Danau Kawaguchiko

Home / Attraction / Danau Kawaguchiko
Item image

Danau Kawaguchiko terletak di distrik Fuji-go-ko di kaki Gunung Fuji, Prefektur Yamanashi. Kita bisa mencapai Danau Kawaguchiko ini dengan kereta Fuji Kyuuko sampai ke Stasiun Kawaguchiko. Danau ini menjadi tempat favorit para pengunjung karena kita bisa melihat Gunung Fuji terbalik dari danau karena terpantul di permukaan danau yang jernih. Danau Kawaguchiko adalah salah satu dari 5 danau di sekitar Gunung Fuji, dan merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Ketika hari cerah dan permukaan air Danau Kawaguchiko tenang, maka Gunung Fuji akan dipantulkan sempurna oleh permukaan air sehingga menjadi Gunung Fuji terbalik atau sering disebut Sakasa-Fuji. Beberapa objek wisata menarik di dekat danau ini antara lain Oishi Koen atau Kawaguchiko Music Forest.

Danau Kawaguchiko merupakan danau yang paling populer dengan infrastruktur pariwisatanya yang paling berkembang di antara ke-5 danau di Fujigoko. Berdasarkan luasnya, danau ini hanya menempati peringkat ke-2 dibawah Danau Yamanakako. Posisi danau Kawaguchiko ini juga berada paling rendah di antara danau-danau lainnya (di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut), tepat di kaki Gunung Fuji, dan memiliki garis pinggir danau yang terpanjang.

Danau Kawaguchiko sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Alasannya pertama, di antara ke-5 danau Gunung Fuji, danau ini paling mudah di akses dari Tokyo, bisa dengan kereta maupun bus. Kedua, karena di sekitar danau ini terdapat banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik. Apa saja kegiatan menarik di Danau Kawaguchiko? Tim Info Jepang sudah merangkumnya.

6 Kegiatan Menarik di Danau Kawaguchiko

1. Melihat Hanami dari Kawaguchiko Music Forest

Suasana Kawaguchiko Music Forest

Suasana Kawaguchiko Music Forest

Kita dapat menyaksikan keindahan bunga sakura di hutan di pinggir Danau Kawaguchiko. Namanya adalah Kawaguchiko Music Forest atau Hutan Musik Kawaguchiko. Mmm, mendengar namanya rasanya romantis sekali ya bila pergi bersama pasangan ke tempat ini. Museum Kawaguchiko Music Forest ini buka setiap hari mulai pukul 09.30 – 17.30 dengan biaya masuk 1500 yen. Saat bukan musim semi sekalipun, tempat ini bagus dikunjungi dalam perjalanan wisata ke Danau Kawaguchi.

2. Menyaksikan Momiji dari Koyo Tunnel

Kalau musim semi ada bunga sakura, kita bisa menyaksikan keindahan momiji yakni kala daun-daun berubah warna di saat musim gugur. Satu spot indah menyaksikan keindahan momiji di Kawaguchiko ialah Koyo Tunnel atau terowongan momiji. Momiji di Danau Kawaguchi biasanya berlangsung tanggal 1 November hingga 24 November setiap tahun.

Kawaguchiko Koyo Tunnel

Koyo Tunnel di Danau Kawaguchi

3. Menonton Festival Kembang Api Danau Kawaguchiko

Di akhir minggu tiap Sabtu-Minggu di musim dingin, kita dapat menonton pertunjukan kembang api di Oike Park dekat danau Kawaguchiko. Kembang api akan tampak lebih bercahaya di udara dingin yang bersih dan kering, dan kita dapat melihat bayang-bayangnya di permukaan danau Kawaguchiko. Tapi jangan lupa berpakaian tebal, sebab di musim dingin temperatur udara sangat dingin!

Informasi lebih lanjut tentang Festival Kembang Api Danau Kawaguchiko.

4. Berkeliling danau Kawaguchiko

Bagaimana kalau berjalan kaki berkeliling danau Kawaguchiko sambil menikmati keindahan alam dan panorama Gunung Fuji? Tentu sangat menarik dan menantang buat kamu para pecinta alam. Informasi lebih lanjut tentang trek berkeliling Danau Kawaguchiko.

Berjalan sekeliling danau Kawaguchiko

Selain itu kita juga bisa naik kapal Feri menyusuri Danau Kawaguchiko! Dengan kapal wisata En Soleil kita bisa melihat pemandangan Gunung Fuji dari tengah-tengah Danau Kawaguchiko. Tiket naik kapal wisata ini adalah 930 yen untuk orang dewasa dan 470 yen untuk anak-anak, sangat murah dibandingkan dengan pengalaman naik kapal melihat Gunung Fuji. Untuk menaiki kapal ini kita bisa berjalan kaki ke arah pelabuhan di 4034 Funatsu. Dari Stasiun Kawaguchiko bisa berjalan 15 menit ke arah utara, maka pelabuhan akan terlihat. Kapal En Soleil akan berangkat setiap 30 menit sekali dengan durasi 20 menit setiap perjalanannya.

kapal en soleil melintasi danau kawaguchiko

Kapal En Soleil melintasi Danau Kawaguchiko

5. Memancing ikan di danau Kawaguchiko

Kita juga dapat membayar sekitar 1000 yen dan berkesempatan untuk memancing ikan di danau ini. Tidak perlu repot membawa kail dan pancingan, sebab semuanya dipinjamkan secara cuma-cuma. Kalau beruntung kita dapat ikan!

Informasi tentang biaya pendaftaran memancing ikan di danau Kawaguchiko.

Memancing di danau Kawaguchiko

6. Naik kereta Ropeway Kachi-Kachi Yama

Mau melihat pemandangan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko dari ketinggian? Maka kereta Ropeway Kachi-Kachi Yama adalah jawabannya. Dari ketinggian 1075 meter kita bisa melihat kemegahan dan kesempurnaan panorama Gunung Fuji dengan Danau Kawaguchiko. Kereta ropeway ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 17.20 (ada sedikit perbedaan waktu berdasarkan musim). Tiketnya seharga 800 yen untuk pulang pergi dan 450 yen untuk sekali perjalanan. Stasiun kereta Kachi-Kachi Yama letaknya di sebelah utara Stasiun kawaguchiko, bisa ditempuh 20 menit berjalan kaki.

Gabung dalam Paket Tur
Tokyo Gunung Fuji 1 hari

Informasi dan Akses ke Danau Kawaguchiko

Stasiun Kawaguchiko adalah jantung transportasi baik bus maupun kereta ke seluruh tempat wisata di kawasan Fuji Kawaguchiko, Gotemba, hingga Hakone. Bus-bus retro dengan rute berkeliling area Danau Kawaguchiko dan ke arah Danau Saiko juga bisa ditemukan di dekat pintu keluar stasiun Kawaguchiko. Sementara itu, teman-teman bisa naik bus Fujikyu jika ingin mengunjungi Gotemba atau Hakone (dilanjutkan dengan bus Odakyu atau Hakone Tozan dari Gotemba).

Dengan kereta

Dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit. Jika memiliki JR Pass maka perjalanan sampai ke Otsuki Station akan tercover JR Pass, sedangkan dengan JR Tokyo Wide Pass, seluruh ongkos kereta (dari Shinjuku sampai Kawaguchiko) akan tercover.

Dengan bus

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Informasi lengkap tentang ongkos dan tempat keberangkatan bisa dibaca di Bus ke Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko.

Kita dapat melanjutkan perjalanan dengan bus lokal rute Kawaguchiko yang mengitari daerah timur laut danau dan rute Saiko-Aokigahara yang mengitari bagian selatan danau.

Selain itu, tersedia bus langsung dari Bandara Haneda sampai ke kawasan Danau Kawaguchiko, Fujikyu Highland, dan Gunung Fuji. Kita bisa naik bus Keihin Kyuko (tersedia keberangkatan pada jam 6:55,10:05, 12:25, dan 14:40), dengan lama perjalanannya sekitar 2,5 jam. Harga tiket busnya 2.000 yen untuk sekali perjalanan. Informasi lengkap mengenai tiket bus dari Shinjuku, Tokyo, Haneda Airport, dan Narita Airport ke Danau Kawaguchiko bisa dilihat di halaman berikut.

Dari Stasiun Gotemba atau Gotemba Premium Outlet, teman-teman bisa naik bus Fujikyu sampai Stasiun Kawaguchiko. Busnya berangkat dari jam 07.40 dan ada setiap 30 menit. Harganya 1.510 yen.

Akses dari Kawaguchiko ke Takayama/Shirakawago

Buat teman-teman yang ingin melanjutkan perjalanan dari Kawaguchiko ke Takayama atau Desa Shirakawago (terkenal dengan desa wisata dunia UNESCO), bisa naik bus yang menghubungkan Takayama Station dan Kawaguchiko Station. Ongkosnya 5.000 yen. Dengan jam keberangkatan 08.00 dari Kawaguchiko Station, tiba 12.43 di Takayama Station.serta jam keberangkatan balik pukul 15.30 dari Takayama tiba pukul 20.13 di Kawaguchiko Station.

Artikel lain mengenai Danau Kawaguchiko (selengkapnya)

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko

Kawasan Fuji-Kawaguchiko bisa dibilang adalah kawasan wisata non-kota paling terkenal di Jepang. Berikut adalah daftar rekomendasi tempat wisata di Fuji-Kawaguchiko.

Bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko

Mau ke Gunung Fuji tapi bingung gimana cara perginya? Berikut jawal lengkap keberangkatan bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko dari Shinjuku, Tokyo, Haneda dan Narita Airport.

Pemandangan dari Museum Seni Narukawa di Hakone

Dengan menggunakan Fuji Hakone Pass ini, kita bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar Gunung Fuji dan Hakone dengan lebih nyaman dan murah dari Tokyo seperti Danau Kawaguchiko, Saiko, Yamanakako

Berjalan sekeliling danau Kawaguchiko

Onsen dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, berendam air panas sambil menikmati pemandangan indah Gunung Fuji di Danau Kawaguchiko tentu jadi pengalaman tak terlupakan selama liburan di Jepang.

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guesthouse Moegi
14 km away
from ‎¥8330/night
Wafu Guesthouse Kashiwaya
2 km away
from ¥3331/night
Teishaba Guesthouse&
3 km away
from ¥3028/night
Yamanakako Shuzanso
16 km away
from ‎¥15952/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Festival Shibazakura
16 km away
Gunung Fuji dengan karpet merah jambu Shibazakura
Kebun Bunga Matahari Aken
42 km away
Di tengah-tengah Kebun Bunga Matahari Akeno
Resort Ski Fujiten
11 km away
Resort Ski Fujiten di kaki Gunung Fuji
Oishi Park
1 km away
Suasana Oishi Park di tepi Danau Kawaguchiko

Sumber gambar : Flickr Yamaguchi Yoshiaki, Agustin Rafael Reyes, Luke Ma, zukiFujikyu Website


Recommended for you


Last modified: June 9, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
henny
2016-07-29 10:30:28

Close Comments

Comments (318)

  1. Selamat Sore Pak, saya berencana akan ke kawaguchiko pada pertengahan november ini, saya menggunakan hokoriku arc pass selama disana, apakah biaya kereta menuju kawaguchiko tercover oleh hokoriku pas tsb? Mohon petunjuk nya. Terima kasih

  2. Halo saya mau bertanya saya mau ke jepang pertengahan november ini ,
    Rute saya adalah dari stasiun tokyo – kawaguchiko – gotemba premium outlet dan saya punya jr pass. Pertanyaan saya :
    1. Dari stasiun otsuki ke stasiun kwaguchiko naik fuji express beli tiketnya langsung di stasiun otsuki atau bagaimana ya?
    2. Kalau saya hanya mau ke danau kawaguchiko dan melihat momiji dekat museum itchiku kubota saya harus beli tiket bus retro yang mana? harus beli yang pass nya atau bisa beli satuan? ( karena hanya ke 2 rute itu dan setengah hari, setelah itu lanjut ke gotemba)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, tiket dari Otsuki ke Kawaguchiko bisa dibeli di stasiunnya langsung. Untuk perjalanan ke Kawaguchiko, kalau hanya ke Momiji dekat museum itchiku kubota bisa membayarnya langsung secara satuan atau dengan SUICA/ Pasmo. Salam

    • Kalau bayar pakai suica/pasmo itu langsung tap di busnya saja apa bagaimana ya pak? Karna yang saya baca Diatas itu bayar retro busnya gabisa pakai suica/pasmo

    • Kalau dengan SUICA/pasmo itu berati langsung di tap saya ya pas naik bus retronya? Karena yang saya baca diatas ga bisa bayar retro bus nya pakai SUICA/pasmo

  3. Malam pak, mau nanya. Thomas Land Train (jam 12.35) yang ada di jalur Fujikyu Railways dari Kawaguchiko ke Otsuki Station itu tercover oleh Tokyo Wide Pass gak? Karena setahu saya yg tercover hanya Fujikyu Railway Local Train saja.

    Untuk Fujisan Express, yg punya Tokyo Wide Pass harus bayar penuh atau bayar selisihnya saja dengan dikurangi harga tiket yg local trainnya pak? Mohon jawabannya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk kereta spesial di jalur Fujikyu Railway, ibu harus membayar biaya tambahannya saja. Ongkos dasarnya (sama dengan kereta lokal) tercover oleh Tokyo Wide Pass. Salam

    • Saya cek di websitenya, Fujikyu Railway Normal Train harganya sama persis dengan Thomas Land Train (jam 12.35). Apakah tetap ada membayar selisih harga tiketnya pak?

      Apakah Fuji Excursion “Fuji Kaiyuu” (jam 7.35) yang berangkat dari Shinjuku Station ke Kawaguchiko Station direct, tercover juga oleh Tokyo Wide Pass? Mohon pencerahannya pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, seharusnya ada bu untuk kereta-kereta tambahan/ kereta spesial. Untuk semua kereta Fuji Excursion, tercover oleh Tokyo Wide Pass. Namun, ada biaya tambahan yang harus dibayarkan sebesar 600 yen. Salam.

  4. Selamat pagi Pak Nugroho.
    24-26nov sy keliling Fuji Hakone, tempat2 yg sy ingin kunjungi:
    -oshino hakkai
    -iyashi no sato
    -oishi park
    -en soleil.
    -music forest
    -momiji tunnel
    -mapple corridor
    -snow town yeti
    -gotemba premium outlet
    -keliling hakone full rute.
    Sbg info, tgl 24nov sy tiba dr Tokyo ( brkt dgn bus jam 07.15 ).
    Tgl 26nov malam sy akan menuju Osaka dgn bis malam jam 20.47.
    Menginap d airbnb sekitar lake kawaguchiko. Dan sy beli Fuji Hakone Pass versi shinjuku.
    Mohon bantuan bpk utk pembagian rute selama 3 hari, baiknya bagaimana agar bisa dpt semua.
    Terima kasih pak.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Hari pertama dari Shinjuku, bisa keliling Hakone dahulu, lanjut ke Gotemba, lalu langsung istirahat di penginapan di Kawaguchiko.
      2. Besoknya bisa ke Snow Town Yeti dan ke Gotemba Premium Outlet dan Oshino Hakkai.
      3. Terakhir bisa ke Iyashi no Sato, Oishi Park, Momiji Tunnel dan En Soleil di Kawaguchiko

    • Heryani  |  

      Malam pak.
      Maaf pak..knp jawaban dr bpk tdk keluar yahh..pdhal sdh ada notif di email.
      Thks.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Hari pertama dari Shinjuku, bisa keliling Hakone dahulu, lanjut ke Gotemba, lalu langsung istirahat di penginapan di Kawaguchiko.
      2. Besoknya bisa ke Snow Town Yeti dan ke Gotemba Premium Outlet dan Oshino Hakkai.
      3. Terakhir bisa ke Iyashi no Sato, Oishi Park, Momiji Tunnel dan En Soleil di Kawaguchiko

    • Heryani  |  

      Selamat sore pak Nugroho.
      Thks atas penjelasannya. Ada yg sy mao ty kan lagi pak. Pak , kalau lokasi Mapple Corridor dan Momiji Tunnel itu searah tdk pak? Pakai retro bus red line kah?
      Thks pak..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Lokasinya sama persis bu.. itu menunjuk pada lokasi yang sama. Salam

    • Heryani  |  

      Sore pak Nugroho.
      Maaf sebelumnya. Pertanyaan sy tgl 6 juli mungkin bpk terlewat jawab.
      Di tunggu jawabannya. Thks

  5. dhio fakhri fajari  |  

    sore pak, saya mau tanya. untuk menghindari random check di imigrasi bandara tokyo karena saya menggunakan e-paspor (visa waiver). nah itu saya perlu beli dan nyiapin tiket bus dari tokyo ke kawaguchiko dari indonesia atau belinya pas di tokyo saja? dan tiketnya itu kalau sudah dibeli dalam online tiketnya bentuknya fisik atau e ticket?

    • dhio fakhri fajari  |  

      bingung pak liat websitenya gimama cara belinya…

      dan, pak kalau yang bus chuokosoku itu dia ruteny sampai stasiun kawaguchiko dan saat tiba di stasiun untuk ke danau nya apakah naik transportasi lain lagi atau bisa jalan kaki?

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa pak, langsung dari websitenya Bus Fujikyu. Dari Stasiun Kawaguchiko, bisa naik bus retro red line atau bisa jalan kaki sekitar 20 menit sampai ke tepi danau. Salam.

    • dhio fakhri fajari  |  

      kok harganya gak sesuai sama yang bapak bilang di atas ya? di atas bapak bilang harganya 1800 yen sedangkan saat mau pesan online harganya 2000 yen. apakah harga tiketnya naik atau saya yang salah pesan?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Ya, di website bahasa Inggrisnya ada penyesuaian harga untuk penyedia tiket dalam bahasa Inggris.
      Namun website bahasa Jepangnya harganya tetap 1800 yen. Salam

  6. Malam pak nugroho, saya berencana bermalam di kawaguchi lake, apakah ada saran hotel yg recomended yg banyak d pakai orang indo? Apakah hotel my stays fuji onsen termasuk recomended? Dan bagaimana cara dari gotemba premium outlet kembali ke omori tokyo station ya pak? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Ya My Stays Fuji Onsen Resort itu relatif baru dan modern bangunannya. Harganya juga relatif murah. Namun lokasinya sudah agak jauh dari Danau, beda 2 stasiun.
      Kalau mau menginap di sekitaran Kawaguchiko bisa menginap di hotel sekitaran Stasiun Kawaguchiko atau Ryokan di sekitaran Kawaguchiko. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!