Panduan Lengkap Bandara Haneda

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Panduan Lengkap Bandara Haneda

Bandara Tokyo Haneda (HND) atau Bandara Internasional Tokyo adalah satunya bandara yang ada di Tokyo. Bandara Haneda berhadapan langsung dengan Teluk Tokyo dan menjadi Bandara tersibuk di Jepang. Narita, yang sering disebut Tokyo Narita, sebenarnya terletak di Prefektur Chiba, di timur Tokyo. Bandara Narita kebanyakan melayani penerbangan internasional, sedangkan Bandara Haneda melayani rute domestik.

Bandara Haneda mulai beroperasi pada tahun 1931, sebelum dimulainya perang dunia 1. Bandara ini terus bertumbuh menjadi salah satu dari lima bandara tersibuk di dunia, dengan 76 juta penumpang setiap tahunnya, apalagi sejak ditambahnya satu terminal Internasional di tahun 2010 kemarin. Bandara Soekarno Hatta berada di urutan 18 dengan 54 juta penumpang. Maskapai Garuda Indonesia atau Air Asia yang terbang dari Jakarta biasanya akan mendarat di Haneda.

Selagi bisa atau bisa memilih antara Haneda atau Narita, teman-teman sebaiknya memilih mendarat di Haneda karena letaknya yang jauh lebih dekat dengan pusat kota Tokyo. Akses kereta langsung dengan Tokyo Monorail jauh lebih murah dan cepat ketimbang kereta Keisei yang menghubungkan Narita dengan Tokyo.

Tahun 2014 kemarin, juga diresmikan Hotel Haneda Royal Park yang terhubung langsung dengan terminal keberangkatan internasional. Dengan hotel ini, para wisatawan dapat menginap sebelum keberangkatan pagi harinya, atau saat tiba di Jepang larut malam.

Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airways (ANA) adalah penguasa Haneda khususnya untuk penerbangan domestik ke selatan Jepang (Fukuoka, Kyushu, atau Kansai) atau ke utara Jepang (Hokkaido, Sendai). Ada banyak bus gratis yang siap mengantarkan teman-teman ke Terminal 1 atau 2 di Bandara Haneda. Selain itu, tersedia jalur kereta api yang akan membawa kita ke pusat kota Tokyo.

Di bandara ini, teman-teman bisa menukar atau membeli JR-Pass untuk naik kereta di seluruh Jepang, membeli kartu SIM Docomo atau menyewa mobile Wi-Fi Pupuru untuk berinternet murah di Jepang. Selain itu, ada ratusan toko oleh-oleh di Bandara Haneda yang mayoritas menyediakan oleh-oleh khas di Jepang, tentu dengan harga bebas pajak, yey!

Suasana Bandara Haneda

Catatan penting mengenai Bandara Haneda

Oiya, ini salah satu catatan penting mengenai Bandara Haneda. Bandara ini memang beroperasi 24 jam, namun akses/ transportasi ke Tokyo di malam hari amat terbatas. Kereta terakhir dari Haneda (yaitu kereta Keikyu dan Tokyo Monorail) berhenti beroperasi menjelang tengah malam. Sementara itu, kereta JR Yamanote yang beroperasi di Kota Tokyo perjalanan terakhirnya sekitar pukul 01.00.

Teman-teman bisa naik bus malam yang beroperasi sampai pukul 02.00 ke Ginza, Tokyo, Shinjuku, Shibuya, Shinagawa atau Yokohama. Atau, pilihan terbaiknya, jika teman-teman sudah lelah, Tim Info Jepang menyarankan menginap di hotel Bandara. Atau naik taksi ke Tokyo (sekitar 6.000-10.000 yen).

PROMO HOTEL DI DEKAT HANEDA AIRPORT/ Kamata-Hamamatsucho (1 kali kereta)
(Diupdate otomatis)

Booking.com
Booking.com

Hotel Murah dekat dengan Haneda Airport

Berikut ini adalah hotel-hotel yang berada di dalam Terminal Haneda (terhubung langsung dengan terminal Domestik/ Internasional).

  1. Hotel Tokyo Haneda First Cabin (di Terminal 1 Domestik, hotel kapsul/ murah)
  2. Hotel Tokyu Haneda Excel (di Terminal 2 Domestik, reguler)
  3. Hotel Haneda Royal Park (di Terminal International, reguler)

Berikut ini adalah hotel-hotel yang berada di dekat Haneda, yang dapat dicapai dengan menggunakan taksi (sekitar 1.500 yen).

  1. Hotel Tokyo Haneda JAL City (gratis bus shuttle jam 4:00 sampai 0:40)
  2. Toyoko Inn Haneda Kuko Number 1 (gratis bus shuttle jam 4:15 sampai 00.30)
  3. Toyoko Inn Haneda Kuko Number 2 (gratis bus shuttle jam 4:15 sampai 00.30)
  4. Hotel MyStays Haneda (gratis bus shuttle jam 4:00 sampai 0:25)
  5. Haneda Inn (gratis bus shuttle jam 4:00 sampai 0:40)

Berikut ini jadwal perjalanan pagi yang beroperasi ke Bandara Haneda:

  • Bus dari Stasiun Tokyo dan Shinjuku mulai dari pukul 04.30
  • Kereta Tokyo Monorail dari pukul 05.15
  • Kereta Keikyu dari pukul 05.30

Tourist Information Center di Bandara Haneda

Di Terminal 2F di Bagian Tourist  Information Center Bandara Haneda, teman-teman bisa memperoleh semua informasi terkait wisata, akomodasi, transportasi selama di Jepang. Bagian Informasi ini buka sampai jam 12 malam (24.00) dan siap melayani atau menjawab pertanyaan teman-teman. Tidak perlu takut, para pegawai di sini bisa bahasa Inggris, Chinese, dan Korea. Selain itu, tersedia layanan komputer dan internet Wi-Fi gratis bagi para turis.

Bagaimana bepergian dari/ ke Bandara Haneda?

Transportasi Haneda dari/ke STASIUN TOKYO

1. Dengan kereta Keikyu
1 kali transit, 35 menit, 580 yen
Dari Stasiun Tokyo, naik kereta JR Yamanote ke Stasiun Shinagawa (lama perjalanan 10 menit, biaya tiket 170 yen). Kemudian, dari Stasiun Shinagawa, naik kereta Keikyu ke Bandara Haneda (lama perjalanan 20 menit, harga tiket 410 yen).

St. Tokyo–St.Shinagawa–Haneda

2. Dengan Tokyo Monorail 
1 Transit, 30 menit, 650 yen
Dari Stasiun Tokyo, naik kereta JR Yamanote ke Stasiun Hamamatsucho (lama perjalanan 5 menit, biaya tiket 160 yen). Kemudian, dari Stasiun Hamamatsucho naik kereta Tokyo Monorail  ke Haneda (lama perjalanan 20 menit, 490 yen). Meskipun bukan jalur kereta JR, namun jalur kereta Tokyo Monorail masuk ke dalam cakupan JR Pass, Tokyo Wide Pass, dan juga JR East-South Hokkaido Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi,

St. Tokyo–St.Hamamatsucho–Haneda

3. Dengan bus
Tersedia bus dari Stasiun Tokyo ke Bandara Haneda, lama perjalanan 30-45 menit (tergantung lalu lintas kota Tokyo), dan biaya 930 yen.

Transportasi Haneda dari/ke STASIUN SHINJUKU

1. Dengan kereta Keikyu
1 Transit, 45 menit, 610 yen
Dari Stasiun Shinjuku, naik kereta JR Yamanote Line ke Stasiun Shinagawa (lama perjalanan 20 menit, biaya tiket 200 yen). Kemudian, dari Stasiun Shinagawa, naik kereta Keikyu ke Bandara Haneda (lama perjalanan 20 menit, harga tiket 410 yen).

St. Shinjuku–St.Shinagawa–Haneda

2. Dengan Monorail Tokyo
1 Transit, 40 menit, 650 yen
Dari Stasiun Shinjuku, naik kereta JR Yamanote Line ke Stasiun Hamamatsucho (lama perjalanan 25 menit, biaya tiket 200 yen). Kemudian, dari Stasiun Hamamatsucho naik kereta Tokyo Monorail  ke Haneda (lama perjalanan 20 menit, 490 yen).

St. Shinjuku–St.Hamamatsucho–Haneda

3. Dengan bus
Tersedia bus langsung dari Stasiun Shinjuku ke Bandara Haneda, lama perjalanan 30-45 menit, dan biaya 1.230 yen.

Transportasi Haneda dari/ke Narita

1. Dengan kereta Keikyu
Langsung, 90 menit, 1.760 yen
Kereta Keikyu ini dikenal dengan kereta Access Ekspress atau Airport Kaitoku. Adalah cara paling cepat dan mudah yang menghubungkan Haneda dengan Narita.

2. Dengan kereta JR Narita Ekspess
1 Transit, 95 menit, 3.600 yen
Dari Narita naik kereta JR Narita Ekspess sampai Stasiun Shinagawa (lama perjalanan 70 menit, dengan tiket 3.200 yen). Kemudian dari Stasiun Shinagawa naik kereta Keikyu sampai ke Haneda (lama perjalanan 20 menit, harga tiket 410 yen).

3. Dengan bus
Tersedia bus dari Bandara Narita ke Bandara Haneda dan sebaliknya, lama perjalanan 90 menit, dan biaya 3.100 yen.

Transportasi Haneda dari/ke Disneyland atau DisneySea

Ini khusus buat teman-teman yang berencana langsung ke Tokyo DisneyResorts atau memang menginap di hotel sekitaran Tokyo Disneyland.

1. Dengan menggunakan bus
Tersedia bus shuttle dari Haneda ke Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea. Lama perjalanannya 45 menit dengan biaya tiket 830 yen.

2. Dengan kereta
2 kali transit, 60 menit, 800 yen
Dari Haneda naik kereta Tokyo Monorail ke Stasiun Hamamatsucho (lama perjalanan 20 menit, 490 yen). Kemudian, naik kereta JR Yamanote ke Stasiun Tokyo (lama perjalanan 5 menit, biaya tiket 160 yen). Kemudian naik naik kereta JR Keiyo/ JR Musashino ke Stasiun Maihama (15 menit, 150 yen). Jalur ini termasuk ke dalam cakupan JR Pass.

Kegiatan Seru yang bisa Dilakukan di Bandara Haneda

1. Deretan Restoran dan Kafe

Sampai di Haneda Airport? Jangan buru-buru langsung pergi ke Tokyo. Kita bisa juga berwisata kuliner di Bandara Haneda lho, sebab ada puluhan restoran dan kafe yang menawarkan berbagai ragam menu masakan Cina, Eropa, dan juga rasa khas Jepang. Ada 59 toko di terminal 1 dan 60 toko di terminal 2 yang buka mulai pukul 05.00 hingga 01.00 dini hari. Tidak ada salahnya melepas lelah perjalanan sambil mencicipi menu khusus di Bandara Haneda.

Deretan restoran Edo Koji di Bandara Haneda

2. Membeli Oleh-Oleh

Kelupaan membeli oleh-oleh? Atau merasa kurang? Tenang saja, kita bisa membelinya puluhan toko oleh-oleh dan suvenir di Bandara Haneda. Ada toko 100 Yen, toko busana Isetan dan Uniqlo yang menjual suvenir dan cenderamata khusus yang hanya ada di Bandara Haneda lho! Jadi jangan lupa mengeceknya ya!

3. Melihat dek observasi

Ingin melihat pesawat terbang terbang di atas kepala? Ayuk ke dek observasi Bandara Haneda yang ada di lantai 6 Terminal 1 atau lantai 5 Terminal 2. Kedua dek observasi ini buka untuk umum mulai pukul 6:30 hingga 22.00. Di hari cerah bahkan kita bisa memandang hingga ke seberang selat Tokyo hingga ke arah Chiba! Sugoi bukan?

Dek observasi Bandara Haneda

Sumber gambar: Flickr shibainuDavid McKelveyDuke Yuin, Andy

Recommended for you

Last modified: November 13, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (76)

  1. Siang Pak Nugroho, saya rencana akan ke Jepang Agustus 2017 nanti dan sampai jam 23.30 di Haneda. Mau tanya, ada rekomendasi hostel or capsule murah daerah sna? Krn kemungkinan saya baru akan dijemput siang hari berikutnya. Dan satu lagi utk ke daerah Yamanashi bagaimana caranya ya dan naik apa dan juga harganya Pak. Terimakasih sebelumnya pak 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silahkan naik JR Chuo Line atau JR Yamanote Line ke Stasiun Tokyo, kemudian naik JR Keiyo Line atau JR Musashino Line dan turun di Stasiun Maihama. Lama perjalanannya sekitar 30 menit dengan ongkos 390 yen. Untuk bus, tersedia highway bus dari Stasiun Shinjuku yang langsung menuju ke Tokyo Disney Resort, dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit-1 jam. Tiket seharga 820 yen. Info lengkapnya bisa dibaca di Tokyo Disneyland

  2. siang pak , saya tiba pukul 22.00 malam di haneda, dan rencana akan bermalam di dalam bandara haneda, kalau mau tukar JR pass untuk besoknya, dimana dan jam berapa ya pak jam kerja kantor penukaranya, rencanaya langsung mau ke kanazawa lanjut shirakawa go.karena jadual kereta dari haneda ke kanzawa pakai shinkansen jam 05:27 ( haneda 5:27- hamamatsu cho 5:46 , shinkansen ke kanazawa dari tokyo jam 06:06 pagi)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Pak Yulianto. Untuk penukaran JR Pass bisa dilakukan di JR EAST Travel Service Center, letaknya di stasiun awal Tokyo Monorail di Bandara Haneda. Silahakn tukar saja langsung di situ supaya kereta Tokyo Monorail ke Hamamatsucho bisa tercover. Salam.

  3. Mohon pencerahannya…jadwal pesawat sampe di haneda pkl 21.40 dan rencana mau beli diskon tiket “Welcome! Tokyo Subway Ticket” di counter Keikyu Tourist Information Center. Tapi menurut info di internet counter Keikyu TIC hanya sampe pkl 22.00…Apakah saya masih bisa beli diskon tiket tersebut di haneda ? mengingat waktu nya sangat terbatas ( belum lagi keluar imigrasi dan menunggu bagasi pesawat)… terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Keikyu Tourist Information Center hanya ada di Haneda Airport, dan kalau sudah tutup berarti harus ke Haneda lagi esok harinya untuk membeli Welcome! Tokyo Subway Ticket. Salam

  4. selamat pagi pak Nugroho, pswt saya mendarat di haneda pukul 11 mlm. besok pagi nya saya berencana langsung ke osaka. saya memiliki JR pass. mohon petunjuk kereta / shinkansen yang bs saya gunakan dr haneda ke osaka yg tercover oleh JR pass? Terima kasih pak……

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Christin, kamu bisa naik Tokyo Monorail dari Haneda sampai Stasiun Hamamatsucho, kemudian naik JR Yamanote Line ke Stasiun Shinagawa/ Stasiun Tokyo. Dari situ, bisa naik kereta Shinkansen ke Shin-Osaka. Semua rute diatas dicover JR Pass.

  5. Mas Nugroho..dari Haneda ke Shinagawa naik Keikyu Line… nah untuk jalur Keikyu Line sendiri bisa menggunakan kartu apa..? Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Victor bisa naik kereta Keikyu Airport sampai Stasiun Sengakuji, pindah ke kereta Toei Asakusa Line sampai Stasiun Nihombashi. Terakhir bisa naik kereta Tokyo Metro Tozai Line sampai Stasiun Nishi-Kasai. Salam.

    • Hmmm selain kereta ada lagi? Mungkin naik bus ya? Karena kebetulan bawa anak masih 1.5 thn dan koper banyak

  6. Selamat siang, saya ada plan ke jepang 10hari dengan planning 2malam di osaka, 1 malam di hakone dan 7 malam di tokyo, yang ingin saya tanyakan:

    1. saya mendarat di haneda hari sabtu jam 08.00 pagi, apakah tepat jika saya langsung direct ke osaka dengan JRP mengingat kami membawa anak kecil umur 5 dan 3 tahun,
    2. pukul brp office center di haneda sudah buka?
    3. apakah hotel/apartement bintang 4 di tokyo menerima penitipan koper jika kita akan menginap disana?
    4. mohon advise ittinenary yang tepat:
    Jakarta-Hanenda-osaka-hakone-tokyo-jakarta
    atau
    Jakarta-haneda-Tokyo-hakone-osaka-tokyo-Jakarta

    Mohon advisenya

    thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak.
      1. Penukaran JR Pass bisa langsung dilakukan setibanya di Haneda Airport. Bisa pergi ke JR EAST Travel Service Center di dekat pintu karcis Tokyo Monorel di balai ketibaan lantai 2. JR EAST Travel Service Center buka dari jam 07:45-18:30
      2. Bapak bisa langsung naik shinkansen dari Tokyo Station menuju ke Osaka. Shinkansen sangat nyaman jadi pas untuk liburan bersama keluarga.
      3. Hotel Jepang menerima penitipan barang pada hari check in Pak. Cukup menunjukkan bukti booking hotel dan akan segera diurus.
      4. Mohon maaf, bapak tiba bulan apa? Mungkin jadwalnya bisa disesuaikan dengan kalau ingin main salju/ lihat bunga sakura/ lihat festival di Jepang.
      Salam

  7. Selamat siang, maaf saya mau tanya untuk trip 10 hari tokyo, fuji, osaka, kyoto , yokohama apakah perlu membeli JR Pass? dan untuk hotel di jepang apakah termasuk ketat dengan aturan anak – anak usia tertentu saja yang boleh sharing bed, soalnya saya cari hotel kebanyakan anak-anak usia di atas 6 tahun tidak diperkenankan sharing bed. terima kasih atas informasinya……….

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Krishna. Bapak tiba dan berangkat dari Bandara apa? Kalau ada PP Tokyo-Osaka minimal sekali, maka cocok bila membeli JR Pass.
      Mohon informasi mengenai jadwal lengkapnya supaya kami juga bisa berikan rekomendasi pass yang tepat.
      Lalu untuk penginapan di Jepang memang agak ketat mengenai aturan penggunaan kamar untuk anak-anak. Untuk anak di bawah 6 tahun memang tidak dihitung, namun untuk anak di atas 6 tahun harus didaftarkan juga. Salam

  8. hallo mas,

    mau tanya di Haneda kalau mau beli tiket Suica/Pasmo dimana ya? saya mau beli tiket 5 dewasa, dan 5 anak di bawah 9 tahun

    terima kasih infonya 🙂

    • Selamat sore pak Nugroho sy tiba di haneda tgl 23 Nov pagi jam 9, menginap 2 malam di Khaosan Laboratory lalu malam harinya dg whiller bus menuju ke Kyoto dan menginap di Khaosan Kyoto satu malam kemudian lanjut ke Osaka dan menginap 2 malam di hotel tennoji, mohon saran pass apa sebaiknya yg sy beli supaya efisien dan tepat. Seperti yg sdh sy sampaikan hari pertama sy ingin mengunjungi Yokohama, terima kasih.

  9. Selamat malam pak Nugroho tgl 23 Nov sy tiba di bandara haneda akan menuju hotel Khaosan Laboratory, tolong info akses menuju ke hotel.
    Setelah tiba di hotel sekitar jam 1 siang sy akan ke Yokohama malamnya sy kembali lagi ke hotel khaosan, bagaimana akses ke Yokohama dan sebaiknya tiket jenis apa yg sy harus beli supaya lebih hemat untuk hari ini. Sedangkan keesokan harinya tgl 24 Nov sy akan wisata di sekitar asakusa tiket jenis apa yg harus sy beli, terima kasih infonya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Mohon informasi lengkap mengenai jadwal selama di Jepangnya, supaya bisa dihitung mana pass yang paling untung dan tepat.
      Untuk perjalanan dari Haneda ke hotel Khaosan Laboratory di Asakusa, bisa naik kereta Keikyu Airport ekspress dari Haneda sampai Asakusa Station.
      Tidak perlu ganti-ganti kereta dan turun di Asakusa Station.
      Cuma ibu perlu jalan sekitar 10 menit karena stasiun berhentinya adalah Asakusa di arah Sungai Sumida bukan stasiun Asakusa di dekat hotel Khaosan Laboratory.
      Salam

  10. Pak Nugroho,

    Artikelnya bermanfaat sekali. Oia, ada yg mau saya tanyakan, kalau dari Bandara Haneda, apa ada akes langsung ke stasiun kawaguchiko yg di cover JR Pass.

    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Tidak ada akses langsung Pak. Bapak harus ke Stasiun Shinjuku lebih dahulu untuk melanjutkan perjalanan ke Stasiun Kawaguchiko.
      Perjalanan dari Shinjuku kemudian bisa naik kereta ekspress (tercover oleh JR Pass). Salam

  11. hallo salam kenal sebelumnya dan sangat menarik artikelnya.
    kebetulan saya akan melakukan perjalanan dari Korea ke Jepang minggu ini dan ini pertama kalinya saya kesana. saya juga ada beberapa pertanyaan, bisa tolong dibantu.
    1. saya akan tiba di bandara Haneda pada dini hari jam 00.55 dan rencananya akan bermalam di bandara. apakah ada tempat (ruang tunggu) yang menarik untuk sekedar istirahat menunggu pagi di bandara?
    2. saya akan stay di sekitar stasiun shinagawa, bagaimana cara paling ekonomis ke sana?

    terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Informasi yang Tim Infojepang dapatkan, orang-orang diperbolehkan tidur di bangku-bangku atau di lantai berkarpet Haneda Airport. Namun, petugas penjaga bandara akan selalu berpatroli dan memeriksa paspor Anda berulang-ulang semalaman. Jika membawa keluarga, supaya tidak terganggu Tim Info Jepang menyarankan untuk menginap di hotel-hotel dekat Haneda Airport.
      Untuk perjalanan ke Shinagawa bisa naik kereta Keikyu Line (lama perjalanan 20 menit, harga tiket 410 yen).
      Salam

  12. hilda situmorang  |  

    kalau dari haneda ke asakusabashi station bisakah memakai tokyo subway ticket 24 hours? untuk subway paling awal dan terakhir dari haneda ke kota jam berapa?

  13. Dear Nugroho, mohon infonya kalau ke Jepang yang low season dibulan apa ya ? Satu lagi cara menuju Takayama – Shirakawago dari bandara Haneda sebaiknya dengan train atau bus thanka

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Low season ada di awal musim semi (Februari-Maret) dan musim panas (Juni-Agustus). Kalau mau ke Shirakawago, cara termudah dari Haneda adalah rute: Haneda-Tokyo-Kanazawa (dengan Shinkansen Hokuriku). Dari Kanazawa tinggal naik bus ke Shirakawago. Salam.

  14. Almitra Indira Riaddy  |  

    Hai, aku mau tanya, aku sampai di haneda jam 22.30 dan menginap di shinjuku granbell hotel. Sebaiknya naik apa ya kesana mengingat sudah hampir tengah malam dan kereta tidak 24 jam.
    Apakah limousine bus ada yg malam hari dan bisa mengantar sampai hotel? Atau ada alternatif lainnya? Thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Masih ada kereta keikyu ke Shinjuku dari Haneda sampai jam 00.12 lewat Shinagawa. Limousine bus ada layanan midnight juga. Salam.

  15. Selamat siang pak, maaf mau tanya kalau dari stasiun shinjuku mau ke haneda, rencana mau naik subway.pertanyaan saya : 1.Apakah nanti saya turun di stasiun Sengakuji kemudian beli tiket untuk line keikyu kamata yg menuju airport. 2. Apakah saat saya beli tiket line keikyu menuju bandara apakah sudah ada pilihan untuk menuju ke bandara haneda,jadi saya ndak usah lagi turun di stasiun Shinagawa? 3. Karna saya naik pesawat AirAsia diterminal berapa saya harus turun apakah terminal 1 atau terminal 2

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai ribka, selamat siang.
      1. Turun di Sengakuji dan berpindah ke kereta Keikyu.
      2. Ya, tinggal pilih saja ke Haneda. Haneda adalah ujung rute kereta Keikyu.
      3. Harusnya di terminal internasional Ribka, terminal 1 dan 2 biasanya hanya untuk JAL atau ANA dan maskapai dalam negeri Jepang saja. Tapi ada kemungkinan pindah kalau sedang penuh trafficnya (pagi hari).
      Salam.

  16. hSelamat pagi.. mau tanya dong kalau dari haneda ke kyoto enak naik apa ya? Dan info penginapan buat di kyoto yg recommend dong suhu.. dan utk bulan november akhir kira2 suhu dingin nya brp ya? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Paling mudah ya dengan kereta Shinkansen. Rutenya Haneda-Hamamatsucho-Stasiun Tokyo-Stasiun Kyoto. Beberapa hotel murah yang bisa dicoba bisa di klik disini. Suhu di jepang sekitar 11-18 derajat celcius bulan November ini. Sebaiknya membawa beberapa jaket tipis-sedang. Salam.

  17. Selamat pagi pa sy rencana tiba d haneda tgl 13 nov hotel d asakusa .naik apa unt kesana trus sy ingin ke g.fuji mhon info kereta at bis sy bw anak kcl.trimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa naik kereta Keikyu sampai Sengakuji kemudian pindah ke kereta Toei sampai Asakusa. Untuk bis dan kereta ke area Gunung Fuji bisa bawa anak kecil dan cukup nyaman. Pastikan bawa jaket saja, karena november di Fuji-Kawaguchiko sudah cukup dingin.

  18. Pagi pak trimakasih. Kalau limousin bus saya udah paham. Ini kan saya bawa papa. Kalau naik train yg langsung seperti jr pass tanpa pindah2 gitu pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak ada yang langsung seperti bus. Paling mudah Veronica bisa naik Tokyo Monorail sampai Hamamatsucho kemudian berpindah ke jalur JR Yamanote Line sampai Shinjuku. Namun, pengalaman kami untuk orangtua sebaiknya jangan melalui Stasiun Shinjuku. Stasiunnya luas dan padat ditambah dengan membawa barang dan jam sibuk orang kerja, Shinjuku bukan tempat yang nyaman bagi orangtua. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Veronica, ada limousine bus dari Haneda langsung ke Shinjuku. Harganya 1.230 yen. Info lengkapnya bisa dicek di web berikut. Salam.

  19. Pagi mas Nugroho,, maaf mau tanya lagi,, kalo dari haneda mau langsung ke yokohama lebih baik menggunakan tiket kereta apa, kami hanya menginap 1 hari di yokohama, terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Desiana, bisa naik kereta Keikyu sampai Yokohama (biasanya perlu transit ke Stasiun Keikyu Kamata). Ongkosnya 450 yen. Salam.

  20. Sekalian mau tanya, kalau dari Haneda ke Joetsu Kokusai naiknya apa saja? untuk tiket ke disneyland dan disney sea apakah bisa dibeli di bandara Haneda?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sementara kalau mau ke Joetsu Kokusai Snow Resort bisa naik monorel+ kereta ke Tokyo station. Kemudian naik shinkansen dari Tokyo sampai Joetsu Kokusai Station. Ongkosnya 7.480 yen. Salam

  21. Dear Tim, Perkiraan tiba di Haneda jam 9 dan mau langsung ke Disneyland, naiknya apa saja ? sebaiknya saya langsung ke disneyland atau ke Kids Paradise di Joetsu Kokusai (untuk main ski)? dan perkiraan biayanya?
    Thanks

  22. Halo..untuk duty free di airport haneda,tokyo apakah buka sd jam 00:00 ? Karena rencana di duty free membeli oleh2 (tokyo banana, kitkat,dll), apakah lengkap variant nya?
    Tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya bisa membeli oleh-oleh di Haneda Airport seperti Tokyo Banana, Kit Kat, Coklat Royce dan lain-lain. Toko-toko duty free rata-rata tutup pukul 23.30-24.30.
      Salam

  23. halo pak. mohon infonya … saya rencana tiba di narita terminal 2 jam 7.15, lalu akan bergabung dgn rombongan di bandara haneda terminal 1 jam 9.30 . Apakah pilihan transportasi yg paling tepat dari narita ke haneda , kalo bisa yang direct / tidak harus pindah line.
    Terima kasih 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silakan ibu naik kereta Keikyu Airport Express yang menghubungkan Haneda Airport dan Narita Airport langsung tanpa perlu mengganti kereta.
      Salam

  24. Mohon info … rencana kami ke Japan tgl 30 Jan 2017 selama 8 hari .. mendarat jam 9 pg di Haneda. Perkiraan biaya utk beli tiket free pass kereta subway selama 7 days .. brpa? Kami menginap di Shinjuku. Mohon info route dari Haneda ke Shinjuku ?
    Utk beli tiket Kamakura dimana?

    Trmksh

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kami butuh rute perjalanan Cyra selama di Jepang. Tidak ada free pass kereta untuk 7 hari, kecuali JR Pass. Cyra bisa naik kereta Tokyo Monorail dari Haneda sampai Hamamatsucho, kemudian berpindah ke kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Shinjuku.
      Untuk tiket ke Kamakura, bisa langsung di beli di Stasiun Shinjuku. Info lengkap tentang akses dan tempat wisata di Kamakura bisa baca di sini.

  25. Hi Pak Nugroho, Salam kenal..

    Mau tny kalau dari haneda sampai jam 8.30 naik garuda, apakah bisa memungkinkan untuk melihat Gunung Fuji yah ( ke arah Kawaguchi lake ). Jika memungkinkan, naek kreta apa yah yang menuju kawaguchi?

    Satu lagi mau tny, kebetulan saya pergi tgl 8 may 2017 dan mendarat 9 may 2017, apakah minggu itu masih rame efek dari golden week yah? Better book hotel yang murah itu berapa bulan sebelumnya yah?

    Thanks..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya melihat Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko sebentar bisa saja bu (tidak keliling di Objek wisata di sekitar Kawaguchiko). Perjalanan Tokyo-Kawaguchiko sekitar 2,5-3 jam. PP total sekitar 6 jam. Ada bus langsung ke Kawaguchiko dari Haneda, waktu perjalanannya sekitar 2 jam 45 menit (rute paling praktis). Kalau mau naik kereta, bisa ke Stasiun Shinjuku dahulu, lalu dilanjutkan naik kereta ekspress Kaiji atau Azusa menuju ke Kawaguchiko melalui Otsuki, sekitar 2 jam 30 menit. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk golden week sudah berakhir tanggal 6 Mei, seharusnya tidak ada efek ke harga booking hotel.
      Salam

  26. Selamat siang
    Saya mau bepergian 4 org bapak ibu dan 2 anak umur 13 & 8 tahun
    Tgl 7nov rencana saya tiba di haneda dan nginap di hotel hilton Bay
    Boleh kasih saran / info ke saya , sebaiknya dari haneda airport ke hilton bay naik apa ya yg murah dan nyaman , kami di tokyo ada 3 hari.
    Trus kalau kami mau jalan2x dari hilton bay , ke shinjuku , ginza dan tmpt lainnya sebaiknya kami naik apa ya
    Ada tdk transportasi yg murah untuk 3 hari

    Thanks bantuannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Tutty. Dari Haneda bisa naik kereta Keikyu sampai Shinagawa, lalu pindah ke JR Yamanote Line sampai Tokyo Station, dan kemudian pindah ke Keio Line sampai Maihama, stasiun terdekat Hotel Hilton Bay. Itu adalah yang paling murah dan paling sedikit jalan kakinya saat transfer antar stasiun.
      Untuk transportasi yang murah bisa menggunakan kereta subway Tokyo Metro, silakan pertimbangkan juga untuk membeli free pass di Tokyo.
      Salam

    • Oke thanks very much info nya
      Mohon info lagi , kalau 1 hari kita jalan2x di tokyo lebih baik kemana yaaa….
      Krn kami blm pernah ke tokyo
      Rencana tgl 7 landing di Haneda dan langsung ke hotel hilton bay
      Tgl 8 seharian di disney land
      Dan tgl 9 Nov nya kami ingin jalan2x di sekitaran shinjuku , Ginza , Chiyoda
      Tanggal 10 nov pulang ke Indo
      Mohon saran nya
      Sebaiknya tgl 9 nov kami ke mana saja ya ( tmpt rekreasi yg mudah dikunjungi )
      Dan jika kami membeli ticket tokyo subway 3 days apakah cukup untuk jalan2x nya
      Dan 1 lagi , apakah Tokyo subway 3 days ticket bisa di gunakan selama 3 hari itu
      Dari Haneda airpot – hilton bay hotel – ke daerah shinjuku , ginza , chiyoda dll – hilton bay hotel dan balik ke haneda airport.
      Apakah posisi hotel hilton bay mudah di jangkau aksesnya dg subway

      Thanks very much yaaa info nya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu silakan membaca dengan seksama halaman free pass di Tokyo (link) mengenai tempat-tempat wisata yang bisa dilihat di Tokyo.
      Kalau memang Ibu ingin konsultasi mengenai itinerary, kami tidak melayani detail via website. Karena jawabannya akan panjang dan membuat bingung pengunjung website yang lain. Jika Ibu berminat bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Kami bisa memberikan informasi lengkap naik kereta apa, dari platform dan stasiun mana, serta tips-tips hemat dan praktis lainnya mengenai itinerary perjalanan. Ibu bisa dengan mudah bertanya via whatsapp atau line bahkan hingga saat liburan di Jepang.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Rossa. Dari Haneda Airport bisa naik kereta Keikyu Express ke arah Narita Airport turun di Shimbashi Station. Lalu naik Tokyo Metro Ginza Line sampai ke Ginza. Untuk ke Tokyo Disneyland, dari Ginza bisa naik Tokyo Metro Hibiya sampai Hachobori, lalu pindah ke kereta JR Musashino turun di stasiun Maihama. Dari Maihama bisa jalan kaki 5 menit sampai ke Tokyo Disneyland.
      Salam

  27. Hi,

    Saya mendarat di Haneda pukul 9 am, bolehkah dikasih pilihan tempat penginapan di daerah asakusa (yg boleh membawa toddler 2th) rate 700rb/mlm. Mohon juga diberikan cara untuk menuju hotel/hostel tsb. Trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ryan, salam kenal.

      Berikut ini hotel yang bisa bapak lihat (berdasarkan database Tim Info Jepang, sesuai harga, lokasi dan rate hotel) di Hotel Palace Japan, Flexstay Inn Kiyosumi-shirakawa, Urban Hotel Morishita, atau Belmont Hotel. Semua bisa membawa anak kecil kok. Setelah booking, silahkan tanyakan lagi kepada kami mengenai cara menuju hotelnya. Kalau dituliskan langsung takutnya malah membuat bingung Ryan dan para pembaca lainnya.

      Salam dan selamat datang di Jepang.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi, paling dekat mungkin Belmont Hotel, dia 350 meter (4 menit) jalan kaki dari Stasiun Asakusabashi (dilayani Chuo-Sobu Line). Kalau mau ke Asakusa cuma 2 menit naik kereta Asakusa Line.

      Salam dan selamat datang di Jepang! 🙂

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan