Tips Naik Shinkansen di Jepang

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Tips Naik Shinkansen di Jepang

Pertanyaan mengenai Japan Rail Pass atau JR Pass dan apakah naik Shinkansen di Jepang sudah tercover JR Pass adalah pertanyaan yang paling banyak diterima oleh Tim Info Jepang. Pertanyaan-pertanyaan tersebut telah kami rangkum dalam artikel ini: Tips Naik Shinkansen di Jepang.

1. Mengenal Sejarah Kereta Shinkansen di Jepang

Kehadiran kereta Shinkansen di Jepang membuat Jepang masuk sebagai jajaran negara unggul dalam penguasaan teknologi transportasi cepat massal di dunia. Tokaido Shinkansen mulai beroperasi sejak tanggal 1 Oktober 1964, bertepatan dengan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo tahun 1964 dengan rute Stasiun Tokyo sampai Stasiun Shin-Osaka. Sejak saat itu, Shinkansen terus berkembang dalam kehidupan dan kebudayaan Jepang. Sampai hari ini, rute Tokaido Shinkansen yang menghubungkan empat kota utama Jepang yakni Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka adalah jalur tersibuk di dunia, mengangkut hampir 150 juta penumpang setiap tahunnya.

Sampai tahun 2016 ini, sudah ada tujuh rute kereta Shinkansen yang beroperasi di Jepang:

  1. Tōkaidō Shinkansen, dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Shin-Osaka.
  2. Sanyō Shinkansen, dari Stasiun Shin-Osaka sampai Stasiun Hakata.
  3. Tōhoku Shinkansen, dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Shin-Aomori.
  4. Jōetsu Shinkansen, dari Stasiun Omiya (Saitama) sampai Stasiun Niigata.
  5. Hokuriku Shinkansen, dari Stasiun Tokyo atau Takasaki (Gunma) sampai Stasiun Kanazawa.
  6. Kyushu Shinkansen, dari Stasiun Hakata sampai Stasiun Kagoshima-Chūō.
  7. Hokkaido Shinkansen, dari Stasiun Shin-Aomori sampai Stasiun Shin-Hakodate-Hokuto.

2. Pemesanan/Booking Shinkansen

Pertama, tidak perlu takut tidak kedapatan tempat duduk waktu naik Shinkansen. Shinkansen berangkat tiap 5 sampai 10 menit sekali, sehingga pasti ada tempat duduk kosong. Tidak perlu takut juga memesan tiket Shinkansen dari jauh-jauh hari, sebab kita bisa membelinya di hari yang sama dengan hari keberangkatan. Namun, naik Shinkansen di hari libur (Sabtu/ Minggu/ Liburan di Jepang), Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli tiket terlebih dahulu.

Dua, tiket naik Shinkansen bisa dibeli di stasiun mana saja. Jika ingin naik shinkansen dari Tokyo ke Osaka, tidak perlu sampai harus pergi ke Stasiun Tokyo. Tiket shinkansen bisa dibeli di stasiun JR terdekat.

Tiket shinkansen bisa dibeli lewat mesin penjual otomatis atau juga lewat kaunter di kantor penjualan Midori no Madoguchi (ditandai dengan warna hijau). Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli langsung via counter karena petugasnya akan melayani dalam bahasa Inggris. Kita dapat menyebutkan tujuan, jenis kursi, berapa lembar tiket yang diinginkan, dan jam keberangkatan dengan mudah, daripada repot memencet layar di mesin penjual otomatis. Sebelum membeli, sebaiknya teman-teman sudah mencari informasi mengenai jadwal keberangkatan, semisal melalui situs Hyperdia. Jadi, bisa lebih cepat saat membeli dan tidak menyebabkan antrian.

Semua pembelian tiket shinkansen bisa dengan uang yen tunai, tidak perlu mengisi dulu kartu SUICA/Pasmo lalu membelinya dengan kartu tersebut (cara tidak praktis). Sebagai catatan, kita tidak bisa menggunakan IC Card (SUICA/ Pasmo/ ICOCA) untuk tap di pintu gerbang menuju peron kereta Shinkansen. Bisa juga melakukan reservasi online shinkansen dari website JR East, namun banyak jalur yang tidak bisa dipesan secara online seperti Tokyo-Osaka, Tokyo-Kyoto, Tokyo-Shin Hakodate Hokuto dan jalur-jalur shinkansen lainnya yang relatif ramai penumpang.

Banyak website lain (utamanya website yang menawarkan jasa pembelian JR Pass di Indonesia) menyarankan atau bahkan “mewajibkan” kita untuk membeli JR Pass kalau naik kereta Shinkansen di Jepang. Anggapan atau pernyataan ini tidak benar sepenuhnya. Kalau hanya berkeliling di satu kota atau kota-kota yang berdekatan, pastilah rugi membeli JR Pass. Gampangnya ingat ini saja, kalau dalam itinerary teman-teman tidak ada rute pulang pergi Tokyo-Osaka/Kyoto, maka jangan beli JR Pass. Atau kalau teman-teman tiba di Bandara Narita atau Bandara Haneda dan kembali melalui Bandara Kansai atau juga sebaliknya, jangan membeli JR Pass. Cukup beli tiket kereta shinkansen ketengan saja yang jauh lebih murah.

Pesan JR Pass online

Tiket shinkansen harus disimpan dan jangan sampai hilang. Sama seperti naik kereta lokal, tiket diperlukan saat masuk ke dalam platform dan dimasukkan kembali ke dalam gerbang otomatis sewaktu keluar dari platform. Jadi jangan sampai hilang ya!

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Danau Mikurigaike di Tateyama Kurobe Alpine Route

Jalan-jalan ke Tateyama Kurobe Alpine? Berikut adalah cara liburan murah dengan Tateyama Kurobe Option Ticket yang mencover seluruh ongkos transportasi Tateyama Kurobe Alpine.

