Itinerary Perjalanan ke Arashiyama

You are here Home  > Itinerary Perjalanan, Wisata Jepang >  Itinerary Perjalanan ke Arashiyama

Tim Info Jepang berkesempatan mengunjungi Arashiyama di musim gugur tahun 2016 ini. Arashiyama memang tempat yang sangat indah dan wajib dikunjungi jika teman-teman berlibur di Kyoto. Lokasinya yang strategis dengan akses kereta dan bus yang mudah, membuat Arashiyama selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Sejarah Arashiyama dimulai dari sejak jaman Heian sekitar tahun 784-1185, di mana Arashiyama adalah pusat perdagangan pertanian dan hasil-hasil hutan ke penduduk kota Kyoto yang dulunya adalah ibukota Jepang. Makanya kita bisa menemukan banyak bangunan kuil bersejarah di Arashiyama lengkap dengan taman-taman khas Jepangnya yang memang ditujukan untuk para saudagar di jaman dahulu. Tim Info Jepang sudah merangkum itinerary perjalanan ke Arashiyama, lengkap dengan jadwal perjalanan, perkiraan waktu yang diperlukan, dan juga alternatif perjalanan wisata ke tempat-tempat wisata sekitar Arashiyama atau kota Kyoto. Jika teman-teman ingin memiliki pertanyaan, bisa menuliskannya di kotak pertanyaan di bawah. Tim Info Jepang akan segera menjawabnya.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama

1. Naik kereta ke Arashiyama

Itinerary perjalanan ke Arashiyama ini sifatnya fleksibel, artinya teman-teman bisa menjalani itinerary ini pagi hari atau siang hari setelah berkeliling tempat-tempat wisata di Kyoto (baca Top 15 tempat wisata di Kyoto). Ada 3 stasiun utama di Arashiyama, plus satu stasiun kereta wisata Sagano. Buat teman-teman yang memiliki JR Pass, bisa naik kereta JR dari Kyoto Station sampai Saga Arashiyama Station. Buat teman-teman yang datang dari Kuil Kinkakuji, Kyoto Imperial Palace, Nishiki Market, Gion, atau Istana Nijo di bagian pusat Kyoto bisa naik bus kota Kyoto plus kereta Keifuku Line (sebab bus menuju ke Arashiyama selalu penuh dan macet). Sedangkan teman-teman datang dari Gion atau Osaka bisa naik kereta Hankyu Kyoto Line.

2. Pergi ke Jembatan Togetsubashi (sekitar 20 menit)

Kalau punya waktu lebih bisa mendaki gunung Iwatayama dan melihat taman kera Jepang yang terletak di puncak gunung. Perlu kira-kira 20 sampai 30 menit untuk dapat mencapai puncak gunung Iwatayama ini. Tim Infojepang menyarankan untuk pergi ke tempat ini di musim gugur, atau bila punya waktu banyak berkeliling tempat wisata Kyoto dan Arashiyama. Khusus di musim gugur, kita bisa melihat pemandangan pegunungan Arashiyama yang bewarna-warni momiji dari dekat sekaligu panorama kota Kyoto dari ketinggian.

Jika teman-teman tidak punya banyak waktu, cukup menyeberangi jembatan Togetsubashi atau berfoto dari pinggir sungai Hozukawa dengan latar belakang jembatan Togetsubashi. Setelah selesai kita bisa melanjutkan perjalanan kembali ke stasiun Arashiyama sambil melihat-lihat toko suvenir yang banyak di sepanjang jalan. Tenang saja, di akhir perjalanan kita bisa mampir untuk membeli oleh-oleh khas kota Kyoto atau mencicipi kuliner khas daerah sini.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Jembatan Togetsubashi

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Jembatan Togetsubashi

3. Menuju ke ikon wisata Arashiyama: Kuil Tenryuuji (sekitar 30 menit, tiket masuk 600 yen)

Siapapun pasti akan terpukau melihat taman dan Kuil Tenryuuji di Arashiyama, yang juga termasuk warisan budaya dunia UNESCO. Namun sayang, banyak yang hanya mengunjungi Jembatan Togetsubashi atau hutan bambu Arashiyama, dan melewatkan Kuil Tenryuuji ini. Padahal kuil ini berada di antara Jembatan Togetsubashi, stasiun Arashiyama, dan hutan bambu Arashiyama. Kita dapat masuk ke kompleks Kuil Tenryuuji dan berfoto dengan latar belakang bangunan utama Kuil Tenryuuji dan pegunungan Arashiyama. Selain itu, kita juga bisa melihat Taman Sogenchi Teien atau Taman Kolam Sogen adalah daya tarik utama Kuil Tenryuuji. Kita bisa turun dan berjalan ke tepi kolam taman dan melihat keindahan taman dari beberapa titik, termasuk pantulan pepohonan di permukaan air kolam yang indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kuil Tenryuuji adalah di puncak musim gugur (sekitar September-Oktober), di mana momiji mulai berubah warna menjadi kuning dan merah, memberikan pesona pemandangan musim gugur yang indah.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Kuil Tenryuuji

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Kuil Tenryuuji

4. Dari Kuil Tenryuuji lanjut ke Hutan Bambu Arashiyama (30 menit)

Sepulangnya dari Kuil Tenryuuji kita bisa masuk ke jalan di sebelah kanan kuil Tenryuuji. Setelah melewati pintu gerbang keluar kuil, maka teman-teman akan sampai di jalan setapak hutan bambu Arashiyama yang terkenal. Meskipun suasanyanya agak sepi, teman-teman tidak perlu kuatir sebab tempat ini 100% aman. Hanya buat teman-teman yang berlibur bersama dengan anak-anak atau orangtua sebaiknya tidak memaksakan perjalanan menyusuri hutan bambu Arashiyama ini, sebab jalannya sekitar 300 meter agak menanjang. Teman-teman bisa jalan masuk sebentar, berfoto di hutan bambu Arashiyama, untuk kemudian berbalik arah kembali ke arah Arashiyama Station.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Hutan bambu Arashiyama

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Hutan bambu Arashiyama

5. Dari Hutan Bambu Arashiyama ke Villa Okochi Sanso (40 menit)

Setelah menyusuri hutan bambu Arashiyama, teman-teman akan sampai ke pertigaan. Jika belok ke kiri akan menuju ke Villa Okochi Sanso, dan jika ke kanan akan menyusuri jalan sampai ke Kuil Jojakukoji, kuil dengan pemandangan musim gugur nomor 1 di Arashiyama. Kali ini, Tim Info Jepang tidak ke Kuil Jojakukoji, namun ke Villa Okochi Sanso. Buat teman-teman yang ingin mengunjungi tempat wisata lain di Kyoto, bisa melewatkan itinerary perjalanan ke Arashiyama ini.

Villa Okochi Sanso tidak hanya menunjuk pada bangunan villa, namun juga taman Jepang atau Nippon Teien yang jadi ciri khas tempat ini. Taman ini luasnya mencapai 20 ribu meter persegi sehingga kamu mungkin akan tersesat bila tidak berhati-hati. Saran dari Tim Info Jepang, ikutilah penunjuk jalan yang tertulis juga dalam bahasa Inggris. Jangan lupa ambil booklet dan peta penunjuk taman yang tersedia di pintu masuk. Jika mengikuti penunjuk dengan tepat, kita dapat melihat pemandangan taman yang cantik, beberapa bangunan tua Jepang seperti pendopo belajar (Shoin), pendopo kuil (Jibutsudo) atau pendopo minum teh, pemandangan kota Kyoto dari ketinggian, dan juga pemandangan sungai Hozu di bagian selatan. Seluruh bagian taman juga dipenuhi oleh bunga-bunga cantik yang mekar setiap musimnya: ada bunga sakura yang mekar di musim semi, azalea di musim panas, atau pohon maple dan pinus yang berubah warna menjadi kekuningan di musim gugur.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Okochi Sanso

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Okochi Sanso

6. Kembali ke Arashiyama Station

Kita bisa kembali ke Arashiyama Station untuk melanjutkan perjalanan. Perlu teman-teman ingat, bahwa terdapat 3 stasiun utama di Arashiyama, plus satu stasiun kereta wisata Sagano. Buat teman-teman yang memiliki JR Pass atau ingin kembali ke Kyoto Station, bisa naik kereta JR dari Saga Arashiyama Station. Buat teman-teman yang ingin ke Kuil Kinkakuji, Kyoto Imperial Palace, atau Istana Nijo di bagian pusat Kyoto bisa naik kereta Keifuku Line sampai ke Kitano Hakubaicho Station untuk lanjut naik bus kota Kyoto. Sedangkan teman-teman yang ingin ke Gion langsung atau kembali ke Osaka, bisa menyeberangi jembatan Togetsubashi untuk naik kereta Hankyu Kyoto Line dari stasiun Arashiyama di seberang sungai.

Recomended Hotels in Arashiyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Saga Grace Hotel
from ¥21580/night
Saga Grace Hotel
Guest House Atagoya
from ¥11347/night
Guest House Atagoya
Sun Members Kyoto Saga
from ¥15000/night
Sun Members Kyoto Saga
Arashiyama Benkei
click for detail
Arashiyama Benkei

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr kelly reevesOame, A, Hiro KobashiAmber, Amber, Vanessaparanda☆UP DATE

Recommended for you

Last modified: November 30, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan