Free Pass Kyoto

You are here Home  > Center Town, Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Free Pass Kyoto

Ada begitu banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi di Kyoto, mulai dari taman dan kuil-kuil bersejarahnya yang ada di lebih dari 1000 tempat. Tapi dibandingkan dengan kota Tokyo yang aksesnya mudah dengan kereta atau subway, lebih dari setengah tempat wisata di Kyoto hanya bisa dikunjungi oleh transportasi umum seperti bus. Jika dipaksakan naik kereta maka jarak perjalanan sampai ke tempat wisata akan sangat jauh sehingga sangat menguras tenaga. Informasi mengenai transportasi umum di kota Kyoto ini yang paling banyak ditanyakan via Tour Guide Online Info Jepang. Kali ini kami sudah merangkum 5 free pass Kyoto yang sangat bermanfaat dalam liburan di Kyoto. Selain mendapatkan keuntungan berupa potongan harga, perjalanan juga akan jadi praktis tidak perlu membayar sana-sini dengan free pass Kyoto dalam genggaman.

1. Kyoto Sightseeing Card (One Day: 1200 Yen, Two Days : 2000 Yen)

Kita bisa naik bus kota Kyoto dan 2 kereta subway (Karasuma Line dan Tozai Line) dengan cuma-cuma menggunakan Free Pass Kyoto ini. Bisa dibeli di mesin penjual tiket di seluruh stasiun subway kota Kyoto, pusat informasi bus kota Kyoto, atau di beberapa hotel terkenal di Kyoto. Tiket Kyoto Sightseeing Card ini telah mencakup juga Kyoto One Day Bus Card nomor 2.

Saran dari Tim Info Jepang: Tidak perlu membeli free pass Kyoto ini karena harganya yang mahal dan susah untuk balik modal tanpa perhitungan yang ketat. Free Pass Kyoto ini juga lebih terasa manfaatnya bila pergi naik bus ke arah utara atau barat laut kota Kyoto, daerah-daerah yang jarang dikunjungi wisatawan.

2. Kyoto One Day Bus Card (500 Yen untuk dewasa, 250 Yen anak-anak)

Free Pass Kyoto ini hanya berlaku untuk bus wisata dalam kota Kyoto. Harganya adalah yang termurah dibandingkan free pass Kyoto yang lainnya. Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk membeli free pass bus ini supaya dapat menghemat biaya perjalanan ketika mengelilingi tempat-tempat wisata di Kyoto.

Hitung-hitungan Tim Info Jepang: Free pass bus kota Kyoto harganya 500 yen untuk dewasa dan 250 yen untuk anak-anak. Bila dibandingkan dengan satu tiket bus kota seharga 230 yen untuk jarak jauh dekat, tentu sangat menguntungkan jika kita mengunjungi dua atau tiga objek wisata di Kyoto. Misalnya dalam satu hari akan mengunjungi 3-4 tempat dan kembali ke hotel, misalkan dari hotel ke tujuan A ongkosnya 220 Yen, dari tujuan A ke tujuan B ongkosnya 220 Yen, dari tujuan B ke tujuan C ongkosnya 220 Yen, dari tujuan C ke tujuan D ongkosnya 220 Yen dan dari tujuan D kembali ke hostel ongkosnya 220 Yen. Total pengeluaran seharian adalah 1100 Yen, bandingkan dengan tiket terusan bus yang hanya 500 Yen per hari.

Tapi perlu diingat bahwa tiket ini hanya berlaku di wilayah bus kota Kyoto saja, dan tidak untuk wilayah lainnya. Jadi jangan lupa mengeceknya terlebih dahulu. Tiket terusan bus kota Kyoto bisa didapatkan di pusat informasi bus kota dan kereta subway atau di Kyoto Station. Kita juga bisa membelinya langsung di dalam bus. Namun menurut pengalaman, kebanyakan tiket sudah habis terjual dalam bis, jadi lebih baik langsung membeli tiket terusan bus kota Kyoto langsung setelah tiba di Kyoto Station. Informasi mengenai lokasi pembelian bisa dibaca di halaman berikut. Beberapa contoh trayek bus wisata kota Kyoto beserta objek wisata terdekat sudah dirangkum dalam: info lengkap jalur bus Kyoto.

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Tips Praktis menggunakan Hyperdia

Bagi teman-teman yang sedang merencanakan liburan ke Jepang pasti pernah menemukan atau membaca informasi mengenai situs atau aplikasi Hyperdia. Hyperdia adalah situs website yang menyediakan informasi pilihan dan jadwal kereta api, pesawat, dan bus bagi...

Pemandangan Gunung Fuji Hakone

Fuji Hakone Pass adalah pass paling tepat buat kamu yang ingin berkeliling tempat wisata di Gunung Fuji dan 5 danau sekitarnya. Berikut tips hemat berkeliling Gunung Fuji Hakone rancangan Tim Info Jepang.

kereta enoden

Sejak mulai beroperasi di hari Natal 1900, kereta Enoden (singkatan dari Enoshima Dentetsu atau kereta listrik Enoshima) sudah menghubungkan kota Fujisawa, Enoshima, dan Kamakura sejauh kurang lebih 10 kilometer selama lebih dari 1 abad. Keberadaannya pun...

Peta kereta di Tokyo Jepang

Ketika berlibur ke Tokyo atau kota-kota di Jepang, kereta menjadi moda transportasi yang tak bisa dilupakan. Namun jangan bayangkan naik kereta di Tokyo seperti di Indonesia. Kita dapat dengan aman dan nyaman pergi ke objek-objek wisata terkenal dengan...

Jenis kereta di Tokyo dan sekitarnya

Tim Info Jepang sudah berusaha meringkas tipe JR Pass, berapa harganya dan beberapa ketentuan yang penting dan perlu diperhatikan saat membelinya, dan apakah perlu membeli JR Pass ini,

Free Pass Kyoto

Tim Info Jepang sudah merangkum 5 free pass Kyoto yang sangat bermanfaat dalam liburan di Kyoto. Selain mendapatkan keuntungan berupa potongan harga, perjalanan juga akan jadi praktis tidak perlu membayar sana-sini.


3. Kyoto Subway One Day Card (600 Yen)

Free pass Kyoto ini hanya bisa digunakan untuk dua jalur subway kota Kyoto (jalur Karasuma yang membentang dari utara ke selatan, dan jalur Tozai yang membentang barat ke timur Kyoto). Penggunaan free pass Kyoto ini sangat terbatas, karena hanya sedikit objek wisata yang bisa diakses via subway line. Beberapa diantaranya adalah Kuil Nanzenji, Kuil Eikando, Tetsugaku no Michi, Kuil Chionin dan Kuil Yasaka (agak jauh dari stasiun), Museum Manga Kyoto, Istana Nijo. Meskipun begitu, bus kota wisata Kyoto juga bisa digunakan untuk pergi ke tempat-tempat wisata ini. Free pass Kyoto jenis ini bisa dikombinasikan dengan free pass bus kota untuk waktu-waktu tertentu seperti musim semi atau musim gugur di Kyoto, saat bus kota Kyoto penuh sesak.

Baca juga: Panduan Wisata Terlengkap di Kyoto

4. Kansai Through Pass (Penjualan Berakhir 30 Oktober 2-16)

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: seluruh kereta non-JR yang menghubungkan Kansai Airport, Wakayama, Nara, stasiun Demachiyanagi, Gion, Kawaramachi, Kurama, Arashiyama di prefektur Kyoto, Umeda, Namba di prefektur Osaka, Kobe dan Himeji di prefektur Hyogo. Kansai Through Pass mencakup juga Kyoto One Day Bus Card seperti tertulis di nomor 2.

Beberapa objek wisata terkenal yang bisa dikunjungi dengan free pass Kyoto ini antara lain: Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari. Juga pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo. Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji. Bisa juga digunakan untuk tempat-tempat wisata di Arashiyama seperti Kuil Tenryuuji, Kuil Jujakukoji, Kuil Hokyoin, Okachi Sanso, Jembatan Togetsubashi, Kuil Kokedera. Informasi selengkapnya mengenai Keihan Kansai Surutto Pass bisa dibaca di artikel berikut.

Free Pass Kyoto: Kansai Thru Pass

Free Pass Kyoto: Kansai Thru Pass

5. Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass

Free Pass ini dikeluarkan oleh perusahaan kereta Keihan, yang menghubungkan kota Osaka dan Kyoto dari jalur timur. Ada dua jenis yang pertama tiket terusan Osaka-Kyoto (1 atau 2 hari) dan tiket terusan wilayah Kyoto saja (1 hari).  Beberapa objek wisata kota Kyoto terkenal yang bisa dikunjungi dengan free pass Kyoto ini antara lain: Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari (tidak perlu pindah-pindah naik bus, bisa dengan kereta dan stasiunnya sangat dekat dengan kuil tersebut). Lalu ke pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo (dekat dengan stasiun terakhir Keihan: Demachiyanagi). Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji. Informasi selengkapnya mengenai Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass bisa dibaca di artikel berikut.

Sumber gambar: girlstravel, surutto.com

Recommended for you

Last modified: November 23, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (27)

  1. mohon infonya kalau saya dari osaka ke kyoto dan mau ke fushimi inari,kuil kiyomizudera,nishiki market,gion. lebih baik beli tiket pass yg mana?? kalau naik bus takut lama di perjalanannya dan waktu nya terbuang untuk tunggu bus berikutnya. (tidak secepat kereta) sedangkan kalau kyoto subway free pass bisa langsung menuju ke lokasi yg saya sebutkan tadi gak?? thank u

  2. Jadi kyoto osaka sightseeing pass 1 day 700 yen bisa mengcover kereta dari osaka ke kyoto bolak balik dan kereta di dalam kota kyoto ya pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, stasiun terdekat kuil Fushimi Inari, Kuil Kiyomizudera, dan Gion tercover oleh Kyoto osaka sightseeing pass.
      Nama jalur keretanya adalah Keihan Line.
      Salam

  3. Ok mulai paham jadi kesimpulannya tidak perlu pake kyoto bus pass ya pak cukup pake kyoto osaka sightseeing pass aja + pass osaka nya . Terimakasih banyak pak

  4. Jadi rute yg saya harus ambil dari osaka stasiun yodoyabashi lgs ke kyoto fushimi inari lanjut ke kiyomizu gozo station ( kiyomizudera) lalu ke gion shijo untuk area gion dan pasar nishiki yah pak?? Dari stasiun nya jalannya jauh gak pak kalau dibanding naik yg JR line? Karena saya bawa 2 anak kecil jadi repot klo pake acara nyasar hehehe

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Gak musti dari Yodoyabashi Ibu, bisa dari Kyobashi yang akses keretanya lebih banyak, termasuk JR. Yang penting naik kereta Keihan.
      Jauh gak nya dari stasiun tergantung Ibu menginap di hotel di mana.
      Sebenarnya Tim Info Jepang menyediakan layanan bagi yang ingin liburan dengan tenang tanpa nyasar-nyasar di Jepang. Liburan cuma satu kali, terus nyasar-nyasar yah sayang liburannya. Ibu bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Ibu bisa langsung tanya via whatsapp/line, dan bisa langsung dijawab. Kami akan membantu perjalanan ibu dari membuat jadwal, kasih tips-tips praktis, sampai pas liburan di Jepang ada hal-hal mendadak, tidak perlu tulis-tulis komentar dan tentu lebih praktis.
      Salam

  5. Esther Roosmiati  |  

    Met sore Pa… mau tolong tanya. Saya akan tiba di bandara Kansai tg12 November 2016. Rencana langsung ke Kyoto Station untuk taro koper di loker. Kemudian ke Arashimaya dan sorenya ambil koper di Kyoto Station kemudian ke Karasumaoike Station untuk menginap di BnB.
    Besoknya tgl 13 November pagi akan ke Kinkakuji kemudian meninggalkan Kyoto untuk ke Odawara. Selanjutnya akan beli Fuji Hakone Pass di Odawara.
    Yang ingin sy tanyakan … apakah untuk dari bandara Kansai ke Kyoto dan selama jalan2 di Kyoto saya sebaiknya membeli tiket satuan atau Pass tertentu ?
    Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu pass ibu, karena lebih murah membeli tiket satuan.
      Itu karena Ibu juga hanya mengunjungi Arashiyama dalam satu hari. Salam

    • Esther Roosmiati  |  

      Met siang Pa… mau tanya lagi. Kalo beli tiket satuan itu maksudnya kita juga bisa pakai PasmoCard ? Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, tiket satuan sama artinya dengan bayar pakai Pasmo/ Suica Card.
      Salam

  6. Terima kasih atas infonya pak…..untuk di osaka kyoto yang paling baik saya gunakan free pass apa ya pak?apakah kansai thruu pass?terima kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk hari pertama Bapak bisa menggunakan Osaka Amazing Pass untuk mengelilingi objek wisata di Osaka, karena pass ini sangat menguntungkan dan pasti balik modal. Lihat hitung-hitungannya di Osaka Pass. Lalu untuk hari ketiga dan keempat karena selalu PP Osaka-Kyoto, mungkin bisa membeli Kansai Through Pass. Beli saja yang 2 hari seharga 4.000 yen. Kalau bapak bisa mengunjungi banyak objek wisata (lihat objek wisata yang tercover oleh Kansai Through Pass) maka akan bisa balik modal, mengingat ongkos PP Osaka Kyoto untuk 2 hari sudah 560yenx4 = 2.240 yen. Salam

  7. pak saya tanya

    Kyoto:
    H1: fushimi inari, sanjusangendo, kiyomizudera, higasiyama district, gion district
    H2: arashiyama, kinkakuji, nishiki market, kyoto tower

    kyoto menuju osaka

    H3: osaka castle, shitennoji temple, national museum art osaka, tempozan giant wheel, osaka universal studio (photo saja)
    h4: osaka aquarium, st. marie cruise, umeda sky building, nakanoshima park, kita, namba-dotonbori

    sebaiknya pakai pass apa ya pak..? khusus d kyoto

    khusus d osaka?..

    atau ada yang cover semuanya pak…

    mohon info

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan