Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko

You are here Home  > Center Town, Wisata Jepang >  Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko

Kawasan Fuji-Kawaguchiko bisa dibilang adalah kawasan wisata non-kota paling terkenal di Jepang. Tercatat, lebih dari 6 juta wisatawan yang masuk ke wilayah ini dalam setahun. Kawasan ini meliputi area sekitaran Gunung Fuji dan lima Danau Gunung Fuji (Fuji-Goko) yakni Danau Kawaguchiko, Danau Sai (Saiko), Danau Yamanaka (Yamanakako), Shojiko, dan Motosuko. Dari tempat-tempat ini, kita bisa melihat keindahan Gunung Fuji sejauh mata memandang, ditambah dengan beragam atraksi seperti museum, pemandian air panas (onsen), taman bermain, dan kebun bunga. Kita juga bisa melihat festival-festival di kawasan Fuji-Kawaguchiko, seperti festival musim gugur, festival kembang api musim dingin, atau festival Shibazakura yang terkenal. Simak liputan kontributor Tim Info Jepang dalam tema Berwisata Seru di Kawasan Fuji-Kawaguchiko.

tempat wisata di fuji kawaguchiko

Tempat wisata di Fuji Kawaguchiko

Objek Wisata di Kawasan Fuji-Kawaguchiko

1. Gunung Fuji

Gunung Fuji adalah gunung suci masyarakat Jepang dan terpilih sebagai onjek wisata nomor satu di Fuji-Kawaguchiko. Ikon wisata utama Jepang ini juga adalah roh utama kawasan wisata Fuji-Kawaguchiko. Gunung Fuji menjadi inspirasi hidup mayoritas penduduk Jepang dan tercermin dalam kebudayaan Jepang. Orang-orang Jepang dan wisatawan asing ingin berterimakasih dan mendaki Gunung yang paling sakral di Jepang ini. Selain itu, keindahan puncaknya yang berwarna putih karena salju abadi juga selalu hal yang menarik untuk dilihat. Bahkan ada yang berseleloroh, “Belum ke Jepang jika belum melihat Gunung Fuji.”

2. Danau Kawaguchiko

Danau Kawaguchiko hampir selalu kita lalui saat berwisata di kawasan Fuji Kawaguchiko. Hampir seluruh akses, baik kereta maupun melintasi Stasiun Kawaguchiko.Tidak heran itulah mengapa ada banyak objek wisata maupun hotel yang ada di sekitaran Danau Kawaguchiko. Untuk menikmati keindahan danau ini, kita bisa berjalan kaki menyusuri trek sekeliling danau atau bisa ikut serta dalam tur naik kapal kapal. Tenang, danau bisa dicapai dengan 15-20 menit berjalan kaki dari Stasiun Kawaguchiko kok! Buat teman-teman yang ingin pergi ke Museum Itchiku Kubota, Kawaguchiko Music Forest, lihat festival momiji Kawaguchiko atau festival kembang api Kawaguchiko bisa naik retro bus yang menghubungkan Kawaguchiko Station dengan tempat-tempat wisata tersebut.

Pemandangan Gunung Fuji dari Danau Kawaguchiko

Pemandangan Gunung Fuji dari Danau Kawaguchiko

3. Kereta Gantung Kachi-kachiyama

Kereta gantung kachi-kachiyama terletak di sisi timur Danau Kawaguchiko. Tempat ini sendiri menawarkan atraksi bertema Kachi-kachi yakni kelinci pintar yang menolong manusia. Tempat ini sangat kami sarankan jika teman-teman tidak mempunyai banyak waktu berkeliling kawasan Fuji-Kawaguchiko namun ingin melihat mengabadikan momen foto dengan latar belakang Gunung Fuji dari sisi lain.

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko Kachikachi-yama Ropeway

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko: Kachikachi-yama Ropeway

4. Taman Bermain Fujikyu Highland

Fujikyu Highland berada di posisi keempat, setelah Tokyo Disneyland, Tokyo DisneySea, dan Universal Studio Osaka sebagai taman bermain paling terkenal di Jepang. Di sini, ada empat wahana roller coaster pemegang rekor dunia, sebagai yang tercepat, tertinggi, tercuram, dan efek 4 dimensi pertama di dunia. Tenang, buat kamu yang tidak begitu suka wahana thriller, di sini ada juga atraksi Gundam Crisis ataupun wahana arung jeram Nagashimasuka yang keren banget. Khusus bagi anak-anak jangan lewatkan aneka permainan di Thomas Land dan K’s Thomas Cafe yakni restoran bertema Thomas yang dijamin membuat anak-anak kegirangan.

5. Kebun Bunga Hananomiyako

Kebun bunga Hananomiyako terletak di sisi utara Danau Yamanaka, salah satu dari Fuji Five Lakes. Kebun bunga seluas 300 ribu meter persegi ini punya lebih dari 1 juta tanaman bunga yang mekar bergantian sepanjang tahun. Meskipun demikian, kebun bunga ini paling bagus dikunjungi saat musim panas, yakni saat bunga kikarashi, bunga popi, dan bunga matahari mekar bersamaan. Khusus Danau Yamanaka, danau ini sangat cocok buat teman-teman yang tidak begitu suka dengan keramaian atau memang ingin suasana tenang sambil memandang Gunung Fuji. Untuk mencapai Danau Yamanaka, kita bisa naik bus dari Stasiun Kawaguchiko selama 30 menit.

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko Kebun Bunga Hananomiyako

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko: Kebun Bunga Hananomiyako

6. Oshino Hakkai

Oshino Hakkai beberapa tahun terakhir semakin terkenal sebagai objek wisata favorit di kawasan Fuji-Kawaguchiko. Keindahan kolam mata air yang jernih sering disebut sebagai “mata air Tuhan”–di mana banyak orang datang untuk berdoa. Selain terkenal dengan mata air sucinya, Oshino Hakkai juga punya pesona bangunan tradisional Jepang dari dengan atap kayu dan rumbia yang dijadikan restoran, toko oleh-oleh, dan juga museum. Selain itu, kita bisa menikmati makanan khas seperti biskuit atau crackers  dari beras maupun mochi yang manis, makanan khas Yamanashi.

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko Oshino Hakkai

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko: Oshino Hakkai

PROMO HOTEL DI DEKAT GUNG FUJI/ KAWAGUCHI-KO
(Diupdate otomatis)

Booking.com

Booking.com

7. Iyashi No Sato

Kita sejenak pergi ke tepi Danau Saiko di sisi timur Danau Kawaguchiko. Iyashi No Sato atau Nenba Hama merupakan desa tradisional paling terkenal di Jepang bersama dengan Shirakawago yang ada di Gifu dan Boso no Mura di Chiba. Suasana yang asri, perpaduan pepohonan dan air danau, serta sejuknya udara di area pegunungan Gunung Fuji, dan bangunan tradisional membuat Iyashi no Sato adalah tempat terbaik buat kamu yang ingin beristirahat.

8. Pagoda Chureito

Kalau teman-teman pernah melihat iklan wisata musim semi Jepang dengan latar belakang Pagoda, Gunung Fuji, dan bunga sakura, itulah Pagoda Chureito. Pagoda ini ada di kompleks Kuil Arakura Sengen di Fuji Yoshida, sekitar 10 menit naik kereta dari area Danau Kawaguchiko ke arah Stasiun Otsuki. Kuil Arakura Sengen sendiri adalah monumen perdamaian untuk mengenang para penduduk yang meninggal dalam peperangan. Pagoda Chureito ini adalah pilihan terbaik buat teman-teman yang hanya punya sedikit waktu untuk berkeliling di Fuji-Kawaguchiko.

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko Pagoda Chureito

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko: Pagoda Chureito

9. Kawaguchiko Music Forest

Kawaguchiko Music Forest atau hutan musik Kawaguchiko adalah area taman di tepi Danau Kawaguchi, di mana kita bisa bersantai sambil mendengarkan aneka instrumen musik. Ada bangunan aula yang sering digunakan untuk pertunjukkan musik, lalu ada museum kotak musik dan alat-alat musik berusia ratusan tahun. Tak lupa, kita bisa mengunjungi toko oleh-oleh yang menjual beragam aksesoris unik dengan bentuk-bentuk alat musik.

10. Gotemba

Nah, yang terakhir, kita bisa berkunjung ke Gotemba. Letaknya ada diantara Fuji-Kawaguchiko dan Hakone. Sambil menikmati keindahan alam Gotemba yang asri, kita juga bisa berbelanja dan membeli oleh-oleh di Gotenba Premium Outlets. Di pusat perbelanjaan seluas 400 ribu meter persegi ini, ada 210 brand shop, di mana kita bisa membeli beragam pakaian, aksesoris dan perhiasan, hingga jam tangan dan sepatu. Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan adalah naik wahana Ferris Wheel dan melihat keindahan Gunung Fuji dari ketinggian.

11. Kawaguchiko Onsen

Mumpung lagi berjalan-jalan di kawasan Fuji-Kawaguchiko, jangan lewatkan pengalaman berendam di onsen (pemandian air panas) outdoor satu-satunya di Jepang dengan pemandangan langsung ke Gunung Fuji. Saya sudah pernah membahas beberapa onsen terbaik yang bisa teman-teman kunjungi di Kawaguchiko Onsen. Salah satu yang harus teman-teman kunjungi adalah Fujikawaguchiko Onsen Konanso yang merupakan ryokan nomor 1 (terbaik) di Jepang, yang bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Kawaguchiko.

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko Onsen Konanso

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko: Onsen Konanso

Informasi dan Akses ke kawasan Fuji-Kawaguchiko

Silakan cek masing-masing link di bawah ini, karena semuanya berisi informasi penting mengenai tips transportasi ke Fuji-Kawaguchiko. Teman-teman juga bisa membaca contoh itinerary yang tertulis di komentar-komentar yang terdapat di halaman terkait.

DENGAN KERETA

Dari Shinjuku Station, kita bisa naik kereta ekspress menuju Kofu sampai Stasiun Otsuki. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Stasiun Kawaguchiko. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit. Jika memiliki JR Pass maka perjalanan sampai ke Otsuki Station akan tercover JR Pass, sedangkan dengan JR Tokyo Wide Pass, seluruh ongkos kereta (dari Stasiun Shinjuku sampai Kawaguchiko) akan tercover. Sebagai catatan, kereta Fuji Kyuko Line ini dioperasikan oleh perusahaan swasta. Tidak tercover dengan JR Pass maupun SUICA/Pasmo.

DENGAN BUS

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus di Stasiun Shinjuku. Ongkos perjalanannya sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (bergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Informasi lengkap tentang ongkos dan tempat keberangkatan bisa dibaca di Bus ke Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko. Kita dapat melanjutkan perjalanan dengan bus lokal rute Kawaguchiko yang mengitari daerah timur laut danau dan rute Saiko-Aokigahara yang mengitari bagian selatan danau.

Selain itu, tersedia bus langsung dari Bandara Haneda sampai ke kawasan Danau Kawaguchiko, Fujikyu Highland, dan Gunung Fuji. Kita bisa naik bus Keihin Kyuko (tersedia keberangkatan pada jam 6:55,10:05, 12:25, dan 14:40), dengan lama perjalanannya sekitar 2,5 jam. Harga tiket busnya 2.000 yen untuk sekali perjalanan. Informasi lengkap mengenai tiket bus dari Shinjuku, Tokyo, Haneda Airport, dan Narita Airport ke Danau Kawaguchiko bisa dilihat di halaman berikut.

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

PICA Yamanakako Village
from ‎¥23686/night
Cottage Jokigen
from ‎¥33309/night
Guesthouse Hiiragi
from ‎¥7123/night
Teishaba Guesthouse&
from ¥3028/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Itchiku Kubota
Pintu masuk Museum Seni Itchiku Kubota
Taman Asahiokakohan
Musim gugur di Taman Asahiokakohan Yamanashi
Kebun Bunga Hananomiyako
Pemandangan Kebun Bunga Hananomiyako
Gotenba
Keindahan Gunung Fuji dari Gotenba

Sumber gambar : Flickr Kuruman, yuichi harada, shuzo serikawa, Reginald Pentinio, Clint, Maxime Guilbot

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: December 15, 2016

Close Comments

Comments (28)

  1. Halo Pak Nugroho,sy mau.ty itu dari no 1-11 adalah lokasi lokasi yg dianjurkan berurutan utk dikunjungi bukan ya? Trus utk dari 1lokasi ke lokasi berikutnya tdk’ada detailnya ya pak naik apa? Dan biaya masuknya berapa. Utk.rute yg kawaguchiko ini.bs naik.cruise di mana aja.dgn.biaya brp ,tq Pak.Nugroho ;))

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Nomor 1-11 bukan berdasarkan urutan, namun dari jumlah kunjungan ke website/ tempat wisata yang terkenal dan banyak dicari.
      Untuk ke satu lokasi ibu bisa membaca bus di daerah wisata Kawaguchiko, atau mengklik link terkait, seluruh informasinya bisa ditemukan di masing-masing artikel. Kalau ditulis jadi satu semua ya jadi susah dibaca.. Salam

    • Lala Austy  |  

      Ok Pak, utk masuk tempat wisata tidak ada pass yg bs dipake masuk.ke bbrp tmpt wisata? Utk.biaya ada info nya ga ya pak utk naik cruise di.kawaguchiko lake dan masuk fujikyu highland? Tq pak nugroho 🙂

  2. Terimakasih pak nugroho. Kalau dengan supir biayanya berapa ya pak?. Trus itu sdh termasuk bensin dan mobilnya utk kapasitas brp orang ya pak?.

    Trus saya mau menanyakan pak. Bedanya kalau lewat hakone dengan lewat kawaguchicko apa ya pak?.

    Tujuan saya mau ke mt fuji. Sebaiknya lewat hakone atau lewat kawaguchicko ?. Dan lbh banyak yang mana utk tempat wisatanya?.

    Makasih sebelumnya pak nugroho.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau pemesanan terakhir di tahun baru yang lalu, mikrobus 19 orang plus supir harganya 130-140 ribu yen.
      Jadi kalau 12 orang plus supir sekitar 80-100 ribu sudah sekalian sama bensin dan guide bahasa Indonesianya.
      Untuk perjalanan dari Hakone atau Kawaguchiko sama saja Ibu, kalau memang ingin melihat tempat wisata Hakone lebih banyak, bisa masuk dari Hakone. Tapi kalau sebaliknya, bisa dari Kawaguchiko dan berkeliling tempat wisata di Kawaguchiko lebih dulu. Untuk tempat wisatanya sendiri sama saja Ibu banyaknya, tinggal dipilih mana yang ingin dilihat oleh sekeluarga. Salam

  3. Siang pak nugroho. Saya ingin menanyakan . Jika rute saya :

    Tgl 22 : city tour tokyo
    Tgl 23 : disneyland
    Tgl 24 : danau kawaguchiko dan mt fuji
    Tgl 25 : disneysea
    Tgl 26 ; tokyo osaka. Menginap di osaka
    Tgl 27 : universal studio japan
    Tgl 28 : osaka -kyoto
    Tgl 29 : osaka -nara
    Tgl 30 : krmbali dari osaka via kanzai

    Pertanyaan saya :
    1. Apakah dengan JR pass menguntungkan juka rutenya seperti itu?
    2. Dari danau kawaguchicko ke mt fuji apakah ada bus/ kereta ?.
    3. Kalau menggunakan JR tokyo wide pass apakah lebih menguntungkan?..
    4. Jika saya ingin sewa mobil dr shinjuku ke daerah kawaguchicko dan mt fuji biayanya berapa ya pak?. Utk 8 dewasa dan 3 anak anak. Pada tanggal 24 juni 2017.

    Makasih sebelumnya pak nugroho.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Karena hanya satu arah dari Tokyo ke Osaka, sebaiknya jangan membeli JR Pass.
      2. Dari Danau Kawaguchiko itu sudah bisa melihat Gunung Fuji. Kalau mau naik Gunung Fuji, bisa memilih rute pendakiannya di halaman berikut.
      3. Kalau hanya mau ke Fuji Kawaguchiko, tidak menguntungkan menggunakan Tokyo Wide Pass, kecuali mau pergi ke tempat lainnya.
      4. Apakah sekalian dengan supir? Harganya mungkin sekitar 40.000-60.000 yen, nanti akan saya tanyakan terlebih dahulu.

  4. Pa,, tlg d Bantu,, jika sy Dari shirakawago-mt. fuji,, harus naik ap n beli pass ap juga y,,cz rute perjalanan osaka-Kyoto-takayama-shirakawago-mt fuji-gotemba-Tokyo-osaka,, cz flight pp Osaka start dr tgl16 sd 24 feb,,

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mohon maaf Ibu, Tim Info Jepang tidak melayani pembuatan itinerary atau saran-saran pass via website karena detailnya sangat panjang dan hanya akan membuat pengunjung lain bingung. Silakan bisa dicari di website infojepang (gunakan kotak search bewarna biru, pasti ketemu hasilnya).
      Jika Ibu memerlukan bantuan secara privat, bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Salam

    • Maaf pak,, sy bkn menanyakan itinerary tp jika sy dari shirakawago ke mt Fuji,, transportation ap yg harus ambil n brap biaya y?? Mohon pencerahan y

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak ada rute kereta langsung, Naya harus kembali ke Tokyo dahulu, bisa dari Kanazawa-Tokyo dengan kereta Shinkansen Hokuriku. Akses lengkap dan biayanya bisa langsung dibaca di Shirakawago di Gifu. Dilanjutkan dengan kereta dari Tokyo ke Otsuki dan Kawaguchiko di kaki Gunung Fuji.
      Atau bisa naik bus langsung dari Takayama menuju ke Kawaguchiko Station di artikel Info Wisata Shirakawago.
      Salam.

  5. Hai Pak Nugroho, ada yg ingin saya tnyakan mengenai trip Fuji 🙂
    Ini ttineary saya

    Tgl 23 feb osaka- tokyo
    24 disneysea
    25 fuji
    26 kyoto- osaka

    Yg ingin saya tanykan
    Kalau ingin ke kawaguchiko dan menaiki kereta gantung kachi – kachimaya , rute ksana dr shinkuku station harus membayar brp yen? Krn tdk tercover jrpass ya?
    Dan apakah memungkinkan menunggalkan fuji dihari yg sama menuju destinasi selanjutnya? Atau harus menginap?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk ongkos Kachikachi Yama Ropeway bisa dibaca di link terkait.
      Lalu jika memiliki JR Pass maka hanya ongkos perjalanan sampai ke Otsuki Station akan tercover JR Pass, dan harus menambah 1.140 yen sampai Kawaguchiko Station. Kalau hanya mengunjungi Kawaguchiko dan Kachikachiyama bisa dilakukan dalam satu hari.
      Salam

    • Pukul brp jadwal yg pas utk start mengunju gi fuji dan menunggalkan fuji, mwngingat bulan feb masih dingin y pak?
      Oiya sebaiknya saya lgs melanjutkan perjalanan ke kyoto atau kembali ke tokyo? Besok harinya baru pergi ke kyoto?
      Klo harus meneruskan perjalanan ke kyoto, artinya saya harus membawa koper dan menitipkanya di stasiun, dimana bisa saya titipkan y?
      Trm ksh 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mengenai waktunya terserah Ibu mau berapa jam di Kawaguchiko. Namun sepertinya tidak banyak yang bisa dilihat pada bulan Februari.
      Perjalanan dari Kawaguchiko ke Kyoto jalurnya memutar dan perlu sekitar 4,5jam perjalanan.
      Bagaimana kalau sebelum ke Kyoto mampir ke Kawazu Izu? Salam

    • Wah interesting…
      jd sebaiknya kembali ke tokyo dan esoknya sebelum sampai ke kyoto mampir ke kawazu izu? Seperti itukah?
      Apakah waktu yg dibutuhkan cukup?

    • Atau apakah sebaikny perjalanan ke fuji saya batalkan, mengingat feb bukan bulan yg cocok utk mengunjungi fuji?
      Jd perjalanan saya ganti lgs menuju kawazu izu dan dilanjutkan ke kyoto

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Perjalanan ke Fuji bisa diganti dengan Kawazu Izu, di mana ada hanami spektakuler bunga sakura yang berlangsung di bulan Februari. Eca bisa naik shinkansen dari Stasiun Tokyo dan turun di Stasiun Atami, dilanjutkan dengan naik kereta lokal. Setelah puas berkeliling, bisa lanjut ke Kyoto dengan shinkansen. Salam.

  6. Sampai di haneda dan pulang melalui kansai
    hari ke 3 : kawaguchi lake
    hari ke 4 : gala yuzawa
    hari ke 5 : berangkat ke kyoto
    Pass apa yang harus saya beli selain JR Pass apakah ada pass yang lebih murah dan dapat mengcover perjelanan tersebut?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Elvira. Mohon info itinerary lengkapnya di Jepang.
      Supaya Tim Info Jepang bisa memberikan saran lebih akurat. Salam

  7. Sudrajat Setyoadi  |  

    Pak, saya rencana ke kawaguchiko dan snow resort fujiten tgl 28-29Jan 2016, utk winter coatnya sendiri gimana ya? apakah utk ski resort ada yg menyewakan winter coat khusus ski? terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Untuk rental winter coat tersedia di Resort Ski Fujiten. Yang tidak tersedia, adalah sarung tangan dan topi dingin untuk menutupi telinga. Jadi ini yang musti dipersiapkan. Salam

  8. Selamat siang pak,

    Saya berencana untuk mengunjungi Osaka dan Kyoto dalam 5 hari…kemudian dilanjutkan Tokyo 7 hari. Dan saya akan menginap di Osaka dan Tokyo.
    Rencananya saya pindah dari Osaka ke Tokyo dengan menggunakan Willer bus.

    Menurut bapak, lebih baik saya menggunakan JR pass atau cukup menggunakan daily pass yang ada di tiap kota (plus Willer untuk pindah Osaka ke Tokyo)?

    Thank you sebelumnya pak

  9. Pak, saya mau wisata dari tokyo ke kawaguchiko bolehkah? Naiknya apa dan wisata apa aja yang bisa ditemui sekitar kawaguchiko. Terima kasih

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!