Kapan Waktu Terbaik Berlibur ke Jepang?

You are here Home  > Tips Wisata >  Kapan Waktu Terbaik Berlibur ke Jepang?

Kapan Waktu Terbaik Berlibur ke Jepang? adalah pertanyaan mayoritas pengguna Tour Guide Online Info Jepang dan para pembaca setia website infojepang.net. Pertanyaan yang sulit dijawab sebenarnya, karena Jepang mempunyai pesona unik di tiap-tiap musimnya. Ya tentu karena Jepang adalah negara dengan 4 musim (musim semi, panas, gugur, dan dingin), yang begitu dirindukan oleh penduduk Indonesia. Mengetahui waktu terbaik berlibur ke Jepang akan membuat kita bisa melihat bunga sakura mekar, bersantai dan menikmati aneka festival musim panas, momiji saat musim gugur, atau bermain ski dan boneka salju di musim dingin. Ingat, berbeda tujuan atau maksud wisata, berarti berbeda pula waktunya.

Bulan Januari masuk ke dalam liburan Tahun Baru yang berlangsung di Jepang. Sebagai catatan awal tahun (tanggal 1-3 Januari) hampir seluruh tempat wisata di Jepang tutup atau tidak beroperasi. Meskipun suhu udara masih cukup dingin, namun bulan Januari apalagi minggu kedua sampai terakhir adalah saat terbaik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata utama di Jepang, seperti Tokyo Disneyland dan DisneySea atau Universal Studio Osaka karena pengunjungnya tidak begitu banyak. Wilayah Hokkaido dan pantai utara Jepang biasanya mengalami hujan salju, dan memberikan kita kesempatan untuk bermain ski.

Suasana menjelang Shirakawago Illumination

Suasana menjelang Shirakawago Illumination

Di bulan Februari, musim dingin masih berlanjut. Ada banyak festival musim dingin yang diadakan di Hokkaido, seperti Festival Salju Sapporo, naik kapal pemecah es di Abashiri, hingga Shirakawago Illumination yang indah dan selalu ditunggu oleh wisatawan. Di akhir Februari, bunga plum merah jambu juga mulai bermekaran, seperti di Atami Plum Garden, begitu juga dengan jenis sakura tertentu seperti di Kawazu Izu. Kita bisa menikmati keindahan bunga sakura lebih awal bersamaan dengan bermain ski.

Tiba di bulan Maret, bersamaan dengan libur sekolah di Jepang, taman-taman bermain dan museum akan mulai ramai. Di akhir bulan, bunga sakura bisa kita lihat di tiga kota utama di Jepang, seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Di bulan ini, kita masih bisa menikmati salju dan bermain ski di kawasan utara Jepang. Teman-teman bisa berkunjung ke Iluminasi Nabana no Sato di luar kota Nagoya, atau Festival Omizutori di Kuil Todaiji Nara di awal Maret.

Hanami Sakura di sungai Meguro Tokyo

Hanami Sakura di sungai Meguro Tokyo

Selain bulan November, bulan April bisa dibilang adalah prime-time nya wisata di Jepang. Suhu udara mulai naik, tidak lagi sedingin bulan-bulan sebelumnya. Wisatawan mengincar pengalaman hanami sakura yang memang jadi salah satu daya tarik utama Jepang. Di awal bulan, teman-teman bisa menikmati sakura di Tokyo, Kyoto, Osaka, Nara, dan Kanazawa. Kemudian di akhir April, kita bisa menikmati sakura di area utara Jepang seperti di Kastil Hirosaki atau Kakunodate. Teman-teman bisa membaca Jadwal Lengkap Hanami Sakura untuk mengatur jadwal liburan ke Jepang. Di pertengahan April, kita juga bisa mencoba atraksi berjalan diantara tembok salju di Tateyama Kurobe Alpine serta melihat keindahan bunga wisteria di Taman Ashikaga.

Awal bulan Mei, dikenal sebagai liburan Golden Week Jepang, di mana ada gabungan hari libur selama hampir 1 minggu penuh. Penduduk lokal biasanya liburan ke luar kota. Suhu harian semakin hangat dan lebih nyaman bagi yang ingin mengunjungi Jepang bersama dengan anak-anak atau yang gak mau repot membeli pakaian hangat. Awal Mei biasanya jadi akhir masa operasi resort ski yang ada di Jepang. Pertengahan bulan Mei, kita juga bisa melihat Gokayama Ilumination.

Pada awal Juni, dikenal sebagai musim hujan (tsuyu) di seluruh wilayah Jepang. Pada masa ini, pastikan teman-teman untuk mengecek prakiraan cuaca sebelum bepergian, serta bawa jaket atau payung. Beberapa kota resort onsen seperti Hakone atau Beppu Onsen bisa dimaksukkan jadi destinasi wisata, termasuk ke Gunung Koyasan di Prefektur Wakayama. Oiya, rute full Pegunungan Tateyama Kurobe Alpine dari Toyama ke Shinano-Omachi akan dibuka di pertengahan bulan Juni.

Memandang hamparan bunga lavender di Furano

Memandang hamparan bunga lavender di Furano

Bulan Juli dan Agustus jadi musim favorit orang Indonesia untuk ke Jepang. Suhu dan kelembaban udara mirip dengan yang ada di Indonesia. Musim panas juga identik dengan festival kembang api dan juga pengalaman bermain dan berjemur di pantai ala-ala penduduk Eropa. Oiya, buat teman-teman yang ingin melihat keindahan Gunung Fuji lebih dekat, bisa bekunjung juga di bulan Juli, di mana rute-rute pendakian ke Gunung Fuji dibuka untuk umum. Namun, tempat-tempat wisata akan dipenuhi oleh wisatawan lokal karena bersamaan dengan liburan musim panas yang sangat disenangi oleh anak-anak. Di pertengahan Agustus, seluruh wilayah Jepang akan merayakan Festival Obon dan juga ada Gion Festival di Kyoto dan Sapporo Matsuri. Buat pecinta bunga, musim panas adalah musim terbaik mengunjungi kebun-kebun lavender di Furano, Biei, dan Tomita Farm di Hokkaido, serta menikmati bunga-bunga yang mekar di seluruh taman di kota-kota Jepang.

Bulan September, wilayah kepulauan di selatan Jepang biasanya akan diterpa oleh badai. Namun, tenang saja, kota-kota wisata utama di daratan utama akan cerah. Suhu dan kelembaban di bulan ini masih tinggi, cocok buat teman-teman yang ingin berkunjung namun ingin menghindari keramaian wisatawan lokal.

Suhu di bulan Oktober sudah mulai dingin, di mana daun-daun pohon akan mulai berubah warna, menandakan datangnya musim gugur. Keindahan bunga Cochia di Hitachi Seaside Park juga bisa kita nikmati.

Kuil Terindah di Kyoto Kuil Tofukuji di musim gugur

Kuil Tofukuji di musim gugur

Di bulan November, suhu sudah semakin turun, namun musim gugur mencapai puncaknya. Hampir di seluruh taman-taman kota, kita bisa menikmati momiji yang spektakuler. Teman-teman bisa mengunjungi tempat momiji di Tokyotempat Momiji di Osaka, dan juga Jadwal Momiji di Jepang.

Panorama Resort Ski Kagura

Panorama Resort Ski Kagura

Di bulan terakhir yakni Desember, sangat identik dengan liburan musim dingin. Awal bulan Desember bisa jadi adalah waktu terbaik buat teman-teman yang ingin menikmati momiji, sekaligus ingin mencoba bermain ski di resort-resort ski ternama. Iluminasi natal bisa kita lihat di taman-taman kota dan juga pusat perbelanjaan. Desember jadi waktu terbaik buat teman-teman yang ingin liburan bersama anak yang sedang liburan sekolah, namun, hati-hati juga terhadap jadwal dan tiket pesawat yang biasanya melonjak tinggi di liburan Natal.

Sumber gambar: Flickr my_cottage, somali04 @Tokyomarki1983, Tetsuji Sakakibara


Recommended for you

Last modified: October 11, 2018

Comments (44)

  1. inka sarina melayu  |  

    Salam Pak,

    Saya berencana untuk ke Jepang awal Juni tahun depan sewaktu libur cuti bersama lebaran. Saya berencana untuk mengunjungi Tokyo-Osaka-Kyoto. Namun, saya baca diatas, untuk bulan Juni sudah masuk musim panas dan sering hujan, apakah saya perlu mengubah rencana saya menjadi Desember 2019? Kalau di bandingkan, bulan apa yang paling ramai, Juni atau Desember? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau awal Juni sendiri relatif sepi karena anak-anak sekolah di Jepang liburannya baru akhir Juni.
      Begitu pula dengan Desember, kalau masih awal Desember, anak-anak masih bersekolah. Jadi relatif tidak terlalu ramai bila dibandingkan dengan liburan sekolah. Mungkin Ibu bisa membandingkan suhunya. Kalau ingin mencicipi musim dingin bisa di bulan Desember. Namun kalau tidak terlalu kuat dingin bisa liburan di bulan Juni. Salam

  2. Terima kasih atas saran bapak, saya baru kembali dari jepang musim gugur ini dan berikutnya ingin berencana ke jepang saat akhir musim dingin bulan februari dengan tujuan tokyo hakone kawaguchiko mishima sky walk atami kawazu izu kyoto osaka
    Untuk di tokyo dan hakone apa perlu pake twp? Atau ada alternatif murah terutama untuk ke tokyo sampai atami/kawazu bila seandainy saya memakai hakone free pass
    Mohon saran bapak lagi

  3. Malam Pak Nugroho kira2 perlu bawa coat tebal gak ya untuk ke jepang Nopember ini rencana only ke haneda tokyo hakone kyoto dan osaka…
    Terima kasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau November belum terlalu dingin bu, bisa dengan kemeja dan jaket biasa. Mungkin bisa bawa syal/ selendang dan sarung tangan wol untuk jaga-jaga. Salam.

  4. Pagi pak nugroho, setelah saya membaca blog bapak, sepertinya rada menyesal, saya sudah issued ticket utk pergi ke jepang pada tgl 31 agustus – 7 sept 2019, apakah disana cuacanya masih panasa ya pak, dan kalo mau cari suasana yang yg dapat dingin salju kita harus kemana ya, tiket saya jkt-narita, lalu saya ingin menggunakan JRpass juga pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Tanggal segitu seluruh Jepang musim panas Pak, tidak ada yang bersalju. Salam

  5. Selamat siang Pak Nugraha. Saya berencana berangkat ke Jepang tahun depan bulan April dengan tujuan utama Festival Shibazakura. Rencana pergi akhir minggu pertama atau awal minggu kedua. Apakah ada daerah tempat menikmati sakura full bloom yang berdekatan dengan awal dibukanya festival shibazakura? Terima kasih.

  6. pak. bisa tlg dibantu itinerary ke tokyo osaka 8hari. sampai di osaka dulu. plg dari tokyo haneda. ke kota mana saja bagusnya. dan bagusnya beli transportasi pass apa di tokyo dan osaka yg bisa dipakai maksimum. rencana mau ke tpt anime pak. dan kuliner jepang. thanks infonya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Tim Info Jepang memiliki layanan Tour Guide Online yang sangat cocok dengan keperluan bapak.
      Silakan bisa dibaca-baca dulu: Tour Guide Online. Salam

  7. Selamat pagi pak,
    Dia akhir februari atau awal april, srlain kawazu izu dan ski resort, kita bisa berkunjung ke mana ya pak?
    Kalau bisa aksesnya masuk dalam area TWP

  8. Hello salam kenal…
    Kalau bulan maret, apakah waktu yg tepat untuk berlibur ke jepang?? Masih kebagian salju tidak ya😁…
    Saya berencana 8 hari disana, kira kira kalau saya ke 3 kota,apakah waktunya cukup(tokyo,kyoto dan osaka)?
    Trus kalao beli kartu untk berinternet selama disana dimana ya.. Terimakasih

  9. Selamat pagi Pak Nugroho, website yang sangat berguna. Saya mau konsultasi rencana perjalanan saya .
    1. Tiba di Osaka 14 Nov 2018 pagi
    2. Sdh ada booking air bnb 14-16 Nov di Takaida Osaka (utk eksplore Osaka Amazing pass)
    3. Sdh ada booking airbnb 16 – 18 Nov di Oji Nara (utk eksplore Kyoto, Nara, Kobe
    4. Sdh ada booking hotel di Shinjuku Tokyo 20 -22 Nov
    5. Pulang ke Ind dari Haneda tgl 22 Nov 2018 jam 11.15

    Belum ada itin antara 18 – 20 Nov.
    a. Saya Ingin ke Shirakawa Go dan Fuji. Menurut Bapak apakah masih cukup waktu untuk melakukannya?
    b. Perlukah membeli JR Pass? Tadinya rencana membeli JR Pass di Osaka start tgl 16 Nov 2018
    c. Bagaimana memaksimalkan 2 day Osaka Amazing Pass?

    Ada saran?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Perjalanan ke Shirakawago bisa dilakukan pas tanggal 18. Check out tanggal 18 ke Shirakawago via Toyama, kemudian check in tanggal 18 malam di Tokyo.
      Atau kalau mau 18 malamnya bisa menginap di Toyama, untuk esok harinya ke Shirakawago. Kalau dilihat dari rute bapak, nanggung beli JR PASS, sepertinya tidak balik modal.
      Untuk cara penggunaan Osaka Amazing Pass, bisa mengunjungi tempat wisata yang tercover oleh Osaka Amazing Pass. Salam

    • Terima kasih atas infonya….tadinya saya pikir via Nagoya atau Takayama utk ke shirakawa….

      Jadi utk yg ke Fuji via Tokyo saja ya Pak? itu one day trip bisa ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya bisa pak, biasanya wisatawan day trip dari Tokyo ke Fuji via Kawaguchiko. Bapak bisa naik bus dari Tokyo ke Kawaguchiko atau dengan naik kereta limited ekspress Kaiji/ Azusa dari Shinjuku-Otsuki, dilanjutkan dengan kereta Fujikyu Railway ke Stasiun Kawaguchiko. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa di awal bulan Desember bu. Ibu masih bisa lihat musim gugur dan awal musim dingin. Namun, kalau mau lihat salju beneran, harus ke resort ski. Salam.

  10. selamat siang, sy mau tanya waktu yg pas untuk ke Jepang bulan apa yaa? sy ingin ke Jepang saat sudah mulai ada salju, namun cuaca dinginnya blm sampai puncak, lebih baik bulan apa yaa??

  11. Selamat siang pak. Mohon advise nya.
    Kalau kita mau ke Jepang awal Januari, daerah mana yang disarankan selain Tokyo dan Osaka?
    Kalau ke Hokkaido saat Januari apakah banyak tempat yang tidak bisa dikunjungi ?
    Daerah mana di Hokkaido yang bapak sarankan untuk Januari awal ?
    Maaf ya pak banyak tanya. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bulan Januari masuk ke dalam liburan Tahun Baru yang berlangsung di Jepang. Sebagai catatan awal tahun (tanggal 1-3 Januari) hampir seluruh tempat wisata di Jepang tutup atau tidak beroperasi. Meskipun suhu udara masih cukup dingin, namun bulan Januari apalagi minggu kedua sampai terakhir adalah saat terbaik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata utama di Jepang, seperti Tokyo Disneyland dan DisneySea atau Universal Studio Osaka karena pengunjungnya tidak begitu banyak. Atau menikmati pemandangan salju di Shirakawago dan Kanazawa. Salam

  12. Pak…tiket penerbangan sya k haneda dr jakarta pp sudah sya beli. Sya ingin melanjutk pnerbangan ke tokushima.. bagaimana mendaptkan tiket domestik. Apakah beli ktika sdh tiba di haneda atau ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa membelinya juga secara online. Penerbangan ke arah Tokushima hanya ada dengan ANA atau JAL. Salam

  13. Selamat pagi pak nugroho
    Mau tny apakah tgl 5 desember hingga 11 desember biasanya sdh mulai turun salju di daerah tokyo kyoto shirakawago atau osaka?
    Karena dr kecil saya ingin melihat saljut
    Terima kasih banyak sblmnya

  14. DANIEL MULIAWAN  |  

    selamat pagi pa Nugroho, kalau mau melihat musim gugur di jepang paling bagus di bulan apa ya? berapa derajat suhu udaranya? terima kasih sebelumnya.

  15. Julia Damayanti  |  

    Hai Pak Chris,
    Saya berencana untuk menitipkan 2 koper ukuran besar ( Large) di airport Haneda. Karena saya hanya 2 mlm di tokyo dalam perjln pulang chicago- jkt. Apakah tersedia tempat penitipan koper di airport Haneda, dan apakah selalu available. Adakah alternatif penitipan koper di airport bila locker penuh?
    Lokasi locker di airport Haneda ada di lantai berapa ya.
    Terimakasih pak
    Salam
    Julia

  16. Hi Pak Chris,

    Untuk pembelian JR Pass, apa kita bisa mendapat konfirmasi/voucher pemesanan lewat email? Kalau dikirim ke alamat tertentu, ada courier fee yang dikenakan.

    Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. JR PASS dibeli dengan menunjukkan MCO dan paspor. Nah yang dikirimkan ke alamat ibu itu adalah MCO nya.
      Tidak ada cara lain selain dengan MCO. Salam

  17. Johannes Daniel Assa  |  

    Hallo , Nugroho Christian,
    Rencana Om Hanny dan Hanna mau ke Osaka, arrive di Osaka tgl 24 Mei 2018, base lodging di Nishishinsaibashi Osaka Prefecture. Dari sana kita atur plan tour, JR Pass apakah direservasi dari Jakarta.

    • Nugroho Christian  |  

      Hai Om Hani, bisa om. JR Pass bisa dibeli langsung di JTB atau HIS yang ada di Jakarta. Salam.

  18. Hai Pak Chris,

    Saya berencana untuk pergi ke lake kawaguchi atau shizuoka untuk melihat mount fuji.
    apakah ada tempat untuk menitipkan koper ukuran besar di kedua tempat itu?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa menitipkan di penitipan barang di Kawaguchiko Station. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!