Keuntungan JR Tokyo Wide Pass

You are here Home  > Center Town, Transportasi Jepang >  Keuntungan JR Tokyo Wide Pass

Untuk teman-teman yang merencanakan liburan ke Jepang, bisa memanfaatkan tiket terusan JR Tokyo Wide Pass. Tiket ini khusus bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Jepang dengan visa liburan/ wisata. Seperti apa JR Tokyo Wide Pass itu, lalu objek-objek wisata apa yang bisa dikunjungi gratis dengan tiket terusan ini, kami akan membahasnya lengkap. Artikel ini disusun berdasarkan pengalaman Tim Info Jepang membantu menyusun itinerary perjalanan mengelilingi objek-objek wisata di sekitar Tokyo.

1. Tempat Pembelian JR Tokyo Wide Pass

JR Tokyo Wide Pass menggantikan Kanto Area Pass sejak November 2015. Nah, teman-teman bisa membeli tiket JR Tokyo Wide Pass di JR EAST Travel Service Center atau loket kereta JR di stasiun kereta Terminal 1, 2,dan 3 Bandara Narita. Selain itu, bisa juga dibeli di loket tiket kereta Tokyo Monorail di Bandara Haneda, Stasiun Tokyo, Stasiun Shinjuku. Tiket JR Tokyo Wide Pass ini juga bisa teman-teman peroleh di Travel Service Center di Stasiun Shibuya, Ikebukuro, Shinagawa, Ueno, Yokohama, dan Mito.

Tiket JR Tokyo Wide Pass

Tiket JR Tokyo Wide Pass

Sebagai catatan, Tokyo Wide Pass belum bisa dibeli secara online seperti Hakone Free Pass, Tokyo Subway Pass, atau bahkan JR Pass.

2. Informasi Penggunaan JR Tokyo Wide Pass (dewasa: 10.000 yen, anak 6-11 tahun 5.000 yen)

Tiket terusan JR Tokyo Wide Pass mencakup seluruh jalur kereta JR (ingat tidak termasuk jalur kereta swasta) di prefektur Ibaraki, Gunma, Tochigi, Saitama, Chiba, Kanagawa, Yamanashi, Nagano, dan Shizuoka. Beberapa jalur kereta utama yang bisa dinaiki gratis antara lain seluruh jalur JR East, Tokyo Monorail (Haneda Airport-pusat kota Tokyo), Narita Ekspress (Narita Airport-Stasiun Tokyo), lalu Izu Kyuko Line (menuju objek wisata Semenanjung Izu), Fujikyu Railway (ke objek wisata Fujikyu Highland), Joshin Dentetsu Line (menuju ke objek wisata Warisan Budaya Dunia Tomioka Silk Factory), Saitama Urban Transit Line (menuju ke Museum Kereta Saitama), dan Tokyo Rinkai Line (dari Tokyo menuju ke Odaiba).

Bermain ski di Gala Yuzawa Resort

Bermain ski di Gala Yuzawa Resort

Buat kamu yang berencana bermain ski di Gala Yuzawa Niigata, mengunjungi Gunung Fuji, melihat festival bunga Shibazakura di Danau Kawaguchi, melihat taman bunga Hitachi Seaside Park yang terkenal, pergi ke kota Kuil dan pegunungan Nikko, mengelilingi tempat-tempat wisata di Yokohama atau Museum Doraemon, tiket ini sangat cocok bagi kamu! Dengan 10,000 yen atau sekitar 1,2 juta rupiah untuk dewasa (usia 12 tahun ke atas) atau 5,000 yen untuk anak-anak (usia 6-11 tahun), kita bisa berkeliling 3 hari berturut-turut sepuasnya (tanggal mulai penggunaan nya bebas sepanjang tahun) tempat-tempat wisata di atas. Tiket ini juga bisa dibeli kapanpun diinginkan, tidak seperti tiket seishun 18 kippu yang ada masa penjualannya.

Harga yang sangat terjangkau mengingat tiket pass ini bisa dipakai selama 3 hari dan meliputi semua jaringan JR dan monorail termasuk kereta shinkansen biasa dan limited express train. Caranya mudah, cukup tunjukkan paspor maka kita bisa membeli JR Tokyo Wide Pass. Saat membeli JR Tokyo Wide Pass, kita bisa menentukan sendiri kapan mulai menggunakan pass ini.

Tiket ini cocok bagi kamu yang mengunjungi 3-4 tempat-tempat wisata di Tokyo dan sekitarnya dalam 3 hari (cukup padat jadinya). Jika teman-teman butuh referensi bisa dilihat di forum Info Jepang atau bisa bertanya di kotak komentar di bawah.

3. Hitung-Hitungan Ala Tim Info Jepang

Berikut kami akan memberikan hitung-hitungan perbandingan keuntungan membeli JR Tokyo Wide Pass dibanding jika tidak untuk mengunjungi beberapa tempat-tempat wisata terkenal. Ingat, teman-teman tidak bisa naik kereta Tokaido Shinkansen dengan menggunakan Tokyo Wide Pass.

1. Perjalanan ke Nikko atau Kinugawa Onsen

Dengan tiket biasa, perjalanan ke Nikko atau Kinugawa Onsen dari Shinjuku atau Ikebukuro di Tokyo membutuhkan ongkos 4,000 yen, mencakup kereta-kereta limited ekspress yang menggunakan jalur Tobu Railways, seperti Nikko, Spacia, Kinugawa, dan Spacia Kinugawa (dengan menambah biaya reserved seat). Selain Kinugawa Onsen bisa juga pergi ke Kuil Nikko Toshogu, taman bermain bertemakan Jepang jaman dulu: Nikko Edomura Edo Wonderland, taman bermain dengan miniatur keajaiban dunia Tobu World Square, Kuil Rinnoji kuil bersejarah di Nikko, Wisata alam di Danau Chuzenji dan Air terjun Kegon yang juga berada di daerah wisata Nikko. Jika mengunjungi tempat wisata lain di hari kedua atau ketiga, maka akan balik modal. Jika naik Shinkansen dari Shinagawa, Tokyo atau Ueno, kita bisa lebih cepat sampai tujuan. Ongkos sekali perjalanan 5.580 yen, sehingga sudah balik modal dalam perjalanan bolak-balik.

Objek wisata Nikko-Kinugawa Onsen

Kereta Wisata Watarase
Musim semi di jalur Kereta Wisata Watarase
Danau Yunoko
Pemandangan Danau Yunoko di Nikko
Danau Chuzenji
Pemandangan musim gugur di Lake Chuzenji Tochigi
Tobu World Square
Info Wisata di Nikko ke Tobu World Square

2. Perjalanan ke Danau Kawaguchi/ Fujikyu Highland

Perjalanan ke Danau Kawaguchi dari Shinjuku dengan naik kereta ekspress sampai Stasiun Otsuki, lalu dilanjutkan ke Fuji Kyuko line membutuhkan 3,910 yen untuk sekali perjalanan (ongkos kereta termahal Limited Express super Azusa 1 dilanjutkan dengan Fujisan Express 1). Untuk akhir pekan, ongkos kereta Holiday Rapid Mt. Fuji juga tercover. Jika mengunjungi tempat wisata lain di hari kedua atau ketiga, maka akan balik modal membeli JR Tokyo Wide Pass. Teman-teman bisa membaca lebih lengkap tentang Tempat Wisata di Fuji Kawaguchiko.

