Free Pass Kyoto

You are here Home  > Center Town, Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Free Pass Kyoto

Ada begitu banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi di Kyoto, mulai dari taman dan kuil-kuil bersejarahnya yang ada di lebih dari 1000 tempat. Tapi dibandingkan dengan kota Tokyo yang aksesnya mudah dengan kereta atau subway, lebih dari setengah tempat wisata di Kyoto hanya bisa dikunjungi oleh transportasi umum seperti bus. Jika dipaksakan naik kereta maka jarak perjalanan sampai ke tempat wisata akan sangat jauh sehingga sangat menguras tenaga. Informasi mengenai transportasi umum di kota Kyoto ini yang paling banyak ditanyakan via Tour Guide Online Info Jepang. Kali ini kami sudah merangkum 5 free pass Kyoto yang sangat bermanfaat dalam liburan di Kyoto. Selain mendapatkan keuntungan berupa potongan harga, perjalanan juga akan jadi praktis tidak perlu membayar sana-sini dengan free pass Kyoto dalam genggaman.

1. Kyoto Sightseeing Card (One Day: 1200 Yen, Two Days : 2000 Yen)

Kita bisa naik bus kota Kyoto dan 2 kereta subway (Karasuma Line dan Tozai Line) dengan cuma-cuma menggunakan Free Pass Kyoto ini. Bisa dibeli di mesin penjual tiket di seluruh stasiun subway kota Kyoto, pusat informasi bus kota Kyoto, atau di beberapa hotel terkenal di Kyoto. Tiket Kyoto Sightseeing Card ini telah mencakup juga Kyoto One Day Bus Card nomor 2.

Saran dari Tim Info Jepang: Tidak perlu membeli free pass Kyoto ini karena harganya yang mahal dan susah untuk balik modal tanpa perhitungan yang ketat. Free Pass Kyoto ini juga lebih terasa manfaatnya bila pergi naik bus ke arah utara atau barat laut kota Kyoto, daerah-daerah yang jarang dikunjungi wisatawan.

2. Kyoto One Day Bus Card (500 Yen untuk dewasa, 250 Yen anak-anak)

Free Pass Kyoto ini hanya berlaku untuk bus wisata dalam kota Kyoto. Harganya adalah yang termurah dibandingkan free pass Kyoto yang lainnya. Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk membeli free pass bus ini supaya dapat menghemat biaya perjalanan ketika mengelilingi tempat-tempat wisata di Kyoto.

Hitung-hitungan Tim Info Jepang: Free pass bus kota Kyoto harganya 500 yen untuk dewasa dan 250 yen untuk anak-anak. Bila dibandingkan dengan satu tiket bus kota seharga 230 yen untuk jarak jauh dekat, tentu sangat menguntungkan jika kita mengunjungi dua atau tiga objek wisata di Kyoto. Misalnya dalam satu hari akan mengunjungi 3-4 tempat dan kembali ke hotel, misalkan dari hotel ke tujuan A ongkosnya 230 Yen, dari tujuan A ke tujuan B ongkosnya 230 Yen, dari tujuan B ke tujuan C ongkosnya 230 Yen, dari tujuan C ke tujuan D ongkosnya 230 Yen dan dari tujuan D kembali ke hostel ongkosnya 230 Yen. Total pengeluaran seharian adalah 1150 Yen, bandingkan dengan tiket terusan bus yang hanya 500 Yen per hari.

Tapi perlu diingat bahwa tiket ini hanya berlaku di wilayah bus kota Kyoto saja, dan tidak untuk wilayah lainnya. Jadi jangan lupa mengeceknya terlebih dahulu. Tiket terusan bus kota Kyoto bisa didapatkan di pusat informasi bus kota dan kereta subway atau di Kyoto Station. Kita juga bisa membelinya langsung di dalam bus. Namun menurut pengalaman, kebanyakan tiket sudah habis terjual dalam bis, jadi lebih baik langsung membeli tiket terusan bus kota Kyoto langsung setelah tiba di Kyoto Station. Informasi mengenai lokasi pembelian Tiket Bus di Kyoto bisa dibaca di halaman berikut. Beberapa contoh trayek bus wisata kota Kyoto beserta objek wisata terdekat sudah dirangkum dalam: info lengkap jalur bus Kyoto.

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Kereta Shinkansen di Jepang

Jalan-jalan ke Jepang, ah pengen coba naik shinkansen. Tapi bagaimana cara beli tiketnya? Lalu bagaimana sistem tempat duduknya? Temukan semua jawabannya dalama artikel ini.

JR East-South Hokkaido Rail Pass

Mengenal JR East-South Hokkaido Rail Pass, pass kereta untuk keliling Tohoku dan Hokkaido murah dari Tokyo. Dimana kita bisa membelinya, berapa harganya, dan area mana yang tercover dengan pass ini?

Hankyu Tourist Pass Gion Kawaramachi Station

Jalur kereta Hankyu di wilayah Kansai menghubungkan kota Osaka, Kobe, dan Kyoto. Buat teman-teman yang berencana berkeliling ketiga tempat ini, Tim Info Jepang menyarankan untuk menggunakan Hankyu Tourist Pass.

Pemandangan Gunung Fuji Hakone

Fuji Hakone Pass adalah pass paling tepat buat kamu yang ingin berkeliling tempat wisata di Gunung Fuji dan 5 danau sekitarnya. Berikut tips hemat berkeliling Gunung Fuji Hakone rancangan Tim Info Jepang.

Free Pass Osaka osaka amazing pass

Osaka Amazing Pass atau Osaka Unlimited Pass sangat bermanfaat bagi teman-teman yang masih bingung mau jalan-jalan ke mana di Osaka. Selain itu masih banyak free pass yang bisa kita pakai sesuai dengan tempat wisata yang mau dikunjungi di Osaka.

Tips Praktis menggunakan Hyperdia

Hyperdia adalah situs website yang menyediakan informasi pilihan dan jadwal kereta api, pesawat, dan bus bagi kita yang ingin bepergian di Jepang. Selain itu, kita juga bisa melihat durasi/ lama perjalanan, harga tiket, dan juga pilihan stasiun transit.


3. Kyoto Subway One Day Card (600 Yen)

Free pass Kyoto ini hanya bisa digunakan untuk dua jalur subway kota Kyoto (jalur Karasuma yang membentang dari utara ke selatan, dan jalur Tozai yang membentang barat ke timur Kyoto). Penggunaan free pass Kyoto ini sangat terbatas, karena hanya sedikit objek wisata yang bisa diakses via subway line. Beberapa diantaranya adalah Kuil Nanzenji, Kuil Eikando, Tetsugaku no Michi, Kuil Chionin dan Kuil Yasaka (agak jauh dari stasiun), Museum Manga Kyoto, Istana Nijo. Meskipun begitu, bus kota wisata Kyoto juga bisa digunakan untuk pergi ke tempat-tempat wisata ini. Free pass Kyoto jenis ini bisa dikombinasikan dengan free pass bus kota untuk waktu-waktu tertentu seperti musim semi atau musim gugur di Kyoto, saat bus kota Kyoto penuh sesak.

Beberapa objek wisata di Kyoto yang lebih dekat dari Stasiun kereta subway adalah Taman Botani Kyoto, Kyoto Imperial Palace, Museum Manga Internasional Kyoto, Pasar Nishiki, Kuil Nanzenji, dan Istana Nijo.

Baca juga: Panduan Wisata Terlengkap di Kyoto

4. Kansai Thru Pass

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: seluruh kereta non-JR yang menghubungkan Kansai Airport, Wakayama, Nara, stasiun Demachiyanagi, Gion, Kawaramachi, Kurama, Arashiyama di prefektur Kyoto, Umeda, Namba di prefektur Osaka, Kobe dan Himeji di prefektur Hyogo. Kansai Thru Pass mencakup juga Kyoto One Day Bus Card seperti tertulis di nomor 2.

Beberapa objek wisata terkenal yang bisa dikunjungi dengan free pass Kyoto ini antara lain: Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari. Juga pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo. Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji. Bisa juga digunakan untuk tempat-tempat wisata di Arashiyama seperti Kuil Tenryuuji, Kuil Jujakukoji, Kuil Hokyoin, Okachi Sanso, Jembatan Togetsubashi, Kuil Kokedera. Informasi selengkapnya mengenai Keihan Kansai Surutto Pass bisa dibaca di artikel berikut.

Beli Online
Kansai Thru Pass

5. Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass

Free Pass ini dikeluarkan oleh perusahaan kereta Keihan, yang menghubungkan kota Osaka dan Kyoto dari jalur timur. Ada dua jenis yang pertama tiket terusan Osaka-Kyoto (1 atau 2 hari) dan tiket terusan wilayah Kyoto saja (1 hari). Beberapa objek wisata kota Kyoto terkenal yang bisa dikunjungi dengan free pass Kyoto ini antara lain: Taman Sewaritei dengan pemandangan bunga sakura terkenal, Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari (tidak perlu pindah-pindah naik bus, bisa dengan kereta dan stasiunnya sangat dekat dengan kuil tersebut). Lalu ke pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo (dekat dengan stasiun terakhir Keihan: Demachiyanagi). Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji.

Contoh penggunaan Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass ke Fushimi Inari, Kiyomizudera, Gion, dan Arashiyama

Kereta keihan di Osaka berangkat dari Kyobashi Station (3 stasiun setelah Osaka Station), dan masuk ke Kyoto dari sebelah timur. Alias tidak lewat Kyoto Station. Dengan kata lain, jadi ribet kalau ingin membeli Kyoto Bus Pass yang loketnya di Kyoto Station.

Dengan Kereta Keihan Line, bisa ke Fushimi Inari (jalan kaki dari Fushimi Inari Station di jalur kereta Keihan), ke Kiyomizudera (jalan kaki 25 menit dari Kiyomizugojo Station di jalur kereta Keihan), dan kemudian ke Gion (jalan kaki 5 menit dari Gion-Shijo Station di jalur kereta Keihan).

Kalau mau ke Arashiyama (baca itinerary perjalanan ke Arashiyama), dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama. Ongkos kereta PP ke Gion (Kawaramachi Station ke Arashiyama) ini tidak tercover oleh Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass. Untuk perjalanan kembali ke Osaka, rutenya: Gion Shijo-Kyobashi-Osaka.

Informasi selengkapnya mengenai Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass bisa dibaca di artikel berikut.

Recommended Hotels near Kyoto Station [More Hotels]

APA Hotel Kyoto-eki
from ¥7534/night
Hotel Ibis Styles Kyoto
from ¥7800/night
Kyoto Century Hotel
from ¥10487/night
New Miyako Hotel
from ¥17000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pasar Nishiki
Suasana nishiki market di Kyoto
Kuil Tenryuuji
Kuil Tenryuuji di Arashiyama Kyoto
Kuil Ginkakuji
Melihat Kuil Ginkakuji dari dekat
Kuil Ninnaji
Momiji musim gugur di Kuil Ninnaji Kyoto

Sumber gambar: girlstravel, surutto.com


Recommended for you

Last modified: January 9, 2019

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!