Pemandangan Musim Dingin di Hokkaido

You are here Home  > Musim di Jepang >  Pemandangan Musim Dingin di Hokkaido

Liburan musim dingin ke Jepang? Hokkaido mungkin adalah pilihan terbaik. Itu karena selalu ada salju di Hokkaido. Di beberapa tahun terakhir, beberapa tempat wisata dan resort ski yang biasanya dipenuhi salju dari bulan Desember, jadi sering terlambat dan salju baru menumpuk bulan Januari. Kalaupun hujan salju turun, di beberapa tempat salju akan langsung mencair sehingga banyak yang menggunakan salju buatan. Ini mungkin pengaruh pemanasan global. Tapi jika teman-teman pergi ke Hokkaido di musim dingin untuk melihat atau bermain salju, maka pasti akan ada salju tebal di Hokkaido. Seperti apa pemandangan musim dingin di Hokkaido dan tempat-tempat mana saja yang wajib dikunjungi di Hokkaido? Simak informasi lengkap Tim Info Jepang berikut.


Hokkaido shiretoko kushiro

Jalur kereta Sapporo-Asahikawa-Abashiri-Shiretoko-Kushiro

1. Festival Salju Sapporo (Sapporo Yuki Matsuri)

Setiap tahun di awal bulan Februari, tim dari seluruh dunia berkumpul di Taman Odori di Sapporo dengan sekop, gergaji besi, dan pemecah es. Balok-balok es berukuran raksasa diubah menjadi pahatan es bunga-bungaan, hewan besar seperti hiu dan paus, atau karakter-karakter terkenal di televisi. Dan lebih dari 2 juta pengunjung datang ke Taman Odori untuk melihat festival salju di Sapporo setiap tahunnya. Tidak heran, festival ini disebut-sebut sebagai salah satu festival musim dingin paling terkenal di Jepang.

Suasana Sapporo Illumination : Pahatan dari es

Festival salju di Taman Odori Sapporo

2. Parade Hewan di Kebun Binatang Asahiyama

Kebun Binatang Asahiyama adalah kebun binatang terbesar di Jepang juga yang terunik, karena kita dapat mengamati hewan dengan dekat dan dari berbagai sudut dalam habitat asli hewan-hewan tersebut. Di musim dingin, kita bisa melihat beruang kutub, anjing laut, singa laut yang bermain-main di salju yang putih. Pada waktu-waktu tertentu kita juga bisa melihat parade pinguin seperti foto di bawah ini. Pengalaman ini tentu hanya bisa dilihat di Hokkaido saat musim dingin.

Musim Dingin di Hokkaido: Kebun Binatang Asahikawa

Musim Dingin di Hokkaido: Kebun Binatang Asahikawa

3. Menikmati Pemandangan Musim Dingin Nan Tenang di Kota Tua Hakodate

Hakodate di selatan Hokkaido juga punya pemandangan musim dingin yang bagus. Di malam hari saat musim dingin, mulai bulan November sampai Maret, akan diadakan iluminasi musim dingin dengan pusat di Motomachi dan bukit Hachimanzaka. Pohon-pohon, bangunan seperti gereja, kuil, bangunan umum, serta rumah-rumah penduduk sepanjang jalan akan dihiasi lebih dari 50 ribu lampu-lampu.

Musim Dingin di Hokkaido: Hakodate

Musim Dingin di Hokkaido: Hakodate

4. Berpetualang wisata alam di Semenanjung Shiretoko

Taman Nasional Shiretoko akan ditutup untuk kendaraan dalam musim dingin karena tebalnya salju di sana. Namun dengan panduan dari guide khusus daerah Shiretoko, teman-teman justru bisa menyusuri daerah-daerah yang tidak bisa dijangkau di musim lain, seperti sungai atau danau yang membeku di musim dingin. Bahkan ada juga yang mencoba masuk ke dalam lapisan es dan mencoba berendam di danau yang membeku. Seru nih kayaknya! Namanya Ryuhyo Walking dan perjalanan bisa dimulai dari Utoro. Tapi ingat, jangan lupa bawa baju kering dan jaket tebal ya!

Musim Dingin di Hokkaido: Shiretoko

Musim Dingin di Hokkaido: Shiretoko

5. Menyusuri Daerah Tak Terjamah: Naik Kapal Pemecah Es Aurora

Ada banyak kegiatan seru di Abashiri saat musim dingin, salah satunya adalah menaiki kapal pemecah es Aurora menuju Laut Okhostk. Kita bisa melihat dunia putih di mana salju turun dan menyusuri lautan biru membeku dan memutih. Derak-derak mesin pisau penghancur es juga terdengar kokoh di antara kesepian Laut Ohotsk. Dan kalau beruntung kita bisa berpapasan dengan beruang kutub atau anjing laut di lautan beku Ohotsk. Suatu pengalaman yang tidak dapat ditemukan di belahan bumi lainnya! Informasi selengkapnya bisa dibaca di artikel berikut: Wisata di Abashiri Hokkaido.

Musim Dingin di Hokkaido: Abashiri

Musim Dingin di Hokkaido: Abashiri

6. Salju Abadi di Hokkaido: Pegunungan Daisetsuzan

Pegunungan Daisetsuzan terletak di bagian tengah-tengah Hokkaido dan memiliki banyak gunung dan bukit-bukit di sekitarnya yang menjadi resort ski dan seluncur yang terkenal. Pemandangan musim dingin di tempat ini juga merupakan salah satu yang terbaik di Hokkaido.

Musim Dingin di Hokkaido: Pegunungan Daisetsuzan

Musim Dingin di Hokkaido: Pegunungan Daisetsuzan

7. Seperti di Dunia Lain: Pemandangan Danau Mashu di Kushiro

Danau Mashu di daerah Kushiro Hokkaido terkenal dengan air danau yang biru dan pepohononan hijau yang lebat di sekelilingnya saat musim semi dan musim panas. Namun di musim dingin, seluruh pepohonan tertutupi salju putih. Air danau Mashu juga membeku, menjadikan pemandangan musim dingin di sini menjadi yang langka dan paling ditunggu di Hokkaido.

Musim Dingin di Hokkaido: Danau Mashu Kushiro

Musim Dingin di Hokkaido: Danau Mashu Kushiro

Artikel terkait wisata ke Hokkaido (selengkapnya)

Kamifurano

Pesona dan keindahan alam Hokkaido sudah terkenal hampir di seluruh dunia. Bagaimana cara keliling tempat-tempat wisata Hokkaido dengan hemat? Berikut rahasianya.

Istana Osaka di Festival musim salju Sapporo

Salah satu festival musim dingin terbesar di Jepang adalah festival salju Sapporo, yang berlangsung selama 7 hari di Tsudome, Susukino, dan Odori Park di pusat kota Sapporo, Hokkaido Jepang. Tiap tahunnya lebih dari 2 juta orang datang ke festival ini.

Panorama malam Gunung Hakodate

Gambar di bawah ini adalah foto pemandangan dari Gunung Hakodate-san di Hokkaido. Tempat ini sudah menjadi tempat favorit pertama pilihan turis asing maupun turis domestik selama...

Musim Dingin di Hokkaido: Kanal Otaru

Informasi tempat wisata di Hokkaido dengan pemandangan musim dingin yang indah: Sapporo, Asahikawa, Hakodate, Shiretoko, Abashiri, Kushiro, Daisetsuzan.

Fort Goryokaku di musim dingin

Setiap tahun mulai dari akhir bulan November hingga akhir Februari, sepanjang musim dingin, kolam air di bagian luar benteng Fort Goryokaku akan dihiasi lebih dari 2000 lampu pijar yang akan menerangi langit malam.

Kali ini kita akan melihat satu lagi tempat penginapan favorit di Hokkaido, Jepang. Tempat penginapan ini namanya Zawa-zawa Mura atau Desa Zawa-zawa di Hokkaido Tengah. Berada sekitar 10 menit dari


8. Suasana Tenang Musim Dingin di Taman Nakajima Sapporo

Taman Nakajima di Sapporo mungkin tidak setenar Taman Odori di pusat kota yang menjadi pusat perayaan Festival Salju di bulan Februari. Namun, pemandangan Taman Nakashima tidak kalah dengan Taman Odori. Suasananya yang nyaman dan tenang, aksesnya yang mudah dengan kereta subway 10 menit, membuat tempat ini jadi tempat rahasia dengan pemandangan musim dingin yang bagus di Hokkaido.

Musim Dingin di Hokkaido: Taman Nakashima Sapporo

Musim Dingin di Hokkaido: Taman Nakashima Sapporo

Cheap Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Sunroute Sapporo
Hotel Sunroute Sapporo
from ¥9180/night
Dormy Inn Premium Otaru
Dormy Inn Premium Otaru
from ¥22706/night
Nest Hotel Sapporo
Nest Hotel Sapporo Ekimae
from ¥7958/night
Hotel Sonia
Hotel Sonia
from ¥20584/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Maruyama
Musim gugur di Taman Maruyama
Jozankei Onsen
Jozankei Dam di musim gugur
Pabrik Shiroikoibito
Bangunan Pabrik Shiroikoibito
Taman Odori
Taman Odori di Sapporo

Sumber gambar: Flickr Sabrinadai, 不憂照相館, Hajime NAKANO, T.CSH, mingyang su, Tony Lin, hayami, daita saru

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: September 24, 2016

Close Comments

Comments (2)

  1. Halo,
    Saya berencana akan ke Hokkaido (stay di sapporo) d awal Jan 2017. Waktu visit kebetulan hanya 2 hari saja dan berencana mengunjungi arae Biei dan Niseko. Tiket perjalanan dan hotel kebetulan akan diurus sendiri.
    Apakah bisa dibantu Plan-day tour ke 2 lokasi tersebut?
    Apakah ada lokal tour dr kota sapporo?
    Apa yang harus saya lakukan?

    Thanks ya.

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!