5 Tempat Main Salju dekat Tokyo

You are here Home  > Musim di Jepang, Wisata Jepang >  5 Tempat Main Salju dekat Tokyo

Pergi ke Jepang musim dingin tapi gak main salju? Aduh main salju jauh, harus ke gunung, padahal banyak tempat yang pengen dilihat juga. Sayang banget loh, padahal ada banyak tempat bermain salju dekat dengan Tokyo. Rata-rata bisa ditempuh dengan naik kereta atau shinkansen hanya dalam maksimal 2 jam. Bayangkan bisa PP ke tempat main salju, pulangnya juga bisa mampir ke tempat wisata lain yang ada di dekatnya. Di mana saja tempat main salju dekat Tokyo? Berikut informasinya, lengkap dengan jadwal buka-nya, harga tiket masuknya, dan cara pergi dengan shinkansen atau kereta dari Tokyo. Perlu diingat, urutan tempat main salju dekat Tokyo ini bukan menunjukkan peringkat rekomendasi. Pada dasarnya semua tempat punya pemandangan indah (silakan dicek masing-masing) dan fasilitas sendiri. Daftar tempat main salju dekat Tokyo ini dibuat sebagai bahan masukan itinerary perjalanan di Jepang, dan bisa disesuaikan supaya sejalan dengan jadwal liburan di Jepang.

Daftar tempat main salju dekat Tokyo

1. Gala Yuzawa Snow Resort (Niigata)

Cukup dengan 1.300 yen saja kita bisa masuk ke tempat bermain salju atau Yuki Asobi Corner di Gala Yuzawa Snow Resort. Buat yang perlu perlengkapan atau baju anti dingin, bisa juga menyewanya di toko rental yang terhubung langsung dengan stasiun shinkansen Gala Yuzawa. Dari Tokyo, kita bisa sampai di Gala Yuzawa hanya dalam 75 menit dengan shinkansen Max Tanigawa yang tercover oleh JR Pass (29.110 yen) atau Tokyo Wide Pass (10.000 yen). Di dekat toko rental tersedia juga banyak loker berukuran besar, sehingga bisa menitipkan barang-barang di stasiun. Untuk musim dingin 2016/2017, Gala Yuzawa buka dari 17 Desember 2016 hingga 7 Mei 2017.

tempat main salju dekat Tokyo Gala Yuzawa Resort

Tempat main salju dekat Tokyo: Gala Yuzawa Resort

2. Snow Town Yeti (Shizuoka)

Snow Town Yeti berada di kota Gotemba di prefektur Shizuoka. Selain dekat dengan Tokyo, yang menjadikan Snow Town Yeti masuk dalam list 5 tempat main salju dekat Tokyo adalah karena kita bisa bermain salju dengan pemandangan Gunung Fuji di belakangnya. Snow Town Yeti bisa diakses dengan feeder bus dari Gotemba (jika dari arah Danau Kawaguchiko), Mishima dan Shin Fuji (jika datang dari Tokyo dengan shinkansen). Selain itu, kita juga bisa naik bus ekspress langsung dari Shinjuku dan beberapa stasiun lain di Tokyo, dalam waktu 40 menit sampai 1 jam. Snow Town Yeti menjadi tempat main salju yang pertama buka karena tempat ini menggunakan salju buatan juga. Untuk musim dingin 2016/2017, Snow Town Yeti buka dari 21 Oktober 2016 sampai 9 April 2017.

tempat main salju dekat Tokyo Snow Town Yeti di kaki Gunung Fuji

Tempat main salju dekat Tokyo: Snow Town Yeti

3. Resort Ski Fujiten (Yamanashi)

Satu lagi tempat main ski dengan pemandangan gunung Fuji adalah Fujiten di Yamanashi. Jika Snow Town Yeti berada di sebelah selatan Gunung Fuji, maka Resort Ski Fujiten berada di sebelah utara, dekat dengan Danau Kawaguchiko. Kita cukup mengeluarkan biaya 700 yen untuk masuk ke dalam arena Kids Playground untuk bermain salju di tempat ini. Tersedia juga toko rental buat teman-teman yang tidak memiliki sepatu atau baju anti air dan anti dingin. Hanya, kita hanya bisa pergi ke Resort Ski Fujiten ini dengan naik taksi dari Danau Kawaguchiko (harganya sekitar 3.000-4.000 yen). Kelihatannya mahal, namun kalau liburan bersama keluarga 4 orang ongkosnya hanya 1.000 per orang atau hampir sama jika dibandingkan dengan naik feeder bus. Untuk musim 2016/2017 belum ada informasinya, namun resort ski ini buka pertengahan bulan Desember. Data tahun 2015/2016 adalah dari 5 Desember 2015 sampai 3 April 2016.

4. Fujimi Panorama Resort (Nagano)

Fujimi Panorama Resort adalah resort main ski yang terletak di Nagano, dan bisa diakses dengan kereta limited express Azusa dalam 2 jam 15 menit perjalanan dari Shinjuku. Untuk tahun 2016/2-17, resort ski Fujimi Panorama Resort buka dari 10 Desember 2016 sampai 9 April 2017. Buat teman-teman yang ingin main salju bisa ke Kids Park. Cukup membayar 850 yen per orang, kita bisa bermain salju, bermain sled, membuat istana salju sepuasnya dari jam 09.00 sampai 16.00. Selain rental dan tempat istirahat, resort ski ini juga memiliki restoran buat teman-teman yang ingin makan siang, dan juga tempat oleh-oleh suvenir khas Nagano.

Saran Tim Info Jepang, lokasi Fujimi Panorama Resort berada di tengah-tengah negara Jepang. Sangat praktis jika ingin melanjutkan perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine Route atau Shirakawago, baru lanjut ke Osaka atau Kyoto via Toyama. Sebaliknya bisa juga mampir ke sini dari perjalanan di Osaka atau Kyoto, sebelum ke Danau Kawaguchiko, Hakone, dan Tokyo.

5. Karuizawa Prince Hotel Ski Area (Nagano prefecture)

Karuizawa terletak di sebelah utara kota Tokyo dan resort ski terkenal Karuizawa Prince ini dapat diakses dengan satu jam perjalanan naik shinkansen dari Tokyo Station. Buat teman-teman yang tahu Karuizawa Prince Shopping Plaza, resort ski ini terletak di kompleks yang sama dengan pusat perbelanjaan terkenal ini. Buat teman-teman yang belum tahu, Karuizawa sudah lama menjadi pusat resort orang-orang kaya di Tokyo, mirip seperti villa-villa di puncak. Setelah bermain salju, kita bisa mampir untuk melihat-lihat atau berbelanja di Karuizawa Prince Shopping Plaza. Resort ski ini juga tercover oleh JR Pass (29.110 yen) atau Tokyo Wide Pass (10.000 yen).

Buat teman-teman yang hanya ingin main salju atau sled, tenang saja! Cukup membayar 1.300 yen kita bisa bermain sled, main salju, meluncur di atas es dengan balon, dan banyak permainan lainnya. Resort ski ini buka dari 3 November 2016 sampai 2 April 2017.

tempat main salju dekat Tokyo Karuizawa Prince Snow Resort

Tempat main salju dekat Tokyo: Karuizawa Prince Snow Resort

Berikut tadi adalah 5 tempat main salju dekat Tokyo pilihan dari Tim Infojepang. Tim infojepang sengaja memilih tempat-tempat main salju dekat Tokyo yang mudah diakses, dan gratis ongkosnya bila dikombinasikan dengan JR Pass atau Tokyo Wide Pass.

Sebagai masukan bagi teman-teman yang masih bingung memilih yang mana, Gala Yuzawa itu yang paling terkenal diantara seluruhnya, turis Indonesia maupun asing biasanya akan ke Gala Yuzawa untuk bermain ski atau salju pertama kalinyadi Jepang. Snow Town Yeti juga tidak kalah bagus, hanya aksesnya cukup terbatas ketimbang Gala Yuzawa, namun Snow Town Yeti punya pemandangan Gunung Fuji dan buka paling pertama setiap tahunnya. Buat teman-teman yang ingin “paket” bermain ski dan belanja, bisa mengunjungi Karuizawa Ski Resort. Resort ski di Prefektur Nagano ini adalah gabungan antara pemandian air panas (onsen), hotel, dan pusat belanja dengan suasana pegunungan.

Jika teman-teman memiliki pertanyaan bisa ditanyakan lewat kotak komentar di bawah ini, dan kami akan segera menjawabnya.

Sumber gambar: Flickr Mountain Autumn, Buzz Lightbeer, Buzz Lightbeer

Recommended for you

Last modified: November 30, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (16)

  1. Terima kasih mas nugroho unt infonya. Kami akan stay di ikkebukuro, kira kira ke mana dari ke 5 tempat tsb yg paling mudah aksesnya?

    Apakah kami perlu membeli JR pass dr jakarta ? Ittin kami sbb;
    Day 1 arr at narita ; keliling shinjuku shibuya giza
    Day 2 disney sea
    Day 3 snow place (karauizawa ski resort)
    Day 4 to osaka : dotonburi area
    Day 5 universal studio
    Day 6 back to jkt from kansai airport

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Bila dilihat dari itinerarynya ongkos perjalanan kereta antar kota sekitar 24.000 yen (dengan Tokyo Wide Pass hari 1-3, dan beli tiket satuan shinkansen ke Osaka), masih lebih murah dibandingkan dengan membeli JR Pass seharga 29.110 yen. Lalu untuk tempat bermain ski, Ibu bisa ke Karuizawa Ski Resort yang lebih dekat. Salam

  2. Terima kasih mas nugroho unt infonya. Kami akan stay di ikkebukuro, kira kira ke mana dari ke 5 tempat tsb yg paling mudah aksesnya?

    Apakah kami perlu membeli JR pass dr jakarta ? Ittin kami sbb;
    Day 1 arr at narita ; keliling shinjuku shibuya giza
    Day 2 disney sea
    Day 3 snow place (karauizawa ski resort)
    Day 4 to osaka : dotonburi area
    Day 5 universal studio
    Day 6 back to jkt from kansai airport

  3. Hi Pak, dari ke 5 tempat tsb yg mana paling dekat dengan tokyo? Yg paling bagus untuk anak anak usia 9 sd 13 thn?

    Apa kelebihan gala yuzawa di banding snow yeti?

    Untuk yang pertama kali ke jepang, mas nugroho merekomendasikan yg mana?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Gala Yuzawa itu yang paling terkenal diantara seluruhnya, turis Indonesia maupun asing biasanya akan ke Gala Yuzawa untuk pertama kali ke Jepang. Snow Town Yeti bagus, hanya aksesnya cukup terbatas ketimbang Gala Yuzawa, namun Snow Town Yeti punya pemandangan Gunung Fuji dan buka paling pertama setiap tahunnya. Sebagai perbandingan, Elena bisa coba juga ke Karuizawa Ski Resort, dimana resort ski berpadu cantik dengan onsen, dan pusat belanja dengan suasana pegunungan.
      Pada dasarnya 5 tempat main salju tidak terlalu beda Ibu. Ibu silakan memilih tempat main salju yang sesuai atau sejalan dengan itinerary perjalanan di Jepang.
      Salam

  4. Selamat siang mas nugroho…menarik membaca tempat main salju di jepang…yang paling rekomanded dan hemat untuk main salju aja dengan anak2 yang mana yah? Hemat dalam segi transport dan biaya masuknya..rencana saya januari 2017 stay di akihabara…terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk biaya bermain ski rata-rata sama. Namun, untuk biaya transport paling hemat dari biaya adalah Karuizawa Prince Ski Resort, jaraknya paling dekat dari Tokyo dan juga ada banyak atraksi yang bisa dikunjungi selain untuk bermain ski.

  5. Sore pak, gmn caranya dr shibuya station menuju tateyama dan shirakawa go? Sya sdh punya jr pass. Bgmn jg caranya menuju snow town yeti dr shibuya station? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk bulan Oktober sampai Desember (sebelum salju turun) memang menggunakan salju buatan.
      Baru pertengahan Desember saat salju menumpuk, kita bisa bermain salju asli. Silakan bandingkan kapan rata-rata tempat main ski buka, mayoritas baru buka pertengahan hingga akhir bulan Desember. Salam

  6. Siang Pak ..mau tny yg mn yg terdekat tempat main salju dgn htl sy dimercure ginza tokyo . Ini pertama x sy & kel ke Japan jln sendiri, naik apa klo dr ginza ..apakah hrs nginep/ plg hr … klo nginep bs tolong info htl mn yg pas buka jendela terlihat salju turun … terima kasih banyak atas bantuannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sore bu Lina, ibu kapan ke Jepang? Ginza dan wilayah Tokyo turun salju, namun jarang menumpuk. Untuk tempat main salju nya bisa dilihat di tempat-tempat di atas, karena dekat dengan Tokyo, bisa dijadikan day-trip saja. Salam.

  7. pak nugroho mohon info gala yuzawa tgl 12/12/2016 apakah sudah bisa di kunjungin atw ada alternatif lain tempat bermain untuk bermain salju ? terima kasih

  8. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Tahun 2017 ini, winter season Gala Yuzawa baru buka mulai tanggal 17 Desember 2016. Beberapa alternatif tempat main salju dekat dengan Tokyo bisa dicek di artikel di atas Pak. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan