Bus di Kawaguchiko Gunung Fuji Gotemba

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Bus di Kawaguchiko Gunung Fuji Gotemba

Kawaguchiko adalah tempat terfavorit wisatawan Indonesia untuk melihat keindahan gunung tertinggi di Jepang, yakni Gunung Fuji dalam liburan di Jepang. Menurut data Tim Info Jepang, hampir 70% orang Indonesia memasukkan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko dalam jadwal liburan di Jepang. Namun, masih banyak yang kesulitan dalam menentukan jadwal dan alur liburan. Ada yang malah bolak balik ke Tokyo, dan membuang setengah hari dalam perjalanan. Ada juga yang hanya ke Danau Kawaguchiko, lalu langsung kembali ke Tokyo karena tidak tahu tempat-tempat wisata lainnya. Kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum tips dan trik paling praktis, paling efektif, dan paling ampuh untuk dapat berkeliling objek wisata di kawasan Fuji-Kawaguchiko: yakni dengan naik bus di Kawaguchiko. Wah, ribet gak kalau naik bus di Kawaguchiko? Berikut informasi selengkapnya tentang bus di Kawaguchiko dan informasi lengkap tempat-tempat wisata yang dilalui.

Apa saja sih yang bisa kita lihat di Kawaguchiko? Baca panduan terlengkap Tim Info Jepang di tempat-tempat wisata di Fuji Kawaguchiko

objek wisata di fuji kawaguchiko

Objek Wisata di Fuji Kawaguchiko

Jalur Retro Bus memiliki 3 trayek penting dan keduanya bermula dari Stasiun Kawaguchiko. Jalur pertama bernama Kawaguchiko Line yang berangkat setiap 15 menit dan menyusuri Danau Kawaguchiko dari sebelah selatan-timur-dan berakhir di sisi utara danau. Dari sisi timur dan utara inilah kita bisa melihat pemandangan Gunung Fuji yang terpantul di permukaan air danau. Busnya bewarna merah (red line). Busnya tersedia dari jam 09.00-18.00.

Rutenya adalah sebagai berikut: Stasiun Kawaguchiko – Taman Yagisaki –Kawaguchiko Herb Hall – Museum Yamanashi Gem – Kozantei Ubuya (onsen di kawasan Fuji Kawaguchiko) – Museum Seni Kawaguchiko – Kawaguchiko Music ForestMuseum Itchiku Kubota – dan berakhir di Kawaguchiko Natural Living Center.

Jalur kedua bernama Saiko Line yang berangkat setiap 30 menit dan menyusuri Danau Kawaguchiko dari sebelah selatan hingga mengelilingi Danau Saiko. Busnya berwarna hijau (green line). Oiya, hampir 80 persen pengunjung yang datang tiba di Stasiun Kawaguchiko akan pergi mengunjungi kawasan Danau Kawaguchiko dengan bus red-line. Busnya tersedia dari jam 09.00-17.00.

Rutenya adalah sebagai berikut: Stasiun Kawaguchiko – Kawaguchiko Herb Hall – Taman Yagisaki  – Fuji Omuro Sengen Shrine – Pintu masuk sisi timur Danau SaikoGua Kelelelawar Saiko  – Nenba Minshuku – Iyashi no Sato – Saiko Yacho-no-Mori Park (area konservasi burung di Danau Saiko – dan berakhir di Gua Es Saiko.

jalur bus retro di fuji kawaguchiko

Jalur bus retro (red dan green) di Fuji Kawaguchiko

Suasana Stasiun Kawaguchiko, pintu gerbang kawasan wisata Gunung Fuji di sisi utara

Jalur ketiga bernama Narusaka/Motosuko/Shojiko Line yang berangkat setiap 2 jam dan menuju ke area Narusaka, Danau Motosuko dan Danau Shojiko di sisi barat kawasan Fuji Kawaguchiko. Busnya berwarna biru (blue line). Busnya tersedia dari jam 09.20-17.30.

Rutenya adalah sebagai berikut: Stasiun Kawaguchiko – Fujisan World Heritage Center – Narusawa – Koyodai (area lembah dengan pemandangan momiji ke arah Danau Saiko) – Gua Es Saiko – Gua Angin Saiko – Dek Observasi Panorama Shita – pintu masuk Danau Shojiko dan berakhir di pintu masuk Danau Motosuko (di sekitar Fuji Shibazakura Festival).

1. Retro Bus Free Pass

Tersedia retro bus free pass yang meng-cover ongkos bus dalam dua hari berturut-turut baik jalur hijau atau jalur merah yang mengeliling Danau Kawaguchiko dan Danau Saiko. Harganya 1500 yen untuk dewasa dan 750 yen untuk anak-anak. Bisa dibeli di kantor tiket Bus dan Kereta di Stasiun Kawaguchiko. Sebagai catatan, kartu SUICA atau PASMO tidak bisa digunakan untuk membayar retro bus di Kawaguchiko.

2. Bus Keliling Gunung Fuji dari Sisi Barat

  • Beberapa objek wisata penting yang dilalui antara lain
    Stasiun Fujisan – Taman bermain Fujikyu Highland – Stasiun Kawaguchiko – Danau Shojiko – Danau Motosu – Peternakan Makai – Michi no Eki Asagiri Kogen – Air terjun Shiraito – Fujinomiya Station – Shin Fuji Station
  • Informasi lengkap mengenai trayek bus keliling Gunung Fuji dari sisi barat bisa dilihat di halaman berikut.

3. Bus Keliling Gunung Fuji dari Sisi Timur (Fujigoko)

Artikel terkait wisata ke Gunung Fuji (selengkapnya)

Musim Gugur di Hakone dari Hakone Ropeway

Tim Info Jepang sudah merangkum tempat wisata dengan pemandangan indah musim gugur di Hakone. Susunan tempat ini diurutkan satu arah supaya bisa liburan efisien dan efektif di Hakone.

Gunung Fuji dan Danau Motosuko

Mau keliling objek wisata Fuji Kawaguchiko murah dan praktis? Kini telah hadir Mount Fuji Pass buat kamu para pecinta keindahan Gunung Fuji. Baca panduan lengkap objek wisata dan transportasi yang tercover dengan Mt. Fuji Pass.

Hanabi Festival di Danau Kawaguchi di musim dingin

Daftar festival di Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji yang sangat terkenal, ada festival musim semi, musim panas, dan musim dingin loh! Catat dulu tanggalnya ya supaya jangan terlewat!

Ramainya hanami sakura di Kakunodate

Musim dingin di Jepang hampir segera berakhir. Akhir Maret hingga pertengahan April, sebagian besar wilayah Jepang akan menikmati musim semi. Tim Info Jepang sudah meliput 4 Tujuan Wisata Musim Semi di Jepang. So, jangan tunggu lagi...segera...

Suasana di dalam Bus Kawaguchiko

Tips dan trik paling praktis, paling efektif, dan paling ampuh untuk dapat berkeliling objek-objek wisata di kawasan Kawaguchiko, Danau Yamanaka, dan Gunung Fuji yakni dengan naik bus di Kawaguchiko.

Bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko

Mau ke Gunung Fuji tapi bingung gimana cara perginya? Berikut jawal lengkap keberangkatan bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko dari Shinjuku, Tokyo, Haneda dan Narita Airport.


4. Bus ke Tokyo, Gotemba, dan Gunung Fuji

Tiga rute bus sebelumnya adalah rute utama bus di Kawaguchiko, yang menghubungkan dengan tempat-tempat wisata di sekitar Gunung Fuji. Tim Info Jepang sengaja memisahkan rute bus ini dengan rute bus wisata lain yang menghubungkan Danau Kawaguchi dan Tokyo untuk mempermudah pencarian. Rute bus lain dari dan menuju stasiun-stasiun utama di Tokyo seperti Shinjuku, Shibuya, Tokyo Station, atau dari dan menuju Narita Airport dan Haneda Airport.

Ada juga bus menuju ke jalur pendakian Gunung Fuji, yakni: Fujinomiya 5th Station, Fuji Yoshida 5th Station, Fuji Subaru, dan Shibashiri, lalu tempat wisata lain seperti Gotemba, Gotemba Premium OutletsSnow Resort Yeti, hingga Stasiun Mishima yang menuju ke Shizuoka bisa dicek di halaman berikut.

Bus ke Fuji 5th Station berangkat dari Kawaguchiko Station sampai ke Fuji 5th Station. Mengenai ongkosnya bisa dicek di halaman website Fujikyu Bus (bahasa Jepang). Tidak perlu reservasi busnya, sebab ini adalah bus lokal, tinggal antri untuk naik dan bayar ongkosnya sewaktu turun.

5. Bus menuju ke Hakone

Jika teman-teman ingin melanjutkan perjalanan antara Hakone ke arah Danau Kawaguchiko, atau sebaliknya Danau Kawaguchiko menuju ke arah Hakone, maka Gotemba adalah stasiun transit yang harus teman-teman ingat. Dari Stasiun Kawaguchiko, teman-teman bisa naik bus Fujikyu sampai ke Gotemba. Gotemba Station ini jadi pusat transit bus-bus penghubung ke Gotemba Premium Outlets, Snow Town Yeti, dan tempat-tempat wisata di Hakone.

Teman-teman yang ingin mampir ke tempat wisata di Hakone bisa naik Hakone Tozan Bus rute G dari Gotemba Station sampai ke halte transfer Sengoku atau Gora Station. Buat yang dari Gotemba Premium Outlets pilihan busnya lebih banyak: rute S, rute M, dan rute L. Rute S dan rute M menghubungkan Gotemba Premium Outlets dengan Sengoku, Gora Station, Kowakien dan Hakone Yunessun Hotel. Rute L menghubungkan Gotemba Premium Outlets sampai Hakone Yumoto Station. Dari Hakone Yumoto Station bisa naik kereta Odakyu sampai ke Odawara Station atau bus rute H dan rute T sampai ke Odawara Station.

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Teiensaryo Yamanakako
from ‎¥11040/night
Yabuki
from ‎¥8932/night
Guesthouse Moegi
from ‎¥8330/night
Wafu Guesthouse Kashiwaya
from ¥3331/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kebun Buah Fuefukigawa
Pemandangan dari Kebun Buah Fuefukigawa
Danau Yamanaka
Pemandangan Danau Yamanaka di Yamanashi
Museum Herbal Kawaguchiko
Bangunan Museum Herbal Kawaguchiko
Iyashi No Sato
Rumah tradisional di Iyashi No Sato

Sumber gambar : Flickr Guilhem Vellut


Recommended for you

Last modified: March 17, 2019

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!