Itinerary Perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine

You are here Home  > Center Town, Itinerary Perjalanan, Tips Wisata >  Itinerary Perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine

Bosan dengan objek wisata kota-kota besar di Jepang? Sudah pernah pergi ke Tokyo, Osaka, Kyoto, kawasan Gunung Fuji dan Hakone? Teman-teman bisa coba pergi dari Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine Route, mengunjungi objek wisata alam pegunungan yang terletak di antara Prefektur Toyama dan Nagano. Setidaknya ada 8 objek wisata ter- (tertinggi, terpanjang, atau tertua) yang bisa kita lihat dan nikmati saat berkunjung ke Tateyama, yang sudah pernah saya tuliskan dalam kisah kunjungan saya ke Tateyama Kurobe Alpine. Namun, ada banyak pertanyaan dari pengguna Tour Guide Online, apakah bisa mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine dari Tokyo dalam satu hari (tanpa perlu menginap)? Nah, berikut ini itinerary Perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine yang bisa teman-teman gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Ini dia hal yang Ter- yang ada di Tateyama Kurobe Alpine Route

  1. Air terjun Shomyo yang adalah air terjun tertinggi di Jepang (350 meter)
  2. Murodo Station yang adalah stasiun paling tinggi dari permukaan laut (2450 meter)
  3. Pemandian air panas Mikurigaike yang adalah pemandian air panas tertinggi di Jepang dengan pesona Danau Mikurigaike yang indahDanau Mikurigaike di Tateyama Kurobe Alpine Route
    Danau Mikurigaike di Tateyama Kurobe Alpine Route
  4. Persinggahan Tateyama Murodo, rumah persinggahan paling tua di Jepang dan start awal Yuki No Otani atau tembok salju Tateyama Kurobe Alpine Route.
  5. Bus troli, satu-satunya di Jepang, bus tanpa gas pembuangan
  6. Tateyama Ropeway, ropeway tanpa tiang penyangga terpanjang di Jepang
  7. Kurobe Dam, dam tertinggi di Jepang dengan ketinggian dinding penahan 186 meterKurobe Dam di musim gugur
    Pemandangan Kurobe Dam di musim gugur
  8. Kapal Garube, kapal penumpang yang beroperasi paling tinggi dari atas permukaan laut
  9. Midagahara, kawasan rawa paling berharga di dunia oleh Ramsar Convention.
Peta Tateyama dan Shirakawago Jepang

Perjalanan dari Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine

Untuk dapat pergi dari Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine dalam satu hari, kita harus tiba sepagi mungkin di Tateyama atau Omachi/ Ogizawa. Perlu teman-teman ketahui, ada dua kota yang jadi pintu masuk Tateyama, yakni kota Toyama di prefektur Toyama yang ada di sisi timur laut Tateyama atau Omachi dan Ogizawa di Prefektur Nagano yang ada di sisi tenggara (perhatikan peta di atas).

CATATAN: ITINERARY INI COCOK BAGI YANG INGIN MENGHEMAT WAKTU PERJALANAN MENGELILINGI TATEYAMA KUROBE ALPINE ROUTE, NAMUN HARUS MEMBAWA KOPER SAMBIL MENYUSURI TATEYAMA KUROBE ALPINE ROUTE. BUAT TEMAN-TEMAN YANG MEMILIKI WAKTU CUKUP DAN TIDAK INGIN RIBET DENGAN KOPER BISA MEMBACA ITINERARY TATEYAMA KUROBE ALPINE ROUTE.

1. Melalui Shinano-Omachi

Untuk rute yang pertama, teman-teman bisa naik kereta limited ekspress Azusa dari Stasiun Shinjuku sampai Stasiun Shinano-Omachi. Jalur kereta ini masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga teman-teman yang punya JR Pass bisa naik kereta tanpa perlu membayar tiket lagi. Kereta Azusa 3 adalah satu-satunya kereta langsung dari Shinjuku sampai Shinano-Omachi tanpa berhenti dalam satu hari, membuatnya jadi kereta tercepat untuk rute ini. Masih ada kereta Azusa lainnya, namun semuanya mengharuskan kita untuk transfer atau menyambung kereta (tidak langsung), sehingga akan menambah lama waktu perjalanan.

Kereta Azusa 3 akan berangkat jam 07.30 dari Stasiun Shinjuku dan tiba di Stasiun Shinano-Omachi sekitar jam 11.00. Pastikan teman-teman sudah sarapan sebelum berangkat. Dari Stasiun Shinano-Omachi, kita bisa menuju Ogizawa dengan naik bus lokal selama kurang lebih 40-50 menit. Teman-teman akan tiba di Ogizawa (pintu masuk Tateyama Kurobe Alpine) pada sekitar jam 11.50 atau pada saat makan siang.

