Stasiun Shinjuku

Home / Shopping Center / Stasiun Shinjuku
Item image

Stasiun Shinjuku Tokyo Jepang. Distrik dan stasiun ini mulai berkembang sejak Olimpiade Tokyo 50 tahun lalu pada 1964. Distrik Shinjuku (artinya pemukiman baru dalam bahasa Jepang) dibuat untuk mengurangi kepadatan di pusat kota Tokyo. Distrik yang berada di sebelah barat kota Tokyo ini menjadi tempat trasit orang-orang dari luar daerah Tokyo yang bekerja di pusat kota. Kita bisa melihat orang banyak lalu-lalang tak henti selama 24 jam. Shinjuku adalah distrik terbesar kedua di Prefektur Tokyo setelah distrik Tokyo. Shinjuku adalah kota bisnis komersil di mana gedung-gedung perkantoran dan hotel-hotel mewah ada, juga pusat hiburan dan belanja. Di bagian utara ada Takadanobaba tempat mahasiswa dari Waseda mengisi waktu luangnya. Di bagian timur ada daerah perumahan Yotsuya dan Ichigaya, lengkap dengan restoran kecil dan supermarket.

Stasiun Shinjuku Tokyo adalah stasiun terbesar di seluruh Jepang dan stasiun tersibuk di dunia. Gedung stasiun bersambungan dengan gedung-gedung sekitar dan juga dengan jalur-jalur bawah tanah. Lebih dari 200 pintu masuk dan keluar di sekelilingnya dan total 53 peron kereta, Stasiun Shinjuku menjadi tempat yang wajib dikunjungi sewaktu liburan ke Jepang. Teman-teman juga bisa ke Stasiun Bus terbesar di Jepang yakni Bus Terminal Shinjuku atau sering disingkat BASTA. Terminal bus Shinjuku menjadi pusat transit dan keberangkatan bus-bus antar kota, seperti bus ke Fuji-Kawaguchiko, bus ke Takayama dan Shirakawago, dan bus-bus malam yang lainnya. Teman-teman silakan mencari pintu keluar selatan atau SOUTH EXIT Shinjuku Station, dan terminal bus Shinjuku berada di seberang jalan (silakan cek bangunan 4 lantai di seberang jalan).

Kalau teman-teman pergi ke Shinjuku, teman-teman akan dengan mudah menemukan objek wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari restoran untuk wisata kuliner, mal dan pusat perbelanjaan, hingga toko-toko elektronik ketika ingin membeli oleh-oleh sebelum kembali ke tanah air. Tapi kita mesti siap-siap saat pergi ke Shinjuku. Dengan begitu banyaknya pertokoan dan pusat belanja, tentu ada banyak orang yang mengunjungi Shinjuku. Kalau teman-teman tidak tahu cara perginya, saya sarankan untuk pergi bersama dengan seorang teman lain yang tahu Shinjuku, supaya jangan tersesat. Berikut objek-objek wisata di sekitar Stasiun Shinjuku Tokyo yang wajib dikunjungi oleh Anda, rangkuman Tim Info Jepang.

Peron-peron di Stasiun Shinjuku

1. Area JR East

Peron-peron di area JR East ini semuanya di atas permukaan tanah, seperti layaknya stasiun di Indonesia. Total ada 8 platform peron yang melayani 16 rute kereta JR East.

  • Peron 1-4 melayani kereta-kereta Saikyō Line (ke Ikebukuro, Omiya, dan Kawagoe), Rinkai Line (ke Shibuya, Odaiba dan Shin-Kiba), dan Shōnan-Shinjuku Line (menuju ke Yokohama dan Kamakura di Kanagawa dan ke Utsunomiya dan Takasaki di Saitama).
  • Peron 5-6, melayani kereta Narita Express ke Bandara Narita, Limited Ekspress Nikko dan Limited Ekspress Kinugawa ke Nikko dan Kinugawa Onsen, serta kereta Super View Odoriko ke Atami, Ito, dan ke Semenanjung Izu.
  • Peron 7-8, melayani kereta Chuo Line Rapid ke arah Stasiun Tokyo dan Chiba.
  • Peron 9-10, melayani kereta Limited Ekspress Chuo Line ke Kofu, Matsumoto, dan Gunung Takao.
  • Peron 11-12, melayani kereta Chuo Line Rapid ke Nakano, Tachikawa, dan Takao.
  • Peron 13, melayani kereta Chuo-Sobu Line ke Suidobashi (Tokyo Dome) dan Akihabara.
  • Peron 14, melayani kereta JR Yamanote Line menuju ke Harajuku, Shibuya, Shinagawa, dan Tokyo.
  • Peron 15, melayani kereta JR Yamanote Line menuju ke Ikebukuro, Nippori, dan Ueno.
  • Peron 16, melayani kereta Chuo-Sobu Line ke Nakano dan Mitaka.

2. Area Odakyu

Area Odakyu ini bersebelahan dengan area JR East di sisi barat. Terdiri dari 6 jalur (Peron 1-6) di permukaan tanah dan 4 jalur tambahan (Peron 7-10) di bawah tanah. Area inilah yang teman-teman akan banyak lalui kalau mau ke Odawara, atau daerah pegunungan Hakone dan Gunung Fuji.

  • Peron 1 tidak digunakan.
  • Peron 2-3, melayani kereta Limited Ekspress Romance Car ke Odawara, Hakone Yumoto
  • Peron 4-5, melayani kereta semi-ekspress, ekspress, dan rapid-ekspress ke Odawara, Katase-Enoshima, dan Hon-Atsugi.
  • Peron 6 digunakan untuk perpindahan jalur kereta.
  • Peron 7 digunakan untuk perpindahan jalur kereta.
  • Peron 8-9 digunakan untuk kereta lokal ke Shin-Yurigaoka, Sagami-ono dan Hon-Atsugi.
  • Peron 10 digunakan untuk perpindahan jalur kereta.

4 Tempat Wajib Dikunjungi Waktu Pergi ke Stasiun Shinjuku Tokyo

1. Dek Observasi Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan

Tempat terkenal di Shinjuku adalah Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan atau Tokyo Tocho. Gedung setinggi 243 meter ini merupakan gedung pusat pemerintahan Tokyo. Kita dapat masuk gratis ke dalamnya dan naik lift sampai ke tingkat paling atas. Dari sana kita bisa ke dek observasi dan melihat panorama kota Tokyo 360 derajat.

Gedung Tokyo Metropolitan di Stasiun Shinjuku Tokyo

Gedung Tokyo Metropolitan di Stasiun Shinjuku Tokyo

2. Taman dengan Bunga Sakura terindah di Tokyo

Selain itu ada pula Shinjuku Gyoen, yang merupakan salah satu taman terbesar di Tokyo dan tempat terbaik melihat bunga sakura di Tokyo di saat musim semi. Jutaan pengunjung datang dan melihat keindahan bunga sakura di taman yang dekat sekali dengan Shinjuku Station. Selain saat musim semi, taman seluas 58 hektar ini banyak dikunjungi oleh keluarga dan pasangan yang sekedar ingin berekreasi, piknik, atau melepas lelah sepanjang tahun. Kita bisa mengunjungi rumah kaca atau greenhouse, museum tumbuh-tumbuhan, teahouse atau rumah tempat minum teh Jepang, dan restoran. Khusus untuk rumah tempat minum teh, dengan membayar 700 Yen kita dapat mencoba mencicipi teh Jepang dalam upacara chadou.

Taman Shinjuku Gyoen

Taman Shinjuku Gyoen

3. Jajanan khas Jepang di Gang Kenangan Stasiun Shinjuku Tokyo

Kita juga bisa mampir ke gang kenangan atau Omoide Yokocho. Kawasan ini merupakan sebuah gang di barat laut Shinjuku Station dan dipenuhi dengan warung-warung kecil yang menjual ramen, soba, sushi, yakitori (ayam goreng), dan kushiyaki (sate Jepang) dengan harga miring.

Gang Kenangan di dekat Stasiun Shinjuku Tokyo

4. Membeli oleh-oleh di Mal sekitar Stasiun Shinjuku Tokyo

Selain itu, kita dapat puas berkeliling dan berbelanja oleh-oleh, suvenir khas Jepang, aksesoris dan kosmetika Jepang, serta barang elektronik khas Jepang. Kita bisa pergi ke Bic Camera, Yodobashi Camera Shinjuku, Takashiyama, Don Quixote, dan mal-mal terkenal di sekitar Stasiun Shinjuku lainnya. Selain itu, bisa juga mengunjungi Kabukicho Shinjuku.

Yodobashi Kamera di Stasiun Shinjuku Tokyo

Yodobashi Kamera di Stasiun Shinjuku Tokyo

Janjian bertemu (Meeting Point) di Stasiun Shinjuku

Stasiun Shinjuku merujuk pada stasiun yang cukup luas dan dipenuhi dengan banyak orang. Total ada 53 peron kereta dengan 200 pintu masuk dan keluar. Pintu keluar utara (North Exit) dan pintu keluar selatan (South Exit) saling berjauhan, dan akan sangat membuang waktu jika kamu membuat janji bertemu di Stasiun Shinjuku.

Salah satu tempat bertemu (meeting point) yang Tim Info Jepang sarankan adalah di pintu keluar selatan (South Exit). Di dekat pintu keluar ini, ada banyak loker penitipan stasiun yang cukup “eye-catching“. Selain itu, terminal Bus kedatangan Willer Bus juga berada di seberang jalan South Exit. Atau jika ingin menjemput teman atau orangtua yang tiba di Stasiun Shinjuku (belum pernah ke Shinjuku sebelumnya), kamu sebaiknya membeli platform ticket, yakni karcis masuk peron/ platform (bukan tiket naik kereta ya!). Jadi kamu bisa langsung bertemu di peron kereta yang dinaiki. Tentu jauh lebih mudah ketimbang membuat janji di tempat yang luas dan baru pertama kali dikunjungi. Harganya platform ticket ini 130 yen, dan dijual di semua vending machine.

Mandi/ Shower di sekitar Stasiun Shinjuku

Buat teman-teman yang naik bus malam dari Osaka/ Kyoto atau kota-kota lainnya, tentu ingin badan kembali segar setelah semalaman berada di dalam bus malam. Di Shinjuku ada beberapa public bath atau onsen umum yang lokasinya dekat dengan terminal bus malam stasiun Shinjuku. Tim Info Jepang hanya bisa merekomendasikan public onsen Thermae. Public Onsen Thermae juga menjadi opsi pilihan tambahan bagi pengguna layanan willer bus (bisa dicek kalau reservasi online). Perlu dicatat ini adalah onsen umum, jadi ada beberapa etika yang perlu diperhatikan.

Cara Menuju ke Shinjuku

Teman-teman bisa naik kereta Keisei Skyliner dari Narita Airport menuju ke stasiun Shinjuku. Kereta ini paling cepat hanya perlu 65 menit namun biayanya cukup mahal sekitar 2.600 yen. Ada juga pilihan lain, yaitu naik JR Narita Express (NEX). Waktunya 85 menit, biayanya 3.110 yen, namun space tempat duduknya luas sehingga teman-teman bisa beristirahat dengan tenang dalam kereta. NEX tercover dengan NEX Pass, JR Pass, maupun Tokyo Wide Pass.

Bagi teman-teman yang ingin menghemat biaya, bisa naik kereta Keisei Line Local dan Commuter Line. Biarpun waktu tempuhnya sedikit lama (105 menit) namun biayanya setengah dari kereta express, yakni sekitar 1.200 Yen. Ada juga bus airport bagi teman-teman yang malas untuk transfer kereta, dengan 3.000 yen bisa mencapai Tokyo dalam 2 jam.

Bagi teman-teman yang datang dari Haneda Airport, teman-teman bisa naik Tokyo Monorail sampai Stasiun Hamamatsucho, lalu transfer ke Yamanote Line menuju stasiun Shinjuku dengan 590 Yen atau naik Airport Limousine Bus dengan 1.200 Yen.

Stasiun Shinjuku terhubung dengan Stasiun Tokyo, Stasiun Hamamatsucho, Stasiun Ueno, Stasiun Shinagawa dan Stasiun Shibuya dengan jalur kereta JR Yamanote Line.

Akses ke Stasiun Shinjuku Tokyo

DARI NARITA AIRPORT

  1. Narita Airport Terminal – Nippori Station dengan Keisei Line Express (1400 Yen) Nippori Station – Shinjuku Station dengan Yamanote Line (190 Yen)
  2. Narita Airport Terminal – Nippori Station dengan Sky Liner (2400 Yen) Nippori Station – Shinjuku Station dengan Yamanote Line (190 Yen)
  3. Narita Airport Terminal – Shinjuku Station dengan JR Narita Express (3110 Yen)
  4. Narita Airport – Shinjuku Station West Exit dengan Bus Bandara (3000 Yen)

DARI HANEDA AIRPORT

  1. Haneda Airport Terminal – Shinagawa Station dengan Keikyu Airport (400 Yen) Shinagawa Station – Shinjuku Station dengan Yamanote Line (190 Yen)
  2. Haneda Airport Terminal – Hamamatsucho Station dengan JR Tokyo Monorail (470 Yen) Hamamatsucho Station – Daimon Station dengan jalan kaki 9 menit Daimon Station – Shinjuku Station dengan Toei Oedo Line (210 Yen)
  3. Haneda Airport – Shinjuku Station West Exit dengan Bus Bandara (1200 Yen)

Cheap Hotels in Shinjuku [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Wing International
2 km away
Hotel Wing International Premium Tokyo
from ¥20300/night
Tokyu Stay Shinjuku
1 km away
Tokyu Stay Shinjuku
from ¥18500/night
Capsule Hotel Anshin Oyad
0 km away
Capsule Hotel Anshin Oyado Shinjuku
from ¥6600/night
Shinjuku City Hotel NUTS
1 km away
Shinjuku City Hotel NUTS
from ¥16000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Snoopy Tokyo
29 km away
Museum Snoopy Tokyo
Kuil Sensoji
9 km away
Pintu utama Kuil Sensoji Asakusa
Kebun Binatang Ueno
7 km away
Panda besar di Kebun Binatang Ueno
Kapal Wisata Odaiba Tokyo
9 km away
Naik kapal wisata Odaiba Tokyo Skytree

Sumber gambar : Flickr nAok0, Agustin Rafael Reyes, Jason Arney, haribote, jpellgen


Recommended for you


Last modified: June 6, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (170)

  1. Selamat sore

    Sesuai saran bpk sy harus hitung sematang2nya perihal jam shinkansen, terimakasih peringatannya

    * Untuk mengetahui jadwal jam per jenis kereta-stasiun-jam terakhir kereta yg akan kami pilih, lebih simpel check web apa ya pak?
    – Hyperdia ?
    – JR time table ?
    – Japan-guide ?
    – Lain lain ?

    Mohon saran, yg simpel dan paling diandalkan yg apa ya pak ?

    Soalnya cukup membingungkan, klo misal JR tujuan shinjuku, ada kreta nama lain di statsiun berikut, apkah itu pasti artinya ganti kreta, juga pindah track ?🤤
    Sy nyoba hyperdia ,masa dri tokyo stasiun ke shinjuku 30 menitan ? Jadi raguu..u

    Terimakasih , bantuan bpk begitu bermanfat, bravo

    Infojepang menjadi TOP of MIND pak
    INGET JEPANG INGET NUGROHO eh INGET INFOJEPANG 👍👍

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk jadwal jam kereta paling praktis menggunakan Hyperdia atau Japan Travel. Semuanya akurat kok bu, karena database kereta di Jepang juga update. Dari Tokyo ke Shinjuku kalau naik kereta JR Yamanote Line memang bisa 30 menit karena rutenya memutar, nah, biar lebih cepat, ibu bisa naik kereta JR Chuo Line (15 menit).

    • johan lee  |  

      Selamat pagi pak

      dari narita bandara ke tokyo station trus naik shinkasen ke kyoto perjalanan berapa lama ya pak?

      trima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Lama perjalanan adalah sekitar 3 jam dengan Hikari Shinkansen (yang tercover oleh JR PASS). Salam

  2. Halo Pak… thanks info2nya sangat berguna.
    Sy juni ini nanti akan ke jepang. Utk wilayah sekitaran Tokyo 10hari. Rencananya sy sekeluarga akan menginap di Gotemba 2 hari utk menikmati mt Fuji. Selebihnya sy akan menginap di hotel di Sinjuku. Sy ingin tanya ya Pak..
    1. Rencananya 4 hari sy menginap di 1 hotel di Sinjuku. Trs 2 mlm tidur di Gotemba lalu lanjut balik nginap lg di Hotel yg sama lg di Sinjuku. Kl seperti itu, biasanya apakah sy bisa Nitip koper2 sy di hotel di Sinjuku tsb ya Pak? (spy sy gak perlu membawa semua koper2 sy. Hanya bawa 1 koper sj utk keperluan di gotemba) ?
    2. Apakah Bpk tau Hotel2 mana yg bisa menerima titip koper nginap gitu ya Pak?
    3. Tempat penitipan koper di sta Sinjuku apakah menerima penitipan koper yg menginap sampe 2 malam gitu Pak? Biayanya brp?
    4. Dari Sinjuku kalau ke Haneda sy baca bisa naik kereta yg lbh murah drpd naik airpot limosin bus. Tp naik kereta hrs transfer. Apakah transfernya itu jalan kakinya panjang, banyak naik turun Tangga kah Pak? (Soalnya sy ada anak kecil)
    Pls reply ya Pak…Terima kasih Pak

    • Nugroho Christian  |  

      1. Sepertinya tidak bisa bu. Ibu bisa menitip koper ibu di loker stasiun Shinjuku saja menurut saya.
      2. Ibu bisa naik kereta JR yamanote Line dari Shinjuku dan turun di Stasiun Shinagawa, lalu naik kereta Keikyu. Jalan kakinya tidak terlalu jauh bu. Salam.

  3. Sore mas nugroho
    Jika saya masuk dr West Entrance stasiun shinjuku, jika saya mau naik peron 14 ke tokyo station, cara nya gimana ya mas? harus ke south entrance dulu atau gimana ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau masuk dari West Entrance bisa dari jalur bawah tanah ke peron no 14 kok bu. Salam

  4. Sore mas nugroho , saya mau bertanya jam brp kah station jr shinjuku buka? Karna saya berencana jam 5 berangkat dr jr shinjuku ke tokyo station.

  5. mau tanya pak jika berangkat pagi hari dari narita menuju indonesia, adakah bus tengah malam dari shinjuku ke narita ? ataukah saya harus menginap di sekitar narita sehari sebelum berangkat ? mohon pencerahan

  6. Mlm Pak Nugroho,
    Kl dr osaka (stasiun namba) pagi hari setelah cek out ingin langsung ke Gala yuzawa naek apa & trn dimana? Apakah bs pake JR pass? Dimana sy bs menitipkan koper karena rata” wkt cek in jam 3 sore. Spy menghemat wkt saya rencana mau lgs jln dr osaka ke gala yuzawa.

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Namba, bapak bisa naik kereta subway menuju Shin-Osaka, setelah itu naik kereta Shinkansen sampai ke Stasiun Tokyo, dilanjutkan dengan naik kereta Shinkansen lagi sampai Gala Yuzawa. Semua ongkosnya tercover dengan JR Pass. Untuk penitipan koper bisa dilakukan di Stasiun Tokyo.

  7. Dear Pak Nugroho Christia,

    Saya tinggal di flat dekat Higashi Station, Shinjuku. Di mana lokasi terdekat untuk mendapatkan Airport Limousine Bus menuju Bandara Narita? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik taksi ke spot keberangkatan di Stasiun Shinjuku (silahkan lihat link berikut), karena tidak ada dari Higashi-Shinjuku. Salam/

  8. Dear Pak Chris,
    Saya berencana untuk ke Jepang tgl 25 feb-6 mar’18. Rutenya adalah Narita-Tokyo-Kyoto-Kobe-Osaka-Tokyo-Narita
    Apakah akan lebih hemat apabila membeli JR pass atau saya bisa mengandalkan Pasmo/Suica card saja ya pak?
    Terimakasih.

    • Dear Pak Chris,

      ada 1 pertanyaan lagi pak, untuk jam operasional shinkansen Osaka ke Tokyo gimana ya pak? apakah 24 jam beroperasi atau ada jam kereta terakhirnya?

      Terinakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Kereta terakhir berangkat 21.23 (Nozomi), sedangkan kereta Hikari berangkat jam 20.03. Salam.

  9. Dear Pak Nugroho,

    Saya berencana ke Jepang. Kota yang akan saya kunjungi adalah Tokyo, Nagoya dan Osaka. Tiga malam pertama saya berencana menginap di Tokyo Bay Area karena lebih dekat ke Disneyland dan Disneysea. Saya menginap dekat Shin Urayasu Station. Sambil menunggu check in, saya berencana ingin jalan2 ke downtown area. Apakah lebih baik saya jalan-jalan ke Tokyo Station atau lbh baik ke Asakusa ya Pak? oh ya satu lagi, apakah dari Shinjuku station juga ada Shinkansen menuju Nagoya? Trm kasih..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu tiba di hotelnya kira-kira jam berapa ya? Sebab Asakusa sudah sepi dan tidak ada yang bisa dilihat kalau diatas jam 17.00.
      Lalu shinkansen menuju ke Nagoya hanya berangkat dari Shinagawa atau Tokyo Station di Tokyo. Salam

  10. pagi pak nug,
    sbb itin saya yg masih banyak kekurangan, mohon petunjuk dan pencerahan dari pak nugroho

    7 maret
    16.05 : arrived narita airport
    18.00 : heading to shinjuku, cek in hotel ( shinjuku)

    8 maret
    7.00 : narita airport – kansai airport osaka
    15.00 : cek in hotel osaka

    9 maret
    7.00 : heading to kyoto
    15.00 : kansai airport – narita airport, back tokyo
    22.00 : go back hotel shinjuku

    10 maret
    6.00 : breakfast
    6.30 : heading to mt fuji
    18.00 : go arround shinjuku
    22.00 : go back hotel ( shinjuku)

    11 maret
    6.00 : breakfast at tsukiji
    7.00 : shibuya, harajuku, tokyo until night
    22.00 : go back hotel ( shinjuku)

    12 maret
    7.00 : breakfast
    8.00 : cek out and then go arround near hotel / tsukiji
    12.00 : go to narita airport
    16.00 : flight cek in
    18.00 : go back jakarta

    pertanyaan nya ? tmpt apa saja yg bisa sy kunjungi dengan waktu yg sesingkat mungkin seperti diatas ? apakah saya perlu beli JR pass atau cukup pakai suica card saja ? thank you..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Maksudnya tempat yang bisa dikunjungi itu pas tanggal berapa pak?
      Lalu karena PP ke Osaka dengan pesawat sepertinya tidak perlu membeli JR PASS. Salam

  11. Selamat pagi, pak chris.
    Mohon bantuannya dong. Saya dan keluarga akan ke tokyo 15-22 maret.
    Saya ada buat itinerary sendiri tp takut salah, mohon bantuannya ya
    15-16 maret jkt-sing, sing-narita
    16 maret. Jam 6 sampe narita lnjut ke shinjuku station. Tarok koper dl di hotel lanjut ke tojyo tower, tokyo imperial palace, asakusa temple,nakamise shopping street. Pulang istirahat
    17 maret ke disneysea
    18 maret ke disneylan
    19 maret ke kawaguchiko, danau yamanaka (rencana tinggal di gotemba)
    20 maret fuji safari park lanjut snow town yeti
    21 maret turun balik ke tokyo, ke museum nasional, bingung mau kemana lagi
    22 maret balik indo

    Kira2 cocok gak ya kalo itinerary begitu? Saya suami istri dan anak 3
    Makasih bantuannya

  12. Salam pak nugroho mohon arahanya
    1.jika ingin jalan di tmp belanja oleh2 di luar stasiun shinjuku yg ramai sprti takeshita street keluarnya dr exit stasiun shinjuku yg mana ya?
    2.jika mau jln di shibuya yg bnyk tmp2 belanja non branded yg ramai keluar exit sblh mana dr stasiun shibuya?
    3.minta recomend wisata jalan2 yg ad belanja2 sprti takeshita stret dmn lg ya pak daerah tokyo?
    Terima kasih

  13. salam Pak Chris, maaf ganggu weekendnya. sy akan beli tokyo free pass (bingung harus beli yg berapa hari)
    saya ada 4 hari di tokyo, itin sbb:
    1. Asakusa, tokyo sky tree, imperial palace, harajuku, shinjuku
    2. Fuji / gotemba (ini apakah akan seharian pak?) apa bisa ke ikekuburo/yokohama/odaiba
    3. Paginya mungkin bisa ke ueno/ ada suggest yg dekat utk ke Disneyland (starlight saja kalau dapat)
    4. Akihabara, Ginza, Shibuya, flight malam dari haneda jam 23.45pm
    sy ingin minta bantuan Pak Chris, menurut bpk sebaiknya saya beli free pass yang berapa jam? apa perlu yg 72hours + welcome (agar tercover keikyu ke haneda?) tapi saya tidak pake PP haneda sih.
    tadinya saya ingin beli 2 free pass, yg 1D pass+3D pass apa akan balik modal?
    dan apakah rute saya sudah benar agar tdk backtrack? kalau ada kota yang tidak terlalu penting dan bisa diskip, mohon masukannya yah.
    Selamat malam Natal Pak Chris & keluarga
    Salam, Magdalena

    • Nugroho Christian  |  

      1. Silahkan membeli Tokyo Subway Pass 24 hour
      2. Kalau ingin ke Fuji dan Gotemba bisa saja dilanjutkan ke Ikebukuro/ Yokohama/ Odaiba, namun ibu harus buru-buru saat di Fuji dan Gotemba. Harus sudah kembali sekitar jam 3 sore.
      3. Harus pastikan apakah tanggal yang diinginkan tiket Starlite dijual?
      4. Silahkan gunakan kartu SUICA/ Pasmo saja untuk hari terakhir. Saya lihat tidak ada yang backtrack kok, hanya saja, Odaiba bisa dimasukkan ke hari pertama saja, dengan catatan hari pertama mulai dari pagi hari, dan Odaiba diletakkan di malam hari (terakhir). Salam.

    • Terimakasih Pak Chris. Selamat Natal ya :)
      Ada sedikit lg pertimbangan sy,
      1. Malam hari di odaiba bagus ya pak? kalau untuk malam hari di harajuku/shinjuku/shibuya?
      2. Kalau sy ga berniat belanja brg branded..sebaiknya sy naik bus yg tujuannya kemana yah pak? Apakah ada bus yg termasuk turun di kawaguchi & perhentian fuji?
      3. Sy akan ke disneyland hari sabtu pak. Mudah2an sih dpt tix starlite. Naik JR mahaima ya pak? Biaya nya brp sih per org?
      Oiya pak. Dgr dgr beli air mineral di jepang cukup pricey. Apakah ada tips nya? Hehe
      Terimakasih Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bagus bu untuk malam hari, bisa sekalian makan malam juga.
      2. Ada bus ke Kawaguchiko dari Shinjuku bu, silahkan baca di tulisan saya tentang Bus ke Kawaguchiko Fuji
      3. Ibu mau kapan berangkatnya? Supaya bisa saya cek apakah tiket starlite dijual. Untuk tiket dari Tokyo ke Maihama itu 220 yen. Untuk air minum, trik dari kami, silahkan bawa air minum dari hotel saja (diambil dari keran). Salam.

    • Siap. Makasi pak Chris. Ini lsg sy baca2. Website bpk sgt sgt membantu :)
      Wah syg skali saya inap di airbnb pak. Cuma ada 2 malam d hotel. Sisanya airbnb. Disana jarang ada tab water ya pak? Spt di singapore bbrp park nya ada.
      Saya rencana ke disneyland tgl 6 januari pak
      Terimakasih pak Chris

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa tanyakan juga ke pemilik air bnb nya. Untuk tanggal 6 Januari, dijual Starlight Passport kok bu. Salam.

  14. siang pak.. saya memilih TOKYO SUBWAY pass. untuk 2hari. jika saya menginap di Yumi House, itu stasiun terdekat kalau lihat di informasi hotel. adalah Shin Okubo Station. apakah stasiun tersebut bisa pakai TOKYO SUBWAY PASS..?

    dan apakah benar stasiun terdekatnya adalah SHIN OKUBO STATION..?

    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ya benar, stasiun yang paling dekat adalah Stasiun Shin-Okubo. Namun, stasiun tersebut hanya dilalui kereta JR Yamanote Line dan bukan kereta subway. Mungkin lebih menguntungkan kalau Fitri membeli Tokunai Pass, atau gunakan SUICA/ Pasmo saja. Salam.

    • ohh… begitu ya

      kalau saya pakai TOKYO SUBWAY PASS itu apa nama stasih terdekatnya…?

      terima kash

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau stasiun terdekat yang tercover Tokyo Subway Pass itu Higashi Shinjuku Station. Salam

    • Penginapan kami di Yumi House, kami stay di Shinjuku selama 2hari dan akan melakukan city tour, berikut urutannya :

      tgl 10 Desember 2107 (TOKYO METRO PASS)
      1. Asakusa
      2. Tokyo Sky tree
      3. Ueno
      4. Akihabara
      5. Shibuya
      6. Harajuku

      Tgl 11 Desember 2017 (TOKUNAI PASS)
      1. Shinjuku to Tokyo Disneyland(Hanya berfoto2)
      2. Shinjuku to Odaiba
      3. Tokyo Tower

      apakah urutannya sudah benar ya pak..? dan apakah ada objek/ tempat lain yg bisa dikunjungi lagi u/city tour Tokyo..?

      terima kasih

  15. siang pak..

    mengenai kartu suica/pasmo. pertama datang di TOKYO saya turun di terminal bus shinjuku. kira2 saya cetak kartu PASMO/SUICA itu dimana ya pak yg terdekat..?

    dan ketika saya ingin cetak kartu. itu tinggal pilih mau PASMO atau SUICA, gtu ya pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Pasmo hanya bisa dibeli di semua loket tiket Stasiun non-JR sementara SUICA di stasiun JR. Ibu mau membeli di mana ya? Salam.

    • perbedaan.nya hanya saat membelinya saja ya pak. kalau PASMO hanya di loket stasiun non-JR dan SUICA beli di stasiun JR. namun untuk penggunaannya sama saja ya pak (seperti e-money saja)…?

      dan untuk memasukan uang ke dalam mesin saat membeli kartu tersebut, harus 2000Yen(saat awal) atau bisa menggunakan uang diatas 2000Y(maksudnya misal pecahan 10.000Yen)..?

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!