Itinerary Perjalanan ke Hakone

You are here Home  > Itinerary Perjalanan >  Itinerary Perjalanan ke Hakone

Hakone menjadi salah satu tujuan wisata favorit orang Indonesia di Jepang. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan mengenai tempat wisata utama di Hakone, lalu juga tentang Hakone Free Pass dan juga Fuji Hakone Pass yang dituliskan dalam web Infojepang. Kali ini, Tim Infojepang sudah merangkum jadwal lengkap itinerary perjalanan ke Hakone selama satu hari, juga detail trip dan transportasi Hakone yang digunakan, tempat wisata yang bisa dikunjungi, dan juga hitung-hitungan biayanya. Semoga bisa membantu teman-teman yang juga sedang membuat itinerary perjalanan ke Hakone. Lalu, jika ada pertanyaan terkait dengan tempat wisata di Hakone, Tim Infojepang akan senang hati membantu teman-teman.

Itinerary Perjalanan ke Hakone

Dengan Hakone Pass 2 Hari 5.140 Yen
Tanpa Hakone Pass 7.110 Yen

Itinerary Perjalanan ke Hakone ini pada dasarnya dibuat untuk perjalanan satu hari penuh PP dari Tokyo. Satu catatan penting yang teman-teman perlu ingat bahwa Hakone bukanlah menujuk satu tempat, namun pada satu wilayah di sebelah tenggara Gunung Fuji. Jadi tidak ada namanya stasiun Hakone, sebab berwisata ke Hakone berarti mengelilingi tempat-tempat wisata di Hakone.

Jika teman-teman memiliki JR Pass, bisa memanfaatkan JR Pass untuk membeli tiket shinkansen dari Tokyo-Odawara, di mana Odawara adalah stasiun shinkansen dan sekaligus jalur masuk utama ke daerah wisata Hakone. Stasiun shinkansen Odawara juga terhubung dengan Tokaido Shinkansen menuju ke Kyoto dan Osaka, sehingga teman-teman bisa memilih di akhir itinerary perjalanan ke Hakone, akan kembali ke Tokyo atau melanjutkan perjalanan ke Osaka/ Kyoto. Kemudian di Odawara, silakan membeli Hakone Free Pass versi Odawara (seharga 4.000 yen) yang mencover seluruh ongkos perjalanan bus, kereta, gondola, kapal wisata di Hakone dari Odawara. Sedangkan teman-teman yang tidak punya JR Pass, bisa membeli Hakone Free Pass versi Shinjuku (seharga 5.140 yen), yang juga mencover ongkos kereta Romance Car dan Odakyu Express PP dari Shinjuku.

itinerary perjalanan tokyo-hakone

Peta itinerary perjalanan Tokyo-Hakone Info Jepang

1. Tokyo ke Odawara dengan kereta

Ada 2 jenis kereta yang bisa dipakai dari Shinjuku Station: Odakyu Romance Car dan kereta Odakyu biasa. Odakyu Romance Car adalah kereta super ekspress yang menghubungkan Shinjuku dan Odawara. Waktu tempuhnya hanya 85 menit atau lebih cepat satu jam dibanding kereta biasa, namun harga tiketnya sedikit lebih mahal sekitar 2080 Yen. Buat temen-teman yang mau berhemat, bisa naik kereta Odakyu biasa dengan tiket 1.190 yen.

Satu moda transportasi adalah dengan menggunakan kereta rapid JR Tokaido Line. Kereta ini menempuh waktu kurang lebih 120 menit dari Tokyo Station sampai Odawara Station dengan harga 1.490 Yen, sedikit lebih murah dibandingkan dengan kereta super ekspress Romance Car. Jika memiliki JR Pass atau JR Tokyo Wide Pass, maka ongkos kereta sampai ke Odawara tercover oleh dua pass tersebut.

2. Naik Hakone Tozan Train dari Odawara ke Gora (670 yen, berangkat 15 menit sekali)

Itinerary perjalanan ke Hakone dimulai dari Stasiun Odawara, dan kita akan mengelilingi tempat-tempat wisata utama di Hakone berlawanan dengan arah jarum jam. Dari Odawara Station, pertama kita akan naik Hakone Tozan Train sampai ke Gora Station di lereng pegunungan Hakone. Perjalanan berkeliling Hakone dimulai dari sini. Dalam perjalanan selama 40 menit, kita bisa melihat pemandangan di kanan kiri jalur kereta yang indah. Pemandangan bunga-bunga cerah musim panas, momiji merah-jingga di musim gugur, atau salju putih di musim dingin. Teman-teman bisa merasakan bahwa jalur kereta ini memang dibuat menyesuaikan tempat wisata di Hakone, sehingga kita bisa melihat muka Hakone yang sebenarnya dari dalam kereta. Untuk beberapa perjalanan kereta, ada kereta yang langsung sampai ke Gora Station, namun ada juga yang perlu transfer di Hakone Yumoto Station. Silakan teman-teman memperhatikannya.

Dari Stasiun Gora, teman-teman bisa mampir sebentar ke Taman Gora atau Hakone Kowakien Yunessun yang merupakan onsen terkenal di Hakone, cukup dengan berjalan kaki.

Itinerary Perjalanan ke Hakone Hakone Tozan Train

Itinerary Perjalanan ke Hakone: Naik Hakone Tozan Train

3. Naik Hakone Tozan Cable Car dari Gora ke Sounzan (420 yen, berangkat 20 menit sekali)

Perjalanan selanjutnya adalah naik cable car dari stasiun Gora ke Sounzan. Sebetulnya perjalanan cable car ini sangat singkat, hanya sekitar 9 menit, namun menempuh perjalanan yang cukup menanjak. Jika teman-teman memiliki cukup waktu sebelum naik cable car, bisa mengunjungi Taman Gora yang terkenal dengan pemandangan musim semi dan musim panas, atau museum seni Hakone yang terkenal dengan pemandangan momiji musim gugur.

Itinerary Perjalanan ke Hakone Naik Hakone Cable Car

Itinerary Perjalanan ke Hakone: Naik Hakone Cable Car

4. Naik Hakone Ropeway dari Sounzan sampai ke Togendai di pinggir Danau Ashinoko (1.370 yen, berangkat 1 menit sekali)

Dari Hakone Ropeway atau gondola Hakone kita bisa melihat seluruh daerah wisata Hakone dengan pegunungan dan lembah-lembah yang menjulang. Di pertengahan jalan, teman-teman bisa turun ke daerah wisata Owakudani untuk melihat kawah aktif Owakudani di ketinggian 1.000 meter atau mencoba makan telur hitam atau kuro-tamago dalam bahasa Jepang yang terkenal. Telur ini aslinya adalah telur rebus, namun direbus dengan air pemandian air panas (kalau pernah main Harvest Moon pasti tahu). Buat yang tidak punya banyak waktu, bisa lanjut terus, dan melihat kawah aktif Owakudani dari atas gondola sampai ke Togendai. Kalau hari cerah, kita juga bisa melihat pemandangan Gunung Fuji 360 derajat dari jendela gondola. Diperlukan total 30 menit perjalanan Hakone Ropeway dari Sounzan Station sampai ke Togendai. Buat teman-teman yang datang dari pagi hari, bisa makan siang terlebih dahulu di Togendai View Restaurant, yang letaknya di Stasiun Togendai sebelum naik kapal wisata Hakone.

5. Naik kapal wisata Hakone Sightseeing Cruise dari Togendai (1.000 yen, berangkat 30-60 menit sekali)

Dari Togendai, kita bisa naik kapal wisata sampai ke pelabuhan Moto Hakone atau Hakone Machi sambil melihat Gunung Fuji yang kontras dengan air Danau Ashinoko. Teman-teman sangat beruntung kalau bisa melihat pemandangan fantastis ini, karena cuaca sering tidak mendukung, kadangkala kabut atau awan tebal menutupi Gunung Fuji. Buat teman-teman yang punya waktu berkeliling di Hakone, bisa turun di pelabuhan Hakone Machi, untuk kemudian melanjutkan perjalanan berjalan kaki ke pelabuhan Moto Hakone. Di jalan antara dua pelabuhan ini, kita bisa melewati rute pejalan kaki Tokaido yang terkenal sejak 500 tahun lalu. Kita juga bisa mampir ke museum check point, di mana dulu orang-orang dan pedagang beristirahat di check point ini dalam perjalanan dari Kyoto ke Tokyo. Buat teman-teman yang tidak punya banyak waktu, bisa terus melanjutkan perjalanan kapal wisata sampai ke pelabuhan Moto Hakone.

Itinerary Perjalanan ke Hakone Kapal Wisata Ashinoko

Itinerary Perjalanan ke Hakone: Kapal Wisata Ashinoko

6. Naik Hakone Tozan Bus dari Moto Hakone ke Hakone Yumoto (960 yen)

Setelah berkeliling tempat wisata di Hakone, kita bisa naik Hakone Tozan Bus rute K untuk kembali ke stasiun awal perjalanan Hakone Yumoto. Teman-teman juga bisa naik bus yang lainnya seperti Tokai Bus menuju ke Sky Walk Mishima dari Moto Hakone, atau rute Y dan W untuk ke hotel di daerah Hakone En di timur Danau Ashinoko, bus rute H atau Y ke Hotel Hakone Kowakien Yunessun atau ke onsen-onsen di daerah Hakone.

7. Naik Hakone Tozan Train dari Hakone Yumoto sampai ke Odawara (310 yen)

Dari Hakone Yumoto Station, teman-teman bisa kembali naik Hakone Tozan Train ke arah Gora jika hotelnya berada di lereng pegunungan Hakone. Atau juga bisa kembali naik Hakone Tozan Train ke arah Odawara untuk mengakhiri itinerary perjalanan ke Hakone satu harian. Ongkosnya 310 yen dan bisa ditempuh dalam 14 menit. Di Hakone Yumoto Station, kita juga bisa menjumpai toko-toko suvenir di mana kita bisa membeli oleh-oleh khas Hakone.

Itinerary Perjalanan ke Hakone Hakone Yumoto

Itinerary Perjalanan ke Hakone: ke Hakone Yumoto

8. Naik Shinkansen/ Odakyu Menuju ke Tokyo/ Shinjuku, atau Shinkansen ke Osaka/ Kyoto

Setibanya di Odawara Station, teman-teman bisa membeli oleh-oleh di toko suvenir yang tersebar di sekitar stasiun, atau melihat Kastil Odawara di pusat kota Odawara bila memiliki cukup waktu. Itinerary perjalanan ke Hakone berakhir di Odawara dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Hakone dan mencoba menggunakan seluruh moda transportasi di Hakone. Bagi teman-teman yang ingin kembali ke Tokyo, bisa naik shinkansen (pemilik JR Pass) atau naik Odakyu Express/ Romance Car (pemilik Hakone Free Pass versi Shinjuku). Buat yang ingin lanjut ke Kyoto atau Osaka, bisa naik shinkansen ke arah sebaliknya dan tiba di Osaka/ Kyoto dalam 2-2,5 jam.

Itinerary Tambahan

Buat teman-teman yang ingin pergi ke Gotemba Premium Outlets bisa menyelipkannya sebelum itinerary nomor 3, kemudian naik Hakone Tozan Bus rute S dari Gora Station sampai ke Gotemba Premium Outlets dan naik bus yang sama untuk kembali ke Gora Station. Bisa juga naik Hakone Cruise PP kembali ke Togendai dan Gora Station, untuk naik Hakone Tozan Bus rute S ke Gotemba Premium Outlets.

Demikian itinerary perjalanan ke Hakone nya, semoga bermanfaat buat teman-teman yang ingin merancang liburan hemat di Jepang. Jika ada pertanyaan mengenai waktu keberangkatan atau saran/ kustomisasi itinerary, bisa memanfaatkan Tour Guide Online Info Jepang.

Sumber gambar: Flickr YC Zhu, eugene_o, Masaki EK

Recommended for you

Last modified: December 4, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (2)

  1. Halo, thank you bgt buat itinerary Hakone nya, so helpful 🙂
    Ada yang mau aku tanya nih, kalau rute aku start dari Tokyo – Kyoto & Osaka – Hakone & Kawaguchi – Tokyo lagi, bisa pakai Fuji Hakone Free Pass ngga yah?
    Plan aku mau nginap 1 malam di Hakone/Kawaguchi, mana yang lebih recommended yah? Ada rekomendasi tempat juga kah? Thank you! 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Stella. Kalau ada rute ke Osaka dan Kyoto dari Tokyo, mungkin bisa menggunakan JR Pass yang juga mengcover ongkos shinkansen dari Tokyo ke Osaka/Kyoto.
      Untuk Fuji Hakone Pass sendiri, lebih cocok buat yang menginap 2 malam di daerah Hakone dan Kawaguchiko. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan