Informasi Kartu Suica atau Pasmo

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Informasi Kartu Suica atau Pasmo

Suica atau Pasmo adalah kartu elektronik (IC Card) paling berguna saat kita liburan di Jepang. Kartu Suica dan Pasmo bisa dipergunakan untuk ketika naik bus atau kereta, atau membayar barang ketika membeli di minimarket dan mesin penjual otomatis. Ketika membayar, kita hanya perlu menyentuhkannya ke sensor terdekat. Selain itu, kita dapat dengan mudah mengisi kembali kartu Suica atau Pasmo di mesin yang terdapat hampir di seluruh stasiun.

1. Apa Kegunaan Kartu Suica atau Pasmo?

Kartu Suica atau Pasmo ini prinsipnya sama dengan kartu elektronik di KRL Jabodetabek. Pertama kali tiba di Tokyo (Narita dan Haneda Airport), Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk membeli kartu Suica atau Pasmo ini karena sangat praktis ketika naik bus atau kereta di Jepang. (Catatan: kartu Suica dan Pasmo hanya bisa dicetak di Tokyo). Sistem kereta di Jepang sangat rumit, ada banyak jenis kereta dan perusahaan kereta. Jadi kalau punya kartu suica atau pasmo, kita tidak perlu repot membaca kanji dan mencari biaya kereta ke stasiun tujuan, hanya tinggal menyentuhkannya saja di pintu tiket. Catatan: Bagi teman-teman yang tiba di Kansai Airport atau Chubu Airport tidak bisa mencetak kartu suica/pasmo. Kartu yang bisa dicetak adalah ICOCA atau KiTaPa card. Kedua kartu ini sama fungsinya dengan kartu suica/pasmo, bisa dipakai di seluruh Jepang. Hanya perlu dicatat: jika menginginkan refund, maka hanya bisa direfund di daerah Kansai (tempat dimana kartu dicetak). Harap hal ini diperhatikan karena berdasarkan info yang dihimpun Tim Info Jepang, banyak yang bingung mengenai kartu suica/pasmo ini.

Selain itu, sejak April 2014, pengguna kartu suica atau pasmo bisa mendapatkan potongan harga tiket. Tiket kertas biasanya mengenakan pembulatan ke atas untuk harga tiket kereta, sedangkan dengan kartu harga tiket tetap. Contohnya, kalau membeli tiket kertas harganya 210 Yen, namun dengan kartu suica atau pasmo harganya 206 Yen.

Daerah pemakaian kartu suica atau pasmo

Kartu suica atau pasmo juga sangat membantu kita ketika salah keluar stasiun. Kalau pakai tiket kertas, kita harus membeli tiket lagi ketika salah keluar stasiun. Namun dengan kartu suica atau pasmo, kita tinggal bilang ke petugas jaga, “Sumimasen, sen wo machigaemashita” (Maaf salah ambil jalur kereta), dan uang kita akan dikembalikan lagi dalam bentuk deposit kartu.

Pertama kali membeli, kita diwajibkan memasukkan uang 2000 yen. 500 Yen sebagai biaya pembuatan kartu sedangkan 1500 Yen sisanya menjadi deposit kartu. Kita dapat menggunakannya sepuasnya dan tidak perlu repot berurusan dengan kanji dan uang recehan Jepang. Ketika akan kembali ke tanah air, kartu Suica atau Pasmo dapat diuangkan kembali. Cukup datang ke midori madoguchi atau tempat informasi di stasiun-stasiun besar, dan kita dapat menukarkan deposit dengan uang tunai kembali. Sangat mudah dan praktis bukan!

Membeli kartu suica atau pasmo

2. Bagaimana cara mengisi kartu Suica atau Pasmo?

Kita dapat mengisinya di minimarket dan seluruh stasiun di kota Tokyo. Masukkan kartu itu ke dalam mesin, dan pilihlah nominal uang yang ingin dimasukkan. Ada pilihan 500 Yen, 1000 Yen, 2000 Yen, atau 5000 Yen. Setelah memilih nominal uang, kita tinggal memasukkan uang ke dalam mesin, dan pip kartu Suica atau Pasmo sudah terisi kembali.

Mesin penjual otomatis dengan kartu suica atau pasmo

3. Tempat Kartu Suica atau Pasmo dapat Dipergunakan

  1. Seluruh stasiun kereta JR dan swasta, kereta bawah tanah, dan bus di kota Tokyo. Kini Suica dan Pasmo dapat digunakan hampir di seluruh kota Jepang, seperti Osaka, Kyoto, dan Hakone. Khusus bagi Kyoto dan Hakone, kartu Suica atau Pasmo Tim Info Jepang rekomendasikan, karena akan memudahkan kita menggunakan bus kota ke tempat-tempat wisata (mayoritas tempat wisata di Kyoto dan Hakone dicapai dengan menggunakan bus).
  2. Seluruh taksi yang beroperasi di Tokyo dan sekitarnya
  3. Untuk membayar minuman atau makanan kecil di mesin penjual otomatis
  4. Untuk membayar biaya penggunaan loker di stasiun-stasiun besar
  5. Untuk membayar belanja di kios, minimarket (Seven Eleven, Lawson, Family Mart), Toko suvenir, toko buku dan lainnya.
  6. Ketika bakal di restoran Matsuya (nasi daging), Tenya (nasi tempura), restoran keluarga seperti Gusto, Jonathan, dan Royal Host, dan restoran lainnya.
  7. Berbelanja di Yodobashi Camera, Big Camera dan toko retail elektronik besar.
  8. Ketika pergi ke karaoke di kota Tokyo.

4. Suica untuk Anak-Anak

Ketika berlibur ke Jepang bersama keluarga, kita bisa membeli kartu Suica untuk anak-anak. Kartu suica ini sangat menguntungkan bagi teman-teman yang memiliki anak dibawah umur 12 tahun, karena akan mendapatkan potongan harga tiket 50%. Dulu, ketika kartu suica untuk anak-anak belum ada, Tim Info Jepang selalu mengusulkan agar membeli tiket satuan untuk anak-anak supaya dapat potongan harga. Namun, semenjak April 2014, JR sudah menjual kartu suica khusus untuk anak-anak. Kartu ini TIDAK BISA DIBELI DI MESIN (seperti gambar panduan di bawah), namun bisa dibeli di kaunter penjualan tiket bewarna hijau (MIDORI NO MADOGUCHI dalam bahasa Jepang). Harga tiketnya, deposito awalnya, dan cara pengembalian uangnya sama dengan suica biasa, jadi bisa dilakukan berbarengan dengan suica milik Suami/Istri. Bedanya, pas naik kereta, kartu suica untuk anak-anak akan dipotong dengan tiket 50%. Praktis bukan?

Liburan di Tokyo? Pergi kemana ya bagusnya? Lihat artikel-artikel tentang liburan di Tokyo.

5. Kapan menggunakan Suica dan Pasmo? Kapan menggunakan JR Pass? Mana yang lebih baik?

Suica dan Pasmo secara umum memiliki fungsi yang sama dengan JR Pass (Japan Rail Pass, atau tiket terusan kereta Jepang). Namun penggunaan keduanya berbeda fungsi. Suica dan Pasmo digunakan untuk perjalanan dalam kota (baik dengan kereta atau bis), sementara JR Pass digunakan untuk bepergian ke kota lain, seperti Tokyo-Kyoto, Tokyo-Osaka, atau Tokyo-Sapporo. Keduanya bisa dipadukan agar dapat bepergian dengan lebih mudah dan murah. Misal teman-teman ada di Tokyo dan ingin berkeliling objek wisata di Kyoto-Nara selama 3 hari. Teman-teman bisa membeli JR Pass untuk perjalanan Tokyo-Kyoto, lalu untuk berkeliling objek wisata di Kyoto seperti Kuil Kiyomizudera atau Kuil Heian Jingu atau ke Kuil Todaiji di Nara dengan menggunakan kartu suica untuk membayar bus.

6. Informasi tambahan tentang Kartu Suica atau Pasmo

Kartu Suica atau Pasmo bisa diberikan/ dijual kepada orang lain setelah Anda memakainya. Berbeda dengan Japan Rail Pass di mana orang yang menggunakan harus mendaftarkan diri dengan identitas resmi (tanpa diwakilkan), kartu suica atau pasmo tidak mencatat identitas kita. Selain itu, jumlah saldo atau uang yang tersisa di dalamnya tetap dapat digunakan hingga batas waktu 10 tahun dari waktu pembelian. Jadi, bagi teman-teman yang berencana liburan di tahun berikutnya, tetap dapat membawa dan menggunakan kartu Suica atau Pasmo di Jepang.

Pesan JR Pass online

7. Panduan Cara Mendapatkan Kartu Suica atau Pasmo

Cara mendapatkan Suica atau Pasmo adalah dengan membelinya di mesin otomatis penjual tiket yang tersebar di seluruh stasiun Jepang.

1. Setelah menemukan mesin otomatis penjual tiket yang berada di dekat pintu karcis, perhatikan layar mesin. Tekan tombol “English” di kanan atas untuk mengubah bahasa Jepang ke dalam bahasa Inggris.

2. Seperti gambar di bawah, kita bisa memilih antara karcis biasa dan pilihan kartu Suica atau Pasmo. Pilih menu kanan yakni Suica atau Pasmo.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

3. Setelah selesai memilih opsi Suica atau Pasmo, di layar akan muncul tiga kolom pilihan. Ada pilihan “Charge/Balance History” di mana kita bisa mengisi ulang Suica atau Pasmo atau melihat pemakaian. Ada juga opsi “Purchase New Pasmo”, di mana kita bisa mendapatkan kartu Suica atau Pasmo baru. Atau opsi ketiga “Change Personalized PASMO” di mana kita bisa mencetak nama sendiri di kartu Suica atau Pasmo. Untuk membuat yang baru silakan pilih menu tengah “Purchase New Pasmo”.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

4. Pilih salah satu jenis PASMO yang akan dibeli karena terdapat dua pilihan. Pertama, “Personalized PASMO”, PASMO yang mengharuskan kita mengisi kolom data diri. Dengan demikian, saat kartu ini hilang, dapat dicetak kembali tanpa kehilangan deposit uang didalamnya. Yang kedua “Blank Pasmo”, silakan memilih berikut. Selain tidak perlu repot mengisi data diri, kita dapat dengan cepat memperoleh kartu Suica atau Pasmo.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

5. Setelah memilih opsi “Blank Pasmo”, di layar akan mucul angka berupa uang dalam Yen yang akan didepositkan PASMO. Pilihannya terdapat 1,000, 2,000, hingga 10,000 Yen. Ada baiknya mengisi 2000 atau 3000 Yen. Perlu diketahui biaya deposit awal termasuk pada biaya registrasi sebesar 500 Yen. Jadi kalau memilih 1000 Yen, maka deposit yang bisa digunakan hanya 500 Yen.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

6. Masukkan uang sesuai dengan nominal deposit yang dipilih. Dan kartu Suica atau Pasmo akan dicetak dan keluar dari mesin bersamaan dengan kuitansi tanda pembayaran. Simpan kuitansi tersebut hingga hari terakhir liburan di Jepang supaya kita bisa mendapatkan pengembalian uang deposito 500 yen dan sisa uang dalam Suica atau Pasmo.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmotour online ads NEW1


Sumber gambar : Joey Rozier, Suhanna ♥, TokyoViews, JR East Website

Recommended for you

Last modified: October 20, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (258)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk vending machine SUICA ada di sebelah kanan pintu kedatangan. Kalau sulit, silahkan tanya kepada petugas, katakan saja SUICA, mereka akan mengerti dan segera menunjukkan lokasi vending machinenya. Salam.

  1. Halo infojepang mohon info, saya rencana akan liburan ke Jepang (7 hari) dan stay di Tokyo namun akan menyisihkan 2 hari di tengah trip untuk berkunjung ke Kyoto (pulang tetap dari NRT). Lebih baik beli JR PASS atau beli tiket satuan aja ya? JR PASS juga bisa dipakai di dalam kota kan ya? Oh ya, dalam 2 hari itu, lebih baik saya full di Kyoto atau mampir ke Nara juga?

    Kemudian, di Tokyo jika ingin membeli oleh2 dengan harga murah bisa beli dimana ya? Karena saya dengar2 di Asakusa (CMIIW) harga oleh2 di mark up sangat tinggi

    Thanks in advance!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Bella. Karena ada PP Tokyo-Kyoto, jika memang ingin naik shinkansen PP silakan membeli JR Pass karena sudah balik modal.
      Kalau ingin menghemat dengan naik bus malam, tidak perlu dibeli JR Pass nya. Pilihan antara pergi ke Kyoto dan Nara, tergantung musim Ibu. Kalau musim gugur mungkin lebih baik pergi ke Kyoto saja. Namun jika musim semi silakan mampir juga ke Nara, karena relatif lebih sepi dibanding Kyoto yang sangat ramai di musim bunga sakura. Untuk oleh-oleh murah bisa juga dibeli di Daiso Harajuku untuk aksesoris, lantai 2 Tokyo Tower untuk kaus-kaus Jepang, nah Asakusa lebih banyak menjual suvenir seperti gantungan kunci dan sebagainya.

  2. Mohon infonya, sy, istri dan dua anak akan pertama kali ke jepang, landing di narita, tgl 9 des sore, hotel di ikebukuro, tgl10 mau muter2 di tokyo, shibuya, shinjuku, dll. Tgl11 pagi mau ke kyoto, muter2 kyoto, lanjut siangnya ke osaka. Tgl12 pulang ke indonesia via osaka. Stlh saya baca keterangan di atas, Kira2 cukup beli suica selama di tokyo? Trus beli tiket one way shinkansen dr tokyo-kyoto. Selama di kyoto naik bis pake tiket terusan. Lalu kyoto-osaka naik kereta biasa. Muter2 osaka pakai suica lagi. Mohon masukkannya. Trims.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya benar pak, sudah tepat sekali. Untuk anak-anak nanti, bapak bisa beli kartu SUICA/PASMO khusus untuk anak sehingga tarif keretanya terpotong hanya setengah. Salam.

  3. makasih buat infonya, oh iya untuk pengisian / top untuk kartu tsb apakah mesinnya berbeda atau bisa menggunakan mesin yang sama? misal saya bisa top up ICOCA di mesin pasmo atau sebaliknya? kalau tidak bisa apakah mesin pengisian keduanya ada di semua station di tokyo osaka airport dan sekitarnya ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Semua mesin sama Ibu, bisa ditop up di seluruh mesin di seluruh stasiun di Jepang.
      Mohon dibaca dengan seksama artikel di atas, sebab semuanya sudah tertulis lengkap. Salam

  4. -Saya punya Itinerary 4hari di tokyo, tp ada perjalanan ke Kawasaki City (museum Fujiko). Apakah bisa semua di akses dengan Sucia/Pasmo.
    -Lalu 3hari di Osaka dan 1hari ke Kyoto. Bisa digunakan di Osaka dan Kyoto juga kah Kartu Sucia/Pasmo ini?
    -Saat dr Tokyo menuju Osaka harus membeli tiket Shinkansen lagi? Tidak bisa menggunakan Kartu Sucia/Pasmo ya?
    -Kira2 saja saya harus siapkan top up saldo berapa untuk total 4hari di Tokyo, 1 hari di Kyoto, dan 3hari di Osaka?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Putri, boleh tahu itinerary kamu? Tiba dan pulang ke Indonesia dari mana ya? Supaya saya bisa memberikan saran yang terbaik.
      Pada dasarnya, SUICA dan PASMO ini bisa dipakai di seluruh wilayah Jepang, termasuk Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Sifatnya itu seperti e-money. Bisa saja digunakan untuk membeli shinkansen, tapi sangat tidak praktis. Kamu harus top up dulu 14.000 yen baru dipakai, lebih baik langsung membeli saja bukan? SUICA/ PASMO itu lebih baik digunakan untuk rute jarak pendek dengan frekuensi naik/ pindah kereta 3 atau lebih dalam sehari.

    • Day 1-2 (Sabtu-Minggu)
      CGK – Haneda : Sabtu malam dr jkt – Minggu pagi sampai di Haneda – Sakura Hotel Hatagaya – Harajuku st – Yoyogi park – Masjid Tokyo – Shibuya – Hotel Check in

      Day 3 (Senin)
      Hotel – Mt. Fuji & Lake Kawaguchi – Gotemba Premium Outlets – Tokyo tower – (bisa rekomendasi kan tempat mencari oleh2 di daerah ini?)

      Day 4 (Selasa)
      Hotel – Kawasaki City (Museum Fujiko) – Ueno Park – Asakusa – Ginza

      Day 5 (Rabu)
      Hotel Check Out – Tokyo Disneysea – Stasiun Tokyo – Shinkansen to Osaka(Hotel Taiyo)

      Day6 (Kamis)
      Hotel – USJ full day

      Day7 (Jumat)
      Hotel – Osaka Mint Bureau – Kastil Osaka – Tsutenkaku tower – Dotunburi – (bisa rekomendasi kan tempat mencari oleh2 di daerah ini?)

      Day8 (Sabtu)
      Hotel – Kyoto ( Explore Kyoto : Kuil Fushimi Inari – Kyoto tower) – Gion – Kiyomizu-dera – Arashimaya (kira2 lebih baik sewa Kimono dengan tujuan mana yg dekat dengan tempat sewa Yumeyakata?)

      Day9 (Minggu)
      Hotel check out – Kansai Airpot – CGK

      Begitu Itinerary ya Kak, mohon pencerahan nya Hehe

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk perjalanan di Tokyo, semuanya dapat tercover oleh suica/pasmo. Kartu suica/pasmo ini juga bisa dipakai di daerah Kansai seperti Osaka dan Kyoto.
      Lalu tiket shinkansen harganya cukup mahal 14-15 ribu yen, jadi akan sulit bila menggunakan pasmo/suica.
      Ibu bisa langsung membeli dari kaunter tiket shinkansen di stasiun Haneda. Membelinya pun mudah karena bisa dengan bahasa Inggris daripada membeli sendiri di mesin yang banyak pilihan menunya. Untuk top up kira-kira 1.000 yen per hari sudah cukup. Top up bisa dilakukan dengan mudah di seluruh stasiun, jadi tidak perlu kuatir. Salam

    • Ohh Okeee. Kartu Sucia ini hampir sama penggunaan nya seperti Ez-Link card Singapore ya Kak?

      Btw kalau mau pakai Jasa Guide online yg Premium Plan (2jt) itu biasanya H- berapa sebelum keberangkatan?

    • Kalo saya ada tambahan 1 hari di Tokyo dan ingin ke Prefektur Fukuoka (Kawachi Wisteria Garden) lalu ke Prefektur Chiba (Sakura Furusatu Hiroba) dalam waktu 1hari ke dua taman ini di tempuh dari Tokyo bisakah? Dan bisa pakai Sucia atau harus beli tiket JR ketengan? Thanks, Maaf banyak nanya:(

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Putri, untuk Kawachi Wisteria Garden tidak mungkin karena jauh sekali di Fukuoka (selatan Jepang).
      Alternatifnya kamu bisa ke Wisteria Garden Taman Ashikaga yang relatif lebih dekat di utara Tokyo.
      Untuk yang di Chiba bisa. Kalau hanya ke Sakura Furusatu Hiroba cukup pake SUICA atua tiket ketengan juga tidak apa-apa.

  5. Siang Pak Nugroho, salam kenal, bulan januari nanti saya akan berangkat ke jepang untuk pertama kalinya (Tokyo selama 7 hari), jadi sekarang lagi rajin-rajinnya mencari informasi, terutama tentang transportasinya, terima kasih untuk info tentang kartu suica dan pasmo, kalo boleh dibilang fungsi kedua kartu ini sama ya untuk mempermudah pembayaran transportasi untuk jalur Tokyo metro dan Toei subway lines, ada lagi yang namanya kartu Tokyo subway pass 24, 48 dan 72 jam, apakah fungsi kartu ini sama saja dengan Suica/Pasmo yang berlaku untuk Tokyo metro dan Toei subway lines? dan kalo jalur Keikyu lines, apa tersedia kartu pass tersendiri? dan mengingat saya akan di Tokyo selama 7 hari, menurut Pak Nugroho, sebaiknya kartu pasmo/suica atau kartu Tokyo subway pass untuk saya gunakan? terima kasih sebelumnya untuk informasinya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Suica/Pasmo adalah pengganti tiket satuan/ ketengan. Sedangkan Tokyo Subway Pass atau free pass Tokyo lainnya bisa dipakai sepuasnya dalam satu jalur kereta. Bagaimana cara penggunaannya, tergantung objek wisata yang Bapak kunjungi (lihat daftar tempat wisata di Tokyo). Kalau mengunjungi 3-4 wisata sehari, mungkin lebih menguntungkan bila pakai free pass Tokyo. Kalau kurang dari itu, lebih untung membeli tiket satuan atau bayar pakai Suica/ Pasmo.
      Silakan dibaca-baca lebih dahulu mengenai macam-macam free pass di Tokyo serta stasiun yang tercover. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya pak JR Pass mencover perjalanan ke Disney, Haneda Airport dan Ginza. Khusus untuk Ginza bisa lewat stasiun Yurakucho di jalur kereta JR, dan jangan lewat stasiun lain. Itu karena ada total 4 stasiun di Ginza.
      Intinya mudah pak, kalau menggunakan kereta JR semua tercover. Kalau bukan JR, ya tidak tercover, perlu beli tiket ketengan atau bayar pakai suica/ pasmo.
      Salam

  6. Pak mau tanya lagi, kalau saya sudah punya jr pass, tapi ada rencana jalan ke disney, gotemba, osaka, haneda, ginza lalu haneda lagi, apa perlu kartu suica?anak saya 3 orang dua diatas 12 tahun, satu 11 tahun, suami isteri dan 1 orang tua. Apa kami beli satu seorang kartunya? Itu kartubyinggal di tap di pintu masuk dan pintu keluar saja ya pak? Tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Fungsi JR Pass itu sama dengan SUICA/PASMO, pak Ari tidak perlu membeli tiket lagi untuk semua perjalanan kereta, cukup tunjukkan JR Pass kepada petugas di pintu gerbang manual.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Victor, salam kenal. Bisa, nanti uang kembalian tersedia di semua mesin pembeli kartu SUICA/PASMO.

  7. hai mas nugroho,

    saya dari haneda, rencana mau langsung keliling tokyo dengan menitipkan koper di loker penitipan. Kalau saya mau ke :
    -imperial palace
    -meiji shrine
    -harajuku shops
    -sensoji
    -tokyo sky tree

    hari berikutnya mau ke disneyland..

    sebaiknya beli tokyo one day pass atau suica/pasmo ya?

    terima kasih infonya 🙂

  8. Dear Mas Nugroho,

    saya rencana untuk keliling tokyo +/- 5 hari terdiri dari ( 3 Dewasa + 1 Anak )
    1. Apakah lebih baik beli One day pas JR/Metro atau Suica ?
    2. Di mesin Suica saya lihat ada pilihan pembelian kartu suica untuk 2 dewasa /3 dewasa / 2 dewasa + 1 anak , apakah lebih baik beli yg 2 Dewasa + 1 anak ? atau beli masing saja sehingga ada 4 kartu Suica ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak.
      Mengenai pass atau suica yang tepat tergantung tujuan bapak selama berkeliling di Tokyo. Bapak bisa baca pass-pass yang ada di Tokyo beserta dengan objek wisata yang tercover.
      Untuk pembelian suica di mesin, tidak ada pilihan menu untuk anak-anak. Mungkin yang bapak lihat menu membeli tiket satuan/ ketengan.
      Kalau membeli suica via mesin, hanya bisa yang versi dewasa saja. Sedangkan anak-anak bisa dibeli di kaunter tiket (ruangan bewarna hijau). Ini karena suica untuk anak-anak perlu dicek apakah anaknya betul-betul di bawah 12 tahun.
      Lalu suica tidak bisa dipakai untuk dua orang pak, sebab akan eror. Prinsipnya sama kok seperti tiket elektronik KRL Jabodetabek.

  9. Ohya, apakah juga bisa dipake utk jalur yurikamome. Apakah bisa dipake utk retro bus di kawaguchi? Terimaksih ata jwabannya mas nugroho

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Yani. Ya, suica/pasmo card bisa dipakai juga di jalur Yurikamome dan Retro Bus Kawaguchi.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya kartu Suica/ Pasmo bisa digunakan di kereta Keikyu Line. Salam

  10. pagi mas nugroho..

    saya mau tanya beberapa hal 🙂

    1.saya rencana akan menggunakan Suica/Pasmo untuk jalan jalan di tokyo dan osaka. Rombongan akan berjumlah 5 dewasa dan 5 anak di bawah 9 tahun, Tiket Suica yang dibeli sebaiknya berapa ya mas? saya baca kalau tiket anak beda dengan dewasa. Pembelian tiket Suica di stasiun monorail di Haneda Airport?

    2. intinerary saya :
    – 1 hari jalan jalan kota tokyo
    – ke disneyland
    – Osaka dengan naik shinkansen
    -jalan jalan di Osaka 2 hari dan ke Universal Studio
    Apakah semua bisa menggunakan Suica/Pasmo?saya juga rencana mau beli Osaka Amazing Pass

    Terima kasih infonya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bisa membeli Pasmo sejumlah orang dewasa dan anak-anak (Pasmo/suica tidak bisa dipakai oleh dua orang karena akan error). Harganya sama seperti tertulis di artikel di atas. Namun tiket pasmo untuk anak-anak akan otomatis mendapatkan potongan 50% ketika digunakan.
      Ya, seluruh tempat wisata di itinerary ibu tercover oleh pasmo/ suica. Untuk info penggunakan Osaka Amazing Pass bisa dibaca di artikel ini. Salam

  11. malam..saya rencana 4hari 3malam di tokyo..tiba dari haneda.rencana akan ke kawaguchiko apakah lebih baik baik (murah) beli tokyo wide pass atau tokyo 3day trip ticket. mengingat ditokyo saya jg akan keliling sekitar shibuya,asakusa,akihabara,tsukiji,ueon,yoyogi park,ginza? apakah masih perlu saya beli pasmo atau suica? karena kami akan pulang dari kansai

  12. Lanjut jawaban td jd sy ga usah beli pasmo unk keliling tokyo(shinjuku,shibuya,ueno,odaiba)?dr asakusa ke odaiba bila memakai kapal himiko bs memakai pasmo?trimakasih…unt guide ol brp ?sy sdh wa blm ada jwban

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pasmo bisa dibeli untuk memudahkan pembayaran saja, supaya tidak perlu mengantri setiap kali pergi. Maksud saya untuk ke Fuji atau Tateyama, silahkan beli ketengan. Naik kapal himiko tidak bisa memakai pasmo, silahkan membeli tiketnya dengan uang tunai. Untuk Guide Online harganya mulai dari 2 juta, info lengkapnya bisa langsung dibaca di Tour Guide Online Info Jepang.

  13. Selamat pagi..pa maaf sy mau tanya lg msh bingung nih…sy tiba d haneda 13 nov stay d hotel mystays kanda slm 12 hr krn suami akan berkunjung ke universitas juntendo.apakah hotel tsb dekat dgn univ tsb?at ada pilihan lain yg lbh dkt dgn jl kaki?slm d sana sy palingkeliling tokyo,fuji dan pengen nya ke tateyama.spy tiket lbh irit apa sj yg hrs sy beli? Pasmo unt keliling tokyo.apa pl sy bl lg fuji hakone pass?berarti sy hrs nginap d srkitar fuji?at lbh murah bl tiket biasa?kl mau ke kyoto tanpa nginap bs?at ke tayeyama ranpa nginap?apakah transf akan lbh mhal? Sy rcn 11 hr tg 25 balik dr haneda.km b3 jl2 tampa laki2.aman kah?trimakasih…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hotelnya sudah cukup dekat, hanya tinggal naik kereta saja. Fuji Hakone Pass baru akan untung kalau ibu berkeliling area Fuji dan Hakone 2-3 hari. Di luar itu, silahkan beli tiket ketengan saja. Jika mau ke Tateyama tanpa menginap, silahkan baca itinerary 1 hari Tokyo-Tateyama yang pernah saya buat. Negara Jepang aman, kriminal hampir tidak ada, tenang saja.

  14. Selamat sore pak, saya dan keluarga berencana ke Jepang pertengahan maret 2017. Rute kami dtg via haneda, keliling tokyo 4 hari, kemudian ke kyoto hanya ke kiyomizudera, lanjut ke osaka selama 3 hari. Dari Tokyo ke Kyoto kami naik Willer Bus. Rencana saya akan membeli SUICA selama di Tokyo. Yang ingin saya tanyakan, apabila saya bawa kartu SUICA tsb ke Kyoto dan Osaka, apakah nantinya bisa direfund di Bandara Kansai Osaka? Kalau tidak bisa, apakah saya bisa refund SUICA di stasiun seperti Inaricho atau Maihama.
    Untuk Willer Express apakah kita harus booking beberapa hari sebelumnya atau bisa di tempat pada saat kita akan berangkat ke Kyoto. Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      SUICA atau PASMO hanya bisa di refund di Tokyo dan sekitarnya. Solusinya, ibu bisa membeli makanan/minuman di minimarket untuk menghabiskan saldo. Atau dibawa pulang ke Indonesia sebagai kenangan. Bus willer untuk bulan maret 2017 kemungkinan “penuh” dan tidak bisa duduk berdekatan karena masuk dalam waktu liburan favorit di Jepang. Silahkan pesan/ booking bus 1 bulan sebelumnya. Salam.

    • Endah Rofiq  |  

      Wah?? Terimakasih infonya pak, spy kami pikirkan alternative transportasi dr Tokyo ke Kyoto.

    • Endah Rofiq  |  

      Selamat pagi…pak tanya lagi dunk hehe.. kalau utk akses internet di sana sebaiknya bagaimana ya. apakah kita sewa portable wifi dari Indonesia , atau sewa di sana? terimakasih

  15. Siang pak Nugroho,
    Kami (3 dewasa 1 anak 9thn) akan ke sapporo via haneda (hanya transit) setelah itu rencana akan ke Mt Teine, Niseko, Otaru, Hakodate. Ke Tokyo (dgn pesawat) akan ke gala yuzawa (1 malam), disney land, disney sea dan keliling Tokyo dengan total 14 hari. Apakah dgn membeli JR Pass 7 day dan suica card dapat menghemat perjalan kami? Apakah JR pass juga dpt digunakan utk subway dan bus di sapporo dan tokyo (selama ticket JR pass 7 day msh berlaku?) Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Berapa harga tiket pesawat PP dari Haneda-Shin Chitose (Sapporo)? Kalau pakai JR Pass, harganya 29.110 yen dan sudah meng-cover seluruh ongkos perjalanan kereta ke Teine, Niseko, Otaru dan Hakodate. Ongkos Shinkansen+Kereta PP dari Tokyo ke Sapporo juga sudah tercover.
      Untuk subway/bus di Sapporo dan Tokyo, tidak tercover JR Pass. Namun total biayanya paling hanya 2.000 yen, sangat kecil dibanding harga pesawat atau shinkansen. Salam

  16. Saya masih bingung penggunaan antara PASMO/SUICA dengan Tokyo Subway Ticket saya berencana 3 hari di tokyo kemudian ke Kyoto selama 5 hari (mengunjungi Osaka, Kobe, Nara), apakah saya harus memiliki kedua kartu tersebut. Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Hendriani, Tokyo Subway Tiket ini adalah pass yang bisa digunakan untuk membayar semua kereta subway di Tokyo tanpa perlu membayar lagi. Sedangkan, SUICA atau PASMO ini sejenis kartu berbayar elektronik (seperti e-money/ harus diisi ulang) yang bisa digunakan untuk naik KRL Jabodetabek atau beli makanan. Kartu ini tidak meng-gratis-kan tiket, hanya mempermudah saja karena tidak perlu mengantri tiap kali pergi. Salam.

  17. siang pak nugroho,
    saya mau nanya donk malam ini saya terbang ke haneda lalu dilanjutkan ke osaka menggunakan JR pass karena plg ke jkt melalui haneda juga. minggunya saya ingin jalan2 ke kyoto seharian.. apabila saya ada JR pass apa perlu saya beli one pass lagi buat selama di kyoto?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang pak budi, di Kyoto kebanyakan objek wisatanya ditempuh dengan naik bus. Bapak bisa membeli Kyoto Bus Pass yang lebih hemat untuk berkeliling. Salam.

    • selama saya di osaka karena letak penginapan saya di dekat stasiun nishikujo.. selama saya di osaka apa perlu membeli pass selama di osaka atau menggunakan JR uda tercover semua? karena renacanya mau ke dontonburi, USJ, namba dll

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya pergi ke 3 tempat itu silakan bisa pakai JR Pass+ tiket suica/pasmo atau beli tiket satuan. Tidak perlu membeli Osaka Pass.
      Salam

  18. Selamat sore, Pak Nugroho
    Saya bersama keluarga berencana berlibur ke Jepang :
    – tgl.19-20 Des 2016 bermalam di Osaka
    – tgl. 21 Des 2016 bermalam di Kyoto
    – tgl. 22-23 Des 2016 bermalam di Kanazawa dan berminat 1 day trip ke Shirakawago
    – tgl. 24-26 bermalam di Tokyo dan berminat 1 day trip ke Mount Fuji dan Gotemba
    – tgl. 27 Des 2016 jam 17.30 kembali ke Indonesia lewat Narita Airport
    Saya kesulitan memilih JR Regional Pass agar lebih hemat dibanding JR Pass
    Juga apakah JR Pass berlaku untuk Bus tujuan Kanazawa-Shirakawago?
    Juga bagaimana dengan SUICA atau lainnya untuk hemat digunakan tiap kota tsb?
    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya. Salam

  19. Selamat malam mas saya berencana ke jepang awal maret 2017 dgn suami dan anak umur 4 tahun rencana saya akan ke tokyo osaka kyoto dan pulang lewat osaka. Dan kyoto pp saja dr osaka. Saya ingin menanyakan
    1. hotel yg startegis dN dekat station kereta di tokyo dan osaka
    2.tiket mana yg saya harus beli jrpass atau suica.
    3.saya berencana ingin melihat salju. Dan ingin tahu tempat yg ada salju pada awal maret
    Terima kasih atas bantuannya mas

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Boleh tahu rencana di Tokyo dan Osakanya seperti apa? Biar Tim Info Jepang bisa kasih rekomendasi hotel yang lebih detail.
      Kemudian, karena Ibu datang dari Tokyo dan kembali pulang via Kansai Airport, sepertinya tidak perlu membeli JR Pass.
      Tempat untuk main salju yang mudah diakses antara lain Gala Yuzawa, Resort Ski Fujiten, atau Snow Resort Yeti.
      Bisa dibaca-baca terlebih dahulu.
      Salam

  20. Selamat malam, saya berencana Januari 2017 ke biwako valley untuk main ski, di web tertulis rutenya naik JR Tokaido-Sanyo line dan Kosei Line. Apakah kedua line itu bisa menggunakan suica untuk pulang pergi atau saya perlu membeli JR Pass, dan apakah ada JR Pass yang bisa dipakai hanya untuk satu kali rute pulang pergi Osaka-Shiga? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Vanessa, Biwako (Danau Biwa) bisa kamu capai dengan naik kereta dari Kyoto/Osaka. Harganya juga murah. Rasanya bisa dengan suica atau beli tiket ketengan pun tidak apa-apa. JR Pass harganya 29.020 yen, dan baru akan untung kalau ada perjalanan Tokyo-Kyoto/Osaka PP. Salam.

  21. Hi,
    mau tanya dari kansai airport, rencana saya langsung ke hotel di daerah namba, apakah icoca bisa didapat di airport kansai? sebelum kita keluar dari bandara dan naik train ke namba? tks

  22. Hallo.
    boleh saya minta infonya, kalau kita punya kartu suica tapi mau isi tambahan dananya ke kartu apa bisa di lakukan di stasiun osaka?

    thank you

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Gowi, kalau untuk isi tambahan (top-up) bisa dilakukan di mana saja. Salam dan selamat liburan di Jepang!

  23. Halo..
    November sy insya Allah akan ke Jepang. Jalur Osaka-Kyoto-Tokyo-Yokohama. Sy rencana mau beli JR Pass. Tapi juga mau beli pass yg lain untuk memudahkan. Bingung sebaiknya beli suica, icoca, pasmo atau pas harian. Mohon masukannya.

    Di Tokyo hotel sy dr st JR harus lanjut naik metro. Di Kyoto untuk ke tempat wisata satu dan yg lain mau naik bus. Hari terakhir di Osaka tidak tercover JR. Dari Osaka st ke Kansai international belum tau naik apa.

    Jadi sebaiknya sy pilih kartu yg mana?

    Untuk pengembalian deposit di Kansai airport ada ga ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf Ibu mendarat dari bandara apa dan berangkat dari mana? Lalu bagaimana dengan jadwalnya? Apakah liburannya 9 hari?
      Ibu tidak perlu bingung antara ICOCA, Suica, atau Pasmo karena itu hanya berbeda nama namun fungsinya 100% sama.
      Mohon berikan info lebih detail supaya kami bisa berikan rekomendasi yang paling tepat.
      Salam

    • PP dr kansai airport osaka. rutenya osaka-tokyo. tokyo (keliling). tokyo-lake kawaguchiko-tokyo (hr ptm-3 nginep tokyo). tokyo-yokohama (nginep semalam). yokohama-osaka. osaka-kyoto-osaka. osaka-nara-osaka. s.d plg nginep di osaka. hotel di tokyo hrs pake metro subway lagi (jauh turunnya dr st Jr pass). di kyoto utk keliling pengen naik bus. hr terakhir di osaka blm tercover jr pass. di lake kawaguchiko mau beli one day pass fujikko go bus. jadi sebaiknya pake yg mana? krn pake nya gabungan dengan jalur Jr

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa beli JR Pass saja karena ada rute PP Osaka-Tokyo (cover Shinkansen) dan juga rute ke Nara. Nanti saat ingin ke Kawaguchiko bisa naik kereta sampai Otsuki. Kombinasi bisa dipake dengan SUICA/PASMO/ICOCA. Osaka hari terakhir gapapa beli ketengan (beli tiket setiap kali naik kereta). Salam.

  24. Malam
    saya mau tanya, maret nanti akan mendarat di narita, lalu rencana 4d tokyo 2 day osaka dan 2day kyoto
    nah, krn masi buta sekali,
    1. sebaiknya saya menggunakan apa waktu tiba di narita ke tokyo ya(yg efisien dan tidak tlalu mahal)?
    2. apakah perlu JRpass?kalo perlu karena ini pergi lebih dari seminggu bagaimana mengatur nya ya?
    3. slama di tokyo better bayar per naik train atau suica ya?dan per trip train kira2 berapa ya?supaya ada bayangan harus topup brapa

    terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Pandu,
      1. Kamu bisa naik kereta Keisei biasa ke Ueno atau Nippori, harganya 1.030 yen.
      2. Apakah kamu PP dari Narita (Tokyo)? atau balik ke Indonesia dari Kyoto/Osaka? Kamu bisa aktifin di hari 2-8 aja (bisa diatur). Namun kami butuh detail perjalanan kamu untuk memutuskan perlu tidaknya JR Pass dan kapan aktifinnya.
      3. Kalau punya JR Pass, kamu bisa pakai juga. Untuk naik kereta non-JR bisa dikombinasi dengan SUICA/PASMO. Kalau keliling tokyo, 1 lokasi setidaknya 200-500 yen tergantung tempat yang kamu mau kunjungin. Tapi jangan takut, top-up nya gampang sekali kok dan ada di semua stasiun.
      Salam.

    • pandu pratama  |  

      Thx responya pak,

      betul saya PP dr narita,untuk itin karena masi lama kita belum dapet juga fix nya
      apakah bapak ada contoh itin (selain yg saya dapat di google 🙂 )

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silakan Bapak baca-baca dulu informasi wisata di website Tim Info Jepang, yang memang disusun berdasarkan pengalaman guide wisatawan Indonesia.
      Kalau memang Bapak ingin konsultasi mengenai itinerary, kami tidak melayani detail via website. Karena jawabannya akan panjang dan membuat bingung pengunjung website yang lain. Jika Bapak berminat bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Kami bisa memberikan informasi lengkap naik kereta apa, dari platform dan stasiun mana, serta tips-tips hemat dan praktis lainnya mengenai itinerary perjalanan. Bapak bisa dengan mudah bertanya via whatsapp atau line, dan tidak perlu repot mengetik panjang-panjang, bahkan hingga saat liburan di Jepang.

  25. halo.. kalau saya dari haneda tokyo menuju sapporo hokkaido, apakah bisa menggunakan JR Pass yg 7hari? dan berapa lama ya estimasi waktu perjalanannya? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Merry,
      Bisa menggunakan JR Pass kok karena JR Pass mengcover semua ongkos perjalanan kereta JR. Estimasinya waktunya 7,5 jam (4 jam Tokyo sampai Shin-Hakodate-Hokuto, lalu 3,5 jam dari Shin-Hakodate-Hokuto sampai Sapporo).
      Salam dan selamat datang di Sapporo.

  26. Thxu atas info nya..kamu dr haneda airport mas bukan dr narita?kl tuk sim card hp lebih baik tetap pake dr provider Indonesia ato kita beli kartu sim card jepang ato kita sewa docomo/ninja wifi..krn kami disana 14 hari (tokyo-osaka-kyoto-osaka)…untuk stroler di disneyland apakah bisa pakai stroler kita sendiri ato harus rent disana?krn kl di disneyland HK bole bawa sendiri..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tim Info Jepang belum pernah ada pengalaman guide keluarga dengan anak kecil. Namun, sepertinya harus rental dari Tokyo Disneyland, harganya 1000 yen untuk pemakaian satu hari dan stroller milik sendiri bisa dititipkan. Untuk wifi bisa dibaca di halaman berikut. Silakan dibandingkan mengenai harganya dan persyaratannya.
      Salam

  27. Halo..saya mau tanya, kalo dr haneda airport jam 21.30 ke hotel tmpt saya menginap ( Keisei Hotel Marimare)lebih praktis naik apa?krn kita traveling b4, dg 2 anak usia 5 th dan 9th…apakah dg train or airport limousine bus?jika dg train harus naik apa dan turun dimana?jika bus naik yang apa?trus dr hotel Keisei ke tokyo disneyland naik subway apa aja rute nya dan station nya?thxu..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Narita Airport bisa naik kereta JR Rapid ke arah Tokyo dan turun di Stasiun Chiba. Dari Chiba kemudian bisa berjalan kaki sampai ke Keisei Hotel Mira Mare. Ini adalah yang paling murah dan praktis Ibu. Untuk ke Tokyo Disneyland, bisa ke Chiba Station, ganti kereta Keiyo Line di Soga Station sampai ke Maihama Station (stasiun terdekat Tokyo Disneyland).
      Salam

  28. Halo thanks informasinya bermanfaat sekali. Saya sudah baca ke atas tapi masih banyak kebingungan nih mohon maaf kalau agak panjang ya:

    1. Suica/Pasmo apakah ada yang bisa digunakan pula di Yokohama?

    2. Jika jalur saya adalah Tokyo – Yokohama – Kyoto – Osaka – Kobe – Osaka (tidak ada yang PP kecuali Kobe Osaka tapi itu pun dekat) apakah tidak usah membeli JR Pass? Saya hitung JR Pass worth it kalau bolak-balik jalur yang jauh saja.

    3. Apakah benar naik Shinkansen adalah pengecualian dimana kita tidak bisa memakai Suica / Pasmo? Bagaimana dengan Keisei Skyliner di Narita, apakah tidak bisa memakai Suica / Pasmo juga?

    4. Di Tokyo saya banyak menggunakan JR tapi saya juga akan cukup sering menggunakan Subway/Metro. Nah saya baca di web sebelah Suica itu yang mengeluarkan adalah JR sedangkan untuk naik kereta lain memakai Pasmo. Apakah benar begitu? Kalau begitu, apakah ada baiknya saya membeli dua-duanya saja ya?

    5. Apakah maksud dari memakai kartu Suica/Pasmo ini adalah tidak usah antri di mesin tiket da memilih jalur kereta lagi? Jadi kita tinggal antri di line kereta yang kita maksud, tap kartu, dan berangkat?

    6. Di Narita Terminal 1 apakah saya bisa langsung membeli Pasmo/Suica disana?

    Terima kasih sekali lagi mohon maaf kepanjangan 🙁

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak.
      1. Ya Suica/Pasmo bisa dipakai di Yokohama, Hakone, Kyoto, Osaka, Kobe dan seluruh kota-kota lain di Jepang.
      2. Secara perhitungan kasar, rugi bila membeli JR Pass.
      3. Shinkansen bisa juga dibeli dengan Suica/Pasmo, namun repot. Anda perlu memasukkan uang ke suica dulu, lalu membeli tiket shinkansen dari mesin. Proses ini akan cukup membingungkan karena banyaknya pilihan tombol di layar mesin. Menurut pengalaman Tim Info Jepang, melakukan guide lebih baik langsung membeli di counter tiket shinkansen. Suica/Pasmo juga bisa digunakan di Keisei Skyliner.
      4. Web sebelah jangan mudah dipercaya Pak. Suica/Pasmo sama persis fungsinya hanya beda NAMA saja.
      5. Ya betul, karena akan sulit sekali membaca peta berapa ongkos kereta yang diperlukan. Kalau pakai suica/pasmo hanya tinggal tap dan lewat saja. Kita tinggal tap dulu di gerbang tiket, baru menuju peron kereta yang diinginkan. Kalau pernah naik commuter line di Jabodetabek, sama persis kok sistemnya. Hanya jalur keretanya jauh lebih banyak.
      6. Ya bisa pak, langsung dibeli di mesinnya. Bisa beli di JR EAST Travel Service Centers. Letaknya dekat gate masuk stasiun JR dan Keisei.

      Salam dan selamat liburan di Jepang!

  29. Sore paK… saya berencan ke Jepang tgl 5-12 November Landing dan Take off dr bandara Haneda, rencananya saya akan ke Kyoto, osaka, Kobe dan sekitarnya ( saya belum riset lebih jauh dan belum membuat itinery yg fix juga ) rencana menginapnya di rumah saudara di Tokyo.. saya mau tanya jika saya PP one day dari Tokyo ke Osaka/Kyoto menggunakan JR apa memungkinkan? kalau emmang bisa seperti itu JR pass tentunya sangat bermanfaat ya, dan untuk keliling dalam kotanya rencana saya akan membeli Suica/Pasmo

    Terima Kasih atas jawabannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau memang berencana mau naik Shinkansen Tokyo-Osaka PP, maka JR PASS adalah pilihan yang sangat tepat.
      Perjalanan shinkansen Tokyo-Shin Osaka sekitar 3 jam dengan shinkansen Hikari (paling cepat jam 06.26 sampai jam 09.30)
      Jadi cukup kalau memang ingin berkeliling kota Osaka saja. Namun kalau ingin ke Kyoto juga rasanya kurang kalau hanya satu hari.
      Kartu Suica/Pasmo bisa dipergunakan sebagai pelengkap JR Pass untuk stasiun-stasiun yang tidak tercover JR PASS.
      Salam

  30. siang, mo tanya lagi Kalau saya dari narita airport arrival pk.20.15 mau lanjut ke osaka naik bis malam untuk biaya yang paling minim naik bis apa ya willer/nankai? lalu naik busnya dari terminal bus mana shinjiku/tokyo/narita lgsg? kemudian ke terminal keberangkatan bis itu perlu biaya berapa kalau keluar dari airport narita? terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Jika naik bus Nankai dari Narita, berangkat jam 21.40 tiba di Osaka 07.30 dengan biaya 7,760-9,060 Yen tergantung peak/tidak peak.
      2. Jika naik bus dar Shinjuku/Tokyo maka mempertimbangkan perjalanan kereta dari Narita (biaya termurah naik kereta Keisei Ekspress 1430 yen), lebih baik pilih jam diatas jam 24.00. Biayanya sekitar 2900-8500 yen tergantung hari peak/tidak peak.
      Dari Narita, cukup jalan kaki ke halte busnya. Di Shinjuku, bus-bus malam biasanya berangkat dari Bus Terminal di dekat pintu keluar selatan. Sedangkan Tokyo Station, bus malam berangkat dari pintu keluar Yaesu atau parkir Kajibashi.
      Salam.

  31. siang, mo tanya:
    1. kalo naik bis willer dari narita ke osaka, osaka ke narita ada? kalau ada dari narita terminal brp?
    2. kemudian kalo dari narita saya lanjut ke hotel dekat subway ningyoco bisa pakai JR wide pass atau perlu tiket tambahan? terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu
      1. Dari Narita Airport tidak ada bus Willer menuju ke Osaka, namun bisa naik bus Nankai yang berangkat dari terminal 1 dan terminal 2.
      2. Dari Narita bisa naik Narita Ekspress ke arah Tokyo Station dan turun di Bakurocho Station. Sedikit jalan sampai ke stasiun subway Ningyochou namun semuanya tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Salam

  32. Kalo boleh tau JR wide pass kan hanya 3 hari, berarti sebaiknya kapan saya mulai gunakan? Kalau merujuk ke itinerary saya, Dan bisa digunakan utk moda trip transportasi di tgl brp saja, terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu silakan baca link mengenai hitung-hitungan Info Jepang mengenai JR Tokyo Wide Pass.
      Dan JR Tokyo Wide Pass bisa digunakan di hari 1 (tiba di Narita) sampai hari ke 3.
      Salam

  33. Mas nugroho, mau tanya, kalau saya punya contoh itinerary dibawah ini, kira2 kalau hanya mau melihat gunung fuji saja bisa di selipkan di hari ke berapa ya yg paling efisien? kemudian untuk penghematan yang terakhir apakah bisa kalau saya naik bus malam? kemudian apakah saya perlu JR pass untuk jenis itinerary saya ini? kalau perlu apakah dengan bus malam juga dicover? mohon infonya ya .. trims sebelumnya.

    4-Jan: Tiba Narita 20.20 langsung cek in ke hotel di tokyo
    5-Jan: one day trip Gala Yuzawa kembali ke hotel
    6-Jan: Kuil sensoji di asakusa dan malam hari ke tokyo skytree kembali ke hotel
    7-Jan: Cek out hotel, Naik shinkansen ke Osaka, Menuju gedung pencakar langit umeda hingga siang hari, cek in hotel di osaka lalu kuliner di dotonbori (malam hari)
    8-Jan: Naik train dari osaka ke kyoto menuju kuil kinkakuji (pagi-siang), ke Gion berfoto dengan geisha dan beli oleh2 jepang di jalan shijo,
    naik shinkansen kembali ke hotel di tokyo dan cek in hotel di jepang atau
    lebih baik naik bus malam kembali ke tokyo narita airport pk. 9.35 keberangkatan jadi tidak perlu biaya hotel lagi??

    • deviyanti  |  

      Ada bbrp pertanyaan lagi:
      1. di tanggal 8-jan itinerary saya, untuk pertanyaan terakhir saya belum terjawab mas, yakni mengenai lebih efisien mana saya naik bus malam dari kyoto ke jepang atau tetap naik shinkansen ke tokyo lalu menginap di hotel di jepang, sebelum saya kembali ke jakarta keesokan harinya Pk9.35 dari airport narita?
      2. Lalu untuk trip diatas apakah perlu JR pass, atau JR wide pass saja bisa?
      3. Untuk bus malam kyoto-tokyo apakah ada? dan utk bus dari danau kawaguchi ke shin Fuji station atau bus malam tsb apakah dicover di JR pass/JRwide pass? kalau tidak berapa biayanya? terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Deviyanti.
      1. Apa maksud ibu dengan efisien? Kalau dalam hal biaya, jelas lebih efisien naik bus malam. Kalau efisien waktu, ya naik shinkansen.
      2. Baik JR pass atau JR wide pass keduanya sama sekali tidak menguntungkan dengan itinerary ibu sekarang.
      3. Ya ada bus malam dari Kyoto-Tokyo dan sebalinknya dan tidak tercover JR PASS. Yang namanya JR, ya hanya mencover perjalanan kereta/ shinkansen JR.
      Ongkosnya sekitar 3400-5100 tergantung jenis kursi dan hari keberangkatan.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk hari terakhir kepulangan ke Indonesia, jam berapa pesawat berangkat? Kalau memang sempat, bisa menggunakan bus malam untuk menghemat biaya.
      Bus malam biasanya akan tiba di Shinjuku atau Tokyo Station pagi-pagi buta sekitar jam setengah enam atau jam enam pagi, dan bisa melanjutkan perjalanan ke Narita.
      Salam

    • deviyanti  |  

      Malam pak Nugoroho, kalau comment pak nugroho yang kedua tentang “2. Baik JR pass atau JR wide pass keduanya sama sekali tidak menguntungkan dengan itinerary ibu sekarang”, mohon info sebaiknya menggunakan moda transportasi apa untuk itinerary tsb ya pak Nugroho, terima kasih sekali buat infonya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Kalau ibu naik shinkansen PP ke Tokyo-Osaka/Kyoto maka JR Pass sudah balik modal. Namun sayang karena masa berlaku JR Pass adalah 7 hari sedangkan Ibu cuma memakainya 4/5 hari. Disini yang jadi penentu adalah keluarga yang ikut.
      2. Maaf sepertinya saya melewatkan item ke Gala Yuzawa. Kalau begitu, sepertinya JR Tokyo Wide Pass cukup menghemat biaya perjalanan dari sejak ketibaan di Narita sampai perjalanan ke Danau Kawaguchiko.
      Salam

  34. Selamat Siang Mas Nugroho
    Saya mau tanya masukan dari anda. Jadi saya berencana ke Jepang bulan Maret – April 2017 nanti.
    PPnya dari Narita Airport. Dan rencananya saya stay selama 9D8N di Tokyo (3D), Osaka (3D) + Kyoto PP, Hiroshima (1D), dan kembali ke Tokyo (2D).
    Yang jadi pertanyaan :
    1. Apa saya harus membeli JR Pass? Dan kalau iya, pendapat anda saya harus aktifkan di hari keberapa?
    2. Apa saya harus membeli Suica / Passmo? Karena saya berencana untuk keliling dalam Tokyo juga
    3. Untuk reservasi seat dengan JR Pass apa dapat dilakukan di hari ketika akan berangkat menuju kota lain? karena mengingat periode saya pergi sedang peak season.

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Avi, selamat siang 🙂

      1. Karena ada PP Tokyo-Kyoto/Osaka, lebih menguntungkan jika dengan JR Pass, apalagi ada rencana ke Hiroshima. Soal diaktifkannya kapan, kami butuh rencana detail kamu di Tokyo (khususnya 3 hari pertama dan 2 hari terakhir). Intinya, yang lebih sedikit memerlukan kereta ya tidak perlu menggunakan JR Pass. Jadi bisa pindah ke depan (dari day 1-7) atau mundur (aktif day 2-8 atau 3-9).
      2. Kalau mau keliling Tokyo bisa gunakan SUICA/PASMO buat kombinasi JR Pass. Jadi kereta yang tidak tercover JR Pass, naiknya pake SUICA/PASMO, sehingga tidak cape ngantri. Di Kyoto dan Osaka kamu bisa pake SUICA/PASMO juga buat naik bus/kereta swasta.
      3. Bisa. Tapi amannya, 1 hari sebelum untuk memastikan aja (kami sarankan). Karena mungkin aja semua orang berpikiran sama dengan Avi kan? 🙂

      Salam dan selamat datang di Jepang!

  35. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Ya Ibu jika naik kereta JR semuanya bisa tercover oleh JR Pass.
    Kereta terakhirnya adalah jam 23.16 jadi kami rasa cukup kalau mendarat di Narita jam 20.00.
    Jika mau cepat bisa naik Narita Express dari Narita Airport langsung ke Shinjuku. Kereta berangkat jam 20.44 dan 21.44.

  36. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Kalau berencana ingin ke Tokyo-Osaka-Kyoto, dan ingin cepat (dengan naik kereta) jauh lebih menguntungkan membeli JR Pass. Kalau mau murah, bisa coba naik bus malam. Sebagai perbandingan, kereta Tokyo-Kyoto harganya 13.080 durasi 2 jam, naik bus 4.000 yen durasi 8 jam. Apalagi Devi mau ke Gala Yuzawa. Ada baiknya beli JR Pass, karena ke Gala Yuzawa naik bus cukup merepotkan dan lama. Ada shinkansen langsung dari Tokyo sampai Gala Yuzawa.

    Daerah Koenji cukup dekat dengan Stasiun Shinjuku, namun kami butuh alamat apartemen yang lebih lengkap.

    Salam.

  37. sore saya mau tanya jika saya sudah beli PASMO/SUICA di narita itu sudah bisa saya gunakan juga untuk di kyoto,kobe,osaka dan untuk kereta ke kansai ? jadi saya tidak perlu membeli ICOCA lagi ? trima ksh

  38. Hai mohon info sy akan liburan ke tokyo saja.. Hotel sy di shinjuku.. Jika sy mau ke odaiba.. Sy mnggunakan monorel yurikamone dan turun di daiba station.. Apakah kartu pasmo sy bisa dgunakan untuk naik monorel? Atau harus beli tiket lain?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kartu pasmo bisa digunakan Hestytia, untuk membayar semua tiket kereta, bus, atau berbelanja di supermarket.
      Salam.

  39. Hallo,
    Saya & suami akan ke jepang tgl 30 Oktober – 6 November dengan itinerary
    Day 1: tiba di Osaka ( universal studio, dotonburi)
    Day 2-4: Kyoto ( Osaka castle ; lalu ke kinkakuji, fushimi Inari, lots of temples, etc)
    Day 4-7: Tokyo ( Disneysea, Mt. Fuji, etc)
    Pulang tgl 6 melalui Narita
    Suami menyarankan untuk beli JR pass & menurut aku tdk perlu.. Mana yg lbh baik? Nikah memang tidak perlu, kartu apa saja yg harus dibeli selama di Jepang?
    Terima kasih banyak

    • Ralat : jika tidak perlu JR pass, kartu apa saja yg harus dibeli selama di Jepang?
      Terima kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo ibu Nadya. Tidak perlu beli JR PASS. JR Pass untung kalau minimal naik Shinkansen Tokyo Osaka 2 kali. Kalau hanya keliling-keliling Osaka, Kyoto dan Tokyo rugi jika beli JR Pass. Kalau lihat dari itinerarynya cukup membeli kartu ICOCA untuk kereta Osaka dan Kyoto serta free pass bus Kyoto untuk liburan keliling tempat wisata di Kyoto.

      Tim Info Jepang juga punya beberapa contoh itinerary perjalanan di Kyoto supaya bisa mengunjungi banyak kuil sekaligus. Mungkin bisa jadi panduan.
      Salam

    • Jadi saya memakai kartu ICOCA selama di Osaka & dr Osaka – Kyoto lalu saya membeli free pass bus Kyoto selama di Kyoto? Apakah saya jg hrs membeli JR Kansai pass? Lalu free pass apa yg hrs saya pakai untuk 3hari selama di Tokyo? Setau saya ICOCA tdk bs di refund di Tokyo, apa yg hrs saya lakukan jika msh terdapat sisa saldo?
      Terima kasih lg atas pencerahannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. ICOCA dipakai supaya praktis naik kereta selama di Osaka, dan dalam perjalanan ke Kyoto. Untuk jalan-jalan di Kyoto bisa pakai free pass bus Kyoto (500 yen sehari), karena tempat-tempat wisata Kyoto lebih praktis dikunjungi dengan bus.
      Untuk kartu ICOCA memang refund 500 yen tidak bisa dipakai kalau kembali via Tokyo-Narita. Nanti kalau masih sisa saldonya bisa dibelanjakan untuk membeli makanan/minuman di minimarket. Sementara kartunya bisa jadi kenangan liburan di Tokyo.
      Untuk pertanyaan free pass di Tokyo, tergantung mau pergi ke mana saja.
      Salam

  40. Selamat Malam,
    Saya rencana ke Jepang selama 10 hari, rute tokyo-kyoto-osaka, apakah saya harus beli JR pass? atau beli tiket shinkansen tokyo-kyoto, kyoto-osaka? karena saya berencana akan singgah di kyoto juga selama 2 hari baru lanjut ke osaka. terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau hanya satu arah dari Tokyo-Kyoto-Osaka maka tidak perlu membeli JR Pass.
      Untuk transportasi dari Tokyo ke Kyoto bisa naik shinkansen atau bus malam yang harganya lebih murah.
      Sedangkan dari Kyoto Osaka tidak perlu shinkansen, sebab hanya 40 menit naik kereta.
      Salam

  41. Hi,

    Untuk kartu suica/pasmo bisa digunakan di Toei Line dan Tokyo Metro line ya? dan bila saya ingin ke haneda airport menggunakan keikyu apakah bisa menggunakan suica/ pasmo?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Benar, kartu Suica atau Pasmo bisa digunakan untuk naik kereta Toei Line dan Tokyo Metro line, termasuk juga untuk kereta Keikyu (Haneda-Shinagawa).
      Salam 🙂

  42. Selamat siang. Pada keterangan diatas ditulis bahwa kartu suica dan pasmo hanya bs dicetak di tokyo. Trip yg akan saya lakukan adalah tiba di kansai (osaka) – kyoto- tokyo. Jadi lebih baik saya beli kartu apa ya? Dan saya baca di kansai tidak bisa beli juga. Kalo utk perjalanan antar kota saya rencana pakai bus malam saja biar lbh hemat. Apakah bus malam bisa dibayar dengan suica juga? Thx.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Jika dari Kansai maka kartunya bernama ICOCA (sama seperti kartu suica/pasmo) hanya beda nama saja.
      Untuk bus malam, bisa dibayar pakai uang tunai Pak langsung pas naik bus ke supirnya/ yang menjaga halte.
      Itu lebih praktis daripada topup kartu di stasiun untuk bayar ongkos bus malam.
      Salam

    • Thanks respond nya. Kemudian untuk icoca apakah bisa digunakan juga di tokyo dan kyoto untuk kereta dan belanja di marketnya? Karena yang saya perhatikan bahwa di jepang banyak line dan dikelola oleh perusahaan2 berbeda. Jika bisa, mungkin begitu sampai di kansai kami langsung beli icoca dan digunakan sampai pulang nanti di tokyo. Thanks in advance.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa pak Edy. Kartu ICOCA itu sama persis dengan SUICA/ PASMO dari sisi penggunaannya. Bapak bisa pakai ICOCA untuk naik kereta JR, kereta swasta, dan bus (utamanya di Kyoto). Selain itu, bisa dipakai buat membeli barang di Lawson, Family Mart, Seven Eleven juga.

      Salam dan selamat liburan!

  43. selamat malam, bulan desember saya akan ke jepang turun di narita tgl 22 des, 5 hari di tokyo, kemudian ke rencana ke hakone, gotemba dan mt fuji, setelah itu lanjut osaka, dan pulang ke indo tgl 2 jan dari osaka. mohon sarannya kami ber 4 dewasa semua pakai kartu apa. terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Pak Handoko, saya lihat rencananya cuma Tokyo-HakoneGotembaGunung FujiOsaka. Bapak paling hanya perlu membeli Hakone Free Pass saja untuk perjalanan Tokyo-Hakone-Gotemba. Sisanya bisa menggunakan kartu SUICA/PASMO saja supaya tidak perlu mengantri saat membeli tiket kereta. Melihat dari rencana perjalanan bapak sekeluarga, jangan membeli JR Pass juga.

      Salam dan selamat liburan Pak!

  44. malam, bulan desember saya akan ke jepang turun di narita tgl 22 des, 5 hari di tokyo, kemudian ke rencana ke hakone, gotemba dan mt fuji, setelah itu lanjut osaka, dan pulang ke indo tgl 2 jan dari osaka. mohon sarannya kami ber 4 dewasa semua pakai kartu apa. terima kasih sebelumnya

  45. saya bln des akan liburan 14 hari menjenguk anak saya. rutenya beppu-osaka-kyoto- kobe- nagoya- shirakawao- tokyo. mhn saran lebih irit mana beli jr pass atau suica/pasmo. untuk anak saya yg kuliah di jepang pakai apa jr pass atau suica/pasmo

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mohon infonya lebih lengkap. Ibu naik pesawat mendarat di mana? Apakah langsung di Beppu?
      Lalu, anak ibu yang kuliah di Jepang tidak bisa pakai JR Pass, karena hanya untuk pemilik visa kunjungan sementara.
      Salam

    • Lea Purnama  |  

      Saya mendarat di Osaka. Dari Osaka mengunjungi anak saya yang kuliah di Beppu. Dari Beppu baru ke Osaka, Kobe, Kyoto dan Tokyo. . Saya sebaiknya beli JR Pass atau beli suica/pasmo. Untuk anak saya yang kuliah di Jepang sebaiknya beli apa. tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk Ibu Lea sendiri bisa membeli JR Pass, karena jatuhnya lebih murah bila rute perjalanannya seperti itu.
      Anak Ibu di Jepang TIDAK BISA beli JR Pass, jadi ya beli tiket shinkansen sendiri.
      Kalau ada pertanyaan2, atau ingin dibantu menyusun perjalanan Tim Info Jepang menyediakan bantuan tour Guide Online.
      Seperti apa itu bisa dibaca di halaman ini.
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Hakone sepertinya memang tidak ada. Tapi dari Odawara (dekat dengan Hakone di jalur Tokaido Line) ada satu bus, yakni Kinki Bus.
      Bisa dilihat di sini.
      Salam

  46. Oh iya aku sudah baca artikel mengenai danau kawaguchiko, apabila saya ingin kesana bisa yah menggunakan JR Tokyo Wide Pass tanpa perlu membayar tiket kereta lagi, benar kan? karena JR Tokyo Wide Pass tersebut memang men-cover kereta express, yang mana memang kereta tersebut memang bagian dari JR tokyo Wide Pass tersebut kan?

  47. Aku sudah baca – baca lagi mengenai kegunaan JR Tokyo Wide Pass yang hanya berlaku di area kanto, jadi selain ke Gala Yuzawa, JR ini juga dapat men cover area seperti : Gunma, Karuizawa dan Nikko betul gak? dan apakah untuk wilayah yang di cover tersebut saya tidak perlu membayar tiket kereta lagi?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya betul. JR Widepass juga bisa dipakai buat ke Nagano, Saitama, Niigata, Yamanashi, dan Shizuoka. jika naik kereta JR, Anggie tidak perlu membayar kereta lagi, cukup tunjukkan JR Tokyo Wide Pass nya.

      Salam dan selamat liburan!

    • anggie  |  

      Mau tanya lagi ya, klo dari haneda international airport ke daerah nihombashi, bila kita ingin menggunakan Keikyu Main/Airport Line Rapid, apakah bisa menggunakan kartu pasmo? kalau boleh tahu Keikyu itu apakah semacam subway?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa kok menggunakan PASMO/ SUICA buat naik kereta Keikyu. Keikyu sendiri kereta biasa kok, kayak KRL commuter line di Indonesia, cuma dia dioperasikan ama perusahaan swasta.
      Info lengkap akses dari Haneda bisa Anggie baca di sini juga ya: Panduan Lengkap Bandara Haneda

  48. Hi Nugroho,

    Thank you for your reply ya, untuk liburannya sendiri mungkin hanya di tokyo – Gala Yuzawa saja, karena rencananya mau dilakukan saat winter. oh iya untuk pasmo/suica nya bisa kita refund kan yah saat kita mau meninggalkan jepang? dan saya mau tanya satu lagi, sebenarnya di tokyo saat winter apakah turun salju?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Oh kalau begitu mungkin lebih pas membeli JR Tokyo Wide Pass yang men-cover seluruh kereta JR sampai ke Gala Yuzawa. Di Tokyo kota paling hanya turun satu kali dalam setahun, dan tidak sampai menumpuk di jalan. Jika ingin melihat salju bisa pergi ke arah pegunungan.
      Salam

    • anggie  |  

      Saya masih mau tanya lagi, boleh ya? jadi untuk JR Tokyo Wide Pass itu kita hanya perlu membayar tiket itu satu kali dan bisa men-cover seluruh kereta JR ya? termasuk bila kita ingin ke danau kawaguchi dan danau Ashinoko? apakah perlu melakukan isi ulang lagi seperti kartu pasmo/suica?

      Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Boleh saja Anggie

      Ya, tiket JR Tokyo Wide Pass itu bisa dibeli sekali saja. Harganya 10.000 yen untuk orang dewasa dan 5.000 yen untuk anak-anak. Masa berlakunya 3 hari penggunaan. Namun JR Tokyo Wide Pass hanya berlaku di area Kanto (Tokyo dan Gala Yuzawa) saja. Kalau mau danau Ashinoko (area Hakone) tidak termasuk cakupan JR Tokyo Widepass. Anggie harus membayar tiket kereta lagi.

      Untuk detail kereta/ akses perjalanan, bisa klik langsung di sini: Danau Kawaguchiko atau Danau Ashinoko.

      Salam dan selamat liburan!

  49. hi, salam kenal, saya ada rencana ke jepang, yang saya mau tanya adalah apa perbedaan tiket tokyo subway dan pasmo/suica? bila saya berencana liburan di jepang selama 7 hari, tiket mana yang lebih baik saya beli?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Angie, salam kenal juga.

      Tiket tokyo subway itu cuma bisa dipakai untuk naik kereta Tokyo Metro dan Toei Subway saja, itupun dengan masa berlaku 1-3 hari saja. Sementara untuk Suica/Pasmo bisa digunakan untuk naik semua jenis kereta. Saran Tim Info Jepang, Anggie lebih baik membeli Pasmo/Suica saja di mana tidak ada batasan masa berlaku tiket. Selama saldo masih mencukupi, Anggie bisa naik kereta sepuasnya di seluruh Jepang.

      Btw, liburan di Jepang selama harinya mau kemana aja? Kalau Tokyo-Kyoto atau Osaka, mungkin bisa dipertimbangkan membeli Japan Rail Pass/ JR Pass.

      Salam.

  50. Elinar Heryawan  |  

    Haii salam kenal. Saya besok akn brgkt ke Jpg 8-18 Juli. Saya msk dari Osaka dan keluar dari Tokyo Haneda. Plan saya tgl 9-11 saya muter di Osaka standard lah Osaka Castle, umeda, dotonbori, universal studio, namba, shinsaibashi, dendentown,shitenoji temple. Tgl 11 saya pindah ke Kyoto. Standard Fushimiinari, Gion, Kyozimidera, arashiyama. Di kyoto sampai tgl 13 mlm. Karena 13 mlm saya naik whiller ke Tokyo (whiller sdh beli dari jkrta). Tgl 14-16 saya di Tokyo dan whiller bus nya sampai di Disneyland station. Brhbg blm bs check in saya akn explore Tokyo dl trmsk ke Odaiba, asakusa, akihabara, shinjuku, tokyo sky tree, shibuya, harajuk, lake kawaguchiko. Tgl 16 mlm saya balik ke Jkrta via Haneda. Jd pass apa yg sebaiknya saya gunakan utk explore sesuai plan saya diatas? Oh ya saya sdh punya Pasmo baru diisi 1000 yen saja tapi krna itu titip dari tmn jd struk pembeliannya tdk ada, apa bisa juga direfund depositnya tnpa struk?? Trma ksh sblmnya…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau plannya seperti itu tidak perlu pakai free pass (karena hanya mengelilingi kota Osaka, Kyoto, dan Tokyo).
      Mau tanya ke danau Kawaguchi-ko naik apa? Apakah naik bus atau kereta? Kalau naik bus berarti cukup pakai Suica/ Pasmo, tapi kalau naik kereta bisa pertimbangkan menggunakan Tokyo Wide Pass.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kartu suica/ pasmo bukan dibuat, melainkan dibeli. Bisa dibeli di Stasiun Shinjuku, Tokyo, Bandara Haneda, atau Bandara Narita.
      Kalau flightnya langsung ke Sapporo/ Hokkaido, bisa beli kartu SAPICA (Sapporo Municipal Transportation) atau Kitaca di Stasiun Sapporo dan Bandara Shin-Chitose.

      Salam dan selamat liburan!

  51. hallo selamt sore, sy tgl 29 mau jepang
    kota yg sy kunjungi adalah tokyo dan yokohama
    sy mau tny apakah suica/pasmo bisa digunakan di yokohama?
    dan apakah suica/pasmo bisa digunakan di seluruh jenis kereta di jepang (termasuk JR)?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sore juga Alex,
      Semua kota sekarang sudah menerima kartu Suica/ Pasmo, dan kita bisa menggunakan kartu Suica/ Pasmo untuk naik semua kereta termasuk bis kota

      Salam

    • Oh berarti smua kereta dan bus bisa ya? Krn sy ad smpt baca artikel. Kalo pasmo ga bs yg JR. Ok kalo bgt, thanks bgt infonya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo galih, sepertinya bisa. Kartu Suica/Pasmo itu sebagai pengganti tiket saja. Intinya gak perlu membeli tiket setiap kali naik kereta. Namun, kalau galih mau, bisa beli tiket terusan/ langganan untuk 1 jalur di Stasiun Kereta kok (untuk pemakaian 1 bulan atau 6 bulan). Ada potongan harganya juga. Kalau suica/pasmo gak ada potongan harganya

      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Yang kami maksudkan dalam artikel ini adalah kartu suica/pasmo hanya untuk wisata di Jepang. Namun, tersedia juga kartu pasmo/suica khusus teikiken (berlangganan). Kamu bisa pergi ke stasiun terdekat, memberitahu pemakaian antara stasiun apa dan stasiun apa, dan pemakaian berapa bulan (1, 3, 6 bulan). Kalau mahasiswa bisa mendapatkan potongan asal ada surat dari kampus. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      ICOCA adalah kartu IC sama seperti kartu elektronik kalau naik KRL Jabodetabek. Sedangkan Osaka Amazing Pass adalah tiket terusan untuk naik kereta dan bus di Osaka sepuasnya dalam 1 atau 2 hari. Karena Emilia sudah punya JR Pass, tidak perlu membeli lagi kartu ICOCA atau Osaka Amazing Pass, semua sudah tercover JR Pass. Jika ada pertanyaan lainnya silakan, kami siap menjawab.

  52. Hi saya emilia,
    Saya, suami & anak” ( total 5 orang) akan tiba di kansai, osaka tgl 9 juli’16 jam 08.45 Rute kami osaka tokyo mt fuji kyoto osaka selama 9 hari. Tgl 9-11 juli osaka, tgl 11-15 juli tokyo, tgl 15-17 juli osaka. Kami sdh membeli JR Pass 7 hari & akan digunakan ketika ditokyo sampai kembali lagi ke osaka. Penginapan kami di nishinakajima, osaka-shi. Yg ingin saya tanya kan selama 2 hari pertama di osaka sebaiknya saya membeli icoca atau bagaimana, dari airport kansai ke osaka-shi kira” memakai apa ya? Kira” dgn rute yg disebutkan tadi sdh tepatkah membeli JR Pass? Mohon pencerahannya, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo emilia, jika rutenya seperti diatas naik shinkansen dua kali, maka membeli JR PASS adalah keputusan yang sangat tepat.
      JR Pass bisa langsung diaktifkan di Kansai Airport untuk digunakan naik kereta ke pusat kota Osaka yakni kereta ekspress Haruka sampai stasiun Shin Osaka (info lengkapnya bisa dibaca disini: Akses dari Kansai Airport ke Osaka)

  53. Halo numpang nanya, apakah kartu SUICA bisa digunakan untuk bayar taksi? Saya sedang ada di Osaka dan main di USJ, rencananya kalau anak-anak cape pengen balik ke hotel pake taksi saja, thanks!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa Risa, SUICA/ ICOCA bisa digunakan untuk membayar taksi.
      Salam dan selamat liburan!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pada dasarnya seluruh kartu suica bisa dipakai di seluruh kota di Jepang, jadi tentu bisa ditopup dimana pun.
      Salam

  54. Hallo, saya mau bertanya. Saya bersama teman akan ke Jepang tanggal 27 Agustus – 2 September 2016. ini perjalanan pertama kami ke Jepang. Rutenya Osaka-Kyoto-Tokyo. Pertanyaannya kartu apa yang sebaiknya kami gunakan, karena kami berencana tidak membeli JR Pass, dan menurut penjelasan admin, SUICA atau PASMO tidak bisa di cetak di Osaka, sedangkan kami akan start dari Kansai Airport :

    1. Dari Kansai ke Namba Station kami harus membeli kartu apa? Selama di Osaka kami hanya akan ke Dotonburi, Americamura, Shinsaibashi & Osaka Castle.
    2. Dari Osaka kami akan lanjut ke Kyoto untuk mengunjungi Fushimi Inari, Gion, Arashiyama Bamboo Forest & jalan-jalan sekitar kota Kyoto.
    3. Dari Kyoto kami akan lanjut ke Tokyo, menginap di Asakusa, kemudian rencana mengunjungi Mount Fuji & Kawaguchi Lake plus hari terakhir ke Shibuya.
    4. Pulangnya dari Asakusa – Haneda Airport (makan waktu berapa lama ya?)

    Mohon pencerahannya, karena transportasi di Jepang ternyata lumayan bikin pusing 🙂

    Thank you!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Irma, salam
      Kalau dilihat dari rute perjalanannya, sepertinya bisa kok tanpa kartu SUICA atau PASMO. Karena pada dasarnya kedua kartu itu hanya untuk mempermudah kita aja liburan di Jepang. Catatan:kartu SUICA/PASMO hanya bisa dicetak di Tokyo dan sekitarnya, kalau di Kansai namanya ICOCA card. Soalnya bisa buat bayar kereta (tinggal tap/ kayak di krl commuter line Jakarta), bisa juga buat belanja minuman di minimarket.
      Ini saran dari kami:
      1. Kansai ke Namba bisa naik kereta ekspress Nankai ke Stasiun Namba (45 menit, harga tiket 920 yen). Baca juga objek wisata di Namba yang bisa jadi referensi kamu.
      2. Osaka ke Stasiun Kyoto bisa naik kereta JR Kyoto Line, tiketnya 560 yen. Bagusan naik JR, karena harganya lebih hemat dan bisa dari Stasiun Osaka.
      3. Kyoto ke Tokyo pas banget buat nyoba shinkansen, tiketnya 13.080 yen. Tidak perlu JR PASS, karena rugi. Tiket kaunter bisa dibeli di kaunter (ada petugas bisa bahasa inggris) dan bisa bayar tunai.
      4. Asakusa ke Haneda bisa naik kereta Toei Line disambung kereta Keikyu (perlu transit di Sengakuji), lama perjalanannya setahu kami 45-50 menit sampai di haneda.

      Salam dan selamat liburan!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tambahan lagi mengenai kartu-kartu untuk kereta:
      Kalau mencetak ICOCA di Osaka-Kyoto (Kansai), tidak bisa direfund di Tokyo (tujuan akhir), karena pada dasarnya semua kartu hanya bisa direfund di mana kartu dicetak.

    • Thank you mas nugroho for your quick response 🙂
      Boleh nambah lagi ya pertanyaannya biar tambah yakin :

      1. ICOCA bisa digunakan dari Kansai Airport – Namba, apakah juga bisa di gunakan untuk bus keliling Osaka? (soalnya mas hanya bilang bisa buat bayar kereta). Harga 920 yen hanya untuk sekali jalan Kansai – Namba? atau saya bisa isi ulang lagi buat jalan-jalan sekitar Osaka? Dimana sebaiknya isi ulang ICOCA?
      2. Apakah JR Kyoto Line seharga 520 yen hanya dari Namba Station – Kyoto Station? Kalo iya, lantas untuk ke Arashiyama Bamboo Forest, Fushimi Inari & Gion, berarti saya harus beli lagi Kartu 1 Day Pass untuk naik bus & kereta di Kyoto? Kalo iya, berapa harga Kartu 1 Day Pass? Apakah bisa di refund?
      3. Apakah shinkansen Kyoto – Tokyo harus beli & booking seat sehari sebelumnya? Berapa lama waktu perjalanannya? dan bolehkah saya di share estimasi jam2 keberangkatan shinkansen seharga 13.080 yen ini? Prefer siang hari.
      4. Kereta Toei Line dari Asakusa ke Haneda apakah harus beli & booking seat sehari sebelumnya? Bisa bayar tunai? dan ketika transit di Sengakuji, apakah kita duduk manis aja di kereta selama transit atau harus ganti kereta lagi? boleh di share jam keberangkatannya dari Asakusa? karena kami rencana mau berangkat ke Airport jam 5 sore.

      Maaf kalo pertanyaanya detail ya mas. Karena semua penjelasan mas nugroho akan jadi petunjuk buat kami supaya gak bingung ketika udah di Jepang dan langsung bisa menikmati liburan kami tanpa harus puyeng mikirin transportasi 🙂

      SEKALI LAGI…TERIMA KASIH BANYAK! your explanation means a lot for us!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pertanyaannya akan saya jawab sebentar lagi ya bu.
      Karena pertanyaannya agak jauh menyimpang dari tema artikel tentang kartu SUICA dan PASMO maka saya menganjurkan Ibu untuk mencoba Tour Guide Online Info Jepang. Jika ada pertanyaan, Ibu tidak perlu cape tulis pesan di web, tinggal chat via Whatsapp saja. Gampang dan praktis, juga bisa langsung dijawab. Nanti saat di Jepang pun, kalau perlu darurat, bisa menelepon via chat call whatsapp. Informasi selengkapnya bisa dibaca di halaman ini: TOUR GUIDE ONLINE. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Kartu ICOCA bisa dipakai untuk naik kereta/bus beli-beli di supermarket.
      Tiket 920 yen adalah tiket kereta ekspress Nankai dari Kansai Airport sampai ke Nanba. Ibu bisa beli tiket atau tap dengan kartu ICOCA (harga tiket dan pakai ICOCA sama). Bisa di isi ulang di semua stasiun di kota Osaka.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      2. 560 yen adalah tiket dari Osaka Station ke Kyoto Station (pertanyaan awal Ibu).
      Sedangkan, tiket dari Namba Station jika naik JR Line kena 920 yen sampai Kyoto
      Jika naik subway midosuji Line via Umeda harganya 800 yen (cuma harus pindah di Umeda–agak ribet karena stasiun besar).

      Arashiyama paling mudah ditempuh naik kereta JR LINE begitu juga dengan Kuil Fushimi Inari. Jadi tidak bisa menggunakan 1 Day Pass untuk naik bus& kereta, karena tiket tersebut hanya mencakup bus dalam kota Kyoto dan kereta subway kyoto (tidak menuju ke Arashiyama dan Kuil Fushimi Inari). Untuk mengelilingi tempat wisata di Kyoto, Kuil Kiyomizudera, Kuil Paviliun Emas Kinkakuji, dan lain-lain bisa pakai 1 one pass untuk bus saja, seharga 500 yen. Bisa dibeli di stasiun Kyoto dan tidak dapat direfund.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      3. Tiket Shinkansen bisa dibeli saat akan pergi. Perlu dicatat tiket 13.080 yen ini adalah free seat, jadi tidak pakai booking seat. Tiket dengan reserved seat harganya lebih mahal 13.910 yen. Jika perlu booking, bisa disampaikan juga saat beli tiket shinkansen. Waktu perjalanan adalah 2,5 jam sampai ke Tokyo. Ibu tidak perlu kuatir karena Shinkansen berangkat tiap 5-10 menit sekali. Untuk siang hari: 11.36, 11.53, 11.56, 12.05, 12.18, 12.26, 12.33, 12.36, 12.45, 12.53, dst.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      4. Toei dari Asakusa ke Haneda adalah kereta lokal, naik tap kartu ic atau dengan beli tiket dengan uang tunai, tidak bisa booking. Dari Asakusa, ibu silakan naik kereta yang langsung menuju ke Haneda Airport (ada keterangan di papan pengumuman), jadi bisa duduk manis saja sampai Haneda. Jam 5 itu dari Asakusa? Atau di Haneda? Jam keberangkatan dari Asakusa: 15.02, 15.09, 15.22, 15.29, 15.42, 15.49, 16.03, 16.24, 16.38, 16.49, 16.59, 17.18, 17.28.

    • Terimakasih mas nugroho 🙂
      Detail banget penjelasannya dan sangat membantu buat jadi pegangan kami selama liburan di Jepang. Sekali lagi, thank you!

  55. bagaimana kalau mengenai perjalan osaka-kyoto?
    apakah juga memerlukan jr pass atau bisa menggunakan suica saja?
    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Halo, sepertinya ingrid belum paham perbedaan penggunaan JR Pass dan suica.
      JR PASS adalah tiket terusan, harganya mahal (paling murah 3 juta). Cocok digunakan jika kamu pergi berkeliling 3-4 kota di Jepang selama liburan. Mengapa dibilang cocok? Karena jika harus membeli tiket kereta shinkansen antar kota harganya jauh lebih mahal dibandingkan bila pakai JR PASS.
      Suica hanyalah kartu pengganti uang membayar tiket, sehingga kita tidak perlu beli tiket tiap naik kereta, cukup pip saja. Suica cocok untuk berkeliling dalam 1 kota, misalnya berkeliling kota Tokyo atau berkeliling kota Osaka atau Kyoto.

      Kalau hanya dari Osaka ke Kyoto, cukup beli tiket/ suica. Tidak perlu JR PASS

  56. halo saya mau bertanya apabila saya menggunakan suica apakah saya bisa menggunakannya untuk perjalanan dari osaka ke kyoto?
    lalu kalau saya akan melakukan perjalanan dari osaka ke tokyo apakah saya bisa menggunakan suica atau saya perlu beli shinkansen nozomi?
    terima kashi

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Untuk naik shinkansen dari Osaka ke Kyoto, bisa saja menggunakan suica, namun akan ribet karena kerja dua kali: mengisi suica lalu membeli tiket shinkansen. Lebih baik langsung ke kaunter JR (ada di seluruh stasiun besar) dan membelinya tunai disana.
      Tapi perlu dicatat jarak Osaka dan Kyoto sangat dekat, tanpa Shinkansen pun kita bisa pergi ke sana (hanya 1 jam menggunakan kereta biasa)
      Salam

  57. Hi…
    Sy rencana ke jepang tgl 13-20 agustus.
    Tiba di bandara haneda pukul 08.00
    Dari haneda mo lgsg bli kartu suica n ke asakusa
    1. Dari haneda ke asakusa naik kereta apa?
    2. Bgmn cara mengetahui bhw kereta trsebut tujuan kmn? Apakah saat diatas kereta akan ada pengumuman bhw akan berhenti di stasiun apa?
    3. Sy berencana ke odaiba. Blh tau transportasi ke sana naik apa?
    4. Tokyo-kyoto sy akan naik willer express. Tempat tunggu bus nya di st. Tokto tajibashi lot. Boleh info ttg tempat nunggu bus willer ini?
    Arigatou

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Halo Ibu Halija.
      1. Dari Haneda bisa naik kereta Keisei Line langsung ke arah Tokyo Sky Tree atau Aoto, dan turun di stasiun Asakusa.
      2. Cara mengetahui naik kereta yang mana pertama bisa menanyakan ke petugas stasiun saat hendak lewat pintu karcis. Lalu bisa juga melihat di papan pengumuman jadwal kedatangan kereta di peron (ada tulisan bahasa Inggris di Haneda Airport Station)
      3. Perjalanan Odaiba dari mana? Bisa tolong memberitahu untuk informasi lengkapnya?
      Paling mudah naik Tokyo Rinkai Line yang menghubungkan Shinjuku Station dan Kiba Station dekat Tokyo Disneyland.
      4.Mungkin yang ibu maksud bukan TAJIBASHI namun KAJIBASHI. Untuk ke sini, ibu bisa keluar di Yaesu Exit Tokyo Station lalu jalan ke arah kanan terus sampai bertemu lampu merah. Tempat parkir di seberang lampu merah adalah Tokyo KAJIBASHI PARKING LOT.

      Untuk informasi lebih lanjut, Tim Info Jepang menawarkan panduan tour online perjalanan selama di Jepang.
      Ibu bisa menghubungi 0818.221.505 via whatsapp.

      Salam!

  58. Halo, saya mau nanya, sy berencana ke jepang, lwt Haneda, krn saya akan ke Osaka lalu balik lagi ke Tokyo makanya saya membeli JR Pass yg seharga 29.000 yen, apakah saya juga bisa memakai JR pass utk keliling Tokyo juga tanpa saya harus membeli Suica/Pasmo?
    Terima kasih atas infonya.

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Jika sudah memiliki JR Pass, tidak perlu lagi membeli Suica/ Pasmo karena fungsinya sama. Selama JR Pass masih aktif (masa aktif kartu 7 hari), Lydia bias menggunakannya sebagai pengganti karcis kereta. Cukup tunjukkan kepada petugas di stasiun yang berjaga dekat pintu manual.

      Salam dan selamat liburan di Jepang 🙂
      Tim Info Jepang

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Hallo stella,

      Kartu suica atau pasmo bisa direfund di seluruh kota di Jepang, termasuk Kyoto atau di Narita (sebelum kembali ke Indonesia)

  59. stella belinda  |  

    halo.
    saya sedang di tokyo dan saya tidak tahu kalo membeli shinkansen tiket tidak bisa menggunakan suica. saya sudah terlanjur mengisi saldo sesuai dengan harga tiket shinkansen. Bisa saya merefund kembali isi yg di dalam suica card saya? di mana saya harus merefund nya? dan kira-kira apa yang harus saya katakan kepada mereka? terimakasih. sangat perlu bantuannya karena uang cash saya sangat terbatas.

  60. Halo,mohon pencerahannya. Jika saya mau trip start mulai dari osaka, nara, kyoto, lalu ke tokyo lebih baik menggunakan jr pass atau suica? Bingung soalnya ini..

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Suica dan Pasmo secara umum memiliki fungsi yang sama dengan JR Pass. Namun penggunaan keduanya berbeda fungsi. Suica dan Pasmo digunakan untuk perjalanan dalam kota (baik dengan kereta atau bis), sementara JR Pass digunakan untuk bepergian ke kota lain, seperti Tokyo-Kyoto, Tokyo-Osaka, atau Tokyo-Sapporo. Keduanya bisa dipadukan agar dapat bepergian dengan lebih mudah dan murah. Misal ingin berkeliling objek wisata di Kyoto Osaka dan Nara. Khusus di Kyoto dan Nara, sangat kami rekomendasikan menggunakan Suica, karena mayoritas objek wisata di Kyoto atau Nara dicapai dengan bus (tentu ribet membeli tiket setiap kali ingin berpindah).

      JR Pass bisa dipakai untuk perjalanan Tokyo-Kyoto atau Tokyo-Osaka. Namun, jika hanya perjalanan satu arah, seperti Kyoto-Tokyo lalu pulang ke Indonesia, lebih baik membeli tiket kereta biasa saja. Untuk tiket normal (1 kali perjalanan Kyoto-Tokyo 13.080 yen), sementara untuk JR Pass paling murah sekitar 29.000, dan baru bisa dikatakan “impas” setidaknya untuk membeli tiket PP Kyoto-Tokyo-Kyoto, misalnya.

      Salam dan selamat liburan!

  61. Denny Prasetyo  |  

    halo, saya mau tanya nih akhir mei nanti saya mau ke jepang via haneda dan menginap dikawasan shinagawa, saya berencana menggunakan kereta dari bandara haneda ke hotel nya, dan dimanakah saya bisa membeli pertama kali kartu suica / pasmo. dan soal wifi portable saya dapat info kalau tiap akhir bulan akan restart menjadi 0 lagi, adakah tips buat saya untuk internet yang akan saya pergunakan karena lintas bulan.

    terima kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      1. Kartu Suica/pasmo bisa dibeli di stasiun kereta Keisei/ Monorail di Haneda Airport.
      2. Untuk layanan internet (wifi portable) ketentuan tiap provider/pengelola berbeda-beda. Untuk agen Pupuru, jika berganti bulan kita otomatis mendapat jatah full untuk bulan berikutnya. Contoh yang ditulis di halaman FAQ Pupuru misalnya, jika rentalnya dari 20 Maret sampai 10 April (30 hari), maka kita bisa menggunakan maksimum pemakaian data 10 GB di bulan Maret dan 10 GB di bulan April (halaman FAQ).
      Salam juga.

  62. Rika Yuliawati Yusuf  |  

    oiya..satu lagi kalau berkunjung ke kuil-kuil boleh atau tdk masuk menggunakan pakaian dgn celana pendek?thanks

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Mengenai berkunjung ke kuil, jika hanya berfoto atau melihat di luar, masalah busana tidak jadi masalah. Tapi jika membayar tiket masuk dan masuk ke dalam kompleks bangunan kuil, biasanya kita diminta memasukkan sepatu ke dalam kantong plastik yg disediakan, dan bermacam2 hal lain untuk dapat masuk kuil. Itu karena kuil adalah tempat ibadah suci dan khusyuk. Khusus mengenai celana pendek boleh atau tidak, Tim Info Jepang tidak bisa memberi jawaban pasti, hanya pasti ada pengawas yg menjaga dan bisa jadi melarang.

      Salam dan selamat liburan!

  63. Rika Yuliawati Yusuf  |  

    yg sy agak bingung ada ya kartu suica untuk anak?apa pd saat beli di mesin ada pilihan kartu suica yg buat anak?thanks

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Mulai dari april 2014, suica untuk anak dibawah 12 tahun sudah bisa dibeli di kaunter/meja informasi turis bewarna hijau (midori no madoguchi dlm bahasa Jepang). Tiket suica ini memang tidak dijual di mesin.

  64. Rika Yuliawati Yusuf  |  

    halo kalau untuk anak 11 tahun apakah perlu kartu suica/pasmo?atau lebih baik beli tiket kereta untuk 1x pemakaian saja?krn katanya kalau anak yg masih SD harga tiket kereta bisa setengah harga org dewasa

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Untuk anak kecil di bawah sekolah dasar tidak dikenakan biaya. Benar, pelajar SD (anak 11 tahun masuk ke sini) dikenakan tiket anak yang harganya setengah harga tiket dewasa, sehingga saldo kartu SUICA akan terpotong setengahnya. SUICA sangat berguna jika hendak berjalan-jalan di sekitar Tokyo, selain tidak perlu mengatri setiap kali naik kereta, ada potongan yang diberikan juga. Kalau ada sisa saldo, bisa diuangkan juga.

      Semua tergantung rencana liburan, kalau hanya mengunjungi 2-3 tempat saja, tidak perlu membeli suica. Namun, jika banyak tempat, lebih bagus membelinya.

      Selamat liburan, salam.

  65. Saya dan keluarga berencana liburan ke Osaka, Kyoto, Nara, Hakone, dan Tokyo.
    Apa kartu suica/pasmo sudah bisa mencakup semua daerah tersebut? Lalu, apa bisa digunakan untuk baik subway atau JR di tiap kota tsb?

    Thank you

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Hi, Karina, kamu berangkat dari mana? Apa dari Tokyo?

      Suica/ Pasmo bisa dipakai di semua jaringan kereta JR, Subway, Bus kota (terutama di Kyoto, Nara, dan Hakone yang mayoritas objek wisatanya dicapai dengan bus atau subway). Namun, kalau melihat rencana liburan Karina, kami menyarankan untuk membeli tiket JR Pass. JR Pass itu menawarkan paket murah perjalanan Tokyo-Kyoto-Osaka-Nara dengan kereta. Mudahnya gini, yang harusnya 15.000 yen jika dengan tiket biasa, dengan JR Pass kita cuma membayar 20.000 untuk PP. Lengkapnya bisa baca di FAQ Terlengkap Japan Rail Pass

      Kalau mau tanya2 lagi, hubungi kami bisa ke 0818.221.505, Kami punya layanan Tour Guide Online yang siap membantu liburan dari persiapan bahkan nanti menjelaskan cara menuju lokasi objek wisata di Jepang ke Karina dan keluarga.
      Salam dan selamat liburan!

    • karina  |  

      Berangkat dan menginap di osaka lalu tektok ke nara dan kyoto. Terus lanjut ke hakone kemudian tokyo dgn total hari 10. Jadi baiknya pakai jr pass kemudian sisa 3 harinya gimana ya?

      Thank you

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Hakone bisa ditaruh di 3 hari terakhir, di mana kamu bisa beli Hakone Free Pass yang berlaku2 atau 3 hari. Hari terakhir rasanya kamu bisa berkeliling di Tokyo di mana ada JR Yamanote Line mengelilingi Tokyo murah kok. Ada banyak taman atau objek wisata juga seperti asakusa atau ginza atau shinjuku yang bisa dikunjungi.

  66. Hai, saya mau ty 26 Juni sd 05 Juli saya akan ke Jepang, Apakah di tanggal tersebut saya bisa mengunjungi Tateyama ( alpine route ) dan saya berangkat dari Kyoto bagaimana menuju ke Tateyama ? Mohon di balas, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Jika ingin berjalan di antara tembok salju (Yuki no Tani no Wo-ku), tahun 2016 diadakan mulai dari tanggal 16 April 2016 hingga 22 Juni 2016, jadi jika datang tanggal 26 juni sudah tidak bisa ikut acara ini. Informasinya bisa dilihat di artikel ini. Namun, jika hanya ingin melihat panorama dan coba menjajak rute Tateyama Kurobe Alpine, bisa dilakukan setiap hari selama musim panas.

      Berikut adalah rute perjalanan dari Kyoto Station sampai ke Tateyama di ujung Tateyama Kurobe Alpine.
      Dari Kyoto Station naik kereta JR Ekspress Tokaido-Sanyo Line sampai ke Tsuruga Station di Prefektur Fukui.
      Dari Tsuruga Station naik kereta JR Hokuriku Line sampai ke Fukui Station
      Dari Fukui Station melanjutkan JR Hokuriku Line sampai ke Kanazawa Station
      Dari Kanazawa Station naik kereta IR Ishikawa Line sampai ke Toyama Station
      Pindah ke stasiun Toyama Dentetsu , naik kereta Toyama Subway line sampai ke Tateyama Station

      Salam.
      Jika ada pertanyaan lainnya, Tim Info Jepang siap membantu

    • Ageng  |  

      Halo, saya juga ada rencana dari kyoto ke tateyama lalu ke tokyo, dengan rute kereta seperti di atas, kartu pass apa yg harus di beli ?
      Budget dan waktu perjalanan mungkin bisa di jelaskan lebih detail ?
      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Rute bapak berarti dari Kyoto-Tateyama-Kyoto? Dan tidak kembali lagi ke Kansai? Kalau begitu bapak bisa membeli Tateyama Kurobe Option Ticket. Jika Bapak menginginkan detail perjalanan bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang.
      Salam.

  67. Hi, salam kenal. Terima kasih atas info yg sangat bermanfaat ini,
    Akhir september ini saya akan ke Tokyo dan Osaka, bersama Istri dan anak perempuan saya. Tempat yg pasti kami kunjungi adalah Disney sea dan universal studio.

    Pertanyaan saya:
    1. Karena anggota keluarga saya ada 3, apakah saya harus membeli 3 kartu Pasmo?
    2. Saya berencana ke Osaka naik bullet train, apakah kartu pasmo bisa dipakai utk bullet train? Kalo tdk bisa dimana saya bisa beli tiketnya? Apa perbedaan antara reserve seat dg unreserve seat?
    3. Apakah kartu pasmo bisa di refund di Osaka?
    4. Saya baru kali ini liburan ke jepang, sebaiknya saya memilih hotel didaerah mana selama di tokyo dan Osaka?

    Terima kasih sebelumnya atas info dan bantuannya.

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Selamat malam Bapak Heryono.
      1. Penggunaan kartu Pasmo adalah pada dasarnya 1 kartu untuk satu orang kalau anak bapak sudah dewasa (SMA keatas). Tapi kalau masih SMP ke bawah, lebih bagus membeli pasmo/suica untuk Bapak dan istri, sedangkan anak bisa beli tiket sendiri karena ada potongan harga tiket 50% untuk anak-anak.
      2. Harga tiket shinkansen sekitar 1 juta untuk satu orang dari Tokyo ke Osaka, dan sangat ribet jika harus membayar pakai Pasmo. Untuk tiket Shinkansen bisa dibeli di meja kaunter JR yang ada di semua stasiun besar. Bisa juga melayani pembelian dalam bahasa Inggris. Tinggal mengatakan tujuan Shinkansen, dan bisa bayar tunai langsung ke kaunter.
      3. Kartu pasmo bisa direfund di seluruh kota di Jepang.
      4. Jika di Tokyo, lebih baik memilih hotel di daerah luar metropolitan Tokyo, dan jangan di tempat terkenal spt Shinjuku, Shibuya dll karena sudah pasti mahal dan sering penuh. Di Osaka, bisa menginap di daerah utara, jangan di Shin Osaka atau Umeda. Bapak bisa mencarinya dari hotel-hotel di website ini yang sudah diatur oleh sistem untuk menampilkan hotel yang dekat tempat wisata dan dengan harga murah.
      Jika ada pertanyaan lebih lanjut atau ingin informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0818221505 (WA/line) di Tim Info Jepang, kami siap membantu.
      Salam.

  68. Hi saya butuh info dari hotel asia center of japan (daerah minato-ku) ke haneda airport (terminal internasional) sebaiknya naik apa dan rutenya via stasiun mana saja? Dan 1 hal lagi flight saya balik jkt, jam 11 siang, sebaiknya jam brp saya harus ke airporr Haneda, mohon infonya , trimakasih

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Bisa dengan naik kereta.

      Pertama, jalan kaki ke Stasiun Aoyamaicchome (jalan kira-kira 700-800 meter ke arah utara), kemudian naik kereta Oedo Line dan turun di stasiun Daimon. Di stasiun daimon kemudian naik keikyu line sampai ke Haneda. Kira-kira waktu perjalanan dengan naik kereta 1 jam 20 menit (sekitar 80 menit). Jika flight jam 11 siang, baiknya berangkat sekitar jam 8 pagi atau paling telat setengah sembilan

  69. Hai,
    Mohon maaf sy mau tanya, tgl 10-17 sy akan pergi ke jepang, dan rencana hanya keliling tokyo saja.
    Lbh baik saya membeli suica atau membeli tokyo wide pass jg ya?
    Rencana rute kel tokyo – fuji – gotemba – ashikaga – tateyama ( kalau bisa) ,dan untuk penginapan lebih baik di daerah mana ya yg strategis mba, krna flight saya sampai hnd di jam 22.30 . Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Kalau boleh tahu tanggal 10-17 apa ya? Mei kah? Atau bulan apa ya? Kalau hanya berjalan-jalan di kota Tokyo lebih baik menggunakan SUICA.
      Suica digunakan sebagai pengganti uang kertas dan dapat dipergunakan di seluruh jalur kereta dan bus dalam kota.

      Sedangkan JR Pass lebih tepat ketika dipakai berkeliling kota di Jepang (antar kota dan antar prefektur), karena dengan menggunakan JR PASS ongkos kereta akan jadi lebih murah. Kalau rencana ingin sampai ke Fuji dan Gotemba, lebih bagus membeli JR Pass-Tokyo wide pass.

      Kalau untuk hotel bisa di daerah Tokyo, karena masih tersedia kereta atau bus sampai tengah malam, silahkan klik di sini untuk panduan dari Bandara Haneda dan juga ada link hotel terdekat nya juga http://infojepang.net/panduan-lengkap-bandara-haneda/

      Oiya, kami punya layanan Tour Online Info Jepang, bisa tanya apapun, silahkan hubungi nomor 0818.221.505, kami siap membantu merencanakan perjalanan ke tempat-tempat yang diinginkan.

      Selamat liburan, dan salam!

  70. Hai, saya syifa.

    tgl. 17 – 24 rencana saya ke tokyo, osaka dan kyoto apakah dengan pasmo bisa lebih irit dalam hal transport? karena tadinya saya mau beli 3 days pass metro subway 1500 yen dan sisanya jr beli satuan saja. kira-kira lebih praktis dan hemat yg mana ya mbak??

    thank you in advanced

    • Info Jepang  |  

      Jika bicara praktis dan hemat, tentu jawabannya 3 days pass metro subway. Hanya perlu diingat bahwa tiket jenis ini hanya berlaku di jalur kereta Tokyo Metro dan Toei Subway, padahal mungkin ada banyak objek wisata yang tidak dilalui kereta ini seperti Tokyo Disneyland dll. Untuk liburan di Osaka dan Kyoto, bisa juga membeli Kansai Free Pass atau Osaka/Kyoto Free Pass.

    • asyifa dyah m  |  

      terima kasih mbak untuk jawabannya.
      untuk beli tiket satuan JR bisa juga kan ya Mbak?
      karena sepertinya tempat yang saya ingin kunjungi tidak semua bisa menggunakan metro subway (saya cek di hyperdia).
      kira-kira untuk beli satuan ribet atau tidak ya?

      thank you

    • Info Jepang  |  

      Bisa beli tiket JR sama kita (silahkan hubungi 0818.221.505). Kalau beli satuan mungkin akan ribet, karena harus mencari loket dan membayarnya manual. Akibatnya banyak waktu yang terbuang. Saran Tim Info Jepang, lebih baik membeli JR. Atau silahkan hubungi kami untuk rencana perjalanan yang lebih rinci. Kami siap membantu!
      Salam

    • Info Jepang  |  

      Untuk liburan dalam satu minggu dan mengunjungi banyak kota seperti Osaka, Kyoto, Nara, Tokyo, Gunung Fuji dan Gala Yuzawa saya sarankan untuk membeli japan rail pass. Mengenai harga dan ketentuannya bisa dibaca di halaman ini. Harganya cukup mahal (paling murah sekitar 3,5 juta untuk pemakaian satu minggu), namun bisa digunakan untuk pulang pergi naik Shinkansen menuju Osaka, Kyoto, Nara dan Gala Yuzawa dari Tokyo. Jika ditotal ongkos naik Shinkansen pulang pergi tentu Japan Rail Pass sangat menguntungkan. Namun jika ingin menghemat ongkos perjalanan bisa naik bus malam dari Tokyo yang menyediakan hampir seluruh rute perjalanan, dan ongkosnya bisa dihemat setengahnya. Salam

  71. Hallo….
    Mau tanya untuk pengembalian suica …saya sedang di tokyo…semisal kartu suica saya masih 700¥..apakah saat mengembalikan suica ke loket penjualan di bandara bisa dikembalikan semuanya termasuk depositnya 500¥..jadi total yg dikembalikan 1200¥…

    Terimakasih.

    • Info Jepang  |  

      Jika Anda mengembalikan kartu suica/ pasmo ke kantor stasiun JR terdekat, maka uang yang dikembalikan adalah deposito 500 Yen+ sisa saldo kartu suica (700 Yen)-biaya pengurusan 220 Yen. Sekian.

  72. saya berencana liburan di osaka, kyoto dan nara. setelah itu mengunjungi teman di matsusaka. JR pass mana saja yang harus saya beli?
    mohon infonya. terima kasih.

    • Info Jepang  |  

      Untuk liburan di Osaka Kyoto dan Nara bisa menggunakan Japan Rail Pass bagian Kansai.
      Untuk pergi ke Matsusaka, Nagoya, dan Osaka ada juga Kintetsu Rail Pass (yang dicetak oleh perusahaan kereta swasta Kintetsu). Silakan dibaca untuk informasi lebih lengkap mengenai tiket yang pas. Atau bisa berikan info nama stasiun lengkapnya di sini, supaya dapat kami bantu.

  73. Saya ingin menanyakan jalur arah kereta di Tokyo apakah seluruh kereta menyediakan rute bolak-balik misal dr poin A ke poin E (A-B-C-D-E dan E-D-C-B-A) atau bergerak hanya searah jarum jam saja arah keliling nya? Spt JR Yamanote line yg arahnya berputar di pusat kota Tokyo apakah kereta hanya bergerak searah saja dan berputar mengikuti arah tsb atau juga bisa bolak-balik sesuai kebutuhan kita utk rute terdekat?
    Mohon infonya.

    • Info Jepang  |  

      Yamanote Line selain melingkar, namun juga memiliki rute bolak-balik, tidak hanya searah jarum jam.
      Semua rute kereta lainnya juga memiliki rute bolak-balik, sama seperti kereta KRL di Jakarta.

  74. Hallo, saya Lisna.
    saya akan ke Kanazabunko dari Haneda, setelah dari Kanazabunko saya ke Kohoku Ward. apakah saya bisa menggunakan Suica/Pasmo untuk ke tujuan tersebut? saya juga akan berkeliling dengan JR Tokyo Wide Pass . bagaimana sebaiknya saya membeli JR Tokyo wide, apakah dari Haneda, atau sekembali dari Kohoku? Sebab di Kanazabunko dan Kohoku saya hanya urusan pekerjaan . trims^^

    • Info Jepang  |  

      JR Tokyo Wide Pass bisa digunakan berkeliling Tokyo, hingga ke prefektur sekitar yakni Saitama, Kanagawa, bahkan sampai ke Gunung Fuji dan kebanyakan memiliki waktu berlaku yakni 3 hari. Jika urusan pekerjaan berlangsung hanya satu kali lebih baik membeli tiket seperti biasa, namun jika berlangsung dalam tempo waktu yang cukup lama bisa membeli tiket terusan pulang pergi dimana kita bisa menentukan stasiun asal dan stasiun tiba.

  75. apakah suica bisa juga digunakan di keisei line? thanks.
    karena saya akan tinggal di higashi shinjuku dan bepergian ke seputaran kota tokyo dan akan ke mount fuji via Kawaguchiko… apakah lebih baik menggunakan Suica atau kartu apa untuk lebih hemat. mengingat saya selama 5 hari di Higashi Shinjuku.trims.

    • Info Jepang  |  

      Ya kartu SUICA bisa digunakan di keisei line dan hampir di seluruh jalur kereta di daerah sekitar Tokyo (Kanto).
      Sekian

  76. Hallo,

    semoga bisa membantu saya, bulan Juli saya, suami dan anak 4 tahun akan ke jepang, penerbangan ke airport narita. jika mau menginap di ginza atau shijuku sebaiknya menggunakan kereta apa?

    dan kami hanya mengunjungi tokyo, kawaguchi, disneylan selama 3 hari. sebaiknya beli tiket apa? dan anak umur 4 tahun apakah perlu beli tiket kereta?

    untuk pergi ke yuzawa, kami harus beli tiket apa?

    mohon dibantu untuk penjelasannya, terima kasih.

    regard,
    Yeny

    • Info Jepang  |  

      Hai Yeny. Dari Narita bisa menggunakan kereta Keisei menuju ke pusat kota Tokyo, dan naik JR Yamanote line menuju ke Ginza atau Shinjuku (tempat menginap).
      Kalau mengunjungi satu tujuan dalam satu hari, bisa ke pusat informasi turis di stasiun besar seperti Shinjuku dan Shibuya, lalu jelaskan tujuan wisata (misalnya Danau Kawaguchi-ko), petugas akan memberikan informasi tiket yang tersedia saat itu. Untuk anak dibawah 6 tahun (belum sekolah) tidak perlu membeli tiket.

      Yuzawa berada di prefektur Niigata yang letaknya lumayan jauh dari Tokyo.
      Akses ke Yuzawa adalah sebagai berikut: Dari Tokyo Station naik SHINKANSEN sampai ke Echigo-Yuzawa lalu naik kereta lokal ke Gala-Yuzawa (tempat main ski terkenal). Berikut link Google Map
      Sekian

    • Info Jepang  |  

      Suica bisa dipakai di seluruh kota besar di Jepang.
      Kansai Pass hanya mencakup stasiun JR saja, sedangkan untuk jalur kereta swasta, monorail, atau trem tidak bisa digunakan.
      Jadi strateginya, Kansai Pass digunakan saat pergi ke Kobe, Nara, Osaka, Kyoto. Dan kartu suica digunakan ketika pergi naik trem atau bus dari stasiun ke objek-objek wisata. Sekian. Kalau masih ada pertanyaan silakan.

  77. Apa benar deposit yg 500 yen dalam kartu bisa digunakan untuk belanja sampai habis??
    Jadi tidak perlu pengembalian deposit yg, katanya akan dikenakan biaya!?
    Terima kasih.

    • Info Jepang  |  

      Deposit tidak bisa dipergunakan. Misalnya Anda membeli kartu suica atau Pasmo dan memasukkan 2000 Yen ke dalam mesin pencetak kartu.
      Saldo yang tertera hanyalah 1500 Yen (yang bisa dipakai), sedangkan 500 Yen adalah deposito dan tidak bisa dipakai dalam berbelanja.
      Jika Anda mengembalikan kartu suica/ pasmo ke kantor stasiun JR terdekat, maka uang yang dikembalikan adalah deposito 500 Yen+ sisa saldo kartu suica-biaya pengurusan 220 Yen. Sekian, semoga bermanfaat

    • Info Jepang  |  

      Sekarang kartu suica dan Pasmo bisa dipergunakan di hampir seluruh wilayah dan jaringan bus dan kereta di seluruh Jepang.
      Untuk kota besar seperti Tokyo, Osaka, dan Kyoto, saya rasa tidak masalah.
      Selamat berlibur!

    • Info Jepang  |  

      Penukaran deposit dapat dilakukan di Midori Madoguchi atau tempat informasi yang ada di seluruh stasiun di kota-kota besar.
      Para petugas akan senang hati memberikan petunjuk

  78. klo mau dipake untuk keliling jepang & masuk ke tmpat2 wisata (temple,shrine,museum,dll) sebaiknya pilih suica/pasmo atau one day ticket (kanto pass, kansai pass,dll)???

    • Info Jepang  |  

      Mengenai pilihan antara Pasmo atau One Day Ticket (Tiket Terusan Harian) sebenarnya tergantung pada tujuan/ objek wisata yang ingin dikunjungi.
      One day ticket jauh lebih murah jika semua objek wisata yang mau dikunjungi bisa dijangkau oleh jalur kereta dalam satu kota. Namun, sistem kereta di Jepang sangat rumit dan membutuhkan pengetahuan khusus mengenai jalur kereta. Untuk Anda yang baru pertama mengunjungi Jepang, dan ingin mengunjungi objek wisata di berbagai kota, kami menyarankan untuk menggunakan kartu Suica/Pasmo.

  79. halo,
    terima kasih atas info kartu SUICA. sangat bermanfaat. namun saya ada beberapa pertanyaan. mohon berkenan untuk membalasnya.
    1. saya akan membawa anak saya yang berumur 3 tahun apakah di kerta api dijepang dia akan dikenakan charge? i mean. apakah saya juga harus membeli kartu SUICA untuk dia?

    2. saya akan travel ditokyo saja. seperti disneyland disneysea, asakusa temple. apakah SUICA card sangat berguna?

    3. saya akan tiba di haneda airport apakah bisa langsung membeli kartu SUICA disana?

    thanks,
    diana.

    • Info Jepang  |  

      Untuk anak kecil di bawah sekolah dasar tidak dikenakan biaya. Pelajar SD dikenakan tiket anak yang harganya setengah harga tiket dewasa.
      SUICA sangat berguna jika hendak berjalan-jalan di sekitar Tokyo
      Setibanya di Haneda Airport, kartu suica/pasmo bisa dibeli di mesin penjual tiket di stasiun kereta.
      Jika kesulitan, minta tolong saja kepada petugas yang berjaga dan mereka akan dengan senang hati menolong

    • Info Jepang  |  

      Kalau hanya berjalan-jalan di kota Tokyo lebih baik menggunakan SUICA.
      Suica digunakan sebagai pengganti uang kertas dan dapat dipergunakan di seluruh jalur kereta dan bus dalam kota.
      Deposit dalam suica dapat diisi ketika habis dan dapat diuangkan kembali ketika meninggalkan Jepang.
      Sedangkan JR Pass lebih tepat ketika dipakai berkeliling kota di Jepang (antar kota dan antar prefektur), karena dengan menggunakan JR PASS ongkos kereta akan jadi lebih murah. Namun perlu dicatat, JR PASS harganya jauh lebih mahal (paling murah 10 ribu Yen) dan tidak dapat diuangkan ketika meninggalkan Jepang.

      Kalau Dewa hanya ingin berkeliling kota Tokyo cukup dengan SUICA saja

  80. tgl 20 feb sd 26 feb 2016 apakah msh msm dingin? dan kalau sdh membeli kartu suica/pasmo apakah kt msh perlu kartu 1 day pass u d kyoto?thx

    • Info Jepang  |  

      Akhir bulan Februari masih musim dingin, suhu udara juga masih cukup rendah sekitar 10 derajat celcius.
      Kartu suica/pasmo sangat bermanfaat ketika naik bus/ kereta karena tidak perlu menyiapkan uang kecil, tapi ongkos yang dibayar tetap sama.
      Kartu 1 day pass itu fungsinya berbeda dengan suica/pasmo karena membuat ongkos jauh lebih murah.
      Jadi kesimpulannya, 1 day pass digunakan untuk berkeliling kota Kyoto sedangkan suica/pasmo untuk pindah antar kota

    • Info Jepang  |  

      Ya sekarang kartu suica bisa digunanakan hampir di seluruh wilayah Jepang

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan