Liburan Murah dengan Naik Bus Malam di Jepang

You are here Home  > Center Town, Transportasi Jepang >  Liburan Murah dengan Naik Bus Malam di Jepang

Ada banyak pertanyaan yang masuk melalui email maupun layanan Tour Guide Online Info Jepang terkait cara atau tips liburan murah di Jepang. Mudah saja sebenarnya, pertama cari tiket pesawat promo ke Jepang, lalu tempat menginap/ hotel yang murah, dan tentu cari moda transportasi yang murah. Kalau hanya ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di satu kota saja mungkin kita tidak terlalu pusing, seperti mengunjungi objek wisata di Kyoto atau Tokyo. Namun, yang jadi masalah adalah kalau kita ingin mengunjungi beberapa kota sekaligus dengan jarak yang lumayan jauh. Naik kereta atau Shinkansen tentunya terasa berat, apalagi JR Pass 7 hari harganya 29.110 yen atau hampir 3,5 juta, itu baru satu orang. Kalau bepergian bersama keluarga? Wah, menguras isi kantong juga. Nah, Tim Info Jepang punya solusi yang bisa dicoba: dengan naik bus malam di Jepang.

Liburan di Jepang pasti tidak jauh dengan yang transportasi kereta. Kereta adalah moda transportasi utama di Jepang, termasuk bagi kita untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Kereta mungkin jadi solusi terbaik mengunjungi objek-objek wisata di dalam kota yang sama, atau setidaknya kota-kota yang berdekatan: seperti Tokyo, Yokohama, dan Chiba atau Kyoto, Osaka, dan Nara. Namun jika harus mengunjungi kota berbeda yang jaraknya cukup jauh seperti Tokyo Kyoto atau Tokyo Osaka dengan menggunakan kereta, harganya tentu akan mahal sekali.

Sebagai contoh, tiket Shinkansen Tokyo-Kyoto 13.080 yen (sekitar 1,6 juta) atau Tokyo-Osaka 13.620 yen (hampir 1,7 juta). Mungkin terlihat murah kalau 1 orang, namun kalau kita pergi sekeluarga? Apakah ada cara yang lebih murah?

Liburan Murah dengan Naik Bus Malam di Jepang

Mengapa naik bus malam bisa jadi pilihan? Ya tentu karena harganya yang jauh lebih murah daripada naik kereta Shinkansen, bahkan jika dibanding dengan kereta biasa. Salah satu penyedia jasa bus malam terbesar di Jepang adalah Willer dengan armada busnya Willer Express. Selain itu, karena ini adalah bus malam, maka kita akan melewati malam di dalam bus, jadi kita bisa menghemat pengeluaran 1 malam tanpa penginapan atau hotel. Wah makin penasaran kan?

Bus malam tingkat dua Tokyo ke Osaka

Bus malam tingkat dua Tokyo ke Osaka

Berapa harga tiket naik bus malam?

Harga tiket naik bus malam bervariasi, berikut ini Tim Info Jepang berikan beberapa tiket untuk rute penting dan paling banyak ditanyakan oleh para pembaca maupun pengguna jasa Tour Guide Online.

  1. Tokyo – Kyoto/ Osaka 3.200 yen
  2. Tokyo – Nagoya 2.100 yen
  3. Tokyo – Sendai 2.700 yen
  4. Kyoto atau Osaka – Hiroshima 3.360 yen

Nah, dari harga naik bus di atas, bisa dilihat kan perbedaannya hampir 4 kali lipat. Jika naik kereta dari Tokyo sampai Kyoto kita harus merogoh kocek sampai 13.000 yen lebih, dengan bus malam hanya 3.200 yen. Tentu berguna banget buat teman-teman yang ingin menekan pengeluaran atau memang merencanakan liburan murah di Jepang. Perlu dicatat, harga tiket diatas adalah harga termurah dan hanya untuk dijadikan patokan pembanding dengan naik shinkansen. Tiket bus berubah tergantung hari (akhir pekan harganya lebih mahal) atau jenis tempat duduk (ada tempat duduk biasa, tempat duduk lebih lapang dan lebih empuk, atau dengan gorden untuk menjaga privasi).

Berapa lama perjalanannya?

Lama perjalanan dari Tokyo – Kyoto sekitar 7 jam perjalanan dan Tokyo – Osaka sekitar 8 jam perjalanan. Tim Info Jepang menyarankan untuk memilih keberangkatan sekitar jam 10 atau 11 malam, sehingga kita bisa sampai di tempat tujuan kita keesokan paginya.

Di mana lokasi keberangkatannya?

Tempat atau lokasi keberangkatan bus malam ini mayoritas di dekat stasiun, terminal, dan halte bus di gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan. Jika di Tokyo, kita bisa naik di depan Stasiun Tokyo, Shibuya, Akihabara, halte bus Tokyo Tower, terminal bus Hamamatsucho, halte bus Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea, dan juga Bandara Narita.

Baca juga: panduan lengkap mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea

Di Kyoto atau Osaka, lokasinya ada di Stasiun Kyoto, Stasiun Osaka di Umeda, dan Namba, atau di mayoritas halte bus di seluruh kota.

Untuk mengecek lokasi keberangkatan lainnya, teman-teman bisa mengunjungi website Willer Express.

Bagaimana membeli tiket busnya?

Kita bisa membeli tiket bus langsung melalui website Willer Express. Setelah memesan tiketnya, kita bisa membayarnya menggunakan kartu kredit berlogo Visa, MasterCard, JCB, atau American Express. Ini kalau teman-teman mau memesan tiket sebelum berangkat di Jepang. Cara ini Tim Info Jepang sarankan, karena bus malam ini semakin populer di Jepang termasuk para wisatawan. Jadi ada kemungkinan tiket habis terjual apalagi untuk tujuan-tujuan yang ramai seperti Tokyo-Kyoto, Tokyo-Osaka, atau Osaka-Hiroshima, pada masa-masa puncak liburan (seperti musim semi atau musim gugur).

Selain itu, kita juga bisa membayarnya di toko-toko swalayan yang tersebar di seluruh Jepang, seperti Lawson, Family Mart, atau Seicomart. Teman-teman cukup membawa print-out dari email konfirmasi di mana ada kode pemesanan. Untuk pembayaran di toko swalayan ini hanya bisa dilakukan dengan tunai ya.

Liburan Hemat dengan Japan Bus Pass

Selain tiket harian biasa (sekali keberangkatan atau tiket pulang pergi), tersedia juga Japan Bus Pass. Sistemnya sama persis dengan Japan Rail Pass, di mana kita bisa bebas pergi ke mana saja tanpa perlu membayar tiket lagi, namun ya tentu hanya berlaku untuk bus.

Harga Japan Bus Pass adalah sebagai berikut.

Harga Japan Bus Pass

Jumlah hari di atas Selain memudahkan kita untuk bepergian di Jepang, terutama bagi teman-teman yang ingin berkeliling atau mengunjungi beberapa kota, Japan Bus Pass ini tentu jauh lebih murah. Dan satu keuntungannya lagi adalah, kita bisa bebas mengatur jadwal keberangkatan kita. Artinya, kita bisa singgah setengah hari di kota-kota yang kita lalui untuk sekadar berkeliling.

Misalnya, kita naik bus dari Tokyo-Osaka dengan menggunakan Japan Bus Pass 3 hari. Kita mulai perjalanan dan berangkat jam 12 malam dari Stasiun Shibuya. Kita akan tiba di Nagoya sekitar pukul 6 pagi.

Sakura di Nagoya Castle

Nagoya Castle

Di Nagoya, kita bisa mengunjungi objek wisata Nagoya, seperti Nagoya Castle atau berbelanja di Sakae Nagoya yang terkenal dengan barang-barang murahnya. Lalu, jam 12 siang setelah makan siang di Stasiun Nagoya, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Kyoto dan tiba sekitar jam 3 sore.

Kita bisa mengunjungi Kuil Kiyomizudera yang indah di sore hari. Lalu mengunjungi Gion dan Philoshoper Path, dan Kuil Fushimi Inari yang megah keesokan harinya. Agar tidak perlu membayar hotel, teman-teman bisa menaruh barang bawaan di loker Stasiun Kyoto. Jam 5 sore, kita lalu bisa meninggalkan Kyoto menuju ke Osaka. Menghabiskan satu hari di Osaka, kita bisa kembali ke Tokyo malam harinya.

HEP Ferris Wheel Osaka

Umeda Osaka

Itu cuma salah satu contoh perjalanan Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka yang murah dengan menggunakan Japan Bus Pass selama 3 hari. Bayangkan, cuma 10.000 yen, kita bisa berkeliling dan mengunjungi 3 kota tersebut.

  • Hari 1: Nagoya di pagi hari dan Kyoto sorenya.
  • Hari 2: Kyoto di pagi hari dan tiba Osaka sore.
  • Hari 3: Berkeliling di Osaka di pagi hari dan kembali menuju Tokyo di malam harinya.

Informasi penting terkait naik bus malam di Jepang

  1. Bus akan berhenti setiap 2 jam sekali selama 10-15 menit, baik di Rest Area (tempat istirahat di dalam tol) atau di pusat kota yang sedang dilewati. Ini dia salah satu keseruan yang bisa kita rasakan dengan naik bus. Kita bisa mengunjungi kota-kota yang kita lalui begitu saja jika kita naik kereta. Semisal kalau kita naik bus dari Tokyo ke Kyoto, kita akan melewati Yokohama, Shizuoka, dan Nagoya.
  2. Di dalam bus, kita harus menjaga ketenangan agar tidak menganggu para penumpang lainnya. Termasuk jika ingin mengatur posisi duduk, pastikan untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada penumpang di belakang.
  3. Untuk sampah, kita harus mengumpulkannya di dalam kantong dan membuangnya setiap kali bus berhenti di tempat beristirahat.

Sumber gambar: Wikipedia Commons, Wikipedia Commons

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: January 16, 2017

Close Comments

Comments (118)

  1. Mau nanya donk utk masalah transportasi..klo dr haneda ke mount fuji naik apa yg murah??begitu juga sebalik ny dr mount fuji ke toyo???
    Kemudian dr tokyo ke osaka naik apa yg murah?? Begitu pula sebalik ny dr osaka kembali ke tokyo???
    Dan saat dalam kota tokyo kita menggunakan transpotasi apa yg rekomended slama 2 hari??
    Begitu pula saat di dalam kota osaka slama 2 hari menggunakan transportasi apa??

  2. Hallo Bang Nugroho
    mau nanya, dimanakah saya bisa beli tiket bus dari Tokyo ke Kyoto?
    adakah website untuk mendapat informasi?
    apakah kita juga bisa beli sebelum sampai ke Jepang
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak/ Ibu. Silakan dibaca artikel di atas dengan seksama.
      Tim Info Jepang sudah menyertakan link untuk booking tiket online willer bus. Mohon dicek. Salam

  3. Jika beli pass slama 5,, utk route Osaka-Kyoto-Shirakawago-gn Fuji-Tokyo-osaka,, ap smua route tsbt bs tercover,, cz rencana y tdk ingin pesan willer bus,,jika tdk tercover mohon d berikan solusi y

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu/ Bapak. Silakan menggunakan JR Pass sebab sudah balik modal kalau mengunjungi Osaka-Kyoto-Shirakawago-Gunung Fuji-Tokyo-Osaka.
      Salam

  4. Hai,,

    Jika route dr Shirakawago ke gunung fuji,,apa ada jalur langsung or transit dlu,, Dan Jenis transportation ap bus or kereta y,,mohon pencerahan dr tim info jepang,,

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu/ Bapak. Tersedia bus langsung dari Takayama menuju ke Kawaguchiko/ Gunung Fuji. Informasi mengenai ongkos dan jam keberangkatan bisa dicek di info wisata Shirakawago. Salam

  5. Mau tanya, untuk Japan Bus Pass Apakah bisa di pakai berbeda-beda hari yang penting masih masuk dlm 2 bulan batas pemakaian..
    Contoh : Pembelian untuk 3 hari All Days Pass
    Tgl 21 April ’17 : Tokyo – Toyama, Berangkat malam dan sampai pagi 22 april : 1 hari
    Tgl 22 April ’17 : Toyama – Kyoto, Berangkat malam dan sampai pagi 23 April : 1 hari
    Lalu diselang pemakaiannya
    Tgl 26 April’ 17 : Osaka – Nagoya, berangkat pagi dan lanjut Nagoya-Tokyo tgl yang sama tetapi berangkat malam dan sampai di tokyo tgl 27 April Pagi

    Apakah untuk rute tersebut bisa dipakai untuk Pass yang 3 hari All days pass (12,500 JPY)??
    Karena saya baca di ketentuannya apabila melewati malam tersebut tetap dihitung hari sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tiga hari itu penggunaan berurutan Bara. Jadi kalau kamu mulai memakai pass ini tanggal 21 April, maka maksimal hanya sampai tanggal 23 April. Melihat jadwal kamu lebih baik membeli Japan Bus Pass 7 hari.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Jangan naik bus ibu, sebab perjalanannya jauh dan sering macet. Lebih baik naik kereta.
      Bukannya transportasinya sudah tertulis di link Arashiyama?
      Aksesnya: Saga Arashiyama Station-Kyoto Station dengan JR San-in Main Line lanjut Kyoto Station-Osaka Station dengan JR San-yo Main Line (total lama perjalanan 48 menit, ongkosnya 950 Yen)

  6. Pak, mau tanya, kalau dari kyoto ke Osaka naik bus malam bisa gak? Final destination di Kyoto adalah Arashiyama. dari Arshiyama ke kyoto dengan bus bagaimana caranya? Mohon diinfokan juga stasiun bis dari kyoto ke stasiun bis Osaka.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Dian. Kyoto dan Osaka itu dekat, hanya 30 menit naik kereta, jadi tidak ada bus malam di antaranya.
      Untuk perjalanan ke Arashiyama dari Osaka, bisa dibaca di Info Wisata Arashiyama. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau menurut ketentuan di website willerbus, batas akhir atau deadline pembayaran tiket bus adalah 3 hari sebelum keberangkatan.
      Batas akhir pembayaran tertulis di email konfirmasi yang dikirimkan setelah pembelian via online. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi David. Tempat pemandian air panas umum ada di kota-kota besar, seperti pemandian air panas di Tokyo. Namun ada juga yang tidak menyediakan pemandian air panas secara umum, hanya bagi yang menginap di ryokan/ penginapan lokal.
      David sendiri naik bus malam ke arah mana? Salam

    • Bkn onsen, pemandian umum yg biasa.
      Kaya di terminal 3 soeta kan ada pemandian umum yg bayar tuh. Nah klo di jpg ada g y (tp bkn di bandaranya y)?
      Di terminalnya ada locker jg g y?
      Msh galau mw pke bus mlm dr mna ke mana nih pak, susun ittinnya dl. Nanti saya konsultasi lg y. Mohon bantuannya.😀

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau di Airport seperti Narita dan Kansai Airport tersedia prayer room dan shower room. Tapi kalau naik bus malam kan ke arah kota Pak, yang ada ya hanya pemandian air panas umum. Tidak ada shower room di tempat-tempat seperti stasiun dsb. Untuk loker bisa dibaca di Menggunakan Loker Stasiun di Jepang.
      Salam

  7. mas nugroho, untuk kapasitas bagasi di bis ini apakah ada ketentuannya?atau bebas?mengingat kami akan bawa 2koper besar dan 1 koper cabin.
    oiya kalo naik shinkansen tokyo-osaka apakah jg ada ketentuan bagasi yang dibawa?atau modelnya sama seperti kita naik pesawat ada tempat bagasi khusus.terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Untuk naik willer bus, kapasitas bagasi untuk satu orang adalah sampai 2 koper, dengan maksimum dimensi panjang x lebar x tinggi 240 cm.
      Bisa juga tambah satu barang dibawah 10 kg maksimum dimensi panjang x lebar x tinggi 100 cm untuk dibawa ke dalam kabin bus.
      Untuk koper di shinkansen silakan dibaca di Tips Membawa Koper saat Bepergian Naik Kereta di Jepang. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak Stebert. Tim Info Jepang mengecek, bus willer berangkat malam dari halte keberangkatan Toyama Station jam 23.10 dan 23.50. Salam

    • Mkasih min.. Oiya sya kan rencana utk beli yg 3day.. Utk pmbelian apa hrus mncantumkan jadwal jam brangkat ya? Atau bebas mau brangkat jm brpanya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, bus malam atau bus ekspress antar kota memang harus memesan tiket dan tempat duduk berdasarkan jadwal keberangkatan.
      Kecuali bus lokal dalam kota bisa naik tanpa memesan tiket. Salam

  8. Selamat pagi pak,

    mau tanya kalau saya ada rencana dari :
    1.Tokyo (hotel area Ueno)-Kawaguchiko, dari station mana untuk naek willer? dan biaya yang dibutuhkan berapa untuk PP? apakah harus reserved seat dahulu?

    2. Tokyo – Alpine route (menginap semalam) – Osaka (apakah ada rute yang disarankan untuk sepert rute seperti ini?), jika ke Alpine route station yang dipilih Toyama atau Nagano?dan berapakah harganya?

    Terima kasih

  9. selamat sore Pak,.mohon infonya saya rencana tanggal 09 maei 2017 mau ke alpine route dari kyoto,.mohon pentunjuk naik willer bus saya bisa naik darimana di kyoto?

    Dan untuk tanggal 10 Mei 2017 saya dari alpine route akan balik ke tokyo menggunakan willer bus malam lagi, mohon petunjuknya? terima kasih sekali ya Pak..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa pilih rute Kyoto-Toyama, dan pulangnya dari Nagano-Tokyo. Silakan bisa dicek sendiri tempat keberangkatan, karena tempatnya berbeda tergantung tanggal dan jam keberangkatan.
      Lalu ibu bisa mempertimbangkan membeli Tateyama Kurobe Alpine Route Option Ticket yang mengcover perjalanan di Tateyama. Salam

    • Irene Y S  |  

      Terima kasih untuk penjelasannya ya Pak,.apakah memungkinkan setelah satu hari explore di alpine route langsung pulang ke tokyo menggunakan bus malam?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Silakan bisa dicari bus dari Nagano (stasiun terakhir bila menggunakan Tateyama Kurobe Alpine Route Option Ticket) menuju ke Tokyo dan disesuaikan waktunya. Kalau tidak ada, tersedia juga shinkansen langsung ke Tokyo dari Nagano Station. Salam

    • Irene Y S  |  

      selamat pagi Pak,.terima kasih untuk jawabannya,.saya sudah coba searching di website willer bus untuk dari nagano ke tokyo, namun banyak sekali pilihan keberangkatan bus, mohon infonya dari saya turun terakhir menggunakan pass alpine route, saya kemana dan naik willer bus darimananya Pak?terima kasih sebelumnya

    • Irene Y S  |  

      mohon maaf Pak,.ada yang saya mau tanyakan lagi,.apakah bisa langsung dari NAGANO ke gunung fuji,.kalau bisa, saya naik bus willer tujuannya memilih apa ya Pak?terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau dicek tidak ada bus langsung Nagano menuju ke arah Kawaguchiko. Mungkin ibu harus ke arah Tokyo/ Shinjuku dulu baru kemudian naik bus ke arah Kawaguchiko. Bus dari Nagano Station (silakan cari pakai keyword ini) berangkat jam 06.10, 07.10, 08.10, 10.10, 13.10, 17.10, 18.10, 23.00, 23.30.
      Salam

  10. Hi Infojepat.net… nanya ya 🙂 saya PP dari narita. Landing di narita sore jam 4-an, Mau langsung ke Kyoto pake willer buss dari narita bisa ga ya? terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau pakai bus malam hanya tersedia jam 21.40. Mungkin kalau ke Tokyo Station pilihan bus lebih banyak. Salam

  11. Pak, kalau naik Willer bus di Umeda Building, ada tidak tempat penitipan koper?..jadi saya mau menikmati wisata Umeda Building dulu sambil nunggu jam berangkat busnya, tapi tidak mau repot bawa2 koper. Terima kasih.

  12. Min, mau tanya lg hehe, klo dr kyoto osaka brp jam perjlanan naik willer bus? Rencana itenarary sy bgini min, mohon arahannya: tgl 27 maret 2017 (senin malam) jam 10/11 mlm sy rencananya berangkat dr tokyo ke kyoto naik willer bus dan tiba tgl 28 maret pagi di kyoto. Tgl 28 maret 2017 sy explore kyoto dari pagi ampe malam, lalu jam 10:00 mlmnya lnjut lg perjalanan ke osaka dan tiba di osaka tgl 29 maret 2017 pagi. Pagi explore osaka sekaligus explore universal studio sampai mlm. Jam 10/ 11 mlmnya naik willer bus dari osaka ke tokyo. Dan tiba di tokyo tgl 30 maret 2017 pg. sy ga ambil penginapan selama ke kyoto dan osaka, kira2 ada kmr mndi umum utk bs mandi? Klo ada pls infonya d mn? Byr tdk? Tiket willer bus bs pesen return (pp) dgn rute tokyo-kyoto-osaka-tokyo?Jika PP harganya brp? Selama sy jln2 di kyoto dr satu tempat wisata ke tempat wisata lain msh naik willer bus atau naik transportasi lokal lg? Jika naik transportasi lokal selama di kyoto naik apa apa transportnya? Di kyoto selama 1 hari dr pg ampe mlm rencananya sy mengunjungi fushimi inari shrine, arashiyama dan sagano, kuil kinkakuji dan kuil kiyomizudera. Ditunggu jawabannya min. Makasih banyak2 utk bantuannya. 😊😊😊

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Willer Bus adalah bus malam antar kota dan tidak melayani perjalanan di dalam kota. Kalau mau berkeliling di kota Kyoto, bisa naik bus kota Kyoto dengan one day pas seharga 500 yen. Untuk perjalanan dari Tokyo menuju ke Osaka dengan bus malam, waktunya kira-kira 8 jam. Harganya sendiri berbeda-beda, tergantung tanggal, jam keberangkatan, dan halte keberangkatan. Bisa dicek di website willer bus nya langsung. Lalu koreksi, perjalanan dari Kyoto menuju ke Osaka tidak bisa dengan bus malam, silakan menggunakan kereta karena jaraknya dekat hanya 30 menit. Salam

    • Ervina nuraeni  |  

      Pak, mhn infonya kembali, apakah mksdnya sebaiknya sy pesen willer bus pp tokyo-osaka? Sy bs turun di kyoto jln2 seharian di kyoto lalu nymbung naik kereta ke osaka, dari osaka-tokyo naik willer bus lg, bgtukah mksdnya pak? Tks sebelumny utk jawabannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu, silakan membeli willer bus dari Tokyo-Kyoto, dan Osaka-Tokyo supaya ongkosnya lebih hemat sedikit. Salam

    • Ervina nuraeni  |  

      I see. Terimakasih banyak atas informasi dan pencerahan rute perjalanannya pak. Very helpful. Gbu pak.

  13. Exceline Angelia  |  

    Malam pak nugroho..pak mohon petunjuk yaa..kl km dr asakusa mau ke tokyo station naik kereta apa ya pak? Apakah ada yg langsung krn km bawa kopor? Semisal taxi itu d tokyo charge nya brp ya pak? Tks atas bantuan bpk. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kamu bisa naik kereta Tokyo Metro Ginza Line sampai Stasiun Ueno, lalu pindah ke kereta JR Yamanote Line/ JR Joban Line sampai Stasiun Tokyo. Kamu bisa bawa koper kok naik kereta, asal hindari jam sibuk (7-9 pagi) dan (18-20 malam). Taksi di Tokyo untuk jarak dekat mulai dari 2.000 yen. Untuk Asakusa ke Tokyo mungkin sekitar 3.500-5.000 yen (tergantung kondisi lalu lintas). Salam.

  14. Halo, naik willer bus dari tokyo ke kyoto aku sering baca dari sumitomo building shinjuku, katanya bisa naik dari akihabara juga ya? Persisnua darimananya station akihabara ya? Apakah nanti ada petunjuknya? Thanks chris.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Sellya. Silakan dicek sendiri saat memesan tiket bus Willernya, sebab lokasi keberangkatan bus Willer tidak cuma satu tempat, tergantung hari dan tanggalnya.
      Salam

  15. Pak, saya sekeluarga mau ke Jepang bulan Mei 2017. flight smp di osaka dan berniat naik willer express night bus ke tokyo. saya baca bahwa nanti begitu mendarat di osaka, station willer ada di umeda building. pertanyaan saya, kapan saya bisa mulai beli tiket willernya? dan saya isi stationnya yang osaka apa dan tokyo apa? karena beberapa hari ini saya coba beli lewat webnya willer express,denagn origin osaka, destination tokyo, announce the bus that you search can not found. apa ada period jika mau beli yang mei harus belinya di 2017 juga ? terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tiket bus Willer Express Online hanya tersedia satu bulan sebelum tanggal keberangkatan. Salam

  16. Halo mas
    Brrti klo udh pnya e ticket willer bus stelah bayar pake kredit card, ga perlu dtuker kmna2 lg tiketnya? Lgsg ke gate bus brngkt aja?
    Lgsg tnjukin lewat smartphone aja bsa atau gmn?

    Susah jg ya bayarnya bila yg ga pnya kredit card pribadi
    Hehe

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, gak perlu lagi bu. Cukup datang ke loket tiket/ halte busnya. Lebih baik diprint saja bu supaya lebih praktis. Ya, memang credit card memudahkan liburan. Kalau tidak ada silahkan membeli melalui agen-agen wisata saja kalau tidak ada kartu kreditnya. Salam.

  17. Haloo pak.. mau tanya. Bus malam paling murah yg bs utk bawa koper namanya apa ya? Saya mau ambil rute Osaka-Tokyo tgl 17 nov malam. Mohon dibantu infonya yaa..
    Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Silakan bisa reservasi willer bus karena websitenya tersedia bahasa Inggris.
      Salam

  18. Pa kl sy mau ke kyoto membeli japan bus pass dgn iten bgn bisa?
    H1 tokyo -nagoya-balik lg ke tokyo.
    H2 istirahat di tokyo.
    H3 tokyo-kyoto balik lg sore ke tokyo?
    Atau langs dr tokyo ke kyoto dgn willer bus sore plg ke tokyo?tdk membeli JBP.
    Trimakasih pa.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Yani, bisa kok kalau dilihat itin kamu. Cuma kalau boleh kami saranin, lebih bagus rutenya Tokyo-Nagoya-langsung ke Kyoto-Osaka-kembali ke Tokyo, karena Nagoya letaknya ada di tengah-tengah Tokyo dan Kyoto. Jadi lebih efektif perjalanan kamu. Kalau mau menginap bisa juga kok di Nagoya. Salam.

  19. Jd ga bsa klo ga pnya kredit card ya pak?
    Saya baca di artikel cara beli tiket bus malam infojepang kok ad yg bsa dbayar di toko swalayan yg trsebar di sluruh jpng ya?
    Apa beda?
    Saya rencana naik willer bus yg pagi sih sampenya siang di tujuan. Bkn yg mlm
    Apa bsa ya? Krna sya ga ad krtu kredit pribadi

    Dan sya rencana kn pake xl yg krjasama sm softbank
    Sgnal softbank dsna ap bgus ya? Mencakup shirakawago, gala yuzawa dan mt fuji dan daerah kansai ga ya?

    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Untuk pembayaran tiket dengan uang tunai di toko-toko swalayan khususnya ditujukan pada orang-orang Indonesia yang menetap di Jepang.
      Pembayaran cukup sulit dilakukan, karena harus menginput informasi ke dalam mesin di toko swalayan. Nah, di beberapa toko mesin ini hanya menampilkan bahasa Jepang saja. Tentunya akan sangat sulit bagi turis orang Indonesia yang baru pertama kali datang. Untuk itulah, kami menyarankan untuk membayar via kartu kredit. Semuanya langsung selesai, dan bapak tinggal menunjukkan e-ticket pada supir bus, dan berangkat.
      Salam

  20. pak jika saya trip 6 hari 5 malam dengan tapi mau ke tokyo-osaka-kyoto-yokohama-disneyland, lebih baik:
    a. yokohama-osaka (night bus)-kyoto-disneyland (night bus)-tokyo

    atau

    b. yokohama-disneyland-osaka (night bus)-kyoto-tokyo(night bus)

    saya sudah lihat jadwal willer bus, jika plan A, misal sampe di disneyland pukul 7.00 apakah ada tempat mandi dekat situ? atau hostel yg bisa check in dari pagi?
    jika plan B berangkat ke osakanya dari disneyland pukul 21.45 atau 22.00 apakah tetap bisa menikmati atraksi kembang api sampai habis lalu menuju bis? bis di disneyland ada dimananya ya?

    Kalo pake Japan Bus Pass untuk booking tempat duduk night busnya gimana? harus tetap booking atau tinggal kesana dan tunjukan passnya?

  21. Membaca artikel info jepang tentang hokuriku arch pass saya tertarik, tapi ini untuk traveling pertama kali ke jepang. apakah tidak sulit ? dan cara lihat jadwal kereta bagaimana dgn hokuriku? kebetulan perginya 8 hari (tiba dr haneda pagi hari dan har ke 8 sudah kembali ke jkt dari narita).. bisa minta advise untuk itinerary ya ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hokuriku Arch Pass itu fungsinya sama seperti JR-Pass, namun rutenya melalui Kanazawa dan Toyama, dan bukan jalur utama Tokyo-Kyoto dengan Tokaido Shinkansen. Pass ini kami sarankan kalau memang hanya ingin mengunjungi Kanazawa, Tateyama, atau Shirakawago, selain dari Tokyo dan wilayah Kansai. Untuk pelayanan itinerary, kami tidak bisa memberikannya langsung di sini karena akan membingungkan para pembaca lainnya. Christina bisa hubungi kami di Tur Guide Online Info Jepang. Kami siap membantu kamu langsung dari WA. Salam.

  22. Min tolong sarannya,,,
    rencana tanggal 19 – 26 april 2017 dengan itinerary sbb:
    day 1 Narita, Tokyo
    day 2 Gala Yuzawa (JR Wide Pass)
    day 3 Lake Kawaguchiko (JR W Pass)
    day 4 Hitachi -> Odaiba -> yokohama (JR W Pass)
    day 5 yokohama -> bis malam WE menuju tokyo
    day 6 Kyoto
    day 7 kyoto ->osaka -> bis malam menuju tokyo
    day 8 Tokyo -> Haneda
    Pertanyaan:
    – untuk keliling kota tokyo lebih baik pakai transport apa? dan penginapan lebih murah di area mana ? rencana bepergian 3 orang dewasa
    – perjalanan day 2 & 3 apakah bisa PP? kalau menginap di area wisata tsb ada saran penginapan murah & nyaman ?
    – day 4 apakah bisa one day trip ke seluruh tempat wisata tsb? kalau bisa one day trip rencana menginap di yokohama (melihat harga hotel di yokohama lebih banyak pilihan)
    – Adakah bis malam untuk transportasi dari yokohama ke kyoto ?
    – Kyoto dan osaka daerah mana yang lebih bagus untuk di eksplore? lebih baik bermalam dimana? dan transportasi disana sebaiknya naik apa?
    Terimakasih 😉

  23. Min ane bisa minta pendapat tentang itin ane disini gak? Atau ada email gt buat ane bertanya? Soalnya bingung bgt min mau naek apa dan gmn alurnya jalannya biar efisien, makasih mimin hehe

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau ingin meminta konsultasi itinerary kami menyediakan layanan berbayar Tour Guide Online. Silahkan menghubungi kami di Tour Guide Online di nomor WA +62818.221.505. Salam

  24. Min, kalau osaka/kyoto – kawaguchiko/yamanakako ada bis malam nya gak ya? Lalu, kalo dari narita mau tokyo dan sebaliknya paling murah naik apa ya? Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ada bus malam, harganya mulai dari 6.700 yen (Osaka-Kawaguchiko) atau 6.200 yen (dari Kyoto). Nanti dari Kawaguchiko bisa naik bus lagi ke Danau Yamanakako.
      Info lengkapnya bisa baca di sini.
      Untuk akses dari Tokyo ke Narita, bisa naik kereta Keisei, info lengkapnya bisa dibaca di sini.

    • Muhammad Rifki  |  

      Lebih murah ke tokyo dl dong min dr osaka/kyoto? Baru ke kawaguchiko yamanakako drpd langsung

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kawaguchiko dan Yamanakako itu terletak di antara Tokyo dan Osaka/Kyoto.
      Jadi yang paling murah dan efisien waktu kalau rutenya searah, Tokyo-Kawaguchiko-Kyoto/Osaka atau sebaliknya.
      Salam

    • Muhammad Rifki  |  

      Maaf ya min banyak tanya, tapi osaka-tokyo cm 3.200 yen, tp kalo osaka-kawaguchiko 6.700 yen, lalu kalau saya mau lanjut ke tokyo lagi, kan jadi bayar lg ya min bis nya dr kawaguchiko? Jd lbh dr 6.700 yen, emg bis dr tokyo ke kawaguchiko brp ya min? Makasih banyak infonya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Rifki. Jalur Osaka Tokyo adalah jalur emas, dan biaya tolnya juga murah dibandingkan dengan biaya tol menembus pegunungan ke arah Danau Kawaguchiko. Tim Info Jepang tidak tahu kamu tanggal kapan kamu perginya, namun jika memasukkan tanggal hari ini, harga tiket Kyoto-Danau Kawaguchi adalah 6.700 yen.
      Kemudian, silakan dicek bus dari Tokyo ke Danau Kawaguchi dan Gunung Fuji untuk harga tiketnya. Salam

  25. Permisi min, saya mau tanya, itu harganya berlaku untuk perjalanan sebaliknya? Jadi kyoto/osaka – tokyo tetap 3.200 yen? Terima kasih

  26. Selamat pagi. Mohon arahannya. Apakah ada paket bus malam untuk trip Nagoya – Osaka – Tokyo?Kami merencanakan trip dari Nagoya malam hari ke Osaka (universal studios) tanggal 27.10. Lalu tanggal 28.10 dari Osaka ke Tokyo (Shinjuku). Lalu, di universal studionya apakah tersedia loker untuk simpan koper kah? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ada pak. Silahkan langsung cek di web willer bus atau di bushikaku.net.
      Tersedia loker untuk menyimpan koper, letaknya di luar USJ (sebelum pintu masuk), untuk ukuran maksimalnya 357×453×802 (mm).
      Salam.

    • heru dianika  |  

      Waah..lengkap banget informasinya. Siip, terima kasih pak Nugroho Christian atas bantuan infonya 🙂

  27. Selamat sore Pak, mohon info, saya beberapa kali coba booking online bis willer untuk 2 penumpang 1 pria dan 1 wanita kenapa tidak bisa mengisi nama untuk penumpang kedua ya Pak..boleh bantu Pak..Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Fitri. Sepertinya itu hanya form isian untuk kontak penumpang jika ada kejadian darurat.
      Jadi cukup mengisi penumpang nomor satu saja.
      Salam

    • iya Pak tadinya saya pikir juga begitu, tapi ternyata tidak bisa lanjut ke pembayaran, selalu tertulis data error dan saya lihat beberapa orangpun kasusnya seperti itu. Atau pesananannya harus diubah jadi masing-masing saja ya? cuma nantinya bisa duduk berdampingan tidak?

  28. konnichiwa..

    Mau tanya ya pak, kalo dr osaka ke Ebina City, naik bus malam turun dimna dan kira2 brp hrganya? apa bus malam ada toiletnya kah Pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ada 2 bus malam langsung dari Osaka Station sampai ke Ebina Station (Odakyu Line).
      Harganya 2600 yen-4500 yen tergantung hari dan jenis tempat duduk.
      Di seluruh bus malam ada toilet di bagian belakang. Bus juga berhenti 2 kali di perhentian/ service area untuk makan/minum/refreshing.
      Salam

  29. pak Nugroho, saya mau tanya jenis bus malam mana yang sebaiknya saya ambil jika saya mau ke stasiun kanazawa dari tokyo arrival flight @narita 20.15 T2:
    willer bus – depart narita T3 Pk.21:20 atau dari shinjuku 23:15
    @liner bus – depart dari shinjuku Pk 24.05, saya cuma takut saja apabila pesawat saya delay saya ketinggalan busnya dan tidak bisa di refund / cancel. terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Devi.
      Ibu kan dulu pernah menanyakan tiket bus Narita-Osaka (4 Januari) dan Osaka-Tokyo Station (6 Januari). Jadi ingin ditambah Tokyo ke Kanazawa ibu?
      Salam

    • saya tukar itinerary pak, rencananya naik bus malam (tokyo-kanazawa) 4 Jan dan Osaka tokyo (6Jan), jadi saya mau ke kanazawa dulu baru ke osaka.

  30. Mohon penjelasan.

    Kami berencana naik overnight Willer Tokyo-Kyoto: 4-5Dec dan Kyoto-Tokyo: 7-8Dec.
    Adakah toilet pada Willer bus? secara perjalanan sekitar 7 jam, bagaimana tiba2 ingin buang air kecil? 🙂

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tenang saja, ada toilet di bagian belakang bus Ibu.
      Selain itu, bus akan berhenti dua kali di service area bagi yang ingin makan/minum/refreshing.
      Salam

  31. halo pak..
    mohon bantuan infonya. kami sekeluarga berencana jalan-jalan ke tokyo, dari Ehime, sejak tanggal 31 desember – 5 januari. Jadi kami hanya akan keliling di sekitar tokyo. tempat yang akan kami kungjungi di Tokyo seperti : Disney sea, odaiba, sanrio puroland. menurut bapak, transportasi yang murah dan efektif dari ehime-tokyo-ehime, dan selama di tokyo apa ya pak? Terimakasih atas bantuannya pak

  32. Willer bus pass yg 3hr itu apa bs dgunakan utk smua jenis yg ada dipilihan willer ssuai rute? Ato tertentu sj? Soalnya kami bawa koper. Dan ad bbrp pilihan kursi tnpa luggage dan trunk. Tkutnya bus pass nya utk yg kursi2 trntu sj 😂
    Trmksih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Willer bus pass 3 hari berlaku kursi standard dan kursi relax dengan harga yang lebih mahal. Memang ada beberapa kursi atau pilihan bus yang tidak membolehkan penumpang membawa lebih dari 1 koper atau ketentuan lainnya, namun itu tergantung jalur. Ibu silakan mencari dahulu naik bus apa, Tim Info Jepang nanti bisa membantu memberikan informasi terkait kursi-kursinya.
      Salam

  33. Hi,

    Kalau saya mau ke Kyoto (by Overnight bus) Sebelumnya saya mau menghabiskan waktu di Disneysea. Bisakah naik whillerbus yg langsung dari Disneysea ke Kyoto? Berapa perkiraan ongkosnya? Dan apakah diperbolehkan membawa koper ukuran Big? Mohon infonya, terimakasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ryan, bisa naik keisei bus, harganya mulai dari 7.500 yen. Ukuran koper maksimal yang diperbolehkan: panjang+lebar+tinggi=155 cm (untuk 1 koper) atau maksimal panjang+lebar+tinggi=240 cm (untuk 2 koper).
      Salam dan selamat liburan di Jepang.

  34. pak mau tanya, kalau saya bepergian dengan 2 anak remaja, dengan rute tokyo-narita : gala yuzawa, kuil sensoji, skytree, dn.kawaguci (4-6Jan) — bus malam — osaka (7Jan): umeda, dotonbori, kyoto (8Jan): kinkakuji, gion &shijo — bus malam — ke tokyo-narita, akan lebih murah saya beli JR Wide pass + pp bus malam tokyo-osaka-kyoto-tokyo, atau menggunakan JR Pass saja

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang ibu.
      Kalau memang ingin yang termurah, silakan menggunakan bus malam. Tapi kalau ingin yang santai/nyaman bisa memilih naik shinkansen.
      Ada juga pilihan naik shinkansen dari Tokyo-Osaka, lalu bus malam saat kembali ke Tokyo. Bisa sekaligus menunjukkan bus malam Jepang dan kecanggihan shinkansen kepada anak-anak Ibu.

      Sebagai perbandingan JR Pass: 29.000 yen. Tokyo Wide Pass:10.000 yen+naik bus malam 3.900-6.500 yen (tergantung tempat duduk) plus bisa menghemat 1 malam penginapan (karena tidur di bus).

      Selamat liburan di Jepang!
      Salam

    • deviyanti  |  

      kalau naik shinkansen ke tokyo-osaka berapa ya?
      selain tokyo wide pass 10.000yen+naik bus malam 3900-6500, takutnya nanti jatuhnya jadi lebih mahal dari JR Pass 29.000?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Shinkansen 13.620 yen bu. Kalau PP sudah 27.240 yen. Ditambah ke Gala Yuzawa, sudah untung jika dengan JR Pass. Kalau dari itinerary yang ibu berikan, paling ada tambahan 1000-2000 yen untuk naik kereta atau bus di Osaka, Kyoto, dan Danau Kawaguchi nya.
      Salam.

    • Kalau misal 3 hari pertama saya pakai JR wide pass 4-6 jan, start 7-9 jan saya beli 3 day pass willer express harusnya jd lbh hemat ya = jpy10000x2=¥20,000. Jadi di 6jan inap di bus 7jan di Osaka, 8jan inap di bus, 9.10 depart dr narita. Atau beli 1 trip nite bus tokyo-Osaka Dan 1 trip nite bus Osaka-narita, tinggal liat mana yg murah 3 day pass bus nya atau one tripnya? Gitu ya…???

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Betul ibu, itu strategi yang paling tepat kalau memang memutuskan ingin naik bus.
      Salam

  35. pak, saya kan pembayaran lewat lowson.. lalu gimana ya cara masuk bisnya. apakah tinggal masuk sesuai no bus yg kita pesan? atau menukar tiket lagi.? soalnya konfirmasi nya lewat email. apakah perlu dicetak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya tinggal datang ke halte dan tunggu bus yang akan berangkat. Supir bus biasanya sudah memiliki list penumpang yang akan naik. Cukup bilang nama kepada supirnya. Kalau takut atau tidak berani menyebut nama bisa menyerahkan print email kepada supir.
      Salam.

  36. Mau minta masukan mengenai willer bus, lebih baik kyoto-tokyo-toyama-tokyo atau ada bus yg lgsg dr kyoto-toyama-tokyo? Pda intinya saya ingin menikmati alpine route dan saya start dr kyoto atau osaka. Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Willer bus memang terbatas Pak, harus transfer di Tokyo.
      Jika mau mencoba bus lain, ada bus langsung dari Kyoto-Osaka ke Toyama bisa dilihat di halaman berikut
      Bus berangkat 5 kali sehari dengan biaya antara 4000 yen hingga 7000 yen tergantung jenis tempat duduk.
      Salam

    • Thanks infonya. Udah dibuka tp webnya bahasa jepang, cari buat ganti b ing nya susah bgd. Ga ada tulisan (en) buat ganti ke english. Hehe

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Itu memang web yang biasa kami pakai kalau memesan tiket bus.
      Tim Info Jepang bisa bantu memesankan tiket yang diperlukan, tapi bapak harus transfer lebih dahulu sejumlah biaya tiket (ongkos bus untuk satu orang)+1000 yen biaya pemesanan ke rekening Tim Info Jepang.
      Kalau bersedia, bisa hubungi via whatsapp +62818.221.505 untuk keterangan lebih lanjut.

  37. Tun Ahmad Gazali  |  

    selamat malam, tanya lagi dan mohon infonya. Adakah bis malam dari Osaka ke Yamaguchi?..berapa ongkosnya?, berangkat malam apa ada dari terminal mana serta apakah bisa beli tiket langsung dilokasi berangkat?Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bus menuju ke Yamaguchi banyak berangkat dari Osaka/ Umeda, dengan ongkos 6500-10.200 yen per orang (tergantung dengan jenis kursi). Bisa dibeli langsung pak di haltenya.
      Salam

  38. Wahh gak bisa baca tulisannya, ada yg bhs inggris gak linknya… hehehe….
    Saya sebenernya dari Tokyo -> Kawaguchiko -> Hakone -> Osaka. Apa sebaiknya dibalik dikit rutenya? Tokyo -> Hakone -> Kawaguchiko -> Osaka . Yg penting ke Osaka nya pakai overnight bus utk menghemat biaya penginapan 1 malam. Lebih gampang yg mana aksesnya ?

  39. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Gak usah pak seperti semula saja Tokyo -> Kawaguchiko -> Hakone -> Osaka. Sebab link yang saya berikan busnya dari Odawara yang letaknya dekat dari Hakone. Tim Info Jepang bisa bantu memesankan, tapi bapak harus transfer lebih dahulu uangnya 7300 yen (ongkos bus untuk satu orang)+1000 yen biaya pemesanan ke rekening Tim Info Jepang. Apakah mau? Kalau bersedia, bisa hubungi via whatsapp +62818.221.505 untuk keterangan lebih lanjut.

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!