Tips Hemat Berkeliling Gunung Fuji Hakone

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Tips Hemat Berkeliling Gunung Fuji Hakone

Ingin melihat keindahan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi saat liburan di Jepang? Jangan lupa kunjungi Hakone juga. Jarak Fuji-Hakone hanya terpisah sejauh 50 kilometer, atau hanya 1 jam dengan menggunakan bus sayang jika dilewatkan. Nah, kalau sudah pasti ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Fuji sekaligus Hakone, maka Fuji Hakone Pass adalah tiket yang sangat cocok bagi kalian semua.

Ini melihat data yang dikumpulkan Tim Info Jepang, bahwa tempat-tempat wisata sekitar Gunung Fuji seperti Danau Kawaguchiko, Danau Yamanakako, Danau Saiko, Gotenba, dan Hakone adalah yang paling sering dikunjungi selama liburan di Tokyo. Tim Info Jepang juga sudah sering menginformasikan mengenai Fuji Hakone Pass ini kepada para pengguna layanan Tour Guide Online Info Jepang. Berikut kami sampaikan beberapa tips cara menggunakan Fuji Hakone Pass supaya kamu bisa berkeliling objek-objek wisata sekitar Gunung Fuji dengan hemat biaya dan hemat waktu tentunya.

Tips Penggunaan Fuji Hakone Pass

Secara umum penggunaan Fuji Hakone Pass terbagi dua, pass dengan keberangkatan dari Tokyo (Shinjuku) dan kembali lagi ke Tokyo atau pass dengan keberangkatan Odawara, yakni bagi teman-teman yang datang satu arah dari Tokyo menuju Kyoto-Osaka atau sebaliknya.

  1. Untuk pass keberangkatan Shinjuku, direkomendasikan bagi teman-teman yang ingin mengunjungi Fuji dan Hakone sebagai perjalanan dari Tokyo karena pass ini baru UNTUNG kalau digunakan untuk PP Tokyo-Hakone/Fuji dan sebaliknya.
    1. ShinjukuOdawaraHakoneGotembaFujiStasiun Kawaguchiko – Shinjuku
    2. Shinjuku – Stasiun Kawaguchiko – Fuji – Gotemba – Hakone – Odawara – Shinjuku
  2. Untuk pass keberangkatan Odawara, direkomendasikan bagi teman-teman yang ingin mengunjungi Fuji dan Hakone sebagai perjalanan sampingan (side trip) dari Tokyo menuju Kyoto/ Osaka dan sebaliknya.
    1. Odawara – Hakone  – Gotemba Station – Fuji
    2. Odawara – Stasiun Kawaguchiko – Fuji – Hakonemachi – Mishima – (kemudian melanjutkan ke Tokyo atau Nagoya/Kyoto/Osaka dengan menggunakan Tokaido Shinkansen)

Contoh Penggunaan Fuji Hakone Pass rancangan Tim Info Jepang

Berikut ini adalah contoh penggunaan Fuji Hakone Pass yang sering kami infokan kepada para Pengguna Tour Guide Online. Untuk detailnya tempat wisata dan kegiatan wisata, teman-teman bisa langsung mengklik link-link yang kami berikan, atau menghubungi kami di nomor +62.818.221.505 (Patrick Prayoga). Contoh penggunaan yang kami berikan ini adalah penggunaan Fuji Hakone Pass untuk keberangkatan dari Stasiun Shinjuku– Fuji Kawaguchiko (dengan bus) – Gotemba– Hakone – Odawara – dan kembali Shinjuku (dengan kereta).

  1. Berangkat ke Stasiun Shinjuku. Kita bisa membeli Fuji Hakone Pass di loket Odakyu Sightseeing Service Center yang ada di dekat pintu masuk timur stasiun. Untuk memulai perjalanan, kita bisa memilih naik bus ke Fuji Kawaguchiko dahulu atau naik kereta Odakyu ke Hakone terlebih dahulu.
  2. Setelah diputuskan, kita akan ke Kawaguchiko terlebih dahulu. Halte bus Chuo berada persis di sebelah loket Odakyu Sightseeing Service Center. Lama perjalanan diperkirakan sekitar 100 menit. Disarankan juga teman-teman sudah memakai jaket, karena Kawaguchiko nanti sudah berada di ketinggian 857 meter di atas permukaan laut. Suhunya berbeda hampir 5-10 derajat dari suhu di Tokyo. Jadi, siap-siap merasakan perbedaan suhu yang “agak” dingin ya! Jika masih bingung persiapan pakaian di musim dingin/ saat pergi ke gunung bisa mengeceknya di halaman berikut.
    Pemandangan Gunung Fuji dari Danau Kawaguchiko Pemandangan Gunung Fuji dari Danau Kawaguchiko
  3. Setibanya di Stasiun Kawaguchiko, kita bisa melihat keindahan Gunung Fuji dengan latar permukaan air Danau Kawaguchiko. Jika hari sedang cerah, kita bisa berfoto dahulu di sini. Puncak salju Fuji yang putih berpadu indah dengan langit biru dan awan-awan putih di belakangnya. Seperti para wisatawan lainnya, kita bisa menggunakan efek-efek kamera yang tidak biasa ya, seperti memegang puncak Gunung Fuji dengan jari atau meniup Gunung Fuji dengan mulut, hehe.
  4. Berikut ini tempat-tempat yang bisa dikunjungi di sekitaran Stasiun Kawaguchiko gratis dengan menggunakan Fuji Hakone Pass:
    1. Danau Kawaguchi. Ketika hari cerah dan permukaan air tenang, maka Gunung Fuji akan dipantulkan sempurna oleh permukaan air sehingga menjadi Gunung Fuji terbalik atau sering disebut Sakasa-Fuji. Danau Kawaguchi bisa dicapai dengan berjalan kaki ke utara dari Stasiun Kawaguchiko sekitar 5 menit perjalanan.
    2. Fujikyu Highland adalah salah satu taman bermain terbaik dan terseru yang ada di Jepang. Dengan 4 roller coaster pemegang rekor dunia, atraksi horror yang dikemas apik dalam permainan, dan adu ketangkasan dengan Gundam Crisis, Fujikyu Highland adalah tempat terbaik untuk bermain sambil menikmati keindahan Gunung Fuji. Fujikyu Highland bisa dicapai dengan naik kereta Fujikyu atau bus retro dari Stasiun Kawaguchiko secara gratis (masuk dalam cakupan Fuji Hakone Pass ini). fujikyu gate Pintu masuk taman bermain Fujikyu Higland
    3. Danau Saiko adalah salah satu dari Fuji Five Lakes atau lima danau di sekitar Gunung Fuji. Keindahan Gunung Fuji yang terpantul di permukaan danau ini juga tidak kalah keren. Kita bisa mengunjungi hutan keramat Aogakihara Jukkai, desa Iyashi no Sato, melihat keajaiban gua kelelawar dan gua es, serta menikmati keindahan musim gugur di Koyodai. Untuk menuju ke Danau Saiko, kita bisa bus Retro dari Stasiun Kawaguchiko. Bus ini akan mengelilingi Danau Saiko, yang melalui Iyashi no Sato dan Koyodai.Gunung Fuji dari Danau Saiko Pemandangan Gunung Fuji dari Danau Saiko
    4. Berkeliling dan menikmati keindahan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko rasanya belum akan pas jika tidak mengunjungi Kawaguchiko Music Forest. Di kompleks taman terbuka di tepi danau Kawaguchi ini, kita bisa melihat berbagai koleksi kotak musik, organ, dan istrumen musik antik dan berasal dari Eropa. Untuk mencapainya, kita bisa naik bus retro dari Stasiun Kawaguchiko dan turun di halte bus Ukai Orugoruno Mori Bijutsukan.
    5. Danau Yamanaka, danau terbesar yang ada di kaki gunung Fuji. Kita bisa melihat beragam bunga beraneka warna yang mekar dengan Gunung Fuji sebagai latar belakangnya di kebun bunga Hananomiyako atau naik bus amphibi Kaba yang bisa berjalan di darat dan di danau. Danau Yamanaka bisa dicapai dengan naik retro bus selama 25 menit dari Stasiun Kawaguchiko.
    6. Dan tentunya, Gunung Fuji. Gunung Fuji telah inspirasi budaya dan kehidupan orang Jepang sejak jaman dahulu. Gunung yang dianggap gunung suci oleh penduduk Jepang ini menyedot belasan juta pengunjung setiap tahunnya. Puncak putihnya yang selalu ditutupi salju abadi akan selalu dikenang sebagai ikon wisata dan ikon negara Jepang. Teman-teman bisa naik ke stasiun 5th Fuji, yakni tempat favorit orang-orang untuk memulai pendakian Gunung Fuji.
  5. Gotemba Sambil menikmati keindahan alam Gotenba yang asri, kita juga bisa berbelanja dan membeli oleh-oleh di Gotenba Premium Outlets. Lebih dari 200 yang menjual beragam pakaian, aksesoris dan perhiasan, peralatan olahraga, peralatan elektronik, hingga oleh-oleh khas Jepang ada di sini. Kita bisa naik bus Fujikyu yang melalui jalur Stasiun Kawaguchiko-Mishima melalui Gotemba. Lama perjalanan sekitar 75 menit dengan ongkos 1.510 yen yang tercover dalam Fuji Hakone Pass.
  6. Puas berbelanja, kita bisa naik bus Hakone Tozan (tercover Fuji Hakone Pass) selama 75 menit ke Gora. Ada banyak restoran makanan tradisional Hakone di sekitar Stasiun Gora. Jangan lupa kunjungi Taman Gora di belakang stasiun.
  7. Dari Stasiun Gora, kita bisa naik Hakone Tozan Cable Car ke Stasiun Sounzan. Dari Sounzan kita bisa melihat keindahan panorama Hakone dari ketinggian.
  8. Dari Stasiun Sounzan kita bisa naik Hakone Ropeway menuju Togendai di tepi utara Danau Ashinoko melalui kawah aktif Owakudani yang spektakuler!Hakone Ropeway di Owakudani Naik Hakone Ropeway melintasi kawah aktif Owakudani
  9. Dari Togendai, kita bisa naik kapal wisata Hakone Sightseeing Cruise di Danau Ashinoko. Saksikan keindahan Gunung Fuji yang terpantul di permukaan Danau Ashinoko. Sungguh indah. Kita akan mendarat di dermaga Moto-Hakone di tepi selatan Danau Ashinoko.berlayar di ashinoko Naik kapal sightseeing cruise di Danau Ashinoko
  10. Dari Moto Hakone, teman-teman bisa mengunjungi Museum Seni Narukawa dengan pemandangan double combo Gunung Fuji plus Danau Ashinoko dan Kuil Hakone yang berada di tepi danau dengan berjalan kaki. Keindahan gerbang torri Kuil Hakone di tepi Danau Ashinoko selalu disandingkan dengan Torii Agung Miyajima.
  11. Selain itu, teman-teman juga bisa mengujungi onsen-onsen di Hakone. Nikmati pengalaman berendam di pemandian air panas sambil menikmati keindahan alam Hakone dan Gunung Fuji. Semua onsen di Hakone bisa dicapai dengan berjalan kaki atau naik bus Hakone Tozan atau Izuhakone yang tercover dengan Fuji Hakone Pass. Teman-teman bisa melihat rekomendasi onsen-onsen Hakone terbaik yang sudah dipilihkan oleh Tim Info Jepang di halaman Hakone Onsen.
  12. Dari Moto Hakone atau Hakone Machi, kita bisa naik bus Hakone Tozan ke Stasiun Hakone Yumoto. Dilanjutkan dengan naik kita kereta Hakone Tozan sampai Stasiun Odawara. Baik bus dan kereta Hakone Tozan termasuk dalam cakupan Fuji Hakone Pass. Selain bisa mengunjungi taman-taman bunga terkenal di Odawara, jangan lupa juga ke Kastil Odawara yang megah dengan berjalan kaki dari stasiun.Panorama musim semi di Kastil Odawara Megahnya Kastil Odawara di musim semi
  13. Puas berkeliling Odawara, kita bisa kembali ke Shinjuku Tokyo dengan naik kereta Odakyu dari Stasiun Odawara. Lama perjalanannya sekitar 85 menit dan sudah tercover dengan Fuji Hakone Pass.

Teman-teman bisa membalik rencana perjalanan ini menjadi Shinjuku – Odawara (dengan naik kereta) – Hakone – Gotemba – Fuji – Stasiun Kawaguchiko – Shinjuku (kembali dengan naik bus). Selain itu, juga bisa menyelipkan atau menambahkan tempat-tempat lainnya dalam daftar itinerary. Jika masih bingung, silahkan bertanya di kolom komentar, kami siap membantu teman-teman.

Jika sekiranya teman-teman menjadikan perjalanan ke Fuji dan Hakone ini sebagai perjalanan sampingan (dari Tokyo ke Kyoto/Osaka atau sebaliknya), kami sarankan untuk menggunakan Fuji Hakone Pass dengan keberangkatan Odawara.

Teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke Tokyo atau ke Kyoto/ Osaka dengan naik kereta Tokaido Shinkansen (untuk jenis kereta Kodama dan Hikari saja) atau kereta JR Tokaido Line dari Stasiun Odawara atau Stasiun Mishima. Stasiun Odawara bisa dicapai dengan naik kereta Hakone Tozan dari Hakone Yumoto dan Hakone-Machi (terletak tepi Danau Ashinoko). Sementara itu, Stasiun Mishima bisa dicapai dengan menggunakan bus Fujikyu dari Stasiun KawaguchikoGotenba-Stasiun Mishima.

Sumber gambar: Flickr IkusukiTaeko “ossah”baron valiumClintandross2, David McKelveyhirofkr

Recommended for you

Last modified: November 19, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (124)

  1. Berapa harga tiket fuji hakone pass tersebut dg rute dari stasiun shinjuku – fuji kawaguchiko – gotemba – odawara – dan kembali ke shinjuku? Dan bs beli online kah?

    Mohon infonya… terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Martha,
      Harganya 8.000 yen untuk keberangkatan Shinjuku. Bisa dibeli secara online atau di kantor Odakyu Sightseeing Service Center di Shinjuku Station.
      Salam.

  2. Infonya jelas sekali, ohya, kalau Tiket Fuji Hakone Pass ini sudah include Hakone Tozan Cabe Car, Hakone Ropeway & Hakone Sightseeing Cruise? Kaalu belum termasuk, mohon info harga dari ketiga tranportasi tsb.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Renan,
      Sudah termasuk untuk hakone tozan cable car, ropeway, dan kapal sightseeing. Kamu bisa baca di sini.
      Salam.

  3. Hai..salam kenal
    rencana 23 Sept dari Kyoto ke keliling di Hakone – kawaguchiko nginep 1 malam di Hakone, sekalian mau mampir di Gotemba Premium outlet … melalui mana ya ? beli hakone pass type apa ya?
    mohon infonya , thanks

  4. Mohon arahannya kalau kita dari Kyoto mau ke Hakone (nginap 1 malam di Hakone) & lanjut ke Tokyo., sebaiknya kita naik apa dari Kyoto, dan free pass mana yg bisa kita ambil untuk wisata di Hakone, kmd dari Hakone ke TOkyonya pakai apa? Dan untuk nginepnya apakah lbh baik di Hakone atau di sekitar Kawaguchiko Lake? Hehehe…panjang bgt pertanyaanya. Terima kasih banyak ya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Renan. Tolong berikan informasi detail mengenai perkiraan tanggal liburan di Hakonenya, dan rencana berapa hari di Hakone untuk rekomendasi free pass yang akurat. Jika membutuhkan bisa baca-baca dulu tempat-tempat wisata bagus di Hakone, nanti Tim Info Jepang bisa memberikan rekomendasi free pass yang cocok.
      Salam

  5. Thanks untuk fast responnya Mas Nugroho, ohya, dari Kyoto tgl 7 Nop 16 – pagi, dan menuju Tokyo tgl 8 Nop 16. Mohon arahannya, terkait transportasi dari Kyoto ke area wisata di Hakone & Kawaguchiko,kemudian free pass yang cocok serta trasnportasi dari Hakone ke Tokyo. Terima kasih banyak sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Renan. Kalau begitu, silakan naik kereta Tokaido atau Shinkansen dari Kyoto sampai Odawara, kemudian membeli Hakone Free Pass di Odawara Station. Hakone Free Pass ini mengcover semua transportasi: bus, kapal wisata, kereta gondola di daerah Hakone. Satu hari pertama bisa jalan-jalan mengelilingi tempat wisata di Hakone. Rutenya bisa dicek seperti artikel di atas silakan dibaca dengan seksama, dan kemudian menginap di dekat Gotemba Station. Hari kedua bisa naik bus dari Gotemba Station ke Danau Kawaguchiko (ongkos bus tidak tercover Hakone Free Pass), dan kemudian kembali lagi ke Gotemba Station. Dari Gotemba Station naik Hakone Tozan bus sampai ke stasiun awal yakni Odawara. Dari Odawara kemudian bisa naik kereta JR sampai ke Tokyo.
      Salam

  6. Ohya…mohon info juga untuk urutan tempat wisata di Hakone & Kawaguchiko yang efektif, jika kita start dari Kyoto-Menginap 1 malam di Hakone-kemudian lanjut ke Tokyo.Terima kasih.

  7. selamat malam, kami rencana sampai di osaka tanggal 22 okt 2016. kemudian menginap sehari, besoknya ke kyoto jalan-jalan sekitar kyoto. malam berangkat ke tokyo, menginap di asakusa. lalu besoknya ke fuji, balik lagi ke tokyo setelahnya. apakah lebih baik dari kyoto ke fuji dulu baru ke tokyo?transportasinya seperti apa?terima kasih sebelumnya

  8. Malam Mas, setelah aku baca info diatas, mohon petunjuknya, kalau dr Tokyo ke Mt Fuji,Gotemba dan Hakone, dimana ini sebagai perjalanan sampingan sebelum ke Kyoto / Osaka, trasportasi apa yang terbaik yang diambil. Berapa lama jarak tempuh dari Mt. Fuji – Kyoto / Osaka ? Lebih baik menginap di Kyoto atau Osaka, karena saya membawa anak kecil umur 11 tahun. Terima kasih atas bantuannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ulie. Bagaimana jadwal liburan Ulie? Berikut contoh rute perjalanan 1 malam 2 hari di Hakone/Kawaguchiko. Naik kereta Tokaido atau Shinkansen dari Tokyo sampai Odawara, kemudian bisa jalan-jalan mengelilingi tempat wisata di Hakone. Rutenya bisa dicek seperti artikel di atas silakan dibaca dengan seksama, dan kemudian menginap di hotel daerah Hakone (link booking.com). Hari kedua bisa naik bus dari Hakone/Gotemba Station ke Danau Kawaguchiko, dari Kawaguchiko kemudian bisa naik bus/kereta ke Kyoto/Osaka. Untuk hotel, fleksibel bisa di Kyoto/Osaka, sebab jaraknya dekat, pilih saja mana yang lebih murah.
      Salam

    • Jadwal liburan aku, dari Tokyo menuju Osaka, tapi mau mampir lihat Mt Fuji.Mas Nug, kalau tidak menginap di Hakone gak mungkin yah ? Maksudnya setelah tour Mt Fuji – Danau Kawaguchiko, Hakone, lanjut ke Kyoto / Osaka. Berapa lama perjalanan dr Tokyo ke Mt Fuji- Hakone ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau tidak ada waktu lebih baik berdiskusi memilih mana yang lebih disukai oleh Ibu Ulie/anak/keluarga, antara Danau Kawaguchiko dan tempat-tempat wisata di Hakone. Kalau dipaksakan ingin mengunjungi keduanya malah cuma lewat (menghabiskan ongkos karena jalan memutar) dan yang ada malah cuma sisa capainya tidak menikmati liburan. Itulah makanya Tim Info Jepang memberikan informasi tempat wisata dengan ulasan lengkap mengenai pemandangan dan kegiatan wisata yang bisa dilihat.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu Dewi. JR Tokyo Wide Pass hanya mengcover ongkos kereta sampai ke Odawara, di dekat Hakone.
      Sementara jika mau ke daerah Danau Kawaguchiko, semua biaya keretanya tercover.
      Ibu rencana berapa hari di Hakone?
      Salam

  9. Pak, untuk wisata Tokyo – Fuji – Hakone – Tokyo, bisa 1 hari PP ya?
    Soalnya saya lihat lama perjalanan dari tiap2 lokasi sekitar 1 jam.

    Kalau saya 3 hari Tokyo, dimana 1 hari ini dipakai ke Fuji-Hakone, 1 hari untuk ke Disneyland, 1 hari ke Gala Yusawa, kira2 perlu beli tiket JR pass dari Jakarta gak ya?

    Thanks

  10. Malam Mas Nugroho, help saya bingung dengan itinerary saya, saya mau ke jepang 5-11 nov,5-7 saya di Kyoto (mampir osaka dan nara),tadinya mau ke shirakawago 7-8,8-11 shinjuku,tp shirakawa penuh,dapet ainokura 9-10.krn pengen bgt nginep di tradisional ryokan yg deket shirakawago,jadi ainokura 9-10 sy ambil.Please advice nya,krn sy jadi bolak-balik.sy mau ke fuji hakone dan kawaguchigo,odaiba,asakusa dll.saya bingung gmn ngaturnya dgn waktu yg sempit ini,harus kemana dulu setelah dr kyoto dan mohon info gmn cara ke ainokura.saya akan menggunakan JR Pass selama disana.makasih banyak ya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bagaimana kalau jadwalnya ditukar? Tokyo-Kyoto/Osaka/Nara-Ainokura-Fujo Hakone-Tokyo?
      Tokyo tanggal 5-7, lalu Kyoto/Osaka/Nara tanggal 7-9, menginap di Ainokura, kemudian mampir di Fuji Hakone sambil kembali menuju ke Tokyo.
      Salam

  11. Jam berapa mulai berangkat dari Shinjuku kalo kami ingin ke Hakone dan mampir ke Gotenba. Supaya semua bisa di lalui dalam sehari. Thanks infonya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Jika ingin ke Hakone-Gotenba dalam satu hari, kami sarankan untuk berangkat dari Shinjuku pagi-pagi. Maksimal jam 7 pagi dari Stasiun Shinjuku.
      Salam.

  12. saya berencana ke kawaguchiko, tapi kalau hujan gunung fuji tidak bisa dilihat dengan jelas, tapi kalau tetap mau dipaksakan ke gunung fuji, lebih baik ke kawaguchiko atau hakone yah? yang masih bisa dinikmati perjalanannya… terima kasih..

  13. hii…salam kenal mas Nugroho.
    kami sekeluarga berencana akan ke jepang bulan november,, tiba di Haneda tgl 18 November 2016 jam 07.00 waktu setempat, untuk menghemat waktu rencana kami ingin lgs ke Fuji, dr haneda bisa pakai apa ke fuji, dan rencana ingin juga ke hakone dan gotemba.. rencana menginap 1 hari disekitar fuji, tiket apa yang bisa kami beli utk bisa berhemat dan tgl 19 Nov kami lgs ke tokyo. mohon arahan , terimakasih sebelumnya..

  14. Oya mas ,apakah lebih menguntungkan jika saya membeli JR Tokyo wide pass dan jadwal yg bisa menghemat waktu lebih baik kemana saja, krn pass hanya berlaku 3 hari. apakah pass bisa digunakan juga ke disneyland, mohon infonya, txb4..

  15. Hi, mau tanya, apakah memungkinkan jika saya ingin mengeksplor daerah kawaguchiko dan hakone dengan menginap di daerah kawaguchiko selama 2 malam? Rute apa yang sebaiknya saya ambil jika saya datang dari tokyo dan kembali ke tokyo.

    • Pass apa yang sebaiknya saya beli? Saya mengunjungi tokyo- kawaguchi- hakone- kyoto- osaka
      Thanks before

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Jadi tiba dari Tokyo dan kembali dari Osaka? Pertama, kalau tidak ada PP Tokyo-Osaka/Kyoto tidak perlu membeli JR Pass.
      Nah untuk rekomendasi pass lainnya, Tim Info Jepang perlu detail lengkap perjalanan selama di Jepang.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo selamat malam Elvira. Kalau rencana menginap 2 malam bisa pakai Fuji Hakone Pass (8.000 yen), kalau menginap 1 malam bisa pakai Hakone Free Pass (5.200 yen). Rutenya bisa dibaca seperti artikel di atas. Datang naik bus, dan kembali naik kereta.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      JR Pass sudah mengcover perjalanan sampai ke Odawara (pintu masuk Hakone) atau Stasiun Otsuki (menuju kawasan Fuji Kawaguchiko). Kalau hanya mengunjungi 5 tempat wisata, rasanya tidak akan balik modal. Salam.

  16. Selamat siang pak, mohon infonya apakah semua jalur itu bisa ditempuh dalam 1hari PP shinjuku-hakone-kawaguchiko-shinjuku lagi??misalnya berangkat dr shinjuku mulai jam 9 pagi. karena kami tidak rencana menginap di hakone…di hakone kita mau mencoba yunessun onsen saja…apakah waktunya cukup?? sekalian minta info kalao Hokuriku arch pass itu dari tokyo ke osaka ditempuh berapa jam ya pak?? Terimakasih.

  17. Fuji Hakone Pass vs Fuji Shizuko Pass ?
    Kalau saya mau ke Fuji dari Haneda tgl. 16 April 2017 terus ke kyoto dan osaka, pilih pass yg mana ?. Nginap di mana baik nya ? terimakasih.

  18. Tgl. 12-15 April saya nginap di Toyama, Rencana tgl. 16 dari Haneda ke Fuji, Osaka, Kyoto, Nara, Hiroshima. Bisa kemana lagi yg bagus di bulan April ?
    Balik ke Jakarta tgl. 25 April dari Narita. Terimakasih

  19. Hi Saya Widy.
    Selamat malam mas, saya berencana travel ke jepang tepatnya ke beberapa kota pada bulan maret tahun depan, mohon masukan dan infonya mengenai transportasi, penginapan, bila saya mengunakan JR pass apakah sudah dpt meng-cover transportasi di setiap kotanya? dan bagaimana menyusun itenerary yang cocok? demikian terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo B Widya,
      Mohon maaf, kamu mau kemana aja? Atau ingin lihat objek wisata apa aja? Kalau belum dan masih bingung, kamu bisa eksplor atau baca-baca di website ini dulu. Setelah memutuskan, kami akan bantu penyusunan dan pass yang murah/ paling efektif. Salam.

  20. Terima kasih atas replynya Mas, saya datang melalui tokyo dan kota yang ingin saya kunjungi seperti hakone, shirakawago, kyoto, osaka, dan kembali ke tokyo, tempat wisata alam seperti kalau di hakone danau ashi, hakone shrine, dll, mt fuji, danau kawaguchi, gotemba, desa shirakawago dan sekitar, alpine route, hutan bambu kyoto, fushimi inari dan kuil2 di kyoto lainnya, kuliner di osaka / tempat wisata yang menarik u/ dikunjungi, di tokyo seperti disneyland/disneysea, sanrio puroland, dan tempat kuliner atau tempat apa yg wajib dikunjungi ditokyo. lama perjalanan saya 10 hari dgn penerbangan langsung demikian mas, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Widi. Seluruh objek wisata di atas sudah tertulis di website infojepang, bisa kamu temukan dari kotak search bewarna biru.
      Silakan mengecek sendiri pemandangan masing-masing tempat wisata, kegiatan yang bisa dilakukan, serta tips dan trik hemat perjalanan.
      Tim Info Jepang tidak melayani konsultasi itinerary via website karena hanya akan membuat 100 ribu pengunjung lain bingung.
      Mohon pengertiannya. Kalau memang ingin bantuan konsultasi liburan di Jepang, ada layanan berbayar Tour Guide Online Info Jepang.
      Salam

  21. Tim, mohon info, untuk bermain sky di gunung Fuji tepatnya di mananya dan nama tempatnya apa ya (kalau tidak salah ada beberapa pilihan, saya mau yang murah saja) dan berapa entrance ticketnya? untuk Fujikyu highland, tiketnya berapa ya? kalau saya mau ke onsen di sekitar gunung fuji atau kawaguchiko, sebaiknya saya ke onsen yang mana? (dekat dengan stasiun bus atau kereta?,

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silakan buka link yang sudah diberikan di atas Ibu.
      Semuanya sudah tertulis lengkap, ringkasan cara perginya, dan berapa harga tiketnya.
      Salam

  22. Hallo…saya keluarga dg 2 anak,mohon infonya kalau mau wisata dr tokyo ke mt fuji, hakone, lake kawaguchiko kalo sempat ke gotemba jg dan rencana nginap 1 malam jd bawa koper kecil 1,sebaiknya bagaimana jalur perjalanan yg efektif dan sebaiknya menginap didaerah mana? Dan pass yg diambil sebaiknya yg mana?thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Fanny, bisa baca tulisan di atas, untuk rutenya bisa mulai dari Tokyo-Hakone-Gotemba-Kawaguchiko-Tokyo, atau dari Tokyo-Kawaguchiko-Gotemba-Hakone-Tokyo. Untuk menginapnya bisa di Hakone atau Kawaguchiko. Sebaiknya menginap di tempat yang ingin lebih banyak dieksplor/dikunjungi. Pass nya bisa ambil Fuji Hakone Free Pass ini, tapi karena hanya menginap 1 hari dan membawa anak (kemungkinan besar tidak banyak tempat yang dikunjungi), sebaiknya beli ketengan saja. Salam.

  23. Halo..

    Aku lg nyusun iinerary, bs tlg dibantu mas Nugroho..

    Aku dr Tokyo mau ke kawaguchiko- shibazakura – gotemba – hakone.
    Nginep 1 mln di kawaguchiko lanjut ke matsumoto (alpen route).

    Brgkt dr shinjuku stat, lgs bl fuji hakone pass.

    Krn kl bl hakone pass di odawara, aku htg jatuh lbh mhl. Bus dr kawaguchiko ke gotemba nya tdk tercover (¥2940/org) utk pp kawaguchiko gotemba. Sementara aku nginep di kawaguchiko.
    Jd ntr tuh

    Day 1 = shinjuku naik bus ke kawaguchiko, cek in htl, lgs ke hakone n gotemba. Malam ke kawaguchikolg utk tidur

    Day 2 ke shibazakura dan kachi2 ropeway, lalu cek out, lanjut ke matsumoto.

    Bgtu bener gak mas?
    Ooiya itu dibus nya tdk ada limit utk koper kan mas? Aku bawa 2 koper besar (28′)
    Mnta sarannya. Thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Pertama, Fuji Hakone Pass itu cocok kalau ingin menginap 2 malam di kawasan Gunung Fuji dan Hakone.
      Kedua, lebih baik masuk dari Hakone, keliling tempat wisata di Hakone, naik bus Hakone-Gotemba, lalu bus Gotemba-Danau Kawaguchiko.
      Itu karena rute Danau Kawaguchiko dan Matsumoto ke Tateyama Kurobe Alpine satu arah, sehingga tidak perlu bolak-balik.
      Lalu ralat ongkos bus dari Gotemba ke Danau Kawaguchiko adalah 970 yen.
      Salam

  24. Awalnya aku susun jg nginap nya di hakone 1 mlm, cm kepikiran utk nginap di kawaguchiko agar kita gak usah pdh2in koper (bawa 2 koper besar uk. 28 inch). Apakah gak ribet mas kl dr tokyo kita bw koper itu ke hakone, lalu dr hakone koper itu dibawa terus jg ke kawaguchiko. Trus sampe dikawaguchiko kl kt mau ke shibazakura bingung dg kopernya itu jg. Bs mnt sarannya?
    Ongkos bus ¥970itu utk satu kali jalan ya pak? Thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau memang begitu pertimbangannya, mungkin lebih baik menginap di hotel di Kawaguchiko (link booking.com). Tim Info Jepang hanya memberikan contoh opsi lainnya. Salam

  25. Dear kk,

    Mohon infonya.
    Untuk fuji hakone pass bisa selesai 1 hari atau perlu 2 hari 1 malam ya?
    Kemudian, saya rencana ingin ke beberapa tempat:
    Shin-Yokohama Rāmen Museum, Fujiko·F·Fujio Museum, Museum of The Little Prince in Hakone, Ashikaga Flower Park, dan Sanrio Puroland.
    Dari kelima tempat tersebut apakah ada yang sejalan mengunakan pass tersebut?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Fuji Hakone Pass ini berlaku 3 hari, kalau hanya 1 hari, tidak perlu membeli pass ini. Semua tempat yang mau dikunjungi tidak tercover, mungkin bisa coba Tokyo Wide Pass. Salam.

    • Dear kk,
      Terima kasih untuk infonya.

      Bila saya merencanakan 5-6 mei menggunakan fuji-hakone pass dengan jalan:
      Shinjuku – St. Kawaguchiko – Fuji – Gotemba – Hakone – Odawara – Shinjuku

      Di hari pertama sekitaran kawaguchiko sekalian berkunjung ke Festifal Shibazakura
      Di hari kedua sekitaran hakone menuju odawara sekalian berkunjung Museum lil prince

      Apakah memungkinkan? Atau tetap better menggunakan hakone pas? Bila menginap better menginap di hakone atau kawaguchi ya?

      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Karena ada rute Fuji-Kawaguchiko-Hakone, sudah menguntungkan menggunakan Fuji Hakone Pass ini, karena Hakone Pass tidak mengcover bus ke Gotemba dan Kawaguchiko. Salam.

  26. Pagi Tim, saya dpt info dimana kita bisa mengunjungi desa tradisional dan bisa berfoto dengan pakaian tradisional maupun pakaian perang ala Jepang (bisa juga untuk anak2). Tapi saya lupa dimana tepatnya. Mungkin Tim bisa kasih info?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, tergantung Danau Kawaguchiko sisi yang mana. Kalau sisi terdekatnya (sisi selatan danau) 5 menit bisa dicapai kok. Namun, kalau mau melihat pemandangan Danau Kawaguchiko dengan Gunung Fuji, Leoni harus jalan ke sisi timur atau utara danau. Salam.

  27. selamat malam mas..akhir january nanti saya dan keluarga akan ke jepang tiba di haneda 28jan pagi dan pulang dari kansai 4feb siang.rute perjalanannya 28-29-30-31 menginap di shinjuku dan 31-4 di umeda.berikut ini itinerary saya, dan beberapa pertanyaan sbb :
    1. tgl 28 atau 29 menghabiskan waktu untuk kawaguchiko-gotemba-hakone apakah bisa diexplore dalam 1 hari?apakah suica/passmo bisa digunakan untuk ketempat ini?jika ya mana lebih hemat dibandingkan membeli hakone pass atau pass yg lainnya ?karena sudah masuk winter apakah worthed kita ke kawaguchi diwaktu tsb?berapa kira2 suhu udara di sekitar lokasi ini ya mas?
    2. tgl 30-31 dihabiskan untuk explore disney resort. mengingat weekday akan lebih sepi
    3. tgl 31-1 menuju kyoto dengan JR Pass sampai kyoto
    4. tgl 1-2 explore kyoto/osaka
    5. tgl 3 usj
    6.tgl 4 back to jkt

    untuk tiket themepark apakah ada harga khusus untuk orang lanjut usia (55th keatas)
    terima kasih sebelumnya info dari mas akan sangat membantu saya merencanakan liburan hemat 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dilihat dari rutenya, rugi membeli JR Pass, selain karena tidak ada perjalanan PP Tokyo-Kyoto/Osaka, tempat wisata yang ingin dikunjungi nampaknya juga sedikit. Cukup hakone pass saja untuk ke Hakone ditambah sedikit uang ke Gotemba dan Fuji-Kawaguchiko. Sebagai catatan, SUICA/PASMO tidak bisa digunakan di area Gotemba Kawaguchiko. Kawaguchiko selalu worthed karena tempat termudah dan terbaik melihat Gunung Fuji, apalagi musim dingin (sekitar 3-11 derajat).

  28. oiya mas saya beli JR rencana hanya utk tokyo-kyoto saja..ketimbang naek wheeler bus karena bawa anak2 dan orang tua.bisa beli distation langsung kan ya mas jr pass nya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tolong perhatikan jawaban kami di atas.
      Ibu tidak perlu membeli JR Pass, itu akan rugi. Cukup membeli tiket shinkansen di Tokyo Station untuk kepergian ke Kyoto. Salam

  29. Mas mohon info saya sdg di Jepang sampai tanggal 2 nov, besok pagi rencana ingin mengunjungi gunung fujin, tapi saya sdh Booking menginap di Kyoto untuk tanggal 31-1 baiknya kalau dari Tokyo saya ke Kyoto dulu atau ke fujin ya MAS, saya blm Booking penginapan untuk tgl
    1-2 nov baiknya saya menginap dimana ya,saya pulang ke Indo tgl 2 nov jam 6 sore dari Narita
    Sebaiknya saya pake tiket Pass yg mana yg plg murah dan mohon info baiknya daerah mana saja yg baiknya saya kunjungi…

  30. Mas.. Kami brgkt ke jepang tgl 17 des, dan akan ke hakone tgl 19, menginap 1 mlm di mount view Hakone. Kami jg sdh membeli JR pass.

    1. Utk ke Hakone sebaiknya naek Romance Car atau menggunakan Hikari Shinkansen spy lbh hemat? Jam keberangkatan yg enak utk brgkt di pagi hari krn kami membawa 2 org anak 9 dan 14 thn serta koper. Dan apakah perlu seat reservation? Di Hyperdia ada tulisan seat fee, apa mksdnya?

    2. Di bln des, lbh baik membeli Hakone free pass atau Fuji Hakone Free Pass?

    Terima kasih atas bantuannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Janti,
      1. Kalau punya JR Pass, sebaiknya naik shinkansen (Hikari/Kodama) sampai Stasiun Odawara saja. Ada jadwal kereta setiap setengah jam mulai jam 06.30. Kalau ingin duduk berdekatan, silahkan memesan bangku (gratis dengan JR Pass).
      2. Hakone Free Pass efektif kalau Janti mengunjungi tempat wisata di Hakone saja. Fuji Hakone Pass efektif kalau Janti ingin ke objek wisata Hakone dan Fuji Kawaguchiko. Desember cuaca sudah mendingin di daerah Fuji, ibu bisa bermain ski di Ski Resort Fujiten atau Snow Town Yeti di kawasan Gunung Fuji.

  31. Terima kasih informasinya. Berarti saya beli Hakone Free Pass saja mengingat cuaca sdh mendingin. Kami main ski nya di Teine Resort Sapporo tgl 23-26.

  32. siang mas, saya rencana dr g fuji kawaguchiko kembali ke tokyo naik fujikyu bus dan berhenti di mishima, apakah bisa kami naik tokaido shinkansen menuju tokyo dari mishima?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bisa saja jika Ibu ingin naik shinkansen dari Mishima menuju ke Tokyo.
      Namun perlu dicatat ongkos shinkansen tidak tercover oleh Fuji Hakone Pass seperti tertulis di artikel di atas.
      Salam

  33. Selamat malam mas.. 2017 mendatang saya akan ke jepang. Tiba di narita tanggal 3 feb dan rencananya akan menginap sehari di tokyo, kemudian ke wisata gunung fuji dan menginap semalam disana, dan akan dilanjutkan ke osaka esok harinya. Apakah sebaiknya saya beli JR Pass? mohon infonya, terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Keisha. Apakah kembali ke Indonesia dari Narita juga? Sebab JR Pass baru balik modal minimal kalau ada PP Tokyo-Osaka/Kyoto.
      Salam

  34. Selamat mlm..sy sekarang menginap di shinjuku
    Sy berencana akan mengunjungi hakone, gotemba dan kawaguchiko.
    Sy tidak berencana menginap di hakone/kawaguchiko.
    Dari pjelasan mas Nugroho di atas, tdk mungkin sy mengexpolore semuanya dlm 1 hari.
    Shg sy berencana 2 hari PP tanpa menginap.
    Pertanyaan sy :
    1. Apakah dg renc tsb sy msh mbutuhkan Fuji Hakone Pass ?
    2. Apakah worthed bl sy harus PP (tdk menginap di slh tempat tsb )

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Sondang,
      Fuji Hakone Pass hanya mengcover 1 kali perjalanan PP dari Tokyo ke Hakone atau Kawaguchiko. Kalau tidak menginap (PP) akan sangat rugi karena tiket untuk perjalanan kedua tidak tercover. Lebih baik menggunakan Tokyo Wide Pass yang mengcover rute ke Kawaguchiko dan Hakone tidak terbatas

  35. Pagi Pak,
    Saya ke Jepang 20 Des 16 – 01 Jan 2017, Masuk dari Narita, Keluar dari Narita
    Rencana Saya:
    20/12 Pagi tiba di Narita langsung ke Sapporo dengan JR Pass, menginap di Sapporo
    21/12 Keliling sekitar Sapporo menginap masih di Sapporo
    22/12 Berangkat ke Kyoto menginap di Kyoto
    23/12 Mengunjungi sekitar Kyoto – Nara
    24/12 Pindah ke Hakone menginap di Hakone dan menikmati sekitar Hakone
    25/12 Mengunjungi Kawaguchi dan Mt Fuji kembali ke Hakone
    26/12 Berangkat ke Osaka
    27/12
    28/12 Universal Studio
    29/12
    30/12 Sudah di Tokyo menginap di Shinjuku
    31/12 Menikmati Tahun Baru di Tokyo (bagusnya kemana Pak ?)
    01//01 Kembali ke Jakarta

    Saya berencana membeli JR Pass, Fuji Hakone Pass
    Pertanyaannya apakah rute saya sudah cukup berhubung saya membwa 2 anak umur 8thn dan 5thn beserta koper 2 yang besar.

    Terimakasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi pak. Satu saran dari Tim Info Jepang, perjalanan ke Kawaguchiko dan Hakone dilakukan setelah ke Osaka saja, sehingga JR Pass dan Fuji Hakone Pass tidak bertabrakan. Sebab JR Pass hanya berlaku 7 hari berturut-turut. Untuk tahun baru, hampir 80% tempat wisata di Tokyo tutup Pak, karena besoknya orang-orang pergi ke Kuil. Hanya satu saja perayaan tahun baru di sekitar Bapak mungkin bisa pergi ke Yokohama, khususnya daerah Minatomirai dekat Yokohama Cosmo. Ada perayaan hitung mundur tahun baru di sini setiap tahunnya. Nah, tanggal 31 Desember bisa menginap di Yokohama. Karena kereta di tahun baru akan menggunakan jadwal hari libur, sehingga sudah selesai beroperasi 23.00. Besoknya bisa kembali ke Jakarta via Narita.

    • Pagi… very quick respon pak,
      atau belinya Hakone Pass saja ?
      JR Pass saya rencana beli yang 14 hari, jadwal yang kosongtgl 27 dan 29 juga belum tau mau kemana, ada saran ?
      Kalau Disneyland tgl 31 buka Pak ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Apa bapak sudah membeli yang 14 hari? Sepertinya akan sulit untuk balik modal/ BEP. Kalau belum, bapak bisa beli yang 7 hari, lalu dikombinasikan dengan Tokyo Wide Pass untuk keliling wilayah Hakone, Fuji, dan Tokyo sendiri selama 3 hari. Harganya jauh lebih murah. Tanggal 27 atau 29 bisa jalan-jalan ke Kobe atau eksplore Kyoto dahulu, asumsinya bapak puas-puas dulu keliling Osaka dan wilayah Kansai baru ke Hakone dan Fuji tanggal 27 atau 28. Hakone dan Fuji itu ada di tengah-tengah Kyoto dan Tokyo, jadi lebih efektif dan tidak mutar-mutar itinerary nya. Bisa baca di sini (laporan lengkap khas Tim Info Jepang), tentang Objek wisata di Kyoto, Objek wisata di Kobe, Objek wisata di Osaka.

      Disneyland buka tanggal 31 desember, namun hanya sampai jam 6 sore. Event fantasmic di malam hari dan beberapa atraksi tutup lebih cepat. Bukan pilihan yang bagus sejujurnya untuk menghabiskan malam tahun baru di Disneyland.

  36. Saya belum beli JR Pass nya, ok, berarti beli yg 7 Hari saja ya, Berarti dari Sapporo langsung Osaka, baru Kyoto dan ke hakone ? Dari Hakone beli Tokyo Wide Pass untuk sampai Tokyo ?
    Tokyo Wide Pass berapa harga ya Pak ? Adult dan Child, dan belinya harus dari sini online juga atau disana ?
    Explore Kyoto dan Kobe sebaiknya stay di Kyoto atau bisa dari Osaka saja ? Supaya tidak banyak pindahin koper

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Iya pak. Tokyo Wide Pass bisa dibeli bersamaan saat menukar voucher JR Pass setibanya di Bandara. Nanti tinggal bilang tanggal pengaktifannya, kalau bisa saat bapak sudah selesai berkeliling di area Osaka, Kyoto, Kobe dan Nara. Harga Tokyo Wide Pass 10.000 yen, dan bisa digunakan untuk eksplore Tokyo, Hakone, dan Fuji Kawaguchiko. Untuk eksplor Kyoto/Kobe/Nara, bapak bisa stay di Osaka. Jarak Osaka-Kyoto hanya 30 menit, Osaka-Kobe 20 menit, dan Osaka-Nara sekitar 45 menit.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, JR Pass (29.110 yen) bisa beli untuk yang 7 hari saja Pak. SapporoOsakaKyoto di 7 hari pertama, Hakone
      Untuk perjalanan di Hakone dan Kawaguchiko bisa pakai Fuji Hakone Pass (8.000 yen dewasa dan 4.000 yen untuk anak-anak), yang sangat cocok bila menginap 2 malam di daerah Hakone dan Gunung Fuji. Untuk rute perjalanan di Kawaguchiko dan Hakone bisa dibaca di artikel di atas.
      Setelah kami cek-cek lagi, itu lebih pas daripada membeli Tokyo Wide Pass.
      Untuk hotel, sama saja Pak antara di Osaka dan Kyoto. Hanya mungkin Osaka lebih praktis karena banyak subway dan pilihan hotelnya lebih banyak.
      Salam

    • ok, berarti sama Fuji Hakone Pass ya ? Kalau Hakone itu ada yang Hotel Ala Tradisional ya Pak ?
      Apakah JR Pass cover ke Tateyama Kurobe ? Atau Kalau mau ke sana sebaiknya dari Osaka atau dari Tokyo ? atau dari Hakone ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Pak benar, usahakan perjalanan ke Tokyo-Sapporo-Osaka (keliling wilayah Kansai)-lalu ke Tokyo lagi ada di dalam rentang tanggal tersebut. Selanjutnya tanggal 28/29 bisa aktifkan Fuji Hakone Passnya untuk ke Hakone, Fuji Kawaguchiko.

    • Kalau begitu saya tgl 26 saya sudah harus di Hakone, apakah bisa Fuji Hakone Pass beli dan diaktifkan di hakone ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Belinya bisa di Stasiun Shinjuku (supaya perjalanan naik kereta dari Shinjuku ke Hakone) bisa tercover dengan Fuji Hakone Pass. Salam.

    • Fuji Hakone Pass tidak bisa dibeli online ? Berarti saya harus ke Shinjuku lagi ? Tidak bisa dari Osaka langsung ke Hakone ya ?

    • ok Thanks Pak,
      Satu lagi, JR Pass itu bisa dipakai dari Tokyo Station ya ? atau bisa dari Narita ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa langsung diaktifkan di Narita Pak. Jadi ongkos dari Narita sampai Tokyo Station dengan Narita Express juga tercover. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau naik Hokkaido Shinkansen harus dari Tokyo Station Pak, tidak ada kereta langsung dari Narita.
      Salam

  37. Selamat siang pak Nugroho, saya sudah membeli JR pass, tiba Haneda (2 orang) 29 Des.2016 jam 7 pagi. Rencana pagi sampai sore keliling Asakusa, Tsukiji market, Akihabara, Ginza dan Shinjuku, malamnya jam 18.00-19.00 naik bus dari Shinjuku ke Kawaguchiko (Kawaguchiko tinggal tidur).
    30 Des. 2016, pagi keliling Kawaguchiko sekitar 1-2 jam, selanjutnya ke Hakone (wisata Hakone loop) kalau memungkinkan sebelumnya singgah di Gotemba Premium Outlet. Sore/malam harinya dari Odawara kembali ke Tokyo naik Shinkansen dengan JR pass.

    Mohon info dan sarannya untuk beberapa pertanyaan berikut :
    1. Apakah saya bisa menggunakan Fuji Hakone Pass yang seharga 5.200 Yen (pass keberangkatan Odawara) dengan jadwa itinery tersebut.
    2. Apakah worthied beli Fuji Hakone Pass dibanding beli tiket ketengan.
    3. Jika tiba di Kawaguchiko malam hari jam 21.00 an (check in hotel Ichifujiko sebelum jam 22.00) apakah ada masalah dengan transportasi, keamanan atau lainnya ?
    4. Mohon saran/ masukkannya.

    Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak, walaupun tiba jam 22.00 malam, Tim Info Jepang rasa Daerah Kawaguchiko pukul segitu pun tetap aman.
      Bagaimana penggunaan JR Pass Bapak? Apakah ada rencana ke kota lain? Apakah tidak bertabrakan dengan Fuji Hakone Pass?
      Jika menginap 2 malam, atau 3 hari di daerah Fuji dan Hakone, maka Fuji Hakone Pass dari Odawara bisa balik modal.
      Salam

    • Pak Nugroho, saya mau beli Fuji Hakone Pass dan sudah melihat webnya Odakyu, tetapi tidak ada pilihan untuk reservasi. Apakah team info jepang bisa bantu belikan ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bapak bisa menghubungi via emailnya, atau kalau memang sempat bisa langsung ke loket penjualan tiket Fuji Hakone Pass di Shinjuku Station.
      Maaf kami tidak bisa membantu pembeliannya karena memerlukan dokumen seperti paspor dsb. Salam

  38. Pagi Pak, kami keluarga rencana liburan dr tgl 19 Dec sd 7 January 2017… Masuk dari Haneda Tokyo dan apartment anak di Itabashi…

    Rencana liburan Tokyo, Osaka, Kyoto and Shirakawago.. Dimana mau berkunjung juga ke Hakone, danau Kawaguchi dan Gotemba… Sama ingin foto foto pake baju tradisional Jepang ( menurut teman ada yg sewa kostum baju dan samdal dan nanti pakai keliling seharian disana, ini nama tempatnya apa ya ?

    Dan pertanyaan lainnya, apakah sebaiknya kami beli JR Pas dari Jakarta ? Atau ga usah alias pake ketengan saja ?
    Dan mohon pertunjuk route yg terfleksible utk route tsb.. Kami dua ortu umur 50 an dan anak 17 thn. Thanks sebelumnya

  39. apakah sebaiknya nginap atau tidak nginap Di Hakone atau Danau Kawaguchi ? Sebelum ke Osaka atau Kyoto ? Atau bisa pp Hakone ke Itabashi?
    Mohon advice yg terbaik utk route kami dan pakai pass apa yg plg tepat ? Thanks sebelomnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo bu Mariyani, melihat perjalanan ibu yang cukup lama di Jepang mungkin sebaiknya digrupkan menjadi beberapa bagian, untuk mengkombinasikan penggunaan JR Pass (untuk perjalanan Tokyo-Osaka-Kyoto-Shirakawago-Tokyo) selama 7 hari, lalu menggunakan Fuji Hakone Pass (untuk perjalanan Tokyo-Hakone-Gotemba-Kawaguchiko-Tokyo) untuk jalan-jalan selama 3 hari.
      Area Kawaguchiko dan Hakone bisa ditempuh 2 jam dari Shinjuku. Untuk rutenya, Hakone dan Kawaguchiko sebaiknya dikunjungi setelah puas di Osaka dan Kyoto.
      Mungkin yang ibu maksud adalah rental kimono, ada banyak di Kyoto, ibu bisa baca lebih lanjut di Rental Kimono di Kyoto.
      Membeli JR pass lebih bagus di Jakarta, prinsipnya sederhana selama ada rute PP Tokyo-Kyoto/Osaka sudah pasti akan balik modal.
      Jika masih ada yang bingung, silahkan bertanya lagi bu. Salam.

  40. Pak Nugroho,
    Saya rencana perjalanan dari Tokyo untuk berkeliling ke Kawaguchiko, mount Fuji, Hakone dll sesuai artikel diatas dan rencana menginap semalam di Kawaguchiko dan semalam Hakone, mohon saran untuk iten nya?
    Terima Kasih

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan