Tips dan Trik Mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea

You are here Home  > Tips Wisata >  Tips dan Trik Mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea

Tidak dapat dipungkiri, taman bermain Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea adalah ikon wisata paling dinanti di Jepang, bersama dengan Gunung Fuji, Tokyo Tower, dan Tokyo Skytree. Tidak heran, lebih dari 50 ribu pengunjung datang ke tempat ini setiap harinya bahkan bisa meningkat di musim liburan (Golden Week, liburan musim panas, atau saat ada event spesial). Harga tiketnya yang lumayan mahal, yakni 7.400 yen atau hampir 900 ribu rupiah tidak menyurutkan antusiasme wisatawan (termasuk wisatawan dari Indonesia) untuk menjajal keseruan dan pemandangan di area Tokyo Disneyresort Jepang ini. Berikut ini tips dan trik mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea yang sudah Tim Info Jepang rangkum dari pengalaman pribadi maupun melalui layanan Tour Guide Online Info Jepang. Kamu boleh mencobanya saat mengunjungi arena Tokyo Disneyresort Jepang untuk menyusun strategi perang daftar itinerarymu.

Tips dan Trik dari Tim Info Jepang (Jangan kasih tahu siapapun!)

Tiba di sini sedekat mungkin dengan jam buka taman bermain. Taman bermain akan dibuka pada jam 09.00 pada hari biasa, dan jam 08.00 untuk akhir pekan dan saat hari libur di Jepang. Kalau kamu sempat berpikiran, “Ah, gapapa dateng lewat 15 atau 30 menit, tidak ada perbedaan kok,” adalah sebuah kesalahan besar dan berujung pada penyesalan karena tidak bisa mencoba beragam permainan karena waktu mengantrinya yang sudah terlampau lama. Kalau datang siang bahkan sore hari dapat dipastikan kamu tidak dapat mencoba beberapa wahana favorit dan seru di sini. Bahkan bisa dibilang masih untung jika bisa menjajal wahana-wahana yang tidak seru atau sepi pengunjung.

Pengalaman Tim Info Jepang, waktu terbaik untuk tiba atau datang di arena Tokyo Disneyland atau Tokyo DisneySea adalah 1 jam sebelum taman bermain dibuka. Bisa jam 7 pagi saat akhir pekan, atau jam 8 pagi saat hari kerja. Terlalu cepat datang akan membuat kita bosan dan lelah sebelum bermain. Tapi terlalu lama berarti persiapan untuk menyesal. Ini faktanya: Semakin dekat kita bagian pintu masuk, semakin besar juga kemungkinan kita untuk mendapatkan fastpass Toy Story Mania!, Tower of Terrors, dan Monsters, Inc. Ride and Go Seek!–tiga wahana terfavorit dengan waktu antri 3-4 jam.

Antrian pengunjung di Tokyo Disneyland

Antrian pengunjung di Tokyo Disneyland

Terdengar aneh? Memang. Banyak pengguna Tour Guide Online maupun teman-teman lain yang kami temani mengunjungi Tokyo Disneyresorts berkata, “Ah, ngapain cape-cape dateng cepat, ngantri. Kita ke sini kan buat liburan, bukan buat lomba atau berkompetisi.” Memang benar, itu pilihan teman-teman. Hanya saja, dengan waktu yang sangat terbatas dan terasa cepat berlalu (ini beneran!) akan banyak penyesalan atau umpatan sebal karena tidak sempat mencoba wahana-wahana seru.

Beli tiket terlebih dahulu sebelum datang. Percaya deh, hampir tidak ada antrian di loket pembelian tiket (kalaupun ada, antriannya sangat pendek <5 orang). Semua orang sudah membeli dan mencetak tiket masuk dan langsung mengantri di depan pintu putar. Cara membeli, mencetak, dan melipat tiket bisa dibaca di halaman ini. Kita juga bisa membelinya melalui melalui agen-agen perjalanan. Trik dari Info Jepang: kalau teman-teman belum mempunyai tiket dan berencana akan membelinya di loket, dan kebetulan bersama dengan teman atau pasangan, bagilah peran. Satu mengantri, dan yang lainnya membeli tiket.

