Panduan Naik Kereta di Tokyo

You are here Home  > Center Town, Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Panduan Naik Kereta di Tokyo

Ketika berlibur ke Tokyo atau kota-kota di Jepang, kereta menjadi moda transportasi yang tak bisa dilupakan. Namun jangan bayangkan naik kereta di Tokyo seperti di Indonesia. Kita dapat dengan aman dan nyaman pergi ke objek-objek wisata terkenal dengan mudah jika naik kereta. Untuk itu, ada baiknya teman-teman membaca 10 panduan naik kereta di Tokyo yang dirangkum oleh tim Info Jepang berikut.

1. Macam-macam Kereta di Tokyo

Peta kereta di Tokyo Jepang

Kereta di Tokyo memiliki jaringan yang luas dan terkoneksi satu dengan yang lainnya sehingga kita dapat dengan mudah mengunjungi objek-objek wisata terkenal seperti Shinjuku, Shibuya, Ueno, Akihabara, atau Odaiba. Secara garis besar, kereta di Tokyo terbagi menjadi dua, kereta milik JR (Japan Railway atau pemerintah) dan kereta milik swasta. Salah satu jalur kereta di Tokyo yang paling terkenal dan terbanyak penumpangnya adalah JR Yamanote Line yang memiliki jalur melingkar di pusat kota Tokyo. Jalur kereta milik swasta lainnya biasanya menghubungkan dengan kota-kota sekitar dan banyak berupa kereta bawah tanah.

JR Yamanote Line adalah jalur kereta tersibuk di dunia. Setiap harinya, jalur kereta sepanjang 34,5 kilometer ini mengangkut 3,7 juta penumpang. Jalur kereta JR Yamanote Line menghubungkan pusat perkantoran, belanja, dan objek wisata terkenal di Tokyo, seperti Stasiun Tokyo, Stasiun Shinjuku, Shibuya, Ueno, Ikebukuro, Akihabara, Shinagawa, dan Nippori.

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Liburan ke Yokohama hemat dengan pass kereta di Yokohama

Informasi pass kereta di Yokohama yang bakalan membuat liburan kita ke Yokohama menjadi praktis, dan tentu lebih murah: Yokohama Minatomirai Pass, Minatomirai Line One Day Ticket, Tokyu Tokyo Metro Pass dan lainnya.

kereta shinkansen

Liburan di Jepang pasti tidak jauh dengan yang transportasi kereta, dan supaya kamu tidak malu-maluin, ayo baca dulu etika naik kereta di Jepang.

Hakone Ropeway dan Gunung Fuji

Transportasi di Hakone bukanlah semata-mata untuk pergi ke satu objek wisata ke objek wisata lain, namun juga merupakan bagian dari petualangan seru kita di Hakone!

Seishun 18 Kippu

Jalan-jalan di Jepang mahal? Siapa bilang? Kali ini Info Jepang akan memberikan tips buat kamu yang ingin berlibur ke Jepang tapi tidak ingin menghabiskan tabungan. Tips kali ini adalah menggunakan tiket Seishun 18 Kippu (dibaca seishun juuhachi kippu)....

Bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko

Mau ke Gunung Fuji tapi bingung gimana cara perginya? Berikut jawal lengkap keberangkatan bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko dari Shinjuku, Tokyo, Haneda dan Narita Airport.

ICOCA adalah kartu elektronik di daerah Kansai, bersama dengan KiTaPa. Kartu ICOCA wajib dibeli karena sangat praktis jika menggunakan kereta dalam liburan di Jepang.


2. Tiap jalur kereta di Tokyo memiliki simbol dan warna khusus

Kereta di Tokyo memiliki simbol dan warna khusus untuk tiap jalurnya. Misalnya saja jalur kereta Yamanote Line bewarna hijau, jalur kereta bawah tanah Ginza Line bewarna merah, dan lainnya. Selain itu, kita juga bisa menemukan inisial jalur kereta beserta nomor urut di tiap stasiun. Misalnya Stasiun Shibuya di jalur kereta Ginza Line memiliki simbol G1. G menandakan Ginza Line, dan angka 1 menunjukkan nomor urut 1. Simbol dan warna ini muncul di aplikasi handphone, tempat penjualan tiket, dan peta kota Tokyo, jadi ada baiknya jika kita mengingatnya.

Simbol dan warna kereta di Tokyo

Bingung dengan sistem kereta di Jepang? Coba Tour Guide Online!

3. Kereta tiba tepat waktu

Tidak hanya di kota Tokyo, seluruh kereta di Jepang sangat terkenal dengan ketepatan waktunya. Jadi kita dapat dengan mudah berpindah dari satu stasiun ke stasiun lainnya, dan merencanakan jadwal perjalanan wisata di Jepang dengan mudah. Jarak tiap keberangkatan juga pasti, contohnya JR Yamanote Line yang setiap 2,5 menit pada jam sibuk. Penumpang kereta di Tokyo tidak akan pernah memaksa untuk masuk ke dalam kereta (seperti di Jakarta), karena mereka tahu kereta berikutnya akan segera datang.

4. Kereta berhenti di tempat akurat

Ketika menunggu kereta, perhatikan tanda di lantai. Biasanya ada tanda berbentuk langkah kaki sebagai tanda pintu kereta. Kita dapat berbaris dan menunggu kereta di belakang tanda tersebut. Biasanya area menunggu diberi batas dengan garis berwarna kuning. Jangan menunggu di tempat lain, karena kereta selalu berhenti di tempat yang ditentukan. Jangan juga menyela barisan, karena itu tindakan tidak sopan di Jepang.

5. Kereta beroperasi dari pagi hingga larut malam

Kereta di Tokyo tidak beroperasi 24 jam, namun banyak kereta yang mulai berjalan sejak jam 5 pagi hingga 1 malam hari. Yang terpenting silakan mengecek kembali jadwal kereta di Tokyo sebelumnya, supaya jangan sampai tidak bisa pulang karena kereta sudah berhenti.

6. Hindari jam sibuk kereta di Tokyo

Seperti di Indonesia, ada jam-jam tertentu di mana orang pergi atau pulang kantor. Di jam-jam tersebut, kereta bakalan penuh dan desak-desakan. Jam sibuk kereta Tokyo berlangsung sejak 7 hingga 9 pagi, dan 6 hingga 8 malam, juga di jam-jam terakhir tengah malam. Buat teman-teman yang berlibur di Tokyo, lebih baik menghindari jam-jam tersebut dan berwisatalah dengan nyaman.

Jam padat kereta di Tokyo

7. Ada berbagai macam jenis kereta

Ini yang menjadi perbedaan dengan kereta di Indonesia. Kebanyakan kereta KRL Jabodetabek adalah kereta lokal yang berhenti di semua stasiun, namun kereta di Tokyo memiliki beragam jenis seperti kereta semi ekspress, ekspress, dan limited ekspress. Kereta semi ekspress berhenti di lebih sedikit stasiun dibanding kereta lokal. Sementara kereta limited ekspress hanya berhenti di stasiun-stasiun besar saja. Jadi ketika hendak pergi ke objek wisata tujuan, perhatikan dulu nama stasiun terdekatnya. Naiklah kereta ekspress sehingga bisa lebih cepat sampai tujuan. Namun, jangan lupa untuk pindah dan naik kereta jenis lainnya kalau tidak mau terlewat. Jenis kereta dan stasiun perhentian bisa dilihat peta-peta jalur kereta di tiap stasiun.

Jenis kereta di Tokyo dan sekitarnya

Bingung dengan sistem kereta di Jepang? Coba Tour Guide Online!

8. Ada stasiun yang dekat namun berbeda nama

Banyak stasiun kereta di Tokyo yang memiliki nama berbeda padahal letaknya dekat. Misalnya saja stasiun Tokyo dan stasiun Nijubashi atau Stasiun Otemachi. Meskipun namanya berbeda, namun semuanya dapat ditempuh berjalan kaki dalam 5 menit. Ada pula stasiun Yurakucho dan Hibiya yang bisa ditempuh berjalan kaki. Jadi ketika hendak pergi ke objek wisata tujuan, siapkanlah informasi mengenai stasiun terdekat, dan jalur kereta yang diperlukan.

9. Perlu waktu untuk berpindah kereta

Meskipun letaknya dekat di peta, kebanyakan stasiun kereta di Tokyo berada di bawah tanah dengan jalur memutar atau memaksa kita untuk naik elevator terlebih dahulu. Untuk itulah, perlu waktu lebih sewaktu berpindah kereta dari satu jalur ke jalur lainnya. Berpindah di stasiun besar seperti Shinjuku atau Stasiun Tokyo bisa memakan waktu 5-10 menit. Apalagi jika jam sibuk di mana kita harus berdesak-desakan dengan penumpang lainnya. Persiapkan juga hal ini ketika ingin mengunjungi tempat wisata di Tokyo.

Suasana stasiun kereta di Tokyo

10. Perhatikan arah tujuan kereta

Kereta di Jepang selalu menghubungkan dua tempat misalnya saja gambar di bawah, kereta Keiyo line menghubungkan Tokyo ke Nishi Funabashi melewati Maihama (Tokyo Disneyland, Kaihin Makuhari dan Soga). Jadi, jika teman-teman misalnya ingin kembali ke Tokyo dari Tokyo Disneyland, ambil kereta ke arah Tokyo dan jangan ke arah sebaliknya.

Demikianlah 10 informasi penting mengenai kereta di Tokyo. Informasi ini juga berlaku bagi kereta-kereta di kota lain di Jepang. Semoga informasinya bermanfaat dan membantu perjalanan wisata Anda di Jepang! Salam dari info Jepang!

Naik kereta di Tokyo

Baca juga: FAQ terlengkap Japan Rail Pass dan Perlukah membeli Suica dan Pasmo?

Sumber gambar : OiMax, tokyoform, eerkmans, tokyoform, tokyoform


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: January 27, 2017

Comments (49)

  1. Hallo Pak Nugroho…salam kenal 🙂
    Terima kasih untuk info2nya tentang Jepang….sangat bermanfaat #2thumbsup
    Sy mau bertanya dimana 18-28 Apr 2017 ini sy akan travelling ke Jepang,dengan plan sbb :
    Day1 (18 Apr) : Sby-Haneda ( Nginap di Bandara karena tiba malam )
    Day2 (19 Apr) : Ueno – Shibuya – Harajuku – Shinjuku
    ( paginya titip koper di St Shinjuku karena check-in baru bisa jam 4 sore & nginap di
    apartemen area Shinjuku )
    Day3 (20 Apr) : DisneySea & malam ke Tokyo Tower
    Day4 (21 Apr) : Alpine Route Snow Wall pp
    Day5 (22 Apr) : Tokyo ke Hakone ( Titip koper di St. Shinjuku & menginap di Hakone )
    Day6 (23 Apr) : Hakone balik ke St.Shinjuku (kalo sempat ke Ginza) – night willer bus menuju Kyoto
    Day7 (24 Apr) : Kyoto (Arashiyama, Fushimi Inari, Gion) & menginap di Kyoto
    Day8 (25 Apr) : Kinkaku-Ji & Nijo-Castle dan setelah lunch lanjut ke Osaka
    Day9 (26 Apr) : Osaka Castle – Nara (Todaiji Temple – Heijo Palace Site ) – Kobe & back to Osaka
    Day10 (27 Apr) : Namba – Dotonburi – Shinsaibashi Suji
    Day11 (28 Apr) : Osaka – Sby
    1. Apakah ittin saya sudah sesuai ?
    2. Selama di Tokyo….sy rencana menggunakan Tokyo Subway Pass yang dikombinasikan dengan Suica, sy masih bingung untuk transportasi dari Tokyo ke Toyama/Nagano ke Alpine Route, apakah bs dicover dengan Suica? kalo tidak bisa….sy baca2 menggunakan Shinkansen Hokuriku, harganya apakah worthed karena mengingat perjalanan saya cuma pp
    Terima kasih Pak Nugroho… 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau ada perjalanan PP ke Tateyama Kurobe Alpine route dengan shinkansen, ongkosnya sudah 20.410 yen. Saran Tim Info Jepang, ibu bisa membeli JR PASS, dan memaksimalkan JR PASS untuk naik shinkansen juga ke Kyoto/ Osaka, atau perjalanan ke Hakone.
      Salam

  2. Malam pak, mohon infonya.
    Setelah saya menonton video di Youtube mengenai cara menggunakan transportasi kereta di Jepang, saat mereka memasukkan karcis pada mesin, kenapa tidak ada penghalang mesin masuk ya? (Seperti di mrt thailand)? Jadi seakan2 orang bisa saja melewati mesin tsb tanpa membeli tiket

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau tidak memasukkan karcis atau saldo kartu suica/pasmo tidak mencukupi, maka pintu karcis akan tertutup dan tidak bisa lewat.
      Salam

  3. selamat pagi pak..saya pertama kali nya ke jepang, menginap di kyoto berencana ke tokyo (2/3/17) dgn bus malam sampai tokyo jam 07.00 lalu melanjutkan perjalanan ke kawazu izu (3/3/17) untuk melihat sakura…saya mau tanya untuk ke izu jadwal kereta berangkat dan pulangnya jam berapa saja dan dari pintu mana berangkatnya di tokyo station…saya takut kesasar di tokyo station karna baru pertama kali mau k tokyo😊trima kasih sebelumnya..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Silakan bisa dibaca informasinya: Festival Kawazu Sakura.
      Ibu silakan memanfaatkan search bar bewarna biru, karena website Info Jepang punya banyak informasi mengenai liburan di Jepang. Salam

  4. jadi kesimpulan trip saya di osaka dan kyoto tidak perlu pakai osaka amazing pass ya pak ?
    hanya JR Pass saja yg dibutuhkan

    begitu ya pak ?

    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Bukan begitu Pak.
      Kalau hitungan sekarang, bapak rugi 600 yen (dengan catatan bapak tinggal di hotel dekat Osaka Station).
      Nah, kalau bapak tinggal di hotel bukan Osaka Station, dan jalur kereta di stasiun terdekat tercover oleh Osaka Amazing Pass, ya bisa balik modal.
      Makanya Tim Info Jepang perlu nama hotel tempat bapak menginap di Osaka. Salam

    • Di osaka saya menginap di hotel shin imamiya

      tempat wisata di osaka dan kyoto yg akan saya kunjungi adalah

      Hari 1 : Osaka Castle – Dotonbori Shinsaibashi
      Hari 2 : Usj – Umeda Sky – Tempozan Feris Wheel
      Hari 3 : Kyoto – Arashiyama – Fushimi Inari – Kyoto Tower

      Apakah dengan trip spt ini hanya menggunakan JR pass saja Pak ? atau apakah perlu beii osaka amazing Pass 2 day atau 1 day

      Terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Silakan membeli Osaka Amazing Pass versi 2 hari untuk perjalanan hari pertama dan kedua di Osaka.
      Namun perlu dicatat, bapak silakan menggunakan Doubutsuen-mae station jangan Shin-Imamiya Station, sebab jalur kereta dari Shin-Imamiya Station tidak tercover oleh Osaka Amazing Pass. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau menggunakan kereta JR, seluruh ongkosnya tercover oleh JR Pass. Salam

  5. selamat siang pak Nugroho,
    sebelumnya kami sampaikan banyak terimakasih atas informasi dan jawaban2 gratis dari bapak.
    semoga rejeki bapak selalu berlipah.

    oya pak kami mohon info terkait sbb:

    1. saya membaca informasi di web traveling bahwa hindari Shinjuku untuk menginap karena lokasi ini agak ‘seedy’ dan cukup luas kadang membingungkan.
    jika kami bersama 2 anak balita, apakah tidak di rekomendasikan cari tempat menginap di daerah shinjuku station? (tepatnya dekat stasiun nishi-shinjuku) kira2 pengganti nya di daerah mana ya pak?

    2.untuk satu kartu suice/pasmo apakah bisa di pakai bbrp orang dalam satu trip? (misalkan pergi sekeluarga ber 3)

    3. mohon informasi semua kereta yang ada di tokyo yang bisa pakai JR pass

    4. untuk tiket kereta Fujikyu dari stasiun otsaki ke statiun kawaguciko (fuji) bisa pake kartu suica/pasmo? ato jika harus beli lagi, apakah bisa di beli di station selain otsaki, misalkan beli di stasiun shinjuku.

    terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Sebetulnya semua stasiun di Tokyo Metropolitan sama saja. Bapak silakan mencari hotel yang dekat dengan stasiun supaya bisa ada patokan dimana beloknya, dan sebagainya.
      Untuk perjalanan kereta, kalau anaknya masih balita, maka tidak perlu membeli ongkos kereta alias tidak perlu menggunakan suica. Ongkos kereta baru berlaku dari anak umur 6 tahun-11 tahun (diskon 50%). Dengan JR Pass berarti bapak bisa naik kereta JR, kereta subway dan kereta yang tidak ada tulisan JR nya tidak tercover JR Pass. Untuk perjalanan ke Kawaguchiko, tiket kereta Fujikyuko bisa dibayar dengan suica/pasmo atau bayar ketengan. Salam

  6. Halo pak,
    Saya rencana sampai osaka tgl 12 pagi, jalan malam ke tokyo, di tokyo dr tgl 13-14, malamnya ke kyoto dr tgl 15-17. Mohon infonya pak transportasi paling murah yg bs saya palak. Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau ingin transportasi yang murah berarti naik bus malam. Untuk informasi harga dan tujuan-tujuannya bisa dibaca di link terkait. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau mengunjungi 4-5 tempat wisata di Tokyo dalam sehari bisa menggunakan free pass harian kota Tokyo. Ada banyak jenisnya, silakan disesuaikan dengan tempat wisata yang ingin dituju. Kalau dibawah itu, tidak perlu membeli pass. Bisa pakai Suica/pasmo atau beli tiket satuan. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Perbedaannya adalah di jalur kereta yang dicover oleh pass harian tersebut.
      Salam

  7. mas nugroho,
    mau tanya nih untuk transportasi dari narita ariport terminal 1 ke daimon station.
    1. tiba di narita pagi dan rencana naik keisei rail way “acces express” di hyperdia transit didaimon. apa iya keisei ini transit didaimon station?
    jika iya transit, jalur berubah dari private railway ke asakusa line, dan melewati oshiage-aoto-asakusa station. untuk jalur yg berubah itu apakah kita harus tap card tidak ya?
    2. untuk kembali dari oimachi station/shinagawa ke narita term 1, apakah tiket bisa dibeli langsung saat kita pesan tiket keisei narita – daimon?
    oke mas nugroho ditunggu jawabannya ya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Mohon informasinya, dari Narita Airport mau ke mana? Tiap jam rutenya berubah-ubah, ada yang langsung ada yang harus pindah-pindah.
      Untuk tahu mana yang langsung dan mana yang harus pindah, bisa dicek pakai hyperdia, tidak ada tulisan ongkos di sebelah kanannya berarti tidak perlu ganti kereta, bisa duduk terus di kereta sampai tujuan.
      Kemudian untuk kereta rapid Keisei tidak ada pembelian tiket, tiket dibayar saat keluar dari stasiun di Narita Airport.
      Kecuali kalau naik Keisei Skyliner yang ongkosnya paling mahal, memang harus memesan kursi sama seperti sewaktu naik shinkansen. Salam

    • tujuan saya kehotel my stays hamamatsucho, perkiraan tiba jam 9an pagi hari. kita mau naik keisei railway karena lebih murah. tujuan tentunya ke daimon station mas, karena JR belum kami aktifkan sampai 2hari berikutnya.
      oke mas nugroho, makasih ya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau dari Narita Airport Station dapat kereta Narita Skyaccess yang arahnya ke Haneda Airport berarti tidak perlu ganti-ganti kereta.
      Ibu bisa naik kereta yang sama terus sampai ke Daimon Station, alias tidak perlu tap-tap di tengah perjalanan.
      Perlu dicatat, kalau bukan kereta Narita Skyaccess maka ada kemungkinan berbeda.
      Salam

    • hai mas Nugroho!
      CMIIW ya!!
      cara baca hyperdia misal :
      Oimach stat ke Osakajokitazume stat : Oimachi transit di shinagawa stat gunakan shinkansen hikari, transit lagi di shin-osaka stat (ARRIVAL TRACK NO.24/DEPARTURE TRACK NO.15) setelah itu gunakan JR kyoto line local for suma >> osaka stat (ARRIVAL TRACK NO.6/DEPARTURE TRACK NO.6) dan transit lagi di amagasaki station…. yg saya tanyakan : arrival track shinkansen hikari kan di track 24 yah? lalu departure track no.15 itu untuk naik jalur JR kyoto line local yah ?
      lalu kan kita naik di track no. 15 (JR kyoto line for suma) pas di osaka station arrival track jadi No. 6 dan departure no. 6 jg, yg saya tanyakan dari track 15 ke arrival track no. 6 ini gimana mas nugroho apa otomatis track number ini berubah setiba di osaka ?station….
      ditunggu penjasannya yaa…thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Keretanya berarti berangkat dari platform 15 di Shin Osaka, dan tiba di platform nomor 6 di Osaka Station alias otomatis.
      Ibu hanya harus berpindah di Shin Osaka, dari platform kedatangan nomor 24 harus jalan kaki ke platform nomor 15.
      Salam

  8. Mas Nugroho masih ada yang ketinggalan belum dijawab, kalau kereta shinkansen Hikari dari Kyoto ke Osaka dan sebaliknya, yang terakhir jam berapa?

    Pertanyaan tambahan:
    – Katanya kalau di Kyoto, banyak yang tidak tercover JR Pass, sebaiknya beli tiket eceran atau
    terusan? Kereta atau bus? dan yang mana?
    – Rencana trip saya 10 hari (Tokyo-Kyoto-Osaka-Tokyo), yang 7 hari saya pake JR Pass, sisanya
    yang 3 hari full di Tokyo sebaiknya beli eceran atau tiket terusan? dan yang mana?
    – Kalau ke Tokyo DisneySea bisa dicover JR Pass?, jadi lebih baik di jadwalkan di yang 7 hari ya?

    Semoga pertanyaan saya cukup jelas, dan terima kasih banyak sebelumnya

    ,

  9. Mohon info jadwal kereta Hikari, dari Tokyo ke Osaka dan sebaliknya, Osaka ke Kyoto dan sebaliknya, serta Kyoto ke Tokyo dan sebaliknya, paling malam jam berapa untuk masing masing route itu.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kereta Shinkansen terakhir dari Tokyo ke Shin Osaka dan Kyoto berangkat pukul 20.03, tiba jam 23.01 di Kyoto dan 23.16 di Shin Osaka.
      Kereta shinkansen terakhir dari Kyoto/Osaka menuju ke Tokyo berangkat pukul 20.37 dari Shin Osaka, dan 20.51 dari Kyoto, tiba pukul 23.26 di Tokyo Station.
      Salam

  10. Hai pak saya berencana berkeliling tokyo dalam 2 hr mengunjungi asakusa tsukiji market shinjuku shibuya. apakah ada tiket subway buat turis seperti one day pass? Mohon info nya…. Thx

  11. Tolong pencerahannya..
    Setiap pindah kereta tanpa keluar stasiun (panduan pindah dr hyperdia misalnya) apakah kita selalu nge-tap nge-tap kartu suica/pasmo? Atau nge-tapnya hnya saat masuk stasiun pertama kali dan keluar stasiun tujuan akhir…
    Tnks

    • Info Jepang  |  

      Saat pindah pun harus ditap, tidak bisa tidak. Kalau tidak ditap tidak bisa melewati pintu karcis.
      Perhitungan ongkos akan dilakukan otomatis.
      Salam

  12. Saat masuk sebuah stasiun kita nge-tap kartu suica/pasmo, lalu kita naik subway. Lalu sampai stasiun berikut kita hrs pindah kereta misalnya JR atau express dgn kanto pass atau JR pass, lalu tiba di stasiun selanjutnya dan kita keluar nge-tap kartu suica/pasmo lg. Bagaimana perhitungan pengurangan saldo kartu tsb? Berdasar jarak atau gmn. Tnks

  13. Malam Pak Nugroho,

    Saya mau tanya :

    Hari 1 : Osaka – Tokyo – Disneyland / Disneysea – Tokyo Skytree -Ueno Park – Akihabara – Asasuka
    Hari 2 : Tokyo – Galayuzawa – shibuya – shinjuku – harajuku
    Hari 3 : Tokyo – Shibazakura Festival – Mt Fuji – Lake Kawaguchiko
    Hari 4 : Tokyo – Tateyama Kurobe Alpine Road – Arashiyama – Fushimi Inari – Kyoto Tower
    Hari 5 : Osaka – Osaka Castle – Dotonbori – Shinsaibashi
    Hari 6 : Osaka – Universal Studio – Umeda Sky – Tempozan Ferris Wheel

    dengan Rute spt ini yg ingin saya tanyakan adalah :

    1. Apakah Rute ini sudah searah atau berurutan
    2. Apakah setiap rute per day bisa di lakukan dalam seharian full
    2. saya berencana pakai JR pass , apakah trip ini tercover dengan JR pass atau ada pass lain nya
    3. Trip Ke Disneyland / Disneysea dan Universal studio saya tidak masuk ke dalam
    4. Trp ke Tateyama Kurobe Alpine Road hanya 1/2 hari saja
    5. bila ada tempat yg tidak bisa di jalani dalam trip ini dalam sehari , tempat mana yg diabaikan.
    6. Apakah di stasiun Kyoto ada Locker Coin, apa mungkin setelah dari tateyama saya bisa explore tempat wisata kyoto spt itin diatas tsb.

    maaf kalau terlalu banyak pertanyaan nya pak

    terima kasih

    Anis

  14. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Selamat malam Pak. Ya, rutenya sudah berurutan. Perjalanannya sepertinya akan sulit dilakukan dalam satu hari, terutama di hari pertama dan keempat.
    Untuk itinerary ke Tokyo Disneyland atau Disneysea, kalau memang ingin masuk, lebih baik menghabiskan satu harian di sana. Daripada sayang sudah keluar banyak uang untuk tiket masuk namun hanya setengah-setengah hari. Bapak juga bisa menghemat dengan membeli tiket half Day di Tokyo Disneyland atau Disneysea, setelah jalan-jalan keliling Tokyo. Rutenya supaya searah adalah turun di Tokyo Station, kemudian Asakusa, Tokyo Skytree, Ueno, Akihabara. Silakan dilewatkan 2-3 tempat mana yang memang tidak ingin dikunjungi.

    Untuk perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine Route, secepat-cepatnya pasti memakan waktu 5-6 jam, belum ditambah perjalanan ke Kyoto dengan kereta, mungkin hanya sempat ke Kyoto Tower yang masih buka sampai malam pukul 20.40.

  15. terima kasih atas jawaban nya pak,

    untuk pass yg dibutuhkan hanya JR pass saja ya pak ?
    untuk ke disneyland atau disney sea saya tidak masuk ke dalam hanya di luar saja ..
    apakah rute spt dibawah ini sudah benar pak
    Tokyo – Disneyland – Asasuka – Tokyo Skytree -ueno – Akihabara

    Sementar untuk rute hari ke 4 kalau saya ganti spt di bawah ini
    Tokyo – Tateyama alpine Road – Osaka Castle – Dotonbori – Shinsaibashi

    apakah waktu nya bisa dalam seharian full

    terima kasih

  16. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Selamat malam Pak. Ya, sudah tepat Pak. Sebab Dotonbori dan Shinsaibashi buka sampai malam.
    Lalu perjalanan di Tokyonya juga sudah bagus. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!