Jadwal Hanami Sakura 2017

You are here Home  > Musim di Jepang >  Jadwal Hanami Sakura 2017

Musim semi sudah di depan mata. Banyak pengunjung dari Indonesia yang datang ke Jepang untuk melihat bunga sakura di kota-kota di Jepang. Namun, dari 7.000 pertanyaan lebih yang masuk ke redaksi Tim Info Jepang, rupanya masih banyak orang Indonesia yang tidak tahu jadwal hanami sakura yang tepat. Banyak yang pergi terlalu cepat atau terlalu lama sehingga melewatkan keindahan bunga sakura yang mekar.

Mengenai Hanami Sakura

Bunga sakura sebetulnya adalah termasuk kawanan bunga mawar, dan banyak tumbuh di iklim subtropis terutama di negara-negara Asia Timur, Eropa, dan Amerika Utara. Namun, khusus di Jepang budaya hanami sakura adalah yang paling berkembang. Itu karena sejarah hanami sakura (yang juga merupakan lambang musim semi, lambang tahun baru) sudah dimulai sejak jaman Heian sekitar 1.000 tahun lalu dan terus mengakar dalam budaya dan hati orang-orang Jepang. Itulah sebabnya kita bisa melihat pohon bunga sakura yang dirawat dan juga ditata, juga busaya hanami sakura, yakni melihat keindahan bunga sakura sambil berpiknik bersama dengan keluarga atau kerabat.

Prakiraan Jadwal Hanami Sakura 2017

Daerah Tanggal mulai mekar Mekar sempurna
Sapporo 3 Mei 7 Mei
Aomori 24 April 29 April
Sendai 11 April 16 April
Tokyo 26 Maret 3 April
Niigata 9 April 14 April
Kanazawa 4 April 10 April
Nagoya 26 Maret 4 April
Shizuoka 25 Maret 3 April
Osaka 28 Maret 5 April
Kyoto 28 Maret 5 April
Nara 29 Maret 5 April
Hiroshima 27 Maret 4 April
Fukuoka 23 Maret 1 April
Nagasaki 24 Maret 3 April
Kagoshima 26 Maret 4 April
Okinawa 18 Januari 4 Februari

Berikut adalah tempat-tempat hanami sakura yang paling terkenal dengan jumlah pengunjung tahun 2016 lalu. Total pengunjung menunjukkan jumlah pengunjung yang datang saat musim hanami sakura selama empat hari sampai seminggu. Total pengunjung ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran keramaian tempat-tempat wisata tersebut kepada teman-teman, supaya lebih bisa mempersiapkan diri dan mengatur jadwal liburan di Jepang lebih mudah.

1. Kawazu Izu Sakura di Prefektur Shizuoka (awal Februari hingga awal Maret)
2 juta pengunjung

Ada 8.000 pohon bunga sakura tumbuh berjajar di tepi sungai sepanjang empat kilometer ke arah perbukitan sampai ke Tujuh Air Terjun Kawazu. Bersamaan dengan Festival Bunga Sakura Kawazu, kita bisa menikmati iluminasi bunga sakura dari jam 6 sore sampai jam 9 malam sambil menikmati jajanan makanan lokal Kawazu. Lokasinya berada di semenanjung Izu, di selatan Hakone dan Odawara. Ongkos keretanya tercover jika memiliki JR Tokyo Wide Pass dan tambahan ongkos bila menggunakan JR Pass.

Melihat pemandangan hanami sakura di Kawazu Izu

Melihat pemandangan hanami sakura di Kawazu Izu

2. Kastil Hirosaki Aomori (akhir April hingga awal Mei)
2 juta pengunjung

Kastil Hirosaki ini adalah simbol dan atraksi utama kota Hirosaki di Aomori, utara Jepang. Dengan total 2.600 pohon bunga sakura yang tersebar di seluruh area taman kastil, area hanami sakura di sini adalah yang terbesar di seluruh Tohoku Jepang. Tidak heran, meskipun lokasi Kastil Hirosaki ini cukup jauh dari Tokyo (sekitar 4 jam perjalanan dengan kereta Shinkansen), namun lebih dari 2 juta pengunjung datang ke Kastil Hirosaki dan merasakan hanami yang begitu indah di sini. Wilayah Aomori yang ada di sisi utara Jepang juga membuat jadwal hanaminya bersamaan dengan liburan Golden Week di Jepang yakni pada akhir April-awal Mei. Pas banget buat kamu yang pengen melihat indahnya bunga sakura di bulan Mei.

Pemandangan Kastil Hirosaki di musim sakura

Pemandangan Kastil Hirosaki di musim sakura

3. Taman Ueno Tokyo (akhir Maret hingga awal April)
2 juta pengunjung

Taman Ueno memiliki lebih dari seribu batang pohon bunga sakura dan menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan hanami sakura. Pohon Sakura tersebar di berbagai tempat, termasuk di sekitar Danau Shinobazu. Aksesnya yang mudah dijangkau dari Tokyo dan kota-kota sekitarnya membuat Taman Ueno selalu disesaki pengunjung saat musim semi. Selain itu, teman-teman juga bisa melihat yozakura atau hanami sakura di malam hari, yang dimulai sejak pukul 5 sore hingga malam hari.

Suasana hanami sakura di Taman Ueno Tokyo

Suasana hanami sakura di Taman Ueno Tokyo

4. Shinjuku Gyoen (pertengahan Maret hingga akhir April)
1,6 juta pengunjung

Taman Shinjuku Gyoen seluas 58 hektar ini selain letaknya yang sangat strategis, sangat dekat dengan Stasiun Shinjuku. Persisnya di sisi tenggara stasiun tersibuk di Jepang dan dunia ini. Shinjuku Gyoen punya segudang pemandangan indah: 1500 batang pohon bunga sakura yang mekar serentak pada musim semi. Itulah sebabnya ada banyak sekali pengunjung yang datang ke Shinjuku Gyoen untuk hanami sakura. Bunga-bunga sakura yang terdapat di sini banyak jenisnya, sehingga kita bisa mendapatkan bunga sakura yang bewarna merah muda, putih, dan kuning.

Hanami sakura di Taman Shinjuku Gyoen Tokyo

Hanami sakura di Taman Shinjuku Gyoen Tokyo

5. Meguro River Sakura (akhir Maret hingga awal April)
1,4 juta pengunjung

Lokasi yang strategis dekat dengan stasiun Meguro di jalur kereta JR Yamanote Line membuat Meguro River Sakura selalu padat dikunjungi oleh orang-orang yang ingin melihat hanami sakura. Di sini bunga sakura tumbuh di kedua sisi Meguro River. Buat teman-teman yang ingin melihat hanami sakura di sini, bisa turun di Meguro Station kemudian berjalan sebentar ke jalan Yamate-dori yang menurun, dan kamu akan menemukan Jembatan Meguro Shinbashi. Kamu bisa mulai start melihat hanami sakura dari sini.

Hanami Sakura di sungai Meguro Tokyo

Hanami Sakura di sungai Meguro Tokyo

6. Taman Chidorigafuchi (akhir Maret hingga awal April)
1 juta pengunjung

Selain letaknya yang dekat dengan Stasiun Tokyo dan pusat kota, Taman Chidorigafuchi ini juga menawarkan pemandangan terowongan bunga sakura satu-satunya di Tokyo. Pedestrian sepanjang 700 meter ini menghubungkan Hanzomon dan Taman Kitanomaru, di dekat Istana Kekaisaran Jepang. Di Taman Chidorigafuchi, teman-teman bisa menikmati keindahan bunga sakura dari atas perahu. Romantis ya!!

Perahu di taman Chidorigafuchi

Menikmati hanami sakura dari atas perahu di taman Chidorigafuchi

7. Taman Okazaki di Nagoya Aichi (akhir Maret hingga awal April)
600 ribu pengunjung

Taman Okazaki adalah salah satu taman yang terkenal dengan pemandangan hanami sakuranya dan juga termasuk ke dalam daftar 100 tempat hanami sakura terbaik di Jepang. Event yang paling terkenal khususnya yozakura, yakni melihat bunga sakura di malam hari, yang sangat terkenal dengan keindahannya. Kalau teman-teman dalam perjalanan dari Tokyo menuju ke Nagoya atau Kyoto/ Osaka di musim semi, bisa mampir dan melihat keindahan hanami sakura di Taman Okazaki ini.

Keindahan Hanami Sakura di Taman Okazaki Nagoya

Keindahan Hanami Sakura di Taman Okazaki Nagoya

8. Kastil Ueda Nagano (awal hingga akhir April)
480 ribu pengunjung

Kastil Ueda yang terletak di tengah-tengah Prefektur Nagano tempat favorit menyaksikan hanami sakura para penduduk maupun wisatawan. Kalau sedang jalan-jalan di Nagano, teman-teman bisa datang ke sini sekitar awal April hingga akhir April untuk menyaksikan keindahan hanami.

Keindahan hanami sakura di kompleks Kastil Ueda Nagano

Keindahan hanami sakura di kompleks Kastil Ueda Nagano

9. Taman Kenrokuen Kanazawa (awal hingga akhir April)
390 ribu pengunjung

Dengan area lebih dari 11 hektar, teman-teman bisa menikmati keindahan kebun bunga dan pepohonan di Taman Kenrokuen yang juga adalah ikon wisata Kanazawa. Di musim semi, kita bisa menikmati keindahan bunga plum dan sakura yang bermekaran. Kita juga bisa menikmati yozakura, hanami sakura di malam hari. Perjalanan ke Kanazawa bisa diselipkan sewaktu liburan ke Shirakawago atau Tateyama Kurobe Alpine Route, semua ongkos kereta dan shinkansen sampai ke Kanazawa tercover oleh JR Pass atau Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.

kenrokuen saat hanami

Keindahan Taman Kenrokuen saat hanami

10. Kastil Odawara Sakura (akhir Maret hingga awal April)
328 ribu pengunjung

Kota Odawara khususnya di halaman luar kastil terkenal sebagai spot hanami atau melihat bunga sakura yang terkenal. Jadi kalau teman-teman berkunjung pada pertengahan Maret hingga pertengahan April, silakan mengunjungi kota Odawara dan melihat keindahan bunga sakura dengan latar belakang kastil Odawara yang megah. Odawara juga jadi pintu masuk utama wilayah pegunungan indah Hakone yang terkenal dengan Danau Ashinoko, Kawah Aktif Owakudani, dan Hakone Onsen dengan pemandangan yang indah.

Hanami Sakura di Kastil Odawara

Keindahan Hanami Sakura di Kastil Odawara

11. Kastil Himeji Sakura (pertengahan April)
300 ribu pengunjung

Lebih dari 1000 batang pohon sakura di kompleks Kastil Bangau Putih Kastil Himeji ini siap menyambut orang-orang yang datang ke kota di sebelah barat Kobe ini. Jenis sakura di Kastil Himeji juga tergolong langka, yakni someiyoshino dan shidare zakura yang ukuran pohonnya raksasa dan berusia tua. Keindahan hanami sakura di Kastil Himeji juga masuk ke dalam daftar 100 tempat hanami sakura terbaik di Jepang.

Bunga sakura di kompleks taman Kastil Himeji

Bunga sakura di kompleks taman Kastil Himeji

12. Taman Sewaritei Kyoto (awal April)
270 ribu pengunjung

Taman Sewaritei berlokasi di kota Yawata, tepat di antara kota Kyoto dan Osaka. Taman ini menunjuk pada area terbuka yang menjadi pertemuan sungai utama Kyoto dan Osaka, yakni sungai Yodo dan sungai Kizu. Di area terbuka di pinggir sungai ini, kita bisa menjumpai deretan pohon bunga sakura mirip-mirip seperti Kawazu Sakura di Semenanjung Izu yang terkenal. Ada 250 pohon bunga sakura di jalan sepanjang 1,4 kilometer. Kalau teman-teman memiliki Keihan Kyoto Osaka Sightseeing Pass maka ongkos kereta menuju ke Taman Sewaritei semuanya gratis.

Bunga sakura di Taman Sewaritei Kyoto

Bunga sakura di Taman Sewaritei Kyoto

13. Taman Rikugien (pertengahan Maret hingga pertengahan April)
200 ribu pengunjung

Taman Rikugien mungkin bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin lebih santai menikmati hanami sakura di Tokyo. Di taman ini, kita bisa melihat pemandangan yang berbeda-beda setiap musimnya. Di musim semi, bunga-bunga sakura dan magnolia bermekaran. Kemudian di musim panas bunga azalea. Lalu di musim gugur kita bisa melihat daun-daun pohon maple atau momiji.

Yozakura di Taman Rikugien Tokyo

Yozakura di Taman Rikugien Tokyo

14. Taman Maruyama dan Taman Odori Sapporo (Akhir April hingga awal Mei)
1,5 juta pengunjung

Berlokasi tidak jauh dari pusat kota Sapporo, Taman Maruyama adalah surga hanami terbaik di Sapporo Hokkaido. Di area seluas lebih dari 6 hektar, teman-teman dijamin akan dibuat terkesima dengan indahnya bunga dari sekitar 1700 pohon bunga sakura. Masih di Sapporo, kita juga bisa mampir di Taman Odori yang ada di pusat kota. Meskipun jumlah pohonnya tidak sebanyak di Taman Maruyama, namun sambil hanami, kita bisa mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus yang ada di sekitaran Taman Odori. Desain taman dengan kebun bunga yang berwarna warni dan jalur pedestrian yang cantik juga dijamin membuat kita tak ingin pulang dari tempat ini.

Sumber gambar: Flickr Chris Chan, Chung-Chou Lee, h.asada, somali04 @Tokyo, h.asada, derek7464, h.asada, * Yumi *, meguringo, Chipmunk Wallpaper


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: February 22, 2017

Comments (45)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Bagaimana dengan jadwal liburannya di Jepang?
      Kalau bapak perhatikan masih banyak tempat kok di pertengahan April yang bunga sakuranya masih mekar. Salam

    • Saya tgl 10 april sore sampai narita dgn bus ke tokyo
      Menginap di tokyo
      Tgl 11 ke asakusa, shinjuku gyoen, shibuya, malam naik bus ke kyoto dari shinjuku
      Tgl 12 sampai kyoto
      Ke arashiyama, kinkakuji, kiyomizudera
      Tgl 13 ke torii shrine Lake biwa dan toyosato
      Tgl 14 fushimi inari, Imperial kyoto, malam naik bus ke tokyo
      Tgl 15 beli Tokyo wide pass ke gala yuzawa ( tergantung info lagi) 😁
      Tgl 16 shibazakura, chureito pagoda
      Tgl 17 balik ke jakarta malam

      Apakah jadwalnya sudah bagus atau ada yg perlu dirubah ya?

  1. Selamat siang pak Nug…maaf tanya…kami berencana ke Jpn tgl 3-13 mei 2017. saya mau tanya, utk tgl 4-6 mei 2017 kalo kami ingin melihat sakura apa msh dpt di shinjuku gyoen, mengingat disitu endingnya akhir april…hehehe… Selain Shinjuku Gyoen garden apa msh ada tempat lain yg tdk terlalu jauh dari Tokyo atau Osaka yg bs kita datangi untuk melihat sakura?
    Kalau hrs ke Sapporo rasanya makan waktu dan sayang jg yaa waktunya krn itin kita cukup mepet…sy bawa 2 anak usia 12 n 8 th…dan suami jg…
    Awalnya kami baca blog org lain, ada yg menyarankan gunung yoshinoyama, diperkirakan sakura selesai 6 mei 2017
    Tp liat info pak Nug diatas kok Shinjuku Gyoen berakhir di akhir april…mungkin sisa2 sakura msh ada disitu, kan lumayan ga perlu jauh2 kluar kota tokyo…hehe
    Mhn infonya ya pak. Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Shinjuku Gyoen memang memiliki banyak jenis bunga sakura, ada yang mekar duluan ada juga yang mekar belakangan.
      Namun kalau melihat jadwal ibu, sepertinya untuk tanggal 4-6 Mei mungkin peluang melihat bunga sakura di Shinjuku Gyoen sudah sangat kecil.
      Di bulan Mei daerah untuk melihat bunga sakura hanya sisa di bagian Tohoku dan Hokkaido.
      Daripada ke Sapporo, ibu mungkin bisa ke Kastil Hirosaki (sudah hampir pasti karena setiap tahunnya memang menjadi tujuan wisata utama Sakura di awal Mei).
      Informasi tentang jadwal mekarnya bunga sakura akan terus diupdate oleh Tim Info Jepang dari bulan Maret sampai April. Jadi Ibu bisa mengecek informasinya di website ini.
      Salam

  2. selamat pak, saya rencana tgl 15 maret jam 6,25 sampai di Haneda airport, langsung naik pesawat ke New Chitose, rencana di Sapporo 2 hari terus ke Hakodate 1 hari, lanjut menuju Sendai Tohoku kira2 3 hari, langsung Tokyo, kira2 yg dekat Gotemba bisa nginap dimana yah, dan Tgl. 24 Maret sore kembali jakarta. apakah Itenerary ini sudah betul. mohon informasi terima kasih

  3. Halo,
    Saya berencana ke Jepang, dg itiberary :
    Jkt-osaka. Nginap di osaka 4 malam.
    osaka-hiroshima (pp).
    Osaka-tokyo (one way). Nginap 5 mlm di tokyo.
    Tokyo -nikko (pp).
    Yg ingin sata tanyakan, apa saya perlu beli JR pass?
    Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Karena ada rute PP ke Hiroshima dan Tokyo, maka JR Pass sudah balik modal.
      Salam

  4. Saya berencana trip ke Jepang dari tanggal 13-18 April 2017 dengan itenary sebagai berikut:
    1. 13 April: landing di Kansai KIX, titip koper di Namba St., Fushimi Inari Kyoto, Kema Sakuranomiya Park, Osaka Castle, Dotonburi
    2. 14 April , Osaka –> Tokyo, Asakusa, Akihabara
    3. 15 April Sibazakura Festival
    4. 16 April Tokyo Sky Tree, Shibuya, Shinjuku
    5. 17 April Hanami at Tokyo (Ueno, dll)
    6. 18 April Pulang Jakarta from Narita Airport

    yang ingin ditanyakan:
    1. Apakah perlu membeli JR Pass? atau jika tidak perlu, rekomendasinya sebaiknya beli tiket apa ya
    2. Dari Namba eki ke Fushimi Inari apakah sebaiknya membeli tiket Keihan di Kansai airport atau tidak perlu?
    3.Itenary di atas bisa dikatakan padat?atau longgar ya?
    4.Rekomendasi hanami spot di Tokyo, selain Ueno kouen manalagi ya?
    5. Jika ingin ke Gotenba, apakah perlu spare 1 hari untuk PP Tokyo- Gotemba?atau perlu reservasi hotel di sekitar Gotemba ya?

    Terima kasih dan mohon pencerahannya..;)

  5. Saya berencana ke jepang antara tgl 16-23 april. Kalau saya ke bbrp tempat ini, urutan route yang searah & ideal gimana ya? Saat pindah kota lebih baik pp atau menginap di hotel kota tujuan? Thanks.
    1. Kyoto: sagano bamboo, fushimi inari, kinkakuji temple
    2. Tokyo: disneyland
    3. Osaka: universal studio, osaka castle
    4. Mt. fuji kawaguchi
    5. Nagano hanami
    6. Tonami tulip park
    7. Ashikaga flower park

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf Ibu, kami tidak melayani pembuatan itinerary langsung di website karena akan membuat bingung para pembaca lainnya. Kalau memang membutuhkan bisa menghubungi nomor Tour Guide Online untuk membuatkan itinerary nya.
      Salam

  6. Selamat malam mas nugroho,

    Mau tanya jika saya ke jepang tgl 18-25 maret 2017 ini bisa melihat sakura dimana ya? Apakah di tokyo sudah ada? Atau di Izu masih ada? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Amanda, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, rasanya sakura baru akan mekar di minggu terakhir maret (26 Maret 2016-5 April 2017). Kamu bisa lihat sakura di ujung kunjungan kamu. Untuk di Kawazu Izu sudah tidak ada Amanda. Salam.

    • Terima kasih mas untuk infonya.
      Saya boleh bertanya saran untuk itin saya? karena saya JKT-HND-JKT jadi takut salah perhitungan.
      day 1 : tiba di tokyo lsngsung naik shinkansen ke osaka
      day 2 : osaka castle, dotonbouri, shinsaibashi
      day 3 : fushimi inari, arashiyama, kiyozumidera, kinkakuji train to tokyo
      day 4 : hakone trip
      day 5 : disneyland
      day 6 : gala yuzawa
      day 7 : tokyo trip (harajuku, shibuya, asakusa, ueno)
      day 8 : Haneda

      Apakah jadwal diatas terlalu padat mas? Kita rombongan ber 10 dengan 3 balita, jika memang terlalu padat ada saran untuk mengubah itinnya? terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau melihat itinerary perjalanan ke Osaka, Kyoto, dan Tokyo nya sepertinya sudah pas dan tidak terlalu padat.
      Lalu karena ada perjalanan PP ke Tokyo-Osaka-Tokyo, bisa menggunakan JR Pass kalau memang ingin naik shinkansen PP.
      Salam

    • Terima kasih, saya jadi lega masalah itin selesai. Btw selama saya di osaka dan kyoto lebih baik membeli Kansai Thru Pass atau pass lainnya mas?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Karena di Osaka hanya mengunjungi 3 tempat, cukup beli tiket ketengan atau bayar pakai kartu suica/ pasmo.
      Sedangkan di Kyoto bisa menggunakan one day bus pass Kyoto, digabungkan dengan JR Pass.
      Salam

  7. salam kenal,

    saya rencana mau ke Kawazu sabtu dan minggunya ke Kawaguchi lake n Fuji Mount. Sy mau beli Tokyo Wide Pass, apa bisa? alternatif lain di Kawazu apa ya?

    trmksh.

  8. RICHARD B. SETIAWAN  |  

    Hallo mas Nug…. mau tanya lagi…
    Menyimak Prakiraan Jadwal Hanami Sakura sekitar tanggal 4 April sd 14 April ada di Nigata. Apakah ini yang dimaksud adalah Kastil Himeji di Kobe…? atau ada ditempat yang lain…? Pada tanggal 9 April 2017 kami sudah akan ada di Kyoto, tolong INFO hotel yang murah ya mas… kita ber 6 dan dengan JR Pass (7D) yang kami miliki, apakah kami dapat FOC untuk menuju ke Kuil ini…?

  9. Hallo Salam Kenal, kami rencana Pada 28 Feb 2017 – 10 Mar 2017 akan ke jepang dengan 9 dewasa, 1 Invant dan 1 anak 2 tahun, rencana perjalanan kami :

    28 Feb 2017 : Tiba di di narita 15.45 rencana akan menginap di Shinjuku
    1 Mar 2017 : Shinjuku dan asakusa
    2 Mar 2017 : Getemba/heiwa park
    3 Mar 2017 : Tokyo Disney Sea
    4 Mar 2017 : West Tokyo
    5 Mar 2017 : Kyoto
    6 Mar 2017 : Gunung Fuji
    7 Mar 2017 : City Tour Akhibara
    8 Mar 2017 : Osaka
    9 Mar 2017 : Tokyo Park & Ikebukuro
    10 Mar 2017 : Prepare go to Jakarta

    Pertanyaan saya, apakah itennary saya ini sudah baik, dan untuk transportasi gimana yah, apakah harus JR Pass? o iya mohon info apakah saya masih bisa ada salju dan melihat sakura? terimakasih sebelumnya yah..
    Salam

    Wahyu

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Untuk perjalanan ke West Tokyo maksudnya mau ke mana Pak? Lalu mengapa bolak-balik Kyoto-Tokyo-Osaka?
      Apakah sudah tidak bisa diubah lagi rute perjalanannya city tour Akihabara? Kemudian kembali ke Indonesia dari bandara mana? Salam

  10. Halo Mas.

    Rencana saya dengan tokyo wide pass + Hakone pass.

    23/3/2017 Gala yuzawa
    24/3/2017 Hakone – Fuji – tokyo
    25/3/2017 dalam kota Tokyo (ueno/yoyogi, shibuya, harajuku)

    Kalau melihat jadwal sakura mekar di tokyo baru tgl. 26/3/2017 ya?

    Ada Saran kah dimana saya bisa lihat sakura Di antara tgl. 23-25/3/2017 yang bisa Di cover Tokyo Wide pass. Atau saya harus merubah destinasi.

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk sekarang Tim Info Jepang belum menemukan tempat yang tepat untuk melihat bunga sakura di antara tanggal 23-25 Maret.
      Begitu ada informasi terbaru dan perubahan prakiraan jadwal mekar bunga sakura akan segera disampaikan di website Info Jepang.
      Salam

    • Wahyu Wibowo  |  

      Selamat siang mas,
      Maaf baru sempat reply, jadi rencananya kami hanya sewa apartemen di shinjiku karena nanti kami pulang melalui Narita lagi, untuk west tokyo maksudnya kami akan eksplore daerah tokyo saja mas, rute jadi keluar tokyonya kami rencananya setiap hari PP, apakah memungkinkan ya?
      terimakasih

  11. Hi,
    Kita February pertengahan, rencana ke Kawazu untuk melihat sakura. Itu maksudnya tidak tercover JR Pass ya? Rutenya bagaimana kalau kita dari Shinjuku..?
    Karena visit kita 10 hari, 7 hari menggunakan JR Pass, sisa 3 hari tidak pakai JR Pass.
    Karena pesawat kita dtang sore ke Narita, apakah enaknya hari pertama kita tidak mengaktifkan JR Pass tetapi hari kedua saja.?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Mohon informasi lengkap perjalanan ke Jepangnya, supaya kami bisa memberikan saran lebih tepat sasaran.
      Salam

    • Dear Pak Nugrroho
      Berikut rencana tripnya:
      Hari 1: Sore sampai narita..
      Hari 2 ; rencana berputar didaerah Shinjuku Shibuya
      Hari 3 : Aktifkan JR Pass.. Kawazu – Sakura time, Gala Yuzawa
      Hari 4 : Tokyo to Kyoto
      Hari 5 : Kyoto Osaka- Kyoto
      Hari 6: Kyoto – Tokyo
      Hari 7: Tokyo – Hakodate ?
      Hari 8: Tokyo Asakusa dan sekitarnya
      Hari 9: TOkyo
      Hari 10 Keliling Shinjuku Akihabara.. Goto Narita Airport
      Apakah dimungkinkan untuk 1 hari trip pp ke daerah Hakodate, karena kami rencana menggunakan JRP Pass secara optimal ..
      Kemudian karena ada 3 hari tidak ada akses JR Pass apakah lebih baik menggunakan Tokunai Pass.?
      Mohon pencerahannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Salam Pak Abu,
      Untuk ke Hakodate secara teknis memungkinkan, karena jarak Tokyo-Hakodate 4 jam 15 menit dengan shinkansen Hayabusa. Namun, rasanya akan sangat melelahkan menjalaninya satu hari. Apalagi ada cukup banyak tempat wisata seru di Hakodate, termasuk atraksi pemandangan malam dari atas Gunung Hakodate dan Morning Market Hakodate. Saran saya, Hari 7 dan 8 digunakan untuk ke Hakodate. Hari 9 dan 10 untuk Tokyo saja.
      Selanjutnya untuk Kawazu dan Gala Yuzawa itu berbeda arah pak, dan berjauhan. Kawazu ada di selatan Tokyo (Semenanjung Izu), Gala Yuzawa ada di Niigata (utara Tokyo), mohon pertimbangkan kembali itinerary nya.
      Untuk keliling TOkyo, bapak bisa menggunakan Tokyo Metro Pass atau Tokunai Pass, tergantung tempat-tempat mana yang mau dikunjungi. Salam.

  12. Dear pak Nugroho,
    rencana tanggal 30 maret – 9 mei kami sekeluarga 7 orang akan trip Sakura ke jepang dengan itinerary yang belum matang sbb:

    30 mar : Harajuku – taman yoyogi – meiji jinggu – omote sando – shibuya ( hotel New Otani Tokyo)
    31 mar : Disneyland full day
    1 mar : gala yuzawa half day – (optional masih bingung)
    2 apr : Ueno park – chidori gafuchi
    3 apr : disney sea full day
    4 apr -6 april : Kyoto (hotel ibis dekat statiun)
    6-9 apr : Osaka (hotel ibis osaka)

    – Mohon bantuannya untuk memberikan ide itenerary agar perjalanan keluarga kami effective. khususnya spot2x yang menarik dikunjugi saat sakura.
    – tiket kereta apa saja yang dibutuhkan agar efisien. thanks

  13. Selamat malam Pak Nugroho.
    Terima kasih untuk infonya yang sangat lengkap pada web ini ya Pak.
    Saya ada rencana ke Jepang tanggal 12-17 Maret 2017 dengan itinerary sbb :
    13/03/17 : landing di Haneda jam 7 pagi, langsung menuju Kyoto. Tur Kyoto (Fushimi inari, Gion, Kiyomizudera, Philosoper path)
    14/03/17 : tur Kyoto & Osaka (hutan bamboo Arashiyama, Osaka castle, Dotonbori). Dari Osaka, naik bus malam Willer menuju Tokyo
    15/03/17 : tur Kawaguchiko
    16/03/17 : tur sekitar Tokyo (Shibuya, Harajuku, Tokyo tower, Asakusa, Ueno, Yoyogi, Ginza)
    17/03/17 : Haneda, kembali ke Indonesia.
    Mohon dibantu untuk pertanyaan berikut :
    1. Saya tidak punya JR pass. Menurut Bapak dengan itinerary seperti di atas, sebaiknya saya beli pass yang mana? Pertimbangan dari segi harga dan efisien karena saya membawa orang tua.
    Apakah saya harus membeli Tokyo Wide pass? Karena saya hanya ke Kawaguchiko dan sisanya tur di dalam kota Tokyo saja.
    2. Untuk ke hutan bamboo Arashiyama, bisa naik apa ya dari JR Kyoto station ke tempat ini, Pak?
    3. Di Kawaguchiko, apakah sebaiknya membeli Fujikyu bus pass? (karena saya hanya sampai jam 3 sore di sini).
    4. Saya ingin melihat bunga Sakura. Mohon infonya tempat2 mana saja bisa melihat bunga Sakura di kota2 yang saya datangi ini (Kyoto, Osaka, Tokyo).
    5. Mohon masukannya juga untuk itinerary di atas ya Pak. Apakah sudah cukup pas, efisien waktu dan alurnya (tidak bolak-balik)?
    Terima kasih dan Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Karena ada rute PP Tokyo-Kyoto-Tokyo plus ke Kawaguchiko, saya sarankan untuk membeli JR Pass karena sudah pasti untung.
      2. Bisa naik kereta Patricia, ingo lengkapnya bisa baca di Arashiyama Kyoto
      3. Tergantung Patricia mau ke mana, kalau hanya melihat Gunung Fuji dan Danau kawaguchiko, sebaiknya tidak perlu. Namun kalau mau mengunjungi lebih dari 3 tempat wisata di Fuji Kawaguchiko, jauh lebih menguntungkan membeli pass bus.
      4. Ibu bisa baca di Tempat Hanami di Kyoto dan Tempat Hanami di Tokyo, juga jadwal lengkap hanami tahun 2017 yang baru kami susun.
      5. Sudah ideal bu, itu itinerary paling umum wisatawan Indonesia ke Tokyo, Kyoto, Osaka, dan Fuji Kawaguchiko.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tateyama Kurobe Alpine Route baru akan dibuka pertengahan April. Di akhir maret sudah musim bunga sakura.
      Bisa dibaca : tempat untuk melihat bunga sakura. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Lilik, selamat pagi. Untuk di Tokyo, hanami bunga sakura diprediksi berlangsung minggu terakhir Maret sampai minggu pertama April 2017. Salam.

  14. hallo kak salam kenal..mau nanya beberapa hal nih,
    1, izu kawazu, zshibazakura festifal n kitakami/iwate masuk cangkupan JR TOKYO wide pass g?
    2. menurut kamu dimana tempat paling rekom melihat sakura d bln april d deket tokyo?
    3. penginapn murah di tokyo untuk ber2.

    makasih n mohon bantuannya.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!