Panduan Lengkap Bandara Kansai

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Panduan Lengkap Bandara Kansai

Bandara Internasional Kansai (KIX) adalah salah satu bandara tersibuk di Jepang, setelah Haneda dan Narita. Bandara ini dibangun di pulau buatan (reklamasi) di atas Teluk Osaka dan mulai digunakan sejak tahun 1994, dan menggantikan Bandara Osaka yang sudah terlalu penuh dan tidak dapat dikembangkan lagi karena terkendala masalah lahan di kota. Kini, Bandara Osaka difungsikan sebagai bandara transit atau melayani rute penerbangan domestik saja.

Bandara Kansai (KIX) melayani penerbangan internasional maskapai JAL dan ANA, dan bandara transit bagi mayoritas penerbangan domestik khususnya ke wilayah selatan Jepang. Sudah ada juga penerbangan Jakarta-Kansai dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Jetstar, dan Air Asia. Jika teman-teman ingin ke Osaka atau Kyoto, lebih bagus mengambil penerbangan ke Kansai karena jauh lebih dekat dibandingkan jika dari Tokyo.

Bandara Kansai memiliki dua terminal. Terminal 1, atau terminal utama melayani penerbangan domestik reguler dan internasional. Sementara terminal 2 yang selesai dibangun tahun 2012 melayani rute penerbangan domestik murah atau LCC.

Dari Bandara Kansai, teman-teman bisa ke Osaka, Kyoto, Kobe, dengan kereta api atau bus dari Terminal 1. Lokasi stasiun berada di lantai 2 Terminal 1. Sementara jika menggunakan Terminal 2 (di mana maskapai Peach dan maskapai penerbangan murah lainnya berasa), teman-teman harus ke Terminal 1 baru kemudian naik bus transfer ke Terminal 2.

1. Bagaimana bepergian dari/ ke Bandara Kansai?

Transportasi ke Kyoto

1) Dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka

Langsung, 70 menit, 1600-3500 yen, tersedia 2 kereta per jam
Perjalanan dari Bandara Kansai ke Kyoto dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 70 menit. Biayanya 2.850 yen untuk kursi biasa dan 3.500 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu Icoca (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.600 yen.

2) Dengan kereta cepat JR

1 Transfer, 100 menit, 1.880 yen, ada 4 kereta per jam
Untuk ke Kyoto, teman-teman bisa mengambil kereta cepat JR dari Bandara Kansai, transfer di Stasiun Osaka, kemudian mengambil kereta JR Kyoto. Biaya tiketnya sebesar 1.880 yen, dan memakan waktu 100 menit.

3) Dengan kereta Nankai dan Hankyu

2 transfer, 120 menit, 1600 yen, banyak kereta
Dari Bandara Kansai, ambil kereta ekspress Nankai ke Stasiun Tengachaya (40 menit, harga tiket 920 yen), kemudian berpindah ke Sakaisuji Subway Line dan kereta Hankyu ke pusat Kyoto (60 menit, harga tiket 680 yen). Saat naik kereta Hankyu kita akan berpindah kereta di Stasiun Awaji, Ibaraki Shi, atau Takatsuki, namun masih menggunakan kereta Hankyu (teman-teman tidak perlu membeli tiket lagi).

4) Naik Bus

Di Bandara Kansai tersedia bus ke Stasiun Kyoto. Lama perjalanan adalah 100 menit dengan harga tiket 2.550 yen.

5) Naik Taksi

Karena jaraknya yang jauh dari Kyoto (hampir 40 kilometer), maka Tim Info Jepang tidak menyarankan naik taksi. Biaya taksi sampai ke Kyoto bisa mencapai 20.000-25.000 yen.

Transportasi ke Osaka

1) Dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka
Langsung, 50 menit, 1300-3000 yen, tersedia 2 kereta per jam
Perjalanan dari Bandara Kansai ke Stasiun Shin-Osaka dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 50 menit. Biayanya 2.330 yen untuk kursi biasa dan 3.000 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu ICOCA (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.300 yen. Ingat kereta limited ekspress JR Haruka tidak berhenti di stasiun Osaka, namun stasiun Shinkansen Shin-Osaka.

2) Dengan kereta cepat JR
Langsung, 70 menit, 1.190 yen, 3 kereta per jam
Jalur kereta JR sama dengan JR Haruka, teman-teman bisa mengambil kereta cepat JR dari Bandara Kansai, dan turun di Stasiun Shin-Osaka. Biaya tiketnya sebesar 1.190 yen, dan memakan waktu 70 menit. Dari Stasiun Shin-Osaka (yang juga dilalui kereta Shinkansen dari Tokyo dan Kyoto), kita tinggal naik kereta JR Kyoto Line selama 4-5 menit dengan ongkos 190 yen.

3) Dengan kereta Nankai
Langsung, 45 menit, 1600 yen, banyak kereta
Dari Bandara Kansai, ambil kereta Nankai Airport Express sampai ke Stasiun Namba (45 menit, harga tiket 920 yen). Dari Namba, tinggal naik kereta subway Midosuji Line dan turun di Stasiun Subway Umeda. Lama perjalanan sekitar 8 menit dengan ongkos 240 yen. Ada tiket FREE PASS Chikatoku kereta Nankai dari Kansai Airport sampai ke Namba+free pass 1 hari kereta subway kota Osaka seharga 1000 yen. Lumayan bisa menghemat 160 yen per orang jika naik kereta Nankai sampai ke Umeda Station.

4) Naik Bus

Di Bandara Kansai tersedia bus ke pusat kota Osaka dan berakhir di Stasiun Osaka. Lama perjalanan adalah 60 menit dengan harga tiket 1.550 yen.

5) Naik Taksi

Karena jaraknya yang jauh dari Osaka (hampir 20 kilometer), maka Tim Info Jepang tidak menyarankan naik taksi. Biaya taksi sampai ke Kyoto bisa mencapai 10.000-15.000 yen.

Transportasi ke Kobe

1) Dengan menggunakan kereta JR Kansai Airport
Transit 1 kali, 100-110 menit, 1710 yen (gratis dengan menggunakan JR Pass)
Dari Bandara Kansai kita bisa naik kereta JR Kansai Airport sampai Stasiun Osaka. Lama perjalanan sekitar 70 menit. Di Stasiun Osaka, kita berpindah naik kereta JR Kobe Line sampai Stasiun Kobe. Harga total tiketnya 1.710 yen dan masuk ke dalam cakupan Japan Rail Pass.

2) Dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka
Transit 2 kali, 80 menit, 2680-3960 yen, tersedia 4 kereta per jam
Perjalanan dari Bandara Kansai ke Stasiun Shin-Osakaengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 50 menit. Dari Stasiun Shin-Osaka, kita berpindah naik kereta JR Rapid for Himeji sampai Stasiun Kobe melalui Stasiun Osaka.  Total ongkosnya 2.680 yen untuk kursi biasa dan 3.960 yen untuk kursi pesanan (green car).

2. Catatan penting mengenai Bandara Kansai

Oiya, ini salah satu catatan penting mengenai Bandara Kansai. Bandara ini memang beroperasi 24 jam, namun akses/ transportasi ke Osaka atau Kyoto di malam hari amat terbatas. Kereta terakhir ke Namba (selatan Osaka) berangkat pukul 23.40 yakni dengan kereta lokal Nankai atau bila menggunakan kereta cepat JR pukul 23.09 dan 23.32. Sementara itu, kereta terakhir ke Kyoto dan Shin-Osaka berangkat pukul 23.00.

Teman-teman yang tiba di Kansai dengan penerbangan pagi hari (sebelum 08:00) atau penerbangan malam (setelah pukul 23:00) hanya bisa menggunakan bus malam atau bus pagi dari/ ke Stasiun Osaka yang berangkat setiap jam. Hanya bus ini satu-satunya transportasi murah ke Osaka. Bisa juga naik taksi, hanya harganya mahal sekali (20.000-25.000 yen), dan tidak kami sarankan.

Berikut ini jadwal bus malam yang beroperasi dari Bandara Kansai:

Berikut ini jadwal bus pagi yang beroperasi ke Bandara Kansai:

3. Hotel di sekitar Bandara Kansai

Jika membawa anak kecil dan agak kerepotan, teman-teman bisa menginap di Hotel Nikko Kansai yang terhubung langsung dengan skyway ke Terminal 1. Atau ke Hotel Kansai Washington, City Hotel Air Port in Prince, Kansai Airport First Hotel dan Hotel Star Gate di sekitar Rinku Premium Outlet (dengan naik taksi 1.500-2.000 yen).

4. Tempat wisata di sekitar Bandara Kansai

1. Berbelanja di Rinku Premium Outlet

Rinku Premium Outlet yang hanya berbeda satu stasiun dari Airport mungkin jadi salah satu tempat perbelanjaan yang tak boleh dilewatkan kalau teman-teman tiba dari Kansai International Airport. Dengan banyaknya ragam toko yang menjual busana wanita, setelan pria, dan anak-anak dalam harga terjangkau Rinku Premium Outlet selalu ramai dikunjungi penduduk lokal dan wisatawan mancanegara.

Berbelanja di Rinku Premium Outlet

Rinku Premium Outlet terletak di dekat Rinku Town Station dari JR Nankai Line yang menghubungkan kota Osaka dan Nara dengan Kansai International Airport. Kita bisa naik bus antar jemput yang datang tiap 20 menit dari Rinku Town Station menuju ke Rinku Premium Outlet dengan ongkos 100 Yen.

2. Melihat kesibukan bandara dari Sky View Observation Hall

Bandara Kansai memiliki menara observasi yang dibuka untuk umum. Namanya Sky View Observation Hall. Dari sini, teman-teman bisa melihat kesibukan bandara dan juga pesawat yang berangkat dan mendarat, sekaligus desain bangunan Terminal 1 bandara yang memukau. Untuk ke menara observasi ini, tersedia bus gratis dari Terminal 1 atau dari Rinku Premium Outlet.

sky view observation kansai

5. Membeli oleh-oleh di Bandara Kansai

Buat teman-teman yang akan kembali ke Indonesia dari Bandara Kansai dan tidak sempat membeli oleh-oleh, tenang saja. Bandara Kansai punya lebih dari cukup toko oleh-oleh bagi kita yang berburu dengan waktu keberangkatan pesawat. Beberapa sovenir/ oleh-oleh khas Jepang sudah kami rangkum beserta dengan toko atau tempat untuk membelinya.

  • Kitkat (termasuk rasa favorit, Matcha), bisa dibeli di ANA FESTA (Terminal 1, Lantai 2) atau di  BLUE SKY (Terminal 1).
  • Pocky (termasuk rasa Matcha, Shinshu Kyoho, dan Yubari Melon), bisa teman-teman beli di NAGOMI (Terminal 1).
  • Coklat Shiroi Koibito, coklat khas yang sangat enak dari wilayah Hokkaido (sangat cocok buat para penggemar coklat), bisa dibeli di ANA FESTA (Terminal 1, Lantai 2) atau di  BLUE SKY (Terminal 1).
  • Coklat Royce, coklat terkenal dari Sapporo (sangat cocok buat para penggemar coklat), bisa dibeli di ANA FESTA (Terminal 1, Lantai 2), BLUE SKY (Terminal 1), Applause (Terminal 2), dan IODORI (Terminal 2),
  • Dorayaki, kue lembut dengan isi pasta kacang merah yang terkenal karena merupakan makanan favorit Doraemon. Teman-teman bisa membelinya di Kichoan, MIYABI, dan YOROZU yang ada di Terminal 1, Lantai 3.
  • Buat teman-teman yang bingung dan ingin menghemat bisa mampir ke Toko 100-yen Daiso yang menjual aneka barang seperti makanan, aksesoris, kosmetik, dan juga alat tulis semuanya HANYA 100 yen.

Sumber gambar: Flickr Kentaro IEMOTO, Anadem Chung, lasta29

Recommended for you

Last modified: November 9, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (79)

  1. Selamat siang infojepan.net terimakasih untuk infonya, tapi apakah boleh saya bertanya saya agak kesulitan untuk transportasi menuju stasiun kecil Nagaoka Kyo Station dari Kansai Airport, bisakah saya mendapatkan informasi harus menggunakan kereta apa saja, dan juga untuk proses pembelian tiketnya, kebetulan saya sudah punya kartu ICOCA tapi mungkin tinggal sedikit saldonya. Terimakasih Banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Dari Kansai Airport, bapak bisa naik kereta rapid JR sampai Osaka Station. Dari Osaka Station pindah ke JR Tokaido line sampai ke Nagaokakyo Station. Jika nanti saldo ICOCA kurang, bisa ditopup di pintu keluar Nagaokakyo. Salam.

    • Terimakasih untuk Infonya, kalau Rapid JR saya sudah pernah tapi kalau JR Tokaido Line kok saya baru dengar ya, apakah ini termasuk jenis kereta biasa atau seperti Haruka? terimakasih, adakah artikel untuk panduan mengisi saldo ICOCA dan juga panduan pembelian tiket menggunakan kartu ICOCA, soalnya saya sudah agak lupa. Terimakasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. JR Tokaido Line adalah kereta lokal yang menghubungkan Osaka dan Kyoto dan Shiga.
      Untuk panduan top up kartu, bisa dicek di panduan suica/pasmo. Meskipun layarnya tidak sama persis,namun langkah-langkahnya sama.

  2. Pak Nugroho, saya rencana sampai di kansai airport tgl 2 des jam 9 malam. saya datang ber-4 dan ada 1 anak kecil usia 2 thn. kalau naik Nankai Train dengan koper besar2 apakah akan menyulitkan ya? Berhubung kami cewek semua…
    Kalau mau pesan taxi / airport transfer on the spot di airport apakah bisa, atau lebih baik booking dulu?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Ester. Jika memang ingin menghemat biaya naik kereta Nankai tidak masalah, sebab banyak juga turis yang membawa koper besar-besar di dalam kereta. Jika mau naik taksi, bisa langsung dari bandara tidak perlu booking. Namun biayanya bisa sampai 4.000 yen plus biaya tambahan karena sudah malam hari. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Ibu, ingat plus-plus nya itu kami tidak tahu Ibu, sebab selama ini belum pernah ada pengalaman naik taksi sampai ke Osaka dari Kansai Airport.
      Kalau menurut TaxiFareFinder, ongkosnya bisa sampai 14.000 yen. Salam

  3. Dear Pak Nugroho, mau bertanya. Sy tiba di Kansai pagi 24 April jam 8.25 kemudian menginap 2 hari di Hotel Sobial Osaka. Jika ada saran , tujuan wisata yang bias dikunjungi kemana saja.
    Mohon info alternative kereta. Perjalanan 23 April (JKT) – 26 April kembali ke Jakarta
    Thank you banyak Pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Pak Triana, untuk objek wisata di Osaka bapak bisa baca Objek Wisata di Osaka satu lagi mungkin bapak bisa ke Kyoto (hanya 30 menit perjalanan naik kereta dari Osaka), bisa dibaca di Wisata di Kyoto. Maksud alternatif kereta bagaimana ya pak? Bapak bisa langsung membaca di objek wisata di atas untuk aksesnya. Salam.

  4. Andrea Yolan Tamara  |  

    Halo, malam. Saya dengan Andrea, ingin meminta saran. Saya dan keluarga (total 5 org) sampai di Osaka terminal 1 pukul 21.15, hotel saya di fukushima. Kira2 alternatif transport apa saja yang dapat saya ambil? Kalau JR pukul berapa dan kalau Bus, Bus apa & pukul berapa ya? Mohon infonya ya. Terimakasih 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Andrea. Bisa naik kereta cepat JR dari Kansai Airport sampai ke Fukushima Station (tidak perlu ganti-ganti kereta).
      Kereta terakhir dari Kansai Airport adalah jam 23.32 dan sampai pukul 00.31 di Fukushima Station. Ongkos keretanya 1.190 yen. Salam

  5. Selamat malam pak
    Saya posisi di dekat stasiun Yasu..dan akan ke indonesia tanggal 11 november dengan pesawat malaysia airlines.Berangkat jam 11.oo AM
    Mohon dibantu solusinya untuk saya berangkat pakai kereta apa dan jam berapa dari stasiun Yasu,

    Salam dari Ahmad

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Berangkatnya dari Airport mana Pak? Apakah Kansai Airport?
      Bapak bisa naik kereta ekspress JR Tokaido Line pukul 06.40 sampai ke Osaka Station, lalu pindah ke JR Osaka Loop Line sampai ke Shin Imamiya Station.
      Kemudian naik kereta Nankai Airport Ekspress langsung sampai Kansai Airport pukul 09.05.
      Salam

  6. Selamat sore admin, saya mau menanyakan apakah bisa kansai thrupass (surutto) dipakai sejak landing di itami airport untuk menuju ke kansai airport lalu ke kyoto station? Terima Kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Pak, Kansai Through Pass mencover seluruh ongkos perjalanan dari Itami sampai Kansai Aiport. Tapi perlu diingat bapak jangan naik kereta JR karena tidak tercover. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ada bus langsung dari Itami ke Kansai, atau kereta Hankyu dari Itami-Umeda, lalu pindah ke Namba dan naik kereta Nankai dari Namba-Kansai. Salam.

