Info Wisata di Kyoto

You are here Home  > Temple, Wisata Jepang >  Info Wisata di Kyoto

Kota Kyoto menjadi ibukota Jepang selama ribuan tahun sampai Restorasi Meiji yang akhirnya mengubah Tokyo menjadi ibukota Jepang. Meskipun Tokyo kini ramai dan menjadi pusat bisnis dan pemerintahan, namun kota Kyoto tetap menjadi primadona wisata yang bersejarah dan menyentuh hati para wisatawan. Kota ini dikunjungi 30 juta lebih wisatawan tiap tahunnya. Dan seiring dengan popularitas Kyoto yang meningkat, makin banyak wisatawan yang ingin pergi ke Kyoto, ibukota Jepang pada jaman dulu ini. Kyoto adalah kota spesial di Jepang karena beberapa alasan.

  • 1. Keunikan Kota Kyoto

    1. Kyoto dulunya adalah ibukota Jepang sampai dipindahkan ke Tokyo pada 1869.
    2. Ada lebih dari 2000 bangunan religius di Kyoto (1600 kuil Buddha dan 400 kuil Shinto lain). Meskipun mengunjungi 5 bangunan tiap harinya, kita tetap butuh lebih dari setahun mengelilingi seluruhnya.
    3. Ada 17 warisan dunia UNESCO, 38 bangunan yang ditunjuk sebagai warisan Nasional, dan 160 objek sebagai objek budaya penting negara Jepang di Kyoto.
    4. Ada 8 taman yang ditunjuk sebagai Taman Terindah di Jepang (Special Places of Scenic Beauty)
    5. Makanan khas Kyoto (Kyo-ryori), Teh Kyoto, dan kuliner khas Kyoto yang lain.
    6. Ratusan festival termasuk Festival Gion Matsuri yang terkenal.

    TIPS PERGI KE KYOTO: Membeli tiket terusan bus kota Kyoto

    Tiket terusan bus kota Kyoto ini sangat menguntungkan buat kamu yang ingin mengelilingi tempat-tempat wisata terkenal di Kyoto. Harganya 500 yen dan langsung akan untung jika naik turun bus lebih dari 3 kali. Ada juga tiket terusan bus+kereta yang namanya Kyoto Sightseeing One and Two-day Pass. Harganya 1,200 yen untuk satu hari dan 2,000 yen untuk dua hari. Tiket terusan ini bisa digunakan saat naik bus dan kereta subway kota Kyoto. Informasi lebih lanjut mengenai tiket terusan Kyoto Sightseeing bisa dibaca di website berikut.

    Ada begitu banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi waktu pergi ke Kyoto Jepang, dan rasanya tidak mungkin untuk mengunjunginya satu per satu. Sebab ada lebih dari ratusan kuil dan objek wisata bersejarah di kota Kyoto. Untuk itulah tim Info Jepang memilih objek wisata terbaik kota Kyoto. Objek wisata ini dipilih berdasarkan kemudahan akses dan keindahan panoramanya. Tapi, tentu masih banyak objek wisata lainnya yang tidak tercantum di sini. Kalau Anda punya pendapat lain, bisa menuliskannya di kotak komentar di bawah ini.

    2. Kapan waktu terbaik Pergi ke Kyoto?

    Berikut rangkuman plus minus waktu menentukan kapan pergi ke Kyoto. Kyoto, yang termasuk Pulau utama Jepang Honshu, punya 4 musim dengan tipikal masing-masing. Bunga sakura di musim semi sangat indah dan menarik, namun Kyoto akan sangat padat dengan para wisatawan, tempat penginapan akan penuh dan harganya melambung tinggi. Hindari juga pergi ke Kyoto sewaktu liburan Golden Week di bulan Mei atau liburan Obon di musim panas karena mahalnya harga tiket. Pergi ke Kyoto saat bulan Juli atau Agustus pun bagus, namun suhunya agak sedikit panas dan lembab. November mungkin menjadi waktu terbaik pergi ke Kyoto. Selain dapat melihat Momiji Kyoto yang sangat terkenal, harga tiket dan penginapan juga terjangkau. Musim dingin dan tahun baru juga menjadi pilihan baik karena, kita dapat melihat kuil-kuil di Kyoto tertutupi salju, suatu pemandangan unik tentunya.

    Kesimpulan : waktu terbaik pergi ke Kyoto adalah saat musim bunga sakura mulai dari akhir Maret hingga awal Mei, atau saat musim gugur di bulan November. Di saat itu kita dapat melihat bangunan-bangunan bersejarah di Kyoto sekaligus menikmati keindahan alam.

    3. Kegiatan Apa Saja yang Dilakukan saat Pergi ke Kyoto?

    1. Berjalan di Philosopher’s Path: Pergilah pertama ke Ginkakuji lalu setelah iu menyusuri Philospher’s path (Tetsugaku no michi). Selain dapat melihat keindahan bunga sakura sepanjang 3 km, kita juga dapat sambil mengunjungi 2 kuil bersejarah lainnya.

     pergi ke Kyoto: Philosophers Path

    2. Melihat pasar murah : Di Kyoto tepatnya di Kuil Kitano Tenman-gu, tiap bulan tanggal 25 selalu diadakan pasar murah. Kita dapat menemukan baju kimono dan aksesoris Jepang lainnya dengan harga murah di sini! Jangan lupa tanggal 25 tiap bulannya mulai dari jam 7:00-16.30. Selain itu, pemandangan musim semi dan musim gugur di sini adalah salah satu yang terbaik di Kyoto.

    kitano tenmangu fall

    3. Pergi ke Kibune Jinja dan Kuramadera : Kita dapat mendaki gunung Kurama dan pergi ke Kibune. Di tempat ini kita dapat makan di outdoor sambil menyaksikan keindahan alam. Selain itu ada juga tempat pemandian air panas yang sayang dilewatkan kalau pergi ke Kyoto.

    4. Mengunjungi kuil : Kyoto terkenal dengan kuil, kelenteng, dan taman indahnya yang menawan. Kalau pergi ke Kyoto, tidak boleh lupa Golden Pavilion (Kuil Kinkakuji), Silver Pavilion (Kuil Ginkakuji), Kuil Kiyomizudera yang megah, Kuil Shimogamo, Kuil Genkoan, dan Kuil Fushimi Inari Taisha.

    5. Berpetualang di Hutan Bambu : Di bagian timur ada Arashiyama yang terkenal dengan hutan bambunya yang indah. Yuk pergi ke hutan bambu Arashiyama dan berfoto di sana!

    6. Menyusuri Gion: Gion adalah daerah yang tidak boleh dilupakan waktu pergi ke Kyoto. Di sini kita dapat menemukan bangunan-bangunan tradisional Jepang dan juga geisha Jepang di sepanjang jalan.

    Suasana Festival Gion Matsuri di musim panas

    7. Menyusuri kereta wisata Sagano dan melihat pemandangan alam pegunungan Arashiyama yang terkenal dari atas kereta.

    Suasana Gion waktu pergi ke Kyoto

    4. Festival di Kyoto

    Jangan lewatkan festival-festival di bawah ini ketika pergi ke Kyoto Jepang.

    1) Festival Bunga Aoi. Festival ini diadakan di Kuil Kamigamo dan Shimogamo, 2 kuil yang terletak di hulu sungai Kamogawa di Kyoto. Festival ini diadakan pada 15 Mei dan diiringi dengan demonstrasi panah khas Jepang

    2) Festival Gozan Fire. Anda pasti pernah melihat festival ini, festival api yang terkenal di Kyoto. Pada pertengahan musim panas, saat liburan Obon, pepohonan di bukit sebelah timur kota Kyoto akan dibakar membentuk sebuah simbol. Simbol yang paling terkenal adalah “Daimonji” atau kanji “besar”.

    3) Di bulan Juli, ada Festival Gion yang sangat terkenal di daerah Gion, Kyoto! Festival ini diadakan sepanjang bulan Juli dengan puncaknya antara tanggal 14-16, sebelum prosesi akhir tanggal 17 Juli. Pada tanggal ini, kita dapat melihat atraksi dan pertunjukkan dari para masyarakat sekitar distrik Gion di Kyoto.

    4) Pada 22 Oktober ada Festival Jidai dan Festival api Kurama no Hi di sore harinya.

    5. Apa Saja Makanan Khas Kyoto?

    Omen – Ini adalah restoran udon tradisional Jepang yang terletak di jalan Philopspher’s Path. Jadi setelah menyusuri kuil dan jalan-jalan kota Kyoto, yuk beristirahat sejenak dan makan mie tempura di sini.

    Okonomiyaki – Okonomiyaki adalah menu makanan wajib waktu pergi ke Kyoto. Okonomiyaki mirip seperti martabak, namun berisi sayur kubis, telur, daging yang dipanggang di atas penggorengan panas. Kita dapat melihat secara langsung pembuatan okonomiyaki karena sang koki akan membuatnya di atas meja kita!

    Kaiseki ryori – Buat kamu yang punya uang lebih, silakan mencoba makanan set kaiseki ryori. Kita dapat menikmati hidangan laut segar yang diproses sempurna hingga rasanya begitu lezat.

    Pusat jajanan Nishiki : Buat kamu yang budgetnya sedikit, tidak usah kecewa, sebab di Kyoto ada pusat jajanan Nishiki. Kita dapat memilih makanan kesukaan dari 100 toko yang berjejer di sini.

  • Tempat Wisata Terkenal di Kyoto

    • Kereta Wisata Sagano

      Jalur Kereta wisata Sagano

      Kereta wisata Sagano atau Sagano Torokko dalam bahasa Jepang adalah kereta wisata dengan lokomotif kuno dengan mesin uap menyusuri pemandangan alam pegunungan Kyoto....


    • Kuil Yasaka

      kuil yasaka kyoto

      Kuil Yasaka adalah salah satu kuil Shinto tertua di Kyoto dan menjadi pusat perayaan Festival Gion Matsuri. Lokasi Kuil Yasaka juga dekat dengan Taman Maruyama dan Kuil Chionin dan Kuil Kiyomizudera....


    • Wisata Hozu River Arashiy

      Wisata Hozu River Arashiyama di musim gugur

      Satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di daerah wisata Arashiyama adalah menyusuri sungai Hozu dengan kapal wisata Hozu River. Kegiatan ini sering disebut Hozukawa Kudari atau menyusuri muara sungai Hozu dalam bahasa Jepang....


    • Kuil Yoshida

      Torii Kuil Yoshida Kyoto yang terkenal

      Kuil indah di pusat kota Kyoto antara Kuil Ginkakuji dan Kuil Shimogamo. Disini kita bisa menyaksikan keindahan bunga sakura atau festival setsubun, juga berkeliling kompleks Kuil Yoshida....


    • Kuil Kinkakuji

      Pergi ke Kuil Kinkakuji saat Liburan di Kyoto

      Kuil Kinkakuji adalah objek wisata Kyoto yang terpopuler di seluruh dunia. Kuil Kinkakuji sendiri terdiri dari 3 lantai, dan 2 lantai di atas seluruhnya dilapisi oleh kertas emas. Di hari cerah, kertas emas akan memantulkan sinar matahari secara sempurna, membuatnya bersinar....


    • Pasar Nishiki

      Suasana nishiki market di Kyoto

      Di Pasar Nishiki selain menikmati kuliner murah, kita juga bisa menemukan oleh-oleh atau jajanan enak. Tim Info Jepang sering menganjurkan untuk mampir ke Pasar Nishiki saat makan siang dalam perjalanan keliling kota Kyoto....


    • Kyoto Tower

      Itinerary Tokyo Kawaguchiko Osaka Hari 6 Kyoto Tower

      Kyoto Tower memiliki arsitektur yang unik berbeda dengan menara-menara observasi lainnya seperti Tokyo Tower atau Tokyo Sky Tree. Letaknya yang berada di atas gedung membuat bentuknya seperti lilin dengan tatakan lilin di bawahnya. Meskipun tidak setinggi Tokyo Tower, Kyoto Tower setinggi 131 meter ...


    • Taman Botani Kyoto

      Kolam di samping Taman Botani Kyoto

      Kyoto Botanical Gardens adalah taman terbesar kedua yang ada di pusat Kota Kyoto, setelah Taman Istana Kekaisaran Kyoto. Lokasi taman ini ada di utara kota, tidak jauh dari Kuil Shimogamo dan berada persis di sisi kanan Sungai Kamogawa. ...


    • Okochi Sanso

      Panorama musim gugur di Okochi Sanso Arashiyama

      Okochi Sanso adalah taman Jepang atau Nihon Teien yang terletak di Arashiyama. Dari sini kita bisa menyaksikan pemandangan Kyoto dan juga sungai Hozu di Arashiyama, juga pemandangan musim gugur yang impresif....


    • Imperial Palace Kyoto

      Pintu gerbang Imperial Palace Kyoto

      Kompleks istana ini telah menjadi tempat tinggal Kaisar Jepang selama lebih dari seribu tahun hingga tahun 1868, saat ibukota Jepang dipindahkan ke Tokyo. Dengan area taman yang seluas hampir 9 hektar dan bangunan istana yang sarat akan sejarah, tidak heran jika Istana Kekaisaran Kyoto ini menjadi t...


    • Philosophers Path

      Philosophers Path di musim semi

      Kita dapat menyusuri jalan Philosopher's Path ini sambil menikmati keindahan alam dan pepohonan. Kita juga bisa mengunjungi beberapa kuil atau beristirahat santai di beberapa toko dan restoran di sepanjang jalan....


    • Kuil Kiyomizudera

      Kuil Kiyomizudera di Kyoto

      Setelah menjadi warisan budaya dunia UNESCO sejak 1994, Kiyomizudera menjadi Kuil paling terkenal di Kyoto ini. Kuil Kiyomizudera juga pas dikunjungi saat musim gugur. Daun-daun yang memerah menyatu dengan kayu-kayu coklat kuil, memberikan pemandangan indah....


    • Kuil Chionin

      Suasana Kuil Chionin di musim gugur

      Mengunjungi kompleks Kuil Chionin Kyoto dengan pemandangan musim semi dan gugurnya yang indah. Melihat kemegahan Sanmon Gate, Taman Maruyama, Kuil Shorenin dan Gion Matsuri...


    • Istana Nijo

      Keindahan Istana Nijo di Kyoto

      Istana Nijo di pusat kota Kyoto. Dengan tembok luar yang tinggi dan megah, kolam air penjaga berlapis, dan keindahan arsitektur istana, kita bisa membayangkan kehebatan perwira Jepang yang membangunnya yaitu Shogun Ieyasu Tokugawa. Letaknya yang berada di tengah-tengah kota Kyoto membuatnya sangat p...


    • Amanohashidate

      amanohashidate

      Amanohashidate sandbar, yakni daratan yang berada di tengah-tengah laut yang muncul akibat proses alam selama ratusan tahun. Amanohashidate sendiri dalam bahasa daerah setempat berarti jembatan menuju ke langit....


    • Kuil Sanjusangendo

      Lonceng Kuil Sanjusangendo

      Kuil Sanjusangendo yang terletak di sebelah timur Stasiun Kyoto ini berada di tengah jalan menuju ke Kuil Kiyomizudera. Kita bisa menyaksikan ribuan patung kayu kannon di kuil bersejarah ini....


    • Kuil Ginkakuji

      Melihat Kuil Ginkakuji dari dekat

      Kompleks Kuil Ginkakuji terdiri dari 6 buah kuil kecil dan dipisahkan oleh taman Jepang. Kita dapat menyusuri taman di halaman luar melihat keindahan pepohonan dan semak. Pepohonan ini menjadi merah pada saat musim gugur sekitar bulan November. ...


    • Kuil Honganji

      Foto pendopo Amida di Kuil Honganji

      Kuil Honganji atau Hogwanji adalah kuil Buddha dan lokasinya yang dekat dengan pusat kota Kyoto ditambah gratis biaya masuk, Kuil Honganji bisa jadi destinasi di Kyoto....


    • Sannenzaka Ninenzaka

      Suasana Sannenzaka Ninenzaka di siang hari

      Sannenzaka Ninenzaka ini terletak tidak jauh dari Kuil Kiyomizudera, kuil paling terkenal di Kyoto. Sebelum atau setelah mengunjungi Kiyomizudera, tidak ada salahnya kita mengeksplorasi Sannenzaka Ninenzaka, ...


    • Kuil Eikando

      Suasana iluminasi malam di Kuil Eikando

      Kuil Eikando dibangun di awal masa Kekaisaran Heian, dan menjadi salah satu kuil tertua di Kyoto. Kuil ini juga memiliki pemandangan empat musim yang indah: bunga ume putih dan sakura di musim semi, bunga indian lilac dan azalea di musim panas, warna merah pohon maple di musim gugur, dan pemandangan...


  • Akses ke Kyoto dari Tokyo

    1. Dengan kereta dari Tokyo

    Dari Tokyo, teman-teman bisa mengambil kereta JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Tokyo atau Shinagawa sampai di Stasiun Kyoto. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki. Pertama kereta Nozomi (138 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 14.110 yen untuk kursi pesanan). Atau bisa juga naik kereta Hikari (158 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 13.800 yen untuk kursi pesanan) atau Kodama (220 menit) dengan harga tiket yang lebih murah dengan JR Pass.

    2. Dengan pesawat Dari Tokyo

    Teman-teman bisa naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda atau Bandara Narita menuju Bandara Kansai. ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo-Kyoto dengan kisaran harga tiket 20.000-23.000 yen. Namun, tersedia tiket penerbangan murah sekitar 9.000-16.000 yen khusus wisatawan asing.

    Perjalanan dari Bandara Kansai ke Kyoto dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 70 menit. Biayanya 2.850 yen untuk kursi biasa dan 3.500 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu Icoca (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.600 yen.

    3. Dengan kereta Dari Osaka

    Dari Osaka, teman-teman bisa mengambil kereta JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Shin-Osaka sampai di Stasiun Kyoto. Lama perjalanannya 15 menit dengan harga tiket 3.570 yen (green class), 1.420 yen (unreserved seat). Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki, yaitu Hikari dan Kodama (tidak perlu membayar tiket jika dengan JR Pass), atau kereta Nozomi.

    Selain itu, kalau kereta shinkansen terasa mahal, teman-teman bisa naik kereta JR Kyoto Line dari Stasiun Osaka ke Stasiun Kyoto. Lama perjalanan sekitar 30 menit, dengan harga tiket 560 yen atau gratis dengan JR Pass.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

New Miyako Hotel
from ¥17000/night
Hotel Excellence Kyoto
from ¥6000/night
Hotel Kanra Kyoto
from ¥27185/night
Ryokan Izuyasu
from ¥27287/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar : Flickr Yevgen Pogoryelov, Al Chen,  A, camknows, YuZou Huang, Hansel and Regrettal, Hannah Swithinbank, M Cheung


Recommended for you

Last modified: September 16, 2017

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!