Takayama Hokuriku Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Takayama Hokuriku Pass

Takayama Hokuriku Pass adalah salah satu pass kereta yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Kyoto atau Osaka, Nagoya, Takayama, Kanazawa, sampai ke Toyama. Pass yang mulai dikeluarkan di tahun 2014 atas kerjasama antara JR West dan JR Central ini sangat kami rekomendasikan bagi teman-teman yang tiba dan kembali ke Indonesia dari Bandara Kansai dan ingin mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine, Kanazawa, Shirakawago, dan juga keliling tempat-tempat wisata di Osaka dan Kyoto. Tempat-tempat wisata apa saja yang tercover oleh Takayama Hokuriku Pass? Atau kapan sebaiknya saya membeli Takayama Hokuriku Pass ini? Simak informasi lengkap plus hitung-hitungan ala Tim Info Jepang untuk penggunaan yang menguntungkan.

Berapa harga Takayama Hokuriku Pass?

Beli Online Takayama Hokuriku Pass

Takayama Hokuriku Area Tourist Pass

Harga (di luar Jepang)
Dewasa (>12 tahun)14.260 yen
Anak-anak (6-11 tahun)7.130 yen
Masa berlaku5 hari berurutan
Peta Takayama Hokuriku Pass

Peta Takayama Hokuriku Pass

Takayama Hokuriku Pass ini berguna bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan antara kota-kota dan beberapa tempat wisata terkenal berikut ini:

  1. Kyoto (baca: tempat wisata di Kyoto)
  2. Osaka (baca: detail tempat wisata Osaka). Misalanya ke Tennoji, JR Namba, Universal Studios Japan, Umeda Sky Building, Osaka Castle.
  3. Nagoya (tempat wisata di Nagoya)
  4. Toyama (Toyama Castle, Kansui Park, Warisan Budaya Kuil Zuiryuji, Tateyama Kurobe Alpine Route, Tebing Kurobe, Unazuki Onsen)
  5. Kanazawa (Taman Kenrokuen, Kanazawa Castle, Pasar Omicho Ichiba, Museum 21 Century Art, Distrik Higashi Chaya)
  6. Desa warisan dunia UNESCO Gokayama
  7. Gero Onsen dan seluruh kereta yang beroperasi di Prefektur Gifu
  8. Desa warisan dunia UNESCO Shirakawa-go
  9. Fukui

  • Gattan Go

    Pemandangan rel kereta waktu Gattan Go

    Gattan Go! Kita bisa menggoes sepeda di atas rel, sambil merasakan hembusan angin pegunungan yang sejuk dan melihat pemandangan alam yang indah....


  • Gokayama

    Keindahan warisan budaya dunia Gokayama

    Pengalaman berkunjung dan melihat pemandangan, keindahan alam, dan masyarakat Gokayama tentu jadi pengalaman yang tidak terlupakan. Berikut liputan perjalanan ke Gokayama dan Shirakawago di Jepang....


  • Shin Hotaka Ropeway

    Pegunungan Alpen Jepang dari Shin Hotaka Ropeway

    Sepanjang perjalanan kereta gantung Shin-Hotaka, kita bisa melihat keindahan pegunungan Alpen Jepang, yang meliputi area perbatasan antara Hida hingga Nagano....


  • Kuil Hida Kokubunji

    Menara lonceng di Kuil Hida Kokubunji Takayama

    Kuil Hida Kokubunji adalah kuil pertama yang dibangun di Takayama. Keindahan pagoda tiga lantai, pohon gingko raksasa berusia 1300 tahun, dan pemandangan musim gugur terbaik di Takayama jadi alasan kita harus mengunjungi kuil ini....



Desa Warisan Budaya Dunia Shirakawa-go

Desa Warisan Budaya Dunia Shirakawa-go

Beli Online Takayama Hokuriku Pass

Di mana membeli Takayama Hokuriku Pass?

Takayama Hokuriku Pass ini hanya berlaku bagi wisatawan asing dengan visa jangka pendek (tidak lebih dari 90 hari, temporary visitor visa). Pass ini hanya bisa dibeli sebelum berangkat ke Jepang melalui internet lalu ditukar dengan tiket/ pass asli setibanya di Jepang. Teman-teman bisa membeli dan menukar voucher tiket di stasiun atau tempat-tempat berikut ini.

  1. Stasiun Stasiun Tokyo dan Shinagawa
  2. Stasiun Shin-Yokohama
  3. Bandara Kansai dan wilayah Osaka, JR WEST Ticket Office (pukul 05.30-23.00) dan Travel Service Center Osaka (pukul 08.00-20.00), Di Stasiun Shin Osaka: JR CENTRAL Ticket Office (pukul 05.30-23.10) dan JR WEST Travel Corner (pukul 09.00-20.00), JR WEST Ticket Office Kansai Airport: pukul 05.30-23.00
  4. JR CENTRAL Ticket Office Hachijo Exit di Kyoto (pukul 08.30-23.10)
  5. Stasiun Nagoya
  6. Bandara Komatsu
  7. Stasiun Toyama
  8. Stasiun Kanazawa

Bagaimana cara menggunakannya Takayama Hokuriku Pass?

  1. Seperti penggunaan JR Pass, teman-teman cukup menunjukkan pass dan passport kepada petugas di pintu masuk manual (bukan pintu otomatis) di area stasiun kereta.
  2. Dengan pass ini, teman-teman bisa melakukan reservasi kursi sampai dengan 4 kursi pesanan tanpa tambahan biaya. Cukup datang ke loket tiket di stasiun-stasiun di atas sehari sebelum penggunaan atau keberangkatan dan melakukan reservasi kursi. Sebagai catatan, kita tidak bisa melakukan reservasi kursi untuk kereta limited ekspress Haruka dari Bandara Kansai menuju Osaka dengan pass ini.
  3. Anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun tidak perlu membeli pass ini karena gratis naik kereta. Maksimal 2 orang anak untuk 1 orang dewasa yang membeli Takayama Hokuriku Pass.
  4. Masa waktu 5 hari berurutan ini adalah sesuai kalender. Artinya masa berlakunya akan berjalan dari jam 00.00-23.59. Bukan dari waktu pembelian atau pengaktifan pass. Oleh karena itu, sebaiknya teman-teman memulai perjalanan pagi-pagi sekali.
  5. Jika ingin menggunakan Green-Car atau Gran Class (kereta eksekutif) dibutuhkan tambahan biaya yang bisa dibayarkan di loket tiket. Namun, pengalaman Tim Info Jepang kursi biasa sudah cukup nyaman kok.
  6. Pass ini tidak bisa digunakan untuk naik kereta Tokaido Shinkansen, Sanyo Shinkansen, atau Hokkaido Shinkansen.

Jalur-jalur kereta yang masuk cakupan Takayama Hokuriku Pass

Berikut ini adalah jalur kereta dan bus yang bisa kita lalui dengan Takayama Hokuriku Pass tanpa batas (boleh berkali-kali) tanpa perlu membayar tiket lagi.

  1. Kereta JR Kansai Airport dan kereta limited ekspress Haruka (hanya unreserved seats) dari Stasiun Tennoji, Stasiun Shin-Osaka, atau Stasiun Kyoto menuju Bandara Kansai, lalu kereta JR Osaka Line yang menghubungkan Stasiun Tennoji, Stasiun Osaka, dan Stasiun Shin-Osaka, dan kereta JR Yumesaki Line sampai Stasiun Universal City (pintu masuk Universal Studio).
  2. Kereta JR Kyoto Line dan dari Stasiun Shin-Osaka ke Kyoto.
  3. Seluruh kereta JR limited ekspress Thunderbird atau Shirasagi maupun kereta lokal yang dioperasikan oleh JR antara Stasiun Osaka, Kyoto, dan Kanazawa.
  4. Seluruh kereta JR lokal maupun kereta limited ekspress Hida di antara Nagoya, Gero, Takayama, dan Toyama.
  5. Kereta JR Hokuriku Shinkansen (Hakutaka/ Tsurugi) dari Stasiun Kanazawa, Stasiun Shin-Takaoka, sampai Stasiun Toyama. Perlu diingat, bahwa Takayama Hokuriku Pass hanya mengcover ongkos non-reserved seat.
  6. Bus yang menghubungkan Takayama – Gokayama – Shirakawago – Kanazawa (jalur bus favorit untuk ke Shirakawago), seperti bus Nohi atau bus Hokutetsu. Sebagai catatan, bus Nohi dan bus Hokutetsu ini harus direservasi terlebih dahulu melalui telepon (+81-577-32-1688)atau langsung di loket bus di terminal, dan biasanya akan penuh kalau memesannya mepet dengan hari keberangkatan. Baca: Jadwal Bus Nohi dan Hokutetsu. Dari Stasiun Kanazawa, bisa lanjut mengunjungi Taman Kenrokuen, Museum Seni Kanazawa, dan Distrik Higashi Chaya yang terkenal.
  7. Bus Kaetsuno yang menghubungkan Shin-Takaoka – Shirakawago. Baca: Jadwal Bus Kaetsuno. Bus ini tidak perlu reservasi.
  8. Bus Sarubobo untuk berkeliling di Takayama.
Beli Online Takayama Hokuriku Pass

Catatan: Takayama Hokuriku Pass ini tidak mengcover ongkos kereta Tokaido Shinkansen dari Nagoya ke Kyoto atau Osaka dan sebaliknya. Teman-teman harus memutar lewat Kanazawa dan Gifu terlebih dahulu.

Objek wisata di Toyama (selengkapnya)

  • Kebun Tulip Tonami

    Suasana Kebun Tulip Tonami di Toyama

    Kebun Tulip Tonami adalah tempat wisata yang paling terkenal di Toyama Prefektur. Tonami akan dipenuhi oleh para pengunjung yang ingin melihat tiga juta bunga tulip yang mekar saat Festival Tulip Tonami....


  • Kurobe Dam

    Kurobe Dam di Musim Panas

    Rute Kurobe Dam di Toyama adalah rute perjalanan wisata Jepang paling terkenal di seluruh dunia. Kita bisa menikmati keindahan Laut Jepang, kesejukan kota Toyama, dan menyaksikan kemegahan pegunungan Tateyama di bagian tengah Jepang. ...


  • Pantai Amaharashi

    Naik kereta di tepi Pantai Amaharashi

    Di Pantai Amaharashi kita bisa melihat pemandangan laut plus Pegunungan raksasa Tateyama Kurobe Alpine setinggi lebih dari 3000 meter. Pemandangan pantai berombak dan pegunungan serta pepohonan yang berubah-ubah warnanya setiap musim menjadikan Pantai Amaharashi selalu ramai dikunjungi....



Objek wisata di Kanazawa (selengkapnya)

  • Pasar Omicho Ichiba

    Pintu masuk Pasar Omicho Ichiba di Kanazawa

    Pasar Omicho atau Ōmichō Ichiba adalah pasar terbesar yang ada di Kanazawa. Kita bisa menyantap sarapan atau makan siang langsung di sini....


  • Shiroyone Senmaida

    Keindahan Shiroyone Senmaida di Prefektur Ishikawa

    Sawah Shiroyone Senmaida yang bertingkat, ditambah panorama alam pegunungan yang berubah-ubah tiap musim, dan pemandangan laut Jepang yang biru menjadikan tempat ini tujuan utama para pelancong internasional....


  • Kanazawa Castle

    Kompleks Kastil Kanazawa ini terdiri dari taman dan bangunan kastil di area seluas 12 hektar di tengah kota Kanazawa. Kita bisa mengunjungi taman Kastil Kanazawa dan bangunan kastil yang megah...



Kapan kita harus menggunakan Takayama Hokuriku Pass?

Logikanya sederhana, jika teman-teman hanya ingin mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine dan Shirakawago dari Kyoto, Osaka, atau Nagoya akan sangat menguntungkan jika menggunakan pass ini. Sangat cocok bagi teman-teman yang juga tidak membeli JR Pass namun ingin pergi ke tempat wisata Tateyama Kurobe Alpine dan Shirakawago dari wilayah Kansai (Osaka/Kyoto) atau Nagoya.

Berikut ini adalah daftar itinerary yang MENGUNTUNGKAN jika kita menggunakan Takayama Hokuriku Pass.

  1. Bandara Kansai – wilayah Kansai (Osaka/ Kyoto) – Kanazawa atau Toyama – Osaka/Kyoto – Bandara Kansai.
  2. Bandara Kansai – wilayah Kansai (Osaka/ Kyoto) – Kanazawa/Toyama – Gokayama/Shirakawago/Takayama – Nagoya.
  3. Stasiun Osaka/ Kyoto – Kanazawa/Toyama – Gokayama/Shirakawago/Takayama – Stasiun Osaka/ Kyoto
  4. Bandara Kansai – wilayah Kansai (Osaka/ Kyoto) – Kanazawa/Toyama –Gokayama/Shirakawago/Takayama – Kanazawa/Toyama.
  5. Nagoya – Kanazawa/Toyama – Gokayama/Shirakawago/Takayama – Nagoya.

Jika dalam itinerary teman-teman ada rencana untuk mengunjungi Tokyo, JANGAN membeli Takayama Hokuriku Pass ini. Kami sarankan untuk membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.

Hitung-hitungan Ala Tim Info Jepang

Berikut ini adalah harga tiket kereta dan bus yang masuk cakupan Takayama Hokuriku Pass, teman-teman bisa membandingkan sendiri keuntungan pass seharga 14.260 yen ini.

  1. Tiket kereta limited express Haruka dari Bandara Kansai-Stasiun Shin-Osaka seharga 2.380 yen atau 2.900 yen untuk rute Bandara Kansai-Stasiun Kyoto
  2. Tiket kereta limited ekspress Thunderbird dari Osaka-Kanazawa seharga 7.260 yen (satu arah) atau 6.490 yen untuk rute Kyoto-Kanazawa.
  3. Tiket kereta dari Stasiun Nagoya menuju ke Takayama seharga 5.610 yen (satu arah).
  4. Bus Nohi atau Hokutetsu dari Kanazawa ke Shirakawago seharga 2.000 yen (satu arah).
  5. Bus Nohi dari Takayama ke Shirakawago seharga 2.470 yen (satu arah).
  6. Bus Kaetsuno dari Shin-Takaoka ke Shirakawago seharga 1.800 yen (satu arah).

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Hakone Free Pass Jepang

Hakone Free Pass adalah pilihan terbaik bagi teman-teman yang ingin menjelajahi wilayah Hakone. Cakupan Hakone Free Pass ini adalah seluruh kereta JR menuju ke Hakone, seluruh bus Hakone-Tozan, tiket naik kereta gantung, dan termasuk potongan diskon masuk tiket ke tempat-tempat wisata di Hakone.

Joetsu shinkansen bertingkat dua

Rangkuman tips membawa koper saat bepergian naik kereta di Jepang, naik shinkansen atau kereta ekspress dan kereta lokal di dalam kota Tokyo, Kyoto, dan Osaka.

Liburan di Jepang pasti tidak jauh dengan yang transportasi kereta, dan supaya kamu tidak malu-maluin, ayo baca dulu etika naik kereta di Jepang.


Sebagai catatan, jika teman-teman ingin mengunjungi area Gunung Fuji dan Kawaguchiko, Hakone, Gala Yuzawa, Nikko lebih baik menggunakan JR Pass atau dengan memadukan Takayama Hokuriku Area Pass dengan  JR Tokyo Wide Pass.

Beli Online Takayama Hokuriku Pass

Jika ada pertanyaan mengenai cara penggunaan Takayama Hokuriku Pass ini silakan menanyakannya via kotak komentar di bawah ini, Tim Info Jepang akan dengan senang hati berbagi pengalaman dan cara menggunakannya.


Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago

Namun kalau teman-teman ingin mengunjungi Gokayama dan Shirakawago, maka bisa naik Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago.


bus nohi ke shirakawago

Berikut ini adalah jadwal bus-bus di rute Toyama-Kanazawa-Shirakawago-Takayama. Teman-teman bisa mengatur jadwal keberangkatannya sesuai dengan jadwal berikut.

Tour ke Takayama, Shirakawago, dan Gokayama

  1. Half Day Tour, dengan rute Takayama-Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  2. One Day Tour, dengan rute Takayama-Gokayama Ainokura Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  3. Kanazawa-Shirakawago-Gokayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  4. Kanazawa-Shirakawago-Takayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)

Recommended Hotels in Kanazawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Kanazawa-Ekimae
from ¥5483/night
Kanazawa Guest House East
Kanazawa Guest House East Mountain
from ¥8500/night
Kanazawa Central Hotel
Kanazawa Central Hotel
from ¥7700/night
APA Hotel Kanazawa-Nomach
from ¥4096/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr my cottage


Recommended for you

Last modified: December 13, 2019

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!