Liburan di Kyoto

You are here Home  > Tips Wisata >  Liburan di Kyoto

Rencana liburan di Kyoto? Tapi bingung mau pergi ke mana? Sayang sekali sudah jauh-jauh ke Jepang dan menghabiskan waktu, uang dan tenaga, tapi tidak sempat mengunjungi tempat wisata yang diinginkan. Untuk itulah Tim Info Jepang hadir dengan informasi tempat wisata Jepang yang terlengkap dan teraktual, berisi kegiatan-kegiatan seru dan foto-foto pemandangan tempat wisata. Dalam artikel kali ini, Tim Info Jepang ingin berbagi informasi tentang wisata di kota Kyoto. Khusus mengenai kota Kyoto, Tim Info Jepang mendapatkan banyak pertanyaan mengenai tujuan wisata favoritnya dan bagaimana akses ke masing-masing tempat wisata. Berikut adalah info mengenai 7 wilayah kota Kyoto sebagai gambaran awal liburan di Kyoto dan Jepang.

1. Area Stasiun Kyoto

Akses ke area ini adalah yang paling mudah karena bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik bus satu kali dari Stasiun Kyoto. Beberapa objek wisata terkenal di area ini antara lain, Kuil Nishi Honganji, Kuil Higashi Honganji, Taman Shoseien, Kyoto Tower, Kuil Tofukuji, Kuil Fushimi Inari Taisha, Kuil Toji, Taman kota Umekoji, Museum Kereta Kyoto, dan Akuarium Kyoto. Di area ini juga terdapat banyak hostel dan hotel capsul murah buat kamu yang ingin menghemat biaya penginapan selama liburan di Kyoto.

Ada juga Kompleks Kuil Imakumano Kannonji, Sennyuji, Zennoji, Unryuin, Kuil Sanjusangendo, dan Kuil Chisakuin.

2. Area Timur Kyoto

Area ini terletak di sebelah timur kota Kyoto, dengan Kuil Kiyomizudera adalah tempat wisata yang paling terkenal. Area ini menjadi area favorit liburan di Kyoto, dan bisa diakses dengan mudah naik bus kota Kyoto atau jalur kereta dan subway kota Kyoto dengan stasiun terdekat Kiyomizu Gojo, Gion Shijo atau Kawaramachi di pusat kota. Tempat wisata yang terkenal antara lain: Kuil Kiyomizudera, jalanan kota Sannenzaka dan Ninenzaka, Kuil Yasaka, Kuil Chionin, Taman Maruyama, pusat distrik Gion, Kuil Kodaiji, area perbelanjaan Shijo Kawaramachi.

Tempat wisata yang lain misalnya Pondokan Murinan, Taman Entokuin Teien, Kuil Ryozen Gokoku Jinja, Kenninji, dan Kuil Shorenin.

3. Area Timur Laut Kyoto

Ini adalah area dengan kuil bersejarah terbanyak di Kyoto dan Tim Info Jepang selalu menganjurkan untuk mengunjungi daerah ini sewaktu pergi ke Kyoto. Aksesnya juga mudah menggunakan kereta atau bus wisata kota Kyoto. Tempat wisata yang terkenal antara lain Kuil Sanmon dan Tenjuan, Suirokaku di kompleks Kuil Nanzenji, Kuil Eikando, Kuil Heian Jingu, Kebun Binatang Kyoto dan Museum Seni kota Kyoto, Kuil Ginkakuji, dan jalan Tetsugaku No Michi yang menjadi favorit sewaktu musim semi di Kyoto

Jalan Tetsugaku no Michi waktu Liburan di Kyoto

Jalan Tetsugaku no Michi waktu Liburan di Kyoto

4. Area utara Kyoto

Terletak di pegunungan utara kota Kyoto, kita musti naik kereta sampai Stasiun Demachiyanagi dan dilanjutkan naik kereta Eizan sampai ke pegunungan. Lokasinya yang sangat dekat dengan pegunungan di utara Kyoto, memberikan pemandangan dan suasana yang sangat berbeda dengan suasana kota yang sangat padat dengan wisatawan. Daerah ini cocok bagi kamu yang mengunjungi kota Kyoto untuk kali kedua atau memiliki waktu luang liburan di Kyoto. Tempat wisata yang terkenal antara lain Kuil Kifune dan Kuil Kurama.

Tempat wisata yang lainnya antara lain Kuil Sanzenin, Kuil Jikkoin, Kuil Hosenin, dan Kuil Jakkoin di daerah pegunungan Ohara.

Jalan ke Kuramadera waktu Liburan di Kyoto

Jalan ke Kuramadera waktu Liburan di Kyoto

5. Area Barat Laut Kyoto

Untuk bisa mencapai area ini kita perlu naik bus 2 atau 3 kali. Cocok dikunjungi setelah mengunjungi wilayah lainnya. Kuil Paviliun Emas Kinkakuji adalah ikon wisata area ini. Beberapa tempat wisata lain yang terkenal antara lain Kuil Ryoanji, dan Kuil Kitano Tenmangu.

Danau di kompleks Kuil Ryoanji

Danau di kompleks Kuil Ryoanji

Tempat wisata yang lainnya misalnya Kuil Tojiin, Kuil Daitokuji, Kuil Imamiya, Kuil Ninnaji, Kuil Koryuji, Kuil Kurumazaki Jinja.

6. Area Barat

Area barat mungkin adalah yang paling ramai di Kyoto, namun sangat jarang dijelaskan di Indonesia. Objek wisata yang paling terkenal adalah Arashiyama yang terkenal dengan jembatan Togetsubashi dan hutan bambunya yang telah mendunia. Pemandangan musim gugur yakni momiji di tempat ini juga adalah yang paling terkenal di Kyoto. Akses menuju ke area barat Kyoto ini juga sangat mudah karena ada 3 jalur kereta menuju ke Arashiyama dan beberapa trayek bus wisata kota Kyoto. Tempat wisata yang terkenal adalah Kuil Tenryuji, Arashiyama, jalur kereta wisata Sagano.

Kuil-kuil bersejarah lainnya antara lain Chikurin, Nonomiya Jinja, Ookouchi Sanso, Jojakkoji, Nison-in, Gioji, Adashino Nenbutsuji, Kyusagagosho Daikakuji, Seiryoji, Hokyoin, dan Kuil Enrian. Kuil-kuil ini letaknya berdekatan sehingga sangat cocok jika ingin libur di Arashiyama. Kita juga bisa naik rakit menyusuri sungai Hozukawa sambil melihat pemandangan musim gugur di pegunungan Arashiyama seperti gambar di bawah ini.

Pegunungan Arashiyama waktu Liburan di Kyoto

Pegunungan Arashiyama waktu Liburan di Kyoto

7. Area Pusat Kota Kyoto

Area pusat kota Kyoto memiliki objek wisata terkenal seperti Istana Nijo, Kyoto Imperial Palace, Kuil Shimogamo, dan pusat jajanan Nishiki Market. Tempat ini juga menjadi pusat festival kota Kyoto dan terdapat banyak hotel-hotel tarif sedang di sini. Aksesnya mudah bisa naik kereta subway dan bus untuk menuju ke Stasiun Kyoto dan area-area sekitarnya.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Hyatt Regency Kyoto
from ¥31812/night
Sakura Terrace The Galler
from ¥10589/night
APA Hotel Kyoto-eki
from ¥7534/night
New Miyako Hotel
from ¥17000/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber: Flickr Luca Mascaro, Kyoto-Picture, Elena Gabrielli, miss vichan


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: July 25, 2016

Comments (10)

  1. Selamat malam mas nugroho, tanya lagi tolong yaaa..

    jadi ini itin saya..
    – Kyoto tower
    – Fushumi Inari free
    – Daigoji Temple
    – Kiyomizudera temple (wajib)
    – Chion in , Maruyama Park (wajib)
    – Heian Shrine Park (wajib)
    – Ginkakuji temple, Philosopher’s Path

    kalau dilihat di maps… rute nya diawali dari stasiun kyoto ke fushumi inari dan berakhir di ginkakuji temple.
    bisa tolong dijelaskan naik transport apa aja ya?

    soalnya saya udah ubek2 di infojepang.net, ngga ada yg itin nya sama kayak saya, di goggle juga.
    saya mau nya nerus gitu, jadi dari kyoto station, lanjut ke fushumi inari naik JR nara line. abis itu ke daigoji, abis itu ke kiyomizudera, abis itu ke chion in, ke heian , baru terakhir di Ginkakuji.

    itu itin saya susun sendiri berdasarkan liat di maps, lokasi nya searah soalnya.

    apa bisa terusan kayak gitu? apa memang harus bolak balik ke kyoto station lagi kah?
    habis dari fushumi, balik ke kyoto stat, trus ke daigoji, terus balik lagi ke kyoto stat?

    apa harus kayak gitu?
    makasih yaaa

    oya mohon sekali lg detil transportnya.
    trimakasih sekaliii

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Memang untuk rute yang bapak inginkan bukan rute favorit pak, makanya mungkin belum masuk. Tapi nanti akan coba kami tambahkan.
      Khusus untuk ke Fushimi Inari dan Kuil Daigoji, memang paling mudah bapak kembali ke Stasiun Kyoto dahulu. Setelah dari Daigoji, bisa naik kereta Tozai sampai Stasiun Sanjokeihan, jalan kaki ke Stasiun Sanjo, lalu naik kereta Keihan sampai Kiyomizu-Gojo. Lalu Kiyomizudera-Chionin-Heian, bisa ditempuh dengan naik naik bus #100 atau jalan kaki menyusuri Sannenzaka dan Ninenzaka.
      Jadi kasarnya begini pak, Kyoto Tower-Stasiun Kyoto-Stasiun Inari-Fushimi Inari-Stasiun Kyoto-Stasiun Daigo-Kuil Daigoji-Kiyomizugojo-Chionin-Maruyama-Philosopher Path-Ginkakuji. Salam.

  2. Dear Mas Nugroho,

    Mau nanya..
    Rencana saya mau trip Jepang 6 hari 5 malam, Tiba di Kansai pulang lewat Narita, rencana hari pertama tgl 2 tiba di Osaka pagi tidak bermalam, malamnya langsung ke Kyoto, tanggal 4 sd tgl 7 di Tokyo..
    Boleh dibantu itinerary yg sesuai seperti apa? Dan cara dr Osaka ke Kyoto pada malam hari bagaimana ya?

    Terima Kasih mas Nugroho buat informasi yg akan diberikan..

    Regards,

    • Dear mas Nugroho,

      Rencana saya Osaka-Kyoto-Tokyo

      Saya tiba di bandara Kansai, mau ke osaka dr bandara kansai naik apa ya? Trus utk keliling osaka seharian better beli Osaka One Day Pass atau Osaka Amazing Pass?

      Malamnya Rencanany ke Kyoto..
      Naahh, menurut mas Nugroho, nginepnya better di Osaka atau Kyoto?
      Dr Osaka ke Kyoto naik apa ya?

      Utk keliling Kyoto cuma perlu beli One Day Pass Bus aja? Atau perlu beli Pass yg lain utk keliling Kyoto?

      Dr Kyoto ke Tokyo klo ga punya JR Pass mending naik willer bus ya mas?

      Mohon infonya ya mas Nugroho..
      Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Ria, dari Bandara Kansai (KIX) silahkan naik kereta Nankai sampai stasiun Namba atau kereta Haruka sampai Stasiun Osaka. Untuk keliling Osaka, tergantung tempat-tempat yang kamu mau kunjungi, karena ada potongan harga tiket masuk yang bisa menghemat liburan kamu. Baca lengkapnya di tulisan Free Pass di Osaka.
      Sama saja untuk menginap. Kyoto lebih ke arah bangunan atau kuil bersejarah, Osaka lebih ke arah modern dan night life. Namun sebagai catatan, berarti seharian kamu mau keliling Osaka bawa koper ya?
      Kalau mau mengelilingi minimal 3 tempat wisata di Kyoto, kamu bisa menghemat dengan membeli bus pass Kyoto.
      Sebagai perbandingan, willer bus Kyoto Tokyo harganya 5.000-6.500 yen (8-10 jam), sementara kereta Shinkansen 13.000 yen (2.5 jam). Kamu bisa pilih yang murah tapi agak cape atau yang cepat namun mahal. Pengalaman naik shinkansen worth it kok 🙂

    • Makasih mas Nugroho respon cepatnyaa 😊

      Hahaha, ga kepikiran kopernya (For the first time jalan2 sendiri)

      Berarti baiknya dr Kansai airport ke Osaka Station dl ya mas? Taro koper di Osaka stasiun krn kan malemnya naik JR Kyoto Line ke Kyoto ya? Dr osaka stasiun baru keliling Osaka seharian..

      Utk Kyoto ke Tokyo berarti better naik JR ya? Nanti di Tokyo rencananya juga mau beli JR Tokyo Wide Pas 3 hari 10.000 yen..

      Klo gitu apa mending beli JR Pass aja buat Osaka, Kyoto, Tokyo yg 7 hari? Pengen yg ekonomis tp ga buang banyak waktu, hahaha

      Makasih Maasss.. 😊

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!