  7. Salam kenal Pak Nugroho,
    Saya ada rencana untuk pergi ke Jepang selama 6 hari di tanggal 15 April –19 April (19 Sept kembali ke Jkt) dan dengan rute saya:
    Day 1 : Arrive in Osaka (KIX)
    Day 2 : Osaka – Universal Studio Japan
    Day 3 : Osaka – Tokyo (Shinkansen) (Ginza, Shinjuku, MT Fuji, Gotemba)
    Day 4 : Tokyo – Tokyo Disneyland
    Day 5 : Tokyo – Osaka (Shinkansen) (Dotonburi, Sinshaibasi)
    Day 6 : Osaka Kembali Ke Jkt (via KIX

    Apakah ada alternatif selain memakai JR Pass? Atau memang termudah memakai JR Pass? Kemudian selain JR Pass tiket yang sebaiknya di beli untuk transport lain apa lagi ya, Pak? Apakah lebih baik memakai one day pass di setiap kota atau memakai prepaid card seperti Suica atau ICOCA?
    Terima kasih atas bantuan dan penjelasannya, Pak.
    Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Kalau melihat jadwal liburan Bapak, sepertinya menggunakan JR Pass untuk shinkansen sudah pas karena ada PP Osaka-Tokyo (minimal sudah balik modal). Sebetulnya bisa naik bus malam, tapi tentu akan makan banyak waktu, sementara waktu liburan bapak cukup pendek. Terus cukup menggunakan ICOCA atau membeli tiket satuan, tidak perlu membeli one day pass. Sebab yang dikunjungi hanya sedikit, jauh lebih hemat membeli tiket satuan. Salam

  8. halo, transportasi apa aja yg bisa digunakan dari Kansai Airport ke Nagoya?
    saya msh mempertimbangkan apakah akan menginap di Nagoya atau Gifu saat winter, manakah yg lebih mudah transportasi & kenyamanan antara Gifu dg Nagoya?
    thanks

    • terima kasih atas infonya…
      apa itu alternatif transportasi termurah? apa ada pilihan lain?
      apa ada pass card yg bisa mencover transportasi dari Kansai Airport ke Nagoya, dan keliling Nagoya dalam 2 hari?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bagaimana dengan jadwal Bapak selama di Jepang? Apakah kembali via Kansai Airport juga?
      Kalau ingin yang lebih murah bisa mencoba bus malam.
      Salam

    • rencana cuma mengunjungi wilayah Chubu (Nagoya, Gifu, Shirakawa-go & Gujo) dan Kansai (Osaka, Kyoto, Nara dan mungkin ke Himeji) selama 9 hari saat winter.
      iya, tiket pp dari/ke Kansai Airport

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu lebih baik Bapak pakai bus malam dan kombinasikan dengan tiket Kintetsu Free Pass untuk 5 hari yang mencover perjalanan kereta lokal antara Nagoya, Kyoto, Nara dan Osaka.
      Salam

  9. saya ingin tanya kalo saya dari kansai tujuan nya nginep di park front..hari pertama mao ke kaiyukan .. osaka castle dan shinsaibasi..hari kedua full di usj..lalu hari ke tiga pindah ke tokyo… saya lebih baik beli osaka pass atau jr pass..thanks pak

    • christian  |  

      tiba di kansai dan pulang dari haneda. apakah ada no wa yg bisa dihubungi saya bingung karena sabtu ini sudah mao brangkat. trims responnya

    • christian  |  

      jadi dari kansai ke hotel park front univetsal…saya tinggal beli icoca?.. lalu icoca nya apakah bisa dipakai di tokyo?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya pak bisa pakai ICOCA. ICOCA juga bisa dipakai di Tokyo.
      Bapak rencananya berapa lama di Osaka/Kansai? silakan baca link di atas supaya bisa tahu mana free pass yang bisa dipakai untuk menghemat biaya perjalanan. Sebab tiket dari Kansai Airport ke Osaka saja sudah 1000 yen. Salam.

    • christian  |  

      jadi kalo hari pertama di osaka dari kansai untuk ke osaka dan keliling kota osaka.. pakai pass apa yg termurah

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau jadwal hari pertama tidak berubah seperti yang diatas, maka cukup menggunakan ICOCA saja. Bapak tidak usah bingung mau pakai pass apa.. Kalau cuma mengunjungi 3/4 tempat wisata dalam sehari, tidak perlu free pass.
      Salam

  10. Selamat mlm …mau nanya, tgl 3 october sy berdua dgn anak sy sampai di kix jam 8.10 malam karena mau nunggu rombongan adek saya yang datang pesawatnya jam 8 pagi,rencana saya mau menginap di bandara saja, kalo menginap di ruang tunggu di airportnya bisa tidak? Atau airport lounge itu bisa untuk menginap tidak bayarnya berapa? Dan kalo Refresh square bisa untuk menginap tidak bayarnya berapa? Oiya saya backpacker . Trima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Any. Tim Infojepang memang selalu menjadi sahabat para backpacker yang ke Jepang.
      Berikut petikan dari halaman Tips Backpacker di Kansai Airport berdasarkan pengalaman backpacker Tim Infojepang:
      Bagi yang tidak sempat naik kereta atau bus ke kota Osaka atau Kyoto bisa menginap di Kansai Airport. Kansai Airport memang terkenal dengan keramahannya bagi para backpacker, di mana tersedia banyak tempat duduk yang bisa digunakan untuk rebahan tidur malam. Selain itu, banyak minimarket yang buka 24 jam menyediakan makanan ringan atau minuman. Tersedia juga banyak soket listrik untuk mengisi daya peralatan listrik, pula toilet yang bersih. Informasi tentang shower atau ruangan sholat juga bisa dicek di halaman berikut.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Afinda. Kalau memang ada perjalanan PP dan niat menggunakan shinkansen, bisa mempertimbangkan untuk membeli JR Pass. Itu karena ongkos shinkansen Osaka Tokyo adalah 13620 yen untuk sekali jalan.
      Salam

  11. halo min, mau nanya, saya rencana april 2017 akhir tanggal 25 mau ke jepang, kalo mau hanami yang lagi bagus-bagusnya tanggal segitu dimana ya? terima kasih min.

    • untuk akses dari osaka ke sapporo naik apa ya min? trus estimasi harganya berapa kira-kira? terima kasih udah jawab min

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Firdaus,
      Bisa naik pesawat atau juga Shinkansen dengan rute Shin Osaka-Tokyo-Hakodate-Sapporo (sekitar 9 jam perjalanan). Apa harus banget melihat bunga sakura? Rasanya tidak sebanding perjalanan kamu dengan melihat bunga sakura di Sapporo (buang-buang uang dan waktu). Kalau boleh saran, kalau masih bisa mengubah rencana liburan jadi awal April, kamu bisa melihat bunga sakura mekar (hanami) di Osaka. Tapi kalau sudah tidak bisa, ya mungkin bisa diganti dengan mengunjungi objek wisata lain saja. Kalau dipaksakan, malahan liburannya tidak seru dan capek sendiri.
      Salam.

    • waduh, saya udah terlanjur beli tiket pesawatnya akhir april min hehe. jadi mungkin objek wisatanya yang saya ganti. terima kasih min atas infonya, sangat membantu.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa dibeli di mesin-mesin penjual otomatis di stasiun besar atau di Kansai Airport Station.
      Cara pembuatannya sama seperti kartu Suica/ Pasmo di Tokyo.
      Penjelasan tata cara pembuatan kartu di mesin penjual otomatis bisa dibaca di halaman berikut.
      Salam

  12. Siang,.. Pak saya mau bertanya transportasi menuju Bandara Kansai.
    Di atas disebutkan bus pagi jam 6.03.
    Pertanyaan nya adalah:
    Apakah bus tersebut hanya ada di Namba Station ?
    Berapa lama sekali bus tersebut tiba?
    Atau ada alternatif lain menuju bandara kansai?

    Terima kasih sebelumnya Pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Itu adalah bus paling pagi yang menuju ke Kansai Airport sebagai gambaran bahwa tidak bisa sampai di Kansai Aiport pagi-pagi. Alternatif lain bisa menggunakan kereta Nankai, kereta lokal JR, atau kereta ekspress Haruka.
      Salam

  13. malem, saya april 2017 nekat solo backpacker ke jepang,,, dan tujuan utama saya adalah wisata alam jepang,
    1. lokasi alam mana saja yang recommended?
    2. enaknya landing dimana? narita, haneda, apa osaka?
    terima kasih infonya…

  14. Kami ber3 perempuan semua.mau jln2 ke Kyoto 4 hari dan Osaka 1hari.enaknya beli JR atau bus?pulang ke jkt dari Osaka.terbang pk.11pagi..baiknya dari Osaka pake apa?di Osaka di Ookini Hotel Apartmnt.

  15. Kartini Rahmatillaj  |  

    Kami ada acara di Kobe art center. Kebetulan kamo berempat dg anak 2 org. Bisa rekomendasikan tempat tempat menarik yg bisa kami datangi. Kami masuk dari kansai airport.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Kartini. Berikut beberapa tempat wisata di Kobe, Osaka, Kyoto, Nara yang banyak dikunjungi orang Indonesia (kota-kota ini satu arah dari Kansai Airport menuju Kobe)
      Bisa dibaca-baca.
      Salam

  16. Mohon info :
    Dari Kansai airport ke brighton hotel kitahama menggunakan transportasi apa ya?
    Kemudian saya sudah pegang JR West utk perjalanan ke Nara, Kyoto dan Kobe,apakah JR West tersebut lebih baik digunakan keluar osaka tersebut atau saya pakai dari airport ke hotel?

    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari bandara Kansai bisa naik kereta Nankai sampai Stasiun Tengachaya (920 yen) lalu pindah ke kereta subway Sakaisuji sampai di Stasiun Kitahama. Hotelnya sekitar 200 meter di sisi selatan stasiun pak.

      Salam dan selamat datang di Jepang!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mengenai tiket JR West, kami tidak bisa memberikan informasi detail sebab tidak tahu bagaimana plan Bapak selama liburan di Kansai, kapan sampainya dan tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Hanya perjalanan dari Kansai Airport sampai ke Tengachaya ongkosnya 920 yen. Bisa Bapak bandingkan dengan ongkos kereta yang lainnya.
      Salam

  17. Pak saya mau nanya klo dri kansai ke kobe transportasi apa yg paling murah? Kemudian klo saya mau ke nishinomiya lanjut naik transport apa? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Paling murah bisa naik kereta Nankai sampai Stasiun Shinimamiya lalu berpindah ke kereta Osaka Loop Line sampai Stasiun Osaka. Harganya 920 yen. Dari Stasiun Osaka lalu lanjut naik kereta JR Kobe Line sampai Stasiun Kobe. Harganya 710 yen. Jadi total 1.630 yen.
      Ada lagi yang lebih mahal dikit, namun hanya 1 kali transit, bisa naik kereta Kansai Airport sampai Stasiun Osaka, lalu lanjut naik kereta JR Kobe Line sampai Stasiun Kobe. Tiketnya seharga 1.710 yen.

      Salam dan selamat datang di Jepang! 🙂

  18. Hi. Nugroho Christian! Saya mempunyai jadwal untuk pindah pindah pindah kota dengan menggunakan 7 days jr pass. Yang diaktifkan mulai dari kyoto. Adapun kota yang ingin dijangkau sesudah dari kyoto adalah kanazawa, toyama, nagano, akita, aomori, hakodate(hokkaido). Apakah Jr pass bisa digunakan di semua kota di atas. Bagaimana menyusun itenary agar kesemua kota tersebut bisa tercover dalam 7 hari(berakhir di hakodate). Apakah jr pass masih bisa digunakan untuk berpindah dari hakodate ke sapporo? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      JR Pass bisa dipakai di semua jalur kota JR di seluruh Jepang (unlimited usage), selama di jalur kereta JR dan beberapa jalur kereta privat lainnya dari ujung selatan Jepang (kumamoto) hingga di utara Jepang (hokkaido). Info lengkapnya bisa dibaca di sini.
      Untuk pengaturan itinerary, nani bisa langsung menghubungi kami di Tour Guide Online ke nomor WA 0818.221.505

      Salam dan selamat liburan!

  19. samsun soesilo ( Thomas )  |  

    pak mau tanya satu hal lagi bila tiba di kansai tengah malam jam. 24.15 lalu kita harus tunggu sampai pagi jam.06.00 itu kalau kita mau tunggu di sekitar area bandara sebaiknya dimana pak?? supaya nyaman dan di lantai berapa kita harus menunggu terimakasih

  20. samsun soesilo ( Thomas )  |  

    pak mohon informasinya kalau kita nginap di Guest House SAIKA alamat : Saikamachi 62 ,Wakayama 6408108 Jepang itu kalau dari bandara kansai naik taksi kira kira berapa uang tks

  21. Saya beserta istri dan 2 anak rencana tiba di kansai airport pukul 21.30 malam. Setelah ambil bagasi dan imigrasi kemungkinan keluar airport 22.30 sd 23.00 apakah masih sempat naik kereta ke OSAKA? Hotel saya di sekitar Shinsaibashi.
    Mohon infonya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak Ivan, kereta JR Kansai Airport yang terakhir adalah 23.09 atau dan 23.32 sampai stasiun Osaka. Dari stasiun Osaka bapak bisa naik kereta subway Midosuji Line sampai ke Shinsaibashi.
      Salam.

    • Thanks pak. Subway Midosuji Line tutup jam berapa kalau malam pak? Kalau naik taxi dari stasiun Osaka apa jauh ke Shinsaibashi? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kereta Midosuji Line dari Osaka ke Shinsaibashi terakhir jam 23.57, jadi mungkin sudah tidak terkejar lagi.
      Jarak Osaka ke Shinsaibashi sekitar 3 kilometer pak, kalau naik taksi ongkosnya sekitar 2000 yen.
      Salam.

    • Pak Nugroho,

      Berapa kali kita naik kereta dari kansai ke osakako station?
      Untuk perjalanan pertama saya dengan family ( istri, 3 anak umur 12/9/6) apakah aman untuk mencari apartment yang telah kami booking di dekat osakako station.
      Dari kansai sekitar jam 7 malam dan sampai di osakako station jam 8 malam.
      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Bandara Kansai, bapak Herry bisa naik kereta JR Kansai Airport Rapid Service sampai di Stasiun Bentencho (ongkosnya 1190 yen). Keretanya ada sekitar jam 19.12 pak. Sampai di Bentencho, bapak pindah kereta subway Chuo Line sampai Stasiun Osakako (ongkosnya 240 yen). Lama perjalanan sekitar 1 jam 15 menit pak.

      Kereta di Jepang aman kok pak.

      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ada lagi satu pilihan dengan naik bus sampai ke Taman Tempozan di utara stasiun Osakako, bapak kemudian bisa jalan kaki menuju ke hotelnya.
      Kalau naik bus, tidak perlu ganti-ganti kereta, namun waktunya tidak sebebas naik kereta, karena hanya tersedia 1/2 bus tiap jamnya.
      Ongkosya sebesar 1550 yen atau lebih mahal 120 yen dibanding dengan kereta di atas.
      Jika ada pertanyaan lain, bisa ditanyakan di sini.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Kansai Airport yang paling murah adalah naik kereta Nankai Airport Express. Dari Bandara Kansai, ambil kereta Nankai sampai ke Stasiun Namba (45 menit, harga tiket 920 yen). Dari Namba, tinggal naik kereta subway Midosuji Line dan turun di Stasiun Subway Umeda. Lama perjalanan sekitar 8 menit dengan ongkos 240 yen. Total 1160 yen
      Untuk melihat gunung Fuji stasiun terdekat adalah Kawaguchiko Station. Dari Shin-Osaka bisa naik Shinkansen sampai Shin Yokohama Station, pindah ke JR Sagamihara Line sampai Hachioji, dan lanjut ke JR Chuo Line sampai Otsuki Station, terakhir naik Fuji Kyuko Line sampai ke Kawaguchiko Station. Jika bapak punya JR Pass semua daerah tercover JR Pass. Jika tidak punya, Tim Info Jepang bisa membantu membuat jadwal perjalanan yang lebih murah. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa ibu, namun kami tidak melayani pembuatan melalui komentar karena akan sangat panjang dan membingungkan bagi para pembaca lainnya. Ibu bisa menggunakan layanan Tour Guide Online di nomor 0818.221.505 (Patrick), yang siap membantu menyusun itinerary dan menemani ibu dan keluarga selama di Jepang. Salam:)

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan