Kapan Waktu Terbaik Berlibur ke Jepang?

You are here Home  > Tips Wisata >  Kapan Waktu Terbaik Berlibur ke Jepang?

Kapan Waktu Terbaik Berlibur ke Jepang? adalah pertanyaan mayoritas pengguna Tour Guide Online Info Jepang dan para pembaca setia website infojepang.net. Pertanyaan yang sulit dijawab sebenarnya, karena Jepang mempunyai pesona unik di tiap-tiap musimnya. Ya tentu karena Jepang adalah negara dengan 4 musim (musim semi, panas, gugur, dan dingin), yang begitu dirindukan oleh penduduk Indonesia. Mengetahui waktu terbaik berlibur ke Jepang akan membuat kita bisa melihat bunga sakura mekar, bersantai dan menikmati aneka festival musim panas, momiji saat musim gugur, atau bermain ski dan boneka salju di musim dingin. Ingat, berbeda tujuan atau maksud wisata, berarti berbeda pula waktunya.

Bulan Januari masuk ke dalam liburan Tahun Baru yang berlangsung di Jepang. Sebagai catatan awal tahun (tanggal 1-3 Januari) hampir seluruh tempat wisata di Jepang tutup atau tidak beroperasi. Meskipun suhu udara masih cukup dingin, namun bulan Januari apalagi minggu kedua sampai terakhir adalah saat terbaik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata utama di Jepang, seperti Tokyo Disneyland dan DisneySea atau Universal Studio Osaka karena pengunjungnya tidak begitu banyak. Wilayah Hokkaido dan pantai utara Jepang biasanya mengalami hujan salju, dan memberikan kita kesempatan untuk bermain ski.

Suasana menjelang Shirakawago Illumination

Suasana menjelang Shirakawago Illumination

Di bulan Februari, musim dingin masih berlanjut. Ada banyak festival musim dingin yang diadakan di Hokkaido, seperti Festival Salju Sapporo, naik kapal pemecah es di Abashiri, hingga Shirakawago Illumination yang indah dan selalu ditunggu oleh wisatawan. Di akhir Februari, bunga plum merah jambu juga mulai bermekaran, seperti di Atami Plum Garden, begitu juga dengan jenis sakura tertentu seperti di Kawazu Izu. Kita bisa menikmati keindahan bunga sakura lebih awal bersamaan dengan bermain ski.

Tiba di bulan Maret, bersamaan dengan libur sekolah di Jepang, taman-taman bermain dan museum akan mulai ramai. Di akhir bulan, bunga sakura bisa kita lihat di tiga kota utama di Jepang, seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Di bulan ini, kita masih bisa menikmati salju dan bermain ski di kawasan utara Jepang. Teman-teman bisa berkunjung ke Iluminasi Nabana no Sato di luar kota Nagoya, atau Festival Omizutori di Kuil Todaiji Nara di awal Maret.

Hanami Sakura di sungai Meguro Tokyo

Hanami Sakura di sungai Meguro Tokyo

Selain bulan November, bulan April bisa dibilang adalah prime-time nya wisata di Jepang. Suhu udara mulai naik, tidak lagi sedingin bulan-bulan sebelumnya. Wisatawan mengincar pengalaman hanami sakura yang memang jadi salah satu daya tarik utama Jepang. Di awal bulan, teman-teman bisa menikmati sakura di Tokyo, Kyoto, Osaka, Nara, dan Kanazawa. Kemudian di akhir April, kita bisa menikmati sakura di area utara Jepang seperti di Kastil Hirosaki atau Kakunodate. Teman-teman bisa membaca Jadwal Lengkap Hanami Sakura untuk mengatur jadwal liburan ke Jepang. Di pertengahan April, kita juga bisa mencoba atraksi berjalan diantara tembok salju di Tateyama Kurobe Alpine serta melihat keindahan bunga wisteria di Taman Ashikaga.

Awal bulan Mei, dikenal sebagai liburan Golden Week Jepang, di mana ada gabungan hari libur selama hampir 1 minggu penuh. Penduduk lokal biasanya liburan ke luar kota. Suhu harian semakin hangat dan lebih nyaman bagi yang ingin mengunjungi Jepang bersama dengan anak-anak atau yang gak mau repot membeli pakaian hangat. Awal Mei biasanya jadi akhir masa operasi resort ski yang ada di Jepang. Pertengahan bulan Mei, kita juga bisa melihat Gokayama Ilumination.

Pada awal Juni, dikenal sebagai musim hujan (tsuyu) di seluruh wilayah Jepang. Pada masa ini, pastikan teman-teman untuk mengecek prakiraan cuaca sebelum bepergian, serta bawa jaket atau payung. Beberapa kota resort onsen seperti Hakone atau Beppu Onsen bisa dimaksukkan jadi destinasi wisata, termasuk ke Gunung Koyasan di Prefektur Wakayama. Oiya, rute full Pegunungan Tateyama Kurobe Alpine dari Toyama ke Shinano-Omachi akan dibuka di pertengahan bulan Juni.

Memandang hamparan bunga lavender di Furano

Memandang hamparan bunga lavender di Furano

Bulan Juli dan Agustus jadi musim favorit orang Indonesia untuk ke Jepang. Suhu dan kelembaban udara mirip dengan yang ada di Indonesia. Musim panas juga identik dengan festival kembang api dan juga pengalaman bermain dan berjemur di pantai ala-ala penduduk Eropa. Oiya, buat teman-teman yang ingin melihat keindahan Gunung Fuji lebih dekat, bisa bekunjung juga di bulan Juli, di mana rute-rute pendakian ke Gunung Fuji dibuka untuk umum. Namun, tempat-tempat wisata akan dipenuhi oleh wisatawan lokal karena bersamaan dengan liburan musim panas yang sangat disenangi oleh anak-anak. Di pertengahan Agustus, seluruh wilayah Jepang akan merayakan Festival Obon dan juga ada Gion Festival di Kyoto dan Sapporo Matsuri. Buat pecinta bunga, musim panas adalah musim terbaik mengunjungi kebun-kebun lavender di Furano, Biei, dan Tomita Farm di Hokkaido, serta menikmati bunga-bunga yang mekar di seluruh taman di kota-kota Jepang.

Bulan September, wilayah kepulauan di selatan Jepang biasanya akan diterpa oleh badai. Namun, tenang saja, kota-kota wisata utama di daratan utama akan cerah. Suhu dan kelembaban di bulan ini masih tinggi, cocok buat teman-teman yang ingin berkunjung namun ingin menghindari keramaian wisatawan lokal.

Suhu di bulan Oktober sudah mulai dingin, di mana daun-daun pohon akan mulai berubah warna, menandakan datangnya musim gugur. Keindahan bunga Cochia di Hitachi Seaside Park juga bisa kita nikmati.

Kuil Terindah di Kyoto Kuil Tofukuji di musim gugur

Kuil Tofukuji di musim gugur

Di bulan November, suhu sudah semakin turun, namun musim gugur mencapai puncaknya. Hampir di seluruh taman-taman kota, kita bisa menikmati momiji yang spektakuler. Teman-teman bisa mengunjungi tempat momiji di Tokyotempat Momiji di Osaka, dan juga Jadwal Momiji di Jepang.

Panorama Resort Ski Kagura

Panorama Resort Ski Kagura

Di bulan terakhir yakni Desember, sangat identik dengan liburan musim dingin. Awal bulan Desember bisa jadi adalah waktu terbaik buat teman-teman yang ingin menikmati momiji, sekaligus ingin mencoba bermain ski di resort-resort ski ternama. Iluminasi natal bisa kita lihat di taman-taman kota dan juga pusat perbelanjaan. Desember jadi waktu terbaik buat teman-teman yang ingin liburan bersama anak yang sedang liburan sekolah, namun, hati-hati juga terhadap jadwal dan tiket pesawat yang biasanya melonjak tinggi di liburan Natal.

Sumber gambar: Flickr my_cottage, somali04 @Tokyomarki1983, Tetsuji Sakakibara


Recommended for you

Last modified: February 16, 2018

Comments (6)

  1. Hi Pak Chris,

    Untuk pembelian JR Pass, apa kita bisa mendapat konfirmasi/voucher pemesanan lewat email? Kalau dikirim ke alamat tertentu, ada courier fee yang dikenakan.

    Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. JR PASS dibeli dengan menunjukkan MCO dan paspor. Nah yang dikirimkan ke alamat ibu itu adalah MCO nya.
      Tidak ada cara lain selain dengan MCO. Salam

  2. Johannes Daniel Assa  |  

    Hallo , Nugroho Christian,
    Rencana Om Hanny dan Hanna mau ke Osaka, arrive di Osaka tgl 24 Mei 2018, base lodging di Nishishinsaibashi Osaka Prefecture. Dari sana kita atur plan tour, JR Pass apakah direservasi dari Jakarta.

    • Nugroho Christian  |  

      Hai Om Hani, bisa om. JR Pass bisa dibeli langsung di JTB atau HIS yang ada di Jakarta. Salam.

  3. Hai Pak Chris,

    Saya berencana untuk pergi ke lake kawaguchi atau shizuoka untuk melihat mount fuji.
    apakah ada tempat untuk menitipkan koper ukuran besar di kedua tempat itu?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa menitipkan di penitipan barang di Kawaguchiko Station. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!