Objek wisata dekat Danau Kawaguchiko

Kawaguchiko Station
Pemandangan Gunung Fuji dari Stasiun Kawaguchiko
Kebun Bunga Matahari Aken
Di tengah-tengah Kebun Bunga Matahari Akeno
Fujikyu Highland
fujikyu gate
Snow Town Yeti
Bermain ski di Snow Town Yeti

3. Perjalanan ke Resort Ski Gala Yuzawa

Dengan naik shinkansen dari Tokyo membutuhkan ongkos 6,870 yen untuk sekali perjalanan. Tentu sangat menguntungkan (sudah balik modal) jika ingin bermain ski di Gala Yuzawa dengan membeli JR Tokyo Wide Pass. Plus banyak diskon menanti kalau ke Gala Yuzawa dengan Tokyo Wide Pass (informasi selengkapnya mengenai diskon di Gala Yuzawa).

4. Perjalanan ke Odawara, Atami, atau Semenanjung Izu

Ongkos dari Stasiun Tokyo ke Odawara (pintu masuk kota pegunungan Hakone) adalah 3,190 yen dengan kereta ekspress Super View Odoriko (dengan menambah biaya reserved seat), 4,180 yen sampai ke Atami dan 6,260 yen sampai ke Semenanjung Izu. Dari Odawara bisa lanjut naik Odakyu Line menuju ke tempat-tempat wisata di Hakone jika dikombinasikan dengan Hakone Pass. Atau juga bisa ke Taman kota Atami, ke tempat hanami terkenal Kawazu Izu, atau ke 7 Air terjun Nanadaru. Jika mengunjungi tempat wisata lain di hari kedua atau ketiga, maka akan balik modal membeli JR Tokyo Wide Pass. Jadwal kereta Ekspress Odoriko yang menghubungkan Stasiun Tokyo dengan Stasiun Kawazu adalah jam 09.00, 10.00, 10.30, 11.00, 12.00, 13.00, 13.30.

5. Perjalanan ke Karuizawa

Kota Karuizawa adalah kota resort liburan orang-orang Jepang. Seperti Puncak bagi orang Jakarta atau Lembang bagi orang Bandung. Wilayah pegunungan dengan hutan-hutan yang masih alami, jalanan naik-turun yang cocok untuk jogging atau bersepeda, dan juga udara sejuk sepanjang tahun memang jadi daya tarik utama Karuizawa. Eh, tunggu dulu, Karuizawa juga dikenal dengan surga belanja juga loh, salah satunya adalah Karuizawa Prince Shopping Plaza. Selain itu, masih ada juga Karuizawa Prince Ski Resort yang jadi alternatif kamu untuk bermain ski selain ke Gala Yuzawa yang biasanya penuh. Karuizawa bisa diakses dengan mudah menggunakan shinkansen dari Tokyo Station. Ongkosnya 5,910 yen untuk sekali perjalanan dan tentu sangat menguntungkan jika menggunakan JR Tokyo Wide Pass. Buat teman-teman yang mau lanjut ke Nagano, ongkos yang tercover hanya sampai Stasiun Sakuradaira.

Suasana Karuizawa Prince Snow Resort di Nagano

Suasana Karuizawa Prince Snow Resort di Nagano

6.  Perjalanan ke Hitachi Seaside Park

Perjalanan menuju ke Hitachi Seaside Park bisa dari Tokyo Station dengan kereta ekspress Hitachi-gou atau dari Ueno dengan kereta ekspress Tokiwa-gou. Jika berangkat dari Tokyo Station atau Ueno Station ongkosnya 3.820 yen untuk sekali jalan, atau sekitar 7.600 yen untuk perjalanan pulang pergi. Tentu sangat menguntungkan menggunakan JR Tokyo Wide Pass dalam 3 hari berturut-turut. Selain ke Hitachi Seaside Park, bisa juga ke tempat-tempat wisata di Ibaraki lainnya seperti Taman Kairakuen yang terkenal dengan pohon plumnya yang bewarna pink, air terjun Fukuroda, Danau Kasumigaura yang adalah danau terluas kedua di Jepang.

Objek wisata Di Ibaraki

Air Terjun Fukuroda
Keindahan musim gugur di Air Terjun Fukuroda
Danau Kasumigaura Tsuchiu
Aqua World Oarai
Akuarium raksasa di Aqua World Oarai
Hitachi Seaside Park
Bunga Cochia di Hitachi Seaside Park

7. Perjalanan dari Tokyo ke Kamakura

Kamakura adalah kota indah tepi laut yang dengan perpaduan pantai dan kuil-kuil bersejarah seperti Buddha Kamakura dan Kuil Hasedera. Perjalanan dari Stasiun Tokyo (dengan kereta JR Yokosuka Line) atau Stasiun Shinjuku (dengan kereta JR Shonan Shinjuku Line) ke Kamakura ongkosnya 920 yen. Dari Kamakura, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke Enoshima dengan kereta Enoden. Kamakura atau Enoshima bisa dijadikan sebagai side trip, namun sulit balik modal jika hanya ingin ke Kamakura.

Objek wisata dekat Kamakura

Kuil Hasedera
Foto Kuil Hasedera
Pantai Kamakura
Pemandangan Teluk Sagami di Kamakura
Buddha Kamakura
great buddha kamakura
Kuil Hachimangu
Naik tangga menuju Kuil Tsurugaoka Hachimangu di Kamakura

8. Perjalanan dari Narita Airport ke Tokyo atau Yokohama

Di hari pertama ketibaan di Jepang, teman-teman bisa segera membeli dan menggunakan JR Tokyo Wide Pass ini. Perjalanan dengan kereta Narita Ekspress ke Tokyo (3.020 yen) atau ke Shinjuku (3.190 yen), dan Yokohama (4.290 yen) akan terasa sangat murah jika menggunakan JR Tokyo Wide Pass. Selain itu, ongkos kereta Tokyo Monorail menuju Bandara Haneda ke Stasiun Hamamatsuchoi juga tercover.

9. Jalan-jalan ke Pabrik Benang Sutera Tomioka

Pabrik benang sutera Tomioka di Prefektur Gunma masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO sejak tahun 2014. Meskipun cukup jauh dari kota besar, Tomioka dijadikan sebagai tempat industri benang sutra. Cuacanya yang sejuk cenderung dingin dan air bersih yang tersedia dalam jumlah besar sangat cocok untuk budidaya ulat sutera. 

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

kartu icoca dan kuitansi pembelian

ICOCA adalah kartu elektronik di daerah Kansai, bersama dengan KiTaPa. Kartu ICOCA wajib dibeli karena sangat praktis jika menggunakan kereta dalam liburan di Jepang.

Suasana menjelang Shirakawago Illumination

Takayama Hokuriku Pass adalah salah satu pass kereta yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Kyoto atau Osaka, Nagoya, Takayama, Kanazawa, sampai ke Toyama.

Free Pass Tiket Kereta Murah di Jepang

Pertanyaan mengenai tiket atau free pass, lalu juga cara pergi dan kereta yang dinaiki di Tokyo, seperti Tokyo Subway Pass, Tokunai Pass.

Pemandangan Gunung Fuji Hakone

Fuji Hakone Pass adalah pass paling tepat buat kamu yang ingin berkeliling tempat wisata di Gunung Fuji dan 5 danau sekitarnya. Berikut tips hemat berkeliling Gunung Fuji Hakone rancangan Tim Info Jepang.

kereta enoden

Nikmati perjalanan wisata sambil melihat pemandangan lautan Shonan yang indah dari kereta Enoden di Kamakura Kanagawa.

Joetsu shinkansen bertingkat dua

Rangkuman tips membawa koper saat bepergian naik kereta di Jepang, naik shinkansen atau kereta ekspress dan kereta lokal di dalam kota Tokyo, Kyoto, dan Osaka.


4. Reservasi Kursi dengan Tokyo Wide Pass

Dengan pass ini, teman-teman bisa melakukan reservasi kursi pesanan tanpa tambahan biaya atau gratis. Cukup datang ke loket tiket (Midori-no-madoguchi) yang ada di stasiun-stasiun yang sudah disebutkan, sebelum keberangkatan dan melakukan reservasi kursi.


Recommended for you

Last modified: November 15, 2018

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!