2. Melalui Nagano

Cara kedua yang “sedikit” lebih cepat ditambah memberi kesempatan buat teman-teman merasakan pengalaman naik kereta Shinkansen di Jepang adalah melalui kota Nagano. Kita bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Nagano, yang juga masuk dalam cakupan JR Pass maupun Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.

Kereta Hokuriku Shinkansen Kagayaki (kereta tercepat) akan berangkat dari Stasiun Tokyo jam 06.15 dan sampai Stasiun Nagano sekitar jam 07.39. Setibanya di Stasiun Nagano, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan bus Alpico Ekspress sampai ke Ogizawa selama kurang lebih 2 jam. Kita akan tiba di Ogizawa sekitar jam 10.00. Meskipun lebih cepat, namun pillihan ini jarang dipilih karena tike bus Alpico tidak tercover oleh JR Pass.

Untuk mengakalinya, teman-teman bisa menggunakan tambahan pass yakni Tateyama Kurobe Option Ticket seharga 9.000 yen. Pass ini sudah mencakup ongkos bus Alpico dari Nagano sampai Ogizawa. Dibandingkan dengan rute nomor 1 atau melalui Shinano-Omachi, rute kedua ini waktu tempuhnya 2 jam lebih cepat. Sangat cocok buat teman-teman yang ingin berburu Tateyama Kurobe Option Ticket atau yang “mau bayar lebih” untuk tiket bus Alpico.

Bus Alpico ini dapat dengan mudah teman-teman temukan di pintu keluar timur Stasiun Nagano (halte bus no.25). Keberangkatannya tersedia pukul 08.15, 09.00, 10.30, 12.30, 14.20, dan 16.20. Sebagai catatan, tidak ada sistem reservasi tempat duduk di bus ini. Jadi sebisa mungkin, setelah tiba di Stasiun Nagano, teman-teman langsung berlari/berjalan cepat ke arah halte bus Alpico (sekitar 5 menit) supaya kebagian tempat duduk. Harga tiket bus Alpico dari Stasiun Nagano-Ogizawa sebesar 2.600 yen (satu arah) atau 4.200 yen untuk tiket pulang pergi.

3. Rute Berkeliling Tateyama Kurobe Alpine

Pegunungan Tateyama di Toyama di musim panas

Pegunungan Tateyama di Toyama di musim panas

Untuk menikmati keindahan Tateyama, setidaknya ada 3 pilihan rute perjalanan melintasi pegunungan yang bisa teman-teman pilih.

  1. Rute perjalanan penuh 1 arah dari Ogizawa sampai ke Stasiun Tateyama atau Stasiun Tateyama-Stasiun Ogizawa. Lama perjalanan sekitar 6-8 jam di mana teman-teman bisa melihat semua objek wisata yang ada di Tateyama, seperti Kurobe Dam, Daikanbo, Murodo, Tebing Kurobe Kyokoku, dan Kurobe Gorge yang terkenal dengan pemandangan musim gugurnya. Pilihan rute ini yang bisa kita pilih jika ingin melakukan perjalanan satu hari Tokyo-Tateyama.
  2. Rute bolak-balik dari sisi Ogizawa, rutenya Ogizawa-Murodo–lalu kembali ke Ogizawa. Lama perjalanan rute ini sekitar 5-7 jam. Pilihan rute ini juga bisa kita pilih jika ingin melakukan perjalanan satu hari Tokyo-Tateyama.
  3. Rute bolak-balik dari sisi Stasiun Tateyama, rutenya Stasiun Tateyama-Kurobe Dam-lalu kembali ke Stasiun Tateyama. Lama perjalanan rute ini sekitar 8-9 jam. Rute ini Tim Info Jepang sarankan bagi teman-teman yang akan menginap di Toyama atau Kanazawa. Pilihan rute ini tidak bisa kita pilih jika ingin melakukan perjalanan satu hari Tokyo-Tateyama.

Rute perjalanan ini terdiri dari beragam transpotasi, seperti kereta gantung, bus trolley, maupun bus lintas gunung, teman-teman bisa membacanya di sini. Berikut ini adalah ongkos transportasi angkutan di Tateyama.

ongkos transportasi di Tateyama

Tabel ongkos perjalanan di Tateyama

Perjalanan pulang ke Tokyo dari Tateyama Kurobe Alpine

transportasi di tateyama

Transportasi di Tateyama Alpine Route

Untuk perjalanan pulang, setidaknya ada tiga pilihan yang bisa teman-teman pilih, bisa melalui Toyama atau Kanazawa (untuk rute perjalanan ke-1) atau dari Ogizawa (jika memilih rute perjalanan ke-2).

1. Via Stasiun Toyama

Setelah tiba di Tateyama, teman-teman bisa naik kereta Toyama Chiho Railroad selama 60 menit sampai Stasiun Toyama. Dari Stasiun Toyama, teman-teman bisa kembali ke Tokyo dengan naik kereta Hokuriku Shinkansen Hakutaka atau Kagayaki. Jadwal keberangkatan terakhir dari Stasiun Toyama yakni jam 20.41 (Hakutaka) dan 21.20 (Kagayaki). Teman-teman akan tiba di Stasiun Tokyo sekitar jam 23.30. Sebagai catatan, keberangkatan kereta Shinkansen dari Stasiun Toyama tersedia 2 keberangkatan setiap jamnya, masing-masing 1 perjalanan untuk Shinkansen Hakutaka dan Kagayaki. Ongkos perjalanannya adalah sekitar 12.210 yen untuk tiket satu kali perjalanan.

Jika memilih pulang ke Tokyo melalui Toyama, menurut perhitungan Tim Info Jepang, teman-teman akan punya tambahan waktu sekitar 2 jam untuk berkeliling objek wisata di kota Toyama setelah puas berkeliling Tateyama. Berikut ini tempat-tempat wisata yang ada di Toyama.

Objek wisata di Toyama (selengkapnya)

  • Kastil Toyama

    Kemegahan Kastil Toyama

    Kastil Toyama menjadi ikon wisata prefektur Toyama bersama dengan pegunungan Tateyama yang terkenal. Kompleks taman Kastil Toyama juga diperbarui dan kini menjadi lokasi favorit wisata dan hanami....


  • Kurobe Dam

    Kurobe Dam di musim gugur

    Rute Kurobe Dam di Toyama adalah rute perjalanan wisata Jepang paling terkenal di seluruh dunia. Kita bisa menikmati keindahan Laut Jepang, kesejukan kota Toyama, dan menyaksikan kemegahan pegunungan Tateyama di bagian tengah Jepang. ...


  • Taman Kaiwomaru Toyama

    Suasana Taman Kaiwomaru Toyama

    Setelah berkeliling pegunungan Tateyama, Tebing Kurobe, Kastil Toyama, Taman Kansui, Taman Kaiwomaru di pinggir laut adalah tempat wisata indah di Prefektur Toyama. Kita bisa lihat kapal legendaris Kaiwomaru dan Pegunungan Tateyama....


2. Via Stasiun Kanazawa

Setelah tiba di Tateyama, teman-teman bisa naik kereta Toyama Chiho Railroad selama 60 menit sampai Stasiun Toyama, dilanjutkan dengan kereta ke Stasiun Kanazawa 20-30 menit. Dari Stasiun Kanazawa, teman-teman bisa kembali ke Tokyo dengan naik kereta Hokuriku Shinkansen Hakutaka atau Kagayaki. Jadwal keberangkatan terakhir dari Stasiun Toyama yakni jam 20.17 (Hakutaka) dan 21.00 (Kagayaki). Teman-teman akan tiba di Stasiun Tokyo sekitar jam 23.30. Sebagai catatan, keberangkatan kereta Shinkansen dari Stasiun Toyama tersedia 2 keberangkatan setiap jamnya, keretanya sama dengan rute dari Stasiun Toyama. Ongkos perjalanannya adalah sekitar 13.600 yen untuk tiket satu kali perjalanan.

Jika memilih pulang ke Tokyo melalui Kanazawa, menurut perhitungan Tim Info Jepang, teman-teman akan punya tambahan waktu sekitar 2 jam untuk berkeliling objek wisata di kota Kanazawa setelah puas berkeliling Tateyama. Objek wisata terkenal di sini antara lain Taman Kenrokuen maupun distrik Higashi Chaya, kawasan kota tua di Kanazawa.

Objek wisata di Kanazawa (selengkapnya)

  • Distrik Higashi Chaya

    Suasana Distrik Higashi Chaya di Kanazawa

    Higashi-Chaya ini mulai dikenal pada jaman Kekaisaran Edo, di mana hampir setiap malam Geisha menghibur para pengunjung. Kini, area ini telah berubah menjadi tempat wisata di Kanazawa dengan restoran, kedai minum teh, dan juga toko oleh-oleh....


  • Stasiun Kanazawa

    Gerbang Tsuzumi di Stasiun Kanazawa

    Tim Info Jepang sudah membahas beragam tempat wisata seru Kastil Kanazawa, Taman Kenrokuen, Museum Seni Abad 21 dan juga distrik Higashi Chaya. Kini kita akan melihat keunikan Stasiun Kanazawa....


  • Taman Kenrokuen

    Keindahan Taman Kenrokuen di Kanazawa

    Taman Kenrokuen di Kanazawa, Ishikawa merupakan salah satu dari tiga taman bergaya Jepang terindah. Meliputi area seluas lebih dari 11 hektar di pusat kota Kanazawa, taman ini selalu jadi tempat favorit bagi para wisatawan....


3. Via Ogizawa (Shinano-Omaichi)

Berdasarkan perhitungan Tim Info Jepang, jika memilih kembali melalui Ogizawa, teman-teman harus sudah kembali ke Ogizawa sekitar jam 16.00, karena bus terakhir Alpico menuju Stasiun Nagano jam 16.30 dan tiba sekitar jam 18.15.

Dari Stasiun Nagano, teman-teman bisa kembali ke Tokyo dengan naik kereta Hokuriku Shinkansen Hakutaka, Kagayaki, atau Asama. Jadwal keberangkatan terakhir dari Stasiun Toyama yakni jam 21.15 (Asama), 21.46 (Hakutaka), dan 22.08 (Kagayaki). Teman-teman akan tiba di Stasiun Tokyo sekitar jam 23.00-23.30. Sebagai catatan, keberangkatan kereta Shinkansen dari Stasiun Toyama tersedia 3 keberangkatan setiap jamnya, keretanya sama dengan rute dari Stasiun Toyama ditambah Shinkansen Asama.

Jika memilih pulang ke Tokyo melalui Nagano, menurut perhitungan Tim Info Jepang, teman-teman akan punya tambahan waktu sekitar 3-4 jam untuk berkeliling objek wisata di kota Nagano, termasuk Kuil Zankoji yang buka 24 jam.

Informasi Tambahan Perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine

Untuk bisa meng-cover maksimum perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine pilihan terbaik adalah dengan menggunakan JR Pass atau Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.

Sementara itu untuk meng-cover seluruh rute berkeliling di Tateyama, teman-teman bisa menggunakan Tateyama Kurobe Option Ticket. Dengan tiket ini, teman-teman tidak perlu membayar tiket transportasi yang ada di Tateyama, termasuk bus dari Shinano-Omachi sampai Ogizawa maupun kereta dari Stasiun Tateyama sampai Stasiun Toyama.

Sumber gambar: Flickr M Reza Faisalかがみ~digicacy


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: March 16, 2017

Comments (46)

  1. Selamat siang

    Sy hanya ingin liatin salju ke anak sy yg balita . Sy cukup pergi kemana ya di area pegunungan ini?

    Kl sy pergi tgl 3 april apa area toteyama sudah buka u wisatawan ato hanya mid april 2017?
    Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Area ini dibuka sepanjang tahun. Yang dibuka pada pertengahan april (dari tanggal 15 April hingga 30 November 2017) adalah rute full menembus pegunungan dan di ketinggian 2.500 meter. Rute ini menghubungkan dua kota yakni Tateyama di Prefektur Toyama dan Shinano-Omachi di Prefektur Nagano. Kalau Sitta hanya ingin melihat pemandangan pegunungan bisa menempuh perjalanan dari Toyama sampai Murodo saja.

    • siang pak nug,

      Rute bolak balik dari sisi ogizawa , rute nya ogizawa – murodo – dan kembali ke ogizawa lagi ongkos nya brp ya ,dari ogizawa ke stasiun nagano bus paling akhir jam brp ya , dari stasiun nagano lanjut ke osaka apakah ada yg langsung atau kah transit dulu …kira kira brp jam sampai ke osaka dari nagano

      thank u

  2. Selamat malam
    saya ingin bertanya:
    1. jalur balik ke tokyo dari Shinano-Omachi apakah tetap bisa menggunakan kereta azusa 3?
    2. saya ingin mengambil Rute bolak-balik dari sisi Ogizawa, rutenya Ogizawa-Murodo–lalu kembali ke Ogizawa moda transportasi apa saja yg perlu saya ambil dan apakah saya perlu membeli tateyama kurobe option ticket?
    3. saya berencana juga ke shirakawa go apakah lebih baik satu hari di tateyama pulang tokyo dan besokan harinya tokyo – shirakawa – kyoto??

    saya berencana menggunakan JR Pass

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau bapak punya JR Pass bisa masuk dari Nagano (nomor 2) dan memaksimalkan penggunaan JR PASS.
      Kemudian Tateyama Kurobe Option Ticket itu hanya mengcover ongkos perjalanan satu arah saja, jadi kalau ingin PP sampai ke Murodo saja, tidak perlu memebeli Tateyama Kurobe Option Ticket.
      Tim Info Jepang menyarankan untuk ke Shirakawago pada hari berikutnya setelah perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine Route.
      Bisa dibaca di Itinerary Perjalanan Shirakawago Tateyama Kurobe Alpine. Salam

    • Untuk dari Nagano (no. 2) saya butuh membeli tiket bus alpico lagi yak? ato ada moda dgn penggunaan JR PASSnya?

      klo PP sampai murodo itu menggunakan moda transportasi apa baiknya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, Kenji harus membeli lagi tiket bus Alpico. Harganya 2600 yen. JR Pass hanya mengcover sampai Stasiun Nagano.
      Dari Ogizawa (tempat turun bus Alpico) kamu bisa naik berbagai transportasi di Tateyama Kurobe Alpine. Total ongkos dari Ogizawa ke Murodo 5860 yen (satu arah). Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Tidak ada biaya tambahan lagi Pak, bapak bisa berjalan kaki di Yuki no Otani dan Kurobe Dam.
      Yang perlu dibayar hanya ongkos transportasi ke stasiun terdekat saja. Salam

    • Hokuriku Shinkansen dicover oleh JR Pass pak? (pertanyaan ulang krn blm djawab, hehe) untuk full menyusuri alpine route, bs dalam 1 hari PP dari tokyo pak?
      terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Maaf, Tim Info Jepang tidak mengetahui kalau bapak berencana membeli JR PASS, sebab bapak bilang tanpa JR PASS.
      JR PASS mengcover semua ongkos kereta, kecuali ongkos antara Toyama dan Shinano-Omachi/ Nagano Station.
      Kalau bapak mau PP dari Tokyo, bisa kok PP satu hari. Artikel di atas khusus membahas perjalanan PP sehari dari Tokyo.

    • Maaf jg pak,krn saya lg hitung2 biayanya, ternyata jatuhny malah lbh mahal klo beli ecer shinkansen atau bapak ada alternatif lain untuk transport yg lbh murah tanpa JR Pass jika PP Tokyo, maaf ni,budget traveler hehe
      terima kasih sekali sudah melayani pertanyaan saya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak ada yang lebih murah kalau mau PP selain dengan JR PASS pak. Kalau ada cara lain, sudah pasti dituliskan lengkap di website ini Pak. Salam

  3. Selamat Malam, saya dan teman2 berencana akan liburan di jepang dan sampai ditokyo sekitar 20-27 mei, dan akan ke alpen route, kira2 kalau PP dari tokyo memungkinkan kah kt untuk mengunjungi tembok salju Yuki No Ootani dan Kurode Dam sekaligus? kt rencana akan menggunakan JR pass kesana, setelah sampai disana perlukah menggunakan transport lain yg diluar cover JR Pass?

    Thank You

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Jika mengikuti rute itinerary perjalanan Tokyo Tateyama Kurobe Alpine Route di atas, bisa kok ke Yuki no Otani (dari stasiun Murodo), kemudian lanjut ke Kurobe Dam. Lalu bapak bisa kombinasikan JR PASS dengan Tateyama Kurobe Option Ticket untuk menghemat ongkos perjalanan.
      Salam

    • Kalau tanpa beli Kurobe Option Ticket bisa pak? harga nya lumayan mahal yah itu transport dsana nya, kalau dari Tokyo, lbh jauh Kurobe dam ya seharusnya.. pada tanggal saya pergi apakah kurobe dam telah buka??
      terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Sebetulnya dengan Kurobe Option Ticket ongkosnya sudah lebih murah 25% dibanding membayar sendiri-sendiri.
      Silakan bapak bandingkan dengan tabel ongkos transportasi di atas.
      Lalu maksudnya pertanyaan bapak Kurobe Dam telah buka itu apa? Jalan menuju ke Kurobe Dam sudah dibuka bersamaan dengan dibukanya Tateyama Kurobe Alpine Route dari 15 April sampai 30 November. Namun jadwal dibukanya pintu air Kurobe dam adalah sekitar musim panas. Salam

    • Malam pak, nanya lagi, selain menggunakan moda transport shinkansen, apakah ada kereta api lain dari tokyo ke shinano-omachi?? Kalau ada harganya brapa ya??
      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau bapak bisa mengejar kereta Azusa nomor 3 dari Shinjuku pukul 07.30 bisa sampai di Shinano-Omachi Station tanpa perlu berganti-ganti kreta. Ongkosnya 7.130 yen dengan waktu perjalanan sekitar 4 jam. Salam

    • Ohhh, jadi gini, kalau saya tanpa JR Pass, dari shinjuku jam 7.30 pagi naik kereta Azusa no.3 – Shinano – Omachi station kemudian mengaktifkan tateyama kurobe option ticket (7.130 Yen + 9.000 Yen = 16.130 yen) kalau saya hanya mau berkunjung ke kurobe dam – Yuki no Ootani kemudian balek ke Tokyo, perjalananny bagaimana pak? dan harga2 keretanya brapa? mohon perinciannya
      Terima kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau bapak tidak menyusuri jalur Tateyama Kurobe Alpinenya sampai tembus di Toyama berarti tidak perlu membeli tateyama kurobe option ticket.
      Ongkosnya 7.130 yen plus ongkos dari Shinano-Omachi sampai Murodo (tabel di atas baris 4 dan kolom 9) 7.220 yen.
      Atau 28.700 yen PP. Salam

    • Maaf bnyk bertanya pak Nugroho Christian, saya sudah mulai ngerti, kalau semisal saya menyusuri shinano-omachi sampai toyama apakah saya sempat untuk balek ke tokyo dalam 1 hari? kalau sempat, moda transport apa yg bs saya gunakan dan harganya berapa?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sampai di Toyama bisa naik Hokuriku Shinkansen. Ongkosnya dan durasi perjalanan sudah tertulis di artikel di atas Pak. Salam

  4. Selamat Pagi… Saya Newbie dan hendak ke Jepang dalam 18 hari.

    Kebetulan saya menggunakan JR Pass. dan Kota Last yg di kunjungi ialah Tokyo,

    Pertanyaan : Saya hendak ke Alphine Route dari Tokyo. setelah saya baca itenary di atas lewat Shinjuku (Jalur 1). Di atas belum di info berapa harga Bus Lokal setelah turun dari Shinkasen nya (Shinano Omachi menuju Ogizawa).

    Dan Saya rencana tidak menginap…

    Berapakah kira2 Tiket Terusan untuk semua atraksi di Alphine Route ini jika nanti nya kembali ke Ogizawa dan lanjut pulang ke Tokyo untuk Adult 1 Orang nya ?

    Saya mau memastikan Uang nya… Thanks berat.

    And Apakah Pembayaran di sana bisa menggunakan Kartu Kredit ? Atau hanya Cash saja ?

  5. kak . 16 april tokyo ke kanazawa-Shirakawago-kanazawa 17 april kanazawa -alpine route – tokyo 1.alphine route snow wall pasti sudah dibuka 16 april? 2. kalau dari tateyama ke snow wall balik tateyama lagi ongkos pp berapa ?dan berapa jam atau lebih murah beli tiket paket yg 9000 yen 3. atau jadwal nya ke alpine dulu baru ke shirakawago…mana lebih hemat dan efektif. menginap 1 hari di kanazawa. tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Yermia. Untuk Tateyama Kurobe Alpine Route sudah dibuka semuanya tanggal 15 April 2017.
      Kalau hanya setengah jalan kemudian berbalik lagi, ya Tateyama Kurobe Option Ticket tidak bisa digunakan. Sebab tiket ini hanya untuk satu arah.
      Kalau masuk dari Tateyama Kurobe Alpine dulu, lebih efektif dan hemat, namun perlu membawa-bawa koper.
      Dan akan sangat ribet karena padatnya Tateyama Kurobe Alpine Route. Salam

    • kak..apakah bisa dari tateyama.ke.tembok salju balik lagi ke tateyama? ongkos.pp berapa? jadi gak usah ke damnya. tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tembok Salju Yuki no Otani itu start awalnya di Murodo Station. Berarti ongkosnya 3.630 yen kalau dari Dentetsu Toyama Station.
      PP totalnya 7.260 yen. Silakan dicek di tabel di atas. Salam

  6. Halo Pak, saya berencana ke Jepang dari tanggal 18-22 April 2017, tempat-tempat yang akan saya kunjungi :
    18 April tiba di Osaka, explore Osaka Castle dan Dotonbori, malamnya ke Kyoto
    19 April explore Fushimi Inari, Arashiyama dan Gion district, malamnya ke Tokyo
    20 April explore Tateyama Korobe Alpine dan dalam kota Tokyo malam harinya
    21 April explore Mount fuji dan dalam kota Tokyo malam harinya
    22 April explore kota Tokyo, malam hari flight balik ke Jakarta.

    Pertanyaanya :
    1. Apakah saya perlu membeli JR Pass karena ingin ke Tateyama? rencana awal saya dari Kyoto ke Tokyo naik Willer Bus, dan beli TWP tapi karena mendadak ingin ke Tateyama jadi bingung harus memilih pass yang mana. Jika membeli JRP hanya untuk 5 hari saja apakah sudah worth to buy?
    2. Untuk tanggal 22 April, apa rekomendasi tempat yang bagus untuk dikunjungi? sementara alternative ingin ke Fujiko F. Fujio museum. Flight ke Jakarta dari Haneda jam 23.00.

    Terima kasih.

  7. Halo Pak Nugroho.

    Saya berencana ke Jepang 22-30 April besok.
    Kebetulan dapat tiketnya sampai yang di Narita dan pulang dari Osaka. Saya rencananya akan main sekitaran tiga kota dalam satu arah (sampai di Narita, Tokyo lalu Kyoto/USJ- pulang dari Kansai Osaka). Jadi belum ada rencana beli JR Pass. (Sebab setelah baca-baca website infojepang, JR Pass lebih disarankan untuk pelancong yang PP dari kota yang sama ya)
    Pas lagi riset itinerary, ingin juga menyempatkan mengunjungi jalur tembok salju ini, soalnya sepertinya tanggal visit saya pas dengan rentang dibukanya. Tapi saya tidak ada rencana untuk extend atau menginap di Toyama.
    Yang mau saya tanyakan:

    1. Jika ingin mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine route dalam satu hari (tidak menginap), lebih baik saya datang dan pulang dari Tokyo, atau dari Kyoto? Mohon saran dan pertimbangan mana yang lebih efisien, baik dari segi biaya dan/atau waktu.
    2. Kalau saya mau tambah mengunjungi Alpine route ini (di luar rencana saya semua yang hanya bepergian satu arah Tokyo-Kyoto-Osaka), apakah lebih baik membeli JR Pass saja sekalian?

    oh iya, saya nggak ada rencana visit Gn Fuji/Danau Kawaguchi.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau hanya ingin ke Osaka, Kyoto, Tokyo dan jalur Tateyama Kurobe Alpine Route bisa mencoba Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass yang lebih hemat 5.000 yen, harganya 24.000 yen.

      Sebetulnya maksud Tim Info Jepang tidak menyarankan membeli JR Pass kalau hanya ke Tokyo Osaka sekali jalan, karena masih jauh lebih murah membeli tiket shinkansen sendiri (13.000 yen) tanpa JR PASS (29.110 yen). Tapi karena ada perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine, maka baik JR PASS dan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass sudah balik modal.

      Itinerary diatas adalah buat yang berencana menginap satu malam, dan tidak masalah kalau ingin membawa koper menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route. Kalau ibu ingin perjalanan PP, bisa membaca Itinerary Memutar Tateyama Kurobe Alpine Route. Kalau ibu perhatikan artikelnya, sebetulnya sama saja mau berangkat dari Tokyo atau Kyoto karena Tateyama Kurobe Alpine Route tepat berada di tengah-tengahnya.
      Salam

    • Terima kasih sarannya Pak Nugroho.

      Saya sebenarnya masih menimbang2 keinginan mengunjungi Alpine route ini. Takutnya bakal terlalu capai (krn mengunjunginya dlm sehari) atau malah terlalu ramai (krn mengunjungi di minggu kedua jalur Alpine route ini dibuka)?

      Btw mau tanya lagi yah…

      1. Kalau misalnya hanya mengunjungi rute kedua (hanya sampai Murodo lalu kembali lagi) apakah tetap disarankan membeli Hokuriku pass?
      2. Terkait dgn pertanyaan nomor 1, saya masih mengatur itinerary fix. Mungkin tmpt2 yg sy list di bwh ini terlalu banyak, tapi kira2 tmpt yg mau didatangi seperti ini. Mohon sarannya ya Pak jika ada yang bisa lebih diefisienkan:

      Minggu 23/4: 07.00 tiba di NRT, TOKYO (Tsukiji, Hamarikyu, Tokyo tower, Imperial Palace, Shinjuku Gyoen, Meiji Jingu Shrine, Shibuya)
      Senin 24/4: TOKYO (Sensoji Temple, Asakusa Shrine, Ueno Park)
      Selasa 25/4: Rute 1/rute 2 Alpine tour
      Rabu 26/4: KYOTO (Tenryuji, Arashiyama, Ryoanji, Kinkakuji, Kyoto Imp Palce, Nijo Palace)
      Kamis 27/8: KYOTO (Fushimi Inari, Kiyomizudera, Yasaka, Maruyama Park, Chion in, Heian Shrine, Nanzenji)
      Jumat 28/4: Harpot world/USJ; Dotomburi-Shinsaibashi (pilih hari kerja agar tdk ramai)
      Sabtu 29/4: ?
      Minggu 30/4: OSAKA Castle, 1800 flight pulang dari KIX
      Ada satu hari (Sabtu) yang saya masih blm tahu mau diisi apa. Apakah sebaiknya mencari tmpt baru? Atau diisi dengan kegiatan pecahan dari itinerary hri sebelumnya?
      3. Kalau yang saya baca, 29 April adalah permulaan Golden week? Adakah yg perlu diantisipasi dlm itinerary di hari tsb dan 30/4?
      4. Cuaca bulan April utk Tokyo-Kyoto-Osaka, adakah usul utk busana yang dibawa baiknya spt apa? Katanya sangat berangin ya?

      Thanks a lot for answering mas. Your site has been a helpful resource.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass hanya mengcover ongkos Tokyo-Toyama-Osaka. Ongkos ke Tateyama Kurobe Alpine Route sama sekali tidak tercover. Mungkin maksud Ibu adalah Tateyama Kurobe Alpine Option Ticket ya? Kalau hanya sampai Murodo ya tidak perlu membeli option ticket ini.
      Untuk hari Sabtu yang itinerary nya masih kosong, bagaimana kalau pergi ke Kobe atau Nara, PP dari Osaka?
      Untuk Golden Week sendiri tidak ada yang bisa diantisipasi Ibu. Mungkin antrian akan tambah panjang, jadi bisa menggunakan sepatu yang ceper sehingga tidak capai mengantri. Lalu cuaca akhir bulan April sudah cukup hangat, sekitar 20-23 derajat celcius. Untuk berangin/ hujan, Tim Info Jepang tidak bisa memberikan informasi apa-apa, karena masih jauh hari. Salam

    • Mariska  |  

      Selamat siang Pak Nugroho.

      Benar, sepertinya saya tertukar antara Hokuriku Arch Pass dan Tateyama Kurobe Alpine Option Ticket. Saya akan pertimbangkan usulan Nara nya Pak… Sebenarnya masih mikir apakah mending ke Nara atau main ke Kyoto lagi (jika hari Rabu dan Kamis tidak keburu). Hehehe… Saya mau tanya lagi ya:

      1. Untuk visit saya (23-30 April 2017) apakah Tateyama Kurobe Alpine Option Ticket dijual?
      2. Bisakah dari Tokyo saya trip PP (mengikuti rute1 yang dijelaskan di artikel di atas) Tateyama Alpine route dalam sehari, lalu meneruskan perjalanan ke Osaka? Jadi luggage dititipkan di St Toyama. Saat berangkat pagi-pagi saya titipkan luggage di loker St Toyama, lalu pulang dari Tateyama Alpine route mengambilnya dan pergi ke Osaka? Atau terlalu mepet? Mohon saran.
      3. Saya konfirmasi lagi ya Pak, berdasarkan pemahaman saya, berarti dengan itinerary saya di bawah, perbedaan Hokuriku dan JR Pass hanya akan terasa ketika akan transfer dari Tokyo ke Osaka ya? Kalau saya punya JR Pass, bisa memakai shinkansen yang waktu tempuhnya ke Osaka lebih cepat?
      4. Apakah menurut bapak, tempat wisata di itinerary kasar saya sudah tercover semua oleh JR Pass/Hokuriku Arch Pass?
      5. Misalnya saya memutuskan untuk membeli Hokuriku Arch Pass, sebaiknya diaktifkan H1-H7 perjalanan, atau H2-H8 ya? Berdasarkan itinerary kasar yang sudah saya share di bawah.

      Terima kasih banyak Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk tateyama kurobe alpine route option ticket, belum ada pengumuman kapan tersedia. Rute perjalanannya bisa dibaca Ibu di Itinerary Memutar Tateyama Kurobe Alpine Route dengan JR Pass atau Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.

      Sebetulnya JR Pass juga mengcover perjalanan shinkansen ke daerah Hokuriku dan seluruh kota di Jepang. Kenapa Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass bisa lebih murah, karena daerah yang dicover juga lebih dikit, juga tidak bisa naik Tokaido Shinkansen yang selalu penuh penumpang.

      Kalau hari terakhir di Osaka hanya mengunjungi satu tempat yakni Osaka Castle, maka Hokuriku Arch Pass bisa diaktifkan dari hari pertama sampai ketujuh. Mengingat lebih banyak tempat wisata yang dikunjungi di hari pertama. Salam

  8. Saya berencana ke Jepang keliling Tokyo saja dan ke Alpine Rute dlm 1 Hari pp, ber 3 dg 2 anak saja, apakah mungkin tanpa membeli JR Pass? Ada dijual sistem tiket satuan? Atau bagaimana baiknya saya menggunakan tiket apa menuju ke Alpine route?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa saja pak. Tulisan di atas adalah contoh itinerary PP 1 hari Tokyo-Tateyama, kurangi saja beberapa item wisata khususnya yang jauh karena mungkin anak tidak bisa berjalan jauh (cepat lelah). Untuk bisa meng-cover maksimum perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine pilihan terbaik adalah dengan menggunakan JR Pass atau Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass. Membeli tiket ketengan bisa tapi harganya sudah sama dengan JR Pass. Tiket Tokyo-Toyama saja sudah 24.420 yen. Salam.

    • Trims atas jawabannya, jika rencana perjalanan saya spt ini :
      D1: Narita, Tokyo tower dsk
      D2: Disneyland
      D3: Fuji Kawaguchi dsk
      D4: Alpine Rute pp
      D5: Tokyo dsk, Narita

      Atau jika ada opsi ke USJ, Osaka dsk +1day, jg, dg JR Horukiku saja sdh cukup, atau perlu dikombinasi dg pass lain ya? Trims .

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau ada rencana ke Fuji Kawaguchiko, sebaiknya menggunakan JR Pass, karena Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass tidak mengcover rute ke Fuji Kawaguchiko. Semua rute kereta ke tempat-tempat yang ingin dikunjungi sudah tercover semuanya juga kok. Salam.

    • Baik mas, skedar memastikan,
      jika saya skip Fuji, berarti dg Hokuriku arc pass saja, selain Fuji, tujuan yang lain juga bisa tercover ya?
      Trims

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!