Yang perlu dibawa ke Disneyland atau DisneySea. Pertanyaan paling mendasar namun paling penting yang hampir selalu ditanyakan oleh pengguna Tour Guide Online Info Jepang. Yang perlu teman-teman bawa adalah: tas selempang berukuran kecil berisi dompet, paspor, air minum, handphone dan WiFi, dan payung. Pastikan tas ini cukup kecil dan tidak merepotkan kita saat ingin menjajal wahana-wahana permainan. Tas berukuran besar lebih baik disimpan di loker di pintu masuk (lagi, lebih baik bawa seperlunya agar tidak membuang waktu untuk sewa loker). Khusus air minum, jika ingin menghemat, bisa bawa beberapa botol air minum. Harga air minum kemasan 600 ml di dalam Disneyland atau DisneySea dijual seharga 500 yen, cukup mahal ya…

Gunakan single rider line. Buat kamu yang bepergian sendiri atau ingin bermain sendiri ketimbang bersama dengan teman-teman yang lain, kamu bisa menghemat waktu antrian dengan menggunakan jalur single rider (bermain sendiri). Asalkan bermain sendiri, kamu bisa melalui jalur FastPass di wahana tanpa perlu Fast Pass. Cukup katakan single rider. Ada beberapa wahana di mana jalur single rider berlaku seperti wahana Splash Mountain di Tokyo Disneyland dan wahana Raging Spirits, Indiana Jones, dan Tower of Terror di Tokyo DisneySea.

Berlarilah selagi bisa. Selagi kita bisa, lari akan sangat menguntungkan di taman bermain Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea. Namun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan sebelum berlari:

  1. Berlari hanya saat kita bisa. Ingat, saat kita bisa saja. Arena taman bermain yang dipadati oleh ratusan ribu pengunjung akan membuat pikiran jadi lebih cepat stress begitu juga dengan stamina kita. Pastikan sudah sarapan di pagi hari dan membawa botol air minum dalam tas. Begitu juga dengan set pakaian yang kita gunakan, berlarilah dengan menggunakan sepatu kets, sneakers atau olahraga dan juga celana. Kalau sedang datang bersama dengan anak, yakinlah, kita tidak akan bisa berlari.
  2. Berlari dengan hati-hati. Mayoritas pengunjung Tokyo Disneyresort adalah anak-anak. Dan yakinlah, anak-anak tidak tahu bahwa mereka terlalu lambat berjalan atau bahkan menutupi jalanan utama menuju wahana-wahana favorit. Perhatikan juga kontur jalanan yang tidak rata (tangga, turunan) dan jalur kereta tur berkeliling taman bermain. Saat berlari, kita tetap berhati-hati, jangan sampai menabrak atau mencelakai diri sendiri dan orang lain.
  3. Berlari saat itu diperlukan. Jangan berlari terus selama di taman bermain. Kita sudah tentu akan kelelahan. Berlarilah untuk mengambil fast-pass, membeli makanan, ke toilet, atau mengejar lokasi wahana yang ingin dimainkan atau melihat parade. Simpan tenaga kita untuk mengantri dan menyaksikan parade di malam hari (Fantasmic! parade penutup Tokyo DisneySea pada pukul 19.30).

Toy Story Mania Morning Madness. Kejadian kekacauan pagi hari di wahana Toy Story mulai terjadi dan terkenal kira-kira tiga-empat tahun belakangan ini. “Kekacauan pagi hari” atau “Morning Madness” ini muncul karena ribuan orang berlarian untuk berebut fast-pass wahana permainan Toy Story Mania, salah satu wahana terbaik dan selalu masuk ke dalam “must try rides” dalam review-review yang ada di dunia. Dalam 1 jam, maksimal hanya ada 1.000 pengunjung yang bisa menikmati permainan ini, dengan komposisi 300 pengunjung biasa (jalur mengantri) dan 700 pengguna fast-pass. Komposisi yang “jomplang” inilah yang membuat berburu fast-pass Toy Story Mania adalah sebuah keharusan di Tokyo DisneySea.

Wahana permainan Toy Story Mania di Tokyo Disneyland

Wahana permainan Toy Story Mania di Tokyo Disneyland

Untuk mencapai loket fastpass untuk Toy Story Mania, berikut ini Tim Info Jepang bagikan tipsnya. Ingat, kita bersaing dengan ribuan orang di sini di mana hampir semuanya akan melalui jalur yang sama untuk mendapatkan fastpass. Di pintu putar, usahakan kita berada di antrian di sisi kiri. Setelah dibuka, kita bisa berlari dan berbelok kiri di jalan utama melalui Mediteranian Harbour (melintasi Porto Paradiso dan Venetian Gondola) lalu berlari lurus hingga ke area Toy Sory Mania di America Waterfront. Loket tiket fast-pass akan terlihat di ujung jalan menghadap ke wahana Tower of Terrors.

Untuk wahana Monsters, Inc. Ride and Go Seek! di Disneyland, kita mungkin perlu berlari, namun tidak seheboh Toy Story Mania Morning Madness. Dari pintu masuk, kita cukup berlari lurus ke bangunan World Bazaar, dan belok ke kanan menuju Tomorrowland. Keluar dari bangunan, kita akan melihat mesin tiket fast-pass untuk Monsters, Inc. Ride and Go Seek!

fast pass tower of terror disneysea jepang

Akhirnya dapat juga fast pass untuk Tower of Terror Disneysea Jepang

Mengapa orang-orang berlarian dan berebutan fast-pass? Karena tanpa fast-pass (mengantri normal), panjang antrian bisa mencapai 60-90 menit menjelang makan siang, bahkan terus bertambah menjadi 120-150 menit untuk wahana biasa dan 320-340 menit untuk wahana favorit seperti Toy Story Mania! dan Monster, Inc. Ride and Go Seek! Apa? Masak beli tiket hampir 900 ribu cuma buat ngantri 6 jam? Itulah mengapa kita butuh FastPass! Sebagai perbandingan, 10 kali kami menjadi guide ke DisneySea, kami sama sekali belum pernah merasakan wahana Toy Story Mania! karena tidak habis pikir dengan panjang antriannya. Dalam fast-pass, nanti kita akan diberi tahu kapan harus kembali untuk bermain. Misal kita mengantri jam 8 pagi dan memperoleh fast-pass jam 2, berarti kita akan menikmati wahana jam 2-3 sore. Jeda waktu jam 8 sampai jam 2 pagi bisa digunakan untuk bermain wahana lain atau berkeliling taman.

Booking tempat duduk di restoran. Antrian untuk membeli makanan bisa mencapai 15-30 menit, bahkan jauh lebih lama kalau kita mau makan di tempat (dine-in), bisa mencapai 1-2 jam. Rugi? Tentu! Selain lelah menunggu, kita juga akan membuang waktu bermain kita. Banyak turis (khususnya dari Eropa dan Amerika) menyiasatinya dengan membeli hotdog, burger, atau popcorn dan makan di luar atau sambil mengantri wahana. Cara ini paling praktis, namun, bagi mayoritas orang Indonesia, kita makan harus sambil duduk. Tips dari Tim Info Jepang, kita bisa booking tempat di beberapa restoran, istilahnya priority seating reservation.

Pemesanan biasanya dilakukan 2-3 jam sebelum waktu rencana makan. Jadi, kita bisa mampir sekitar jam 9-10 pagi untuk makan siang, dan jam 3-4 sore untuk booking tempat buat makan malam. Saat ingin makan siang, kita tinggal mengatakan priority seat kepada petugas atau kasir, dan akan diarahkan ke untuk duduk di kursi yang disediakan. Berikut ini adalah restoran yang menyediakan booking tempat duduk:

  1. Eastside Cafe dan Restoran Hokusai  di area World Bazaar, Disneyland
  2. Restoran Blue Bayou di area Adventureland, Disneyland
  3. Ristorante di Canaletto dan Magellan’s di area Mediteranian Harbour, DisneySea
  4. S.S Columbia Dining Room, Restoran Sakura, dan Sailing Day Buffet di area America Waterfront, DisneySea

Beli makanan dan makan sambil mengantri. Di Tokyo Disneyland maupun Tokyo DisneySea, kita diperbolehkan makan sambil mengantri. Jadi, belilah makanan praktis, seperti hotdog, hamburger dan air minum dan makanlah sambil mengantri wahana. Daripada menggerutu dan gak melakukan apapun, makan bisa jadi solusi pengisi waktu luang yang tepat sasaran.

Jangan lupa makan, minum, dan beristirahat. Kondisi taman bermain yang penuh dengan pengunjung lain ditambah antrian sebelum masuk wahana untuk bermain “memaksa” kita untuk terus berjalan dan berdiri untuk waktu yang cukup lama. Mungkin sekitar 6-8 jam. Cuaca panas siang hari atau udara dingin (jika datang di awal musim semi, musim gugur, maupun saat musim dingin) akan membuat kondisi tubuh turun drastis apalagi bagi orang Indoneisa. Pastikan membawa botol minum di tas dan makan jika sudah mulai tidak kuat.

Beli oleh-oleh di siang hari. Mengunjungi taman bermain Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea tentu tidak akan lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh bertema Disney. Tips Tim Info Jepang: beli oleh-oleh siang hari saat jeda menunggu antrian atau saat memang ingin beristirahat setelah makan siang. Setelah membeli, oleh-oleh bisa dimasukkan ke dalam tas atau dipegang saja. Toko oleh-oleh tersebar hampir di seluruh area, namun yang paling besar dan paling lengkap ada di area World Bazaar (Disneyland) dan Mediteranian Harbour (DisneySea). Jika membeli oleh-oleh sore bahkan menjelang malam, yakinlah, kita bakalan merasakan pengalaman membeli baju di Tanah Abang atau Senen menjelang lebaran di Tokyo Disneyresort! Begitu melelahkan dan lagi, membuang-buang waktu untuk menonton parade atau acara penutup Fantasmic! yang ditunggu-tunggu.

Oleh-oleh khas dari Disneyresort Jepang ini mayoritas berada di Tokyo DisneySea. Sebagai catatan, DisneySea hanya ada satu-satunya di Jepang. Untuk oleh-oleh dari Tokyo Disneyland, kita bisa membelinya di tempat-tempat lainnya seperti di Amerika Serikat, Hongkong, atau Paris. Namun, oleh-oleh dari Tokyo DisneySea seperi tas bermotif Duffy maupun beragam pernak-pernik/ aksesoris yang dijual di Aunt Peg’s Village Store dan Galleria Disney tidak akan bisa ditemukan di tempat lain di dunia.

Pulang ke hotel dengan naik bus. Setelah puas bermain, berlari, dan mengantri berjam-jam, badan akan terasa lelah dan ingin segera beristirahat di hotel atau penginapan. Untung buat kamu yang menginap di hotel-hotel di sekitar Tokyo DisneyResort karena tinggal berjalan kaki atau naik bus shuttle 5-15 menit. Namun, buat teman-teman yang ingin kembali ke pusat kota Tokyo? Perjalanan masih panjang…belum lagi kalau kereta penuh, berdesak-desakan dengan para pekerja Jepang yang pulang, dan tentunya harus berdiri. Tim Info Jepang menyarankan untuk naik bus yang tersedia di depan Tokyo Disneyland atau Tokyo DisneySea. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tiket kereta, namun, kita tidak perlu berdesak-desakan atau berdiri. Tidak perlu repot memegang tas dan oleh-oleh, atau kerepotan menggendong anak-anak yang sudah mengantuk dan rewel. Busnya nyaman bahkan kita bisa tidur sejenak sebelum dibangunkan saat kita sudah tiba di tempat tujuan.

Penutup. Nah, berakhir juga tulisan Tips dan Trik Mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea yang sudah dirangkum oleh Tim Info Jepang dari pengalaman kami selama ini. Teman-teman bisa bertanya lebih lanjut atau bahkan menyumbang tips dan trik nengunjungi Tokyo Disneyland lainnya melalui kolom komentar. Kami dan para pembaca lainnya tentu sangat menghargainya.

Cheap Hotels in Tokyo Disneyland [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sheraton Grande Tokyo
from ¥17800/night
Sheraton Grande Tokyo Bay Hotel
Hilton Tokyo Bay
from ¥28000/night
Hilton Tokyo Bay
Tokyo Bay Maihama Hotel
click for detail
Tokyo Bay Maihama Hotel Club Resort
Hotel Okura Tokyo Bay
from ¥21800/night
Hotel Okura Tokyo Bay

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Omotesando
Louis Vitton Omotesando
Stasiun Tokyo
Stasiun Tokyo di malam hari
Gedung Fuji Televisi
Gedung Fuji Televisi dari kejauhan
Ginza Tokyo
Gedung Ginza Wako

Sumber gambar: Flickr of other days, Loren Javier, buck82, Emran Kassim

Recommended for you

Last modified: November 1, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (50)

  1. Halo pak. Saya selalu terbantu dengan bertanya ke bapak. Jadi sy mau tanya lg nih. Besok pagi sy mau ke Tokyo Disneysea dr shin osaka station. Sy sdh punya JR pass. Nah nanti sy hrs pake kereta yg mana yg sampainya paling cepat? Trus di tokyo nanti turun di stasiun mana utk sampai ke Disneysea? Tks sebelumnya Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Senang bisa membantu sesama teman dari Indonesia. Ibu bisa naik shinkansen (Hikari) paling pagi (tersedia dari jam 6 pagi), dari Stasiun Shin-Osaka sampai ke Stasiun Tokyo. Setelah itu, naik kereta JR Keiyo Line sampai Stasiun Maihama di pintu masuk DisneySea. Salam dan selamat bermain di DisneySea!

    • Tks pak. Dari stasiun tokyo ke disneysea itu kira2 brp menit ya? Lalu kalau mau langsung kembali lg ke osaka apakah dengan jalur yg sama juga?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sekitar 15 menit Ester. Ya bisa dengan jalur yang sama, atau bisa naik bus seperti tips yang saya sampaikan jika cukup lelah setelah bermain.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silahkan dibawa saja untuk bisa beli oleh-oleh tax free. Tapi kalau tidak mau repot bisa juga ditinggalkan. Salam.

  2. Sore pak, saya rencana tgl 13 desember (hari rabu) besok ke disney sea. Apakah pada saat itu sudah rame sekali? dan kira2 suhu pada saat itu berapa ya? lebih baik pakai sepatu kets atau boots?

    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Suhu di Tokyo pada bulan Desember sekitar 8-11 derajat celcius. Mungkin harus mengenakan baju lengan panjang plus jaket.
      Untuk sepatu bisa menggunakan sepatu santai, dengan kaus kaki bewarna krem daripada mengenakan sepatu boots, supaya enak bermain.
      Namun untuk perjalanan di hari lainnya bisa mengenakan sepatu boots. Salam

    • halo pak, saya rencana desember besok kejepang selama 9 hari 8 malam. Adapun itinerary saya adalah sbb :
      hari 1 : tiba di haneda (pagi jam 9) langsung ke shinjuku apartment, asakusa, ameya yokocho market, ginza, shinjuku apart
      hari 2 : shinjuku ke tsukiji market, shibuya, harajuku, shinjuku apart
      hari 3 : shinjuku apart ke disney sea (1 hari full)
      hari 4 : shinjuku apart ke gotemba ( 1 hari full )
      hari 5 : shinjuku apart ke toyama (tiba jam 11.30) lgs masuk hotel dulu baru ke shirakawa go kemudian balik hotel
      hari 6 : hotel di toyama ke takayama balik hotel lagi lanjut ke osaka ke apartment daerah namba nankai station
      hari 7 : namba nankai apart ke kyoto balik osaka lanjut eksplore osaka
      hari 8 : namba nankai apart ke universal studio ( 1 hari full )
      hari 9 : namba nankai go to kansai airport (pesawat jam 11 siang)
      Saat ini saya sudah memegang JR pass. Pertanyaan saya adalah :
      * Di hari keberapa saya lebih baik mengaktivkan JR pass nya. Di hari ke 1 kah atau hari ke 3? Mana yang lebih maksimal penggunaannya dengan melihat itinerary saya.
      * Utk 2 hari yang tidak tercover dng JR pass, lebih baik saya membeli pass apa ya pak?

      terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Bapak/ Ibu Welly. JR Pass silakan diaktifkan di hari pertama sampai hari ke 7. Sebab perjalanan di hari kedelapan dan sembilan hanya satu kali atau dua kali PP kereta sehingga kurang maksimal kalau menggunakan JR Pass. Lalu hotelnya di Osaka hari ke 8 malam juga dekat dengan Namba Nankai Station, sehingga lebih praktis naik kereta Nankai daripada harus memutar ke Shin Osaka lebih dahulu supaya bisa menggunakan JR Passnya. Salam

  3. Terima kasih Mas Nugroho. Untuk di osaka kami ingin ke universal studio, krn hanya 1 malam, hotel di daerah manakah yang cukup strategis? Mudah akses ke universal ttp juga di area yang cukup ramai. Apakah dotonburi oke?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Pilihan yang bagus Ibu, karena hanya sekali ganti kereta sampai ke Tokyo Disneyland.
      Untuk ke Shinjuku (menuju ke Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko) dan Tokyo Station (menuju ke Gala Yuzawa) juga sangat praktis, cukup sekali naik kereta JR Yamanote Line. Salam

  4. Om nugroho, saya Ada rencana k disneysea tapi tidak sendiri coz bawa anak umur 2 tahun n istri sedang hamil, wahana yg aman apa ya untuk mereka atau lebih baik tidak kesana ? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Menurut pengalaman Tim Info Jepang, ada baiknya ibu hamil tidak naik wahana:
      Tokyo Disneyland
      1. Big Thunder Mountain (roller coaster)
      2. Splash Mountain (roller coaster)
      3. Star Tours: The Adventures Continue (simulasi 3D)
      4. Space Mountain (roller coaster)
      Tokyo Disneysea
      5. Tower of Terror (wahana terjun bebas)
      6. Indiana Jones Adventure (roller coaster)
      7. Journey to the Center of the Earth (roller coaster)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Dennis, sudah mulai masuk peak season karena sudah menyambut musim dingin. Namun, belum seramai Desember. Untuk fastpass tidak perlu membayar lagi. Fastpass hanya bisa diperoleh dengan menunjukkan tiket masuk kita. Salam.

  5. Halo Pak Nugroho.
    Web Bapak begitu luar biasa detail dan membantu. Saya maret 2017 mau berkunjung ke disneysea. dan mau tanya untuk fast pass itu apakah ada biaya lagi? dan Bapak sudah 10x ke sana belum naik toy story ride…. Apakah mungkin saya masih bisa dapat fast pass nya?
    Terima kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Fast pass tidak dikenakan biaya lagi pak, namun bapak harus “berebutan” dengan pengunjung lain yang juga ingin mendapatkan fast pass. Mungkin saja, ikuti saja saran kami di atas supaya bisa dapat. Saya sudah 10 kali namun selalu “menemani” orang saja, jadi mengikuti waktu mereka pak. Salam.

    • Terima kasih infonya. Saya mau bertanya lagi, apakah boleh membawa makanan ringan atau roti di disneysea? (setahu saya di USS tidak boleh) dan untuk wahana coaster atau kereta, untuk jaket dan tas kecil apakah harus dititipkan di locker di sebelah luar wahana (saya titipkan sebelum antri) atau bisa dititipkan di tempat wahana? Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sebetulnya tidak boleh, namun berdasarkan pengalaman sih boleh-boleh aja (dimasukkan ke dalam tas selempang). Tersedia loker utama di dekat pintu masuk, namun untuk jaket tipis atau tas berukuran kecil sebaiknya tetap dibawa saja, untuk menaruh hp, modem, dompet, atau minuman/makanan tadi, hehe.

    • Maksud saya apakah ada wahana ride yang harus lepas jaket / tas? semacam roller coaster. kalau di USS kan harus dilepas dan dititipkan di locker sementara persis di sebelah wahana (menyewa per jam) . takut nya sudah di antrian ujung mau naik wahana, diminta lepas dan simpan tas di locker akhirnya harus mengantri lagi di belakang. Karena saya baca kok seram antrinya disini…hehe… terima kasih ya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk di Tokyo Disney, tidak ada ketentuan pasti. Ada yang boleh dititipkan di loker sebelum naik, ada yang bisa diletakkan di kaki, ada yang disuruh diletakkan di tempat yang disediakan. Sepertinya tidak perlu ditakutkan pak, sebab tidak mungkin disuruh harus ulang mengantri.

  6. Mantap infonya pak. Fantasmic itu jadwalnya jam brp ya? Rencana hari senin ke sananya. Kemudian kembali ke Asakusa naik bis apa jam berapa terahir pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Biasanya sekitar jam 19.30 atau 20.00, biasanya lebih cepat kalau ada event tertentu, seperti Natal.
      Kalau ke arah Asakusa, yang terdekat adalah bus menuju ke Tokyo Skytree atau Kinshicho.
      Bus terakhir ke Tokyo Skytree berangkat pukul 21.40, yang ke arah Kinshicho terakhir pukul 21.50. Salam

  7. Pak, selama ini bw org ke disney bln apa? apa setiap saat pasti rame? Saya akan kesana akhir nov. Apakah kira2 rame di saat itu? N suhunya kira2 brp derajat ya? Thx…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Suhunya sekitar 10-15 derajat bu, mungkin harus pakai baju plus jaket lengan panjang supaya tidak kedinginan.
      Akhir November Tokyo Disneyland menggelar perayaan bertemakan Natal dan pengunjung cukup ramai. Ibu silakan mengincar hari kerja daripada hari libur.
      Salam

  8. Halo Pak,
    Terima kasih info mengenai tips & tricks nya. Saya bacanya udah capek duluan :D.
    Kami ada rencana ke Tokyo di bulan Feb tahun depan. Sepertinya agak sulit berlari2 mengingat membawa orang tua dan anak2 ^_^”

    Oya Pak, Mohon info, apakah 1 day pass berlaku untuk Disneyland dan Disneysea? Maksud saya 1 tiket untuk ke 2 tempat tersebut.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Abnisa, wah, haha, emang itu rangkuman tips dan trik yang kami dapatkan selama mengunjungi Disneyland dan DisneySea. 1-day-pass hanya berlaku untuk 1 taman bermain saja, Abnisa harus pilih mau main di Disneyland atau DisneySea. Salam.

  9. Hi pak thanks replynya cepat…brp lama perjlnan sampai shinjuku pak…nanti saya bs sambung metro ke shibuya…trus pembayaran bisa pakai suica card pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Tokyo Disneyland waktunya 50 menit sampai ke Shinjuku. Tidak perlu naik Tokyo Metro, Ibu naik JR Yamanote Line saja. Halte turunnya di Shinjuku lebih dekat ke pintu masuk JR soalnya. Ya, keretanya bisa pakai Pasmo/Suica.
      Salam.

  10. Hello pak mau ty kl bus dr disneyland ada tujuan ke shibuya gaa yaa?nunggunya tetap di halte bus no 3?dan sampai jam brp bus nya beroperasi?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tidak ada bus yang ke arah Shibuya. Yang terdekat adalah ke arah Shinjuku Station.
      Jam keberangkatan dari disneyland (halte nomor 2) adalah 16.20, 18.55, 19.40, 20.10, dan 20.40. Ongkosnya 820 yen untuk dewasa dan 410 yen untuk anak-anak.
      Salam

  11. Pak , mau tanya dong .. kalau ke disney di sekitar tgl. 21 – 25 desember , biasanya cuaca nya bagaimana yach ? supaya bisa menyesuaikan perlengkapan musim dingin nya …terimkasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Suhunya sekitaran 4-11 derajat (sudah cukup dingin bagi orang Indonesia). Menurut prakiraan cuaca 21-23 tidak akan turun hujan. 25 kemungkinan berawan dan turun hujan sedikit. Salam.

  12. pak nugroho thank u buat artikel nya yg sangat informatif.
    saya mau tanya untuk ambil tiket fast pass misal 1 org ambil fast pass untuk 4 orang bisa? perlu menunjukan tiket masuk atau ada syarat lainnya saat mengambil fast pass?
    maksudnya kita mau berpencar saat ambil fast pass nya biar cepat. terimakasih
    salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ambil fastpass tidak bisa diwakilkan, antri satu orang, satu tiket, dan satu fast-pass saja. Lebih baik ditargetkan mana yang mau dikunjungi, lalu sama-sama berlari. Kalau ingin bermain bareng sama keluarga rasanya sangat sulit di Disneyland/DisneySea, kecuali untuk wahana atau parade yang sepi saja. Salam.

  13. Pak Nugroho dan team,
    Luar biasa, terima kasih untuk sarannya.
    Pak, kami akan mengikuti saran naik bus sepulang dari Disney Sea
    Aapakah ada nomer tertentu di bus untuk tujuan ke Shinjuku?
    Mohon pencerahan
    Terima kasih
    Salam,
    Mbak anis

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Terima kasih juga, semoga tips dan trik kami bisa membantu teman-teman dari Indonesia. Busnya bus Keisei, Anis cukup menunggu di halte bus nomor 3 di DisneySea. Salam dan selamat bermain di DisneySea:)

  14. Gan. Mau nanya ne. Kan saya rencana tanggal 23 24 25 desember ke jepang. Tapi denger2 tanggal 23 dan 25 di jepang libur. Dari HIS travel katanya banyak objek wisata yg tutup ya.
    Sementara saya kan mau ke disneyland. Kawaguchi sama gala yuzawa. 23 mau ke disney 24 ke gala yuzawa. 25 ke kawaguchi. Kira2 aman gak ya gan. Gak pada tutp kan ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai, salam kenal Alex. Memang banyak yang tutup karena Natal, namun untuk Disneyland, Gala Yuzawa, dan Kawaguchiko buka semua untuk tanggal yang direncanakan Alex. Khusus untuk Gala Yuzawa dan Kawaguchiko, coba untuk melakukan reservasi kursi ya karena kemungkinan kereta akan penuh. Salam dan selamat liburan di Jepang!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tinggal datang ke kantor tiket (namanya Midori no Madoguchi= lihat kantor dengan tanda hijau di stasiun JR) atau Travel Service Center di Haneda atau Narita, maksimal sehari sebelum rencana keberangkatan, bawa passport dan juga tokyo wide pass kamu.
      Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan