Bus di Kawaguchiko Gunung Fuji Gotemba

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Bus di Kawaguchiko Gunung Fuji Gotemba

Kawaguchiko adalah tempat terfavorit wisatawan Indonesia untuk melihat keindahan gunung tertinggi di Jepang, yakni Gunung Fuji dalam liburan di Jepang. Menurut data Tim Info Jepang, hampir 70% orang Indonesia memasukkan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko dalam jadwal liburan di Jepang. Namun, masih banyak yang kesulitan dalam menentukan jadwal dan alur liburan. Ada yang malah bolak balik ke Tokyo, dan membuang setengah hari dalam perjalanan. Ada juga yang hanya ke Danau Kawaguchiko, lalu langsung kembali ke Tokyo karena tidak tahu tempat-tempat wisata lainnya. Kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum tips dan trik paling praktis, paling efektif, dan paling ampuh untuk dapat berkeliling objek-objek wisata di kawasan Kawaguchiko: yakni dengan naik bus di Kawaguchiko. Wah, ribet gak kalau naik bus di Kawaguchiko? Berikut informasi selengkapnya tentang bus di Kawaguchiko dan informasi lengkap tempat-tempat wisata yang dilalui.

Jalur Retro Bus memiliki 2 trayek penting dan keduanya bermula dari Stasiun Kawaguchiko. Jalur pertama bernama Kawaguchiko Line yang berangkat setiap 15 menit dan menyusuri Danau Kawaguchiko dari sebelah selatan-timur-dan berakhir di sisi utara danau. Dari sisi timur dan utara inilah kita bisa melihat pemandangan Gunung Fuji yang terpantul di permukaan air danau. Busnya bewarna merah (red line).

Jalur kedua bernama Saiko Line yang berangkat setiap 30 menit dan menyusuri Danau Kawaguchiko dari sebelah selatan hingga mengelilingi Danau Saiko. Busnya bewarna hijau (green line). Oiya, hampir 80 persen pengunjung yang datang tiba di Stasiun Kawaguchiko akan pergi mengunjungi kawasan Danau Kawaguchiko dengan bus red-line.

Kawaguchiko Station & Mt Fuji

Suasana Stasiun Kawaguchiko, pintu gerbang kawasan wisata Gunung Fuji di sisi utara

1. Retro Bus Free Pass

Tersedia retro bus free pass yang meng-cover ongkos bus dalam dua hari berturut-turut baik jalur hijau atau jalur merah yang mengeliling Danau Kawaguchiko dan Danau Saiko. Harganya 1200 yen untuk dewasa dan 600 yen untuk anak-anak.

2. Bus Keliling Gunung Fuji dari Sisi Barat

  • Beberapa objek wisata penting yang dilalui antara lain
    Stasiun Fujisan – Taman bermain Fujikyu Highland – Stasiun Kawaguchiko – Danau Shojiko – Danau Motosu – Peternakan Makai – Michi no Eki Asagiri Kogen – Air terjun Shiraito – Fujinomiya Station – Shin Fuji Station
  • Informasi lengkap mengenai trayek bus keliling Gunung Fuji dari sisi barat bisa dilihat di halaman berikut.

3. Bus Keliling Gunung Fuji dari Sisi Timur (Fujikko-Go)


ふじっ湖号

Foto bus Fujikko Go ke arah Danau Yamanaka

Artikel terkait wisata ke Gunung Fuji (selengkapnya)

Hanabi Festival di Danau Kawaguchi di musim dingin

Daftar festival di Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji yang sangat terkenal, ada festival musim semi, musim panas, dan musim dingin loh! Catat dulu tanggalnya ya supaya jangan terlewat!

Pemandangan Gunung Fuji Hakone

Fuji Hakone Pass adalah pass paling tepat buat kamu yang ingin berkeliling tempat wisata di Gunung Fuji dan 5 danau sekitarnya. Berikut tips hemat berkeliling Gunung Fuji Hakone rancangan Tim Info Jepang.

Pemandangan dari Museum Seni Narukawa di Hakone

Dengan menggunakan Fuji Hakone Pass ini, kita bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar Gunung Fuji dan Hakone dengan lebih nyaman dan murah dari Tokyo seperti Danau Kawaguchiko, Saiko, Yamanakako

Berjalan sekeliling danau Kawaguchiko

Onsen dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, berendam air panas sambil menikmati pemandangan indah Gunung Fuji di Danau Kawaguchiko tentu jadi pengalaman tak terlupakan selama liburan di Jepang.

Bus di Kawaguchiko Retro Bus Red Line

Tips dan trik paling praktis, paling efektif, dan paling ampuh untuk dapat berkeliling objek-objek wisata di kawasan Kawaguchiko, Danau Yamanaka, dan Gunung Fuji yakni dengan naik bus di Kawaguchiko.

Musim Gugur di Hakone dari Danau Ashinoko

Tim Info Jepang sudah merangkum tempat wisata dengan pemandangan indah musim gugur di Hakone. Susunan tempat ini diurutkan satu arah supaya bisa liburan efisien dan efektif di Hakone.


4. Bus ke Tokyo, Gotemba, dan Gunung Fuji

Tiga rute bus sebelumnya adalah rute utama bus di Kawaguchiko, yang menghubungkan dengan tempat-tempat wisata di sekitar Gunung Fuji. Tim Info Jepang sengaja memisahkan rute bus ini dengan rute bus wisata lain yang menghubungkan Danau Kawaguchi dan Tokyo untuk mempermudah pencarian. Rute bus lain dari dan menuju stasiun-stasiun utama di Tokyo seperti Shinjuku, Shibuya, Tokyo Station, atau dari dan menuju Narita Airport dan Haneda Airport.

Ada juga bus menuju ke jalur pendakian Gunung Fuji, yakni: Fujinomiya 5th Station, Fuji Yoshida 5th Station, Fuji Subaru, dan Shibashiri, lalu tempat wisata lain seperti Gotemba, Gotemba Premium OutletsSnow Resort Yeti, hingga Stasiun Mishima yang menuju ke Shizuoka bisa dicek di halaman berikut.

5. Bus menuju ke Hakone

Jika teman-teman ingin melanjutkan perjalanan antara Hakone ke arah Danau Kawaguchiko, atau sebaliknya Danau Kawaguchiko menuju ke arah Hakone, maka Gotemba adalah stasiun transit yang harus teman-teman ingat. Gotemba Station jadi pusat transit bus-bus penghubung ke Gotemba Premium Outlets, Snow Town Yeti, dan tempat-tempat wisata di Hakone.

Pertama, ada Odakyu Bus yang menghubungkan Gotemba Station dengan Halte Sengoku (bus ini tercover Hakone Free Pass). Ada juga Hakone Tozan Bus yang menghubungkan Gotemba Premium Outlets dengan Halte Sengoku. Dari Sengoku, ada Hakone Tozan Bus yang menghubungkan ke Pelabuhan Togendai di pinggir danau Ashinoko, lalu ke Gora Park, Hotel Hakone Kowakien Yunessun, dan Moto Hakone/ Kuil Hakone di selatan Danau Ashinoko. Semuanya tercover oleh Hakone Free Pass.

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Cottage Mont et Lac
from ‎¥10685/night
Pension & Cottage Mont et Lac
Fujimien
from ¥9893/night
Fujimien
Guesthouse Teatime Cottag
from ‎¥30500/night
Guesthouse Teatime Cottage
Yamanakako Shuzanso
from ‎¥15952/night
Yamanakako Shuzanso

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Itchiku Kubota
Pintu masuk Museum Seni Itchiku Kubota
Taman Asahiokakohan
Musim gugur di Taman Asahiokakohan Yamanashi
Pagoda Chureito
Keindahan Pagoda Chureito dan Gunung Fuji
Kebun Bunga Hananomiyako
Pemandangan Kebun Bunga Hananomiyako

Sumber gambar : Flickr Les Taylor, [email protected]Moody Man

Recommended for you

Last modified: November 16, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (27)

  1. Malam pak nugroho
    Saya berencana ke kawaguchiko dgn menggunakan limited express yg dicover tokyo wide pass sampai otsuki. Pada saat ganti ke fuji kyuko line di otsuki apakah dicover juga dgn wide pass? Atau perlu beli tiket lagi untuk smp ke kawahuchiko.?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau menggunakan Tokyo Wide Pass, seluruh ongkos kereta tercover pak.
      Hanya kalau JR Pass yang 29.110 yen, tidak tercover. Salam

    • Terima kasih atas info nya pak Nugroho,

      saya mau tanya 1 lagi, kalau di kawaguchiko saya naik Red line Bus, keliling 1 putaran itu berapa lama pak ? kalau gak salah ada 1 day pass untuk bus nya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya betul bisa membeli one day bus pass untuk kedua jalur Red dan Green Line.
      Untuk jalur Red Line dalam satu jam akan kembali ke Kawaguchiko Station. Sedangkan untuk jalur green line akan kembali ke Kawaguchiko Station dalam 1 jam 35 menit. Salam

  2. Pak Nugroho, saya minta informasi :
    Kalau saya dari area Ginza or Tokyo Station dan mau ke Sato Nemba dan juga mau ke Gotemba maka saya harus naik train apa dan saya sudah punya JR Pass.

    Jika saya dari area Tokyo Station dan mau ke Nabana no Sato maka saya harus naik train apa dan saya sudah punya JR Pass dan apakah JR Pass itu bisa dipakai untuk ke Nabana no Sato?

    Terima Kasih Pak….Tolong jelaskan secara detail

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Tokyo Station bisa naik kereta sampai ke Otsuki Station (tercover JR Pass). Lalu naik Fuji Kyuko Line (tidak tercover JR Pass) sampai ke Kawaguchiko Station. Dari Kawaguchiko Station bisa naik Retro Bus green line sampai ke Iyashi No Sato Nemba.
      Untuk ke Nabana No Sato, bisa naik shinkansen sampai ke Nagoya Station (tercover JR Pass), kemudian naik bus Meitetsu ke arah Nagashima Onsen dan Nabana no Sato (tidak tercover JR Pass). Salam

    • Avie Wun  |  

      Pak Nugroho, Kalau dari Iyashi No Sato Nemba ke Gotemba naik train apa? apakah tercover JR Pass? Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau mau naik kereta, biaya Fuji Kyuko Line tidak tercover dan total perjalanan perlu sekitar 4,5 jam karena jalan memutar.
      Namun ibu bisa naik bus dari Kawaguchiko langsung ke Gotemba, bisa menghemat waktu, namun tidak tercover oleh JR Pass. salam

    • Avie Wun  |  

      Pak Nugroho, berarti kalau saya mau cara yang lebih cepat untuk hemat waktu maka dari Sato Nemba ke Gotemba harus naik retro bus green line ke arah Kawaguchiko Station dan dari situ naik bus local ke Gotemba ? Bener gak ? Terima Kasih pak

  3. Berarti JR pass yang saya punya tidak bisa dipakai ya pak kalo saya dr kawaguchiko station ke gotemba. Akhirnya biaya transportasi jadi bengkak nih. Karena tiket fujikyuko harus beli lagi dan dari kawaguchiko ke gotemba hrs beli tiket lagi. Ada saran lain kah pak utk menghemat transportasi?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau mengunjungi Kawaguchiko dan Gotemba sekaligus memang sulit. Bisa naik bus hanya sejam, bisa juga naik kereta (semua tercover JR Pass) namun waktunya 5 jam. Saran Tim Infojepang lebih baik membagi perjalanan antara Kawaguchiko dan Gotemba menjadi dua hari, sehingga satu hari di Gotemba, satu hari di Kawaguchiko. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Free Pass Retro Bus bisa dibeli di kaunter tiket Fujikyu Bus di Kawaguchiko Station atau beli di dalam bus (kalau tersedia).
      Free pass ini hanya berlaku untuk retro bus red line, alias sampai ke Kawaguchiko station. Untuk pergi ke Gotemba Premium Outlet, bisa naik bus lokal dari Kawaguchiko Station. Tidak perlu reservasi, cukup menunggu di halte kedatangan bus. Ongkosnya 1.510 yen. Untuk informasi jam kedatangan bus bisa dicek di halaman berikut.

  4. Pak Nugroho saya mau ke lake kawaguchiko-Mt fuji-gotemba dr shinjuku station dengan menggunakan jr pass. Rute yang saya ambil: Shinjuku-LTD express super Azusa turun ke otsuki station-pindah ke kereta fujikyu railway-kawaguchiko station, setelah itu saya ambil bus red line utk keliling lake kawaguchiko. Apa rute itu sudah benar? Dan apa semua sudah tercover dengan JR pass?
    Satu lagi, selama kita berada di bus red line, tempat2 wisata tersebut cuma dikelilingin saja atau kita bisa berhenti sebentar utk melihat-lihat?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, rutenya sudah benar semua. JR Pass hanya mencover perjalanan sampai ke Otsuki Station saja. Untuk perjalanan kereta Fujikyuko dan bus kawaguchiko harus membayar sendiri. Bus jalur red line tiba tiap 15 menit sekali. Jadi Ibu bisa turun, melihat tempat wisata, lalu kembali ke halte, untuk melanjutkan perjalanan dengan bus red line. Saran Tim Info Jepang, silakan membeli free pass Retro Bus seharga 1.200 yen jika mengunjungi diatas 3 tempat wisata termasuk Kawaguchiko. Salam.

  5. Pak Nugroho saya mau ke pagoda Chureito – station fuji – lake kawaguchiko apakah di sarankan beli retor bus 1day pass , atau tidak usah ya ?

  6. Pagi Mas Nugroho mau tanya apakah memungkinkan untuk melihat Gn.Fuji dan ke Gotemba Premium outlets saja dalam setengah hari PP dr Tokyo?krn jadwal yg mepet.Mohon info transport kereta dan busnya dari Tokyo-Fuji-Gotemba-Tokyo mas..Thank youu

  7. [email protected]  |  

    Terima Kasih untuk infonya. Saya tertarik untuk mencoba rute yang dilalui Retro bus green line. Tetapi saya juga ingin keliling gungung Fuji dari sisi Timur. Jika saya ingin melewati Rute : – Hakone Ropeway – Rute Retro Bus Green Line – Keliling gunung Fuji dari sisi Timur, apakah bisa dilakukan dalam 1 hari? Jika tidak bisa, sebaiknya saya harus memakai rute yang mana? (Hakone Ropeway harus dilewati lho)…

  8. [email protected]  |  

    Dear Tim, Saya sempat baca kalau ada cable car yg melintasi kawah di sekitar gunung Fuji. Saya lupa nama stasiun dan bagaimana cara menuju ropeway tersebut. Apakah Hakone pass juga termasuk naik ropeway tersebut? Terima Kasih

  9. Mas mau tanya kalo beli hakone pass, dan tiket pass di osaka dan jr pass bisa dari jakarta?Kami (ada enam orang) mau ke fuji dan hakone daribtokyo, mungkin menginap di kawaguchiko, lebih untung pake pass atau taxi buat keliling?rencana pertengahan desember, apa bis lama antrinya? Mengingat peak session. Apa yg dimaksud harus reserved bus dahulu?

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan