Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route

You are here Home  > Itinerary Perjalanan >  Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route

Dari hasil penelitian dan survei website Infojepang, nampaknya tujuan wisata ke Jepang sudah mulai beralih dari jalur emas Tokyo, Osaka, Kyoto, kawasan Gunung Fuji dan Hakone, ke arah Kanazawa, Toyama, Shirakawago dan Tateyama Kurobe Alpine Route. Pada artikel sebelumnya Tim Infojepang sudah merangkum strategi bagaimana caranya mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine dari Tokyo dalam satu hari (tanpa perlu menginap).

Namun banyak yang menanyakan bagaimana dengan koper atau barang-barang jika tidak menginap di Tokyo lebih dahulu. Dalam artikel ini, Tim Infojepang kembali memberikan ide itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route dengan menginap di Toyama atau Kanazawa. Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route sangat cocok bagi teman-teman yang ingin mampir ke Tateyama Kurobe Alpine Route dalam perjalanan dari Tokyo ke Osaka, atau dari Osaka menuju ke Tokyo. Jika ada pertanyaan, silakan bertanya lewat komentar di bawah ini, Tim Infojepang akan segera menjawab.

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route

PERSYARATAN: PUNYA JR PASS dan TATEYAMA KUROBE ALPINE ROUTE OPTION TICKET

CATATAN: Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route ini adalah yang paling cepat dan efisien. Persyaratan utama yang harus teman-teman ingat sebelum membaca atau merencanakan liburan sesuai itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route di bawah ini adalah memiliki JR Pass dan Tateyama Kurobe Alpine Route Option Ticket. Ini karena itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route ini memang diatur sengaja MEMUTAR DENGAN SHINKANSEN supaya dapat memaksimalkan penggunaan JR Pass. Lalu, itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route hanya berlaku saat Tateyama Kurobe Alpine Route dibuka untuk umum antara bulan April sampai November. Selain tanggal itu, rute ini tidak dibuka sehingga kita tidak bisa menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route.

Detail Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route

1. Perjalanan dari Tokyo ke Toyama Station dengan Hokuriku Shinkansen

Untuk dapat sukses mengikuti itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route, kita harus tiba sepagi mungkin di Toyama Station. Teman-teman bisa naik Hokuriku Shinkansen dari Tokyo Station sekitar jam 7-8 pagi (semakin pagi semakin baik), supaya dapat tiba di Toyama dan masuk ke Tateyama Kurobe Alpine Route sebelum siang hari. Lebih cepat lebih baik. Kemudian, koper dan barang-barang bisa dititipkan terlebih dahulu di hotel-hotel di Toyama (link booking hotel di Toyama) supaya tidak ribet membawa-bawa barang dalam perjalanan Tateyama Kurobe Alpine Route. Tenang saja, hotel-hotel di Jepang menerima penitipan barang bagi tamu-tamu yang akan check in di hari yang sama. Kalau tidak ingin menginap di hotel, barang-barang bisa dititip di loker di Toyama Station.

Buat rekan-rekan yang berangkat dari Osaka atau Kyoto, bisa naik kereta limited express Thunderbird sampai ke Toyama Station dan mulai menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route.

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route dengan Hokuriku Shinkansen

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route dengan Hokuriku Shinkansen

2. Menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route

Danau Mikurigaike di Tateyama Kurobe Alpine Route

Danau Mikurigaike di Tateyama Kurobe Alpine Route

Toyama Chiho Railway

Kereta ini menghubungkan Dentetsu Toyama Station (dekat JR Toyama Station) di pusat kota Toyama ke Tateyama Station di bagian pegunungan dalam waktu 1 jam. Beroperasi sepanjang tahun. Ongkos sekali jalannya 1.200 yen. Kereta pertama dari stasiun Dentetsu Toyama berangkat pukul 05.28. Silakan naik kereta pertama ini untuk mengejar tateyama cable car yang pertama berangkat pukul 07.00. Kereta Toyama Chiho Railway ini berangkat kira-kira satu kali dalam sejam

Tateyama Cablecar

Perjalanan dilanjutkan dengan naik cablecar bernama Tateyama Cablecar. Cablecar ini menghubungkan Tateyama Station ke Bijodaira Station dalam waktu 7 menit dengan ongkos 720 yen. Tateyama cable car ini berangkat setiap 20 menit sekali. Paling awal pukul 07.00 dan keberangkatan terakhir pukul 15.00 untuk yang ke Shinano-Omachi.

Highland Bus

Highland Bus atau bus dataran tinggi menghubungkan Bijodaira Station dan Murodo selama 50 menit perjalanan dengan ongkos 1.710 yen. Saat musim semi pertengahan April hingga akhir Mei, bus ini akan melewati jalur tembok salju atau Yuki no Ootani. Informasi lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel berikut. Paling awal pukul 07.50 dan keberangkatan terakhir pukul 15.20 untuk yang ke Shinano-Omachi.

Tateyama Trolley Bus

Bus troli bertenaga listrik ini menghubungkan Murodo dengan Daikanbo lewat terowongan. Meskipun hanya 10 menit perjalanan, ongkosnya cukup mahal yakni 2160 yen. Paling awal pukul 07.45 dan keberangkatan terakhir pukul 15.15 untuk yang ke Shinano-Omachi.

Kurobe Cablecar

Kereta kabel menghubungkan Kurobedaira dan Kurobeko (Danau Kurobe) Station lewat terowongan yang curam dan menegangkan. Perjalanan sekitar 5 menit dengan ongkos 860 yen. Paling awal pukul 08.30 dan keberangkatan terakhir pukul 16.00 (musim diingin) atau pukul 17.00 (selain musim dingin) untuk yang ke Shinano-Omachi.

Kanden Trolley Bus

Sama seperti Tateyama Trolley Bus, bus bertenaga listrik ini menghubungkan Kurobe Dam dan Ogizawa Station lewat terowongan yang menembus gunung. Durasi perjalanan 15 menit dengan ongkos 1.540 yen. Paling awal pukul 09.05 dan keberangkatan terakhir pukul 16.35 (musim dingin) atau pukul 17.35 (selain musim dingin) untuk yang ke Shinano-Omachi.

Ogizawa-Nagano Express Bus

Bus ini menghubungkan Ogizawa Station dengan JR Nagano Station di prefektur tetangga yakni Prefektur Nagano. Bus ekspress berangkat pada pukul 11:05, 13:00, 14:10, 15:10, 16:30, 18:05. Lama perjalanan sekitar 2 jam dengan ongkos 2.600 yen. Seluruh transportasi melintasi Pegunungan Tateyama ini tercover dengan Tateyama Kurobe Option Ticket yang bisa menghemat sampai dengan 3.000 yen.

transportasi di tateyama

Transportasi di Tateyama Alpine Route

3. Perjalanan dari Nagano Station ke Stasiun Kanazawa dengan Hokuriku Shinkansen

Setelah tiba di Nagano Station, kita kemudian bisa naik Hokuriku Shinkansen kembali ke Stasiun Kanazawa atau Toyama Station (buat kamu yang menitipkan koper di Toyama Station). Tidak perlu kuatir ongkos shinkasen tercover oleh JR Pass. Teman-teman bisa beristirahat selama kurang lebih 1 jam sebelum akhirnya shinkansen tiba di Kanazawa. Di Kanazawa, kamu bisa ke Kastil Kanazawa dan Taman Kenrokuen yang berdekatan, atau minum teh tradisional Jepang di Distrik Higashi Chaya. Malamnya, bisa kembali ke hotel dan check in dan dapat beristirahat malam untuk perjalanan esok hari.

Bagi kamu yang datang dari Osaka/ Kyoto, bisa naik Hokuriku Shinkansen atau Nagano Shinkansen dari Nagano Station sampai ke Tokyo Station.

4. Perjalanan dari Kanazawa ke Kyoto/ Osaka atau Tokyo

Esok harinya, setelah puas beristirahat teman-teman bisa pergi ke tempat tempat wisata di bawah ini (semuanya berada di kawasan Hokuriku: Kanazawa dan Toyama sehingga bisa PP satu hari).

  1. Toyama (Toyama Castle, Kansui Park, Warisan Budaya Kuil Zuiryuji, Tateyama Kurobe Alpine Route, Tebing Kurobe, Unazuki Onsen)
  2. Kanazawa (Taman Kenrokuen, Kanazawa Castle, Pasar Omicho Ichiba, Museum 21 Century Art, Distrik Higashi Chaya)
  3. Desa warisan dunia UNESCO Gokayama
  4. Gero Onsen dan seluruh kereta di Prefektur Gifu
  5. Desa warisan dunia UNESCO Shirakawa-go

Atau teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke Kyoto/Osaka atau ke Tokyo. Untuk yang ingin ke Tokyo, bisa naik Hokuriku Shinkansen sampai ke Tokyo Station, buat yang ingin ke Kyoto atau Osaka bisa naik kereta limited express Thunderbird.

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route dengan Thunderbird

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route dengan Thunderbird

Demikian itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route nya, semoga bermanfaat buat teman-teman yang ingin merancang liburan di Jepang. Jika ada pertanyaan mengenai waktu keberangkatan atau saran/ kustomisasi itinerary, bisa memanfaatkan Tour Guide Online Info Jepang.

Rekomendasi Hotel di Toyama/ Tateyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Comfort Hotel Toyama
from ¥16400/night
Choyomon
from ¥8804/night
Wakyu
from ¥6000/night
Enraku
Enraku
from ¥17454/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Steve Boland, M Reza Faisal, Christian Bucad, skyseeker


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: March 12, 2017

Comments (109)

    • Dewi Andayani  |  

      Pak NUgruho, sepertinya saya akan rubah itinerary dengan bermalam di Toyama. Pertanyaan saya:
      1. Adakah rekomendasi hotel yang dekat dengan stasiun Toyama? atau Bapak ada rekomendasi area lain?
      2. Untuk reservasi bus Toyama – Shirakawago PP apakah bias dibantu?

      Terima kasih

  1. Salam kenal pak,
    Rencana saya akan ke tokyo dan ingin mengunjungi tateyama alpine route, kemungkinan itin saya sbb
    Day1: tiba tokyo, hotel
    Day2: explore tokyo
    Day3: tokyo-toyama (menginap)
    Day4: toyama-tokyo
    Day5: mt fuji shibazakura
    Day6: disneyland
    Day7: explore tokyo
    Day8: kembali ke indo

    1. Sebaiknya saya melakukan full day tour tateyama alpine route di hari ke 3 atau ke 4??
    2. Untuk membeli full day tour tateyama alpine route itu dimana ya pak??
    3. Apakah sebaiknya saya membeli JR pass atau tdk??
    4. Tempat wisata apalagi yg bisa saya kunjungi yg dekat dengan toyama?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk perjalanan menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route bisa dilakukan di hari ketiga dan keempat. Namun mungkin sebaiknya di hari keempat saja.
      Biar bisa menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route dari pagi dan lebih santai.
      Maksudnya ibu: Full day tour tateyama alpine route itu apa ya? Kebanyakan orang-orang berjalan sendiri dan naik moda transportasi sendiri. Nah, ibu bisa membeli Tateyama Kurobe Option Ticket.
      Untuk perjalanannya, sepertinya JR PASS sudah balik modal Ibu. Lalu ibu bisa membaca Info Wisata di Toyama untuk tempat-tempat wisata lain di kota Toyama. Salam

    • 1. Untuk perjalanan dr toyama ke tateyama alpine route memakan waktu brp jam?? Sebaiknya sy brngkat dr hotel jam brp yah?? Dan selesai sampai di toyama lg kira2 jam brapa sebaiknya untuk balik ke tokyo..

      2. Mungkin untuk di hari ke 3 apa saya bisa mengunjungi shirakawa go setelah menitipkan koper di hotel daerah toyama??

      3. Jd lebih baik saya menggunakan JR 7hr yah, lebih menguntungkan drpd harus beli ketengan??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Rute perjalanan Tateyama Kurobe Alpine Route dari Toyama sampai tembus di Nagano Station, paling cepat memakan waktu 4-5 jam, kalau mau santai waktunya sekitar 5-6 jam. Lalu waktu perjalanan shinkansen dari Nagano kembali ke Toyama adalah sekitar 1 jam. Jadi total waktunya sekitar 6-7 jam.
      Di hari ketiga, ibu bisa saja pergi ke Shirakawago setelah menitipkan koper di Toyama. Untuk perjalanannya ke Toyama-Tokyo-Gunung Fuji, JR PASS sudah balik modal Ibu.

  2. Halo Pak,

    Saya rencana ke Jepang 22-29 April, dengan itinerary sbb:
    day 1: Tiba di Osaka 23 pagi hari – explore Osaka (stay di Osaka 3 malam)
    day 2: Universal Studio Jepang
    day 3: explore Kyoto – Nara –
    day 4: pagi berangkat ke Tokyo mlalui jalur tateyama kurobe alpine route (tidak menginap – bawa koper)
    day 5: Disneyland (stay di Tokyo 2 malam)
    day 6: Shibazakura & Mt. Fuji sekitarnya – kembali ke Osaka
    day 7: Osaka utk ke bandara flight jam 12.00
    Pertanyaannya:
    1. apakah memungkinkan untuk route tersebut?
    2. untuk penggunaan pass apakah lebih baik JR Pass atau Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass?
    3. Apakah Tateyama Kurobe Alpine Routenya bias full atau sebaiknya sebagian saja?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Rutenya sudah baik dan memungkinkan. Ibu bisa membeli JR Pass. Sebab Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass tidak mengcover ongkos perjalanan ke arah tempat festival shibazakura dan Gunung Fuji, juga Tokaido shinkansen menuju ke Osaka.
      Mengenai Tateyama Kurobe Alpine Route, terserah Ibu. Kalau mau full route bisa menggunakan Tateyama Kurobe Alpine Option Ticket (lebih hemat 25%), kalau memang hanya ingin sebagian tidak perlu beli pass. Salam

    • Dewi Andayani  |  

      Pak Nugroho,
      Terima kasih atas infonya. Jika dr Osaka utk menikmati alpine route, lbh baik masuk lwt toyama atau nagano? Yg memungkinkan untuk titip koper.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau dari Osaka, bisa masuk dari Toyama. Titip koper di Toyama Station (kalau bawa koper), kemudian menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route sampai tembus ke Nagano Station. Lalu bisa naik Hokuriku Shinkansen ke arah Toyama Station kembali. Salam

    • Dewi Andayani  |  

      Baik Pak Nugroho. Tanya lagi ya pak 🙂
      1. Berapa lama perjalanan dari Osaka ke Toyama? sebaiknya berangkat jam berapa dari Osaka jika ingin tiba di Toyama sepagi mungkin?
      2. Jika saya aktifkan JR Pass tgl 23 apakah masih bisa mengcover untuk perjalanan saya balik dari Tokyo ke Osaka dan ke bandara Kansai di tanggal 29?

      Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Perjalanan dari Osaka menuju ke Toyama bisa naik kereta ekspress Thunderbird sampai ke Kanazawa Station, kemudian lanjut naik kereta Hokuriku Shinkansen sampai ke Toyama Station. Kereta ekspress Thunderbird pertama berangkat pukul 06.30, dan akan tiba di Toyama pukul 09.44.
      Kalau JR PASS nya diaktifkan dari tanggal 23, maka akan aktif sampai tanggal 29. Salam

    • Dewi Andayani  |  

      oh ya satu lagi pertanyaan: Dimana saya bisa mencoba onsen dari itinerary diatas ya Pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Satu-satunya onsen yang bisa dimasuki tanpa menginap adalah Mikurigaike Onsen yang terletak dekat Danau Mikurigaike.
      Harganya 700 yen untuk dewasa dan 500 yen untuk anak-anak. Onsen ini buka dari bulan April hingga November, sesuai dengan dibukanya jalur Tateyama Kurobe Alpine Route.
      Salam

    • Dewi Andayani  |  

      Terima kasih Pak Nugroho atas penjelasannya.

      Dari itinerary ke tateyama kurobe alpine route, jika saya tidak ambil full route (hanya sampai murodo), apakah memungkinkan jika saya mau lanjut ke shirakawago?

  3. Selamat siang pak nugroho,

    Saya salut dgn website ini.. Sangat membantu sekali. Pak, kalau saya dari Tokyo mau ke alpine route, kawaguchiko, shibasakura, shirakawago, kyoto, osaka dan kembali ke tokyo dalam waktu 6 hari 5 malam apakah mungkin?
    Bisa tolong bantu rute yg paling efisiennya? Dgn catatan saya punya JRpass..

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu.
      Maaf, kami tidak melayani pembuatan itinerary di website ini karena akan sangat panjang dan membingungkan pembaca lainnya. Bapak bisa bisa menguhubungi Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu kamu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan kamu selama di Jepang nanti. Salam

  4. PagI pak Nugroho,

    saya mau ke tateyama kurobe alpine road berangkat dari tokyo pagi hari setelah dari alpine road langsung ke osaka dengan membawa koper ,

    1.apakah bisa rute nya seperti ini : dari tokyo station – toyama station – titip koper di toyama – naik shinkansen ke nagano station – Explore Tateyama – Mulai naik bus alpico – Berakhir toyama station – ambil koper – osaka

    2.apabila bisa butuh berapa jam explore tateyama dari tokyo , tateyama hingga sampai di osaka, mengingat setelah sampai di osaka saya mau explore namba dan dotombori

    3. selain di toyama apakah di nagano ada tempat titip koper juga, inti nya saya hanya titip koper saja ( tidak kirim koper dari tokyo ke toyama / nagano atau ke osaka )

    4. apakah ada opsi lain selain dari kedua opsi diatas

    Mohon Pencerahan nya Pak,

    Terima kasih atas bantuan nya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Bisa, namun berarti ibu harus menempuh 1 kali rute penuh Tateyama. Agak sulit mengejar itinerary di atas, apalagi karena ibu harus menitip koper dahulu. Saran saya, ibu hanya menempuh perjalanan dari Toyama-Tateyama sampai Murodo (atau Kurobedaira) lalu kembali ke Toyama. Ingat, dari Ogizawa ke Nagano saja sudah memakan waktu 2 jam.
      2. Itinerary normal menembus Pegunungan Tateyama butuh 8-9 jam. Berangkat pagi dari Tokyo, ibu harus bermalam di Toyama dahulu. Esok paginya baru lanjut ke Kanazawa dan ke Osaka.
      3. Di Toyama dan di Nagano ada.
      4. Opsi lain, ibu tidak menempuh perjalanan full 1 arah di Tateyama (tidak feasible) untuk yang membawa koper. Ibu bisa mencoba perjalanan dari Toyama-Tateyama sampai Murodo (atau Kurobedaira) lalu kembali ke Toyama.

    • baik pak terima kasih atas pencerahan nya

      satu lagi pak..jika One day Trip Full Tateyama dengan rute tokyo – nagano – tateyama -toyama – tokyo
      apakah bisa ditempuh seharian dengan asumsi berangkat dari tokyo jam 06.15 pagi.dan jam brp bisa sampai di tokyo ? apakah masih bisa explore Odaiba dan Tokyo Tower

      terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa Ani. Trip full itinerary di atas menghabiskan waktu 8-10 jam. Ibu sudah akan tiba di Stasiun Toyama jam 19.00, ambil shinkansen ke Tokyo, akan tiba sekitar jam 21.00. Masih keburu untuk ke Tokyo Tower, namun untuk Odaiba sepertinya tidak bisa lagi.

    • Siang Pak Nugroho,

      Toyama – tateyama – Bijodaira – Midagahara – Tenguidara – Murodo – Daikanbo – Kurobedaira dan balik lagi ke Toyama butuh waktu berapa lama dan ongkos nya berapa pak ?
      dari toyama ke osaka butuh waktu berapa lama ya pak ?

      terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Toyama ke Osaka butuh waktu sekitar 3,5-4 jam perjalanan.
      Untuk rute Toyama – tateyama – Bijodaira – Midagahara – Tenguidara – Murodo – Daikanbo – Kurobedaira dan balik lagi ke Toyama kira-kira menghabiskan waktu 6-7 jam. Ongkosnya sendiri 7.950 (satu arah) atau 15.900 untuk PP. Salam.

    • baik pak terima kasih,

      kalau dari toyama hanya sampai pemberhentian di murodo saja berapa ongkos PP nya pak ?
      Apa benar tiket PP nya 6710 Yen.kalau memang benar mungkin rute ini yg akan saya ambil utk melanjutkan perjalanan ke osaka

      sekali lagi terima kasih pak , sudah banyak merepotkan bpk

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, benar bu, silahkan saja sampai Murodo. Murodo sendiri adalah titik tertinggi yang bisa dikunjungi di Tateyama Kurobe Alpine kok. Dan PP dari Toyama paling hanya menghabiskan 5-6 jam. Salam.

  5. Kami ber4 sekeluarga, ada rencana ikut paket tour 7d5n dr osaka ke tokyo awal juni 2017 dan extend 3-4 hari di tokyo. Dlm ittinerary tour blm ada shirakawago, tateyama dan akibahara area (tokyo). Bisa kah dibantu utk susun acara, transport dll utk 3 tmpt di atas? Jadi kami bs book hotel, transpor yg dibutuhkan utk extend 3-4 hr tsb. Trims

  6. Maaf pak tadi udh tanya mengenai alpin route… Rencana saya dri tokyo menginap toyama… Dan besoknya saya balik ke kyoto
    Yg mau saya tanyakan…. Perlukah saya beli jr pass.. Atau saya pakai bis saya dri tokyo ke toyama, kalau balik dri toyama ke kyoto kalau mau pakai shinkasen berrti start dri st toyama pke tunder bird expres ke kyoto ya pak… Mks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Sebetulnya tersedia juga bus dari Toyama ke Kyoto. Nah, ibu lebih pilih mana, naik bus malam atau shinkansen ya?
      Mohon informasi perjalanan selama di Jepang nya yang lengkap, supaya Tim Info Jepang bisa melakukan hitung-hitungan, untungan pakai JR PASS atau tidak. Salam

  7. Halo pak..kami sekeluarga 5 org mau ke tateyama alpine route tgl 17 april 2017 minta saran kalo mau langsung ke lokasi n menginap dimn spy bisa titip koper n biaya nya brp pak..tks pak

  8. Hi, tanya donk… Kalo sy dari Kyoto pagi2 ke shirakawa-go jalan2 disana 1-2 jam aja Truss lanjut ke alpine route untuk dapetin foto di jalan yg kiri-kanan’nya salju abadi itu… Naah baru deh lanjut perjanan ke Tokyo, krn kita nginep di Tokyo dkt disneyland, kira2 gimana? Apakah memungkinkan? Please advise ya…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Sepertinya akan sulit mengunjungi Shirakawago dan Tateyama Kurobe Alpine Route dalam satu hari.
      Kalaupun ibu bisa naik Nohi Bus dan tiba pukul 09.25 di Shirakawago dan kembali ke Kanazawa Station dengan bus pukul 10.25 (alias hanya sejam di Shirakawago), sampai di Kanazawa Station sudah pukul 11.50.
      Kalau start Tateyama Kurobe Alpine Routenya setelah makan siang sepertinya tidak sempat. Dan kalaupun dipaksa, jadi sangat terburu-buru.
      Lagipula Ibu jadi harus membawa-bawa koper saat menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route. Salam

    • Oohh begitu ya, memang medan menuju kesana cukup sulit sepertinya ya? apa tidak ada tempat penitipan koper disana?? mupeng banget pengen dapetin spot foto di kedua tempat itu aja sebenenrnya, Hehehe…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Penitipan lokernya bisa di Toyama Station (kalau tidak ingin menginap di hotel di Toyama). Salam

  9. Pak, sory saya ad klik tateyama kurobe option ticket. Penjelasannya pass alpine route ¥9490 , tercover dari dentetsu toyama sampai ke station nagano …

    Apakah smp nagano station atau smp shinano omachi saja ? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Oh maaf ibu jika membuat bingung. Ada 2 pilihan bu, bisa naik bus sampai ke Nagano atau Shinano-Omachi (karena berbeda bus). Kalau ibu pilih sampai Nagano, maka tidak bisa turun di Shinano-Omachi. Salam.

  10. Pak , sy punya JR pass jg.
    Dan tinggal di hotel midagahara 1 hari..
    jd sy bli tiket pass apline route ¥9490, lalu saya jalan dr shinano omachi ke nagano menggunakan train saja, jgn bus , spy tercover smua biaya nya . Begitu bukan pak ? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya benar Amel. Karena yang dicover hanya dari Shinano-Omachi sampai Toyama. Dari Shinano-Omachi kamu bisa naik kereta JR ke Nagano melalui Matsumoto. Salam.

  11. Selamat sore Pak Nugroho, saya berencana untuk ke alpine route tgl 22 April 2017 ini kemudian sore harinya lanjut ke tokyo, tgl 21 nya saya menginap di daerah stasiun toyama sehingga bisa lebih pagi sampai di tateyama. yang ingin saya tanyakan adalah:

    1. Apakah ada jasa pengiriman koper/ bagasi dari hotel di toyama langsung ke tokyo dalam hari tersebut? karena saya sudah book hotel malam hari di ginza

    2. Hotel apa saya di daerah toyama yang recomend menurut pak nugroho

    3. Dari Ogizawa menuju tokyo trasportnya naik apa ya baiknya? saya memiliki JR PASS.

    Terima kasih atas bantuannya. salam dan sukses selalu

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Ada pak, namun tidak bisa satu hari. Rata-rata dari Toyama 2-3 hari. Bapak bisa menitipnya di Stasiun Toyama saja, nanti setelah berkeliling balik lagi dan ambil kopernya untuk naik shinkansen ke Tokyo.
      2. Silahkan lihat hotel di Toyama, semua sudah sesuai database Info Jepang dari segi dekat dengan stasiun dan harganya yang murah.
      3. Tidak ada pak, bapak harus naik bus ke Shinano-Omachi, lalu naik kereta JR Oito Line ke Matsumoto, lalu naik kereta JR Shinonoi Line sampai Nagano. Karena lama perjalanan rute ini sudah 2 jam, saya sarankan bapak untuk kembali saja ke Stasiun Toyama (karena koper juga dititip disana). Lalu naik shinkansen dari Toyama sampai Tokyo.
      Salam dan selamat liburan di Jepang!

  12. Dear pak nugroho,

    Apakah alpine route ¥9490 sdh mencover bus dr ogizawa ke nagano?

    Dan diliat dr timetable nya, last depart dari ogizawa jm 16.30, bagaimana cara reserve bus nya spy dpt tmpt … thanks again

  13. malam pak saya rencana dari tokyo mau ke shirakawago trus ke alpine route balik lagi ke tokyo sebaiknya menginap dimana . tkx

  14. Malam Pak Nugroho. Jika mengikuti rute diatas, Kira2 diperlukan waktu berapa lama ya dari toyama kembali ke toyama lagi melaui Nagano?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Satu kali rute full Tateyama Kurobe Alpine bisa ditempuh dengan 8 jam perjalanan bu Lia (PP), dari pagi sampai sore hari.

    • Malem pak maaf saya masih bingung menentuka pass ap yg hemat buat saya… Itin saya hari 1= tiba dari narita c in daerah sinjuku.. Dan city tour istana kaisar, bridge river klo ad wakt malem di ginza
      H 2= pagi langs ke festival zibazakura
      H 3= pagi ke ashikaga flower park( ke hitachi park) lanjut sore ke kyoto rencana pke willer bus
      H 4= dri kyoto langs alpin route pp
      H 5= kyoto arashiyama, fushimi inary dan daerah sekitar
      H 6= osaka dotonbory dan city tour
      Menurut bapak saya hemat pke jr pass, ato ketengan ya pak… Kyak di tokyo pke tokyo wide pas, dan alpin beli ketengan saat di osaka beli one day subway pas…. Mohon dibantu… Mks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Wah, kalau ada rute Tokyo_Osaka ditambah dengan ke Alpine Route, sudah balik modal dengan JR Pass reguler. Nanggung sih bu Nanik kalau mau naik bus malam, karena ongkos Kyoto ke Alpine route saja sudah 11.000 atau 22.000 yen untuk PP. Sekalian saja pakai JR Pass. Salam.

  15. Selamat Siang Pak Nugroho, terima kasih untuk website ya sangat membantu saya. Namun masih ada beberapa pertanyaan untuk saya memutuskan apakah saya langsung ke Tokyo atau kembali kenazawa:
    1. Berapa lama rata2 waktu yang dibutuhkan untuk rute alpine ini dari Toyama Dentetsu sampai kembali ke Kanazawa jika saya memulai sekitar pukul 6-7 pagi?
    Apakah memungkinkan saya melanjutkan perjalanan ini melihat distrik higashi Cahya di hari yang sama?
    2. Jika saya melanjutkan rute alpine sampai di Tokyo berapa lama waktu yang dibutuhkan jika dihitung dari Toyama dentetsu? Apakah pengiriman koper dari Toyama dentetsu ke Shinano omachi buka pagi hari? Mis: sebelum pukul 6 pagi?
    3. Apakah tiket alpine route ini bisa saya beli sehati sebelumnya atau Go show?
    4. Berapakah suhu terendah di alpine route ini sekitar tanggal 24-25 April? Saya sedang mempertimbangkan pakaian yang saya bawa agar tidak memberatkan koper ☺️

    Terima kasih bantuannya.

    Salam,
    Lia

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Terima kasih untuk responsnya.
      1. Toyama Dentetsu ke Kanazawa lama perjalanannya sekitar 1 jam dengan kereta. Perhitungan kami untuk rute Toyama-Daikanbo, sekitar 7 jam PP. Jadi ibu akan tiba sekitar sore hari. Bisa lebih cepat kalau ibu hanya sampai Murodo saja.
      2. Full perjalanan dari Toyama sampai Shinano-Omachi memakan waktu 9 jam. Ditambah kereta ke Tokyo, sekitar 12-13 jam. Koper kami kurang tahu, namun biasanya baru buka jam 08.00/09.00 (jam operasional)
      3. Tiket alpine route semua dibeli on the spot, seperti kereta biasa di Tokyo atau Osaka.
      4. Berdasarkan pengalaman tahun lalu 5-15 derajat.
      Salam.

  16. Selamat malam..
    Mau bertanya, kl saya ke tateyama sekitar bulan juni atau juli apakah masih bisa melihat dan berjakan diantara tembok saljunya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Berjalan di tembok salju Murodo, diadakan mulai dari tanggal 15 April 2017 hingga 22 Juni 2017. Mohon untuk mengecek artikel di website infojepang Ibu. Kalau ibu mengecek link-link terkait di artikel di atas, ibu bisa mendapatkan informasinya dengan mudah. Salam

  17. sore pak nugroho, klo saya dari kanazawa jam 8.10 (pagi) ke shirakawago. apakah memungkinkan bisa keliling old town takayama juga karena saya akan kembali lagi ke kanazawa (saya menginap di kanazawa)?. dan bagaiman cara mengunjungi takayama dari shirakawago .
    terima kasih.

  18. salam, saya berencana dari tokyo mau ke alpine route, shirakawago dan kanazawa. idealnya nginap berapa malam serta nginap daerah mana. terima kasih

  19. Sy rencana ke tokyo-alpine-kyoto. Waktu yg ada 15-19 april. Jd rencana 15 kemana enaknya spy tdk terlalu capai..apakah tokyo menuju ke toyama atau takayama untuk menginap 1 malam dan bsknya 1 harian di alpine. Trims

  20. min mau tanya rencana kan saya tanggal 19 april dari osaka ke toyama malam hari saya mau ke tateyama kurobe pake JRttateyama. karena saya bawa koper. saya mau titip di station dentetsutoyama. karena Jrtetayama hanya oneway tiketnya kalo saya mau ambil koper lagi gimana ya? kalo memang ada alternatif lain mohon pencerahannya terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan memperhatikan artikel di atas. Ibu bisa menitipkan koper di Toyama Station.
      Kemudian setelah keluar dari Tateyama Kurobe Alpine Route, naik bus sampai ke Nagano Station, jangan sampai Ogizawa.
      Kemudian naik Hokuriku Shinkansen kembali ke Toyama Station, untuk mengambil koper yang dititipkan di loker.
      Salam

    • Malam Pak ,

      full trip searah tateyama alpine road masuk dari toyama keluar nya dimana ya pak ? ogizawa / shinano omachi atau nagano station..saya agak bingung dengan penjelasan nya keluar dari tateyama lalu naik bus ke nagano station jangan di ogizawa.koper saya titip di toyama station.dan akan saya ambil kembali. dari toyama station ke kanazawa kereta terakhir jam brp , dan kereta terakhir dari kanazawa jam brp pak? karena saya mau lanjut ke osaka.

      trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Keluarnya di Shinano-Omachi atau Stasiun Nagano. Dari Ogizawa (yang masih masuk pegunungan Tateyama) ada 2 buah bus: ke Shinano-Omachi dan ke Stasiun Nagano. Namun jarak dari Ogizawa ke Nagano ini sudah 2 jam. Jadi full trip dari Toyama (jika awalnya dari Toyama), sampai kembali ke Nagano sekitar 10-11 jam. Kalau ibu masuk di Toyama 9 pagi saja (asumsi kereta dari Tokyo yang jam 6 pagi), ibu baru tiba kembali di Nagano jam 7-8 malam. Kereta dari Nagano ke Toyama sekitar 1 jam.
      Kereta terakhir dari Toyama ke Kanazawa jam 23.33 (lama perjalanan 20 menit), sementara kereta terakhir dari Kanazawa ke Osaka berangkat jam 20.54 (lama perjalanan 3 jam). Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Terserah ibu bisa menginap di Toyama atau Kanazawa. Yang jelas, kopernya dititip di loker Toyama Station.
      Namun kalau punya JR Pass kedua stasiun ini sangat dekat dan bisa ditempuh naik shinkansen dengan mudah. Salam

    • siang p…
      jk punya JR Pass, smp di stasiun nagano ap kt bs lgsg kembali ke osaka ato balik ke stasiun toyama dulu lalu ke osakany naik kereta limited express thunderbird?
      terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Nagano Station, ibu bisa naik Hokuriku Shinkansen sampai Toyama (kalau titip koper di Toyama Station) atau langsung/ lanjut ke Kanazawa Station yang merupakan stasiun terakhir Hokuriku Shinkansen.
      Nah dari Kanazawa Station, bisa naik kereta ekspress Thunderbird, yang memang hanya menghubungkan Osaka dan Kanazawa Station. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tahun 2017 kegiatan berjalan di tembok salju (Yuki no Ootani) diadakan mulai dari tanggal 15 April 2017 hingga 22 Juni 2017.
      Salam

  21. Chris…saya ke alpine route lewat tateyama hanya sampai murodo yg tembok es lalu balik ke tateyama…pertanyaan 1. beli tiket nya di lokasi langsung atau bookibg dulu? 2. rute baliknya dari tembok es ke tateyama lewat jalan yg kita berangkat ? tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tiket ke Tateyama Kurobe Alpine Route tidak bisa dibooking, ini seperti angkutan umum biasa.
      Kemudian perjalanan kembali dari Murodo ke Tateyama adalah sama seperti jalan berangkat. Salam

  22. selamat siang tim info jepang. saya rencana akan ke alpine route 22 april 2017 dan merencanakan untuk 1 day trip kesana kemudian kembali ke tokyo. sy menginap di daerah ginza. Nah yang sy mau tanyakan:

    1. waktu tempuh yang lebih cepat sebaiknya dimulai dari shinjuku atau dari tokyo? apa saja transportasinya menuju alpine route.

    2. apakah perjalanan saya bisa di cover JR Pass?

    3. pada saat tgl 22 april di alpine route, suhu disana sekitar berapa ya? karena saya mau sesuaikan pakaiannya

    mohon infonya. thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Shinkansen menuju ke daerah Toyama dan Tateyama Kurobe Alpine Route berangkat dari Tokyo Station, dan ongkos shinkansen nya tercover oleh JR Pass. Itinerary nya bisa dibaca di artikel di atas.
      Kemudian, suhu udara di akhir April adalah sekitar minus 4 sampai 5 derajat celcius.
      Salam

  23. pak…mau tanya dunk…sy mei tgl 5 mau ke tateyama alpine route dari Tokyo, pulangnya ke kyoto,,maka sy hrs lewat toyama atau nagano? mengingat sy hrs menentukan tempat utk taro koper…karena bw anak 2…makasih pak nug..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan ibu mengikuti itinerary memutar seperti dituliskan di atas. masuk ke Tateyama Kurobe Alpine Route lewat Toyama, dan titip kopernya di Toyama Station. Jangan lewat Nagano, kalau lewat Nagano, ibu harus bawa-bawa koper sewaktu menyusuri ke Tateyama Kurobe Alpine Route.
      Salam

    • kalo penitipan koper di toyama, karena terakhir di ogisawa balik ambil kopernya gimana ya di toyama?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau ibu perhatikan itinerary di atas, setelah keluar dari Tateyama Kurobe Alpine Route, naik bus sampai ke Nagano Station.
      Kemudian naik Hokuriku Shinkansen kembali ke Toyama Station, untuk mengambil koper yang dititipkan di loker.
      Salam

  24. Pagi Pak, sy mau tanya, saya akan ke tokyo tgl 13- 24 maret, dan pst sy rutenya jkt- tokyo – jkt.
    Rencana sy mau ke main salju, shirakawago dan melewati alpine roud dan menuju osaka. Apa transport terbaik dan hemat yg sy harus pakai. Dan rencana mau menginap 1 malam, dimana tempat utk menginap yg lbh hemat. Terima kasih.

  25. halo admin, mau tolong bertanya, tanggal 26 april nanti saya ambil route tokyo-kurobe-osaka, rencana akan masuk via nagano saja, karena lebih dekat dan nantinya sy akan ke osaka, apakah rute ini sudah oke? karena kalau ke in toyama dan out nagano agak memutar. dan untuk pembelian tiket kurobe alpine route ini apa hanya bisa beli secara online?terima kasih

    • Siang pak, untuk koper saya berencana kirim h-1 ke hotel di osaka, tapi untuk bus dari nagano-ogizawa ini sudah ada dari pagi yha?thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bus dari Nagano-Ogizawa berangkat pada pukul 08:15, 09:00, 10:30, 12:30, 14:20, 16:20.
      Salam

    • terima kasih infonya, ada 1 lagi yg mau ditanyakan, untuk shinkansen dari toyama ini apa langsung toyama-osaka atau toyama-kanazawa-osaka?terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Hokuriku shinkansen hanya sampai ke Kanazawa Station.
      Dari Kanazawa Station ke Osaka Station bisa naik kereta limited express Thunderbird.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ongkos transportasi sewaktu menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route tidak tercover oleh JR Pass.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tahun 2017 ini rencananya Tateyama Kurobe Alpine Route baru dibuka tanggal 16 April. Salam.

  26. Saya akan berangkat ke jepang tgl 4 -10 april, rencanya tgl 4 tiba tokyo trus tgl 5 pagi menuju shirakawago nginap di mana bagusnya karena tgl 6 besoknya pagi kita akan menuju tateyama kurobe alpin route dan langsung kembali di tokyo….yg ingin saya tanyakan bagusnya menginap dimana selain di shirakawago agar mudah mencapai shirakawago dan besoknya bisa ke tateyama alpin route…mohon penjelasan juga rute kereta detail untuk menuju ke shirakawago dan alpin route…..thanks

  27. siang pak,
    min, mau tanya tatetaya kurobe alpine kan dibuka mulai pertengahan april. itu apakah termasuk dam nya jg min?
    kalau ropewaynya jg tutup y pergi bln maret?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Bapak/ Ibu. Yang dimaksud buka dari pertengahan April adalah Tateyama Kurobe Alpine Route, seluruh rutenya termasuk dam dan ropewaynya sudah dibuka Pak dari Tateyama sampai ke Nagano. Salam

  28. Hi, u/ rute alpine route, klo sy drop luggage di tgl 25 april @ dentetsu toyama station, untuk di delivery ke nagano station . Apakah bs saya ambil luggage nya di tgl 26 april / bukan di hari yg sama .. krn sy nginep 1 night di hotel midagahara ?

    Thanks pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamaat malam Ibu. Silakan dicek sendiri di website pengiriman barang mengenai bisa/tidaknya.
      Tim Info Jepang belum pernah mencoba mengirimkan barang soalnya. Salam

  29. hi pak nugroho, lebih baik start dr tokyo pulangnya lanjut osaka atau start dr osaka pulangnya lanjut tokyo? apakah ada baggage delivery service dr toyama ke shinano-omachi atau sebaliknya, kalo kita tidak menginap? misal saya kirim ransel saya pagi dari toyama, sorenya saya ambil di shinano omachi di hari yg sama (atau sebaliknya) ?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk perjalanan sama saja Ibu, bisa start dari Osaka atau Tokyo, silakan cari pesawat mana yang lebih murah.
      Untuk pengiriman barang, sepertinya tidak ada pengiriman barang di Tateyama Kurobe Alpine Route seperti yang ibu maksudkan.
      Sebab pengiriman barang hanya ada di kota besar, dan pengirimannya pun perlu minimal 2 hari.
      Apalagi shinano Omachi itu adalah kota kecil di balik pegunungan. Kalau ingin menitip barang, bisa mengikuti itinerary di atas.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, tidak bisa. Rute Tateyama Kurobe Alpine Route itu hanya buka April sampai September saja. Jadi bulan februari tidak buka. Salam.

  30. Mas saya mau tanya,kalo dari kyoto/osaka brrt enakny ke alpineroute dl-toyama-shirakawago apa sebaliknya soalnya teralhir saya pulang ke tokyo

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Rani, karena ada kereta limited ekspress dari Kyoto/Osaka ke Kanazawa, sebaiknya kamu ke Toyama/ Shirakawago dulu, baru ke Tokyo, supaya lebih efektif perjalanannya (tidak bolak-balik).

  31. Hai, saya mau ty 26 Juni sd 05 Juli saya akan ke Jepang, Apakah di tanggal tersebut saya bisa mengunjungi Tateyama ( alpine route ) dan saya berangkat dari Kyoto bagaimana menuju ke Tateyama ? Mohon di balas, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Jika ingin berjalan di antara tembok salju (Yuki no Tani no Wo-ku), tahun 2016 diadakan mulai dari tanggal 16 April 2016 hingga 22 Juni 2016, jadi jika datang tanggal 26 juni sudah tidak bisa ikut acara ini. Informasinya bisa dilihat di artikel ini. Namun, jika hanya ingin melihat panorama dan coba menjajak rute Tateyama Kurobe Alpine, bisa dilakukan setiap hari selama musim panas.

      Berikut adalah rute perjalanan dari Kyoto Station sampai ke Tateyama di ujung Tateyama Kurobe Alpine.
      Dari Kyoto Station naik kereta JR Ekspress Tokaido-Sanyo Line sampai ke Tsuruga Station di Prefektur Fukui.
      Dari Tsuruga Station naik kereta JR Hokuriku Line sampai ke Fukui Station
      Dari Fukui Station melanjutkan JR Hokuriku Line sampai ke Kanazawa Station
      Dari Kanazawa Station naik kereta IR Ishikawa Line sampai ke Toyama Station
      Pindah ke stasiun Toyama Dentetsu , naik kereta Toyama Subway line sampai ke Tateyama Station

      Salam.
      Jika ada pertanyaan lainnya, Tim Info Jepang siap membantu

    • Ageng  |  

      Halo, saya juga ada rencana dari kyoto ke tateyama lalu ke tokyo, dengan rute kereta seperti di atas, kartu pass apa yg harus di beli ?
      Budget dan waktu perjalanan mungkin bisa di jelaskan lebih detail ?
      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Rute bapak berarti dari Kyoto-Tateyama-Kyoto? Dan tidak kembali lagi ke Kansai? Kalau begitu bapak bisa membeli Tateyama Kurobe Option Ticket. Jika Bapak menginginkan detail perjalanan bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang.
      Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!