

      Masih bisa dikunjungi, tapi hanya aula utamanya sedang direnovasi. Keliling Jepang dengan naik taksi tidak saya rekomendasikan kecuali kalau memang Hanna punya banyak uang untuk dihabiskan. Silahkan menggunakan One Day Bus Pass, atau kalau hanya sedikit tempat yang dikunjungi bisa membeli tiket kereta ketengan atau dengan ICOCA. Salam.

  11. Halo, pak Nugroho..

    Kalau liburan di Osaka dalam 1 hari rencananya mau ke:
    1. Osaka Castle
    2. Kuromon Ichiba Market
    3. Shitennoji Temple
    4. Shinsekai
    Apakah rute diatas sudah benar? Dan mohon infonya apakah smuanya bisa pakai JR Pass?
    Thanks a lot :)

    • Nugroho Christian  |  

      Sudah benar, Osaka Castle bisa naik kereta JR turun di Stasiun Osakajokoen, lalu ke Shinsekai (ke stasiun Shinimamiya, dengan kereta JR) lalu jalan kaki ke Kuromon Ichiba Market (dekat stasiun kereta Subway yakni Stasiun Ebisucho), dan terakhir ke Kuil Shitennoji dekat stasiun Tennoji, dengan kereta JR. Salam.

  12. Siang pa, kl sy membeli osaka amazing pass apakah tiket dr kansai airport ke nipponbashi station sudah tercover? Krn sy menginap di hotel daerah nipphombashi. Pertanyaan ke 2: mana yg lebih baik naik kapal gozabune atau nakanoshima night cruise atau osaka suijyo bus temmabashi? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak Ria, Osaka Amazing Pass hanya mengcover kereta subway dan kereta JR di wilayah kota Osaka saja. Perbandingannya kalau naik kapal gozabune hanya melihat Osaka Castle, sementara Osaka suijyo bus temmabashi kita bisa menikmati keindahan pemandangan tempat-tempat wisata di sekitar Nakanoshima Island, Temmabashi (jauh lebih romantis). Salam.

  13. Saya tiba di osaka jam 9 pagi dan rencana hari 1 keliling osaka. rencananya ke rinku fo, foto di universal studio, osaka castle, nakanoshima river cruise dan malam ke shinsaibashi. saya menginap di daerah nippombashi. hari kedua rencana ke kyoto. ke arashiyama, fushimi inari, kiyomizudera. dan kembali ke osaka. malamnya kembali ke kansai airport karena akan melanjutkan penerbangan ke sapporo.kira-kira kartu apa yang cocok untuk dibeli. terima kasih.

  14. Selamat siang,

    Mohon masukannya terkait itinerary selama saya di jepang (4 Nop-13 Nop):
    4Nop : Kansai, Umeda Sky Bld, Osaka Castle, Nippombashi & Namba
    5Nop : USJ
    6Nop : Kyoto, Arashiyama, Kinkakuji, Nishi, Gion
    7Nop : Odawara, Hakone, Gotemba
    8Nop : Gotemb, Fuji Lake, Odawara, Tokyo, Hotel Asakusa
    9Nop : Asakusa, Ueno park, Harajuku, Tokyo Tower
    10Nop: Kanazawa, Shirakawago
    11Nop: Shibuya, Ginza, Shinjuku Gyoen Park, Fujiko Museum
    12Nop :Tokyo Disney Sea, Asakusabashi
    13Nop : Back to JKT

    Pertanyaannya :
    1) Apakah itinerary nya sudah betul rutenya?
    2) Jika ingin menambahkan kunjungan ke Mesjid Chami Tokyo, sebaiknya saya masukan ke trip Day tgl brp?
    3) Apakah perlu membeli JR Pass, karena rencananya saya ingin menggunakan shinkansen dari (Osaka-Kyoto, Kyoto-Odawara, Odawara-Tokyo, Tokyo-Kanazawa (Shirakawago) & Kanazawa-Tokyo. Jika harus beli JR Pass, tipe JR Pass mana yang harus saya pilih.
    4) Saat di area Fuji & Hakone, apakah lebih baik beli Hakone free pass atau Fuji-Hakone Free Pass

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Sore Renan,
      1. USJ sebaiknya ditaruh di hari pertama (4 Nop) supaya JR Pass 7 hari bisa efektif dipake dari tanggal 5-11 Nop.
      2. Mesjid Tokyo Camii terletak di daerah Shibuya, paling tepat ditaruh di tanggal 11 nop.
      3. Ya, sebaiknya membeli JR Pass 7 hari seharga 29.020 yen, karena bisa mengcover semua perjalanan termasuk ke Shirakawago dan Odawara.
      4. Tidak perlu, karena tidak akan balik modal. Cukup gunakan JR Pass saja, lalu beli tiket Hakone Tozan atau bus menuju Gotemba dan Fuji Lake.
      Salam.

  15. Elinar Heryawan  |  

    Haii salam kenal. Saya besok akn brgkt ke Jpg 8-18 Juli. Saya msk dari Osaka dan keluar dari Tokyo Haneda. Plan saya tgl 9-11 saya muter di Osaka standard lah Osaka Castle, umeda, dotonbori, universal studio, namba, shinsaibashi, dendentown,shitenoji temple. Tgl 11 saya pindah ke Kyoto. Standard Fushimiinari, Gion, Kyozimidera, arashiyama. Di kyoto sampai tgl 13 mlm. Karena 13 mlm saya naik whiller ke Tokyo (whiller sdh beli dari jkrta). Tgl 14-16 saya di Tokyo dan whiller bus nya sampai di Disneyland station. Brhbg blm bs check in saya akn explore Tokyo dl trmsk ke Odaiba, asakusa, akihabara, shinjuku, tokyo sky tree, shibuya, harajuk, lake kawaguchiko. Tgl 16 mlm saya balik ke Jkrta via Haneda. Jd pass apa yg sebaiknya saya gunakan utk explore sesuai plan saya diatas? Oh ya saya sdh punya Pasmo baru diisi 1000 yen saja tapi krna itu titip dari tmn jd struk pembeliannya tdk ada, apa bisa juga direfund depositnya tnpa struk?? Trma ksh sblmnya…

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau plannya seperti itu tidak perlu pakai free pass (karena hanya mengelilingi kota Osaka, Kyoto, dan Tokyo).
      Mau tanya ke danau Kawaguchi-ko naik apa? Apakah naik bus atau kereta? Kalau naik bus berarti cukup pakai Suica/ Pasmo, tapi kalau naik kereta bisa pertimbangkan menggunakan Tokyo Wide Pass.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!