Itinerary Perjalanan ke Hakone

You are here Home  > Itinerary Perjalanan >  Itinerary Perjalanan ke Hakone

Hakone menjadi salah satu tujuan wisata favorit orang Indonesia di Jepang. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan mengenai tempat wisata utama di Hakone, lalu juga tentang Hakone Free Pass dan juga Fuji Hakone Pass yang dituliskan dalam web Infojepang. Kali ini, Tim Infojepang sudah merangkum jadwal lengkap itinerary perjalanan ke Hakone selama satu hari, juga detail trip dan transportasi Hakone yang digunakan, tempat wisata yang bisa dikunjungi, dan juga hitung-hitungan biayanya. Semoga bisa membantu teman-teman yang juga sedang membuat itinerary perjalanan ke Hakone. Lalu, jika ada pertanyaan terkait dengan tempat wisata di Hakone, Tim Infojepang akan senang hati membantu teman-teman.

Itinerary Perjalanan ke Hakone

Dengan Hakone Pass 2 Hari 5.140 Yen
Tanpa Hakone Pass 7.110 Yen

area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

Itinerary Perjalanan ke Hakone ini pada dasarnya dibuat untuk perjalanan satu hari penuh PP dari Tokyo. Satu catatan penting yang teman-teman perlu ingat bahwa Hakone bukanlah menujuk satu tempat, namun pada satu wilayah di sebelah tenggara Gunung Fuji. Jadi tidak ada namanya stasiun Hakone, sebab berwisata ke Hakone berarti mengelilingi tempat-tempat wisata di Hakone.

Jika teman-teman memiliki JR Pass, bisa memanfaatkan JR Pass untuk membeli tiket shinkansen dari Tokyo-Odawara, di mana Odawara adalah stasiun shinkansen dan sekaligus jalur masuk utama ke daerah wisata Hakone. Stasiun shinkansen Odawara juga terhubung dengan Tokaido Shinkansen menuju ke Kyoto dan Osaka, sehingga teman-teman bisa memilih di akhir itinerary perjalanan ke Hakone, akan kembali ke Tokyo atau melanjutkan perjalanan ke Osaka/ Kyoto. Kemudian di Odawara, silakan membeli Hakone Free Pass versi Odawara (seharga 4.000 yen) yang mencover seluruh ongkos perjalanan bus, kereta, gondola, kapal wisata di Hakone dari Odawara. Sedangkan teman-teman yang tidak punya JR Pass, bisa membeli Hakone Free Pass versi Shinjuku (seharga 5.140 yen), yang juga mencover ongkos kereta Romance Car dan Odakyu Express PP dari Shinjuku.

itinerary perjalanan tokyo-hakone

Peta itinerary perjalanan Tokyo-Hakone Info Jepang

1. Tokyo ke Odawara dengan kereta

Ada 2 jenis kereta yang bisa dipakai dari Shinjuku Station: Odakyu Romance Car dan kereta Odakyu biasa. Odakyu Romance Car adalah kereta super ekspress yang menghubungkan Shinjuku dan Odawara. Waktu tempuhnya hanya 85 menit atau lebih cepat satu jam dibanding kereta biasa, namun harga tiketnya sedikit lebih mahal sekitar 2080 Yen. Buat temen-teman yang mau berhemat, bisa naik kereta Odakyu biasa dengan tiket 1.190 yen.

Satu moda transportasi adalah dengan menggunakan kereta rapid JR Tokaido Line. Kereta ini menempuh waktu kurang lebih 120 menit dari Tokyo Station sampai Odawara Station dengan harga 1.490 Yen, sedikit lebih murah dibandingkan dengan kereta super ekspress Romance Car. Jika memiliki JR Pass atau JR Tokyo Wide Pass, maka ongkos kereta sampai ke Odawara tercover oleh dua pass tersebut.

2. Naik Hakone Tozan Train dari Odawara ke Gora (670 yen, berangkat 15 menit sekali)

Itinerary perjalanan ke Hakone dimulai dari Stasiun Odawara, dan kita akan mengelilingi tempat-tempat wisata utama di Hakone berlawanan dengan arah jarum jam. Dari Odawara Station, pertama kita akan naik Hakone Tozan Train sampai ke Gora Station di lereng pegunungan Hakone. Perjalanan berkeliling Hakone dimulai dari sini. Dalam perjalanan selama 40 menit, kita bisa melihat pemandangan di kanan kiri jalur kereta yang indah. Pemandangan bunga-bunga cerah musim panas, momiji merah-jingga di musim gugur, atau salju putih di musim dingin. Teman-teman bisa merasakan bahwa jalur kereta ini memang dibuat menyesuaikan tempat wisata di Hakone, sehingga kita bisa melihat muka Hakone yang sebenarnya dari dalam kereta. Untuk beberapa perjalanan kereta, ada kereta yang langsung sampai ke Gora Station, namun ada juga yang perlu transfer di Hakone Yumoto Station. Silakan teman-teman memperhatikannya.

Dari Stasiun Gora, teman-teman bisa mampir sebentar ke Taman Gora atau Hakone Kowakien Yunessun yang merupakan onsen terkenal di Hakone, cukup dengan berjalan kaki.

Itinerary Perjalanan ke Hakone Hakone Tozan Train

Itinerary Perjalanan ke Hakone: Naik Hakone Tozan Train

3. Naik Hakone Tozan Cable Car dari Gora ke Sounzan (420 yen, berangkat 20 menit sekali)

Perjalanan selanjutnya adalah naik cable car dari stasiun Gora ke Sounzan. Sebetulnya perjalanan cable car ini sangat singkat, hanya sekitar 9 menit, namun menempuh perjalanan yang cukup menanjak. Jika teman-teman memiliki cukup waktu sebelum naik cable car, bisa mengunjungi Taman Gora yang terkenal dengan pemandangan musim semi dan musim panas, atau museum seni Hakone yang terkenal dengan pemandangan momiji musim gugur.

Itinerary Perjalanan ke Hakone Naik Hakone Cable Car

Itinerary Perjalanan ke Hakone: Naik Hakone Cable Car

4. Naik Hakone Ropeway dari Sounzan sampai ke Togendai di pinggir Danau Ashinoko (1.370 yen, berangkat 1 menit sekali)

Dari Hakone Ropeway atau gondola Hakone kita bisa melihat seluruh daerah wisata Hakone dengan pegunungan dan lembah-lembah yang menjulang. Di pertengahan jalan, teman-teman bisa turun ke daerah wisata Owakudani untuk melihat kawah aktif Owakudani di ketinggian 1.000 meter atau mencoba makan telur hitam atau kuro-tamago dalam bahasa Jepang yang terkenal. Telur ini aslinya adalah telur rebus, namun direbus dengan air pemandian air panas (kalau pernah main Harvest Moon pasti tahu). Buat yang tidak punya banyak waktu, bisa lanjut terus, dan melihat kawah aktif Owakudani dari atas gondola sampai ke Togendai. Kalau hari cerah, kita juga bisa melihat pemandangan Gunung Fuji 360 derajat dari jendela gondola. Diperlukan total 30 menit perjalanan Hakone Ropeway dari Sounzan Station sampai ke Togendai. Buat teman-teman yang datang dari pagi hari, bisa makan siang terlebih dahulu di Togendai View Restaurant, yang letaknya di Stasiun Togendai sebelum naik kapal wisata Hakone.

5. Naik kapal wisata Hakone Sightseeing Cruise dari Togendai (1.000 yen, berangkat 30-60 menit sekali)

Dari Togendai, kita bisa naik kapal wisata sampai ke pelabuhan Moto Hakone atau Hakone Machi sambil melihat Gunung Fuji yang kontras dengan air Danau Ashinoko. Teman-teman sangat beruntung kalau bisa melihat pemandangan fantastis ini, karena cuaca sering tidak mendukung, kadangkala kabut atau awan tebal menutupi Gunung Fuji. Buat teman-teman yang punya waktu berkeliling di Hakone, bisa turun di pelabuhan Hakone Machi, untuk kemudian melanjutkan perjalanan berjalan kaki ke pelabuhan Moto Hakone. Di jalan antara dua pelabuhan ini, kita bisa melewati rute pejalan kaki Tokaido yang terkenal sejak 500 tahun lalu. Kita juga bisa mampir ke museum check point, di mana dulu orang-orang dan pedagang beristirahat di check point ini dalam perjalanan dari Kyoto ke Tokyo. Buat teman-teman yang tidak punya banyak waktu, bisa terus melanjutkan perjalanan kapal wisata sampai ke pelabuhan Moto Hakone.

Itinerary Perjalanan ke Hakone Kapal Wisata Ashinoko

Itinerary Perjalanan ke Hakone: Kapal Wisata Ashinoko

6. Naik Hakone Tozan Bus dari Moto Hakone ke Hakone Yumoto (960 yen)

Setelah berkeliling tempat wisata di Hakone, kita bisa naik Hakone Tozan Bus rute K untuk kembali ke stasiun awal perjalanan Hakone Yumoto. Teman-teman juga bisa naik bus yang lainnya seperti Tokai Bus menuju ke Sky Walk Mishima dari Moto Hakone, atau naik Izu Hakone Bus dan turun di Halte bus Hakone En di timur Danau Ashinoko (tidak tercover Hakone Pass, namun berangkat tiap 20 menit sekali), bus rute H atau Y ke Hotel Hakone Kowakien Yunessun atau ke onsen-onsen di daerah Hakone.

7. Naik Hakone Tozan Train dari Hakone Yumoto sampai ke Odawara (310 yen)

Dari Hakone Yumoto Station, teman-teman bisa kembali naik Hakone Tozan Train ke arah Gora jika hotelnya berada di lereng pegunungan Hakone. Atau juga bisa kembali naik Hakone Tozan Train ke arah Odawara untuk mengakhiri itinerary perjalanan ke Hakone satu harian. Ongkosnya 310 yen dan bisa ditempuh dalam 14 menit. Di Hakone Yumoto Station, kita juga bisa menjumpai toko-toko suvenir di mana kita bisa membeli oleh-oleh khas Hakone.

Itinerary Perjalanan ke Hakone Hakone Yumoto

Itinerary Perjalanan ke Hakone: ke Hakone Yumoto

8. Naik Shinkansen/ Odakyu Menuju ke Tokyo/ Shinjuku, atau Shinkansen ke Osaka/ Kyoto

Setibanya di Odawara Station, teman-teman bisa membeli oleh-oleh di toko suvenir yang tersebar di sekitar stasiun, atau melihat Kastil Odawara di pusat kota Odawara bila memiliki cukup waktu. Itinerary perjalanan ke Hakone berakhir di Odawara dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Hakone dan mencoba menggunakan seluruh moda transportasi di Hakone. Bagi teman-teman yang ingin kembali ke Tokyo, bisa naik shinkansen (pemilik JR Pass) atau naik Odakyu Express/ Romance Car (pemilik Hakone Free Pass versi Shinjuku). Buat yang ingin lanjut ke Kyoto atau Osaka, bisa naik shinkansen ke arah sebaliknya dan tiba di Osaka/ Kyoto dalam 2-2,5 jam.

Itinerary Tambahan

Buat teman-teman yang ingin pergi ke Gotemba Premium Outlets bisa menyelipkannya sebelum itinerary nomor 3, kemudian naik Hakone Tozan Bus rute S dari Gora Station sampai ke Gotemba Premium Outlets dan naik bus yang sama untuk kembali ke Gora Station. Bisa juga naik Hakone Cruise PP kembali ke Togendai dan Gora Station, untuk naik Hakone Tozan Bus rute S ke Gotemba Premium Outlets.

Demikian itinerary perjalanan ke Hakone nya, semoga bermanfaat buat teman-teman yang ingin merancang liburan hemat di Jepang. Jika ada pertanyaan mengenai waktu keberangkatan atau saran/ kustomisasi itinerary, bisa memanfaatkan Tour Guide Online Info Jepang.

Recommended Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yoshimatsu
click for detail
Hakone Sengokuhara Prince
from ¥19735/night
Hotel Marroad Hakone
from ¥10850/night
Hakone Onsen Sanso Nakamu
from ¥11247/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr YC Zhu, eugene_o, Masaki EK


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: March 5, 2017

Comments (61)

  1. Saya rencana beli 2 day pass Hakone, tapi hanya saya paki 1 hari saja dari Shinjuku,
    kli beli Hakone Pass, apa kereta tercover ya pulang perginya ?

    Thank You

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau bapak membeli Hakone Pass versi Shinjuku, maka ongkos PP Hakone menuju ke Shinjuku tercover.
      namun untuk versi Odawara tidak tercover (versi Odawara ini cocok bagi yang punya JR PASS). Salam

  2. halo pak, mohon bantuannya jika ingin ke hakone (naik kapal lake ashi, cable car, ropeway) lalu gotemba outlet dan kawaguchi lake apakah bisa dilakukan PP dari shinjuku? bagaimana transportasinya ya? saya jg punya jr pass. terimakasih

  3. halo mas Nugroho,
    saya terkesan sekali dengan infojepang ini. mayoritas sangat membantu saya dalam membuat itinerary. tapi ada satu yg belum saya temukan, yakni ; saya menginap di fujisan, lalu saya akan pergi ke lake ashi di Hakone. mohon infonya, alternatif moda transportasi apa yg saya ambil?dan juga rutenya dan berapa biayanya? serta mohon info rute sebaliknya. terimakasih banyak mas atas informasinya. sukses selalu. salam

    • Aditya Koko  |  

      Mas Nugroho, terimakasih arahannya. Tapi saya kemungkinan tidak ambil Hakone pass. Dan saya rencanakan sbb : dari Gotemba st, naik Hakone Tozan Bus route W ke Hakone En/ Yamano Hotel, apakah bisa mas?kalau bisa berapa biayanya dan brp jam sekali bisnya dari gotemba mas?
      Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Bus dari Gotemba Station sangat jarang, hanya ada di pagi dan sore hari.
      Sebagai alternatif, bapak bisa naik feeder bus gratis sampai ke Gotemba Premium Outlets karena dari Gotemba Premium Outlets pilihan busnya lebih banyak: rute S, rute M, dan rute L. Salam

  4. Selamat malam Pak Nugroho,
    Dalam perjalanan dari Tokyo ke Osaka, saya ingin mampir Fuji dan Gotemba tanpa menginap. Apakah memungkinkan? Dan sebaiknya naik apa dan lewat mana.Terima kasih dan salam.

  5. Selamat malam pak,

    sepertinya bbrp hari ini saya banyak mengisi comment di info jepang nih. maaf ya maklum jadwa berangkat sisa 3minggu lg.

    saya mau tanya, jika dari osaka saya mau lanjut utk berwisata ke hakone, apa sebaiknya saya tetap turun di odawara? atau ada alternatif lain? keberangkatan dr osaka pagi hari.kebetulan rencana saya akan menggunakan JR PASS.

    kalau saya membawa koper besar, loker koin atau tempat penitipan di sekitar hakone dimana ya?

    terima kasih bantuannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tidak masalah, Tim Info Jepang senang bisa membantu perjalanan liburan ibu di Jepang.
      Stasiun shinkansen terdekat ke Hakone hanyalah Odawara Station. Ibu juga bisa menitipkan barang di loker di stasiun Odawara, berkeliling tempat wisata dan transportasi Hakone seperti artikel di atas, kemudian kembali ke Odawara Station, sebelum lanjut naik shinkansen lagi ke Tokyo.
      Salam

  6. joyce christina santoso  |  

    Hi mas nugroho…saya ada rencana 14 hr ke jepang.
    Untuk hari ke 5 (24-25 des) saya ke gala yuzawa dan aktivin tokyo wide pass,
    hari ke 6(25-26des) nikko pk TWP ,nginap dinikko 1 hr
    hari ke 7 (26-27)ke lake kawaguchi pk TWP, juga menginap di sekitar lake ini 1 hr.
    Nah yg hari ke 8 dan 9 (27-29) saya ingin menginap dan explore Hakone..apakah hari ke 8 ini sy harus balik ke shinjuku atau cukup odawara utk beli hakone free pass?atau lbh baik wkt hari ke 7 saya sdh ke shinjuku dan beli fuji hakone pass..

    Thanks ya mas

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Karena Hakone Free Pass dan Fuji Hakone Pass hanya bisa dibeli di Shinjuku atay Odawara, dan dihitung dari saat hari pembelian, mungkin ibu bisa menginap di Tokyo pada malam hari ketujuh. Baru esok harinya membeli Hakone Free Pass versi Shinjuku.
      Salam

  7. Saya ada rencana ke gunung fuji, thomas land dan gotemba april 2017. Sebaiknya rute yang diambil hakone atau danau kawaguchi ya? Kami rencana juga mau beli jr pass. Mohon sarannya ya, terima kasih

  8. Halo Mas,

    Kereta shonan shinjuku-odawara yang berangkat dari ikebukuro jadwal paling pagi jam berapa dan berapa lama waktu tempuhnya.

    Apakah kereta shonan shinjuku-odawara bisa reservasi seat pada saat beli Tokyo Wide pass.

    Untuk Joetsu shinkansen dari Tokyo ke Gala yuzawa apakah ada tambahan biaya reservasi seat ?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kereta Shonan Shinjuku adalah kereta lokal jadi tidak ada reservasi kursi, duduknya seperti kursi biasa.
      Kalau mau praktis tidak mau ganti kereta, berangkat dari Ikebukuro Station pukul 07.48 sampai di Odawara 09.25.
      Kereta lain mulai jalan pukul 04.34, namun harus ganti kereta sekali di Shinagawa Station (Tokyo).
      Untuk perjalanan Joetsu Shinkansen, tidak ada biaya tambahan reservasi seat.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta Shonan Shinjuku Line dari Ikebukuro sampai ke Odawara Station (seluruh ongkosnya tercover oleh JR Tokyo Wide Pass). Kemudian start dari nomor 2. Perjalanan dari nomor 2 tidak tercover JR Tokyo Wide Pass. Salam

  9. Pak, saya menggunakan JR pass dan tidak membeli hakone pass, rencananya dari tokyo ke hakone hanya ingin naik cruise dan ropewaynya saja apakah bisa? Dmulai dari mana dulu kalau saya pulangnya langsung ke osaka tidak ke tokyo. Makasih sebelumnya pak..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau begitu dari Odawara, Ibu bisa naik Hakone Train sampai ke Hakone Yumoto, lanjut Hakone Tozan Bus sampai ke Moto Hakone (itinerary Hakone nomor 6). Pulangnya juga naik bus dan kereta yang sama ke Odawara (itinerary nomor 7). Kemudian naik shinkansen menuju ke Osaka (itinerary nomor 8).
      Salam

  10. Siang,sy mau tanya kalo beli hakone free pass,pilihan transportasinya apa ya? Bisa romancecar,bs odakyu biasa,dan bisa Tokaido line? Hrg Y5140 sdh include transport pp ?
    Kalo utk anak anak.bagus.hakone atau.lake kawaguchi ya? Tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hanya Odakyu biasa. Keduanya sama saja. Namun, Hakone itu wilayah pegunungan dan lebih ke arah taman. Sedang Kawaguchiko itu atraksi utamanya keindahan Gunung Fuji. Info lengkapnya bisa baca di tulisan kami Hakone Free Pass.

    • Lala Austy  |  

      Ooo,itu itinerary yg 8 nomor bisa dikunjungi semua dalam 1hari? Ada itinerary yg ke kawaguchiko ga ya? Trus ada yg ninja village dan.pertunjukan 4D kok jarang diposting orang ya?minya saran donk,kalo.bawa anak.anak.9thn dan 7thn dan orgtua 70 tahun yang paling pas enaknya ke mana ya,tq so much 🙂

    • Lala Austy  |  

      Sorry mas nugroho,mau tanya lagi, ke fuji ada yg main sled itinerarynya include yg mana ya,tq

  11. Selamat Siang Mas,

    Dari gotemba ke gora dengan hakone tozan bus rute S waktu tempuh berapa menit ya ?

    Kalau dari Togendai ke gotemba bis nya mesti transit di sengoku atau ada yg langsung dan berapa lama waktu tempuhnya? Pakai Hakone tozan hus rute apa ?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Waktunya adalah 42 menit dari Gotemba menuju ke Gora Station.
      Kalau dari Togendai ke Gotemba memang harus transit di Sengoku Station. Dari Togendai sampai ke Gotemba waktunya sekitar 45 menit.
      Salam

    • Suryani  |  

      Satu pertanyaan lagi mas,

      Dari gotemba ke kawaguchiko apakah bis nya melewati hananomiyako ?
      Kalau iya tarifnya berapa dari gotemba-hananomiyako saja ?

      Atau harus Naik bis dari gotemba-kawaguchiko dulu.

      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, bus lokal Kawaguchiko-Gotemba melewati kebun bunga Hananomiyako. Ongkos bus dari Gotemba Station sampai ke Hananomiyako adalah 1.220 yen, dari Hananomiyako ke Kawaguchiko Station ongkosnya 610 yen. Salam

  12. Sore pak Nugroho,
    Web yg sangat informative, 2 thumbs up.
    1. Kami ada JR Pass & rencana tiba tokyo jam 12siang Feb4 2017, tinggalkan tokyo Feb8 pagi. Rencana Tokyo city tour, Hakone 1D, Disneysea 1D, Gala Yuzawa halfday + Asakusa area. Penginapan dekat sta Noborito. Apakah kami perlu beli Tokyo Subway Pass 72hours & 24hours ? Apa bedanya Tokyo Subway Pass 24 hours dgn Tokyo Metro Pass 24hours ?
    2. Apakah beli Hakone Free Pass 2Days, hari pertama ikutin itin anda, lalu hari kedua bisa dipakai utk sampe ke Disneysea ?
    3. Tiket2 kami telah mencakup perjalanan point 1 & 2 atau masih perlu xtra biaya transportasi lain lagi?
    4. Ada 2 teman tanpa JR Pass tiba Tokyo jam 12 siang barengan kami Feb4, tinggalkan Tokyo Feb7 pagi, stay dekat sta Noborito juga. Pass apa yg cocok utk mereka Tokyo city tour ke Shibuya, Shinjuku, Hakone, Disneysea?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Kalau memang mengerti Jepang pasti berbeda Pak cara menyampaikan informasinya.
      Tokyo Subway Pass 72hours & 24hours, Tokyo Subway Pass 24 hours dgn Tokyo Metro Pass 24hours berbeda masa berlaku dan jalur kereta yang tercover.
      Bisa dibaca informasinya di Tiket Kereta Harian di Tokyo.
      Kemudian Bapak silakan baca dulu mengenai penggunaan Hakone Pass, sebab pass ini tidak mengcover ke arah Tokyo Disneysea.

  13. ESTHER TAN FANG FANG  |  

    Permisi nanya kalo rombongan ada anak2 dan org tua .rute mana yg sbaiknya saya tempu untuk ke gunung fuji.rute yg tidak melelahkan. pagi berangkat dari shinjuku stasiun sorenya kembali

  14. Sore.. sy tertarik utk menggunakan Fuji Hakone Pass, benarkah pass ini bs dibeli di stasiun Odawara? Mengingat perjalanan dr Shinjuku – Odawara sdh tercover Tokyo wide pass. Thanks pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Untuk Fuji Hakone Pass tersedia 2 versi: versi Shinjuku dan versi Odawara. Hanya untuk tempat penjualannya hanya bisa dibeli di kantor informasi turis Odakyu di Shinjuku. Salam

  15. Selamat Malam Mas Nugroho,

    Saya ingin mencoba semua moda transportasi di hakone
    1. Bisakah day trip shinjuku_- odawara-hakone-gotemba-kawaguchiko-shinjuku dengan mengikuti itinetery ini sampai no.5 kemudian lanjut ke gotemba lalu ke kawaguchiko.
    2. Apakah semua ongkos tercover dengan JR Tokyo wide pass + hakone pass versi odawara?
    Pagi berangkat dari shinjuku-odawara
    Sore kembali dari kawaguchiko- shinjuku.
    3. Paling pagi jam berapa dari shinjuku Dan kereta apa yg di cover JR Tokyo wide pass.
    4. Dari kawaguchiko ke shinjuku kereta terakhir jam berapa ?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Suryani. Bisa saja mengikuti itinerary Hakone ini. Naik Hakone Cruise lagi dari Moto Hakone kembali ke Togendai kemudian naik Hakone Tozan Bus ke arah Gotemba Station via Sengoku. Kalau rutenya shinjuku-odawara-hakone-gotemba-kawaguchiko-shinjuku, maka hanya bus dari Gotemba ke Kawaguchiko yang tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass dan Hakone Free Pass.
      Dari Shinjuku bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai ke Shinagawa lanjut JR Tokaido Line sampai Odawara. Kereta paling pagi sudah ada jam 04.42 dan sampai di Odawara 06.21. Sementara kereta terakhir dari Kawaguchiko berangkat jam 20.51. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sama-sama Ibu. Jika Ibu berkenan nanti bisa berbagi cerita kisah perjalanannya ke Hakone dan Fuji-Kawaguchiko, pasti sangat bermanfaat bagi yang lainnya. Salam dan selamat berlibur di Jepang.

  16. Halo,terima kasih bgt buat sharing pengalaman jalan-jalannya.
    Mau tanya kak, Hakone Free Pass ini kan buat 2 hari ya berangkat dari Tokyo. Kalau saya ke Hakone hari 1, kemudian pulang ke Tokyo di malam harinya. Hari 2 mau ke Hakone lagi sampe sore, terus pulang ke Tokyo lagi. Bisa dicover sama 1 tiket ini kan?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa saja, namun ongkos perjalanan PP Tokyo-Odawara di hari kedua tidak tercover Hakone Free Pass. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kereta Romance Car dari Shinjuku ke arah Hakone paling pagi berangkat jam 06.45. Kereta ini tidak tercover oleh JR Pass.
      Silakan bapak baca cara pergi ke Hakone dengan JR Pass: Perjalanan ke Hakone.
      Salam

  17. Halo Mas Nugroho, saya rencana berangkat pagi dari Kyoto ke Hakone (tanpa menginap) terus lanjut ke Tokyo (edo wonderland, gala yuzawa, museum doraemon). Pertanyaan saya adalah :
    1. Pass yg efisien dan ekonomis untuk plan saya apa ya ?
    2. Di stasiun manakah saya bisa beli pass tersebut ?
    3. Untuk perjalanan 1 hari ke hakone, mungkinkah bisa mampir ke Gotemba Premium Outlet ? mengingat saya jg mengejar waktu tiba di tokyo tidak terlalu malam (prepare cari lokasi hotel)

    Many thanks Mas Nugroho……

  18. Halo, thank you bgt buat itinerary Hakone nya, so helpful 🙂
    Ada yang mau aku tanya nih, kalau rute aku start dari Tokyo – Kyoto & Osaka – Hakone & Kawaguchi – Tokyo lagi, bisa pakai Fuji Hakone Free Pass ngga yah?
    Plan aku mau nginap 1 malam di Hakone/Kawaguchi, mana yang lebih recommended yah? Ada rekomendasi tempat juga kah? Thank you! 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Stella. Kalau ada rute ke Osaka dan Kyoto dari Tokyo, mungkin bisa menggunakan JR Pass yang juga mengcover ongkos shinkansen dari Tokyo ke Osaka/Kyoto.
      Untuk Fuji Hakone Pass sendiri, lebih cocok buat yang menginap 2 malam di daerah Hakone dan Kawaguchiko. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!