Berkeliling Kansai dengan Hankyu Tourist Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Berkeliling Kansai dengan Hankyu Tourist Pass

Jalur kereta Hankyu di wilayah Kansai menghubungkan kota Osaka, Kobe, dan Kyoto. Buat teman-teman yang berencana berkeliling ketiga tempat ini, Tim Info Jepang menyarankan untuk menggunakan Hankyu Tourist Pass. Harganya yang lebih murah ketimbang JR Kansai Pass memberikan kita kesempatan untuk berhemat. Berikut ini strategi dan tips perjalanan ke Osaka, Kobe, dan Kyoto dengan Hankyu Tourist Pass.

Hankyu Tourist Pass

Hankyu Tourist Pass adalah pass kereta yang bisa digunakan untuk naik jalur kereta Hankyu secara tak terbatas. Teman-teman tidak perlu repot-repot membeli tiket setiap kali bepergian. Cukup tunjukkan Hankyu Tourist Pass, maka kita bisa berkeliling Osaka, Kyoto, dan Kobe dengan mudah dan nyaman.

Di mana kita bisa membelinya?

Hankyu Tourist Pass bisa teman-teman beli di Pusat Informasi Turis Kansai di dalam Bandara Kansai, atau di Hankyu Tourist Center Osaka Umeda, lalu di hotel-hotel yang dioperasikan oleh operator Hankyu-Hanshin, seperti Osaka Shin Hankyu Hotel, Shin Hankyu Hotel Annex, Hotel Hankyu international, dan Kyoto Hankyu Hotel. Saat membeli pass kereta ini, teman-teman akan diminta menunjukkan paspor untuk membuktikan kunjungan singkat ke Jepang sebagai wisatawan. Pembayarannya hanya bisa dilakukan secara cash atau tunai. Pastikan teman-teman membawa uang tunai yang cukup. Untuk satu orang hanya bisa membeli 1 Hankyu Pass saja.

Berapa ya harganya?

  • Pass 1 hari: 700 yen (dewasa)
  • Pass 2 hari: 1.200 yen (dewasa)
  • Tiket ini terhitung perhari (tidak berurutan). Jadi kalau teman-teman membeli hankyu pass yang 2 hari, tidak harus memakainya berurutan. Hari pertama bisa berkeliling di Osaka. Lalu hari kedua bisa bermain di Universal Studio seharian. Di hari ketiga, bisa lanjut mengunjungi tempat-tempat wisata di Kyoto dan Kobe.

Rekomendasi Rute dengan Hankyu Tourist Pass

Stasiun Umeda di Osaka merupakan stasiun utama jalur kereta Hankyu. Kalau mau ke Kobe tinggal ambil kereta ke arah barat, atau kalau mau ke Kyoto bisa ambil kereta ke arah timur. Beberapa rute kereta rekomendasi yang menuju tempat-tempat wisata antara lain:

  1. Umeda ke Kawaramachi, tiketnya seharga 400 yen, selama 43 menit.
  2. Umeda ke Sannomiya Kobe, tiketnya seharga 320 yen, selama 27 menit.
  3. Umeda ke Arashiyama, tiketnya seharga 400 yen, selama 49 menit.
  4. Umeda ke Takarazuka, tiketnya seharga 280 yen, selama 33 menit.
  5. Kobe Sannomiya ke Kawaramachi, tiketnya seharga 620 yen, selama 60 menit.
rute kereta hankyu di kobe osaka kyoto

Rute kereta hankyu di Kobe Osaka dan Kyoto

Tempat wisata yang bisa dikunjungi

1. Umeda Osaka

Mengunjungi Umeda Osaka akan membawa kita kepada pengalaman kota modern dengan desain bangunan yang keren dan tertata rapi. Di sekitar Umeda, teman-teman bisa mengunjungi Umeda Sky Building, maupun pusat perbelanjaan khusus anak muda bernama HEP, dengan wahana HEP Ferris Wheel yang terkenal. Dari Stasiun Umeda, kita bisa naik kereta subway Midosuji Line menuju Namba.

Cheap Hotels in Umeda Osaka [More Hotels]

Guesthouse Sunanoshiro
from ¥2752/night
Hotel Kansai Umeda
from ‎¥5917/night
Hotel Consort Shin Osaka
from ‎¥6314/night
Sunlife Hotel
from ‎¥5806/night

(sponsored by Booking.com)

Hankyu Tourist Pass Umeda Station

Hankyu Tourist Pass: Umeda Station

2. Gunung Rokko

Pemandangan malam dari puncak Gunung Rokko adalah yang terindah di Jepang bersama dengan pemandangan langit malam Gunung Inasa di Nagasaki dan pemandangan malam Gunung Hakodate. Setibanya di Stasiun Rokko, teman-teman bisa naik bus kota Kobe Nomor 16 sampai ke stasiun kereta gantung Gunung Rokko yang akan membawa kita ke puncak Gunung Rokko.

3. Sannomiya Kobe

Sannomiya adalah area pusat bisnis, hiburan, dan belanja di Kobe. Wilayah Sannomiya membentang dari Stasiun Sannomiya ke arah Teluk Osaka, melewati jalan Flower Road, jalan utama kota Sannomiya. Di sekitaran Sannomiya Kobe, kita bisa mengunjungi monumen Flower Clock, Monumen Memorial Gempa Kobe, dan tempat-tempat wisata di daerah pelabuhan seperti Kobe Harbor Land, Museum Maritim Kobe, dan Kobe Port Tower yang terkenal.

Cheap Hotels near Sannomiya Kobe [More Hotels]

Himeji City Hotel
Himeji City Hotel
from ¥4193/night
Hotel Hanakoyado
from ¥20400/night
Hotel Morgenrot
from ¥13200/night
Comfort Hotel Himeji
Comfort Hotel Himeji
from ¥6443/night

(sponsored by Booking.com)

4. Karasuma

Karasuma adalah pintu masuk pusat kota Kyoto. Dari Stasiun Karasuma, kita bisa mengunjungi Pasar Nishiki yakni pusat jajanan dan restoran di Kyoto. Selain itu, teman-teman juga bisa melanjutkan perjalanan ke Istana Nijo dan Istana Kekaisaran Kyoto dengan berjalan kaki dari Stasiun Karasuma. Kalau teman-teman ingin ke Stasiun Kyoto, bisa naik kereta subway Karasuma Line selama 5 menit.

5. Kawaramachi

Kawaramachi adalah stasiun akhir jalur kereta Hankyu, dan menjadi pintu masuk utama wilayah Gion Kyoto. Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan Gion. Kawasan kota tua di Kyoto ini terkenal dengan bangunan-bangunan khas masyarakat Edo ditambah dengan kesempatan melihat geisha yang cantik. Jalan utama Gion terbentang dari Kuil Yasaka dan sungai Kamogawa. Di sepanjang Shijo Avenue terdapat bermacam toko yang menjual aneka produk lokal, mulai dari cemilan hingga kerajinan tangan. Dari Gion, teman bisa lanjut berjalan kaki mengunjungi Distrik Higashiyama, yang meliputi kawasan kota tua Sannenzaka dan Ninenzaka, Kuil Yasaka, dan juga Kuil Kiyomizudera.

Cheap Hotels in near Gion [More Hotels]

Hyatt Regency Kyoto
from ¥31812/night
Green Rich Hotel Kyoto
from ¥7900/night
Kyoto Century Hotel
from ¥10487/night
Rihga Royal Hotel Kyoto
from ¥11200/night

(sponsored by Booking.com)

6. Arashiyama

Satu lagi tempat wisata yang tercover dengan Hankyu Tourist Pass adalah Arashiyama. Kereta Hankyu Kyoto Line adalah rute favorit para wisatawan yang berangkat dari Gion, Osaka, maupun Kobe karena langsung berhenti di tengah-tengah Arashiyama (tidak perlu berjalan jauh dibandingkan naik bus atau kereta yang berhenti di Stasiun Saga Arashiyama).

Hankyu Tourist Pass Arashiyama Station

Hankyu Tourist Pass: Arashiyama Station saat musim dingin

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi di sini antara lain Jembatan Togetsubashi, lalu ke Kuil Tenryuuji yang masuk ke dalam warisan dunia UNESCO, dilanjutkan dengan Hutan Bambu Arashiyama, dan Villa Okochi Sanso dengan kebun bunga yang indah dan pemandangan Kota Kyoto dari ketinggian.

Recomended Hotels in Arashiyama [More Hotels]

Guest House Atagoya
from ¥11347/night
Hotel Binario Saga
from ¥21000/night
Rangetsu
click for detail
Suiran Luxury Collection
from ¥48732/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Ultra-marino, twinmount, yuwy*


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: February 16, 2017

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!