Itinerary Perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine

You are here Home  > Center Town, Itinerary Perjalanan, Tips Wisata >  Itinerary Perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine

Bosan dengan objek wisata kota-kota besar di Jepang? Sudah pernah pergi ke Tokyo, Osaka, Kyoto, kawasan Gunung Fuji dan Hakone? Teman-teman bisa coba pergi dari Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine Route, mengunjungi objek wisata alam pegunungan yang terletak di antara Prefektur Toyama dan Nagano. Setidaknya ada 8 objek wisata ter- (tertinggi, terpanjang, atau tertua) yang bisa kita lihat dan nikmati saat berkunjung ke Tateyama, yang sudah pernah saya tuliskan dalam kisah kunjungan saya ke Tateyama Kurobe Alpine. Namun, ada banyak pertanyaan dari pengguna Tour Guide Online, apakah bisa mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine dari Tokyo dalam satu hari (tanpa perlu menginap)? Nah, berikut ini itinerary Perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine yang bisa teman-teman gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Ini dia hal yang Ter- yang ada di Tateyama Kurobe Alpine Route

  1. Air terjun Shomyo yang adalah air terjun tertinggi di Jepang (350 meter)
  2. Murodo Station yang adalah stasiun paling tinggi dari permukaan laut (2450 meter)
  3. Pemandian air panas Mikurigaike yang adalah pemandian air panas tertinggi di Jepang dengan pesona Danau Mikurigaike yang indahDanau Mikurigaike di Tateyama Kurobe Alpine Route
    Danau Mikurigaike di Tateyama Kurobe Alpine Route
  4. Persinggahan Tateyama Murodo, rumah persinggahan paling tua di Jepang
  5. Bus troli, satu-satunya di Jepang, bus tanpa gas pembuangan
  6. Tateyama Ropeway, ropeway tanpa tiang penyangga terpanjang di Jepang
  7. Kurobe Dam, dam tertinggi di Jepang dengan ketinggian dinding penahan 186 meterKurobe Dam di musim gugur
    Pemandangan Kurobe Dam di musim gugur
  8. Kapal Garube, kapal penumpang yang beroperasi paling tinggi dari atas permukaan laut
  9. Midagahara, kawasan rawa paling berharga di dunia oleh Ramsar Convention.
Peta Tateyama dan Shirakawago Jepang

Perjalanan dari Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine

Untuk dapat pergi dari Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine dalam satu hari, kita harus tiba sepagi mungkin di Tateyama atau Omachi/ Ogizawa. Perlu teman-teman ketahui, ada dua kota yang jadi pintu masuk Tateyama, yakni kota Toyama di prefektur Toyama yang ada di sisi timur laut Tateyama atau Omachi dan Ogizawa di Prefektur Nagano yang ada di sisi tenggara (perhatikan peta di atas).

1. Melalui Shinano-Omachi

Untuk rute yang pertama, teman-teman bisa naik kereta limited ekspress Azusa dari Stasiun Shinjuku sampai Stasiun Shinano-Omachi. Jalur kereta ini masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga teman-teman yang punya JR Pass bisa naik kereta tanpa perlu membayar tiket lagi. Kereta Azusa 3 adalah satu-satunya kereta langsung dari Shinjuku sampai Shinano-Omachi tanpa berhenti dalam satu hari, membuatnya jadi kereta tercepat untuk rute ini. Masih ada kereta Azusa lainnya, namun semuanya mengharuskan kita untuk transfer atau menyambung kereta (tidak langsung), sehingga akan menambah lama waktu perjalanan.

Kereta Azusa 3 akan berangkat jam 07.30 dari Stasiun Shinjuku dan tiba di Stasiun Shinano-Omachi sekitar jam 11.00. Pastikan teman-teman sudah sarapan sebelum berangkat. Dari Stasiun Shinano-Omachi, kita bisa menuju Ogizawa dengan naik bus lokal selama kurang lebih 40-50 menit. Teman-teman akan tiba di Ogizawa (pintu masuk Tateyama Kurobe Alpine) pada sekitar jam 11.50 atau pada saat makan siang.

2. Melalui Nagano

Cara kedua yang “sedikit” lebih cepat ditambah memberi kesempatan buat teman-teman merasakan pengalaman naik kereta Shinkansen di Jepang adalah melalui kota Nagano. Kita bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Nagano, yang juga masuk dalam cakupan JR Pass maupun Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.

Kereta Hokuriku Shinkansen Kagayaki (kereta tercepat) akan berangkat dari Stasiun Tokyo jam 06.15 dan sampai Stasiun Nagano sekitar jam 07.39. Setibanya di Stasiun Nagano, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan bus Alpico Ekspress sampai ke Ogizawa selama kurang lebih 2 jam. Kita akan tiba di Ogizawa sekitar jam 10.00. Meskipun lebih cepat, namun pillihan ini jarang dipilih karena tike bus Alpico tidak tercover oleh JR Pass.

Untuk mengakalinya, teman-teman bisa menggunakan tambahan pass yakni Tateyama Kurobe Option Ticket seharga 9.000 yen. Pass ini sudah mencakup ongkos bus Alpico dari Nagano sampai Ogizawa. Dibandingkan dengan rute nomor 1 atau melalui Shinano-Omachi, rute kedua ini waktu tempuhnya 2 jam lebih cepat. Sangat cocok buat teman-teman yang ingin berburu Tateyama Kurobe Option Ticket atau yang “mau bayar lebih” untuk tiket bus Alpico.

Bus Alpico ini dapat dengan mudah teman-teman temukan di pintu keluar timur Stasiun Nagano (halte bus no.25). Keberangkatannya tersedia pukul 08.15, 09.00, 10.30, 12.30, 14.20, dan 16.20. Sebagai catatan, tidak ada sistem reservasi tempat duduk di bus ini. Jadi sebisa mungkin, setelah tiba di Stasiun Nagano, teman-teman langsung berlari/berjalan cepat ke arah halte bus Alpico (sekitar 5 menit) supaya kebagian tempat duduk. Harga tiket bus Alpico dari Stasiun Nagano-Ogizawa sebesar 2.600 yen (satu arah) atau 4.200 yen untuk tiket pulang pergi.

3. Rute Berkeliling Tateyama Kurobe Alpine

Pegunungan Tateyama di Toyama di musim panas

Pegunungan Tateyama di Toyama di musim panas

Untuk menikmati keindahan Tateyama, setidaknya ada 3 pilihan rute perjalanan melintasi pegunungan yang bisa teman-teman pilih.

  1. Rute perjalanan penuh 1 arah dari Ogizawa sampai ke Stasiun Tateyama atau Stasiun Tateyama-Stasiun Ogizawa. Lama perjalanan sekitar 6-8 jam di mana teman-teman bisa melihat semua objek wisata yang ada di Tateyama, seperti Kurobe Dam, Daikanbo, Murodo, Tebing Kurobe Kyokoku, dan Kurobe Gorge yang terkenal dengan pemandangan musim gugurnya. Pilihan rute ini yang bisa kita pilih jika ingin melakukan perjalanan satu hari Tokyo-Tateyama.
  2. Rute bolak-balik dari sisi Ogizawa, rutenya Ogizawa-Murodo–lalu kembali ke Ogizawa. Lama perjalanan rute ini sekitar 5-7 jam. Pilihan rute ini juga bisa kita pilih jika ingin melakukan perjalanan satu hari Tokyo-Tateyama.
  3. Rute bolak-balik dari sisi Stasiun Tateyama, rutenya Stasiun Tateyama-Kurobe Dam-lalu kembali ke Stasiun Tateyama. Lama perjalanan rute ini sekitar 8-9 jam. Rute ini Tim Info Jepang sarankan bagi teman-teman yang akan menginap di Toyama atau Kanazawa. Pilihan rute ini tidak bisa kita pilih jika ingin melakukan perjalanan satu hari Tokyo-Tateyama.

Rute perjalanan ini terdiri dari beragam transpotasi, seperti kereta gantung, bus trolley, maupun bus lintas gunung, teman-teman bisa membacanya di sini. Berikut ini adalah ongkos transportasi angkutan di Tateyama.

ongkos perjalanan di Tateyama

Tabel ongkos perjalanan di Tateyama

Perjalanan pulang ke Tokyo dari Tateyama Kurobe Alpine

Untuk perjalanan pulang, setidaknya ada tiga pilihan yang bisa teman-teman pilih, bisa melalui Toyama atau Kanazawa (untuk rute perjalanan ke-1) atau dari Ogizawa (jika memilih rute perjalanan ke-2).

1. Via Stasiun Toyama

Setelah tiba di Tateyama, teman-teman bisa naik kereta Toyama Chiho Railroad selama 60 menit sampai Stasiun Toyama. Dari Stasiun Toyama, teman-teman bisa kembali ke Tokyo dengan naik kereta Hokuriku Shinkansen Hakutaka atau Kagayaki. Jadwal keberangkatan terakhir dari Stasiun Toyama yakni jam 20.41 (Hakutaka) dan 21.20 (Kagayaki). Teman-teman akan tiba di Stasiun Tokyo sekitar jam 23.30. Sebagai catatan, keberangkatan kereta Shinkansen dari Stasiun Toyama tersedia 2 keberangkatan setiap jamnya, masing-masing 1 perjalanan untuk Shinkansen Hakutaka dan Kagayaki.

Jika memilih pulang ke Tokyo melalui Toyama, menurut perhitungan Tim Info Jepang, teman-teman akan punya tambahan waktu sekitar 2 jam untuk berkeliling objek wisata di kota Toyama setelah puas berkeliling Tateyama. Berikut ini tempat-tempat wisata yang ada di Toyama.

Objek wisata di Toyama (selengkapnya)

  • Danau Mikurigaike

    Danau Mikurigaike di Tateyama di bulan Juni

    Danau Mikurigaike menjadi objek wisata alam terindah di Murodo, tepat di tengah-tengah Tateyama-Kurobe Alpen Route. Danau Mikurigaike mirip seperti Danau Toba, terbentuk di kaldera gunung berapi Tateyama....


  • Kurobe Dam

    Kurobe Dam di musim gugur

    Rute Kurobe Dam di Toyama adalah rute perjalanan wisata Jepang paling terkenal di seluruh dunia. Kita bisa menikmati keindahan Laut Jepang, kesejukan kota Toyama, dan menyaksikan kemegahan pegunungan Tateyama di bagian tengah Jepang. ...


  • Tateyama Kurobe Alpen

    Berjalan kaki melewati tembok Salju di Tateyama

    Salah satu objek wisata terkenal di Tateyama Kurobe Alpine Route adalah daerah Otani. Di sini salju tiap tahunnya turun sekitar 7 meter. Bahkan ada hari-hari tertentu di mana ketinggian salju mencapai 20 meter....


2. Via Stasiun Kanazawa

Setelah tiba di Tateyama, teman-teman bisa naik kereta Toyama Chiho Railroad selama 60 menit sampai Stasiun Toyama, dilanjutkan dengan kereta ke Stasiun Kanazawa 20-30 menit. Dari Stasiun Kanazawa, teman-teman bisa kembali ke Tokyo dengan naik kereta Hokuriku Shinkansen Hakutaka atau Kagayaki. Jadwal keberangkatan terakhir dari Stasiun Toyama yakni jam 20.17 (Hakutaka) dan 21.00 (Kagayaki). Teman-teman akan tiba di Stasiun Tokyo sekitar jam 23.30. Sebagai catatan, keberangkatan kereta Shinkansen dari Stasiun Toyama tersedia 2 keberangkatan setiap jamnya, keretanya sama dengan rute dari Stasiun Toyama.

Jika memilih pulang ke Tokyo melalui Kanazawa, menurut perhitungan Tim Info Jepang, teman-teman akan punya tambahan waktu sekitar 2 jam untuk berkeliling objek wisata di kota Kanazawa setelah puas berkeliling Tateyama. Objek wisata terkenal di sini antara lain Taman Kenrokuen maupun distrik Higashi Chaya, kawasan kota tua di Kanazawa.

Objek wisata di Kanazawa (selengkapnya)

  • Kuil Ninja Myoryuji

    Pintu masuk Kuil Ninja Myoryuji

    Beberapa objek wisata terkenal seperti gerbang Tsuzumi di Kanazawa Station, pasar Omicho Ichiba, Taman Kenrokuen, dan Kanazawa Castle jadi objek wisata utama. Tapi tahukah kamu, bahwa ada kuil ninja di daerah ini?...


  • Taman Kenrokuen

    Keindahan Taman Kenrokuen di Kanazawa

    Taman Kenrokuen di Kanazawa, Ishikawa merupakan salah satu dari tiga taman bergaya Jepang terindah. Meliputi area seluas lebih dari 11 hektar di pusat kota Kanazawa, taman ini selalu jadi tempat favorit bagi para wisatawan....


  • Bus Keliling Kanazawa

    Bus Keliling Kanazawa bewarna merah

    Buat yang pertama kali ke Kanazawa pasti bingung, karena transportasi utama untuk bepergian di sini juga bukan kereta, melainkan dengan bus. Tim Info Jepang sudah merangkum info lengkap bus keliling Kanazawa....


3. Via Ogizawa (Shinano-Omaichi)

Berdasarkan perhitungan Tim Info Jepang, jika memilih kembali melalui Ogizawa, teman-teman harus sudah kembali ke Ogizawa sekitar jam 16.00, karena bus terakhir Alpico menuju Stasiun Nagano jam 16.30 dan tiba sekitar jam 18.15.

Dari Stasiun Nagano, teman-teman bisa kembali ke Tokyo dengan naik kereta Hokuriku Shinkansen Hakutaka, Kagayaki, atau Asama. Jadwal keberangkatan terakhir dari Stasiun Toyama yakni jam 21.15 (Asama), 21.46 (Hakutaka), dan 22.08 (Kagayaki). Teman-teman akan tiba di Stasiun Tokyo sekitar jam 23.00-23.30. Sebagai catatan, keberangkatan kereta Shinkansen dari Stasiun Toyama tersedia 3 keberangkatan setiap jamnya, keretanya sama dengan rute dari Stasiun Toyama ditambah Shinkansen Asama.

Jika memilih pulang ke Tokyo melalui Nagano, menurut perhitungan Tim Info Jepang, teman-teman akan punya tambahan waktu sekitar 3-4 jam untuk berkeliling objek wisata di kota Nagano, termasuk Kuil Zankoji yang buka 24 jam.

Informasi Tambahan Perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine

Untuk bisa meng-cover maksimum perjalanan Tokyo ke Tateyama Kurobe Alpine pilihan terbaik adalah dengan menggunakan JR Pass atau Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.

Sementara itu untuk meng-cover seluruh rute berkeliling di Tateyama, teman-teman bisa menggunakan Tateyama Kurobe Option Ticket. Dengan tiket ini, teman-teman tidak perlu membayar tiket transportasi yang ada di Tateyama, termasuk bus dari Shinano-Omachi sampai Ogizawa maupun kereta dari Stasiun Tateyama sampai Stasiun Toyama.

Sumber gambar: Flickr M Reza Faisalかがみ~digicacy

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: November 23, 2016

Close Comments

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!