Keliling Hokkaido Hemat dengan Hokkaido Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Keliling Hokkaido Hemat dengan Hokkaido Pass

Hokkaido adalah wilayah yang terletak di utara Jepang. Pesona dan keindahan alamnya sudah terkenal hampir di seluruh dunia, bisa dilihat di 10 pemandangan menakjubkan di Hokkaido atau pemandangan musim dingin di Hokkaido. Selain itu, Hokkaido juga punya festival-festival menarik seperti festival salju Sapporo, Festival Yuki no Akari Michi di Otaru, festival es di Danau Shikotsu dan masih banyak lain. Wilayah yang luas membuat berkeliling Hokkaido menghabiskan banyak waktu dan tentunya biaya. Nah, Hokkaido Pass bisa jadi solusi liburan teman-teman di Hokkaido. Simak ulasan Tim Info Jepang tentang Keliling Hokkaido Hemat dengan Hokkaido Pass.


Festival Yuki Akari no Michi di Otaru

Foto Festival Yuki Akari no Michi di Otaru

Berapa harga Hokkaido Pass?

Hokkaido Pass Seluruh area Hokkaido (Hakodate, Sapporo, Furano, Asahikawa, Abashiri, Wakkanai, Kushiro, Shiretoko)
Dewasa (>12 tahun) 16.500 yen 22.000 yen 22.000 yen 24.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 8.250 yen 11.000 yen 11.000 yen 12.000 yen
Masa berlaku 3 hari 4 hari FLEX 5 hari 7 hari

Tiket Hokkaido Pass 4 hari FLEX bisa digunakan dalam 4 hari fleksibel perjalanan kereta dalam masa aktif 10 hari (teman-teman perlu menentukan tanggal aktif saat membelinya). Jadi, jika kita membelinya pada tanggal 1 Januari, maka Hokkaido Pass 4 hari FLEX berlaku sampai tanggal 10 Januari. Di antara rentang tanggal itu (dari tanggal 1-10 Januari) kita bisa menggunakannya untuk naik kereta di Hokkaido gratis selama 4 hari, semisal tanggal 1, 3, dan 5-6. Pass 4 hari FLEX ini cocok buat teman-teman yang mau menginap di salah satu kota dalam perjalanan berkeliling Hokkaido. Bisa juga dipakai yang ingin keliling Hokkaido sambil coba bermain salju di Hokkaido. Sementara untuk tiket Hokkaido Pass lainnya yakni 3, 5, 7 hari berlaku untuk 3, 5, dan 7 hari secara berurutan. Tiket Hokkaido Pass ini hanya berlaku bagi wisatawan asing dengan temporary visitor visa.

Berlibur murah ke Fort Goryokaku dengan Hokkaido Pass

Berlibur murah ke Fort Goryokaku dengan Hokkaido Pass

Hokkaido Pass ini mencakup transportasi apa saja?

Buat teman-teman yang mau mengeksplor Hokkaido Hokkaido Pass ini adalah pass yang dapat digunakan untuk naik kereta dan bus JR untuk berkeliling Hokkaido. Pass ini dijual khusus bagi para wisatawan asing. Hokkaido Pass berlaku untuk:

  1. Seluruh kereta JR yang ada di Hokkaido, kecuali kereta Hokkaido Shinkansen (Tokyo-Hakodate-Shin Hakodate Hokuto).
  2. Seluruh bus JR Hokkaido kecuali bus Twinkle, bus dari Sapporo ke Asahikawa, Monbetsu, Obihiro, Kiroro and Erimo.
Rute kereta di Hokkaido

Jalur kereta di Hokkaido

Di mana kita bisa membeli Hokkaido Pass?

Teman-teman bisa membeli langsung Hokkaido Pass di JR East Travel Service Center yang ada di tempat-tempat berikut:

  1. Bandara Narita, Terminal 1 dan 2, serta Terminal Internasional
  2. Bandara Haneda, Terminal Internasional
  3. Stasiun Tokyo
  4. Stasiun Shinjuku
  5. Stasiun Ikebukuro
  6. Kantor-kantor loket tiket JR (Midori-no-Madoguchi)

Bagi teman-teman yang membeli secara online, bisa menukarkan voucher yang dikirimkan via email dengan Hokkaido Pass di stasiun-stasiun kereta JR yang ada di Hokkaido.

  1. Stasiun Hakodate dan Stasiun Shin-Hakodate-Hokuto
  2. Stasiun Sapporo dan Bandara Shin-Chitose Airport
  3. Stasiun Noboribetsu
  4. Stasiun Asahikawa (di Twinkle Plaza)
  5. Stasiun Obihiro (di Twinkle Plaza)
  6. Stasiun Kushiro (di Twinkle Plaza)
  7. Stasiun Abashiri

Cara Untung Pakai Hokkaido Pass ala Tim Info Jepang

Hokkaido Pass baru akan menguntungkan jika teman-teman ingin berkeliling kota-kota di Hokkaido. Ingat, pass ini tidak mengcover perjalanan Tokyo-Sapporo dengan menggunakan kereta Shinkansen. Jadi kalau hanya ingin berkeliling Sapporo-Otaru-Furano-Asahikawa (rute favorit para wisatawan di Hokkaido dan berada dekat dengan kota Sapporo), tidak perlu membeli Hokkaido Pass ini. Tabel dibawah ini menunjukkan ongkos perjalanan kereta limited express kota-kota tujuan wisata di Hokkaido. Bagi teman-teman yang masih bingung dan belum membuat itinerary perjalanan, bisa mengklik link ke kota-kota ini. Tim Info Jepang sudah merangkum pemandangan indah dan kegiatan-kegiatan wisata seru yang bisa dilakukan di tempat-tempat wisata tersebut.

Hakodate Sapporo Asahikawa Wakkanai Abashiri Kushiro
Hakodate 8.300 12.050 15.980 16.090 14.250
Sapporo 8.300 4.290 9.930 9.390 14.250
Asahikawa 12.050 4.290 7.780 7.450 12.270
Wakkanai 15.980 9.930 7.780 13.500 15.980
Abashiri 16.090 9.390 7.450 13.500 3.670
Kushiro 14.250 8.850 12.270 15.980 3.670

Baca juga: Tempat-tempat wisata seru di Hokkaido

Bagaimana cara mereservasi kursi kereta?

Bagi teman-teman yang pergi bersama dengan teman, pasangan, atau keluarga, dan punya Hokkaido Pass, bisa memesan kursi secara gratis. Semua kereta di Hokkaido menyediakan fasilitas kursi pesanan. Teman-teman tinggal datang ke loket tiket, tunjukkan passport dan pass, lalu melakukan reservasi kursi. Biasanya kami menyarankan untuk melakukan reservasi 1 hari sebelum keberangkatan, namun untuk musim liburan (di musim panas atau gugur), sebaiknya teman-teman memesan 2 hari sebelumnya. Saat di dalam kereta, konduktor akan memeriksa tiket kita. Nah, teman-teman tinggal menunjukkan pass dan juga tiket kursi pesanan. Bisa juga sekaligus mereservasi kursi kereta untuk perjalanan seminggu.

Bagaimana cara naik kereta dengan menggunakan Hokkaido Pass?

Saat tiba di stasiun keberangkatan, teman-teman silahkan masuk melalui gerbang tiket manual (bukan melalui gerbang tiket otomatis). Tunjukkan pass dan juga passport teman-teman kepada petugas. Biasanya petugas akan mengecek atau mencocokkan nama di pass dengan identitas teman-teman.

Beberapa catatan tambahan yang perlu diperhatikan:

  1. Teman-teman hanya bisa melakukan reservasi di Jepang setelah membeli Hokkaido Pass atau menukarkan voucher (bagi yang membeli pass secara online).
  2. Jika kursi pesanan sudah habis dipesan, teman-teman bisa duduk di kursi biasa. Ada resiko terpisah bagi yang pergi bersama dengan rombongan.
  3. Jika teman-teman ingin mengganti tiket, dari kursi pesanan ke kursi biasa, atau dari kursi biasa ke kursi pesanan, bisa ke loket tiket sebelum keberangkatan.
  4. Jika teman-teman ketinggalan kereta, cukup ke loket tiket dan mengatur ulang reservasi kursi kembali (ada kemungkinan kursi pesanan sudah penuh/ sudah terisi semua).

Sapporo-Otaru Welcome Pass

Nah, buat teman-teman yang hanya ingin berkeliling kota Sapporo dan Otaru (Otaru terletak di sebelah barat Sapporo, dengan 30 menit perjalanan kereta), bisa membeli Sapporo-Otaru Welcome Pass. Pass ini berlaku satu hari dan berlaku untuk naik kereta JR Sapporo-Otaru dan juga kereta subway dalam kota Sapporo (Namboku, Tozai, dan Toho). Teman-teman bisa membeli Sapporo-Otaru Welcome Pass ini di bagian informasi JR yang ada di Stasiun Sapporo, Bandara Shin-Chitose, atau di kantor layanan JR Travel (Twinkle Plaza) di pintu selatan dan timur Stasiun Sapporo. Teman-teman bisa mengikuti contoh itinerary liburan di Sapporo yang dirangkum dari para pengguna Tour Guide Online.

Tempat-tempat yang bisa teman-teman kunjungi di Sapporo dan Otaru

  • Taman Nakajima

    Keindahan musim gugur di Taman Nakajima Sapporo

    Taman Nakajima, taman dengan pemandangan musim gugur terindah di Sapporo Hokkaido. Aksesnya yang mudah dari pusat kota Sapporo membuat taman ini selalu ramai....


  • Jozankei Onsen

    Jozankei Dam di musim gugur

    Jozankei Onsen terletak di sebelah barat Sapporo, dan aksesnya yang mudah dari kota Sapporo. Jozankei terkenal dengan pemandangan menawan, dan pemandian air panasnya yang unik....


  • Susukino

    Susukino di Sapporo Hokkaido

    Susukino adalah kawasan hiburan terbesar di Sapporo dan Hokkaido. Kita bisa menemukan toko/ pusat perbelanjaan, kafe dan bar, restoran, tempat karaoke, pachinko, dan juga bioskop....


  • Kuil Hokkaido

    kuil hokkaido

    Berlokasi di dalam kompleks area Taman Maruyama, Kuil Hokkaido adalah tempat yang indah dan tenang untuk berdoa. Dikelilingi pepohonan dan taman yang luas menjadikan kuil ini jadi tempat favorit penduduk Sapporo untuk beristirahat sejenak dari berbagai aktivitas. Kuil ini dibangun sejak tahun 1869 d...


  • Stasiun Sapporo

    Sapporo Station

    Stasiun Sapporo telah menjadi pusat dari pergerakan kereta api ke Asahikawa dan Abashiri, Hakodate, Otaru dan Teine, dan ke tenggara menuju Bandara Shin-Chitose yang menjadi penghubung Hokkaido dengan Tokyo atau Kansai....



  • Kanal Otaru

    kanal otaru

    Otaru adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di barat laut kota Sapporo. Otaru berbatasan langsung dengan lautan Teluk Ishikari dan dikenal karena kanal otaru yang sudah mendunia....


  • Museum Kotak Musik Otaru

    Satu kotak musik kaca di Museum Musik Otaru

    Museum Kotak Musik Otaru terletak di Jalan Sakaimachi, berada di pusat Kota Otaru, dan dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari kanal Otaru....


East-South Hokkaido Rail Pass

Bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan dari Tokyo-Sapporo dengan melalui wilayah Tohoku dan Kanto, East-South Hokkaido Rail Pass adalah solusi terbaik dibandingkan dengan JR Pass. Pass ini mencakup tiket kereta Hokkaido Shinkansen dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Shin-Hakodate Hokuto. Harganya yang lebih murah dibandingkan dengan JR Pass, yakni 26.000 yen (jika dibeli sebelum datang ke Jepang) atau 27.000 yen (dibeli di Jepang) ditambah dengan penggunaan 6 hari fleksibel dari masa aktif 14 hari akan mempermudah liburan teman-teman mengunjungi Sapporo dari Tokyo.

Penggunaan East-South Hokkaido Rail Pass ini bisa dikombinasikan dengan Hokkaido Rail Pass atau Sapporo-Otaru Welcome Pass untuk memperoleh hasil maksimal (liburan murah maksudnya).

Recommended Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Gracery Sapporo
Hotel Gracery Sapporo
from ¥13196/night
APA Hotel TKP Sapporo
APA Hotel TKP Sapporo Ekimae
from ¥5942/night
Sapporo Grand Hotel
Sapporo Grand Hotel
from ¥14006/night
Best Western Hotel
Best western Hotel Fino Sapporo
from ¥10822/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

JR Tower Observation Deck
Panorama malam dari JR Tower Observation Deck Sapporo
Stasiun Sapporo
Sapporo Station
Jozankei Onsen
Jozankei Dam di musim gugur
Taman Maruyama
Musim gugur di Taman Maruyama

Sumber gambar: Flickr Alvin LukitoSteFou!かがみ~


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: February 3, 2017

Comments (9)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan membeli Hokkaido Pass dan bisa menyesuaikan mau yang versi 3 hari, 4 hari fleksibel, 5 hari, atau 7 hari.
      Tapi kalau berangkat dari Tokyo naik shinkansen, silakan membeli JR Pass (29.110 yen).
      Salam

  1. Kalau rute saya sbb:
    tokyo-Sapporo-Abashiri-Asahikawa-Otaru-Niseko-Sapporo
    sebaiknya Saya membeli Japan Rail Pass Atau Hokkaido Pass?
    Terima Kasih

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!