Jalur Kereta wisata Sagano

Pass apa yang harus dibeli kalau pergi ke Kansai? Berikut adalah tips perjalanan ke Nara, Kyoto, atau Osaka, kota-kota besar di daerah Kansai dengan Kansai Pass

Gambar kartu suica dan pasmo di Tokyo Jepang

Suica atau Pasmo adalah kartu elektronik (IC Card) paling berguna saat kita liburan di Jepang untuk naik bus atau kereta, atau membayar barang.

jr-pass

JR Pass adalah cara paling murah untuk berkeliling Jepang dengan naik kereta, khususnya jika ingin ke kota-kota selain Tokyo. Dengan JR Pass, wisatawan asing bisa bepergian ke kota manapun secara gratis.

Suasana platform Tokaido Shinkansen di Tokyo Station

Rangkuman tips membawa koper saat bepergian naik kereta di Jepang, naik shinkansen atau kereta ekspress dan kereta lokal di dalam kota Tokyo, Kyoto, dan Osaka.

Free Pass - Tiket Kereta Murah di Jepang

Jepang mempunyai moda transportasi yang rapi dan integratif, hampir semua area dan objek wisata bisa dilalui oleh banyak jalur lintasan transportasi, terutama kereta dan juga bus, bahkan Subway dan monorail. Kemudahan ini sangat menguntungkan kita sebagai...


3. Jenis Kursi Shinkansen

Ada 3 jenis kursi yang bakal ditanyakan sewaktu membeli tiket shinkansen. Kursi reserved, non reserved, atau kursi hijau atau green seat.

Reserved atau shiteiseki dalam bahasa Jepang menunjuk pada kursi pesanan. Jika teman-teman pergi di hari libur atau saat waktu sibuk sekitar jam 7-9 pagi atau 5-7 malam dan bepergian bersama keluarga/ rekan, ada baiknya membeli jenis kursi ini. Selain bisa memilih untuk duduk berdekatan, teman-teman juga tidak perlu mengantri lama supaya mendapatkan kursi kosong. Tidak perlu takut juga akan berpencar-pencar atau tidak dapat tempat duduk. Memang harganya lebih mahal sekitar 300 yen sampai 1500 yen (tergantung jarak perjalanan), namun akan sangat praktis dan tidak perlu cemas jika pergi bersama-sama.

Non-reserved atau jiyuseki dalam bahasa Jepang menunjuk pada kursi bebas. Jenis kursi ini jadi pilihan tepat bagi teman-teman yang hanya pergi berdua atau bertiga dan naik shinkansen saat bukan jam ramai, karena bisa menghemat biaya perjalanan. Namun perlu dicatat, ada kemungkinan tidak mendapat tempat duduk sambil memegang koper sendirian selama perjalanan naik shinkansen. Ini bisa dialami bagi yang naik dari pertengahan jalur shinkansen seperti dari stasiun Kyoto, Nagoya, Yokohama, Shinagawa, dan sebagainya.

Green seat menunjuk pada kursi first class di shinkansen. Tim Info Jepang menyarankan tidak perlu membeli kursi green seats sewaktu naik shinkansen karena tidak terlalu berbeda dengan jenis kursi reserved dan non-reserved. Hanya beda kursinya yang sedikit berukuran besar dan ruang untuk kaki yang sedikit lebih lebar.

Suasana waktu naik shinkansen Nozomi ke Osaka

Suasana waktu naik shinkansen Nozomi ke Osaka

4. Jenis Shinkansen

Secara garis besar Shinkansen terbagi menjadi dua sektor, rute utara dari Tokyo ke Hakodate, dan rute selatan dari Tokyo ke Kagoshima.

Rute utara terdiri dari jalur Hokuriku Shinkansen (Tokyo-Omiya-Nagano-Toyama-Kanazawa), jalur Joetsu Shinkansen (Tokyo-Gala Yuzawa-Nagaoka-Niigata), Tohoku Shinkansen (Tokyo-Fukushima-Yamagata-Shinjo, Sendai-Morioka-Akita, Aomori), Hokkaido Shinkansen (Aomori-Hakodate). Nama shinkansenya: Kagayaki, Hakutaka, Tsurugi, Asama, Toki, Tanigawa, Maz Toki, Max Tanigawa, Tsubasa, Komachi, Hayabusa, Hayate, Yamabiko, Nasuno semuanya tercover oleh JR Pass.

Rute selatan terdiri dari jalur Tokaido Line (menghubungkan TokyoYokohamaOdawara-Shizuoka-NagoyaKyotoOsaka), Sanyo Line (menghubungkan Osaka-KobeHiroshima-Hakata), dan Kyushu Line (Hakata-Fukuoka-Saga-Kumamoto-Kagoshima).

Jalur Tokaido Line yang menghubungkan Tokyo dan Osaka adalah jalur yang paling ramai dan paling sering ditanyakan kepada Tim Info Jepang. Berikut adalah jenis-jenis kereta Shinkansen yang terdapat di jalur berikut.

Nozomi

Kereta paling cepat atau kereta ekspressnya shinkansen. Kereta shinkansen Nozomi hanya punya kursi reserved dan jadi kereta shinkansen tercepat dengan harga tiket termahal. Perlu dicatat, teman-teman yang punya JR Pass tidak bisa naik shinkansen Nozomi karena tidak tercover dan rugi jika membayar dua kali.

Hikari

Kereta kedua tercepat atau kereta semi ekspressnya shinkansen. Kereta shinkansen Hikari berhenti di lebih banyak stasiun dibandingkan Nozomi. Harganya lebih murah dibandingkan dengan Nozomi namun seluruh jalurnya tercover oleh JR Pass, sehingga bisa naik shinkansen Hikari gratis.

Kodama

Kereta lokalnya shinkansen. Kereta shinkansen Kodama berhenti di semua stasiun shinkansen sehingga waktu tempuhnya adalah yang paling lama, namun dengan harga tiket termurah dibanding shinkansen Nozomi dan Hikari. Sama seperti shinkansen Hikari, seluruh jalur shinkansen kodama tercover juga oleh JR Pass.

Mizuho sama seperti shinkansen Nozomi (kereta tercepat dalam jalur Sanyo Shinkansen), namun menghubungkan Osaka dan Kagoshima (Sanyo Line dan Kyushu Line). Tidak tercover oleh JR Pass.

Sama seperti sektor selatan di jalur Tokaido Line, jalur Tohoku shinkansen juga terdiri dari 3 jenis kereta: Hayabusa sama seperti Nozomi, Hayate sama seperti Hikari, dan Yamabiko sama seperti Kodama. Ada lagi satu jenis kereta namanya Nasuno yang rutenya lebih pendek hanya sampai Koriyama (setengah perjalanan).

5. Tips Memilih Jenis Shinkansen

Bagi pemilik JR Pass bisa naik shinkansen apapun kecuali Nozomi, Mizuho. Jika teman-teman merencanakan untuk naik shinkansen dua kali perjalanan pulang pergi, maka lebih baik membeli JR Pass karena jatuhnya lebih murah.

Pesan JR Pass online

Bagi yang tidak memiliki JR Pass, pilihan mencoba naik shinkansen lebih banyak. Bisa mencoba naik shinkansen yang biasa untuk menghemat biaya atau naik shinkansen Nozomi yang lebih kencang.

6. Cara Membaca Tiket Sewaktu Naik Shinkansen

Setelah membayar ongkos perjalanan maka kita akan menerima tiket Shinkansen. Perlu diketahui, tiket Shinkansen akan dicetak dalam kertas magnetik dan ditulis dalam bahasa Jepang. Berikut adalah penjelasan cara membaca dan memahami informasi di tiket shinkansen.

Tiket Shinkansen

Cara membaca Tiket Shinkansen

Tiket Shinkansen di atas adalah tiket shinkansen dari Kyoto ke Tokyo Station. Berikut arti angka dan huruf kanji yang tercetak di tiket shinkansen.

(1) Tanggal keberangkatan yaitu bulan 4 (April) tanggal 19
(2) Jam keberangkatan shinkansen dari Kyoto station yaitu 11.18
(3) Jam ketibaan di Tokyo station yaitu 13.33
(4) Tempat duduk nomor 14B
(4A) Nomor gerbong yaitu nomor 4 (tertulis di papan penunjuk tiap gerbong kereta)
(5) Nama Shinkansen dan nomornya yaitu Nozomi 14
(6), (7), dan (8) ialah rincian dari harga tiket Shinkansen. Total 13,910 yen dengan rincian biaya kereta biasa 8,210 yen dan biaya shinkansen 5,700 yen.

7. Membawa koper besar saat naik Shinkansen

Menurut aturan resmi yang ada, kita diijinkan untuk membawa 2 buah bagasi ke dalam kereta per orang. Ukuran maksimalnya adalah 250 cm untuk total ketinggian + kedalaman + lebar setiap tas. Beratnya pun tidak melebihi 30 kilogram. Namun, khusus untuk kereta Shinkansen, ruangan untuk bagasi sangat terbatas ketimbang kereta lokal, semi ekspress, maupun limited ekspress. Hal ini disebabkan oleh faktor keamanan dan kenyamanan yang sangat diutamakan, karena kecepatan kereta yang mencapai 300 kilometer/jam.

Untuk teman-teman yang hanya membawa 2 buah tas seukuran tas yang biasanya dibawa ke dalam pesawat, itu tidak akan bermasalah. Namun, kita baru akan menemukan masalah saat ukurannya lebih besar daripada batas “normal” dan tidak bisa masuk ke ruang yang tersedia.

Triknya untuk mengatasinya adalah adalah teman-teman memesan tempat duduk di ujung gerbong/ rangkaian kereta. Ada ruang di belakang baris terakhir dari kursi di mana koper besar bisa kita letakkan. Atau biasanya di kereta-kereta pagi atau malam (yang tidak terlalu penuh), kita bisa meletakkan koper di area bangku yang kosong. Bagi yang memiliki JR Pass, tips ini sangat mudah dilakukan. Untuk melakukan pemesanan kursi, kamu cukup datang ke stasiun keberangkatan 1 atau 2 hari sebelum jadwal, lalu memesan kursi di baris terakhir. Begitu juga yang memesan tiket shinkansen Grand Class, ruangan untuk kaki kita biasanya lebih luas, dan kita bisa meletakkan koper di antara kaki kita.

Sebagai catatan, trik ini tidak berlaku untuk kereta di jalur sibuk (Tokaido Shinkansen atau Tohoku Shinkansen) di jam sibuk (7-10 pagi atau 1-3 sore), apalagi yang melakukan perjalanan tanpa JR Pass sehingga tidak bisa melakukan pemesanan kursi.

Sumber gambar: Flickr Wally Gobetz, Tony & Wayne, Dokumentasi Tim Info Jepang

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: January 18, 2017

Close Comments

Comments (115)

  1. Pak, kami tiba di Haneda Airport pukul 23:00, rencana nginap di bandara, pagi-pagi jam 5 mau langsung ke Kyoto – Kiyomizudera. saya cek di Hyperdia, tidak ada keberangkatan tokyo Haneda & ketibaan Kyoto Kiyomizudera. Pertanyaan saya, 1. tempat naik turun sinkansen yg terdekat dr lokasi sy apa? naik shinkansen apa yang tepat? Terimas kasih banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Cindy, pertama-tama kamu harus naik kereta Shinkansen dari Tokyo ke Stasiun Kyoto. Nah, setelah itu, dari Stasiun Kyoto bisa naik bus nomor 100 atau 206 menuju halte Gojo-zaka atau halte Kiyomizu-michi. Ongkosnya 230 yen dan lama perjalanannya sekitar 15 menit. Dari sana kita bisa jalan kaki 10 menit sampai ke Kiyomizudera. Salam!

    • Terima kasih Pak, kalau dari stasiun Kyoto ke kuil Fushimi inari naik bus apa ? dan dari Fushimi inari ke Kiyomizudera naik bus apa? Thanks.

  2. pak mau tanya… saya berencana naik shinkansen tokyo ke osaka… berhubung saya tinggal di kamogawa (2 jam naik bus ke tokyo) dan pagi ada acara yang ngga ngerti kapan selesainya… apakah sebaiknya saya beli on the spot saja ketika sampai tokyo?kalo saya pesan sebelumnya pesan yang non reserved apa bisa digunakan di jadwal mana saja asal tanggal yang sama? terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau membeli yang non reserved bisa dipakai untuk shinkansen jam keberangkatan kapanpun, asal di tanggal yang sama (seperti yang ibu katakan).
      Salam

  3. Pak, itinerary:
    1.Sampai di Tokyo jam 10 mlm ( haneda), stay di daerah Tokyo tower
    2.Osaka
    3.Kyoto
    4.kembali ke Tokyo stay daerah Ginza
    5. Gala Yuzawa / karuizawa
    6.Karuizawa
    7.Akhihabara, shibuya, Shinjuku
    8. kembali Jakarta

    Tiket yg cocok apa ya pak? Thanks before

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kereta shinkansen sampai dengan jam 23.00, sedangkan untuk kereta lokal sampai jam 00.12. Salam.

  4. Maaf pak mau nanya, apakah begitu sampai di airport haneda menukarkan jr pass, apakah itu lgsg bs di gunakan dan apakah bisa lgsg reserved seat pd saat itu jg? Jd misalnya tukar jam 11, mau naik shinkasen dr osaka ke tokyo jam 12 apakah reserved seat nya bs lgsg di reserved? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa Sherny, tapi untuk rute sibuk (Osaka-Tokyo) dan pada jam sibuk reserved seat sudah selalu terisi. Tapi, kamu tetap bisa naik kok, tapi tidak bisa berkelompok di kursi pesanan. Salam:)

    • siang pak nugroho, maaf mau nanya, saya baru cek perjalanan dari tokyo – osaka di hyperdia, shinkansen yg dinaikin ditulis shinkansen nozomi smua.. Sya ada rencana beli JR pass. Apakah itu tercover? Setau saya JR pass ga berlaku untuk nozomi.. Pilihan untuk tokyo ke osaka jdnya gimana ya pak? Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Hyperdia menunjukkan kereta yang paling praktis dan tercepat, jadi shinkansen Nozomi yang paling cepat yang akan keluar.
      Kalau ingin mengecek selain shinkansen Nozomi, silakan dipilih bagian more option: hapus centang NOZOMI / MIZUHO / HAYABUSA (SHINKANSEN)
      Silakan baca cara penggunaan Hyperdia.
      Salam

  5. Selamat siang pak,
    Mohon infonya untuk menuju sapporo (hokkaido)dari tokyo dgn JR Pass bagaimana? Dari hokkaido ke Osaka apakah bisa dgn direct shinkansen atau hrs tetap ke tokyo station terlebih dahulu?
    Rencana perjalanan saya sbg brkt :
    tokyo – hokkaido
    hokkaido
    hokkaido – osaka
    mohon infonya pak terimakasih

  6. Pak Nugroho saya ada rencana ke Osaka-kyoto-tokyo PP, saat sampai di bandara Kansai kan harus menukarkan JRPass dg tiket shinkansen dan bagaimana menyebutkan tujuan kalo saya nanti brangkatnya ga langsung ke tokyo tapi berhenti di kyoto dulu lalu bbrp hari kmd ke tokyo dan setelah bbrp hari di tokyo baru balik ke osaka. itu nukar tiket shinkansen nya ngomongnya gimana pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Maaf Tim Info Jepang koreksi sedikit: Tanda pembelian JR Pass yang akan ditukarkan dengan JR Pass, JR Pass tidak ditukar dengan tiket shinkansen. Tapi dengan menunjukkan JR Pass, ibu bisa membeli tiket shinkansen sepuasnya.
      Ibu silakan buat jadwal tanggal segini, kira-kira jam segini naik shinkansen dari Shin Osaka-Kyoto, tanggal segini dari Kyoto-Tokyo, dan berikan pada petugas di loket tiket. Maka petugasnya akan mencetak tiket shinkansen sesuai rencana ibu. Salam

  7. Met pagi pak, rencana sy akan melakukan perjalanan dari Tokyo ke Osaka dari stasiun Shibuya yg transfer di Shinagawa. Dari situs Hyperdia Shibuya-Osaka dng Nozomi wkt transfernya 10 menit. Seandainya di Shinagawa sampai terlambat transfernya, apakah tiket shinkansennya menjadi hangus? Atau dapatkah dipakai utk shinkansen berikutnya? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tiket shinkansennya tidak hangus, ibu bisa naik shinkansen berikutnya.
      Hanya perlu diingat kalau ibu sudah memesan tiket reserved seat, maka reservasi kursi jadi batal. Ibu bisa naik di gerbong non-reserved seat.
      Salam

    • Bukankah Nozomi reserved seat semua ya pak?
      Kursi non-reserved itu pasti duduk kan pak, maksud sy tdk ada penumpang berdiri di shinkansen kan?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kursi non-reserved itu duduk juga bu. Bedanya kursi reserved dengan non-reserved adalah posisi duduk yang bisa dipesan, seperti mau dekat jendela, di ujung gerbong, atau mau 4 bangku berdekatan (kalau bepergian bersama keluarga/teman).
      Kalau shinkansen Nozomi-nya lewat, bisa dibilang tiket reserved seatnya hangus. Ibu bisa naik shinkansen setelahnya yang ada gerbong non-reserved, seperti Hikari atau Kodama. Salam.

  8. Pak… Kami punya jr pass, apabila kami mau langsung ke Osaka dari haneda airport, apakah kami harus ke Tokyo station dulu untuk naik shinkansen hikari? Apakah waktu 15 menit, kami dapat pindah jalur untuk naik shinkansen? terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Jika mau ke Osaka, silakan naik Tokyo Monorel dari Haneda Airport ke Hamamatsucho Station, kemudian naik kereta JR ke Shinagawa Station.
      Selain lebih dekat, transfer di Shinagawa Station lebih mudah daripada transfer shinkansen di Tokyo Station. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya pembayaran tiket shinkansen bisa dilakukan dengan kartu kredit.

  9. Halo pak..sy landing di narita. Rencana ke osaka naek bus. Tp pulangny ingin naik shinkansen dr kyoto ke tokyo. Apakah sy bisa beli tiket shunkansen 3hr sbelumnya. Dimana sy harus beli?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Pembelian tiket shinkansen bisa dilakukan dari hari-hari sebelumnya.
      Mungkin ibu bisa membeli begitu tiba di Narita atau di Osaka Station begitu tiba naik bus malam. Salam

  10. Selamat Pagi pak…
    Saya mau tanya..saya pergidanpulang melalui narita.
    Saya 4 Dewasa 2 Anak anak dibawah 5 tahun

    rencana saya akan pergi dari
    tokyo – galayuzawa – Tokyo
    Tokyo – Osaka – Tokyo
    Tokyo – Sapporo – TOKyo

    Sisanya jalan jalan di tokyo saja

    Rencana 19-28 Maret.
    Apakah Saya harus beli JRpass… ?
    Dan apakah Semua sudah di cover JR pass tsb, atau harus beli tiket lainnya??

    Terimakasih atas perhatianya,

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya bisa membeli JR Pass karena sudah balik modal jika melihat rute perjalanan Bapak di Jepang.
      JR Pass hanya mengcover ongkos perjalanan kereta JR saja, jika keretanya bukan JR seperti subway di Osaka, Tokyo, Sapporo ya tidak tercover.
      Tapi harganya sangat murah dibandingkan dengan ongkos shinkansen yang tercover JR Pass.
      Salam

  11. halo pak, jika saya ada rencana untuk pergi dari tokyo ke osaka PP, apakah perlu membeli JR pass? karena saya pikir agak sayang, saya hanya akan berkeliling di tokyo saja, dan kedatangan serta keberangkatan airport saya sama2 di tokyo narita.
    keberangkatan saya hanya 7 hari, 2 hari akan saya habiskan hanya untuk main di disneyland dan berkeliling di shibuya
    tujuan ke osaka sebenarnya hanya ingin mencoba universal studio saja, menurut bapak perlu tidak beli JR pass?
    dan apakah ada promo shinkansen PP tokyo osaka?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau berencana PP naik shinkansen silakan beli JR Pass, sebab sudah balik modal Ibu.
      Kalau ingin menghemat biaya transportasi bisa naik bus malam, sehingga tidak perlu membeli JR Pass.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bus malam menempuh waktu 8 jam Tokyo ke Universal Studios Japan. Mungkin perginya bisa naik shinkansen, pulangnya naik bus.
      Bisa menghemat biaya, namun tetap bisa mencoba naik shinkansen Jepang.
      Maaf Pak. Salam dan selamat berlibur bersama keluarga di Jepang.

  12. Pak Nugroho,
    Sy rencana di jepang 10 hari, masuk dan keluar dari Narita. 6 hari di Tokyo, 2 hari di Kyoto dan 2 hari di Osaka.
    7 hari terakhir sy berencana menggunakan JR Pass krn ingin menggunakan Shinkasen Hikari Tokyo-Osaka-Kyoto-Tokyo.
    Apakah sesyai JR pass tersebut dengan itinerary saya?
    Bila membeli JR Pass dr website, kapan dan dimanakah sy membeli reserved seat untuk shinkasen nya?

    Terima kasih dan salam hormat

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Karena ada perjalanan PP Shinkansen, maka JR Pass sudah balik modal.
      Bapak bisa reservasi seat di Narita Airport, bersamaan saat menukar JR Pass. Salam

    • Terima kasih Pak.
      Mengingat sy hanya membeli untuk 7 hari, apakah saat kedatangan di Narita bs langsung ditukar tiket sy sekaligus dibeli seat tsb? Sedangkan baru hari ke-3 sy akan gunakan JR Pass tsb, takutnya bila lgsg sy tukarkan di Narita, maka hari itu juga akan dihitung hari pertama nya, mohon pencerahan Pak.

      JR Pass bisa dipakai di Kyoto dan Osaka Pak?

      Terima kasih dan salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Sewaktu menukarkan JR Pass, ada pilihan mengisi tanggal kapan JR Pass mulai diaktifkan. Nah, Bapak bisa isikan dengan jadwal Bapak.
      JR Pass bisa dipakai di seluruh jalur kereta JR di Kyoto dan Osaka, kecuali kereta subway.
      Salam

    • Terima kasih banyak info nya Pak…sangat membantu saya.
      Have a nice evening
      Happy Holiday

      Salam hormat

  13. Pak mohon info. Saya berenam akan berangkat ke Tokyo 15 januari 2017. Sampai Narita sekitar pk 15.00. Kami berencana langsung mengaktifkan JR pass dan langsung menggunakanny untuk naik Narita Express ke Tokyo station, dan dari Tokyo station naik shinkansen ke Osaka pada hari yg sama.
    Apakah bisa JR pass begitu diaktifkan langsung digunakan untuk membeli tiket shinkansen pada hari yang sama pak?
    Karena ad info jika tiket shinkansen hanya bisa dipesan sehari sebelum keberangkatan dan bukan pada hari keberangkatan apabila menggunakan JR pass. Mohon pencerahan , terimakasih sebelumnya pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Tiket shinkansen bisa langsung dipesan saat menukarkan JR Pass Ibu. Salam

  14. Malam pak, maaf mau tanya lagi, kalo shinkansen yg akan saya naiki sudah full sehingga tidak bisa di reserved, apa bisa langsung naik saja pak nanti? Apakah ada gerbong tertentu untuk yang belum reserved?tq pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Setiap keberangkatan shinkansen selalu tersedia dua atau tiga gerbong untuk penumpang bebas (non-reserved seat). Jadi bapak bisa naik ke gerbong itu. Salam

  15. Malam pak.. sy sekeluarga + teman (5 org) akan ke Japan 21-29Jan 2017 via new chitose sapporo.
    Draft itinerary sbb:
    21-22 Jan Jkt – New Chitose -Sapporo
    23 Jan Sapporo
    24 Jan Sapporo
    25 Jan Sapporo – Tokyo naik kereta
    26 Jan Tokyo – Kyoto
    27 Jan Kyoto
    28 Jan Kyoto – Osaka
    29 Jan Osaka – Jkt

    Apakah dari Sapporo ke Tokyo bisa menggunakan JR Pass? walaupun tidak terpakai max 7 hari, hemat kah dgn JR Pass? sy belum cek jadwal kereta

    Minta rekomendasi keliling di sapporo utk 3 hari, bisa pak? Terima kasih.

  16. Saya ke Jepang tgl 18 Des ini pak, juga saya mau minta pendapat pak Nugroho untuk ittenary hari ke 10 , yang mana lebih menarik ?
    Terima kasih pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Karena musim dingin, sepertinya tidak ada pemandangan bunga-bunga di Imperial Palace atau di Meiji Jingu Shrine.
      Kalau ingin melihat pemandangan mungkin bisa ke Shinjuku Gyoen (ada beberapa bunga yang mekar di musim dingin) atau berfoto di Meiji Jingu Shrine.
      Kalau masih ada waktu malamnya, bisa pergi melihat iluminasi musim dingin di Tokyo. Salam

    • Trims pak, untuk ski resort Karuizawa dan Joetsu Kokusai , yang mana yang lebih menarik ?
      Terima kasih banyak untuk info-infonya 😊

  17. Malam Pak Nugroho
    Des pertengahan ini Saya dan kel ( dgn 2 ank kecil ) akan ke Jepang, ittenary saya selama di Jepang :
    Hari 01 : Airport Narita, shuttle limo ke Hilton Tokyo Bay ( menginap 4 mlm )
    Hari 02 : Disneyland
    Hari 03 : Disneysea
    Hari 04 : jalan” area resort, siang ke Odaiba ( Gundam, Miraikan Museum, Rainbow Bridge )
    Nb : beli yurikamome one day pass
    Hari 05 : ke Tokyo Sky Tree, Ueno Park, Shibuya ( menginap di Mercure Ginza )
    Hari 06 : ke Akhihabara, Namikase Street
    Hari 07 : aktifkan JR Pass 7 days, ke Takayama ( menginap di Takayama )
    Hari 08 : Ke Shirakawa-Go ( ikut one day tour ke Gokayama Ainokura Village & Shirakawa-Go Village), sore balik ke tokyo ( Mercure Ginza )
    Hari 09 : ke Gala Yuzawa Ski Resort
    Hari 10 : antara ke Ski Resort Karuizawa + Karuizawa Prince Shopping Plaza atau ke Joetsu Kokusai di Echigo Yuzawa )
    Hari 11 : ke Sato Nemba , Gotemba Oulet
    Hari 12 : ke Shinjuku Gyoen, Meiji Shrine Temple atau Imperial Palace , mana yang paling menarik ?
    Hari 13 : Jakarta

    apakah ittenary saya sudah cocok ? Apakah cocok jika saya membeli JR Pass untuk di pakai dari hari ke 7 s/d hari ke 13 ? untuk keliling area tokyo , tiket Pass apa yang paling cocok saya beli ?
    Terima kasih pak, maaf pertanyaan saya banyak 😬

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Avie. Tim Info Jepang pikir sudah sangat tepat untuk menggunakan JR Pass di hari ke 7 sampai 13.
      Untuk hari kedua dan ketiga tidak perlu membeli pass, cukup membeli tiket satuan atau pakai suica/pasmo. Begitu juga dengan hari ke 4 dengan Yurikamome One Day Pass. Untuk hari kelima dan keenam bisa menggunakan Tokyo Metro 24-hours pass. Lalu pertanyaan ibu mengenai rekomendasi antara Shinjuku Gyoen, Meiji Shrine Temple atau Imperial Palace, tergantung ibu pergi bulan apa. Kalau boleh tahu kapan ibu pergi ke Jepangnya? Salam

  18. Koreksi sedikit ya. Untuk JR Pass berlaku semua Shinkansen kecuai Nozomi dan Mizuho (jalur tokaido sanyo) aja. Hayabusha (shin hakodate hokuto) berlaku ko pake JR pass. Nov 18 saya naik Hayabusha (Tokyo shin hakodate hokuto/Shin Hakodate Hokuto tokyo) ga bayar lagi. Itu yg paling mahal kaya nya. Sekali jalan sekitar 23 ribu JPY, perjalanan sekitar 4 jam an kalo ga salah.

    Untuk yang mau cek jadwal kereta di jepang (semua jenis kereta termasuk shinkansen) cek hyperdia. D situ terliat jelas jam kebrangkatan, jam tiba, di track berapa. Poko nya detail bgt dan jadwal nya itu pasti.

  19. mlm pak nugroho
    desember ini saya berangkat ke tokyo-osaka-kyoto-tokyo (rencana mampir ke gala yuzawa)
    baik nya saya mengunakan JR pass yg mana?
    dan metro line /sub line tokyo tercover JR atw tidak ?

  20. permisi pak nugroho,, saya mau nanya jadwal jam keberangkatan shinkansen dari tokyo ke osaka bisa lihat dimana ya?.. saya mau tahu jam buka awal keberengkatan dan jam tutup malam shinkansen nya.. terima kasih pak.. mohon dibantu jawab.. 🙂

    • thanks pak atas replay nya.. tapi saya puyeng baca tulisan jepangnya hahahaha …hmm rencana saya mau muter 2 hari di tokyo lalu ke osaka naik last train shinkansen.. apakah shinkanen tokaido buka sampe jam 24.00 malam?..atau paling malam jam berapa ya pak nugroho?.. thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau punya JR Pass berarti hanya bisa naik shinkansen Hikari. Shinkansen Hikari dari Tokyo Station sampai ke Shin Osaka Station terakhir berangkat jam 20.03 dan sampai 23.16. Salam

    • ohh saya ga pake JR Pass pak.. karena cuman wisata dari tokyo lalu ke osaka trus langsung terbang balik ke singapore..tapi memang berniat naik shinkansen hikari sih..okayy thanks a lot ya pak atas info nya… suskes buat info jepang.net!! 🙂

  21. Pak nugroho maaf mau tanya lagi, saya coba print jadwal shinkansen tokaido yg akan ke osaka, yg mau saya tanya yg lewat station mishima hanya kodama ya? Kalo tak tercantum jam berarti tidak ada kereta jam segitu, betulkah?lalu saya lihat ada yang lewat mishima tapi jam ketibaannya kosong di shin osaka, saya cari kereta jam 18.30 an…apa itu artinya kereta tidak sampai ke shin osaka pada jam tersebut?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Maaf kami tidak tahu bagaimana bentuk jadwal shinkansen yang bapak dapatkan. Tapi betul, hanya shinkansen Kodama yang lewat di Mishima Station. Salam

  22. Mau tanya doong..
    Klo saya ada planning Tokyo-kyoto PP apakah masih lebih untung jika membeli JR pass?
    Lalu apabila saya mau ke gunung fuji apakah masih tercover dgn JR pass?
    Thanx b4 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ikra. Kalau perjalanan diatas 7 hari dan ada PP shinkansen dari Tokyo Osaka, harga JR Pass sudah balik modal
      Perjalanan ke Gunung Fuji via Kawaguchiko hanya tercover sampai ke Otsuki station, kamu harus membayar 1.140 yen tambahan untuk kereta Fuji Kyuko.
      Salam

  23. tiba dan kembali dari Haneda, mas. Dan tidak ada rencana pergi ke osaka/kyoto. Yang keluar tokyo nya hanya ke fuji,gala yuzawa dan kawazu sakura saja.

  24. malam mas

    Saya mau tanya untuk itinerary seperti ini :

    day 1 : tokyo city tour
    day 2 : disneyland
    day 3 : tokyo city tour
    day 4 : mt fuji
    day 5 : gala yuzawa
    day 6 : kawazu sakura
    day 7 : tokyo tour

    Apakah cocok dengan JR pass 7 days? Says berencana membeli JR pass 7 days ini untuk itinerary di atas. Jika tidak maksimal, sebaik nya saya beli pass yang mana ya?

    terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Tissa. Apakah tiba di Jepang dan kembali ke Indonesia dari Haneda/ Narita Airport? Dan tidak ada rencana pergi ke Osaka/ Kyoto?
      Salam

  25. Beli Tiket Shinkansen dari Shinjuku Tokyo tujuan ke Osaka, apakah sebaiknya beli tiket saat mau berangkat atau bisa sehari sebelumnya, atau bisa beli tiket secara online? Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk amannya bapak bisa membeli tiket di Tokyo Station/ Narita Station hari sebelumnya atau saat hari pertama tiba di Jepang.
      Sebab tiket Tokaido Shinkansen tidak bisa dibeli secara online dari website JR East.
      Salam

  26. Pak, jadi kalo saya beli jr pass mau naik sinkansen, tinggal tunjukan jrpassnya saja ya pak ? Dari gotemba ke osaka lalu osaka ke haneda, kalo naik shinkansen bagaimana reserved kursinya pak? Apa perlu bayar biaya tambahan?reserved di tmp penjualan tiket shinkansen ya pak? Kalo pake jr pass. Terimakasih..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Bapak bisa langsung reservasi kursi shinkansen sewaktu menukar JR Pass di Narita/ Haneda setibanya di Jepang.
      Tinggal sampaikan kepada petugas tujuan, tanggal dan jam kira-kira keberangkatan. Sama sekali tidak ada biaya tambahan. Salam.

    • ellamanda  |  

      saya tidak punya rencana beli JR pass, hanya beli tiket shinkansen aja..apakah bisa di beli di stasiun atau airport haneda?

      terima kasih infonya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bila di Haneda Airport, pembelian tiket shinkansen hanya bisa dilakukan di pusat informasi di Terminal 1 Lantai B1.
      Saran kami, ibu bisa memesan tiket shinkansen di stasiun besar seperti Shinagawa atau Tokyo (lewat bila tiba dari Haneda Station). Salam

  27. Pagi 🙂

    Saya rencana mau naik Shinkansen dari Tokyo ke Osaka, saya mau tanya :

    1. Tiket Shinkansen beli dimana? Apakah perlu booking sebelumnya kalau saya mau beli yang reserved seat? Rombongan saya 5 dewasa dan 5 anak di bawah 9 tahun, berapa tiket yang perlu saya beli?

    2. Jadwal keberangkatan apakah hanya jam tertentu atau selalu ada setiap jam nya?

    3. Saya membawa koper dan stroller, apakah bisa kalau mau naik Shinkansen dengan membawa bagasi? apakah ada batasan untuk koper ?

    Terima kasih infonya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Ellamanda. Apakah berencana membeli JR Pass? Kalau punya JR Pass bisa sekaligus reservasi bangku saat menukarkan JR Pass.
      Tiket dewasa untuk 5 dewasa dan 5 tiket anak-anak (anak dibawah 12 tahun dapat potongan 50%). Kalau tidak ada JR Pass bisa ke kaunter penjualan tiket, tandanya gedung dengan jendela atau tembok bewarna hijau.
      Saat membeli ibu bisa beritahu tujuan, tanggal dan jam keberangkatan (kira-kira). Tidak perlu kuatir karena Tokaido Shinkansen dari Tokyo ke Osaka berangkat tiap 10 menit sekali. Untuk koper bisa diletakkan di bagian belakang gerbong (yang besar) atau bisa taruh di rak di atas kepala atau dibawah kaki (koper yang agak kecil). Salam

  28. selamat malam…saya mau Tanya, saya berangkat ke japan tanggal 4 -14 januari 2017..ittinery saya
    1.osaka (muter2 di osaka)
    2. usj
    3.osaka-kyoto(fushimi inari-nara)-osaka
    4.osaka kyoto (gikankuji,kiyomuzera, gion) osaka
    5.osaka tokyo (muter2 tokyo)
    6.tokyo galayuzawa tokyo
    7.kawaguchi lake mount fuji
    8.disneyland
    9.disneyland
    10.narita jakarta
    apakah saya perla membeli jr free pass atau free pass apa yg cocok bagi ittinery saya…terima kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Karena tidak ada PP Osaka-Tokyo tidak perlu membeli JR Pass.
      Bapak bisa pilih naik shinkansen atau bus malam dari Osaka menuju ke Tokyo.
      Lalu bapak bisa membeli JR Tokyo Wide Pass yang mencover perjalanan ke Gala Yuzawa dan Kawaguchi.
      Salam

  29. Halo kak japan info,sy sedang di shinkansen sekarang dan tiket shinkansen sy hilang apa benar harus dibeli kembali baru bisa keluar? Thankyou mohon repliannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Apakah kedua lembar tiketnya hilang? Kalau ada sisa satu, silakan sampaikan kepada petugas di dekat pintu karcis.
      Jelaskan saja dengan jujur dan biasanya petugas akan membiarkan Anda lewat.
      Salam

    • Halo kak, tiket shinkansen saya yang dari kyoto city menuju odawara dengan nominal 11.560 dan hanya dapat 1 tiket saja kak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu, coba jelaskan saja kepada petugas yang berjaga di pintu keluar shinkansen.
      Silakan tunjukkan JR Pass dan passpor juga kalau ada.
      Salam

  30. selamat mlm , sy mau tanya klu sdh beli JRPASS , apakah JRPASS bisa di pakai saat di osaka dan kyoto ? atau sy hrs beli KANSAI THRU PASS lg utk keliling osaka dan kyoto ? Makasih info nya

  31. Hi, mau minta infonya. kalau mau naik shinkasen di osaka-tokyo mau pun sebaliknya
    kalau punya JR pass perlu tukar tiket lagi?
    dan apa perlu pesan sebelumnya atau bisa langsung ke loket keberangkatannya?

    thank’s

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Gowi. Pemesanan tiket shinkansen Tokyo-Osaka bisa dilakukan saat menukarkan kertas reservasi dengan JR Pass.
      Cukup menyebutkan tanggal keberangkatan dan perkiraan jam naik shinkansen.
      Salam.

  32. Lintang Pramesti  |  

    selamat sore Info Jepang.. saya mau menanyakan :
    1. apa sama harga tiket shinkansen nozomi tokyo-osaka dengan osaka-tokyo (14250 YEN) ?
    2. apakah bisa naik shinkansen dengan membawa koper – koper besar ? apa ada bagasi penyimpanan koper di gerbong nya?
    terima kasih banyak ….

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Lintang.
      Ongkos shinkansen Tokyo-Osaka dan Osaka-Tokyo harganya sama.
      Di dalam gerbong shinkansen, bisa taruh koper di kaki (depan tempat duduk) atau di tempat penyimpanan loker di dekat pintu masuk. Namun penyimpanan loker ini tidak selalu bisa digunakan, karena banyak yang memakainya.
      Salam

  33. halo infojepang..sebelumnya terimakasih atas artikelnya sangat membantu sekali untuk saya yg ingin bepergian ke jepang tanpa tur..ada yg ingin saya tanyakan

    1.untuk anak umur 4 tahun jika ingin memesan kursi child sendiri (>6th) apakah bisa?apakah nantinya akan jadi masalah krn belum masuk kriteria umur child dan harus dipangku?

    2.saya minta tolong konfirmasi baru dapat info dr salah satu travel agen bahwa shinkansen yg bisa di reserved seat hanya berlaku untuk green saja tidak untuk ordinary..apa betul begitu?

    terimakasih atas infonya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak.
      1. Tidak masalah jika anak Bapak tidak ingin dipangku dan ingin memesan kursi sendiri. Tinggal memesan kursi dan membelinya di kaunter tiket shinkansen.
      2. Shinkansen memiliki jenis kursi yang berbeda: kursi biasa (ordinary) dan kursi kelas khusus (green) yang lebih lega dan space barang yang lebih luas.
      Bapak bisa memesan tempat duduk/ reserve untuk dua-duanya.Penjelasan jenis tempat duduk di Shinkansen bisa dibaca di halaman ini.
      Salam

    • diaz rahmadi  |  

      maksudnya membeli sendiri di konter tiket shinkansen jadi harus beli ketengan ya mas?kalau anak saya yg umur 4 thn beli jr pass untuk child (>6th) apakah bisa?krn saya pikir lebih ekonomis harganya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Oh ada rencana membeli JR Pass Pak? Kami pikir mau menghemat dan tidak membeli JR Pass. Kalau memang rencana membeli JR Pass, berarti bisa membeli JR Pass untuk anak-anak yang harganya 50%. Tiket Shinkansen untuk anak-anak (dibawah 12 tahun) juga harganya 50%.
      Salam

    • diaz rahmadi  |  

      oke siap sudah jelas jawabannya sekarang..terimakasih banyak atas info dan fast responsenya mas nugroho 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tiket Shinkansen dari Tokyo-Shin Osaka di kota Osaka harganya 13620 yen ibu dan berangkat tiap 5-10 menit sekali.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bukan Ibu, 13620 yen adalah bila menggunakan kereta Hikari/Kodama (nomor 2/3 tercepat). Jika menggunakan Nozomi yang paling cepat harganya lebih mahal sedikit 14250 yen.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Nozomi=reserved Ibu, harga tiketnya 14250 yen. Sedangkan Hikari/Kodama=non reserved.
      Salam

  34. Pak Nugroho, bagaimana kalau tiket sdh dicetak dan di-reserved dan pada hari H nya kita telat tiba ke stasiun JR nya. Apakah tiket dan reserved nya masih berlaku ?
    Terima kasih.

  35. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Tiket reserved hanya berlaku untuk kereta yang tertulis di lembar tiket (tujuan dan jam nya tertulis). Kalau terlewat, bapak bisa naik kereta shinkansen lainnya, harus naik di gerbong non-reserved seat. Jika pergi bersama keluarga, tetap bisa duduk, namun mungkin akan terpencar-pencar. Salam

  36. Untuk shinkansen Hikari ada unreserved seat (car 1-5) Kodama Unreserved seat (car 1-7) Hakutaka (arah nagano. Toyama,kanazawa unreserved seat 1-3) sedangkan untuk Hayabusha (shin hakodate hokuto) dan Kagayaki (nagano, toyamakanazawa) semua reserved seat.

  37. pak kalau Ada 3 jenis kereta yg bs di naiki, yaitu hikari dan kodama (di cover Jr pass) dan nozomi, apa nanti di kereta ny ada tulisan yg membedakan nama kreta nya. misal kreta hikari, kreta kodama??

  38. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Dengan JR Pass hanya bisa naik kereta Hikari dan Kodama Ibu. Di papan penunjuk di tiap platform kereta tertulis jelas nama kereta yang sedang berhenti.
    Di papan penunjuk elektronik tiap gerbong shinkansen, juga tertulis nama shinkansennya. Salam

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!