Free Pass Osaka

You are here Home  > Tips Wisata >  Free Pass Osaka

Osaka, kota terbesar daerah barat Jepang atau yang terkenal dengan nama Kansai. Sama seperti jalur kereta memutar JR Yamanote Line di kota Tokyo, kota Osaka juga memiliki jalur kereta memutar, Osaka Loop Line yang menghubungkan Osaka dan Umeda di utara, Osaka Castle dan Kyobashi di sebelah timur, Namba dan Tennoji di sebelah selatan. Tidak hanya itu, kita juga bisa membeli tiket free pass juga di Osaka. Dengan free pass Osaka ini kita bebas berkeliling dengan naik kereta ke tempat-tempat wisata di kota Osaka. Dibandingkan dengan Free Pass kota Tokyo yang mahal (sulit untuk balik modal), free pass Osaka sangat murah. Ada dua jenis Free Pass Osaka: Osaka Amazing Pass dan Osaka One Day Pass

Osaka Amazing Pass (1-hari: 2300 yen, 2-hari: 3000 yen)

Osaka Amazing Pass atau Osaka Unlimited Pass sangat bermanfaat bagi teman-teman yang masih bingung mau jalan-jalan ke mana di Osaka. Perlu dicatat bahwa tiket ini hanya bisa dibeli di Kansai International Airport dan pusat informasi turis di stasiun-stasiun besar. Dengan tiket terusan ini pertama kita mendapat buku panduan tempat wisata menarik di Osaka [LINK PDF], plus dua lembar tiket potongan harga ketika makan di restoran yang terlampir. Dengan Osaka Amazing Pass, kita juga bisa naik kereta non-JR (kereta Hankyu Line, kereta Hanshin Line, kereta Keihan Line, kereta Kintentsu Line, kereta Nankai Line), kereta bawah tanah Osaka Subway dan bus kota sepuasnya tanpa perlu membayar/ membeli tiket. Tidak hanya itu saja, dengan menunjukkan tiket ini kita juga bisa gratis masuk ke beberapa tempat wisata populer di Osaka seperti

Tiket 1 day amazing pass hanya tersedia tiket untuk dewasa, jadi untuk anak-anak harganya sama. Selain itu perjalanan ke Kyoto, Kobe, Nara, dan Kansai International Airport juga jadi murah jika dikombinasikan dengan tiket ini. Lalu ada juga potongan harga ketika makan di restoran tertentu yang tercantum di buku panduan sewaktu membeli. Selengkapnya bisa dicek di homepage berikut.

Osaka Amazing Pass versi 1 hari dijual untuk umum sedangkan yang versi 2 hari (penggunaan untuk hari berurutan) hanya untuk wisatawan internasional dengan visa kunjungan wisata. Start penggunaan dihitung saat penggunaan pertama tiket Osaka Amazing Pass (baik di bus atau kereta), tanggal akan otomatis tercetak jika dimasukkan ke dalam mesin. Untuk versi 1 hari, tiket Osaka Amazing Pass bisa digunakan sampai H+1 pukul 04.59. Misalnya tiket Osaka Amazing Pass mulai digunakan tanggal 1 Januari 2017 pukul 10.00, maka masa berlaku tiket adalah sampai tanggal 2 Januari pukul 04.59. Untuk versi 2 hari, berlaku sampai tanggal 3 Januari pukul 04.59. Tiket ini bisa dibeli di stasiun besar jalur kereta non JR seperti kereta kintetsu dan hanshin, kereta subway Midosuji, Tanimachi, Chuo, dan lainnya. Selain itu teman-teman juga bisa membelinya di Pusat Informasi Wisata di Bandara Kansai.

Free Pass Osaka osaka amazing pass

Foto Osaka Amazing Pass+Free guide book Osaka+2 kupon Tokutoku

Osaka One Day Pass/ Enjoy Eco Card (hari kerja: 800 yen, hari libur: 600 yen)

Tiket ini berlaku untuk satu hari. Dengan tiket ini kita bisa naik kereta subway, tram, dan bus sepuasnya selama satu hari. Selain itu, dengan Osaka One Day Pass atau Enjoy Eco Card, kita juga bisa memperoleh potongan harga tiket masuk di beberapa objek wisata. Tiket untuk anak-anak seharga 300 yen. Tiket ini bisa teman-teman beli atau dapatkan di mesin tiket di stasiun, loket tiket bus, atau langsung di dalam bus.

Beberapa contoh tempat wisata yang mendapat potongan harga jika memiliki Osaka Enjoy Eco Card adalah sebagai berikut:

  1. Kastil Osaka (dari 600 yen menjadi 540 yen).
  2. Kapal Aqualiner musim biasa, dewasa dari 1.700 yen jadi 1.530 yen, anak-anak dari 850 yen jadi 770 yen.
  3. Kapal Aqualiner musim semi, dewasa dari 2.000 yen jadi 1.800 yen, anak-anak dari 1.000 yen jadi 900 yen.
  4. Umeda Sky Building, dewasa dari 1.000 yen menjadi 900 yen, SMP/SMA dari 700 yen jadi 630 yen.
  5. Museum sains Osaka, dewasa dari 600 yen menjadi 480 yen, SMA dan mahasiswa dari 450 yen jadi 360 yen.
  6. Kids Plaza Osaka, dewasa dari 1.400 yen menjadi 1.260 yen, SMP SD dari 800 yen menjadi 720 yen.
  7. Kebun Binatang Tennoji, dari 500 yen menjadi 350 yen.
  8. Menara Tsutenkaku, potongan harga 100 yen.
  9. Kapal Santa Maria, dewasa dari 1.600 yen menjadi 1.000 yen, anak SD ke bawah dari 800 yen menjadi 500 yen.
  10. Bianglala Tempozan di teluk Osaka, dari 800 yen menjadi 700 yen.

Osaka Kaiyu Ticket (2.550 yen)

Tiket ini fungsinya sama dengan Osaka One Day Pass/ Enjoy Eco Card, namun sudah termasuk tiket masuk ke Akuarium Kaiyukan Osaka. Tiket masuk Kaiyukan seharga 2.300 yen (untuk orang dewasa) sudah membuat kita balik modal. Belum lagi tambahan diskon atau potongan harga tiket masuk untuk objek-objek wisata lainnya dan bisa naik subway atau tram sempuasnya. Tiket ini kami sarankan bagi teman-teman yang ingin berkeliling Osaka dan mengunjungi Akuarium Kaiyukan.

Kaiyukan Osaka masuk ke dalam jajaran akuarium terbaik di Jepang. Daya tarik utama dari Kaiyukan adalah hewan-hewan laut yang ada di akurium ini kebanyakan berasal dari Samudera Pasifik, termasuk ikan hiu paus. Selain itu, desain bangunan akuarium yang cantik serta interior dalam yang rapi dan simetris juga memberi kesan unik tersendiri.

Osaka City Subway to Kansai Airport

Tiket diskon ini mengcover seluruh rute subway dan tram di Osaka, termasuk tiket kereta Nankai dari Stasiun Namba sampai ke Bandara Kansai. Harga tiket ini adalah 1.000 yen untuk dewasa dan 500 yen untuk anak-anak. Tiket ini cocok buat teman-teman yang ingin berkeliling wilayah Osaka dan Namba selama satu hari baik setelah mendarat atau sebelum kembali ke Indonesia melalui Bandara Kansai.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel MyStays Sakaisuji-H
from ‎¥5839/night
Claiton Shinosaka Hotel
from ‎¥7193/night
Business Inn Sennichimae
from ‎¥4550/night
Tenma Itoya Guest House
from ‎¥3751/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Dotonbori Street
Suasana di Dotonbori Street Osaka
Kansai Airport
sky view observation kansai
Universal Studios
Universal Studio Japan
Osaka Castle
Osaka Castle dari kejauhan

Sumber gambar: Dokumentasi Tim Info Jepang

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: January 6, 2017

Close Comments

Comments (106)

  1. Halo info jepang..

    Saya berencana bersama keluarga ke osaka tgl 14 april 2017 dan diosaka selama 2 hr.. Saya sudah dapat apartement di osaka dimana berdekatan dgn tsuruhashi station..

    Nah dalam itenary saya.. Rencana kami sekeluarga akan eksplore osaka seperti kaiyukan aquarium, dontonburi, umeda sky biilding dan osaka castle..

    Terus terang saya bingung sekali untuk memilih osaka amazing pass atau kansai troughpass.. Boleh bantu kami, lebih baik kami pilih “pass” yang mana?? Atau ada rekomendasi lain dgn rute seperti yg infokan diatas??

    Makasih bantuannya..

  2. selamat sore pak nugroho, saya tanya apakah osaka one day pass/eco bisa dibeli 2 x bersamaan untuk pemakaian hari pertam dan kedua…? jadi artinya beli 2, hari pertam aktifkan yg pass pertama, kemudian hari kedua aktifkan pass yg kedua.. atau harus beli pada saat pemakaian

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Tentu bisa Pak, silakan perhatikan penjelasan di artikel di atas.
      Osaka Amazing Pass baru dihitung pemakaiannya sejak passnya dipakai pertama kali (dimasukkan ke dalam pintu karcis).
      Asal tidak dimasukkan, tidak kan tercetak tanggalnya, dan bisa dipakai kapan pun.
      Salam

    • michael  |  

      maaf pak bkn osaka amazing pass, tapi osaka one day pass ato yg d sebut Enjoy Eco Pass.. apakah beli skligus 2 tapi pengaktifan per hari bisa..? karena pass ini hanya berlaku 1 hari saja

      kemudian, kira2 dimana pak bisa beli Osaka Visitor Pass, apakah di osaka sendiri bisa beli d stasiun besar..? karena lebih murah harganya.. kalau hanya bisa beli d luar jepang, di indonesia ada gak atau d website jepang atau website lainnya..

      mhn bantuannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Ya, penggunaannya Enjoy Eco Pass sama seperti Osaka Amazing Pass Pak.
      Enjoy Eco Pass hanya dijual di stasiun subway di Osaka saja Pak.
      Salam

  3. Hai Pak, aku mau tanya-tanya soal osaka amazing pass.. Ada tulisan: “Released: Apr 1, 2016 – Mar 31, 2017 Valid: Consecutive two days of your choice between Apr 1, 2016 – Apr 30, 2017”
    Saya rencana akan pergi ke osaka 29-30 april.. Apakah saya harus belu pass nya sebelum 31 maret?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu tidak perlu kuatir, itu pengumuman memang diubah dan diperbarui setiap tahun (antisipasi perubahan harga dan area yang tercover).
      Artinya kalau beli karcisnya 1 April 2016, hanya bisa dipakai dalam kurun 1 tahun+1 bulan.
      Ibu silakan perhatikan lagi berita mengenai Osaka Amazing Pass pada 1 April 2017, informasinya akan diperbarui. Salam

  4. Ive in no way read anything like this just before. So nice to find somebody with some original thoughts on this subject, really thank you for starting this up. this web-site is one thing that’s necessary on the net, someone having a little originality. useful job for bringing some thing new to the web!

    http://horheu.bloguez.com/horheu/6088539/In_Case_You_Have_No_Idea_About_The_Simplest_Way_To_Find_Out_More_About_Web_Design_Examples_Read_This#.V7MbMKIbMXk

  5. Itinerary Japan
    Day 1 : Tiba di Osaka Pagi Explore Osaka
    Day 2 : USJ
    Day 3 : Jalan2 ke Nara Diteruskan ke Kyoto
    Day 4 : Jalan2 kyoto
    Day 5 : Jalan2 Kyoto Diteruskan Bus malam Ke Tokyo
    Day 6 : Tokyo Jalan2
    Day 7 : Tokyo – Gala yuzawa
    Day 8 : Tokyo – Kawaguchi – Kawazu
    Day 9 : Tokyo Jalan2
    Day 10 : Pulang

    Saya Mau Tanya kira2 Saya butuh tiket pass apa saja ya buat mengcover perjalanan saya ? Diluar bus malam ke tokyo.

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Mohon informasinya, tempat wisata apa saja yang mau dikunjungi di Osaka dan Kyoto? Supaya bisa memberikan rekomendasi pass yang lebih tepat. Lalu perjalanan pulang ke Indonesia dari mana Narita atau Haneda? Mohon informasinya yang jelas supaya tidak membuat orang yang lain bingung. Salam

  6. Selamat sore Pak Nugroho,

    Setelah membaca artikel di atas, saya tertarik untuk menggunakan Enjoy Eco Card.
    Dan yang ingin saya tanyakan adalah tempat-tempat wisata apa saja yang bisa mendapatkan discount untuk admission fee nya.

    Terima kasih Pak Nugroho

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kartu free pass Enjoy Eco Card Osaka rata-rata memberi diskon 10%.
      Silakan dilihat di artikel di atas untuk informasi selengkapnya mengenai tempat-tempat wisata yang bisa mendapatkan diskon. Salam

  7. Malam 🙂
    Setelah sebelumnya saya merencanakan osaka kyoto dan tokyo menjadi destinasi saya, kemudian mengambil bbrp pertimbangan utk membuat ittinary cadangan yg hanya berwisata didaerah osaka, kyoto, nara, kobe dan biwako valley.
    Mungkin kasar nya spt ini:
    21 feb 17 Osaka : jam 11 , go to hotel (the park front hotel universal studio) titip luggage, city tour : osaka castle , lunch balik hotel istirahat, mlm explore near hotel
    22. Osaka : usj
    23. Check out park front hotel universal pindah ke pusat kota osaka station
    Planing : Aquarium osaka, malam dontonburi , namba area
    24. One day tour kyoto, nara, kobe
    25. One day tour Biwako valley ski resort
    26. explore osaka (umeda building, tsutenkaku tower, tempozan wheel, bila sempat ke museum sains) cari masjid di osaka , cari apple store ,makan di robot restaurant
    27. Osaka – kansai airport

    Pertanyaan saya :
    Tanpa jr pass, dr kansai menuju the park front hotel universal harus kearah mana? , tgl 23 saya akan membeli osaka kaiyu tiket dan di tgl 26 saya beli amazing pas osaka for 1 day
    Sudah tepatkah pilihan pass saya?
    Atau perlukah saya mengganti jadwal tgl 26 dimajukan ke tgl 24 , jd saya tdk perlu membelu osaka kaiyu ticket, dan membeli tiket aquarium terpisah, sehingga yg saya beli adl amazing osaka tiket 2 day pass

    Terima kasih 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Akses transportasi dari Kansai Airport sampai ke Universal Studios Japan bisa ditemukan di artikel Universal Studios Japan. Kalau Ibu membaca dengan teliti seluruh artikel dalam website ini pasti menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaannya kok, sebab website ini memang dibuat berdasarkan data dan pengalaman memandu orang Indonesia selama bertahun-tahun.
      Untuk hari pertama Ibu bisa membeli JR Kansai Pass versi 1 hari, karena seluruh rute perjalanan di hari pertama tercover oleh Kansai Pass. Lalu, betul seperti yang ibu tulis lebih baik membeli Osaka Amazing Pass versi 2 hari, yang lebih menguntungkan. Hanya perlu diingat, ongkos kereta dari Universal City Station sampai ke Nishikujo adalah jalur kereta JR dan tidak tercover sama sekali oleh Osaka Amazing Pass. Itu saja tambahannya. Salam

  8. Siang pak saya ingin menanyakan begini itin saya
    1. Dari tokyo ke kyoto dengan willer bus. Melanjutkan jalan sekitar pukul 8 ke fushimi inari, kiyomizudera dan gion
    2. Arashiyama bamboo forest, kinkankuji temple, lalu melanjutkan naik shin ke osaka lalu mau cari foto sebentar di malam hari di daerah namba (yang ada bridge dan glico man, lupa namanya)
    3. Menginap di derag namba, osaka castle lalu melanjutkan shopping dan makan di daerah namba dan berencana kembali ke kansai sekitar pukul 2 siang karena ada penerbangan jam 20.00

    Yang ingin ditanyakan untuk itin diatas saya baiknya menggunakan pass apa ya selama di kyoto dan osaka? Terlalu padatkah itin saya? Atau mungkin adakah yg bs dikoreksi? Terimakasih

  9. Yth Pak Nugroho,

    Kalo saya ke osaka naik willer bus beli tiket osaka amazing pass di mana ya ? Misalnya saya hari pertama full di osaka besok pagi nya jam 10 saya sudah harus ke airport apakah saya perlu membeli OAP yang 1 hari atau 2 hari ? Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya,.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa membelinya di Osaka Visitors’ Information Center di lantai 1 Osaka Station SEBERANG Midorino madoguchi (kantor tiket JR warna hijau).
      Osaka Amazing Pass versi 2 hari tidak ada yang mengcover perjalanan ke Kansai Airport. Ibu cukup membeli yang versi 1 hari, dan beli tiket satuan untuk ke Kansai Airport esok harinya. Salam

  10. Malam pak..mohon masukannya berikut itinerary saya
    Day 1 sampai di kansai jam 6 pagi. Sambil nunggu check in apartment ke osaka castle dan keliling osaka..malam dotonburi
    Day 2 USJ
    Day 3 kyoto ( kuil kiyuzimudera,toei studio,nishiki market)
    Day 4 pindah ke tokyo (sambil nunggu ch3ck in jalan2 keliling tokyo (asakusa,ginza,dll)
    Day 5 disneyland
    Day 6 fujiten+danau kawaguchiko
    Day 7 pulang jkt dr narita subuh2

    Pertanyaan say :
    1. Saya sdh hitung sptnya beli JR pass tdk akan balik modal..pass apa yg tepat menurut bapak.
    2. Saya pergi ber9 (2anak usia 5 dan 3) ketika beli tiket kereta apakah anak2 harus beli juga?
    3. Ketika beli tiket osaka-tokyo apakah bs reserved seat jika beli lgsg di stasiun..di stasiun mana yg ada kereta ke tokyo

    Tks atas masukannya pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk hari keempat bisa membeli Tokyo Metro 24-Hours Pass. Untuk anak-anak 6-12 tahun bisa membeli tiket untuk anak-anak yang setengah harga, sedangkan dibawah 6 tahun tidak perlu membayar.
      Untuk shinkansen dari Osaka, bisa dari Shin Osaka Station. Reservasi kursi bisa dilakukan di Kansai Airport langsung atay di pagi hari di hari ketiga saat di Kyoto Station.
      Lebih baik melakukan reservasi di hari sebelumnya mengingat jumlah rombongan ibu cukup banyak. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk di daerah Osaka tidak perlu Ibu. Untuk di Kyoto, bisa pertimbangkan membeli One Day Bus Pass Kyoto.
      Lalu untuk di daerah Tokyo, bisa jadi Tokyo Wide Pass lebih untung.
      Kalau boleh tahu, di Tokyo (hari 4-7) menginap di mana? Lalu penerbangan ke Jakarta dari Narita jam berapa ya Ibu? salam

    • Saya blm booking apartment pak..ada rekomendasi area mungkin yg tidak terlalu mahal dan strategis?
      Dari narita saya flight jam 10.30.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau belum, silakan mencari hotel di daerah Shinjuku, Shibuya, atau Ueno Ibu.
      Yang dekat dengan jalur kereta JR. Dan bisa beli JR Tokyo Wide Pass untuk penggunaan hari kelima sampai ketujuh.
      Salam

  11. dimana saja bisa membeli tiket osaka amazing pass untuk 2 hari? di osaka station bisakah? apakah tiketnya langsung aktif saat pembelian,atau saat pertama dipakai?
    untuk tokyo wide pass bisa dibeli dimana saja? apakah tiketnya juga langsung aktif saat pembelian, atau saat pertama dipakai?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Silakan bisa membeli Osaka Amazing Passdi Tourist Information Center Kansai Airport. Bisa juga di Namba, Umeda, atau Shinsaibashi tapi lokasinya sangat sulit ditemukan karena ada dalam pusat perbelanjaan.
      Tokyo Wide Pass bisa dibeli di stasiun-stasiun besar JR di Tokyo, Haneda Airport, dan Narita Airport.
      Mengenai penggunaan dan masa aktifnya silakan dibaca dengan seksama. Sebab sudah tertulis di masing-masing artikel.
      Salam

  12. ESTHER TAN FANG FANG  |  

    Permisi nanya.hari ke 1 saya tiba di kansai jam 09 pagi trs ke shinsaibashi dotonbori nginap disana.
    Hari ke 2 keliling osaka
    Hari ke 3 ke kyoto

    Sebaiknya beli osaka amazing pass 2 hr atau osaka one day pass dan 1hr osaka amasing pass
    Apakah pass bisa dipakai dari kansai ke shinsaibashi dan dari shinsaibashi ke kyoto

    Tx
    Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa membeli Osaka Amazing Pass versi Kansai Airport (2900 yen) 1 hari yang mengcover ongkos ke kansai airport+osaka amazing pass.
      Kalau membeli yang 2 hari maka tidak mengcover ongkos dari Kansai Airport ke Shinsaibashi Osaka.
      Pass dalam artikel ini hanya bisa digunakan dalam kota Osaka saja, kalau mau ke Kyoto ibu bisa baca Free Pass Kyoto atau tidak pakai pass sama sekali.
      Sebab ongkos dari Osaka ke Kyoto tidak mahal.

  13. selamat siang & salam kenal..
    sy ada jadwal perjalanan sbb:

    hari ke 1 =>
    Osaka half day (nyampe KIX jam 8.25 pagi – willer bus terminal u/titip koper – sumiyoshi taisa – kuromon market – dotonbori – willer bus terminal – Bus malem ke Tokyo)

    hari ke 2 =>
    Tokyo (Shinjuku jam 6 pagi – sensoji temple – meiji jingu – odaiba – shinjuku – shibuya (hacinko statue) – harajuku – akihabara – ikebukuro)

    hari ke 3 => Kyoto bus 1 day pass
    Tokyo – Kyoto (jam 7 ato 8 naik shinkansen nozomi / hikari)
    Kyoto (Kyoto Station jam 10 pagi – kiyomizudera – higashiyama – yasaka shrine – gion – fushimi inari taisa)

    hari ke 4 =>
    Kyoto (arashiyama bamboo groves – tenryuji temple – daikakuji temple – saga toriimoto preserved street – nishiki ichiba)

    hari ke 5 => Kyoto bus 1 day pass
    Kyoto (nijo-jo shrine – kinkakuji – ginkakuji – sanjugendo – kereta ke Osaka)
    Osaka (Osaka station jam 16 ato 17 sore – nippombashi denden town)

    hari ke 6 => Osaka Amazing Pass 1 day
    Osaka (osaka castle – osaka museum of housing & living – tenmagu shrine – shin sekai – umeda sky building)

    hari ke 7 => pulang ke jakarta

    dengan jadwal perjalanan tersebut, perlu beberapa masukan dari mas :

    ** apakah rencana jadwal perjalanan ini terlalu padet? perlu di ringkes lg kah?
    ** hari ke 2 apakah perlu beli tokyo metro pass?
    ** hari ke 4 apakah dari kyoto ke arashiyama bisa pakai bus pass Kyoto? ato lebih safety naik kereta?

    terima kasih mas.

  14. Tks pak Nugroho jelas banget penjelasannya. Noted well. sy akan kontak Yumeyakata d Kyoto nanti. Btw pak..kl malam hari di Tokyo/Osaka/Kyoto dimana sy bisa temukan makanan khas Jepang/kulineran di pinggir jalan?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Apakah memerlukan informasi restoran halal? Mungkin bisa dicek di Restoran dan Makanan Halal di Tokyo.
      Namun jika bisa makan apa saja, ibu bisa makan di restoran-restoran di sekitar stasiun, ada banyak pilihannya jadi tidak perlu kuatir. Salam

  15. Halo pak, kalau itinerary saya di Osaka demikian…
    Hari 1 : dari KIX pagi hari langsung ke Osaka Castle lanjut ke Tennoji area (termasuk Shitennoji-Tsutenkaku-Shin-Sekai) Malamnya ke Dotonburi
    Hari 2 : jalan2 di KITA area (termasuk Umeda Sky Building-Hep Five) lanjut ke Minami area (termasuk Shinsaibashi-Nipponbashi)
    Hari 3 : jalan-jalan di Bay area (termasuk USJ-Kaiyukan-Tempozan)
    Hari 4 : menuju Tokyo, mampir Kyoto (tidak menginap)

    Pertanyaannya :
    1.) Apakah sebaiknya membeli/menggunakan Osaka Amazing Pass? Jika iya, beli yang 1 day atau 2 days? Karena tempat2 wisata yang ingin saya kunjungi termasuk tempat2 wisata free di Osaka Amazing Pass.
    2.) Apakah sebaiknya menggunakan JR Pass atau beli tiket point to point? Untuk transportasi dari KIX menuju Osaka Castle, yang rencananya mau pakai JR line (JR Nanwa Line / Kansai Kuko Line by Super Express -> Tennoji Station -> JR Osaka Loop Line / Inner loop -> Osakajokoen Station) — mengingat ada rute ke Tokyo dan mampir Kyoto

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mungkin bisa ditukar antara hari pertama dan kedua. Ibu silakan membeli yang versi 1 day pass Nankai-Kansai Airport edition (2,900 yen), lalu ke Umeda Sky Building dan HEP FIVE Umeda supaya mendapat potongan harga tiket masuk. Jangan beli yang versi 2 hari sebab tidak mencover ongkos kereta Nankai ke Kansai Airport. Untuk perjalanan ke Osaka Castle, Tennoji, Tsutenkaku Tower dan Shinsaibashi tidak perlu pass jaraknya dekat dan tidak akan balik modal. Salam

    • Dear Pak Nugroho,
      Terimakasih atas sarannya untuk menukar itinerary di hari pertama dan hari kedua, sarannya boleh juga 🙂

      Boleh di share link/informasi tentang 1 day pass nankai-Kansai Airport edition (2,900 yen)? Saya ingin tahu lebih lanjut, transportasi apa saja yang di cover oleh pass tersebut dan benefit potongan harga nya bagaimana juga di mana saja…

      selain 1 day pass nankai-Kansai Airport tadi, apakah saya tetap perlu membeli ICOCA card? jika pakai ICOCA, biaya transportasinya berarti di charge point to point ya pak?

      Untuk hari ke-3, rencananya saya mau ke Bay area. Apakah sebaiknya saya membeli Osaka Amazing 1 day pass untuk hari itu, atau pakai ICOCA saja?

      terimakasih banyak penjelasannya 🙂
      salam…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      One Day Pass Nankai-Kansai Airport edition itu gabungan Osaka Amazing Pass+ongkos kereta Nankai Line dari Kansai Airport.
      Mengingat Osaka Amazing Pass hanya mengcover ongkos kereta di tengah kota Osaka saja. Keuntungannya seperti yang tertulis di artikel di atas.
      Untuk hari ketiga tidak perlu membeli pass, karena tidak ada pass yang sesuai. Lagipula Ibu silakan menghabiskan satu harian di Universal Studios Japan, sayang udah bayar mahal tiket masuknya namun hanya setengah hari. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tempozan bisa dialihkan ke hari pertama, sebab Tempozan buka sampai jam 10 malam, dan memang lebih bagus melihat pemandangan malam di Tempozan. Tapi terserah Ibu, dan bisa didiskusikan dengan keluarga. Salam

  16. Pagi Bapak..saya ingin bertanya beberapa hal mohon penjelasan ya :
    1. Tokyo – Osaka pagi hari dg JR berarti msh ada waktu setengah hari d Osaka sebaiknya sy explore kemana n beli ticket apa? hotel di koshien
    2. Osaka – Kyoto apakah naik kereta JR juga? jk sy ada waktu 1.5 hari di Kyoto explore kemana saja pak sebaiknya n membeli tiket apa? sy ingin jalan2 dg memakai kimono. hotel di New Miyako Kyoto station. ada saran pak?
    tks pak Nugroho..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk jalan-jalan di Kyoto selama 1,5 hari, pertama Ibu bisa ke Kuil Fushimi Inari dulu naik kereta. Lalu dari Fushimi Inari Jinja naik bus minami-5 balik arah ke arah Kyoto Station, turun di halte Tofukuji dan naik bus 207 sampai halte Gion. Bisa juga mampir ke Nishiki Market yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Gion, sambil melihat distrik Gion dan Sungai Kamogawa. Dari halte Shijo Kawaramachi dekat Nishiki Market, bisa naik bus 205 sampai ke Kyoto Imperial Palace (halte Kawaramachi Marutamachi). Kemudian dari halte yang sama bisa naik bus 205 sampai ke Kuil Kinkakuji (halte Kinkakuji-michi). Untuk perjalanan ke Arashiyama, bisa dilakukan di hari kedua. Naik kereta Hankyu, transfer di Katsuta Station untuk ke Arashiyama. Ini lebih baik karena bus menuju ke Arashiyama selalu penuh. Salam dan selamat berlibur di Jepang.

  17. Selamat sore pak,

    Saya kan rencana mau eksplore osaka dan kyoto masing masing 2 hari,

    2 hari pakai amazing pas osaka
    2 hari pakai kyoto bus pass

    Masalahnya saya stay di osaka,untuk hari ke tiga dan ke empat perjalanan dari osaka ke kyoto dan keliling kyoto apa ada pass tambahan selain kyoto bus pass

    Mohon advice

    Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Sebetulnya ada pass yang mengcover ongkos perjalanan dari Osaka (Kyobashi) ke Kyoto dengan Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass. Namun, tidak lewat Kyoto Station sehingga tidak bisa membeli Kyoto Bus Pass. Kalaupun ingin ke Kyoto Station jadinya memutar. Bapak silakan baca dulu objek-objek wisata yang bisa dikunjungi dengan Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass, dan bisa dipakai satu hari, satu hari lainnya dengan kyoto bus pass. Salam

    • Berarti saya bisa kombinasi sightseeing pass sama kyoto bus pass ya pak,jd hari ketiga saya pakai sightseeing pass untuk pergi dari osaka ke kyoto lalu beli bus pass untuk besok harinya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Pak, betul seperti yang bapak katakan, sebab kyoto bus pass harus dibeli di Kyoto Station. Sebetulnya bisa dibeli dalam bus, namun kebanyakan sudah habis dibeli, mengingat ramainya para wisatawan yang jalan-jalan di Kyoto.

  18. Pak, Kalau saya dari Tokyo ke Osaka dengan willer bus, saya akan tiba di stasion apa? dan apakah saya bisa beli Osaka Amazing Ticket di Stasion tersebut?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kamu akan tiba di depan Stasiun Umeda atau Namba. Silahkan pilih Stasiun Umeda sewaktu memesan bus dan nanti bisa jalan kaki ke dalam Stasiun Umeda/ JR Osaka. Salam.

  19. Dear Pak Nugroho, Untuk Osaka amazing Pass, apa bisa di beli di stasiun Osaka? letak/lokasi pembelian/counter ticketnya di sebelah mana ya? Jika saya mau ke USJ, apakah saya perlu beli ticket amazing pass untuk 2 hari?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk detail lokasi pembelian Osaka Amazing Ticket bisa dicek di halaman berikut. Lalu kalau hari kedua, hanya pergi ke Universal Studios Japan dan bermain satu harian di sana, tidak perlu membeli yang versi 2 hari. Sebab Osaka Amazing Pass tidak mengcover ongkos ke Universal Studios Japan. Salam

  20. Dear Admin, Jika rute saya keliling osaka sbb : Osaka Akuarium – Osaka Castle – Giant Ferrish wheel – river cruise, sebaiknya saya beli tiket yg mana? jika saya dari giant ferriswheel dan ingin naik river cruise, saya harus naik apa untuk menuju lokasi river cruise? dan berapa harga river cruise?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa mempertimbangkan membeli Osaka Amazing Pass yang memberikan banyak keuntungan free pass kereta dan potongan harga tiket masuk ke tempat-tempat wisata seperti Osaka Castle, Ferris Wheel Tempozan, dan Aqua Busliner. Salam

  21. Mas, bedanya 1day sm 2days apa ya?
    Yg 2 hari jg ttp bsa mengunjungi tmpt wisata dan kereta trsebut?
    Sama aja brrti 1day sm 2days cm beda lamanya aja ya?
    Thanks mas

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu Meliana. Untuk versi 2 days, ada beberapa jalur kereta subway yang tidak tercover.
      Namun tempat wisata dan potongan harga tetap berlaku. Salam

  22. Siang Mas Nugroho,
    Mau tanya mengenai osaka one day pass
    1. bisa digunakan dari osaka ke bandara kix ya?
    2. masa berlaku nya 24 jam (mis:1 jan jam 10 pagi – 2 jan jam 10 pagi) atau ada hitungan lain?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Samaira.
      Ya perjalanan dari Kansai Airport (KIX) dicover dengan Osaka Amazing Pass ini. Mohon dibaca komentar di atas dengan seksama ya.
      Masa berlakunya satu hari, jadi kalau sudah lewat jam 24 malam, berarti sudah habis.
      Kalau masa berlakunya beda, pasti kami tuliskan dengan 24-hours misalnya.

    • Makasih Mas Nugroho atas respon cepatnya.

      Kalau osaka AMAZING pass, ya saya sudah paham mas.
      pertanyaan saya sih spesifik utk osaka ONE DAY pass. Saya cek di atas belum ada informasi lebih detail terkait pertanyaan saya di atas. Mohon pencerahannya ya mas.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu Samaira. Untuk Osaka One-day unlimited card (Enjoy Eco Card) hanya mencover ongkos kereta subway dan bus kota Osaka dalam 1 hari.
      Jadi perjalanan ke Kansai Airport dengan kereta Nankai tidak tercover, baru dari Stasiun Tenchagaya tercover karena ada stasiun subway Osaka.
      Masa berlakunya juga satu hari dari 05.00 (kereta pertama) sampai sekitar 24.00 (kereta terakhir). Salam

    • Noted mas Nugroho..
      Jika demikian, apabila dalam 1×24 jam saya butuh:
      1. transport utk jalan2 sekitar osaka
      2. transport ke bandara kix
      Apakah ada pass card yang cocok? atau beli eceran?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Osaka Amazing Pass menguntungkan bila dipakai mengunjungi tempat-tempat wisata di atas.
      Namun kalau hanya sempat mengunjungi 2-3 tempat, lebih baik beli tiket satuan. Untuk perjalanan ke Kansai Airport juga bisa beli satuan.
      Salam

  23. Selamat siang,
    Apakah Osaka Amazing pass mengcover kereta dari osaka ke kansai Airport? dimana saya bisa beli osaka amazing pass ini, karna saya dari kyoto ke osaka….

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Yoko, rute Osaka ke KIX dicover dengan Osaka Amazing Pass ini. Kalau kamu di Kyoto, bisa beli di Pusat Informasi Wisata Kansai di (Kyoto Tower Lantai 3), di Bandara KIX, Stasiun Shinsaibashi.

  24. Hai mas nugroho..mau tanya lagi
    Mau ke usj, namba/minami,dintonburi shinsaibashi,den”town,osaka castle,mino park, tenoji park, sumiyoshi taisha, tower tsutenkaku&shinsekai itu perjalanannya ke cover semua ga pake osaka amazing pass??ato cukup osaka 1day pas udh cukup kl ga naik ke towernya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tiket ini bisa dibeli di Narita Airport, Haneda Airport atau beberapa toko elektronik Bic Camera yang ada di Akihabara atau Shinjuku. Lokasi penjualan tiket adalah Tourist information center yang ada di Narita atau Haneda Airport. Untuk Haneda Airport lokasinya berada di terminal Internasional lantai 2 balai ketibaan (arrival lobi), sebelah kiri sebelum pengurusan keiimigrasian. Buka jam 05.30-01.00. Untuk Narita Airport, lokasinya berada di masing-masing terminal 1 dan terminal 2, lantai 1 di balai ketibaan. Buka jam 08.00-20.00 (data sebelumnya pukul 07.00-19.00). Tiket ini hanya disediakan bagi wisatawan asing dan perlu menunjukkan identitas diri berupa paspor saat membelinya.

  25. pagi…

    mau minta pencerahan untuk wisata tokyo osaka 7 hari 🙂

    – Day 1
    Haneda – titip koper di tokyo station – imperial palace – meijishrine – takeshita dori – sensoji temple – ambil koper di tokto station – apartemen daerah akasaka

    – Day 2
    Tsukiji Fish Market – Disneyland

    – Day 3
    Trip ke Osaka by Shinsanken – Apart daerah Momodani – Osaka Sujiyo Bus(rekomen/tidak?) – Osaka Castle – Shintennoji Temple -Tennoji Park – Shinsekai

    – Day 4
    Shinsaibashi – Tombori river Cruise – Dotonbori – Namba Park

    – Day 5
    Universal Studio

    -Day 6
    Land Tour ke Kyoto 1 day – Meeting point Namba

    – Day 7
    Check out apart Momodani – Osaka Kansai Airport

    Yang mau saya tanyakan, untuk transportasi selama di Jepang dengan itinerary seperti diatas, mana yang lebih efisien :

    – Beli Tokyo Metro 24 Jam dan Osaka Amazing Pass
    – Beli SUICA/PASMO
    – atau ada pilihan/saran lain?

    Terima kasih infonya 🙂

    • ellamanda  |  

      SUICA/PASMO apakah mencakup untuk monorail dari Haneda ke Tokyo Station & Rapid ke Osaka Kansai Airport??

      Terima kasih infonya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya kartu Suica atau Pasmo bisa dipakai di kereta monorail Haneda sampai Hamamatsu Station, kemudian kereta rapid dari Osaka sampai Kansai Airport.
      Salam

  26. Selamat sore Pak Nugroho,mohon sarannya.saya tahun depan liburan ke osaka tiba jam 8:30 pagi tgl 22 Juni dan tgl 24 pagi berangkat ke Kyoto, kartu pass apa yang sebaiknya saya gunakan.kami rencana saat tiba di Namba langsung keliling ke Dotonburi sampai jam 2 siang kami langsung cek in hotel yang berada dekat station Taisho,kemudian rencana malamnya kami mau ke Shimsaibasi.Besoknya mau keliling lagi ke osaka Castle dan tempat-tempat wisata lainnya.trimakasih sebelumnya buat petunjuknya..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Mungkin bisa mempertimbangkan membeli Osaka Amazing Pass di atas.
      Baca juga cara penggunaannya, sebab Osaka Amazing Pass ini sangat menguntungkan. Salam

  27. Mas .. mohon saran utk half day in osaka. Rencana tgl 19 des nginep di Hakone 1 mlm trs tgl 20-22 des nginep di Kyoto kemudian lanjut ke osaka. Tgl 22 sore kembali ke tokyo dari Osaka.

    Apakah lebih baik saya naik Osaka Sky Vista Bus atau membeli Osaka Amazing Pass atau Osaka 1 day Free Pass?

    Dan dari Osaka kembali ke Tokyo saya hrs naek kereta apa yg bisa menggunakan JR Pass?

    Mohon sarannya.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Janti, selamat siang.
      Kalau hanya setengah hari di Osaka, rasanya tidak perlu membeli pass apapun, mengingat paling hanya 1-2 tempat wisata saja. Janti bisa naik kereta Shinkansen Hikari dari Stasiun Shin-Osaka sampai Stasiun Tokyo. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Memang libur, tapi semua tempat wisata tetap buka. Namun, konsekuensinya tempat wisata akan lebih padat pengunjung. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa dipakai untuk jalan-jalan ke Namba dan seluruh objek wisata di Osaka (naik Osaka subway, tram, dan bus). Untuk ke KIX tidak tercover oleh Eco Card. Salam/

  28. sore pak nugroho..mohon masukan saya dan teman2 rencana melakukan trip ke jepang, satu hari di osaka, 2 hari di kyoto dan dua hari di tokyo. please advicenya pak, terima kasih banyak.

  29. Siang Pak Nugroho,

    Saya mau tanya ttg pass di jepang.. ini plan saya pak

    Day1 : kansai- osaka + day trip osaka
    Day2 : osaka trip
    Day 3 : osaka – nara pulang pergi ( kintetsu line)
    Day 4 : osaka – kyoto

    bole tolong bantu pak pake pass apa yang paling murah ? saya ber5 pak

    TERIMAKASIH BANYAK

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Yaya bisa membeli tiket Osaka Amazing Pass 1 hari, yang akan sangat murah kalau tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi sama. Namun, jika ingin eksplore ke tempat-tempat lain, cukup beli Osaka One Day Pass 800 yen. Itung-itungan kasarnya, kalau dalam satu hari ingin mengunjungi minimal 3/4 tempat dekat atau 2 tempat berjauhan baru akan untung dengan Osaka One Day Pass. Jika kurang dari itu, misal hanya ingin ke Taman Tempozan dan USJ saja, sebaiknya beli tiket ketengan. Salam.

  30. Sore Pak Nugroho. Mau minta masukannya. saya ada rencana pergi hanya ke Osaka dan Kyoto selama 6 hari 5 malam (3 hari Osaka, 3 hari Kyoto). Di Osaka akan menginap di daerah Shin-Osaka. Untuk kyoto kmungkinan mau cari penginapan dekat kyoto station.
    Baik di Osaka maupun Kyoto, sepertinya saya mau jalan-jalan di dalam kotanya saja.
    Tapi saya ada rencana mau coba naik shinkansen dari Osaka ke Kyoto (karena ini sepertinya tidak terlalu mahal).

    Pertanyaan :
    1. Apakah saya lebih baik membeli 2day Osaka Amazing Pass dan 2pcs Kyoto One day Bus Card atau 1 JR Wide Kansai Pass untuk 5 hari y ?
    Dengan pertimbangan transport Airport Kansai-Shin Osaka, shinkansen Shin Osaka-Kyoto, dan Kyoto-Airport Kansai.

    2. Diatas kan ditulis kalau Osaka Amazing Pass ini hanya dapat dipakai beberapa line kereta. Saat disana, apakah line kereta ini pasti bisa digunakan untuk ke semua tempat wisata yang ada di daftar website ini (https://www.osaka-info.jp/osp/en/facility/free.php) ?

    3. Pas disana, cara saya membedakan kereta yang bisa atau tidak bisa dipakai masing-masing pass bagaimana y ?

    Advice please.. Thanks..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu.
      1. Kalau hanya ingin jalan-jalan di pusat kota Kyoto atau Osaka tidak perlu membeli JR Wide Kansai Pass. Lihat hitung-hitungan cara untung menggunakan JR Wide Kansai Pass berikut. Lagipula banyak jalur kereta yang tidak tercover JR Kansai Wide Pass di kota Osaka dan Kyoto, sehingga perlu beli tiket tambahan seperti yang Ibu telah cari di atas. Lagipula perjalanan Shinkansen Shin-Osaka ke Kyoto hanya 1420 yen, sementara tiket kereta termahal Kansai Airport sampai Shin Osaka 1190 yen, Kyoto-Kansai Airport 1880 yen. Untuk info akses Kyoto/Osaka menuju Kansai Airport silakan baca di Panduan lengkap Kansai Airport
      2. Kalau ibu perhatikan, Tim Info Jepang sudah menuliskan dengan lengkap hitung-hitungan serta akses objek wisata dalam artikel di atas. Mohon dibaca dengan seksama.
      3. Jalur kereta bisa dipastikan saat melewati pintu karcis (lihat papan nama). Selain kereta Hankyu Line, kereta Hanshin Line, kereta Keihan Line, kereta Kintentsu Line, kereta Nankai Line maka ongkosnya tidak tercover.
      Salam

    • Thanks Pak Nugroho untuk responnya yang cepat..
      Ada 1 hal lagi yang lupa saya tanyakan..
      Dengan rencana pergi saya seperti diatas, menurut bapak, apakah saya tetap perlu membeli kartu icoca atau suica ?
      Karena saya tidak tahu benefitnya apa dari kartu ini.

      Thanks

  31. Hai Pak Nugroho, di akhir september ini, saya beserta beberapa teman berencana ke osaka, melalui kansai airport, sampainya sudah sangat sore sekitar jam 4, dan kita berencana 2 malam di osaka,agar hemat kita ambil free pass yg tipe apa ya pak?, yg sudah incl. transportasi ke hotel

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Tim Info Jepang perlu detail perjalanan selama di Jepang, juga alamat hotel di Osaka supaya bisa memberikan informasi free pass yang paling pas. Berikut informasi beberapa free pass di daerah Kansai seperti Kansai Free Pass, Osaka Pass, Kyoto Pass.

  32. Siang Pak Nugroho, rencananya kami mau ada short course di Kyoto University Research Reactor Institute: 2, Asashiro-Nishi, Kumatori-cho, Sennan-gun, Osaka 590-0494

    Bisa minta tolong infokan rute dari Bandara Sakai, kami harus naik apa menuju ke tempat short course tersebut.

    Untuk kegiatan ini, lamanya 2 bulan, bisa infokan juga tempat tinggal yang dekat dengan KURRI atau yang ada akses transportasinya dari tempat tinggal ke KURRI.

    Tempat tinggal bisa asrama, apartment.

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Dari Kansai Airport bisa naik kereta Kansai Airport rapid line sampai ke Kumatori Station.
      Lalu naik bus ke arah Osaka Taiku Daigaku nomor 92 turun di halte bus KURRI.
      2. Maaf untuk pencarian apartemen atau asrama, kami tidak melayani via website karena akan panjang jawabannya dan membingungkan pengunjung yang lain.
      Silakan memanfaatkan layanan tour guide online info jepang (berbayar), atau tanyakan kepada sensei/ professor di KURRI.

  33. hi pak nugroho nanya lagi yah kali ini tentang osaka amazing pass 2 day beli di shin osaka atau osaka station?? dan osaka amazing pass bisa dipake untuk ke kyoto bolak balik pake jalur hankyu atau hanshin?? atau khusus untuk di dalam kota saja?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa Ibu. Osaka Amazing Pass hanya untuk dalam kota Osaka, dan lebih cocok bila dipakai untuk mengelilingi tempat wisata di Osaka. Sebab ada banyak potongan harga yang totalnya bahkan melebihi nominal harganya.
      Kalau mau free pass yang antar kota bisa mengeceknya di informasi kansai pass berikut.

  34. Hi, saya punya rencana 1 day trip ke kyoto, half day trip ke nara & half day trip ke osaka, kalau begitu apakah lebih baik pakai kansai thru pass or cukup pakai osaka day pass & kyoto day pass sja? Please advice

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Rasti. Tim Info Jepang tidak bisa memberikan jawaban detail karena tidak tahu jadwal perjalanan lengkapnya. Hanya kalau lihat dari jadwal kamu tidak perlu membeli Kansai Thru Pass. Kansai Thru Pass untuk 2 hari harganya 4000 yen dan sangat sulit untuk balik modal kalau hanya berkunjung setengah hari dan mengunjungi tempat wisata di tengah kota. Saran Tim Info Jepang lebih baik pakai Osaka Amazing Pass yang punya banyak keuntungan + kyoto One Day Bus Pass.
      Untuk informasi tempat wisata di Kyoto, Osaka, dan Nara bisa dibaca di halaman berikut.
      Salam

  35. kalau saya ingin mengunjungi osaka-kyoto-nara-kobe dalam waktu 6 hari apakah saya cukup menggunakan osaka amazing pass ditambah kyoto pass dan icoca atau suica atau sekalian saja saya menggunakan kansai thru pass ditambah icoca? terutama jika saya ingin ke banyak objek wisata seperti temple2 dan objek wisata lainnya. Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bagaimana jadwal selengkapnya? Kansai Thru Pass harganya cukup mahal dan harus punya strategi khusus supaya bisa untung, dan lebih cocok untuk bepergian ke daerah yang jauh. Kalau hanya dalam kota, cukup pakai osaka pass atau kyoto pass. Untuk info tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi gratis, bisa mengklik link yang tersedia di atas.
      Salam.

  36. Lebih ekonomis mana Osaka 1 day amazing pass dengan Osaka one day pass jika saya Ingin ke objek wisata di osaka superti Osaka castle, Dotonburi, Kuromon market, Temple2, Tsutenkaku? Kartu 1 day amazing pass bisa utk masuk ke objek wisata apa Saja? Semua temple di Osaka bisa masuk gratis Kah? Harga utk anak2 berapa?

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!