Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route

You are here Home  > Itinerary Perjalanan >  Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route

Dari hasil penelitian dan survei website Infojepang, nampaknya tujuan wisata ke Jepang sudah mulai beralih dari jalur emas Tokyo, Osaka, Kyoto, kawasan Gunung Fuji dan Hakone, ke arah Kanazawa, Toyama, Shirakawago dan Tateyama Kurobe Alpine Route. Pada artikel sebelumnya Tim Infojepang sudah merangkum strategi bagaimana caranya mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine dari Tokyo dalam satu hari (tanpa perlu menginap). Namun banyak yang menanyakan bagaimana dengan koper atau barang-barang jika tidak menginap di Tokyo lebih dahulu. Dalam artikel ini, Tim Infojepang kembali memberikan ide itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route dengan menginap di Toyama atau Kanazawa. Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route sangat cocok bagi teman-teman yang ingin mampir ke Tateyama Kurobe Alpine Route dalam perjalanan dari Tokyo ke Osaka, atau dari Osaka menuju ke Tokyo. Jika ada pertanyaan, silakan bertanya lewat komentar di bawah ini, Tim Infojepang akan segera menjawab.

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route

PERSYARATAN: PUNYA JR PASS dan TATEYAMA KUROBE ALPINE ROUTE OPTION TICKET

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route ini adalah yang paling cepat dan efisien. Persyaratan utama yang harus teman-teman ingat sebelum membaca atau merencanakan liburan sesuai itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route di bawah ini adalah memiliki JR Pass dan Tateyama Kurobe Alpine Route Option Ticket. Ini karena itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route ini memang diatur sengaja memutar dengan shinkansen supaya dapat memaksimalkan penggunaan JR Pass. Lalu yang tidak kalah pentingnya, itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route hanya berlaku saat Tateyama Kurobe Alpine Route dibuka untuk umum antara bulan April sampai November. Selain tanggal itu, rute ini tidak dibuka sehingga kita tidak bisa menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route.

Detail Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route

1. Perjalanan dari Tokyo ke Toyama Station dengan Hokuriku Shinkansen

Untuk dapat sukses mengikuti itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route, kita harus tiba sepagi mungkin di Toyama Station. Teman-teman bisa naik Hokuriku Shinkansen dari Tokyo Station sekitar jam 8-9 pagi, supaya dapat tiba di Toyama dan masuk ke Tateyama Kurobe Alpine Route sebelum siang hari. Lebih cepat lebih baik. Kemudian, koper dan barang-barang bisa dititipkan terlebih dahulu di hotel-hotel di Toyama (link booking hotel di Toyama) supaya tidak ribet membawa-bawa barang dalam perjalanan Tateyama Kurobe Alpine Route. Tenang saja, hotel-hotel di Jepang menerima penitipan barang bagi tamu-tamu yang akan check in di hari yang sama.

Buat rekan-rekan yang berangkat dari Osaka atau Kyoto, bisa naik kereta limited express Thunderbird sampai ke Toyama Station dan mulai menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route.

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route dengan Hokuriku Shinkansen

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route dengan Hokuriku Shinkansen

2. Menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route

Danau Mikurigaike di Tateyama Kurobe Alpine Route

Danau Mikurigaike di Tateyama Kurobe Alpine Route

Toyama Chiho Railway

Kereta ini menghubungkan Dentetsu Toyama Station (dekat JR Toyama Station) di pusat kota Toyama ke Tateyama Station di bagian pegunungan dalam waktu 1 jam. Beroperasi sepanjang tahun. Ongkos sekali jalannya 1.200 yen. Kereta pertama dari stasiun Dentetsu Toyama berangkat pukul 05.28. Silakan naik kereta pertama ini untuk mengejar tateyama cable car yang pertama berangkat pukul 07.00. Kereta Toyama Chiho Railway ini berangkat kira-kira satu kali dalam sejam

Tateyama Cablecar

Perjalanan dilanjutkan dengan naik cablecar bernama Tateyama Cablecar. Cablecar ini menghubungkan Tateyama Station ke Bijodaira Station dalam waktu 7 menit dengan ongkos 720 yen. Tateyama cable car ini berangkat setiap 20 menit sekali. Paling awal pukul 07.00 dan keberangkatan terakhir pukul 15.00 untuk yang ke Shinano-Omachi.

Highland Bus

Highland Bus atau bus dataran tinggi menghubungkan Bijodaira Station dan Murodo selama 50 menit perjalanan dengan ongkos 1.710 yen. Saat musim semi pertengahan April hingga akhir Mei, bus ini akan melewati jalur tembok salju atau Yuki no Ootani. Informasi lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel berikut. Paling awal pukul 07.50 dan keberangkatan terakhir pukul 15.20 untuk yang ke Shinano-Omachi.

Tateyama Trolley Bus

Bus troli bertenaga listrik ini menghubungkan Murodo dengan Daikanbo lewat terowongan. Meskipun hanya 10 menit perjalanan, ongkosnya cukup mahal yakni 2160 yen. Paling awal pukul 07.45 dan keberangkatan terakhir pukul 15.15 untuk yang ke Shinano-Omachi.

Kurobe Cablecar

Kereta kabel menghubungkan Kurobedaira dan Kurobeko (Danau Kurobe) Station lewat terowongan yang curam dan menegangkan. Perjalanan sekitar 5 menit dengan ongkos 860 yen. Paling awal pukul 08.30 dan keberangkatan terakhir pukul 16.00 (musim diingin) atau pukul 17.00 (selain musim dingin) untuk yang ke Shinano-Omachi.

Kanden Trolley Bus

Sama seperti Tateyama Trolley Bus, bus bertenaga listrik ini menghubungkan Kurobe Dam dan Ogizawa Station lewat terowongan yang menembus gunung. Durasi perjalanan 15 menit dengan ongkos 1.540 yen. Paling awal pukul 09.05 dan keberangkatan terakhir pukul 16.35 (musim dingin) atau pukul 17.35 (selain musim dingin) untuk yang ke Shinano-Omachi.

Ogizawa-Nagano Express Bus

Bus ini menghubungkan Ogizawa Station dengan JR Nagano Station di prefektur tetangga yakni Prefektur Nagano. Bus ekspress berangkat pada pukul 11:05, 13:00, 14:10, 15:10, 16:30, 18:05. Lama perjalanan sekitar 2 jam dengan ongkos 2.600 yen. Seluruh transportasi melintasi Pegunungan Tateyama ini tercover dengan Tateyama Kurobe Option Ticket yang bisa menghemat sampai dengan 3.000 yen.

3. Perjalanan dari Nagano Station ke Stasiun Kanazawa dengan Hokuriku Shinkansen

Setelah tiba di Nagano Station, kita kemudian bisa naik Hokuriku Shinkansen kembali ke Kanazawa, lebih tepatnya ke Stasiun Kanazawa. Tidak perlu kuatir ongkos shinkasen tercover oleh JR Pass. Teman-teman bisa beristirahat selama kurang lebih 1 jam sebelum akhirnya shinkansen tiba di Kanazawa. Di Kanazawa, kamu bisa ke Kastil Kanazawa dan Taman Kenrokuen yang berdekatan, atau minum teh tradisional Jepang di Distrik Higashi Chaya. Malamnya, bisa kembali ke hotel dan check in dan dapat beristirahat malam untuk perjalanan esok hari.

Bagi kamu yang datang dari Osaka/ Kyoto, bisa naik Hokuriku Shinkansen atau Nagano Shinkansen dari Nagano Station sampai ke Tokyo Station.

4. Perjalanan dari Kanazawa ke Kyoto/ Osaka atau Tokyo

Esok harinya, setelah puas beristirahat teman-teman bisa pergi ke tempat tempat wisata di bawah ini (semuanya berada di kawasan Hokuriku: Kanazawa dan Toyama sehingga bisa PP satu hari).

  1. Toyama (Toyama Castle, Kansui Park, Warisan Budaya Kuil Zuiryuji, Tateyama Kurobe Alpine Route, Tebing Kurobe, Unazuki Onsen)
  2. Kanazawa (Taman Kenrokuen, Kanazawa Castle, Pasar Omicho Ichiba, Museum 21 Century Art, Distrik Higashi Chaya)
  3. Desa warisan dunia UNESCO Gokayama
  4. Gero Onsen dan seluruh kereta di Prefektur Gifu
  5. Desa warisan dunia UNESCO Shirakawa-go

Atau teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke Kyoto/Osaka atau ke Tokyo. Untuk yang ingin ke Tokyo, bisa naik Hokuriku Shinkansen sampai ke Tokyo Station, buat yang ingin ke Kyoto atau Osaka bisa naik kereta limited express Thunderbird.

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route dengan Thunderbird

Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route dengan Thunderbird

Demikian itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route nya, semoga bermanfaat buat teman-teman yang ingin merancang liburan di Jepang. Jika ada pertanyaan mengenai waktu keberangkatan atau saran/ kustomisasi itinerary, bisa memanfaatkan Tour Guide Online Info Jepang.

Rekomendasi Hotel di Toyama/ Tateyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Takaoka-Marunou
from ¥4679/night
Hotel Park Inn Toyama
from ¥5480/night
Hotel Prime Toyama
from ¥5500/night
Takaoka Manten Hotel Ekim
from ¥6966/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Steve Boland, M Reza Faisal, Christian Bucad, skyseeker

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: January 7, 2017

Close Comments

Comments (16)

  1. Saya akan berangkat ke jepang tgl 4 -10 april, rencanya tgl 4 tiba tokyo trus tgl 5 pagi menuju shirakawago nginap di mana bagusnya karena tgl 6 besoknya pagi kita akan menuju tateyama kurobe alpin route dan langsung kembali di tokyo….yg ingin saya tanyakan bagusnya menginap dimana selain di shirakawago agar mudah mencapai shirakawago dan besoknya bisa ke tateyama alpin route…mohon penjelasan juga rute kereta detail untuk menuju ke shirakawago dan alpin route…..thanks

  2. siang pak,
    min, mau tanya tatetaya kurobe alpine kan dibuka mulai pertengahan april. itu apakah termasuk dam nya jg min?
    kalau ropewaynya jg tutup y pergi bln maret?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Bapak/ Ibu. Yang dimaksud buka dari pertengahan April adalah Tateyama Kurobe Alpine Route, seluruh rutenya termasuk dam dan ropewaynya sudah dibuka Pak dari Tateyama sampai ke Nagano. Salam

  3. Hi, u/ rute alpine route, klo sy drop luggage di tgl 25 april @ dentetsu toyama station, untuk di delivery ke nagano station . Apakah bs saya ambil luggage nya di tgl 26 april / bukan di hari yg sama .. krn sy nginep 1 night di hotel midagahara ?

    Thanks pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamaat malam Ibu. Silakan dicek sendiri di website pengiriman barang mengenai bisa/tidaknya.
      Tim Info Jepang belum pernah mencoba mengirimkan barang soalnya. Salam

  4. hi pak nugroho, lebih baik start dr tokyo pulangnya lanjut osaka atau start dr osaka pulangnya lanjut tokyo? apakah ada baggage delivery service dr toyama ke shinano-omachi atau sebaliknya, kalo kita tidak menginap? misal saya kirim ransel saya pagi dari toyama, sorenya saya ambil di shinano omachi di hari yg sama (atau sebaliknya) ?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk perjalanan sama saja Ibu, bisa start dari Osaka atau Tokyo, silakan cari pesawat mana yang lebih murah.
      Untuk pengiriman barang, sepertinya tidak ada pengiriman barang di Tateyama Kurobe Alpine Route seperti yang ibu maksudkan.
      Sebab pengiriman barang hanya ada di kota besar, dan pengirimannya pun perlu minimal 2 hari.
      Apalagi shinano Omachi itu adalah kota kecil di balik pegunungan. Kalau ingin menitip barang, bisa mengikuti itinerary di atas.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, tidak bisa. Rute Tateyama Kurobe Alpine Route itu hanya buka April sampai September saja. Jadi bulan februari tidak buka. Salam.

  5. Mas saya mau tanya,kalo dari kyoto/osaka brrt enakny ke alpineroute dl-toyama-shirakawago apa sebaliknya soalnya teralhir saya pulang ke tokyo

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Rani, karena ada kereta limited ekspress dari Kyoto/Osaka ke Kanazawa, sebaiknya kamu ke Toyama/ Shirakawago dulu, baru ke Tokyo, supaya lebih efektif perjalanannya (tidak bolak-balik).

  6. Hai, saya mau ty 26 Juni sd 05 Juli saya akan ke Jepang, Apakah di tanggal tersebut saya bisa mengunjungi Tateyama ( alpine route ) dan saya berangkat dari Kyoto bagaimana menuju ke Tateyama ? Mohon di balas, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Jika ingin berjalan di antara tembok salju (Yuki no Tani no Wo-ku), tahun 2016 diadakan mulai dari tanggal 16 April 2016 hingga 22 Juni 2016, jadi jika datang tanggal 26 juni sudah tidak bisa ikut acara ini. Informasinya bisa dilihat di artikel ini. Namun, jika hanya ingin melihat panorama dan coba menjajak rute Tateyama Kurobe Alpine, bisa dilakukan setiap hari selama musim panas.

      Berikut adalah rute perjalanan dari Kyoto Station sampai ke Tateyama di ujung Tateyama Kurobe Alpine.
      Dari Kyoto Station naik kereta JR Ekspress Tokaido-Sanyo Line sampai ke Tsuruga Station di Prefektur Fukui.
      Dari Tsuruga Station naik kereta JR Hokuriku Line sampai ke Fukui Station
      Dari Fukui Station melanjutkan JR Hokuriku Line sampai ke Kanazawa Station
      Dari Kanazawa Station naik kereta IR Ishikawa Line sampai ke Toyama Station
      Pindah ke stasiun Toyama Dentetsu , naik kereta Toyama Subway line sampai ke Tateyama Station

      Salam.
      Jika ada pertanyaan lainnya, Tim Info Jepang siap membantu

    • Ageng  |  

      Halo, saya juga ada rencana dari kyoto ke tateyama lalu ke tokyo, dengan rute kereta seperti di atas, kartu pass apa yg harus di beli ?
      Budget dan waktu perjalanan mungkin bisa di jelaskan lebih detail ?
      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Rute bapak berarti dari Kyoto-Tateyama-Kyoto? Dan tidak kembali lagi ke Kansai? Kalau begitu bapak bisa membeli Tateyama Kurobe Option Ticket. Jika Bapak menginginkan detail perjalanan bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang.
      Salam.

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!