Membeli Tiket Terusan Bus Kota Kyoto

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Membeli Tiket Terusan Bus Kota Kyoto

Ada begitu banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi di Kyoto. Namun lebih dari setengahnya hanya bisa dikunjungi oleh transportasi umum, seperti bus dan kereta. Namun, bus adalah transportasi yang terbaik. Itu karena seluruh objek wisata terkenal di Kyoto selalu dilewati oleh bus kota Kyoto.

Naik bus kota? Ah susah dan ribet. Ya memang bagi kita yang tidak bisa berbahasa Jepang, bakal sangat kesulitan ketika harus melihat tulisan kanji Jepang atau bertanya untuk turun di halte yang mana. Rasanya segan juga ketika harus bertanya sana-sini untuk dapat sampai ke tujuan.

Untunglah ada tiket terusan satu hari atau one-day pass ticket untuk bus kota Kyoto. Tiket terusan ini bisa dipergunakan di seluruh rute bus kota Kyoto selama satu hari. Jadi tidak perlu ribet lagi untuk membayar tiket sana-sini. Satu tiket untuk satu hari! Gampang bukan!

Keuntungan Membeli Tiket Terusan

Tiket terusan bus kota Kyoto harganya 500 yen untuk dewasa dan 250 yen untuk anak-anak. Bila dibandingkan dengan satu tiket bus kota seharga 220 yen untuk jarak jauh dekat, tentu sangat menguntungkan jika kita mengunjungi dua atau tiga objek wisata di Kyoto. Misalnya dalam satu hari akan mengunjungi 3-4 tempat dan kembali ke hotel, misalkan dari hotel ke tujuan A ongkosnya 220 Yen, dari tujuan A ke tujuan B ongkosnya 220 Yen, dari tujuan B ke tujuan C ongkosnya 220 Yen, dari tujuan C ke tujuan D ongkosnya 220 Yen dan dari tujuan D kembali ke hostel ongkosnya 220 Yen. Total pengeluaran seharian adalah 1100 Yen, bandingkan dengan tiket terusan bus yang hanya 500 Yen per hari.

Tapi perlu diingat bahwa tiket ini hanya berlaku di wilayah bus kota Kyoto saja, dan tidak untuk wilayah lainnya. Jadi jangan lupa mengeceknya terlebih dahulu.

Tiket terusan bus kota Kyoto

Di mana Membeli Tiket Terusan Bus Kota Kyoto ini?

Tiket terusan bus kota Kyoto bisa didapatkan di pusat informasi bus kota dan kereta subway atau di Kyoto Station. Kita juga bisa membelinya langsung di dalam bus. Namun menurut pengalaman, kebanyakan tiket sudah habis terjual dalam bis, jadi lebih baik langsung membeli tiket terusan bus kota Kyoto langsung setelah tiba di Kyoto Station.

Teman-teman bisa membeli tiket one-day pass ticket ini di pusat informasi bus kota dan subway, loket-loket subway station di kota Kyoto, maupun langsung di dalam bus kota dengan berkata “Daily Buss Pass”. Namun, ketika mau membeli tiket di dalam bus ada kalanya kehabisan stok. Sedangkan, saat pembelian di loket subway ada kemungkinan kita tidak membeli tiket untuk anak-anak. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membeli tiket ini di pusat informasi segera setelah tiba di Stasiun Kyoto. Tiket ini bisa dibeli kapanpun, tidak musti di hari ingin berangkat jalan-jalan keliling Kyoto. Gambar di bawah adalah suasana pusat informasi wisata di Kota Kyoto.

Pusat Informasi Turis di Kyoto Station

Penggunaan Tiket Terusan Bus Kota Kyoto

Tiket terusan bus kota Kyoto bisa dibeli kapanpun sebab tanggal pembelian tidak tercatat di kartu. Nah, pemakaian tiket bus kota Kyoto ini adalah sebagai berikut. Nanti saat pertama dipakai, silakan masukkan kartu ke dalam mesin pembaca sebelum turun dari pintu depan bus. Mesin akan mencetak tanggal hari itu. Untuk pemakaian kedua dan seterusnya cukup tunjukkan kepada supir kartu yang sudah bertanda tanggal hari tersebut pada supir bus sebelum turun.

Lihat Brosur dan Informasi

Di pusat informasi turisme Kyoto di Kyoto Station, kita juga bisa mendapatkan brosur dan selebaran mengenai objek wisata di kota Kyoto secara gratis. Brosur-brosur ini tentu sangat membantu bagi teman-teman yang bingung mau pergi ke mana atau bagaimana cara mengunjungi objek wisata di kota Kyoto.

Recommended Hotels near Kyoto Station [More Hotels]

New Miyako Hotel
from ¥17000/night
Hotel Keihan Kyoto
from ¥7000/night
Green Rich Hotel Kyoto
from ¥7900/night
Hyatt Regency Kyoto
from ¥31812/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Nasional
Museum National Kyoto
Arashiyama
Arashiyama waktu musim panas
Kuil Genkoan
kuil genkoan
Kuil Yoshida
Gerbang besar Kuil Yoshida di Kyoto

Sumber gambar : Kyoto Kotsu Kyoku, Flickr Gwydion M. WilliamsIan Fisher


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: March 26, 2017

Comments (53)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. One day bus pass Kyoto hanya berlaku untuk perjalanan bus kota Kyoto.
      Bus nya ini mulai beroperasi dari jam 07.00-21.00. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bus kota seperti nomor 206/205 sudah mulai beroperasi pukul 06.11.
      Sementara untuk bus wisata 100/101/102 mulai beroperasi pukul 08.00. Salam

  1. Selamat Malam Pak,

    Saya akan tinggal di Kyoto selama 6 hari dan tinggal didaerah Fushimi. Saya rencana 4 hari menggunakan bus dan ingin menggunakan bus pass. Pertanyaan saya, Saat hari pertama tiba di Kyoto Station, apakah bisa saya langsung membeli 4 buah bus pass sekaligus untuk bisa dipakai selama 4 hari dengan maksud supaya setiap harinya tidak perlu bingung lagi membeli bus pass.

    Terima kasih pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, bisa sekaligus dibeli 4 lembar. Informasinya sudah tertulis di artikel di atas.
      Mohon ibu perhatikan dengan seksama informasi di website infojepang. Sayang sekali kalau melewatkan informasi-informasi penting hanya karena tidak teliti dalam membaca. Salam

  2. pagi p… sy tgl 30 juni mo ke kyoto pp sb tmp nginap ada di osaka. tmpt yg akan sy kunjungi kyoto aquarium, arashiyama ( sagano railway), fushimi inari, museum kyoto int’l manga, gion, kuil kiyomizudera, apkah bs dlm 1 hr semua tempat tsb dikunjungi? ap kyoto bus pass bs mencakup semuanya?
    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dengan Kyoto Bus Pass bisa mengcover semua ongkos bus ke tempat wisata di atas.
      Supaya bisa mengunjungi semua tempat itu, ibu bisa berangkat pagi-pagi dan mulai perjalanan dari Kiyomizudera yang sudah buka mulai pukul 06.00
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau mau searah maka rutenya:
      Osaka-Kyoto Station (beli one day bus pass)-Kyoto Akuarium-Fushimi Inari-Kiyomizudera-Gion-Nishiki Market-Museum Manga Kyoto-Arashiyama dan Sagano.
      Tapi mungkin untuk Arashiyama dan Sagano sudah sore atau malam hari sehingga tidak bisa menikmati pemandangan saat hari terang.
      Mungkin rutenya bisa diubah sedikit:
      Osaka-Kyoto Station (beli one day bus pass)-Kiyomizudera-Kyoto Akuarium-Fushimi Inari-Museum Manga Kyoto-Arashiyama dan Sagano-Gion.
      Salam

    • Pak… destinasi terakhir ada di gion. untuk balik ke osaka kami apakah harus ke stasiun kyoto lagi?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Hotel ibu di Osaka di daerah mana? Dari Gion bisa jalan kaki 5 menit ke Gion-Shijo Station di jalur kereta Keihan, dan naik kereta ekspress langsung ke Kyobashi Station di Osaka. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu sudah pas Ibu. Ibu bisa naik kereta Keihan sampai ke Kyobashi Station, kemudian naik Osaka Loop Line sampai Shin Imamiya Station, lalu pindah ke Nankai Line sampai Kishinosato Tamade Station. Salam

  3. Haloo pak, mau tnya
    1. kalo saya berangkat dari osaka ke kyoto mending eceran atau pake kyoto osaka sightseeing pass itu? Pass ini cover biaya perjalanan dari osaka ke kyoto dan kyoto balik osaka juga kan ya? Soalnya saya stay nya di osaka

    2. Pass apa yg efektif saya pake klo ingin mengunjungi:
    Fushimi inari – arashiyama – kiyomizudera – gion ( saat malam)?
    Dan bagaimana urutannya? Mna yg lebih dahulu?
    Trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau memang bisa, silakan menggunakan Kyoto Osaka Sightseeing Pass. Urutannya mungkin bisa Fushimi Inari, Kiyomizudera, Gion (cuma lewat aja di siang hari), naik kereta Hankyu ke Arashiyama, kembali lagi ke Gion di malam hari dengan kereta yang sama, lalu bisa kembali ke Osaka dengan kereta Keihan. Catatan: perjalanan ke Kiyomizudera cukup jauh dari stasiun terdekat. Ibu mau jalan kaki atau naik bus terserah. Kalau naik bus PP ongkosnya sudah 420 yen. Salam

  4. siang pak, pusat informasi untuk membeli kyoto bus one day pass itu letaknya di sebelah mana ya pak? selain itu saya masih agak bingung tentang batasan umur untuk segala moda transportasi, rencananya saya membawa anak saya yang berumur 4 tahun, apakah sudah harus membeli kyoto bus one day pass juga tapi untuk kategori child (yang seharga 250)?
    begitupun untuk moda transportasi lainnya semisal subway baik di osaka dan kyoto, apakah anak saya sudah harus membayar? terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa dibeli di Bus Ticket Center. Ibu bisa keluar ke arah yang kelihatan Kyoto Towernya, dan cari bangunan beratap lengkung namanya bus ticket center.
      Atau ke arah pintu masuk subway kota Kyoto di lantai B1 dekat pintu masuk karcis ada loket City Bus and Subway Information.
      Salam

  5. malam infojepang.

    saya akhir februari ini ber4 dengan teman teman mau ke jepang untuk pertama kalinya
    dari kansai langsung menuju kyoto
    1. lbh murah pakai bus atau train? beli tiketnya dimana?
    2. 3 hari di kyoto, daily pass bus harus beli per hari atau langsung
    3. untuk pemula spt kami mungkin butuh wifi? apakah sewa nya mahal, dapat di beli dimana?

    terima kasih

  6. Met malam pak Nug, 2 mg yad sy brkt ke Jepang. Sy mempunyai wkt 1 hari ke Kyoto (menginap di Osaka) ingin ke Arashiyama, Fushimi Inari, Kiyomizudera, Gion, Nishiki Market, Imperial Palace, kinkakuji. Dapatkah dicapai dalam satu hari? bila sdh mempunyai Suica, msh perlukan membeli one day bus pass? Makasih pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau berangkat dari pagi bisa saja mengunjungi semua tempat wisata: Arashiyama, Fushimi Inari, Kiyomizudera, Gion, Nishiki Market, Imperial Palace, kinkakuji, tapi akan terburu-buru. One day bus pass itu mau naik bus berapa kali pun harganya 500 yen, sangat menguntungkan mengingat sekali naik bus saja ongkosnya 210 yen. Salam

    • Kalau bgitu, Nishiki Market dan kinkakuji saya hapus, mungkin Imperial Palace juga. Barangkali sdh tdk terbaru buru ya pak? Oya sy baca di Web lain, Januari ini Kiyomizudera main Hall ditutup utk renovasi, apakah masih sepadan utk dikunjungi yah? Msh pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau boleh tahu kapan ya berangkat ke Jepangnya? Lalu rencana ke Kyotonya kapan?
      Ya memang paviliun utama Hondo yang punya view terbagus akan mulai direnovasi sampai menjelang olimpiade 2020. Jadi sepertinya Kuil Kiyomizudera bisa dilewatkan.
      Salam

    • 1. Brkt tgl 21, malam pertama menginap di Haneda.
      2. Tgl 22 ke Tokyo, city tour daerah Asakusa.
      3. Tgl 23 pagi ke Shibuya, Shinjuku, lalu jam 14 atau 15 ke Osaka.
      4. Tgl 24 Osaka-kyoto city tour-Osaka.
      5. Tgl 25 Osaka city tour
      6. Tgl 26 terbang pulang jam 11.00 dari Kix.

      Saya sdg pertimbangkan apakah menginap semalam di Kyoto pada tgl 23 (dari Tokyo)

  7. Pak Nugroho
    saya ada wkt 2 hari d Kyoto
    plan saya d kyoto mau ke Arashiyama – Kinkakuji – Kiyomizu Dera Gion – Fushimi inari

    bagaimana baiknya untuk Bus ny ya , apakah sy harus beli 2 day pass d kyoto ?
    untuk destinasi wisata saya ? susunan lokasi yg lbh efisien gmn ya Pak?

    thanks a lot ya

  8. selamat sore mas nugroho. Rencana nya di kyoto saya juga akan mengunjungi Kurama dan Sannenzaka. Apakah kedua tempat tersebut tercover oleh tiket terusan bus kyoto ini?

    terimakasih atas respon nya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Untuk ke Kuil Kurama bapak bisa naik kereta Keihan sampai stasiun Demachiyanagi lanjut kereta Eizan Kurama Line sampai ke stasiun terdekat. Untuk Sannenzaka bisa naik bus kota Kyoto dan tercober oleh tiket terusan bus Kyoto. Salam

  9. Siang infojepang. Apakah saya dapat membeli 1 day bus card di Hankyu Omiya Station? Karena dari Kansai Airport saya langsung ke apartment dekat statsiun itu. Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa Nova, kamu bisa membelinya di Pusat Informasi Bus Kyoto yang ada di Stasiun Kyoto, stasiun subway di Kyoto, atau bisa juga beli di minimarket Lawson, 7-11, atau Circle K.
      Salam.

  10. Selamat malam,
    Saya mau bertanya tentang daily bus pass yg bisa di beli di loket subway spt saya baca diatas.
    Tetapi hotel yang saya tempati nga begitu dekat dengan kyoto station.
    Jadi saya berpikir ingin mencari tempat dimana saya bisa beli tiket daily bus pass yang lebih dekat dengan hotel.
    Setiap saya cek dengan google maps, tetap dimulai dari Karasuma Oike station baru dilanjutan ke station lain. Pertanyaan saya, Apakah di station seperti itu bisa membeli tiket daily bus pass?

    karna awalnya saya lebih patokan dengan google maps, dan google maps lebih mengarah ke mana2 naik train, sedangkan mgkn lebih murah kalau kita naik bus yah seperti nya kalau yang dari saya baca.
    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Novia. Tiket free pass bus Kyoto bisa juga dibeli di subway station Karasuma Oike. Tinggal bilang saja ke loketnya dan bilang daily bus pass ke petugas.
      Google maps itu ada pilihan mau naik mobil, kereta, jalan kaki, sepeda dll. Mungkin harus diatur juga.
      Hanya pengalaman Tim Info Jepang, kalau naik kereta, harus berjalan kaki jauh hingga ke tempat-tempat wisata di Kyoto.
      Sedangkan kalau naik bus, bisa turun di halte-halte yang terdekat dengan tempat wisata yang ingin dituju.
      Salam

  11. Selamat siang,
    Saya rencana akan berlibur ke Jepang dan memiliki 1 hari untuk explore kyoto, rencananya saya dari Osaka pagi hari menuju kyoto dan bermalam di Gion.
    Tempat wisata yg rencananya akan sy kunjungi yaitu Fushimi Inari Shrine, Arashiyama bamboo forest, Kinkakuji, Nishiki Market, Kyoto Imperial Palace, Higashiyama, Kiyomuzudera Temple dan Gion. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Sebaiknya saya membeli 1 day bus card atau 1 day seightseing card?
    2. Apakah 1 day card tersebut hanya mengcover transportasi saja atau termasuk tiket masuk wisata di kyoto?
    3. Bagaimana sebaiknya urutan tempat wisata yg dikunjungi agar efektif & efisien mengingat hanya 1 hari di kyoto.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Nadya. Maksudnya JR Pass? Tiket terusan bus kota Kyoto dipakai untuk berkeliling naik bus di Kyoto dengan murah. Ini karena tempat-tempat wisata di Kyoto jauh dari stasiun dan lebih dekat dan praktis kalau naik bus.
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Suica dan Pasmo bisa digunakan untuk berkeliling objek wisata di Kyoto. Khusus di Kyoto, sangat kami rekomendasikan menggunakan Suica, karena mayoritas objek wisata dicapai dengan bus (tentu ribet membeli tiket setiap kali ingin berpindah).

      Salam dan selamat liburan!

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Mengenai pertanyaan mana yang lebih baik antara membeli tiket terusan bus atau Suica/Pasmo, untuk kota Kyoto, lebih baik membeli tiket terusan bus.
      Tapi cakupan perjalanan bus sangat terbatas, dan ada beberapa objek wisata yang justru lebih baik bila dengan naik kereta Subway/ kereta Keihan.
      Kalau Risa berkenan memberitahu objek wisata yang ingin dikunjungi, Tim Info Jepang bisa membantu memberikan perbandingan.

    • Pak mengenai “beberapa objek wisata yg justru lbh baik bila dengan naik kereta subway” ini mksdnya objek wisata apa pak??
      terima kasih

  12. Terima Kasih atas response nya mas Nugroho,
    Oh ya by the way kalau pakai one day pass untuk Bus di Kyoto recomended kah ?
    sama ada aplikasi yang bisa saya install untuk jalur kereta selama saya berada di kobe , osaka dan kyotonya ?

    Terima Kasih

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!