Liburan Musim Gugur di Jepang

You are here Home  > Musim di Jepang >  Liburan Musim Gugur di Jepang

Musim gugur di Jepang berlangsung dari bulan September hingga Desember. Musim gugur di Jepang ditandai dengan mulai rontoknya dedaunan di pohon-pohon atau momiji, dan juga berakhirnya hari panas dan lembab. Orang-orang dan juga para wisatawan biasanya mengincar tempat-tempat baru untuk menikmati momiji. Ada yang bahkan pergi jauh dari tempat tinggalnya, menginap di daerah terpencil hanya untuk bisa menikmati momiji di daerah pegunungan yang sepi.

BACA JUGA TIPS LIBURAN: Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur di Jepang.

1. Suhu Udara Waktu Musim Gugur di Jepang

Di bulan September, hari panas masih berlanjut. Suhu udara sekitar 20 hingga 25 derajat celsius. Kita hanya perlu satu lembar baju lengan panjang atau lengan pendek di hari panas. Di bulan Oktober dan November, hari mulai sejuk, suhu udara turun sekitar 5 derajat, antara 15 hingga 20 derajat celsius. Kita memerlukan baju lengan panjang dan cardigan atau jaket jika merasa dingin.

Selain itu, sejak Agustus hingga September, angin topan atau taifuu sering menyerang Jepang. Untuk itulah, Anda mesti mengecek perkiraan cuaca dan memastikannya aman kala berlibur ke Jepang. Di awal September hingga awal Oktober, hujan juga sering turun, jadi siapkan juga payung serta jas hujan sebagai persiapan hujan.

2. Menikmati Momiji di Jepang

Melihat momiji di musim gugur merupakan salah satu alasan liburan musim gugur yang paling banyak ditemui oleh Tim Info Jepang. Bagi teman-teman yang pergi ke Jepang ingin melihat momiji, bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat yang menuju migoro (waktu momiji paling bagus untuk dilihat). Biro-biro wisata travel membagi-bagikan selebaran tempat melihat momiji di Jepang. Acara televisi pun menyiapkan liputan khusus tentang tempat spesial momiji di Jepang. Tidak hanya itu saja, ada pula aplikasi di handphone yang menyuguhkan Momiji Saizensen (Momiji baris terdepan). Dengan aplikasi ini kita bisa melihat tempat mana saja yang belum atau sudah momiji di Jepang. Informasi mengenai momiji sama jumlahnya dan pentingnya dengan informasi mengenai Hanami dan bunga sakura.

Bagi teman-teman yang ingin datang ke Jepang melihat momiji di Jepang, saya bagikan sedikit informasinya. Momiji biasanya datang dari utara Jepang yakni Hokkaido sampai ke Chuugoku di bagian tengah Jepang. Biasanya momiji di Hokkaido mulai bulan September dan terakhir daerah Osaka atau Tokyo di awal Desember. Teman-teman harus benar-benar mengeceknya, sebab kalau salah perhitungan bisa-bisa momijinya belum bagus atau malah semua daunnya sudah rontok.

Artikel lain mengenai Musim Gugur di Jepang (selengkapnya)

Meiji Jingu Gaien

Jepang selalu menawarkan pemandangan yang menawan. Di musim dingin ada salju putih yang menghiasi dataran, di musim semi ada bunga sakura yang terkenal, di musim panas ada festival dan pertunjukkan kembang api yang meriah, dan di musim gugur ada koyou di...

Musim gugur di Taman Maruyama

Bulan September sampai November adalah musim gugur, peralihan dari musim panas ke musim dingin. Tempreratur udara sedikit demi sedikit turun. Angin utara yang dingin pun mulai bertiup ke kepulauan Jepang. Orang-orang sudah mulai memakai pakaian lengan...

Info Wisata di Nikko ke Tobu World Square

Di Nikko ada danau, air terjun, resort onsen, kuil megah, atraksi seru, dan tentunya pemandangan musim semi dan gugur yang terkenal.

Kuil Terindah di Kyoto Kiyomizudera di malam hari

Tim Info Jepang sudah memilihkan 6 kuil terindah di Kyoto dengan kriteria lokasi akses Kuil, pemandangan dan keindahan kuil.


3. Festival Musim Gugur di Jepang

Festival musim gugur di Jepang Festival musim gugur di Jepang

Di banding dengan musim panas, festival musim gugur (aki matsuri) memang lebih sedikit, namun biasanya festival pada musim gugur adalah yang paling ramai pengunjungnya. Ini disebabkan Festival musim gugur diadakan berbarengan dengan Hari Kebudayaan yang jatuh pada minggu pertama bulan November. Pada festival musim gugur di Jepang, berbagai budaya Jepang ditampilkan, seperti peragaan kimono, seni bela diri, chadou (upacara minum teh), hingga pasar kaget yang menjual aneka makanan khas Jepang. Tiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri dalam merayakannya. Di beberapa kampus, sebagai persiapan untuk ujian masuk universitas tahun depan, universitas-universitas ramai mengadakan Open Campus. Open Campus biasanya diadakan di kampus-kampus besar, dengan pameran pendidikan dan ujicoba tes masuk, serta panggung musik khas anak kuliahan.

4. Liburan Musim Gugur di Jepang

Hari libur musim gugur di Jepang antara lain hari senin ketiga bulan September memperingati penghormatan bagi orang lanjut usia, lalu pada senin kedua bulan Oktober memperingati hari olahraga, dan tanggal 23 November memperingati Hari Buruh di Jepang. Ketiga liburan ini biasanya dipergunakan untuk even acara olahraga dan kesehatan di Jepang.

Hari libur musim gugur di Jepang yang lainnya adalah hari Ekuinoks Musim Gugur (Shubun no Hi) yang jatuh sekitar 23 September. Hari libur ini bertepatan dengan ekuinoks musim gugur yang merupakan hari pertama musim gugur di belahan bumi utara. Hari libur ini ditetapkan tahun 1948 dengan undang-undang hari libur Jepang untuk memuliakan nenek moyang, mengenang orang yang sudah meninggal.

Semua liburan di musim gugur jatuh pada hari Senin yang berarti liburan panjang 3 hari dari akhir minggu. Jika hendak pergi bersama kerabat di Jepang, mungkin musim gugur bisa menjadi pilihan yang tepat. Mudah mendapatkan cuti, udara yang sejuk tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, juga bisa melihat Momiji yang indah.

5. Tempat-tempat dengan pemandangan musim gugur terbaik di Jepang

Berikut ini Tim Info Jepang sudah memilih beberapa tempat dengan pemandangan musim gugur terbaik yang ada di Jepang.

Di kawasan Tokyo dan sekitarnya

Taman Rikugien. Rasakan pengalaman iluminasi musim gugur yang cantik dan romantis di malam hari. Berhadapan langsung dengan Teluk Tokyo, kita bisa melihat gemerlapnya kota dan kapal pesiar yang hilir mudik.

Showa Kinen Koenpepohonan maple dan gingko berpadu sempurna menjadi pemandangan kuning-oranye-dan merah sejauh mata memandang. Selain itu, taman luas ini juga punya beragam atraksi seperti permainan air, kebun bunga, maupun hutan 

Taman Koishikawa Korakuen, lokasinya persis bersebelahan dengan Tokyo Dome. Pemandangan musim gugurnya dengan ribuan pohon maple dan pinus adalah salah satu yang terbaik menurut saya di Jepang. 

Gunung Takao, gunung yang terletak di sisi barat laut Tokyo. Pemandangan musim gugur dari pepohonan di kaki gunung dan lembahnya begitu indah dan bisa kita nikmati sambil naik gondola atau menyusuri jalur-jalur mendaki melalui air terjun dan kebun tanaman yang indah.

Di kawasan Kyoto dan sekitarnya

Kuil Kodaiji, menempati peringkat pertama pemandangan musim gugur terbaik di Kyoto versi pengguna Tour Guide Online Info Jepang. Perpaduan yang sempurna taman batu, bangunan kuil yang asri, dan taman dengan pepohonan maple yang tersusun rapi.

Arashiyama, kota wisata alam di sebelah barat Kyoto yang belum banyak diketahui orang Indonesia. Panorama musim gugurnya unik karena wilayah ini memiliki kontur berbukit dan dekat aliran sungai. Dari awal November hingga pertengahan Desember, kita bisa menikmati momiji di Kuil Tenryuuji, Jembatan Togetsubashi, hutan bambu Arashiyama, dan Okochi Sanso.

Kuil Tofukuji, lokasinya yang dekat dengan Stasiun Kyoto membuat kuil ini hampir selalu dikunjungi oleh para wisatawan di Kyoto. Perpaduan taman bergaya Jepang yang menawan, sungai buatan, dan ratusan pohon maple menyajikan pemandangan musim gugur yang keren.

Sekian dulu perkenalan mengenai musim gugur di Jepang. Kalau teman-teman ada pertanyaan bisa menuliskannya di kotak komentar di bagian bawah, saya dengan senang hati menjawabnya bagi teman-teman. Sekian dan selamat berlibur!

Informasi Lebih Lanjut

  1. Situs turisme di Jepang http://kouyou.nihon-kankou.or.jp/ (Japanese)
  2. Tabel waktu melihat momiji di http://migoro.php  (Japanese)

Sumber Gambar : seesaa blog, blog fc2, blog exblog, Flickr Wayne Lo

Recommended for you

Last modified: October 1, 2016

TAGS  : ,

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (46)

  1. Hallo pak Nugroho..saya mau tanya utk tgl 11 nov. Apakah di Tokyo sudah puncak autumn? Dan kalau mau ke alpine route apakah msh memungkinkan..tapi sdh tdk bs lihat salju ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Adinda, suhunya 10-18 derajat celcius. Buat orang Indonesia sudah cukup dingin, pastikan membawa beberapa jaket (tipis-sedang) untuk bepergian.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Bu Lili,
      Suhu tahun 2015 kemarin akhir Oktober sampai awal November suhunya 21 derajat di siang hari dan 14 derajat di malam hari. Kondisinya seperti di Lembang atau Puncak Pass saat malam hari. Rasanya cukup bawa mantel yang biasa saja, dengan tambahan syal dan sarung tangan.

      Salam.

  2. hello,saya Via.
    tanggal 18 oct saya sampai di osaka airport, saya ada waktu 6hari untuk jalan2 di daerah kansai
    tapi saya bingung kira2 mau memulai rute dari mana dulu. Agar tidak memakan waktu dan perjalanan nya nyambung.
    misal nya : osaka-kyoto-nara-kobe-atau mungkin ada tempat2 lain yang bisa dikunjungi dalam 6 hari?

    kira2 dari satu tempat ke tempat lain lebih gampang menggunakan transport apa ya?
    terima kasih 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo selamat malam Via. Menurut letak geografis, maka yang paling jauh dari Kansai Airport adalah Kobe, Kyoto, Nara, Osaka. Nah, kalau hanya berlibur di Kansai, Osaka, Kyoto, Nara, Kobe, semua kota tersebut sangat dekat, dan paling hanya perlu 40 menit hingga satu jam perjalanan. Mungkin kamu bisa menginap di Osaka (berada di tengah-tengah) lalu bisa PP ke kota-kota yang lainnya.
      Salam

    • Hii..thankyou udah dibantu..
      aku mau bertanya lg gpp yaa..haha..takut tersesat soalnya
      Untuk transport mgkn tidak perlu / harus naik shinkansen kan? mgkn seperti train atau bus biasa sudah bisa dr satu kota ke kota lain?
      boleh dibantu gimana cara nya untuk dapat lihat informasi bus atau train?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk informasi kereta silakan mengecek sendiri via website Hyperdia.
      Maaf kami tidak melayani penjelasan via website sebab detailnya akan sangat panjang dan membuat pengunjung website lain bingung.
      Jika Ibu berminat dan membutuhkan, bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Kami bisa memberikan informasi lengkap naik kereta apa, dari platform dan stasiun mana, serta tips-tips hemat dan praktis lainnya mengenai itinerary perjalanan. Ibu bisa dengan mudah bertanya via whatsapp atau line, dan tidak perlu repot mengetik panjang-panjang. Selain itu bisa langsung bertanya via telepon whatsapp sewaktu liburan di Jepang.
      Salam

  3. hello,saya Via.
    tanggal 18 oct saya sampai di osaka airport, saya ada waktu 6hari untuk jalan2 di daerah kansai
    tapi saya bingung kira2 mau memulai rute dari mana dulu. Agar tidak memakan waktu dan perjalanan nya nyambung.
    misal nya : osaka-kyoto-nara-kobe-atau mungkin ada tempat2 lain yang bisa dikunjungi dalam 6 hari?

    kira2 dari satu tempat ke tempat lain lebih gampang menggunakan transport apa ya?
    terima kasih 🙂

  4. Halo..salam kenal, saya ada rencana tanggal 26nov – 02des 2017, 10 hari di jepang, kira2 tempat2 yg bagus rutenya dari tokyo sampai kemana ya? yang bisa saya lalui selama 10 hari, kalo bisa rute perjalanannya nyambung, jadi ga makan waktu 😉 makasih sebelumnya

  5. Hi Mas Nugroho,
    Kalau untuk pertengahan Oktober apakah cuacanya sering hujan?
    Kemudian apakah ada aplikasi yang valid untuk melihat cuaca sehari-hari di daerah jepang?

    Terima kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Oktober sudah jarang hujan. Maksudnya aplikasi valid itu untuk prakiraan cuaca? Paling valid adalah menonton di televisi prakiraan cuaca di pagi hari sebelum berangkat jalan-jalan. Aplikasi lain mungkin bisa menggunakan Yahoo Weather yang sudah jadi aplikasi otomatis di iphone.
      Salam

  6. Halo, mau tanya kalau misalnya pergi ke Jepang pas pertengahan November, kira2 dimana bisa lihat momoji ya? Tokyo atau Osaka? Rencana mau pergi selama 10-12 hari di mid November.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Ibu, kami siap membantu. Ibu mau pergi ke mana saja? Adakah yang ingin dilihat seperti momiji di musim gugur? Berapa budgetnya?
      Ibu bisa konsultasi, bertanya sepuasnya lewat Whatsapp/ Line : 0818.221.505/ patrickprayoga di Tour Guide Info Jepang
      Informasi lengkapnya bisa dibaca di artikel berikut.
      Salam

  7. Hi, saya berencana ke Jepang tgl 13-26 Okt. Start dari Tokyo, Toyama, Takayama,Osaka. Kyoto, Nara, Hiroshima dan kembali lagi ke Tokyo. Kira2 dari semua kota itu yang bisa maksimal liat momoji saat dimana ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bulan oktober belum ada nomiji, palingan daun-daunnya mulai berubah warna saja (tapi mayoritas masih hijau). Kalau ingin menyaksikan nomiji di sekitar oktober, Fatma harus ke daerah utara Jepang (Sapporo atau Hakodate di pulau Hokkaido) atau ke Sendai di Tohoku. Tahun 2016, kota-kota ini sudah menyaksikan nomiji mulai dari awal Oktober.

      Kalau berkenan atau ada pertanyaan-pertanyaan lain bisa mencoba layanan kami: Tour Guide Online. Bisa dicek di halaman berikut
      Salam dan selamat liburan.

    • fatma  |  

      Wah.. gt ya 🙁 huhu… Sepertinya saya ga bisa ke Sapporo atau Hakodate. Kalo gitu, sarannya klo ke Sendai, bagusnya kemana bisa nikmatin momoji nya? Makasih banget ya infonya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di are kota Sendai sendiri Fatma bisa kok nikmatin pemandangan musim gugur (spotnya antara lain di Kuil Rinnoji atau Istana Aoba). Kalau mau lihat yang lebih bagus+keren, bisa ke Naruko Gorge (2 jam ke arah utara kota Sendai dengan naik kereta). Wilayah pegunungan ini termasuk salah satu tempat nomiji paling indah di Jepang.

      Salam dan selamat liburan!

  8. Maaf mau tanya saya akan ke jepang 11 nov – 18 nov rute datang di osaka dan pulang lewat narita?
    Adakah saran tempat2 yg rekomendasi dikunjungi agar bisa mendapatkan spot2 momiji ?
    Dan apakah perlu beli jr pass?
    First time dan sendirian ke jepang dan tanpa ikut tour, terima kasih atas bantuannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Carol. Selamat siang. Jika pergi tanggal 11-18 November bisa menikmati momiji di ArashiyamaKuil Tenryuuji serta kuil-kuil terkenal di kota Kyoto seperti Kiyomizudera, Ryoanji, Kinkakuji, atau Nanzenji.

      Mengenai apakah perlu membeli JR PASS atau tidak, kami tidak bisa memberi jawaban pastinya, karena kami tidak tahu plan perjalanan Carol. Kalau berkenan atau ada pertanyaan-pertanyaan lain bisa mencoba layanan kami: Tour Guide Online. Bisa dicek di halaman berikut. Terimakasih.

  9. Oia, dan bulan yg Tepat kapan? Yg saya baca dari artikel info Jepang, resort ski dibuka awal December. Di Lokasi mana Momiji rontok paling akhir?

  10. apa di akhir bulan november, masih bisa menikmati keindahan daun momiji? apa belum berguguran karna seperti yang diketahui itu akan masuk ke musim dingin

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Mayoritas nomiji dimulai bulan November (wilayah Kyoto, Tokyo). Namun, jika ke Jepangnya bulan Desember masih bisa nomiji di daerah Hokkaido (Sapporo atau Taman Nasional Daisetsuzan). Kalau boleh tahu, rencananya ingin nomiji/ liburan ke Jepangnya di mana Ria?

      Salam,
      Tim Info Jepang

    • rencana pergi di minggu terakhir november, pulang di awal desember mungkin sekitar tgl 1-2 desember.
      dengan 4 tujuan kota, tokyo – kyoto – nara – osaka

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Kalau menurut pengalaman selama beberapa tahun, minggu terakhir bulan November, kita masih bisa melihat momiji di Kyoto/Osaka/Nara, namun mungkin sudah banyak yang gugur. Untuk musim gugur tahun 2016, untuk sekarang belum ada informasi, namun kami akan segera berikan informasi momiji terbaru secepatnya

    • Saya ingin ke Jepang menikmati Momiji dan melihat salju. Rute pertama dan berikutnya sebaiknya start dari mana? Osaka – Tokyo – hokkaido atau hokkaido – Osaka – Tokyo? Dg memperhitungkan biaya. Makasih

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Jika ingin melihat momiji dan salju sekaligus, sebaiknya berangkat akhir November-awal Desember. Perjalanan bisa dimulai dari Osaka, Tokyo lalu menuju ke Hokkaido di utara (tempat momiji rontok paling akhir). Tim Info Jepang sudah membahas beberapa taman terkenal dan mudah diakses di Hokkaido jika ingin melihat momiji, seperti Taman Maruyama dan Taman Kuil Hokkaido. Lalu mengenai resort ski, beberapa resort ski di Hokkaido seperti Furano dan Tomamu sudah buka tanggal 28 November (laporan tahun 2015 lalu). Informasi terlengkap mengenai jadwal bukanya ski resort bisa dilihat di website info Jepang nanti.

      Mengenai biaya, Tim Info Jepang tidak bisa merinci secara detail, sebab kami juga tidak tahu bagaimana plan perjalanan Nova selama di Jepang.
      Jika butuh bantuan dalam membuat plan bisa menghubungi 0818.221.505, Kami punya layanan Tour Guide Online yang siap membantu liburan dari persiapan bahkan nanti menjelaskan cara menuju lokasi objek wisata di Jepang, langsung dari hape.

      Salam

  11. Im not that much of a online reader to be honest but your blogs really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your site to come back later. Cheers kefgkccgdkgdcbec

    • Info Jepang  |  

      Kalau ingin melihat pemandangannya, sangat disarankan, sebab Gunung Fuji akan terlihat jelas (hari sering cerah dan jarang ada awan). Selain itu di musim gugur, ada koyo di mana daun-daun berubah warna menjadi kemerahan. Pemandangan khas musim gugur di Jepang.
      Namun, jika tujuannya ingin mendaki gunung Fuji, tidak disarankan pergi musim gugur. Lebih baik saat musim panas. Sekian

  12. Apakah bulan September sudah masuk autumn?? karena di beberapa info bilang Oktober, tapi di info lain ada yang bilang September sudah autumn. Mohon infonya. Thanks

  13. Apakah pertengahan bulan September sudah mulai musim gugur? karena saya baca di beberapa info start autumn bulan oktober, tapi ada juga yang bilang September. Thanks

    • Info Jepang  |  

      Di Tokyo, pertengahan bulan September belum musim gugur. Musim gugur dimulai pada akhir bulan September hingga awal bulan Oktober.
      Sebetulnya tidak ada batasan khusus dari tanggal berapa atau bulan berapa musim gugur itu dimulai, itu karena perbedaan lintang kota-kota di Jepang yang memanjang dari selatan ke utara, yang menyebabkan musim gugur mulainya tidak serentak.
      Selain itu, alasan kedua ialah, menurut ilmu alam, musim gugur adalah saat suhu udara mulai turun, peralihan dari musim panas ke musim dingin. Sementara banyak orang yang menyamakan musim gugur dengan koyo atau saat daun-daun berubah warna kekuningan atau kemerahan. Ini juga yang menjadi penyebab perbedaan pendapat kapan musim gugur dimulai. Sekian dan terimakasih.

    • Info Jepang  |  

      Musim dingin dimulai sejak bulan Desember hingga sekitar bulan Februari. Bulan November suhu udara sekitar 15-20 derajat celcius.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan